SILABUS
Lampiran 1
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
I
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi
(Alquran) : 1. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Melafalkan QS
Al Fatihah dengan lancar
|
Surah Al Fatihah
|
1. Siswa melafalkan Surah Al Fatihah secara klasikal,
kelompok dan individu mengikuti bacaan guru, serta mengulang-ulang pelafalan Surah
Al Fatihah secara kelompok dan individu
|
1. Melafalkan Surah
Al Fatihah dengan lancar dan benar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
1. Lafalkan Surah
Al Fatihah!
|
3 × 35 menit
|
1. Tuliskan lafal Surah Al Fatihah pada
karton
2. Alquran (juz amma)
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR
ESIS halaman 1-10
4. Kaset atau CD Alquran
5. Pengamalan guru
6. Lingkungan sekitar
|
1.2 Menghafal QS
Al Fatihah dengan lancar
|
Surah Al Fatihah
|
1. Siswa
menghafal surah Al Fatihah dan menam-pilkan siswa yang telah menguasai
hafalan di depan kelas serta siswa mengulang hafalan dan mengamalkan Surah Al
Fatihah
|
1. Menghafalkan Surah
Al Fatihah dengan lancar dan benar
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
1. Hafalan Surah
Al Fatihah
(Lihat Buku
Pendidikan Agama
|
3 × 35 menit
|
1. Tulisan lafal Surah Al Fatihah pada
karton
2. Alquran (Jus Amma)
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 1
NTR, ESIS halaman 1-10
4. Kaset atau CD Alquran
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
2. Mengamalkan Surah
Al Fatihah secara rutin
|
Tes Lisan
|
Hafalan
|
1. Amalkan Surah
Al Fatihah secara rutin!
|
|
|
SILABUS
Lampiran 2
Sekolah :
SD ______________
Kelas :
I
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi
(Aqidah) : 2. Menghafal Rukun Islam
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Menunjukkan
kekuasaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya
|
Rukun Iman
|
1. Siswa Menjawab
pertanyaan melalui diskusi kelompok tentang siapa Allah dan ciptaan-Nya
|
1. Menunjukkan
adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitar
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Manusia wajib ….
Karunia Allah SWT
a. mengingat
b. menerima
c. mensyukuri
|
3 × 35 menit
|
1. Teks lagu mengenai rukun iman seta
kaset lagu-lagu islam, tentang rukun iman
2. Teks rukun iman di karton atau papan
tulis
3. Potongan karton yang dituliskan padanya
setiap rukun iman untuk diurutkan
4. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 12-20
6. Kaset atau CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
2. Menunjukkan
contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Kita harus
menolong orang yang ….
|
|
|
|||
2.2 Menyebutkan
enam Rukun Iman
|
Rukun Iman
|
1. Siswa
menyebutkan enam rukun iman secara klasikal, kelompok dan individu
|
1. Menyebutkan
enam Rukun Iman dengan berurutan dan benar
|
Tes lisan
|
Penyebutan
|
1. Sebutkan enam Rukun Iman secara
berurutan!
|
3 × 35 menit
|
1. Teks lagu mengenai Rukun Iman serta kaset
lagu-lagu islami yang lain tentang rukun iman
2. Teks Rukun Iman di karton atau papan tulis
3. Potongan karton yang dituliskan padanya
setiap Rukun untuk diurutkan
4. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid I,
ESIS halaman 12-20
5. Alquran (juz Amma)
6. Kaset atau CD Alquran
7. Lingkungan sekitar
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.3. Menghafalkan
Rukun Iman
|
Rukun Iman
|
1. Siswa
berkelompok menghafkan Rukun iman dan mengajukan wakil kelompok untuk
menghafalkan Rukun Iman
|
1. Menghafalkan
enam Rukun Iman dengan berurutan dan benar
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
1. Hafalan enam Rukun iman secara berurutan!
|
3 × 35 menit
|
1. Teks lagu mengenai Rukun Iman serta kaset
lagu-lagu tentang Rukun Iman
2. Teks Rukun Iman di karton atau papan tulis
3. Potongan karton yang dituliskan padanya
setiap Rukun Iman untuk diurutkan
4. Buku pendidikan Agama Islam NTR jilid I, ESIS
halaman 12-20
5. Alquran (juz Amma)
6. Kaset atau CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
SILABUS
Lampiran 3
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
I
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi
(Akhlak) : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||||
3.1 Membiasakan
perilaku jujur
|
Perilaku jujur
|
1. Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang perilaku jujur dan me-nyampaikan pendapat ten-tang keuntungan dari
peri-laku jujur serta contoh perilaku jujur.
|
1. Menunjukkan contoh perilaku jujur dan
keuntu-ngannya.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Apa yang diperoleh jika kamu jujur?
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar-gambar peraga yang
mencerminkan sifat jujur
2. Perilaku siswa yang jujur
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 22-38
4. Alquran (juz Amma)
5. Kaset atau CD Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
||||||||
2. Membiasakan perilaku jujur
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. Seorang diper-caya orang
lain karena bersikap …..
a. tenang
b. jujur
c. teliti
|
|||||||||||||
3.2 Membiasakan
perilaku tanggung jawab
|
Perilaku
bertanggung jawab
|
1. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang perilaku tanggung jawab akan
menyampaikan pendapat tentang keuntungan dari bertanggung jawab serta contoh
perilaku bertanggung jawab
|
1. Menunjukkan
contoh perilaku tanggung jawab dan keuntungannya
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Apa tanggung
jawabmu sebagai murid?
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar-gambar peraga yang
mencerminkan sifat bertanggung jawab
2. Perilaku siswa yang
bertanggung jawab
3. Buku Pendidikan Agama
Islam NTR jilid I, ESIS halaman 22 – 38
4. Alquran (juz Amma)
5. Kaset atau CD Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
||||||||
2. Membiasakan
perilaku tanggung jawab
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. Menjaga
kesehatan adalah bentuk tanggung jawab terhadap ….
a. orang lain
b. Allah
c. diri sendiri
|
|||||||||||||
3.3 Membiasakan
perilaku hidup bersih
|
Perilaku hidup
bersih
|
1. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang perilaku hidup bersih dan menyampaikan
pendapat tentang keuntungan dari perilaku hidup bersih serta contoh perilaku
hidup bersih
|
1. menunjukkan
contoh perilaku tanggung jawab dan keuntungan-nya.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan dua
macam kebersihan yang harus dijaga?
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar-gambar peraga yang mencerminkan
perilaku hidup bersih
2. Penampilan siswa yang rapi/bersih
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 22-38
4. Alquran (juz Amma)
5. Kaset atau CD Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
||||||||
2. Membiasakan
perilaku hidup bersih
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. Hidup bersih
pangkal ….
a. kaya
b. pandai
c. sehat
|
|||||||||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||||
3.4 Membiasakan
perilaku disiplin
|
Perilaku disiplin
|
1. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang perilaku disiplin dan menyempaikan
pendapat tentang keuntungan dari perilaku dari perilaku disiplin serta contoh
perilaku disiplin
|
1. Menunjukkan
contoh perilaku disiplin dan keuntungannya
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Untuk apa kamu harus membiasakan disiplin?
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar-gambar peraga yang mencerminkan
sifat disiplin
2. Perilaku siswa yang disiplin
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 22-38
4. Alquran (juz Amma)
5. Kaset atau CD Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
||||||||
2. Membiasakan
perilaku disiplin
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. Belajar dengan
teratur adalah contoh berperilaku ….
a. disiplin
b. jujur
c. teliti
|
|
|
|||||||||||
SILABUS
Lampiran 4
Sekolah :
SD ______________
Kelas :
I
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi
(Fiqih) : 4. Mengenal tata cara bersuci taharah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Menjelaskan
pengertian bersuci
|
Tata cara bersuci
(taharah)
|
1. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang tata cara bersuci dan menyebutkan
alat-alat yang dapat dipakai bersuci di sekitar tempat belajar.
|
1. Menjelaskan
pengertian bersuci
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Toharoh itu bersuci dari ….
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar peraga tentang tata cara bersuci
2. Alat-alat bersuci yang bias disiapkan
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR, jilid
I ESIS halaman 40-48
4. Alquran (juz Amma)
5. Teks doa sebelum masuk dan sesudah
keluar WC dikarton atau di papan tulis
6. Kaset atau CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan
tata cara bersuci
|
Tes tulis
|
Essay
|
Bagaimana bersuci
yang benar/bersih?
|
|
|
|||
3. Menunjukkan
alat untuk bersuci
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa alat yang
digunakan untu bersuci?
|
|
|
|||
4.2 Mencontoh
tata cara bersuci
|
Tata cara bersuci
(taharah)
|
1. Siswa
menghafalkan doa sebelum dan sesudah keluar masuk kamar kecil secara individu
dari berkelompok serta mende-monstrasikan tata cara bersuci yang baik dan
benar
|
1. Menghafalkan
doa sebelum dan sesudah keluar masuk kamar kecil
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan doa
sebelum dan sesudah keluar masuk kamar kecil!
|
6 × 35 menit
|
1. Gambar peraga tentang tata cara bersuci
2. Alat-alat bersuci yang bias disiapkan
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR, jilid I
ESIS halaman 40-48
4. Teks doa sebelum masuk dan sesudah keluar
WC di karton atau di papan tulis
5. Alquran (juz Amma)
6. Kaset atau CD Alquran
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
2. Melakukan tata
cara bersuci
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
Peragaan tata
cara bersuci yang baik dan benar!
(Lihat Buku
Pendidikan Agama
|
|
|
SILABUS
Lampiran 5
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
I
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi
(Fiqih) : 5. Mengenal Rukun Islam
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Menirukan
ucapan Rukun Islam
|
Ucapan Rukun
Islam
|
1. Siswa
menyebutkan Rukun Islam dan menjawab pertanyaan tentang urutan Rukun Islam
|
1. Mengucapkan
Rukun Islam
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Sebutkan Rukun Islam!
|
3 × 35 menit
|
1. Teks Rukun Islam di karton atau papan
tulis
2. Teks lagu Rukun Islam (syair lagu “balonku”)
3. Potongan karton yang dituliskan padanya
setiap Rukun Islam untuk diurutkan
4. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 50-58
5. Alquran (juz Amma)
6. Kaset atau CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan
Rukun Islam dengan lancar
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apakah nama Rukun
Islam yang kedua?
|
|
|
|||
5.2 Menghafal
Rukun Islam
|
Hafal Rukun Islam
|
1. Siswa
menghafalkan Rukun Islam secara berkelompok
|
1. Menghafalkan
Rukun Islam dengan lancar
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalan Rukun Islam dengan berurutan!
|
3 × 35 menit
|
1. Teks Rukun Islam di
karton atau papan tulis
2. Teks lagu Rukun Islam
(syair lagu “balonku”)
3. Potongan karton yang
dituliskan padanya setiap Rukun Islam untuk diurutkan
4. Buku Pendidikan Agama
Islam NTR jilid I, ESIS halaman 50-58.
5. Alquran (juz Amma)
6. Kaset atau CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
|
|
|
2. Menunjukkan contoh pengamalan Rukun
Islam
|
Teks tulis
|
Pilihan ganda
|
Pergi haji hanya wajib bagi
yang ….
a. mau
b. ikhlas
c. mampu
|
|
|
Latihan semester
I hal 59-62
|
|
|
|
|
|
|
2 × 35 menit
|
|
SILABUS
Lampiran 6
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
I
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar kompetensi
(Alquran) : 6. Menghafal surah-surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1 Menghafalkan
QS Al Kausar dengan lancar
|
Surah Al Kausar
|
1. Siswa
melafalkan Surah Al Kausar secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti
bacaan guru, mengulang-ulang lafal Surah Al Kausar dan menghafalkan Surah Al
Kausar serta menampilkan siswa yang telah menguasai hafalan di depan kelas
|
1. Melafalkan
Surah Al Kausar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan Surah Al Kausar!
|
3 × 35 menit
|
1. Tuliskan lafal Surah Al Kausar di
karton
2. Alquran (juz Amma)
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 64-74
4. Kaset atau CD Alquran
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
2. Menghafalkan
surah Al Kausar dengan lancar dan benar
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan Surah Al
Kausar!
|
|
||||
3. Membiasakan
membaca Surah Al Kausar
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Amalkan Surah Al
Kausar secara rutin!
|
|
||||
6.2 Menghafal QS
An Nasr dengan lancar
|
Surah An Nasr
|
1. Siswa
melafalkan Surah An Nasr secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti
bacaan guru, mengulang-ulang lafal Surah An Nasr dan menghafal Surah An Nasr
serta menampilkan siswa yang telah menguasai hafalan di depan kelas
|
1. Melafalkan
Surah An Nasr
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan Surah An
Nasr
|
3 × 35 menit
|
1. Tuliskan lafal Surah An
Nasr pada karton
2. Alquran (juz Amma)
3. Buku Pendidikan Agama
Islam NTR jilid I, ESIS halaman 64-74
4. Kaset atau CD Alquran
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
2. Menghafalkan Surah An Nasr dengan lancar dan benar
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan Surah An Nasr!
|
|
||||
3. Membiasakan membaca Surah An Nasr
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Amalkan Surah An Nasr secara rutin!
|
|
||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.3. Menghafal QS
Al Asr dengan lancar
|
Surah Al Asr
|
1. Siswa
melafalkan Surah Al Asr secara klasikal, kelompok dan Individu mengikuti
bacaan guru, mengulang-ulang lafal dan menghafal Surah Al Asr serta
menampilkan siswa yang telah menguasai hafalan di depan kelas.
|
1. Melafalkan
Surah An Asr
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan Surah Al Asr!
|
3 × 35 menit
|
1. Tuliskan lafal Surah Al Asr pada karton
2. Alquran (juz Amma)
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 64-74
4. Kaset atau CD Alquran
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
2. Menghafal
Surah Al Asr dengan lancar
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan Surah Al
Asr!
|
|
||||
3. Membiasakan
membaca Surah Al Asr
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Amalkan Surah Al
Asr secara rutin!
|
|
SILABUS
Lampiran 7
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
I
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar kompetensi
(Aqidah) : 7. Mengenal dua kalimat syahadat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Melafalkan
syahadat tauhid dan syahadat rasul
|
Syahadat tauhid dan syahadat
rasul
|
1. Siswa melafalkan dua
kalimat syahadat bersama –sama, secara kelompok dan individu
|
1. Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat
rasul dengan benar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan dua kalimat
syahadat
|
3 × 35 menit
|
1. Teks lafal dua kalimat
syahadat di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama
Islam NTR jilid I, ESIS halaman 76-83
3. Alquran (juz Amma)
4. Kaset atau CD Alquran
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
7.2 Mengartikan
dua kalimat syahadat
|
Dua kalimat
syahadat
|
1. Siswa
mengartikan dua kalimat syahadat bersama-sama dan secara individu
|
2. Mengartikan
dua kalimat syahadat
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa arti syahadat
rasul?
|
3 × 35 menit
|
1. Teks lafal dua kalimat syahadat di
karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 76-83
3. Alquran (juz Amma)
4. Kaset atau CD Alquran
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
7.2 Menghafkan
dua kalimat syahadat
|
Dua kalimat
syahadat
|
1. Siswa
menghafalkan dua kalimat syahadat beserta artinya dan mengamalkannya
|
1. Menghafalkan
dua kalimat syahadat
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan dua
kalimat syahadat beserta artinya!
(Lihat Buku
Pendidikan Agama
|
3 × 35 menit
|
1. Teks lafal dua kalimat syahadat di
karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 76-83
3. Alquran (juz Amma)
4. Kaset atau CD Alquran
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
2. Mengamalkan
dua kalimat syahadat dalam salat
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Amalkan dua
kalimat syahadat secara rutin!
|
6 × 35 menit
|
|
SILABUS
Lampiran 8
Sekolah :
SD
Kelas :
1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar kompetensi
(Akhlak) : 8. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1 Menampilkan
perilaku rajin
|
Perilaku rajin
|
1. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang perilaku rajin dan menun-jukkan contoh
perilaku rajin serta menyampaikan pendapat tentang keuntu-ngan orang yang
rajin
|
1. Menunjukkan
contoh perilaku rajin
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Murid-murid mendapat nilai yang baik karena rajin ….
a. belajar
b. mencontek
c. bergurau
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar-gambar peraga yang mencerminkan
perilaku rajin
2. Perilaku siswa yang terpuji
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 85-99
4. Alquran (juz Amma)
5. Kaset atau CD Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Menampilkan
perilaku rajin
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Bagaimana salah
satu cara belajar yang baik
|
|||||
3. Menunjukkan
keuntungan orang yang rajin
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Bagaimana salah
satu cara belajar yang baik?
|
|||||
8.2 Menampilkan
perilaku tolong-menolong
|
Perilaku
tolong-menolong
|
1. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang perilaku tolong-menolong dan menunjukkan
contoh perilaku tolong-menolong serta menyampaikan pen-dapat tentang
keuntungan tolong-menolong
|
1. Menunjukkan
contoh perilaku tolong-menolong
|
Tes lisan
|
Pilihan ganda
|
Kita harus
menolong orang yang ….
a. gembira
b. kesusahan
c. senang
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar-gambar peraga yang
mencerminkan perilaku tolong-menolong
2. Perilaku siswa yang suka
tolong-menolong
3. Buku Pendidikan Agama
Islam NTR jilid I, ESIS halaman 85-99
4. Alquran (juz Amma)
5. Kaset atau CD Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
|
|
|
2. Menampilkan perilaku tolong-menolong
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Kepada siapa kita harus bersikap
tolong-menolong?
|
|
|
3. Menyebutkan manfaat tolong-menolong
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan satu manfaat tolong-menolong
|
|||||
8.3 Menampilkan
perilaku hormat terhadap orangtua
|
Perilaku hormat
terhadap
|
1. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang perilaku hormat terhadap orangtua dan
menunjukkan contoh perilaku hormat terhadap orangtua serta menyampaikan pendapat
tentang keuntungan perilaku hormat terhadap orangtua
|
1. Menunjukkan contoh perilaku hormat
terhadap orangtua
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Kepada orangtua kita harus ….
a. hormat
b. malas
c. takut
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar-gambar peraga yang mencerminkan
perilaku hormat terhadap orangtua
2. Perilaku siswa yang hormat terhadap
orangtua
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 85-99
4. Alquran (juz Amma)
5. Kaset atau CD Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Menampilkan perilaku hormat terhadap
orangtua
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Beri dua contoh bakti kepada orangtua!
|
|
||||
3. Menunjukkan cara menghormati orangtua
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Bagaimana cara hormat kepada orangtua
|
|
||||
8.4 Menampilkan
adab makan dan minum
|
Adab makan dan
minum
|
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang adab makan dan minum dan menyampaikan
pendapat tentang contoh perilaku tata cara makan dan minum yang baik
|
1. Menunjukkan contoh perilaku tata cara
makan dan minum yang baik
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Makan dan minum
yang baik adalah ….
a. banyak
b. sedikit
c. tidak
berlebihan
|
6 × 35 menit
|
1. Gambar-gambar peraga yang mencerminkan
tata cara makan dan minum yang baik
2. Meja kursi, alat makan (piring, sendok)
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I. ESIS halaman 85-99
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
|
|
serta mendemonstrasi tata
cara makan dan minum yang baik
|
|
|
|
|
|
4. Alquran (juz Amma)
5. Kaset atau CD Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Menampilkan adab makan dan minum
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
Praktik adab makan dan minum
|
|
||||
8.5 Menampilkan
adab belajar
|
Adab belajar
|
1. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang adab belajar dan menunjukkan contoh adab
belajar serta menyampaikan pendapat tentang manfaat rajin belajar
|
1. Menunjukkan cara adab belajar
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Sebelum dan sesudah belajar kita dianjurkan
….
a. beristirahat
b. bermain
c. berdoa
|
6 × 35 menit
|
1. Gambar-gambar peraga yang mencerminkan
adab belajar
2. Perilaku belajar siswa yang sesuai
dengan cara yang baik
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 85-99
4. Alquran (juz Amma)
5. Kaset atau CD Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Menampilkan adab belajar
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa saja yang terdapat dalam adab belajar?
|
|
|
|||
3. Menunjukkan manfaat rajin belajar
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa keuntungan murid yang rajin belajar?
|
|
|
SILABUS
Lampiran 9
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar kompetensi
(Fiqih) : 9. Membiasakan bersuci (taharah)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.1 Menyebutkan
tata cara berwudu
|
Tata cara berwudu
|
1. Siswa
melafalkan niat berwudu secara klasikal dan kelompok dan menghafal urutan
berwudu melalui alat peraga.
|
1. Menjelaskan
tata cara berwudu
|
Tes tulis
|
Hafalan
|
Hafalkan urutan berwudu
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar tata cara berwudu pada karton
atau lainnya
2. Tempat dan peralatan berwudu (keran
air)
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 102-110
4. Alquran (juz Amma)
5. Kaset atau CD Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
9.2 Mempraktikkan
tata cara berwudu
|
Tata cara berwudu
|
1. Siswa berlatih
berwudu secara kelompok kemudian individu mendemonstrasi-kan pelaksanaan
berwudu dengan sempurna dan menghafal doa berwudu
|
1. Mempraktikkan
tata cara berwudu dengan benar
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
Praktikkan tata
cara berwudu dengan benar!
(Lihat Buku
Pendidikan Agama
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar tata cara berwudu pada karton
atau lainnya
2. Tempat dan peralatan berwudu (keran
air)
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR jilid
I, ESIS halaman 102-110
4. Alquran (juz Amma)
5. Kaset atau CD Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Membiasakan
berwudu dengan benar
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Biasakan berwudu
dengan benar!
|
|
|
|||
Latihan semester
II halaman 111-114
|
|
|
|
|
|
|
2 × 35 menit
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar