Selasa, 15 Mei 2012

RPP IPA ( FIsika ) SMP Kelas IX


Rencana Persiapan Pembelajaran
                      
                        Satuan Pendidikan      : SMP .....
                        Mata Pelajaran            : IPA Fisika
                        Kelas/Semester            : IX/2
Materi Pokok              : 15.3.   Proses-proses pada Lithosfer dan
             Atmosfer Bumi
Sub Materi Pokok       : 15.3.1.Proses Pelapukan di Kulit Bumi       
                        Alokasi Waktu            :  1 x 45 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI : 5.   Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.
B.     KOMPETENSI DASAR : 5. 4  Mendiskripsikan proses-proses khusus yang
                                                              terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang
                                                              terkait dengan perubahan zat dan kalor
C.     Tujuan Pembelajaran        
       Pertemuan 1 Pelapukan:
       Melalui diskusi tentang tayangan video, film atau animasi, peserta didik dapat:
1.   menjelaskan tiga lapisan atmosfer bumi dengan tepat dan teliti
2.   menjelaskan tentang lapisan litosfer bumi dengan tepat dan teliti
3.   menjelaskan terjadinya pelapukan di kulit Bumi dengan logis dan sungguh-sungguh
4.   membedakan penyebab dan dampak pelapukan fisis dan pelapukan kimia dengan  dengan tepat
Pertemuan 2 Pemanasan Global
Melalui diskusi tentang tayangan video, film atau animasi, peserta didik dapat:menjelaskan tentang pengertian atmosfer bumi
1.   menjelaskan terjadinya efek rumah kaca
2.   menjelaskan dampak positif  efek rumah kaca
3.   menjelaskan proses terjadinya pemanasan global teliti logis dan kritis
4.   menyebutkan faktor penyebab terjadinya pemanasan global dengan teliti dan logis serta percaya diri
5.   menjelaskan dampak dan penanggulangan pemanasan global terhadap kesehatan dengan teliti dan logis serta kritis
Pertemuan 3 Hujan asam
Melalui diskusi tentang tayangan video, film atau animasi, peserta didik dapat:
1.   menjelaskan proses terjadinya hujan asam dengan kreatif, kritis dan logis
2.   menjelaskan dampak hujan asam terhadap kehidupan di Bumi dengan tepat
3.   menjelaskan usaha-usaha menghentikan terjadinya hujan asam secara kreatif, kritis dan logis

D.    Materi Pokok :
      Proses-proses pada Lithosfer dan Atmosfer Bumi

E. Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan : CTL berbasis IT
2.  Model: 
·      Direct Instruction (DI)
·      Cooperative Learning (CL)
·      Problem based learning (PBI) 
     3.  Metode:  Diskusi informasi

E.  Langkah Pembelajaran:
      Pertemuan I Pelapukan
1.      Pendahuluan (awal)
Motivasi:
Mengapa botol plastik bisa pecah jika diisi air penuh dan disimpan dalam lemari es? Bagaimana peristiwa ini jika dihubungkan dengan pelapukan batuan?
Pengetahuan Prasyarat:
Pengalaman sehari-hari, misalnya pernah melihat pasir, batu dst

  1. Inti:
·      Melalui tayangan film, CD player, atau animasi tentang pelapukan, secara kelompok siswa diminta untuk diskusi ”Proses pelapukan“ (download lewat google tentang pelapukan) contoh: video tentang hasil pelapukan di Bumi (eksplorasi)
·      Secara kelompok peserta didik mendemonstrasikan pelapukan botol plastik atau botol kaca oleh air beku (eksplorasi)
·      mendemostrasikan pelapukan kimia menghasilkan zat yang jenisnya baru” (misalnya kertas dibakar) (eksplorasi)
·      Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok (elaborasi)
·      Secara kelompok siswa diminta untuk menyimpulkan dari kegiatan di atas (elaborasi)
·      Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok mempresentasikan hasil eksperimen (elaborasi).
·      Guru mengkonfirmasikan selama eksperimen, apakah ada yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan eksperimen (konfirmasi)
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan (konfirmasi)

  1. Penutup :
   Melalui diskusi, guru membimbing siswa untuk memperoleh kesimpulan:  
a.       Proses pelapukan adalah proses memecah batuan besar menjadi batuan kecil dan batuan kecil menjadi butiran-butiran halus. Hasil pelapukan bisa berbeda dengan mineral batuan asalnya.
b.      Tiga proses dalam pelapukan, yaitu:
·      Pelapukan – memecahkan batuan dan mungkin mengubah susunan kimia batuan pada atau di dekat permukaan bumi.
·      Mass wasting- memindahkan material batuan yang sudah melapuk menuruni lereng di bawah pengaruh gaya gravitasi
·      Erosi – mengangkut material baik yang sudah melapuk ataupun belum melalui agen yang bergerak, umumnya air, angin atau es.
c.       Pelapukan ada dua (2) macam, yaitu:
·      Pelapukan mekanik adalah proses memecahkan batuan kasar menjadi batuan kecil dan halus tanpa ada perubahan kimia pada mineral-mineral penyusunnya.
·      Pelapukan mekanik mempercepat pelapukan kimia.
·      Pelapukan kimia menghasilkan perubahan kimia pada material batuan selain  memecah batuan kasar menjadi batuan kecil dan halus
d.      Ada lima proses alami pelapukan mekanik:
1.      Aksi air beku
2.      Pemuaian akibat pembebasan tekanan
3.      Pemuaian thermal
4.      Tekanan dari kristal garam
5.      Kegiatan biologi
           Proses nomor 1 dan 2 paling efektif.
e.    Tiga agen utama pelapukan kimia:
1.      air hujan
2.      oksigen
3.      asam
Asam adalah agen pelapukan kimia yang paling efektif.
Pelapukan kimia menghasilkan material-material yang lebih mudah dilarutkan dalam air daripada batuan aslinya.
f.       Jawaban pendahuluan:
Akibat gaya-gaya tektonik, maka batuan memiliki celah (retakan) di dalamnya. Ketika hujan, air hujan turun memasuhi celah-celah bebatuan. Ketika suhu dingin (suhu turun di bawah 0ºC) air membeku menjadi es, sehingga air yang menjadi es tersebut memuai. Akibatnya menghasilkan gaya yang ke luar yang sangat besar.
Peristiwa ini bisa disamakan dengan pecahnya botol plastik yang berisi air sampai penuh ditutup rapat dan dimasukkan ke dalam kulkas. Air yang menjadi es tersebut memuai volumnya bertambah sehingga mendesak botol yang tertutup rapat tersebut akhirnya pecah.

Menginformsikan bahwa konsep yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah “ Terjadinya pemasan global dan dampaknya terhadap kehidupan di Bumi.
Tugas Rumah:
Peserta didik ditugaskan:
·      mencari contoh-contoh peristiwa alam akibat pelapukan selain yang sudah disebutkan di Bumi. (boleh dari CD player, download, buku refrensi dst).
·      download dari google tentang efek rumah kaca dan pemanasan global dalam bentuk film, animasi dst.


PERTEMUAN 2 PEMANASAN GLOBAL
1.                                                                                     Pendahuluan (awal)
a.    Motivasi:
·      Mengapa di Bumi ada kehidupan?
·      Menayangkan film tentang kehidupan di Bumi (atau bisa download lewat google tentang video kehidupan di Bumi namun, mengapa pada akhir-akhir ini pemerintah menggalakkan adanya penghijauan, bahkan dunia juga mengkawatirkan kondisi dunia saat ini, misalnya Bumi semakin panas, cuaca semakin tidak menentu.
·      Mengapa hal tersebut di atas bisa terjadi?

b.   Pengetahuan Prasyarat:
·      Pengertian atmosfer yang menyelimuti Bumi
·      Manfaat atmosfer Bumi untuk kehidupan di Bumi
·      Adanya gas-gas seperti oksigen, karbondioksida di dalam Bumi
                  

2.                                                                                     Kegiatan  Inti:
a.    Melalui tayangan film, power poit atau pun animasi, secara kelompok siswa diminta untuk diskusi tentang efek rumah kaca (download efek rumah kaca dalam bentuk animasi lewat google) contoh: efek rumah kaca (Eksplorasi)
b.   Guru Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut tentang proses terjadinya efek rumah kaca dan dampak positifnya terhadap kehidupan di Bumi (Eksplorasi).
erk











c.    Melalui tayangan film, power poit atau pun animasi, secara kelompok siswa diminta untuk diskusi tentang pemanasan global (download lewat google video tentang pemanasan global) (Eksplorasi)
d.  Peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang dampak efek rumah kaca dan pemanasan global (download lewat google video tentang dampak  pemanasan global) (Eksplorasi)
         
                                                                                       

e.    Memfasilitasi agar peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;dengan kreatif dan logis tentang efek rumah kaca dan pemanasan global (Elaborasi)
f.    Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut tentang dampak positif efek rumah kaca efek rumah kaca dan pemanasan global terhadap kehidupan di Bumi (Eksplorasi)
g.   Memfasilitasi supaya  peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaborati dengan sungguh sungguh (Eksplorasi)
h.   Secara kelompok siswa diminta untuk menyimpulkan dari kegiatan di atas dengan jujur dan kritis (Eksplorasi)
i.     Secara berkelompok, peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang proses terjadinya dan dampak efek rumah kaca dan pemanasan global menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri (Eksplorasi)
j.     Memfasilitasi peserta didik supaya  membuat laporan eksplorasi yang dilakukan secara tertulis dengan menggunakan microsof word, secara individual maupun kelompok dengan jujur (Eksplorasi)
k.   Dalam kegiatan konfirmasi, guru: Konfirmasi
     Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik, tentang:
·       pengertian efek rumah kaca
·       proses terjadinya efek rumah kaca
·       dampak efek rumah kaca di Bumi

3. Penutup:
Melalui diskusi, guru membimbing siswa untuk memperoleh kesimpulan:
a.    Atmosfer adalah lapisan (selimut) udara yang mengitari Bumi yang membentang sampai ketinggian 400 km dari permukaan Bumi.
b.   Atmosfer tetap berada di tempatnya karena ditahan oleh gaya gravitasi Bumi, sehingga lapisan udara yang paling dekat dengan permukaan Bumi memiliki massa jenis paling besar.
c.    Udara tersusun 78% nitrogen, 21% oksigen dan  % gas-gas lain.
d.   Lapisan atmosfer ada 4, yaitu :
·      Troposfer (lapisan yang paling dekat dengan bumi) merupakan lapisan tempat berlangsungnya peristiwa-peristiwa cuaca (angin, awan atau hujan) dan tempat udara yang kita hirup. Ketebalannya 17 km dari ekuator.
·      Stratosfer membentang 15 sampai 50 km di atas permukaan bumi dan terdapat lapisan ozon yang melindungi dari sengatan ultra violet yang berlebihan dan tempat pesawat jet terbang.
·      Mesosfer
·      Thermosfer
e.    Efek rumah kaca (jawaban pendahuluan)
Bumi kita diselimuti atmosfer dapat diibaratkan seperti rumah yang diselimuti kaca atau disebut rumah kaca.
Kaca adalah benda yang ditembus cahaya tampak, tetapi tidak dapat ditembus oleh sinar ultra violet dan infra merah.Sinar tampak dari matahari diserap oleh tanah dan tumbuhan di bumi, maka tanah dan tumbuhan tersebut memancarkan sinar infra merah yang tidak bisa keluar dari rumah kaca karena kaca tidak bisa ditembus oleh sinar infra merah. Akibatnya energi infra merah ini terperangkap di dalam rumah kaca, sehingga rumah kaca tetap hangat dan tumbuhan-tumbuhan di dalamya dapat hidup.Tanpa efek rumah kaca ini suhu Bumi akan 33 ºC lebih rendah dari suhu hari ini atau sangat dingin ( - 18 ºC).  
f.    Suhu rata-rata Bumi ternyata meningkat 0,3 s/d 0,6 ºC dan permukaan laut telah naik 10 sampai 25 cm selama 100 tahun terakhir.
     Hal ini disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca dalam atmosfer, terutama CO2 dan penyebabnya adalah manusia. Kegiatan manusi tersebut menyebabkan banyak radiasi membumi yang terperangkap dalam atmosfer bumi sehingga permukaan bumi makin panas.
g.   Naiknya air laut disebabkan es di kutub utara maupun kutub selatan mencair akibat bumi makin panas, sehingga air laut naik. Naiknya iar laut ini menyebabkan tumbuhan dan binatang laut tidak dapat bertahan hidup.
h.   Pemanasan global juga menyebabkan:
·         Angin topan berlangsung dengan frekuensi tinggi
·         Pergeseran pada lintasan badai siklon skala besar
·         Meningkatnya frekuensi dan intensitas gelombang panas dan musim kemarau.
i.     Efek pemanasan global terhadap kesehatan:
·         Meningkanya kematian akibat: serangan jantung
·         Perubahan iklim yang memburuk memperburuk kualitas udara yang dapat melukai paru-paru.
·         Menularnya penyakit tropis secara mendunia yaitu yang disebabkan oleh gigitan serangga (malaria, demam berdarah, demam kuning dan encephalitis).

Menginformsikan bahwa konsep yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah “ Terjadinya hujan asam dan dampaknya terhadap kehidupan di Bumi.
Memberikan tugas rumah untuk mencari contoh-contoh peristiwa alam akibat pemanasan global, selain yang sudah disebutkan di Bumi
Peserta didik ditugaskan:
·         mencari contoh-contoh peristiwa alam akibat efek rumah kaca, pemanasan global dan dampaknya terhadap kehidupan di Bumi, selain yang sudah disebutkan di Bumi. (boleh dari CD player, download, buku refrensi dst).
·         download dari google tentang hujan asam dan dampaknya terhadap kehidupan di Bumi dalam bentuk film, animasi dst. (jika memungkinkan)

PERTEMUAN 3 HUJAN ASAM
1.      Pendahuluan (awal)
a.    Motivasi
Apakah kamu pernah melihat tanaman di suatu tempat mati, ikan-ikan di danau mati? Apakah penyebabnya ? (download lewat google tentang dampak hujan asam terhadap kehidupan di Bumi, misalnya tanaman, ikan-ikan yang mati karena terkena dampak hujan asam)
b.   Pengetahuan Prasyarat
·      Pengertian efek rumah kaca
·      Pengertian dan dampak pemanasan global
·      gas-gas rumah kaca utama dan karakteristiknya

2.      Kegiatan Inti  :
a.       Melalui tayangan film, power poit atau pun animasi, secara kelompok siswa diminta untuk diskusi tentang proses terjadinya hujan asam (film atau animasi tentang terjadinya hujan asam) (Eksplorasi)
b.      Melalui tayangan film, power poit atau pun animasi, secara kelompok siswa diminta untuk diskusi tentang dampak terjadinya hujan asam terhadap kehidupan di Bumi (film tentang dampak terjadinya hujan asam terhadap kehidupan di Bumi) (Eksplorasi)
c.       Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak jujur serta kritis mencermati tentang terjadinya hujan asam dan dampaknya terhadap kehidupan di Bumi. (Elaborasi)
d.      Secara kelompok siswa diminta untuk menyimpulkan proses terjadinya dan dampak hujan asam dengan kreatif dan logis (Elaborasi)
e.       Secara berkelompok, peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang proses terjadinya dan dampak hujan asam bagi kehidupan di Bumi tanpa rasa takut, menumbuhkan kebanggaan, percaya diri dan sungguh sungguh (Elaborasi).
f.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa (konfirmasi)
g.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan (konfirmasi)

3.      Penutup:
Melalui diskusi, guru membimbing siswa untuk memperoleh kesimpulan:
a.       Terjadinya hujan asam:
Pembangkit listrik, pabrik dan kendaraan bermotor menghasilkan gas buang nitrogen oksida dan belerang oksida( NO2 dan SO2) ke atmosfer. Padahal di atmosfer terdapat CO2, Gas buang (NO2 dan SO2) bereaksi dengan CO2 membentuk asam sulfat (H2SO4 merupakan asam kuat) dan asam nitrat (H2CO3) merupakan asam lemah.
Asam ini bercampur dengan air hujan maka disebut hujan asam. Apabila jatuh ke tumbuhan atau ikan-ikan di laut, maka tumbuhan dan ikan-ikan akan mati.
b.         Dampak Hujan asam antara lain:
·       dapat merusak banguanan, monumen, patung, nisan.
·       dapat membuat permukaan logam cepat berkarat dan cepat melapuk
·       jika jatuh di hutan menyrbabkan hutan merana
·       jika jatuh di danau, sungai menyebabkan ikan-ikan dan tumbuhan dalam air mati.
·       dapat merontokkan bodi mobil (asam bersifat korosif)

Menginformsikan bahwa pertemuan berikutnya adalah “ ulangan tentang pelapukan di Bumi, proses terjadinya efek rumah kaca dan pemanasan global dan dampak terhadap kedidupan di Bumi serta terjadinya hujan asam dan dampaknya terhadap kehidupan di Bumi.
Peserta didik ditugaskan:
·      mencari contoh-contoh peristiwa alam akibat hujan asam,dan dampaknya terhadap kehidupan di Bumi, selain yang sudah disebutkan di Bumi. (boleh dari CD player, download, buku refrensi dst).
·      download dari google tentang hujan asam dan dampaknya terhadap kehidupan di Bumi dalam bentuk film, animasi dst.
·      Membuat tulisan tentang bagaimana cara mengurangi terjadinya pemanasan global dan hujan asam, tulisan dikirim melalui email gurunya. . (jika memungkinkan)

G.                                                          Sumber Belajar:
·      Sumber belajar:
Buku siswa penyusun Dra Sri Sulastri dkk, buku referensi, media elektronik (video, CD Player, animasi tentang Kehidupan, Pelapukan, Efek rumah kaca, Pemanasan Global dan Hujan Asam)
·      Perangkat TIK yang bisa digunakan:
Komputer PC, Laptop, Tablet, Tape recorder, Jaringan internet tersambung kabel, jaringan internet tanpa kabel, LCD Projector, Televisi,  OHP,  VCD/DVD player, Video Recorder, Camera, Laser pointer. 
·      Alat dan Bahan :
· sebuah botol plastik
· air secukupnya
· kulkas
· batu gamping
· larutan asam klorida
· sebuah bejana kaca

H.   Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi *)
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
·   Menyebutkan susunan lapisan pada lithosfer






·   Menyebutkan susunan lapisan pada atmosfer

·   Menjelaskan atmosfer Bumi hubungannya dengan gas-gas yang ada di dalamnya.

·   Menjelaskan proses pelapukan di lapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan




















·   Menjelaskan proses terjadinya efek rumah kaca
·    
·   Menjelaskan dampak positif efek rumah kaca




























·   Menjelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi
·    
·   Menjelaskan terjadinya hujan asam

·   Menjelaskan dampak hujan asam terhadap kehidupan di Bumi.

Tes tertulis






Tes tertulis

Tes tertulis



Tes tertulis





Tes tertulis
















Tes tertulis


Tes tertulis















Tes tertulis











Tes tertulis



Tes tertulis

Tes tertulis
Uraian







Uraian
Uraian

Uraian




PG






Uraian

PG















Uraian



PG
















PG












Uraian




Uraian


Uraian
1.   Bumi juga memiliki lapisan lentur dan dapat bergerak atau mengalir seperti aspal panas. Lapisan ini disebut ....
a.    mantel.
b.   Inti luar
c.    Inti dalam
d.   antara inti dalam dan inti luar
2.   Sebutkan lapisan-lapisan lithosfer!
3.   Sebutkan lapisan-lapisan atmosfer!

4.   Jelaskan apa yang  dimaksud dengan atmosfer!, mengapa atmosfer tetap bertahan menyelimuti Bumi?

5.   Lava yang membeku di permukaan Bumi Batuan beku terbetuk, membentuk batuan yang disebut ...
a.    batuan beku
b.   batuan malihan
c.    batuan sedimen
d.   batuan metamor
6.   Jelaskan proses pelapukan di lapisan bumi?
7.   Proses pelapukan adalah proses memecah batuan besar menjadi batuan kecil dan batuan kecil menjadi butir-butir halus Pelapukan menghasilkan ….
a.    mineral  yanga sama dengan mineral batuan asalnya
b.   mineral yang bisa berbeda dengan mineral batuan asalnya.
c.    mineral yang pasti berbeda dengan mineral batuan asalnya
d.   mineral yang sangat jauh berbeda dengan mineral batuan asalnya
8.     Menjelaskan proses terjadinya   efek rumah kaca

9.     Menjelaskan dampak efek rumah kaca

10. Pada rumah kaca, kaca bertindak seperti katup satu arah artinya ....
a.    kaca membolehkan cahaya tampak masuk tetapi menahan sinar-sinar gelombang panjang tidak keluar
b.   kaca membolehkan ultraviolet masuk tetapi menahan sinar-sinar gelombang panjang tidak keluar
c.    kaca membolehkan cahaya tampak masuk tetapi menahan sinar-sinar gelombang panjang keluar
d.   kaca membolehkan ultraviolet masuk tetapi menahan sinar-sinar gelombang pendek tidak keluar
11. Gas-gas rumah kaca antara lain ….
a.    klorofluorokarbon, nitrogen oksida (NO2), karbon monooksida dan uap air
b.   metana (CH4), karbon dioksida (CO2), metana dan uap air
c.    karbon dioksida (CO2), klorofluorokarbon, metana dan karbon monoksida
d.   karbon dioksida (CO2), klorofluorokarbon, metana (CH4) dan nitrogen oksida (NO2)
12.  Jelaskan proses  terjadinya pemanasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi

13.  Jelaskan bagaimana proses terjadinya hujan asam?

14. Sebutkan dampak hujan asam terhadap kehidupan di Bumi!



Kunci Jawaban:
1.   A
2.   Lapisan  pada lithosfer didominasi batuan.ada tiga jenis batuan, antara lain: batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf ( malihan )
3.   Lapisan atmosfer Bumi:
a.    Eksosfer
b.   Termosfer
c.    Mesosfer
d.   Stratosfer
e.    troposfer
4.   Atmosfer adalah lapisan (selimut) udara yang mengitari Bumi yang membentang sampai ketinggian 400 km dari permukaan Bumi. Atmosfer tetap berada di tempatnya karena ditahan oleh gravitasi Bumi. Akibatnya lapisan udara yang dekat dengan permukaan Bumi memiliki massa jenis lebih besar daripada lapisan udara di atasnya.
Udara tersusun atas 78 % nitrogen, 21 % oksigen dan 1 % gas-gas lain seperti argon, karbon dioksida, metana dan uap air. 
5.   A
6.   Proses pelapukan adalah proses memecah batuan besar menjadi batuan kecil dan batuan kecil menjadi butiran-butiran halus. Hasil pelapukan bisa berbeda dengan mineral batuan asalnya.
7.    B
8.   Bumi kita diselimuti atmosfer dapat diibaratkan seperti rumah yang diselimuti kaca atau disebut rumah kaca.
Kaca adalah benda yang ditembus cahaya tampak, tetapi tidak dapat ditembus oleh sinar ultra violet dan infra merah.Sinar tampak dari matahari diserap oleh tanah dan tumbuhan di bumi, maka tanah dan tumbuhan tersebut memancarkan sinar infra merah yang tidak bisa keluar dari rumah kaca karena kaca tidak bisa ditembus oleh sinar infra merah. Akibatnya energi infra merah ini terperangkap di dalam rumah kaca, sehingga rumah kaca tetap hangat dan tumbuhan-tumbuhan di dalamya dapat hidup.
Tanpa efek rumah kaca ini suhu Bumi akan 33 ºC lebih rendah dari suhu hari ini atau sangat dingin ( - 18 ºC).  
9.   Gas rumah kaca karbon dioksida (CO2), klorofluorokarbon, metana (CH4) dan nitrogen oksida ( NO2 ), terutama gas karbon dioksida karbon dioksida ( CO2 ), klorofluorokarbon, metana (CH4) dan nitrogen oksida (NO2). Menyerap dan memancarkan sebagian besar gelombang panjang infra merah kembali ke permukaan Bumi. Jadi, radiasi infra merah yang tidak dapat meninggalkan Bumi menjaga menghangatkan Bumi. Efek rumah kaca ini sangat menyenangkan karena tanpa efek ini suhu Bumi akan 33ºC lebih rendah  atau rata-rata suhu Bumi – 18ºC. Dengan suhu ini Bumi tidak dapat didiami makluk hidup.
10.  A
11.  D
12.  Pemanasan global adalah meningkatnya suhu bumi akibat efek rumah kaca.
Pemanasan global dapat menyebabkan:
·      Angin topan berlangsung dengan frekuensi tinggi
·      Pergeseran pada lintasan badai siklon skala besar
·      Meningkatnya frekuensi dan intensitas gelombang panas dan musim kemarau.
Efek pemanasan global terhadap kesehatan:
·         Meningkanya kematian akibat: serangan jantung
·         Perubahan iklim yang memburuk memperburuk kualitas udara yang dapat melukai paru-paru.
·         Menularnya penyakit tropis secara mendunia yaitu yang disebabkan oleh gigitan serangga (malaria, demam berdarah, demam kuning dan encephalitis).
13.  Terjadinya hujan asam:
Pembangkit listrik, pabrik dan kendaraan bermotor menghasilkan gas buang nitrogen oksida dan belerang oksida( NO2 dan SO2) ke atmosfer. Padahal di atmosfer terdapat CO2, Gas buang (NO2 dan SO2) bereaksi dengan CO2 membentuk asam sulfat (H2SO4 merupaka asam kuat) dan asam nitrat ( H2CO3 merupakan asam lemah).
Asam ini bercampur dengan air hujan maka disebut hujan asam. Apabila jatuh ke tumbuhan atau ikan-ikan di laut, maka tumbuhan dan ikan-ikan akan mati.
14.  Dampak Hujan asam antara lain:
·      dapat merusak banguanan, monumen, patung, nisan.
·      dapat membuat permukaan logam cepat berkarat dan cepat melapuk
·      jika jatuh di hutan menyrbabkan hutan merana
·      jika jatuh di danau, sungai menyebabkan ikan-ikan dan tumbuhan dalam air mati.
·      dapat merontokkan bodi mobil (asam bersifat korosif)

Nilai:  skor yang diperoleh   X 100
                Skor maksimum





Mengetahui :                                                                  Penyusun :
Ka. SMP. …….                                                          Guru Mata Pelajaran



……………………..                                                  …………………………
NIP.                                                                            NIP.



Catatan Penting:
Apabila hyperlink tidak keluar, maka silah blok huruf berwarna biru kemudian klik edit hyperlink dan masukkan film atau file yang dikehendaki atau sesuai tulisan yang berwarna biru. Misalnya tulisan berwarna biru “hasil Pelapukan”, maka klik hasil pelapukan selanjutnya save.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar