SILABUS
Lampiran 1
Sekolah :
SD ____________________
Kelas :
II
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi
(Alquran) : 1. Menghafal Alquran
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mengenal
huruf Hijaiah
|
Huruf Hijaiah
|
1. Siswa
melafalkan huruf hijaiah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti
bacaan guru, dan menghafalkan huruf Hijaiah secara kelompok dan individu
serta menampilkan hafalannya di depan kelas
|
1. Melafalkan
huruf hijaiah dengan benar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
1. Lafalkan huruf hijaiah
satu persatu!
|
6 × 35 menit
|
1. Tulisan lafal huruf hijaiah pada karton
atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Alquran (juz Amma)
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2
NTR, ESIS halaman 2-5
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset atau CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
2. Menunjukkan
hafal huruf Hijaiah
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
1. Hafalkan
huruf-huruf hijaiah satu persatu!
|
|
|
|||
1.2 Mengenal
tanda baca (harakat)
|
Tanda baca (harakat)
|
1. Siswa
melafalkan huruf Hijaiah berharakat secara klasikal, kelompok dan individu
mengikuti bacaan guru serta menampilkan kemampuannya melafalkan tanda baca di
depan kelas
|
1. Melafalkan
huruf Hijaiah beraharakat:
- fatah
- kasrah
- damah
- tanwin
- sukun
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
1. Bacalah huruf
Hijaiah berharakat berikut!
(Lihat Buku
Pendidikan Agama
|
3 × 35 menit
|
1. Tulisan tanda baca (harakat) di karton
atau papan tulis
2. Tulisan huruf Hijaiah berharakat di karton
atau papan tulis
3. Buku tajwid
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 NTR,
ESIS halaman 6-8
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset atau CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
SILABUS
Lampiran 2
Sekolah :
SD ____________________
Kelas :
II
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi
(Aqidah): 2. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Menyebutkan
|
Asmaul Husna
|
1. Siswa melafalkan
|
1. Menyebutkan
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
1. Sebutkan
|
3 × 35 menit
|
1. Tulisan
2. Buku pendidikan Agama
Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 12-17
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar
|
2. Hafal
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
1. Hafalkan
|
|
|
|||
2.2 Mengartikan
|
Arti dari Asmaul
Husna
|
1. Siswa
mengartikan
|
1. Mengartikan
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Apa Asmaul
Husna yang artinya Maha Penyayang?
|
3 × 35 menit
|
1. Tulisan
2. Buku Pendidikan Agama
Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 12-17
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar
|
2. Hafal
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
2. Hafalan
|
|
|
|||
(Lihat Buku
Pendidikan Agama
|
SILABUS
Lampiran 3
Sekolah :
SD ____________________
Kelas :
II
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi
(Akhlak): 3. Mencontoh perilaku terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||||||||
3.1 Menampilkan
perilaku rendah hati
|
Rendah hati
|
1. Siswa
memberikan komentar tentang rendah hati setelah mendengar uraian guru
menyebutkan keuntungan perilaku rendah hati, memberikan contoh sikap rendah
hati, dan menerapkannya
|
1. Menjelaskan
pengertian rendah hati
|
Tes tulis
|
Esay
|
Apa yang dimaksud dengan sikap rendah hati?
|
3 × 35 menit
|
1. Bahan cerita tentang para sahabat Nabi
Muhammad yang rendah hati.
2. Potongan karton yang tertuliskan contoh
sikap rendah hati dan sikap sombong untuk dipisah-pisahkan, mana yang
termasuk sikap rendah hati
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS
jilid 2 halaman 22-25
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru atau pribadi siswa
6. Lingkungan sekitar
|
|||||||||
2. Menunjukkan
contoh-contoh perilaku rendah hati
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Rendah hati
adalah sikap …
a. kurang baik
b. terpuji
c. belebihan
|
|
|
||||||||||||
3. Menerapkan
perilaku rendah hati
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan satu
keuntungan berperilaku rendah hati!
|
|
|
||||||||||||
3.2 Menampilkan
perilaku hidup sederhana
|
Hidup sederhana
|
1. Siswa
memberikan komentar tentang perilaku hidup sederhana setelah mendengar uraian
guru, menyebutkan keuntungan perilaku hidup sederhana, memberikan contoh
sikap hidup sederhana, dan menerapkannya
|
1. Menjelaskan
pengertian hidup seherhana
|
Tes tulis
|
Esay
|
Apa yang dimaksud
dengan hidup sederhana
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar peraga penampilan
sikap sederhana
2. Teks cerita singkat tentang
sikap hidup sederhana pada sahabat Nabi
3. Buku Pendidikan Agama
Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 26-28
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru atau
pribadi siswa
6. Lingkungan sekitar
|
|||||||||
2. Menunjukkan contoh hidup sederhana
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Makanan tidak perlu selalu mewah tetapi ….
|
|
|
||||||||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
a. lezat
b. bergizi
c. banyak
|
|
|
|||||||||
3. Menerapkan hidup sederhana
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Bagaimana cara hidup sederhana dalam harta?
|
|
|
||||||||||||
3.3 Menampilkan
adab buang air besar dan kecil
|
Adab buang air
besar dan kecil
|
1. Siswa
mengutarakan pengetahuannya tentang adab buang air besar dan kecil,
menjelaskan tata cara buang air besar dan kecil yang baik, mengha-falkan doa
katika masuk dan keluar kamar kacil dan menampilkan hafalannya
|
1. Menunjukkan
adab buang air besar dan kecil
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Kaki manakah yang
harus didahulukan ketika masuk ke kamar kecil?
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar peraga
2. Lafal doa ketika masuk dan keluar kamar
kecil di karton atau papan tulis
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS
jilid 2 halaman 29-31
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru atau pribadi
6. Lingkungan sekitar
|
|||||||||
2. Menjelaskan
tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar
|
Tes tulis
|
Esay
|
Bagaimana tata
cara buang air besar dan kecil yang benar?
|
|
|
||||||||||||
SILABUS
Lampiran 4
Sekolah :
SD ____________________
Kelas :
II
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi
(Fiqih): 4. Mengenal tata cara wudu
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Membiasakan
wudu dengan tertib
|
Tata cara berwudu
|
1. Siswa memahami
hal-hal yang berkaitan dengan wudu, menghafalkan niat wudu, mengenal dan
mema-hami tata cara berwudu, dan mempraktikkan cara berwudu
|
1. Menjelaskan
tata cara wudu yang benar
|
Tes tulis
|
Esay
|
Bagaimana cara melaksanakan wudu?
|
6 × 35 menit
|
1. Alat dan tempat berwudu
2. Gambar peraga orang berwudu seta
urutannya
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS
jilid 2 halaman 35-45
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan
urutan berwudu
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Setalah berkumur
dan membasuh luabang hidung kemudian ….
|
|
|
|||
3. Menyebutkan
hal-hal yang membatal-kan wudu
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan dua hal
yang membatalkan wudu!
|
|
|
|||
4. Praktik
berwudu dengan benar
|
Tes praktik
|
Praktik
|
Praktikkan
berwudu dengan benar
|
|
|
|||
4.2 Membaca doa
setelah berwudu
|
Doa setelah
berwudu
|
1. Siswa
melafalkan doa setelah berwudu secara klasikal, kelompok dan individu,
menghafal doa sesudah berwudu serta mempraktikkan berdoa setelah berwudu
|
1. Melafalkan doa
setelah berwudu
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan doa
setelah berwudu!
|
3 × 35 menit
|
1. Tuliskan lafal doa
setelah berwudu di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama
Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 41-42
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar
|
2. Praktik berdoa setelah berwudu
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan doa setelah berwudu!
|
|
|
SILABUS
Lampiran 5
Sekolah :
SD ____________________
Kelas :
II
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi
(Fiqih): 5. Mengenal Bacaan Salat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Melafalkan
bacaan salat
|
Bacaan salat
|
1. Siswa melafalkan baca-an salat secara klasikal,
kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
|
1. Melafalkan bacaan salat dengan benar (takbiratul
ihram, doa iftitah, doa rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud,
tasyahud awal dan akhir, serta salam)
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan bacaan salat satu persatu!
|
3 × 35 menit
|
1. Lafalkan bacaan salat
pada karton atau papan tulis
2. Gambar peraga gerakan
salat
3. Buku tatacara salat
4. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 2 NTR, ESIS halaman 51-62
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
2. Menghafalkan
bacaan salat
|
Hafalan bacaan
salat
|
1. Siswa
menghafalkan bacaan salat secara klasikal dan individu serta menampilkan
hafalannya di depan kelas
|
1. Hafal bacaan
salat dengan benar
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan bacaan
salat satu persatu!
|
6 × 35 menit
|
1. Tulisan lafal bacaan salat di karton
atau papan tulis
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 2 NTR,
ESIS halaman 51-62
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
Latihan Semester 1
|
|
|
|
|
|
|
2 × 35 menit
|
Hal 66-68
|
SILABUS
Lampiran 6
Sekolah :
SD ____________________
Kelas :
II
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar kompetensi
(Alquran): 6. Membaca dan menulis huruf Alquran
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1 Membaca huruf
Hijaiah bersambung
|
Bacaan huruf
Hijaiah bersambung
|
1. Siswa
dikenalkan tentang huruf Hijaiah bersambung, membaca huruf Hijaiah bersambung
secara bersama-sama dan siswa belajar memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah
|
1. Mengenal huruf
Hijaiah Bersambung
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
يُنْصَرُterdiri dari
a. ي ن ر
b. ي ن ص
c. À Ç à è
|
6 × 35 menit
|
1. Tuliskan lafal huruf Hijaiah pada
karton atau papan tulis
2. Tulislah lafal huruf Hijaiah bersambung
pada karton atau papan tulis
3. Buku tajwid
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2
NTR, ESIS halaman 69-78
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
2. Membaca huruf
Hijaiah bersambung
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan
huruf-huruf Hijaiah bersambung berikut!
|
|
|
|||
3. Memahami
bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
عَمِلُ, mim pada kata tersebut berharakat …
|
|
|
|||
6.2 Menulis huruf
Hijaiah bersambung
|
Menulis huruf
Hijaiah bersambung
|
1. Siswa berlatih
memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung dan mempraktikkan penulisan
huruf Hijaiah bersambung secara individu
|
1. Memahami cara
menulis huruf Hijaiah bersambung
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Bagaimana bentuk
tengah huruf
ح
س ل ?
(Lihat Buku
Pendidikan Agama
|
3 × 35 menit
|
1. Tulisan lafal huruf
Hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Tulisan lafal huruf
Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3. Buku Tajwid
4. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 2 NTR, ESIS halaman 78-81
5. Alquran (juz Amma)
6. Kaset atau CD
|
SILABUS
Lampiran 7
Sekolah :
SD ____________________
Kelas :
II
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar kompetensi
(Aqidah): 7. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Menyebutkan
|
- As Salam
- Al Khaliq
- Al Goffar
- As Sami’
- Al Basir
|
1. Siswa melafalkan
|
1. Menyebutkan
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Sebutkan
|
3 × 35 menit
|
1. Tulisan
2. Buku Pendidikan Agama
Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 87
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar
|
7.2 Mengartikan
Asmaul Husna
|
Arti
- As Salam
اَلسَّلاَمُ
Maha
menyelamatkan
- Al Kholiq
اَ لْخَالِقُ
Maha pencipta
- Al Goffar
اَ لْغَفَّارُ
Maha pengampun
- As Sami’
اَلسَّمِيْعُ
Maha mendengar
- Al Basir
اَ لْبَصِيْرُ
Maha melihat
|
1. Siswa berlatih
mengartikan
|
2. Mengartikan
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa arti Asmaul
Husna As Sami’?
|
3 × 35 menit
|
1. Tuliskan
2. Buku Pendidikan Agama
Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 87-89
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar
|
2. Hafal
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan
|
|
Alquran
1. Pengalaman guru
2. Lingkungan sekitar
|
|||
2. Praktik menulis huruf Hijaiah bersambung
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
Salinlah kembali huruf Hijaiah bersambung di bawah
ini dengan benar!
|
|
|
SILABUS
Lampiran 8
Sekolah :
SD ____________________
Kelas :
II
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar kompetensi
(Akhlak): 8. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1 Mencontoh
perilaku hormat dan santun kepada orangtua dan guru
|
Hormat dan santun
kepada orangtua
|
1. Siswa
memberikan pedapatnya tentang tatacara hormat kepada orangtua dan guru
menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru, serta berlatih
membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru
|
1. Menjelaskan
tatacara hormat kepada orangtua dan guru
|
Tes tulis
|
Esay
|
Mengapa orangtua wajib dihormati?
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar peraga tentang anak yang
berbakti kepada orangtua
2. Teks cerita tentang akibat anak yang
durhaka kepada orangtua (cerita sohabat Nabi yang bernama Al Qomah atau
lainnya)
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 NTR
ESIS halaman 93-97
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
|
2. Menunjukkan
contoh cara menghormati orangtua dan guru
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
Beri
masing-masing satu contoh hormat terhadap orangtua dan guru!
|
|
|
|||
3. Membiasakan
sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa yang kamu
lakukan jika orangtuamu sakit?
|
|
|
|||
8.2 Menampilkan
perilaku sopan dan santun kepada tetangga
|
Sopan dan santun
terhadap tetangga
|
1. Siswa
menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga, dan
membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga
|
1. Menunjukkan
cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa saja yang
baik dilakukan terhadap tetangga?
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar peraga tentang
perilaku sopan dan santun terhadap tetangga
2. Teks cerita tentang
manfaat berperi-laku sopan dan santun terhadap tetangga (cerita kehidupan
Nabi Muhammad dengan para tetangganya)
3. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid II NTR, ESIS halaman 98-99
4. Pengetahuan guru
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Lingkungan sekitar
|
2. Membiasakan
perilaku sopan dan santun terhadap tetangga
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Jika tetangga
kita sakit, kita harus ….
|
|
|
SILABUS
Lampiran 9
Sekolah :
SD ____________________
Kelas :
II
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar kompetensi
(Fiqih): 9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.1 Membiasakan
salat secara tertib
|
Gerakan salat
|
1. Siswa
menghafalkan gerakan salat secara klasikal dan individu, menunjukkan gerakan
salat dengan tertib dan mempraktikkan gerakan salat dengan benar
|
1. Menunjukkan
gerakan salat dengan tertib
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Tulis gerakan
salat dalam satu rakaat dengan berurutan
|
3 × 35 menit
|
1. Lafal bacaan salat
2. Gambar peraga salat
3. Buku tatacara salat
4. Buku PendidikanAgama Islam jilid 2 NTR ESIS halaman 103-109
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
2. Mempraktikkan
gerakan salat dengan benar
|
Tes praktik
|
Praktik
|
Praktik gerakan
salat dengan benar!
|
|
|
SILABUS
Lampiran 10
Sekolah :
SD ____________________
Kelas :
II
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar kompetensi
(Fiqih): 9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.2 Mempraktikkan
salat secara tertib
|
Praktik salat
|
1. Siswa
mempraktikkan keserasian bacaan dan gerakan salat secara bersama-sama,
kemudian mempraktikkan secara individu
|
1. Melaksanakan
salat dengan sempurna
|
Tes praktik
|
Praktik
|
Praktikkan salat
dengan sempurna
(Lihat Buku
Pendidikan Agama
|
6 × 35 menit
|
1. Lafal bacaan salat
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Kelas/ruangan/musholla
4. Perlengkapan salat
5. Buku tatacara salat
6. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2
NTR, ESIS halaman 113-121
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
Latihan Semester
2
|
|
|
|
|
|
|
2x35 menit
|
Halaman
126-129
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar