SILABUS
Lampiran 1        
Sekolah               :
  SD ____________________
Kelas                   :
  II
Mata Pelajaran     :
  Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi
(Alquran) : 1. Menghafal Alquran
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok/Pembahasan 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
| 
   
1.1 Mengenal
  huruf Hijaiah 
 | 
  
   
Huruf Hijaiah 
 | 
  
   
1. Siswa
  melafalkan huruf hijaiah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti
  bacaan guru, dan menghafalkan huruf Hijaiah secara kelompok dan individu
  serta menampilkan hafalannya di depan kelas 
 | 
  
   
1. Melafalkan
  huruf hijaiah dengan benar 
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Pelafalan 
 | 
  
   
1. Lafalkan huruf hijaiah
  satu persatu! 
 | 
  
   
6 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Tulisan lafal huruf hijaiah pada karton
  atau papan tulis 
2. Buku tajwid 
3. Alquran (juz Amma) 
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2
  NTR, ESIS halaman 2-5 
5. Buku-buku lain yang relevan 
6. Kaset atau CD Alquran 
7. Pengalaman guru 
8. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
2. Menunjukkan
  hafal huruf Hijaiah 
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Hafalan 
 | 
  
   
1. Hafalkan
  huruf-huruf hijaiah satu persatu! 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
| 
   
1.2 Mengenal
  tanda baca (harakat) 
 | 
  
   
Tanda baca (harakat) 
 | 
  
   
1. Siswa
  melafalkan huruf Hijaiah berharakat secara klasikal, kelompok dan individu
  mengikuti bacaan guru serta menampilkan kemampuannya melafalkan tanda baca di
  depan kelas 
 | 
  
   
1. Melafalkan
  huruf Hijaiah beraharakat: 
- fatah 
- kasrah 
- damah 
- tanwin 
- sukun 
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Pelafalan 
 | 
  
   
1. Bacalah huruf
  Hijaiah berharakat berikut! 
(Lihat Buku
  Pendidikan Agama  
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1.  Tulisan tanda baca (harakat) di karton
  atau papan tulis 
2.  Tulisan huruf Hijaiah berharakat di karton
  atau papan tulis 
3.  Buku tajwid 
4.  Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 NTR,
  ESIS halaman 6-8 
5. Buku-buku lain yang relevan 
6. Kaset atau CD Alquran 
7. Pengalaman guru 
8. Lingkungan sekitar 
 | 
 
SILABUS
Lampiran 2        
Sekolah               :
  SD ____________________
Kelas                   :
  II
Mata Pelajaran     :
  Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi
(Aqidah): 2. Mengenal Asmaul Husna
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok/Pembahasan 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi waktu        
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
| 
   
2.1 Menyebutkan  
 | 
  
   
Asmaul Husna 
 | 
  
   
1. Siswa melafalkan  
 | 
  
   
1. Menyebutkan  
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Pelafalan 
 | 
  
   
1. Sebutkan  
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Tulisan  
2. Buku pendidikan Agama
  Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 12-17 
3. Pengalaman guru 
4. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
2. Hafal  
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Hafalan 
 | 
  
   
1. Hafalkan  
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
| 
   
2.2 Mengartikan  
 | 
  
   
Arti dari Asmaul
  Husna 
 | 
  
   
1. Siswa
  mengartikan  
 | 
  
   
1. Mengartikan  
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
1. Apa Asmaul
  Husna yang artinya Maha Penyayang? 
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Tulisan  
2. Buku Pendidikan Agama
  Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 12-17 
3. Pengalaman guru 
4. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
2. Hafal  
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Hafalan 
 | 
  
   
2. Hafalan  
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
| 
   
(Lihat Buku
  Pendidikan Agama  
 | 
 ||||||||
SILABUS
Lampiran 3        
Sekolah               :
  SD ____________________
Kelas                   :
  II
Mata Pelajaran     :
  Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi
(Akhlak): 3. Mencontoh perilaku terpuji
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok/Pembahasan 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 |||||||||||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
 |||||||||||||||
| 
   
3.1 Menampilkan
  perilaku rendah hati 
 | 
  
   
Rendah hati 
 | 
  
   
1. Siswa
  memberikan komentar tentang rendah hati setelah mendengar uraian guru
  menyebutkan keuntungan perilaku rendah hati, memberikan contoh sikap rendah
  hati, dan menerapkannya 
 | 
  
   
1. Menjelaskan
  pengertian rendah hati 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Esay 
 | 
  
   
Apa yang dimaksud dengan sikap rendah hati? 
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Bahan cerita tentang para sahabat Nabi
  Muhammad yang rendah hati. 
2. Potongan karton yang tertuliskan contoh
  sikap rendah hati dan sikap sombong untuk dipisah-pisahkan, mana yang
  termasuk sikap rendah hati 
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS
  jilid 2 halaman 22-25 
4. Alquran (juz Amma) 
5. Pengalaman guru atau pribadi siswa 
6. Lingkungan sekitar 
 | 
 |||||||||
| 
   
2. Menunjukkan
  contoh-contoh perilaku rendah hati 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Pilihan ganda 
 | 
  
   
Rendah hati
  adalah sikap … 
a. kurang baik 
b. terpuji 
c. belebihan 
 | 
  
   | 
  
   | 
 ||||||||||||
| 
   
3. Menerapkan
  perilaku rendah hati 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Sebutkan satu
  keuntungan berperilaku rendah hati! 
 | 
  
   | 
  
   | 
 ||||||||||||
| 
   
3.2 Menampilkan
  perilaku hidup sederhana 
 | 
  
   
Hidup sederhana 
 | 
  
   
1. Siswa
  memberikan komentar tentang perilaku hidup sederhana setelah mendengar uraian
  guru, menyebutkan keuntungan perilaku hidup sederhana, memberikan contoh
  sikap hidup sederhana, dan menerapkannya 
 | 
  
   
1. Menjelaskan
  pengertian hidup seherhana 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Esay 
 | 
  
   
Apa yang dimaksud
  dengan hidup sederhana 
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Gambar peraga penampilan
  sikap sederhana 
2. Teks cerita singkat tentang
  sikap hidup sederhana pada sahabat Nabi 
3. Buku Pendidikan Agama
  Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 26-28 
4. Alquran (juz Amma) 
5. Pengalaman guru atau
  pribadi siswa 
6. Lingkungan sekitar 
 | 
 |||||||||
| 
   
2. Menunjukkan contoh hidup sederhana 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Pilihan ganda 
 | 
  
   
Makanan tidak perlu selalu mewah tetapi …. 
 | 
  
   | 
  
   | 
 ||||||||||||
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok/Pembahasan 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi waktu        
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
  |||||||||||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
  |||||||||||||||
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
a. lezat 
b. bergizi 
c. banyak 
 | 
  
   | 
  
   | 
  |||||||||
| 
   
3. Menerapkan hidup sederhana 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Bagaimana cara hidup sederhana dalam harta? 
 | 
  
   | 
  
   | 
  ||||||||||||
| 
   
3.3 Menampilkan
  adab buang air besar dan kecil 
 | 
  
   
Adab buang air
  besar dan kecil 
 | 
  
   
1. Siswa
  mengutarakan pengetahuannya tentang adab buang air besar dan kecil,
  menjelaskan tata cara buang air besar dan kecil yang baik, mengha-falkan doa
  katika masuk dan keluar kamar kacil dan menampilkan hafalannya 
 | 
  
   
1. Menunjukkan
  adab buang air besar dan kecil 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Kaki manakah yang
  harus didahulukan ketika masuk ke kamar kecil? 
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Gambar peraga 
2. Lafal doa ketika masuk dan keluar kamar
  kecil di karton atau papan tulis 
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS
  jilid 2 halaman 29-31 
4. Alquran (juz Amma) 
5. Pengalaman guru atau pribadi 
6. Lingkungan sekitar 
 | 
  |||||||||
| 
   
2. Menjelaskan
  tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Esay 
 | 
  
   
Bagaimana tata
  cara buang air besar dan kecil yang benar? 
 | 
  
   | 
  
   | 
  ||||||||||||
SILABUS
Lampiran 4        
Sekolah               :
  SD ____________________
Kelas                   :
  II
Mata Pelajaran     :
  Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi
(Fiqih): 4. Mengenal tata cara wudu
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok/Pembahasan 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
| 
   
4.1 Membiasakan
  wudu dengan tertib 
 | 
  
   
Tata cara berwudu 
 | 
  
   
1. Siswa memahami
  hal-hal yang berkaitan dengan wudu, menghafalkan niat wudu, mengenal dan
  mema-hami tata cara berwudu, dan mempraktikkan cara berwudu 
 | 
  
   
1. Menjelaskan
  tata cara wudu yang benar 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Esay 
 | 
  
   
Bagaimana cara melaksanakan wudu? 
 | 
  
   
6 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Alat dan tempat berwudu 
2. Gambar peraga orang berwudu seta
  urutannya 
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS
  jilid 2 halaman 35-45 
4. Pengalaman guru 
5. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
2. Menyebutkan
  urutan berwudu 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Setalah berkumur
  dan membasuh luabang hidung kemudian …. 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
| 
   
3. Menyebutkan
  hal-hal yang membatal-kan wudu 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Sebutkan dua hal
  yang membatalkan wudu! 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
| 
   
4. Praktik
  berwudu dengan benar 
 | 
  
   
Tes praktik 
 | 
  
   
Praktik 
 | 
  
   
Praktikkan
  berwudu dengan benar 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
| 
   
4.2 Membaca doa
  setelah berwudu 
 | 
  
   
Doa setelah
  berwudu 
 | 
  
   
1. Siswa
  melafalkan doa setelah berwudu secara klasikal, kelompok dan individu,
  menghafal doa sesudah berwudu serta mempraktikkan berdoa setelah berwudu 
 | 
  
   
1. Melafalkan doa
  setelah berwudu 
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Pelafalan 
 | 
  
   
Lafalkan doa
  setelah berwudu! 
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Tuliskan lafal doa
  setelah berwudu di karton atau papan tulis 
2. Buku Pendidikan Agama
  Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 41-42 
3. Pengalaman guru 
4. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
2. Praktik berdoa setelah berwudu 
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Hafalan 
 | 
  
   
Hafalkan doa setelah berwudu! 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
SILABUS
Lampiran 5        
Sekolah               :
  SD ____________________
Kelas                   :
  II
Mata Pelajaran     :
  Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi
(Fiqih): 5. Mengenal Bacaan Salat
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok/Pembahasan 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
| 
   
5.1 Melafalkan
  bacaan salat 
 | 
  
   
Bacaan salat 
 | 
  
   
1. Siswa melafalkan baca-an salat secara klasikal,
  kelompok dan individu mengikuti bacaan guru 
 | 
  
   
1. Melafalkan bacaan salat dengan benar (takbiratul
  ihram, doa iftitah, doa rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud,
  tasyahud awal dan akhir, serta salam) 
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Pelafalan 
 | 
  
   
Lafalkan bacaan salat satu persatu! 
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Lafalkan bacaan salat
  pada karton atau papan tulis 
2. Gambar peraga gerakan
  salat 
3. Buku tatacara salat 
4. Buku Pendidikan Agama
  Islam jilid 2 NTR, ESIS halaman 51-62 
5. Pengalaman guru 
6. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
2. Menghafalkan
  bacaan salat 
 | 
  
   
Hafalan bacaan
  salat 
 | 
  
   
1. Siswa
  menghafalkan bacaan salat secara klasikal dan individu serta menampilkan
  hafalannya di depan kelas 
 | 
  
   
1. Hafal bacaan
  salat dengan benar 
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Hafalan 
 | 
  
   
Hafalkan bacaan
  salat satu persatu! 
 | 
  
   
6 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Tulisan lafal bacaan salat di karton
  atau papan tulis 
2. Gambar peraga gerakan salat 
3. Buku tata cara salat 
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 2 NTR,
  ESIS halaman 51-62 
5. Pengalaman guru 
6. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
Latihan Semester 1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
2 × 35 menit 
 | 
  
   
Hal 66-68 
 | 
 
SILABUS
Lampiran 6        
Sekolah               :
  SD ____________________
Kelas                   :
  II
Mata Pelajaran     :
  Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2
Standar kompetensi
(Alquran): 6. Membaca dan menulis huruf Alquran
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok/Pembahasan 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
| 
   
6.1 Membaca huruf
  Hijaiah bersambung 
 | 
  
   
Bacaan huruf
  Hijaiah bersambung 
 | 
  
   
1. Siswa
  dikenalkan tentang huruf Hijaiah bersambung, membaca huruf Hijaiah bersambung
  secara bersama-sama dan siswa belajar memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah 
 | 
  
   
1. Mengenal huruf
  Hijaiah Bersambung 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Pilihan ganda 
 | 
  
   
 يُنْصَرُterdiri dari 
a.  ي ن ر 
b. ي ن ص 
c. À Ç à è 
 | 
  
   
6 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Tuliskan lafal huruf Hijaiah pada
  karton atau papan tulis 
2. Tulislah lafal huruf Hijaiah bersambung
  pada karton atau papan tulis 
3. Buku tajwid 
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2
  NTR, ESIS halaman 69-78 
5. Alquran (juz Amma) 
6. Pengalaman guru 
8. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
2. Membaca huruf
  Hijaiah bersambung 
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Pelafalan 
 | 
  
   
Lafalkan
  huruf-huruf Hijaiah bersambung berikut! 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
| 
   
3. Memahami
  bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
 عَمِلُ, mim pada kata tersebut berharakat … 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
| 
   
6.2 Menulis huruf
  Hijaiah bersambung 
 | 
  
   
Menulis huruf
  Hijaiah bersambung 
 | 
  
   
1. Siswa berlatih
  memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung dan mempraktikkan penulisan
  huruf Hijaiah bersambung secara individu 
 | 
  
   
1. Memahami cara
  menulis huruf Hijaiah bersambung 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Bagaimana bentuk
  tengah huruf 
 ح
  س ل ? 
(Lihat Buku
  Pendidikan Agama  
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Tulisan lafal huruf
  Hijaiah pada karton atau papan tulis 
2. Tulisan lafal huruf
  Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis 
3. Buku Tajwid 
4. Buku Pendidikan Agama
  Islam jilid 2 NTR, ESIS halaman 78-81 
5. Alquran (juz Amma) 
6. Kaset atau CD 
 | 
 
SILABUS
Lampiran 7        
Sekolah               :
  SD ____________________
Kelas                   :
  II
Mata Pelajaran     :
  Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2
Standar kompetensi
(Aqidah): 7. Mengenal Asmaul Husna
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi Pokok/Pembahasan 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
| 
   
7.1 Menyebutkan  
 | 
  
   
- As Salam 
- Al Khaliq 
- Al Goffar 
- As Sami’ 
- Al Basir 
 | 
  
   
1. Siswa melafalkan  
 | 
  
   
1. Menyebutkan  
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Pelafalan 
 | 
  
   
Sebutkan  
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Tulisan  
2. Buku Pendidikan Agama
  Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 87 
3. Pengalaman guru 
4. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
7.2 Mengartikan
  Asmaul Husna 
 | 
  
   
Arti  
- As Salam 
 اَلسَّلاَمُ 
Maha
  menyelamatkan 
- Al Kholiq 
اَ لْخَالِقُ 
Maha pencipta 
- Al Goffar 
 اَ لْغَفَّارُ 
Maha pengampun 
- As Sami’ 
  اَلسَّمِيْعُ 
Maha mendengar 
- Al Basir 
  اَ لْبَصِيْرُ 
Maha melihat 
 | 
  
   
1. Siswa berlatih
  mengartikan  
 | 
  
   
2. Mengartikan  
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Apa arti Asmaul
  Husna As Sami’? 
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Tuliskan  
2. Buku Pendidikan Agama
  Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 87-89 
3. Pengalaman guru 
4. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
2. Hafal  
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Hafalan 
 | 
  
   
Hafalkan  
 | 
  
   | 
  
   
Alquran 
1. Pengalaman guru 
2. Lingkungan sekitar 
 | 
 |||
| 
   
2. Praktik menulis huruf Hijaiah bersambung 
 | 
  
   
Tes unjuk kerja 
 | 
  
   
Praktik 
 | 
  
   
Salinlah kembali huruf Hijaiah bersambung di bawah
  ini dengan benar! 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
SILABUS
Lampiran 8        
Sekolah               :
  SD ____________________
Kelas                   :
  II
Mata Pelajaran     :
  Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2
Standar kompetensi
(Akhlak): 8. Membiasakan perilaku terpuji
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok/Pembahasan 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
| 
   
8.1 Mencontoh
  perilaku hormat dan santun kepada orangtua dan guru 
 | 
  
   
Hormat dan santun
  kepada orangtua 
 | 
  
   
1. Siswa
  memberikan pedapatnya tentang tatacara hormat kepada orangtua dan guru
  menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru, serta berlatih
  membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru 
 | 
  
   
1. Menjelaskan
  tatacara hormat kepada orangtua dan guru 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Esay 
 | 
  
   
Mengapa orangtua wajib dihormati? 
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Gambar peraga tentang anak yang
  berbakti kepada orangtua 
2. Teks cerita tentang akibat anak yang
  durhaka kepada orangtua (cerita sohabat Nabi yang bernama Al Qomah atau
  lainnya) 
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 NTR
  ESIS halaman 93-97 
4. Pengalaman guru 
5. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
2. Menunjukkan
  contoh cara menghormati orangtua dan guru 
 | 
  
   
Tes lisan 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Beri
  masing-masing satu contoh hormat terhadap orangtua dan guru! 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
| 
   
3. Membiasakan
  sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Apa yang kamu
  lakukan jika orangtuamu sakit? 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
| 
   
8.2 Menampilkan
  perilaku sopan dan santun kepada tetangga 
 | 
  
   
Sopan dan santun
  terhadap tetangga 
 | 
  
   
1. Siswa
  menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga, dan
  membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga 
 | 
  
   
1. Menunjukkan
  cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Apa saja yang
  baik dilakukan terhadap tetangga? 
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Gambar peraga tentang
  perilaku sopan dan santun terhadap tetangga 
2. Teks cerita tentang
  manfaat berperi-laku sopan dan santun terhadap tetangga (cerita kehidupan
  Nabi Muhammad dengan para tetangganya) 
3. Buku Pendidikan Agama
  Islam jilid II NTR, ESIS halaman 98-99 
4. Pengetahuan guru 
 | 
 
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok/Pembahasan 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
5. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
2. Membiasakan
  perilaku sopan dan santun terhadap tetangga 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Jika tetangga
  kita sakit, kita harus …. 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
SILABUS
Lampiran 9        
Sekolah               :
  SD ____________________
Kelas                   :
  II
Mata Pelajaran     :
  Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2
Standar kompetensi
(Fiqih): 9. Membiasakan salat secara tertib
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok/Pembahasan 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
| 
   
9.1 Membiasakan
  salat secara tertib 
 | 
  
   
Gerakan salat 
 | 
  
   
1. Siswa
  menghafalkan gerakan salat secara klasikal dan individu, menunjukkan gerakan
  salat dengan tertib dan mempraktikkan gerakan salat dengan benar 
 | 
  
   
1. Menunjukkan
  gerakan salat dengan tertib 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Tulis gerakan
  salat dalam satu rakaat dengan berurutan 
 | 
  
   
3 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Lafal bacaan salat 
2. Gambar peraga salat 
3. Buku tatacara salat 
4. Buku PendidikanAgama  Islam jilid 2 NTR ESIS halaman 103-109 
5. Pengalaman guru 
6. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
2. Mempraktikkan
  gerakan salat dengan benar 
 | 
  
   
Tes praktik 
 | 
  
   
Praktik 
 | 
  
   
Praktik gerakan
  salat dengan benar! 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
SILABUS
Lampiran 10      
Sekolah               :
  SD ____________________
Kelas                   :
  II
Mata Pelajaran     :
  Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2
Standar kompetensi
(Fiqih): 9. Membiasakan salat secara tertib
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok/Pembahasan 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
| 
   
9.2 Mempraktikkan
  salat secara tertib 
 | 
  
   
Praktik salat 
 | 
  
   
1. Siswa
  mempraktikkan keserasian bacaan dan gerakan salat secara bersama-sama,
  kemudian mempraktikkan secara individu 
 | 
  
   
1. Melaksanakan
  salat dengan sempurna 
 | 
  
   
Tes praktik 
 | 
  
   
Praktik 
 | 
  
   
Praktikkan salat
  dengan sempurna 
(Lihat Buku
  Pendidikan Agama  
 | 
  
   
6 × 35 menit 
 | 
  
   
1. Lafal bacaan salat 
2. Gambar peraga gerakan salat 
3. Kelas/ruangan/musholla 
4. Perlengkapan salat 
5. Buku tatacara salat 
6. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2
  NTR, ESIS halaman 113-121 
7. Pengalaman guru 
8. Lingkungan sekitar 
 | 
 
| 
   
Latihan Semester
  2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
2x35 menit 
 | 
  
   
Halaman 
  126-129 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar