JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS
PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1
A. TEMA: AKU DAN KELUARGAKU
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
PKn
Menjelaskan cara menghormati anggota
keluarga.
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama,
dan suku bangsa.
|
§
Mengidentifikasi macam-macam contoh
perbedaan.
§
Menceritakan cara bekerja sama dengan
anggota keluarga.
§
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin dalam
keluarga
§
Memberikan contoh hidup rukun melalui
kegiatan di rumah dan di sekolah
§ Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
|
§
Mengamati gambar tentang keluarga.
§
Bertanya jawab tentang anggota keluarga.
§
Berdiskusi kelas membahas kasih sayang
keluarga.
§
Mengidentifikasi macam-macam contoh
keperbedaan.
§
Menceritakan kasih sayang keluarga.
§
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin dalam
keluarga.
§
Memberikan contoh hidup rukun melalui
kegiatan di rumah dan di sekolah.
§ Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
|
4 Minggu
4x6 hr
= 24 hari
|
§
Kurikulum Standar Isi
2006 mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes,
Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006.
§
Buku Ajar Siswa
Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan.
§ Tematik untuk Kelas 1A.
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS.
§ Buku lain yang relevan.
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§ Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan
masyarakat) yang relevan dengan tema.
§ Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran
Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan
Pendekatan
§ Tematik untuk Kelas 1A.
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS
§ Buku lain yang relevan
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§ Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan
masyarakat) yang relevan dengan tema.
|
|
IPS
Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
|
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga
dan kerabat.
§ Menyebutkan nama pendek dan nama panjang.
§ Menyebutkan nama-nama anggota keluarga.
§
Mengidentifikasi
nama-nama kerabat.
§ Menceriterakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
|
§
Mengamati gambar tentang
keluarga.
§ Bertanya jawab tentang nama-nama anggota
keluarga.
§ Mendeskrisikan kasih sayang anggota
keluarga.
§
Menceritakan pengalaman
diri.
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Menunjukkan sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
|
|||
BAHASA iNDONESIA
Mendengarkan:
Membedakan berbagai bunyi bahasa.
Berbicara:
Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa
yang santun.
Menyapa orang lain dengan menggunakan
kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
Membaca:
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan
lafal
Menulis:
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf.
Menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf yang tepat.
|
§ Membedakan
berbagai bunyi bahasa (kata dan kalimat dengan jelas).
§ Membedakan berbagai bunyi/suara tertentu
secara tepat.
§ Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah
dan tempat tinggal) dengan kalimat sederhana.
§ Menyebutkan nama orang tua dan saudara
kandung.
§ Menanyakan data diri dan nama orang tua
serta saudara kandung teman sekelas.
§ Menunjukkan posisi duduk dengan benar
§ Mengatur jarak antara mata dan obyek harus tepat
(30 Cm)
§ Memegang obyek dengan benar
§ Membuka buku dengan urutan yang benar
§ Menjiplak berbagai bentuk huruf,
§ Memegang alat tulis dan menggunakannya
dengan benar.
§ Mewarnai.
|
§ Diajak bertepuk tangan dengan suara keras,
sedang dan lemah.
§ Membedakan berbagai bunyi/suara tertentu
secara tepat.
§ Menjawab pertanyaan guru sesuai dengan isi
materi.
§ Membedakan berbagai bunyi/suara tertentu
secara tepat.
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan
informasi yang didengarkan
§ Menyelesaikan gambar yang belum selesai.
§ Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah
dan tempat tinggal) dg kalimat sederhana.
§ Menyebutkan nama orang tua dan saudara
kandung.
§ Menanyakan data diri dan nama orang tua
serta saudara kandung teman sekelas.
§ Menyebutkan nama anggota badan dan keguna
annya dengan kalimat sederhana.
§ Menunjukkan posisi duduk dengan benar.
§ Mengatur jarak antara mata dan obyek harus
tepat (30 Cm).
§ Memegang obyek dengan benar.
§ Membuka buku dengan ururtan yang benar.
§ Mengamati gambar tentang keluarga.
§ Bertanya jawab tentang makna gambar.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain)
kalimat demi kalimat dalam paragraf serta menggu nakan afal dan intonasi yang
tepat sehingga dapat dipahami orang lain.
§ Mengenali huruf-huruf dan membacanya
sebagai suku kata, kata dan kalimat sederhana.
§ Membaca penggalan cerita dg lafal dan
intonasi yang benar.
§ Menggerakkan telunjuk untuk membuat
berbagai bentuk garis dan lingkaran.
§ Memegang alat tulis dan mengguna-kannya
dengan benar.
§ Mewarnai.
|
|||
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar (Se – Bud)
Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber
bunyi yang dihasilkan tubuh manusia (Se – Bud)
Melafalkan lagu anak-anak(Se – Bud)
|
§ Mengelompokkan berbagai jenis dan
ukuran:bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga
dimensi di alam sekitar
§
Membuat gambar ekspresi
berbagai tema imajinatif dengan unsur rupa
§
Menentukan sumber bunyi
|
§ Mengelompokkan bidang, warna dan bentuk
pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar
§
Mengelompokkan berbagai
ukuran :bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga
dimensi di alam sekitar
§
Mengelompokkan berbagai
jenis :bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada seni rupa dua dan tiga
dimensi
§ Mengelompokkan berbagai ukuran :bintik,
garis, garis, bidang, warna dan bentuk pada karya seni rupa dua dan tiga
dimensi
§
Membuat gambar ekspresi
berbagai tema imajinatif dengan unsur rupa
§
Menentukan sumber bunyi
|
|
|
|
Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar(IPA
)
|
§ Memberi makna pada hasil pengamatan
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab
pertanyaan
§ Menerangkan bagian-bagian tubuh misal nya
mata, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi
§ Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh
yang diamati Membiasakan merawat tubuh
|
§ Memberi makna pada hasil pengamatan
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab
pertanyaan
§ Menerangkan bagian-bagian tubuh misal nya
mata, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi
§ Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh
yang diamati Membiasakan merawat tubuh
|
|
|
|
Membilang banyak
benda
Mengurutkan
banyak benda
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang (Mat)
|
§ Membilang atau menghitung secara urut
§ Menyebutkan banyak benda
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak,
lebih sedikit atau sama banyak
§ Membaca dan menulis lambang bilangan
|
§ Membilang atau menghitung secara urut
§ Menyebutkan banyak benda
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak,
lebih sedikit atau sama banyak
§ Membaca dan menulis lambang bilangan
|
|
|
|
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orkes)
|
§ Mendemontrasikan sikap tubuh yang benar
dalam berbagai posisi (Orkes)
§ Mengetahui bagian-bagian tubuh: kepala,
bahu, dada, punggung, pinggang, le ngan, pergelangan, jari tangan, tungkai,
engkel dan kaki
|
§ Mengetahui bagian-bagian tubuh: kepala,
bahu, dada, punggung, pinggang, le ngan, pergelangan, jari tangan, tungkai,
engkel dan kaki
§ Mengetahui lokasi paru dan keguna annya
|
|||
|
|
|
|
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1, 2,
dan 3
TEMA :
AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku
bangsa (PKn).
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga,
dan kerabat (IPS).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa
yang santun (BI).
§ Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat
sapaan yang tepat dan bahasa yang santun (BI).
§ Membaca nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat (BI).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar (Se – Bud).
§ Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber
bunyi yang dihasilkan tubuh manusia (Se
– Bud).
§ Melafalkan lagu anak-anak (Se – Bud).
§ Menceritakan cara merawat bagian tubuh (IPA).
§ Membilang banyak
benda.
§ Mengurutkan banyak
benda.
§ Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang (Mat).
§ Permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama,
toleransi dan percaya diri (Orkes).
II. INDIKATOR
§ Mengidentifikasi macam-macam contoh keperbedaan (PKn).
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin dalam keluarga.
§ Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah
dan di sekolah.
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat
(IPS).
§ Menyebutkan nama pendek dan nama panjang.
§ Menceriterakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah
dan tempat tinggal) dg kalimat sederhana .
§ Menyebutkan nama orang tua dan saudara
kandung.
§ Mengelompokkan berbagai jenis dan
ukuran:bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi
di alam sekitar.
§ Membuat gambar ekspresi berbagai tema
imajinatif dengan unsur rupa.
§ Menentukan sumber bunyi.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan (IPA).
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan
untuk menjawab pertanyaan.
§ Membilang atau menghitung secara urut (Mat).
§ Menyebutkan banyak benda.
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui
istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
§ Mendemontrasikan sikap tubuh yang benar dalam
berbagai posisi (Orkes).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku).
2.
Kegiatan Inti
3)
Menugaskan semua siswa untuk menyebutkan data
dirinya (nama, kelas, sekolah dan tempat tinggal) dan anggota keluarga yang
tinggal dalam satu rumah dengan kalimat sederhana (PKWn & IPS & BI,
MAT).
4)
Semua siswa
diminta mengamati contoh huruf sambung dan
contoh huruf lepas, serta cara penulisannya.
5)
Setiap siswa belajar menulis data dirinya di buku
masing-masing, untuk mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata,
kata dan kalimat sederhana (PKWn &
IPS & BI).
6)
Bertanya jawab
apakah siswa mempunyai foto juga seperti keluarga Adi
7)
Meminta siswa
(yang berani, kalau tidak berani sendirian, bisa dua atau tiga anak) untuk menyanyi
lagu yang mereka bisa nyanyikan. Yang lain bertepuk tangan memberi semangat.
8)
Guru bercerita
bahwa di dunia ini selain manusia ada bermacam-macam isinya
§ Ada manusia
§ Ada hewan
§ Ada tumbuhan
§ Dan semua orang pastilah punya nama
9)
Bertanya jawab
tentang keadaan keluarga siswa, apakah ayah dan ibu saling menyayangi, guru
bercerita tentang keluarga yang saling menyayangi dan bagaimana hubungan kasih sayang di rumah
yang baik (PKWn & PS & BI).
10) Memanggil salah satu siswa untuk bercerita
tentang kasih sayang di keluarganya (untuk melatih keberanian dalam
mengungkapkan isi hatinya) (PKWn &
PS & BI).
11) Guru bercerita bahwa semua manusia adalah ciptaan Tuhan
(Cakrawala hal 3).
§ Ada laki-laki
§ Ada perempuan
§ Ayah yang sudah tua
§ Ada yang masih anak-anak
§ Ada yang senang olah raga
§ Ada yang senang menyanyi
12)
Menugaskan
siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku, membahas tentang gambar sikap
orang tua terhadap anak, sikap terhadap teman yang berbeda jenis kelamin (PKn
& PS & BI).
13) Kalau belajar ibu
akan menemani.
14) Kalau mandi, ibulah
yang menyiapkan bajunya.
15) Ayah juga sayang
kepada anak-anak. Ayah yang mencari nafkah, ibu juga membantu ayah
16)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 26) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
1)
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
2)
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
3)
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 4, 5, dan 6
TEMA :
AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku
bangsa (PKn).
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga,
dan kerabat (IPS).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa
yang santun (BI).
§ Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat
sapaan yang tepat dan bahasa yang santun (BI).
§ Membaca nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat (BI).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar (Se – Bud).
§ Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber
bunyi yang dihasilkan tubuh manusia (Se
– Bud).
§ Melafalkan lagu anak-anak (Se – Bud).
§ Menceritakan cara merawat bagian tubuh (IPA).
§ Membilang banyak benda.
§ Mengurutkan banyak
benda.
§ Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang (Mat).
§ Permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orkes).
II. INDIKATOR
§ Mengidentifikasi macam-macam contoh keperbedaan (PKn).
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin dalam keluarga.
§ Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah
dan di sekolah.
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat
(IPS).
§ Menyebutkan nama pendek dan nama panjang.
§ Menceriterakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah
dan tempat tinggal) dg kalimat sederhana .
§ Menyebutkan nama orang tua dan saudara
kandung.
§ Mengelompokkan berbagai jenis dan ukuran:bintik,
garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam
sekitar.
§ Membuat gambar ekspresi berbagai tema
imajinatif dengan unsur rupa.
§ Menentukan sumber bunyi.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan (IPA).
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan
untuk menjawab pertanyaan.
§ Membilang atau menghitung secara urut (Mat).
§ Menyebutkan banyak benda.
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui
istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
§ Mendemontrasikan sikap tubuh yang benar dalam
berbagai posisi (Orkes).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Dua Mata Saya” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu
(Orkes, Budaya-Keterampilan)
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
1)
Bertanya jawab membahas anggota keluarga di rumah
(keluarga inti dan keluarga tambahan : PKn,
Mat, IPS & BI)
2)
Guru memberikan wawasan
bahwa semua orang pasti mempunyai nama, punya orang tua, punya kerabat seperti
paman/om, tante/bibi, kakek dan nenek dsb
3)
Semua siswa ditugaskan
untuk belajar menulis nama keluarga inti dan keluarga tambahan yang ada di
rumah masing-masing siswa dan alamat rumah (PKn, Mat, IPS, BI)
§ Nama paman (adik ayah/ibu)
§
Nama bibi/tante (adik ayah/ibi)
§
Nama kakek
§
Nama nenek
4)
Bertanya jawab
tentang sikap kasih sayang terhadap keluarga di rumah, dan menunjuk salah satu
siswa untuk bercerita di depan kelas
5)
Guru bercerita
bahwa di dunia ini ada beberapa perbedaan suku, dan agama dan pakaian adatnya
§ Ada yang suku jawa
§ Ada yang suku madura
§ Ada yang suku sunda
§ Ada yang suku batak
§ Ada yang suku osing
§ Dan sebagainya
6)
Guru membacakan
teks tentang ”Perbedaan Suku dan Agama” di halaman 8 dnan 9. semua siswa
menirukan membaca. Siswa diminta membaca sambil memahami huruf dan tulisannya
7)
Bertanya jawab
apa suku dan agama para siswa di kelas 1 ini.
8)
Semua siswa diharuskan saling menghargai meskipun
berbeda suku, adat, agama dan bahasa daerahnya
9)
Guru bercerita
bahwa di rumah, ke mungkinan ada yang
berbeda agama, berbeda kesukaan, berbeda suku dan sebagainya dan bagaiman seha
rusnya sikap yang baik (PKn, Mat, IPS,
BI)
10)
Bertanya jawab apa saja kesukaan anak-anak dalam melihat acara TV. Dan apakah kesukaan
adik/kakak? Apa kesukaan ayah kalau nonton TV dsb
11) Semua siswa ditugaskan
mengamati gambar di halaman 10, dan menjiplak garis, bentuk, warna,
bintik dan bidang serta menyebutkan warna-warnanya di buku masing-2
§
Siswa ditugaskan untuk
menirukan macam-macam garis di bukunya
§
Siswa menyebut nama-nama
kotak, panjang, dsb
12) Terakhir
semua siswa diminta menyimak bagi “Berbudi Pekerti” (halaman 26) dan diharapkan
semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi
pekerti tersebut.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
sesuai dengan hasil klarifikasi
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi
yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri
pelajaran
IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7, 8, dan 9
TEMA :
AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku
bangsa (PKn).
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga,
dan kerabat (IPS).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa
yang santun (BI).
§ Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat
sapaan yang tepat dan bahasa yang santun (BI).
§ Membaca nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat (BI).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar (Se – Bud).
§ Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber
bunyi yang dihasilkan tubuh manusia (Se
– Bud).
§ Melafalkan lagu anak-anak (Se – Bud).
§ Menceritakan cara merawat bagian tubuh (IPA).
§ Membilang banyak
benda.
§ Mengurutkan banyak
benda.
§ Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang (Mat).
§ Permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orkes).
II. INDIKATOR
§ Mengidentifikasi macam-macam contoh keperbedaan (PKn).
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin dalam keluarga.
§ Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah
dan di sekolah.
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat
(IPS).
§ Menyebutkan nama pendek dan nama panjang.
§ Menceriterakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah
dan tempat tinggal) dg kalimat sederhana .
§ Menyebutkan nama orang tua dan saudara
kandung.
§ Mengelompokkan berbagai jenis dan
ukuran:bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi
di alam sekitar.
§ Membuat gambar ekspresi berbagai tema
imajinatif dengan unsur rupa.
§ Menentukan sumber bunyi.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan (IPA).
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan
untuk menjawab pertanyaan.
§ Membilang atau menghitung secara urut (Mat).
§ Menyebutkan banyak benda.
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui
istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
§ Mendemontrasikan sikap tubuh yang benar dalam
berbagai posisi (Orkes).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
1)
Semua siswa ditugaskan
mengamati gambar di halaman 11 dan bertanya jawab tentang siapa saja yang ada
dalam gambar tersebut. Berapa jumlah orang dalam gambar
2)
Semua siswa ditugaskan
untuk menyelesaikan gambarnya dengan cara menghubungkan titik-2 serta memberi
warna. (PKWn & PS, BI, MAT &
KTK)
3)
Menugaskan siswa
berkelompok dengan cara mencari pasangan
§ adik +kakak;
§ kakek +nenek;
§ Ayah + Ibu
4)
Semua siswa mencari
pasangannya dan setelah menemukan pasangannya (kelompok berpasangan) ditugaskan
mengerjakan unsur rupa pada tabel di
halaman 11
5)
Hasil pekerjaan diwarnai
dan dikumpulkan kepada guru sebagai bagian dari portofolio.
6)
Mengajak semua siswa
menyanyikan lagu “dua Mata saya”
7)
Setelah semua siswa lancar
menyanyi, diiringi tepuk tangan serempak (dikomando guru agar kompak).
Kekompakan ini untuk mengawali ketercapaian indikator musik pada Mata pelajaran
Kertakes. (BI, PENJAS, KERTAKES, MATEMATIKA
& SAINS).
8)
Mengelompokkan siswa
dengan teman sebangkunya diminta mengerjakan table di halaman 12 dengan mengacu
pada gambar keluarga
9)
Selanjutnya semua ditugaskan
untuk mengidentifikasi macam-macam indera di halaman 14, sebagaimana pada lagu
yang telah dinyanyikan diatas, dan meminta semua siswa belajar menulis tentang
kegunaan setiap anggota tubuh.
§ Mata jumlah ada …. Gunanya untuk apa
§ Hidung ada …. Gunanya untuk ….
§ Telinga ada …. Gunanya untuk ….
§ Kaki ada …. Gunany auntuk ….
§ Dan seterusnya
10)
Untuk pemahaman, dapat
memanggil beberapa siswa untuk demontrasi menunjukkan bagian-bagian tubuhnya (BI, PENJAS, KERTAKES, MATEMATIKA &
SAINS).
11)
Terakhir semua siswa diminta menyimak
bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 26) dan diharapkan semua siswa menerapkan
perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
sesuai dengan hasil klarifikasi
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi
yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri
pelajaran
IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 10, 11, dan 12
TEMA :
AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku
bangsa (PKn).
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga,
dan kerabat (IPS).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa
yang santun (BI).
§ Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat
sapaan yang tepat dan bahasa yang santun (BI).
§ Membaca nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat (BI).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar (Se – Bud).
§ Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber
bunyi yang dihasilkan tubuh manusia (Se
– Bud).
§ Melafalkan lagu anak-anak (Se – Bud).
§ Menceritakan cara merawat bagian tubuh (IPA).
§ Membilang banyak
benda.
§ Mengurutkan banyak
benda.
§ Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang (Mat).
§ Permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orkes).
II. INDIKATOR
§ Mengidentifikasi macam-macam contoh keperbedaan (PKn).
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin dalam keluarga.
§ Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah
dan di sekolah.
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat
(IPS).
§ Menyebutkan nama pendek dan nama panjang.
§ Menceriterakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah
dan tempat tinggal) dg kalimat sederhana .
§ Menyebutkan nama orang tua dan saudara
kandung.
§ Mengelompokkan berbagai jenis dan
ukuran:bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi
di alam sekitar.
§ Membuat gambar ekspresi berbagai tema
imajinatif dengan unsur rupa.
§ Menentukan sumber bunyi.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan (IPA).
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan
untuk menjawab pertanyaan.
§ Membilang atau menghitung secara urut (Mat).
§ Menyebutkan banyak benda.
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui
istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
§ Mendemontrasikan sikap tubuh yang benar dalam
berbagai posisi (Orkes).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
1)
Mengajak semua siswa
mengamati gambar anggota tubuh yang perlu dirawat dengan baik seperti:
§ Rambut harus keramas
§ Mata diberi penyegar/vitamin
§ Telinga dibersihkan
§ Gigi disikat
§ Kuku dipotong
§ Tangan yang ktoro harus dicuci
§ Alat-alat makan harus dicuci
§ Dan sebagainya
Bertanya jawab mengapa semua itu harus dilakukan? Dan bagaimana
cara melakukannya.
2)
Pada Bagian “Ayo
Bercerita” siswa ditugaskan untuk membawa foto (bisa ibu, ayah, kakek atau
siapa saja yang dikenal siswa) dan ditempelkan di dalam kotak pada halaman 17.
Siswa diminta mengamati kartu huruf (guru bisa juga membuat kartu huruf yang
lain selain yang ada di halaman tersebut)
3)
Semua siswa diajak bermain kartu huruf dengan cara
mengambil kartu huruf dan menyebutkannya di depan kelas (dengan cara
dilombakan, siapa yang paling banyak menyebutkan kartu huruf akan mendapat
hadiah permen) Setelah selesai berlomba
4)
Semua siswa ditugaskan
untuk menempelkan huruf-huruf itu di bahwa foto yang ada, sambil membacanya
keras-keras, dan semua siswa ditugaskan menuliskannya di buku catatannya
masing-masing dengan huruf sambung
5)
sesuai petunjuk atau
contoh dari guru (BI, PKn, Mat, IPS, IPA,Orkes)
6)
Siswa dikelompokkan dengan
cara mencari pasangan sebagaimana yang
telah dilakukan sebelumnya,
7)
Setelah mendapatkan
pasangannya, semua pasangan ditugaskan mengamati gambar di halaman 18, dan
menceritakan peristiwa yang ada pada gambar bersama pasangannya.
8)
Setelah diperoleh
ceritanya, semua siswa diminta kembali ke bangkunya sendiri, kemudian
ditugaskan saling menceritakan peristiwa gambar tersebut kepada teman
sebangkunya (apakah cerita yang dibangun dengan teman pasangan tadi sama dengan
yang diceritakan kepada teman sebangkunya atau tidak) (BI, (BI, PKn,
Mat, IPS, IPA,Orkes)
9)
Semua
kelompok pasangan ditugaskanmengerjakan tugas di halaman 18 dan mendeskripsikan
nama benda-benda yang ada dan warnanya
10)
Bertanya jawab dengan
siswa (diskusi kelas) membahas peristiwa dalam gambar, apakah siswa pernah
mengalami sebagaimana pada gambar tersebut? Dan apa yang harus dilakukan anak? (Pengembangan cerita siswa) (MAT, BI, (BI, PKn,
Mat, IPS, IPA,Orkes)
11)
Bagian “Ayo Berhitung”
mengajak siswa untuk memahami Matematika dengan cara mengamati gambar, Guru
menceritakan makna gambar dan bertanya jawab untuk mengidentifikasi siapa saja
yang ada pada gambar. Bertanya jawab tentang isi peristiwa dalam gambar, berapa
jumlah yang membaca surat
kabar, membaca majalah dan seterusnya. (BI, PKn, Mat, IPS, IPA,Orkes)
12)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 26) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
13)
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil
belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
§ Bertanya jawab untuk mengetahui
penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil
belajar)
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk
mengakhiri pelajaran
IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes,
Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 13, 14 dan 15
TEMA :
AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku
bangsa (PKn).
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga,
dan kerabat (IPS).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa
yang santun (BI).
§ Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat
sapaan yang tepat dan bahasa yang santun (BI).
§ Membaca nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat (BI).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar (Se – Bud).
§ Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber
bunyi yang dihasilkan tubuh manusia (Se
– Bud).
§ Melafalkan lagu anak-anak (Se – Bud).
§ Menceritakan cara merawat bagian tubuh (IPA).
§ Membilang banyak
benda.
§ Mengurutkan banyak
benda.
§ Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang (Mat).
§ Permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orkes).
II. INDIKATOR
§ Mengidentifikasi macam-macam contoh keperbedaan (PKn).
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin dalam keluarga.
§ Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah
dan di sekolah.
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat
(IPS).
§ Menyebutkan nama pendek dan nama panjang.
§ Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah
dan tempat tinggal) dg kalimat sederhana .
§ Menyebutkan nama orang tua dan saudara
kandung.
§ Mengelompokkan berbagai jenis dan
ukuran:bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi
di alam sekitar.
§ Membuat gambar ekspresi berbagai tema
imajinatif dengan unsur rupa.
§ Menentukan sumber bunyi.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan (IPA).
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan
untuk menjawab pertanyaan.
§ Membilang atau menghitung secara urut (Mat).
§ Menyebutkan banyak benda.
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui
istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
§ Mendemontrasikan sikap tubuh yang benar dalam
berbagai posisi (Orkes).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
1)
Semua siswa
diajak bertanya jawab untuk menjawab pertanyaan di halaman 19 bagian “Ayo
berhitung”
2)
Semua siswa
ditugaskan untuk berlatih menulis angka-angka bilangan 1 sampai dengan 5
seperti dalam kotakan halaman 20 dan menyebutkan berapa banyak jumlah orang
dalam gambar. Sambil membandinghkan mana yang jumlahnya lebih banyak, lebih
sedikit. Dan menugaskan semua untuk:
§ Menulis jumlah orang dengan angka
§ menulis lambang bilangan
§ cara menulis
§ cara membaca
3)
semua siswa
dikelompokkan dengan teman sebangkunya dan ditugaskan untuk mengamati gambar di
halaman 21, 22, dan 23. dan mengerjakan soal-soalnya.
4)
Semua siswa
ditugaskan untuk memperhatikan gambar di halaman 24, dan menulis angka di dalam
kotak
6)
Bagian
“Cakrawala” Guru memberikan wawasan tambahan kepada siswa bahwa yang berbunyi “satu”
bisa diganti dengan angka “1“, “dua” bisa diganti dengan angka “2”
dan seterusnya. (MAT, BI, PKn, IPS, IPA)
7)
Semua
siswa ditugaskan belajar menulis angka atau lambang bilangan sebagaimana pada
halaman 18 secara urut 1 sampai dengan 5 dan bagaimana cara membacanya, dibaca
keras-keras bersama-sama, sambil diminta mengamati gambarnya. Kemudian
dilanjutnya memba ndingkan mana yang lebih banyak, dan mana yang lebih
sedikit jumlahnya (MAT, BI, PKn, IPS,
IPA)
8)
Untuk
pengembangan semua siswa diajak mengamati lingkungan kelas, dan menunjuk
gambar-gambar atau diajak menghitung jumlah papan, bangku, kursi dan
sebagainya. Untuk menyebutkan banyak benda, dan membandingkannya. (MAT, BI,
PKn, IPS, IPA)
10)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 26) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
sesuai dengan hasil klarifikasi
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi
yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri
pelajaran
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 16, 17
dan 18
TEMA :
AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku
bangsa (PKn).
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga,
dan kerabat (IPS).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa
yang santun (BI).
§ Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat
sapaan yang tepat dan bahasa yang santun (BI).
§ Membaca nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat (BI).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar (Se – Bud).
§ Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber
bunyi yang dihasilkan tubuh manusia (Se
– Bud).
§ Melafalkan lagu anak-anak (Se – Bud).
§ Menceritakan cara merawat bagian tubuh (IPA).
§ Membilang banyak
benda.
§ Mengurutkan banyak
benda.
§ Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang (Mat).
§ Permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orkes).
II. INDIKATOR
§ Mengidentifikasi macam-macam contoh keperbedaan (PKn).
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin dalam keluarga.
§ Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah
dan di sekolah.
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat
(IPS).
§ Menyebutkan nama pendek dan nama panjang.
§ Menceriterakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah
dan tempat tinggal) dg kalimat sederhana .
§ Menyebutkan nama orang tua dan saudara
kandung.
§ Mengelompokkan berbagai jenis dan
ukuran:bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi
di alam sekitar.
§ Membuat gambar ekspresi berbagai tema
imajinatif dengan unsur rupa.
§ Menentukan sumber bunyi.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan (IPA).
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan
untuk menjawab pertanyaan.
§ Membilang atau menghitung secara urut (Mat).
§ Menyebutkan banyak benda.
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui
istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
§ Mendemontrasikan sikap tubuh yang benar dalam
berbagai posisi (Orkes).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
1)
Semua siswa diminta
mengamati gambar pada bagian “Ayo Belajar” dan mengerjakan soalnya
§ Siapa nama ibu
§ Nama ayah
§ Nama bibi
§ Nama paman
§ Dan seterusnya
2)
Bagian “Berbudi
Pekerti” Guru membiasakan dan menceritakan bagaimana seharusnya bersikap di
dalam keluarga, dngan teman, dengan guru dan sebagainya
3)
Setelah semua
siswa menuliskan nama-nama anggota keluarganya sesuai dengan kata dalam daun
(misalnya kata ayah, dibawahnya ditulis nama ayahnya sendiri,
4)
Dan semua siswa
diajak menghitung berapa jumlah daunnya,
5)
Di dalam pohon ada
burung, berapa jumlahnya
6)
Dan siapa yang
menciptakannya. Di selingi dengan dinamika dan menyanyikan
lagu “Satu-Satu aku sayang ibu…” (BI, PKn, IPA, MAT, Orkes, Agama)
7)
semua siswa diajak bertanya jawab tentang materi-materi sebelumnya
8)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi”Berbudi Pekerti” (halaman 26) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil
belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
§ Bertanya jawab untuk mengetahui
penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil
belajar)
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk
mengakhiri pelajaran
IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar
tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 19, 20, dan 21
TEMA :
AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku
bangsa (PKn).
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga,
dan kerabat (IPS).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa
yang santun (BI).
§ Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat
sapaan yang tepat dan bahasa yang santun (BI).
§ Membaca nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat (BI).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf (BI).
§ Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar (Se – Bud).
§ Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber
bunyi yang dihasilkan tubuh manusia (Se
– Bud).
§ Melafalkan lagu anak-anak (Se – Bud).
§ Menceritakan cara merawat bagian tubuh (IPA).
§ Membilang banyak
benda.
§ Mengurutkan banyak
benda.
§ Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang (Mat).
§ Permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orkes).
II. INDIKATOR
§ Mengidentifikasi macam-macam contoh keperbedaan (PKn).
§ Menjelaskan perbedaan jenis kelamin dalam keluarga.
§ Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah
dan di sekolah.
§ Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat
(IPS).
§ Menyebutkan nama pendek dan nama panjang.
§ Menceriterakan kasih sayang antar anggota
keluarga.
§ Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI).
§ Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah
dan tempat tinggal) dg kalimat sederhana .
§ Menyebutkan nama orang tua dan saudara
kandung.
§ Mengelompokkan berbagai jenis dan
ukuran:bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi
di alam sekitar.
§ Membuat gambar ekspresi berbagai tema
imajinatif dengan unsur rupa.
§ Menentukan sumber bunyi.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan (IPA).
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan
untuk menjawab pertanyaan.
§ Membilang atau menghitung secara urut (Mat).
§ Menyebutkan banyak benda.
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui
istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
§ Mendemontrasikan sikap tubuh yang benar dalam
berbagai posisi (Orkes).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
1)
Semua siswa
diminta mengamati gambar di halaman 28
dan diajak mengidentifikasi nama-nama anggota tubuh
§ Nama anggota tubuh (mata, tangan, hidung,
mulut dsb)
§ Kegunaan anggota tubuh
§ Jumlah anggota tubuh
§ Dan sebagainya
2)
Semua siswa
diminta berkelompok dengan teman sebangkunya dan belajar menulis hal-hal
sebagai berikut:. (BI, PKn, IPA, MAT, Orkes, Agama)
§ Nama diri sendiri
(nama panjang dan nama panggilan)
§ Nama orang tua
(ayah dan ibu)
§ Nama kakek dan
nenek (dari ayah dan dari ibu)
§ Nama paman dan bibi
(dari ayah dan dari ibu)
3)
Bertanya jawab
bahwa semua yang ada di dunia ini ada yang menciptakannya dan siapa yang
menciptakannya.
4)
Mengajak semua
siswa berdinamika dan menyanyikan lagu “Satu-Satu aku sayang ibu…” (BI, PKn, IPA, MAT, Orkes, Agama)
5)
Mengadakan penilaian tertulis dan lisan
6)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 26) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil
belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
§ Bertanya jawab untuk mengetahui
penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil
belajar)
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk
mengakhiri pelajaran
IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar
tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
Catatan:
Ketercapaian
Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai
dengan cara:
1.
Menerapkan setiap langkah strategi
yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran
yang sudah dirancang.
2.
Semua siswa mengerjakan soal-soal
latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan
Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur ketercapaian indicator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar