Selasa, 15 Mei 2012

Silabus PAI Kelas II SD


SILABUS
Lampiran 1       
Sekolah               :   SD ____________________
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi (Alquran) : 1. Menghafal Alquran


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Mengenal huruf Hijaiah

Huruf Hijaiah

1. Siswa melafalkan huruf hijaiah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru, dan menghafalkan huruf Hijaiah secara kelompok dan individu serta menampilkan hafalannya di depan kelas

1. Melafalkan huruf hijaiah dengan benar

Tes lisan

Pelafalan

1. Lafalkan huruf hijaiah satu persatu!

6 × 35 menit


1. Tulisan lafal huruf hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Alquran (juz Amma)
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 NTR, ESIS halaman 2-5
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset atau CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar


2. Menunjukkan hafal huruf Hijaiah

Tes lisan

Hafalan

1. Hafalkan huruf-huruf hijaiah satu persatu!



1.2 Mengenal tanda baca (harakat)

Tanda baca (harakat)

1. Siswa melafalkan huruf Hijaiah berharakat secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru serta menampilkan kemampuannya melafalkan tanda baca di depan kelas

1. Melafalkan huruf Hijaiah beraharakat:
- fatah
- kasrah
- damah
- tanwin
- sukun

Tes lisan

Pelafalan

1. Bacalah huruf Hijaiah berharakat berikut!

(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 2 NTR-Esis halaman 7-8)

3 × 35 menit

1.  Tulisan tanda baca (harakat) di karton atau papan tulis
2.  Tulisan huruf Hijaiah berharakat di karton atau papan tulis
3.  Buku tajwid
4.  Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 NTR, ESIS halaman 6-8
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset atau CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar






SILABUS
Lampiran 2       
Sekolah               :   SD ____________________
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi (Aqidah): 2. Mengenal Asmaul Husna


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi waktu      

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna

Asmaul Husna

1. Siswa melafalkan lima dari Asmaul Husna secara klasikal, kelompok dan individu, serta menghafal-kan lima dari Asmaul Husna secara kelompok dan individu

1. Menyebutkan lima dari Asmaul Husna

Tes lisan

Pelafalan

1. Sebutkan lima dari Asamaul Husna!



3 × 35 menit



1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Buku pendidikan Agama Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 12-17
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar



2. Hafal lima dari Asmaul Husna

Tes lisan

Hafalan

1. Hafalkan lima dari Asmaul Husna




2.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna

Arti dari Asmaul Husna

1. Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara berkelompok dan mengha-fal arti lima Asmaul Husna secara individu dan bersama-sama

1. Mengartikan lima dari Asmaul Husna

Tes tulis

Jawaban singkat

1. Apa Asmaul Husna yang artinya Maha Penyayang?



3 × 35 menit


1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husnah pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 12-17
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar


2. Hafal lima dari Asmaul Husna

Tes lisan

Hafalan

2. Hafalan lima dari Asmaul Husna beserta artinya!


(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 1 NTR-Esis halaman 16)



SILABUS
Lampiran 3       
Sekolah               :   SD ____________________
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi (Akhlak): 3. Mencontoh perilaku terpuji


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1 Menampilkan perilaku rendah hati

Rendah hati

1. Siswa memberikan komentar tentang rendah hati setelah mendengar uraian guru menyebutkan keuntungan perilaku rendah hati, memberikan contoh sikap rendah hati, dan menerapkannya

1. Menjelaskan pengertian rendah hati

Tes tulis

Esay

Apa yang dimaksud dengan sikap rendah hati?

3 × 35 menit


1. Bahan cerita tentang para sahabat Nabi Muhammad yang rendah hati.
2. Potongan karton yang tertuliskan contoh sikap rendah hati dan sikap sombong untuk dipisah-pisahkan, mana yang termasuk sikap rendah hati
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 22-25
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru atau pribadi siswa
6. Lingkungan sekitar
2. Menunjukkan contoh-contoh perilaku rendah hati

Tes tulis

Pilihan ganda
Rendah hati adalah sikap …
a. kurang baik
b. terpuji
c. belebihan


3. Menerapkan perilaku rendah hati

Tes tulis

Jawaban singkat
Sebutkan satu keuntungan berperilaku rendah hati!



3.2 Menampilkan perilaku hidup sederhana


Hidup sederhana

1. Siswa memberikan komentar tentang perilaku hidup sederhana setelah mendengar uraian guru, menyebutkan keuntungan perilaku hidup sederhana, memberikan contoh sikap hidup sederhana, dan menerapkannya

1. Menjelaskan pengertian hidup seherhana

Tes tulis

Esay

Apa yang dimaksud dengan hidup sederhana

3 × 35 menit


1. Gambar peraga penampilan sikap sederhana
2. Teks cerita singkat tentang sikap hidup sederhana pada sahabat Nabi
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 26-28
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru atau pribadi siswa
6. Lingkungan sekitar

2. Menunjukkan contoh hidup sederhana

Tes tulis

Pilihan ganda

Makanan tidak perlu selalu mewah tetapi ….




Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi waktu      

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen









a. lezat
b. bergizi
c. banyak







3. Menerapkan hidup sederhana

Tes tulis

Jawaban singkat

Bagaimana cara hidup sederhana dalam harta?





3.3 Menampilkan adab buang air besar dan kecil

Adab buang air besar dan kecil

1. Siswa mengutarakan pengetahuannya tentang adab buang air besar dan kecil, menjelaskan tata cara buang air besar dan kecil yang baik, mengha-falkan doa katika masuk dan keluar kamar kacil dan menampilkan hafalannya

1. Menunjukkan adab buang air besar dan kecil

Tes tulis

Jawaban singkat

Kaki manakah yang harus didahulukan ketika masuk ke kamar kecil?

3 × 35 menit


1. Gambar peraga
2. Lafal doa ketika masuk dan keluar kamar kecil di karton atau papan tulis
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 29-31
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru atau pribadi
6. Lingkungan sekitar



2. Menjelaskan tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar


Tes tulis

Esay

Bagaimana tata cara buang air besar dan kecil yang benar?



















SILABUS
Lampiran 4       
Sekolah               :   SD ____________________
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi (Fiqih): 4. Mengenal tata cara wudu


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1 Membiasakan wudu dengan tertib

Tata cara berwudu

1. Siswa memahami hal-hal yang berkaitan dengan wudu, menghafalkan niat wudu, mengenal dan mema-hami tata cara berwudu, dan mempraktikkan cara berwudu

1. Menjelaskan tata cara wudu yang benar

Tes tulis

Esay

Bagaimana cara melaksanakan wudu?

6 × 35 menit


1. Alat dan tempat berwudu
2. Gambar peraga orang berwudu seta urutannya
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 35-45
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar


2. Menyebutkan urutan berwudu

Tes tulis

Jawaban singkat

Setalah berkumur dan membasuh luabang hidung kemudian ….



3. Menyebutkan hal-hal yang membatal-kan wudu

Tes tulis

Jawaban singkat

Sebutkan dua hal yang membatalkan wudu!



4. Praktik berwudu dengan benar

Tes praktik

Praktik

Praktikkan berwudu dengan benar



4.2 Membaca doa setelah berwudu

Doa setelah berwudu

1. Siswa melafalkan doa setelah berwudu secara klasikal, kelompok dan individu, menghafal doa sesudah berwudu serta mempraktikkan berdoa setelah berwudu

1. Melafalkan doa setelah berwudu

Tes lisan

Pelafalan

Lafalkan doa setelah berwudu!

3 × 35 menit


1. Tuliskan lafal doa setelah berwudu di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 41-42
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar


2. Praktik berdoa setelah berwudu


Tes lisan

Hafalan

Hafalkan doa setelah berwudu!





SILABUS
Lampiran 5       
Sekolah               :   SD ____________________
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi (Fiqih): 5. Mengenal Bacaan Salat


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Melafalkan bacaan salat

Bacaan salat

1. Siswa melafalkan baca-an salat secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru

1. Melafalkan bacaan salat dengan benar (takbiratul ihram, doa iftitah, doa rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, tasyahud awal dan akhir, serta salam)

Tes lisan

Pelafalan

Lafalkan bacaan salat satu persatu!

3 × 35 menit


1. Lafalkan bacaan salat pada karton atau papan tulis
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Buku tatacara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 NTR, ESIS halaman 51-62
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar


2. Menghafalkan bacaan salat

Hafalan bacaan salat

1. Siswa menghafalkan bacaan salat secara klasikal dan individu serta menampilkan hafalannya di depan kelas

1. Hafal bacaan salat dengan benar

Tes lisan

Hafalan

Hafalkan bacaan salat satu persatu!

6 × 35 menit


1. Tulisan lafal bacaan salat di karton atau papan tulis
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 2 NTR, ESIS halaman 51-62
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar


Latihan Semester 1








2 × 35 menit


Hal 66-68













SILABUS
Lampiran 6       
Sekolah               :   SD ____________________
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2
Standar kompetensi (Alquran): 6. Membaca dan menulis huruf Alquran


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Membaca huruf Hijaiah bersambung

Bacaan huruf Hijaiah bersambung

1. Siswa dikenalkan tentang huruf Hijaiah bersambung, membaca huruf Hijaiah bersambung secara bersama-sama dan siswa belajar memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah

1. Mengenal huruf Hijaiah Bersambung

Tes tulis

Pilihan ganda

 يُنْصَرُterdiri dari
a.  ي ن ر
b. ي ن ص
c. À Ç à è

6 × 35 menit


1. Tuliskan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Tulislah lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3. Buku tajwid
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 NTR, ESIS halaman 69-78
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar


2. Membaca huruf Hijaiah bersambung

Tes lisan

Pelafalan

Lafalkan huruf-huruf Hijaiah bersambung berikut!



3. Memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar

Tes tulis

Jawaban singkat

 عَمِلُ, mim pada kata tersebut berharakat …



6.2 Menulis huruf Hijaiah bersambung


Menulis huruf Hijaiah bersambung

1. Siswa berlatih memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung dan mempraktikkan penulisan huruf Hijaiah bersambung secara individu

1. Memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung

Tes tulis

Jawaban singkat

Bagaimana bentuk tengah huruf
 ح س ل ?

(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 2 NTR-Esis halaman 80-81)

3 × 35 menit


1. Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Tulisan lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3. Buku Tajwid
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 NTR, ESIS halaman 78-81
5. Alquran (juz Amma)
6. Kaset atau CD



SILABUS
Lampiran 7       
Sekolah               :   SD ____________________
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2
Standar kompetensi (Aqidah): 7. Mengenal Asmaul Husna


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna

Lima Asmaul Husna:
- As Salam
- Al Khaliq
- Al Goffar
- As Sami’
- Al Basir


1. Siswa melafalkan lima dari Asmaul Husna secara klasikal, kelompok dan individu

1. Menyebutkan lima Asmaul Husna

Tes lisan

Pelafalan

Sebutkan lima Asmaul Husna!

3 × 35 menit


1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 87
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar


7.2 Mengartikan Asmaul Husna

Arti lima Asmaul Husna:
- As Salam
 اَلسَّلاَمُ
Maha menyelamatkan
- Al Kholiq
اَ لْخَالِقُ
Maha pencipta
- Al Goffar
 اَ لْغَفَّارُ
Maha pengampun
- As Sami’
  اَلسَّمِيْعُ
Maha mendengar
- Al Basir
  اَ لْبَصِيْرُ
Maha melihat



1. Siswa berlatih mengartikan lima Asmaul Husna secara menghafalkan lima Asmaul Husna beserta artinya

2. Mengartikan lima Asmaul Husna

Tes tulis

Jawaban singkat

Apa arti Asmaul Husna As Sami’?

3 × 35 menit


1. Tuliskan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Buku Pendidikan Agama Islam NTR ESIS jilid 2 halaman 87-89
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar


2. Hafal lima Asmaul Husna beserta artinya

Tes lisan

Hafalan

Hafalkan lima Asmaul Husna beserta artinya!



Alquran
1. Pengalaman guru
2. Lingkungan sekitar

2. Praktik menulis huruf Hijaiah bersambung

Tes unjuk kerja

Praktik

Salinlah kembali huruf Hijaiah bersambung di bawah ini dengan benar!







SILABUS
Lampiran 8       
Sekolah               :   SD ____________________
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2
Standar kompetensi (Akhlak): 8. Membiasakan perilaku terpuji


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1 Mencontoh perilaku hormat dan santun kepada orangtua dan guru

Hormat dan santun kepada orangtua

1. Siswa memberikan pedapatnya tentang tatacara hormat kepada orangtua dan guru menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru, serta berlatih membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru

1. Menjelaskan tatacara hormat kepada orangtua dan guru

Tes tulis

Esay

Mengapa orangtua wajib dihormati?

3 × 35 menit


1. Gambar peraga tentang anak yang berbakti kepada orangtua
2. Teks cerita tentang akibat anak yang durhaka kepada orangtua (cerita sohabat Nabi yang bernama Al Qomah atau lainnya)
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 NTR ESIS halaman 93-97
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar


2. Menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru

Tes lisan

Jawaban singkat

Beri masing-masing satu contoh hormat terhadap orangtua dan guru!




3. Membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru


Tes tulis

Jawaban singkat

Apa yang kamu lakukan jika orangtuamu sakit?



8.2 Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga


Sopan dan santun terhadap tetangga

1. Siswa menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga, dan membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga

1. Menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga

Tes tulis

Jawaban singkat

Apa saja yang baik dilakukan terhadap tetangga?

3 × 35 menit


1. Gambar peraga tentang perilaku sopan dan santun terhadap tetangga
2. Teks cerita tentang manfaat berperi-laku sopan dan santun terhadap tetangga (cerita kehidupan Nabi Muhammad dengan para tetangganya)
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid II NTR, ESIS halaman 98-99
4. Pengetahuan guru


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

















5. Lingkungan sekitar


2. Membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga

Tes tulis

Jawaban singkat

Jika tetangga kita sakit, kita harus ….




































SILABUS
Lampiran 9       
Sekolah               :   SD ____________________
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2
Standar kompetensi (Fiqih): 9. Membiasakan salat secara tertib


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

9.1 Membiasakan salat secara tertib

Gerakan salat

1. Siswa menghafalkan gerakan salat secara klasikal dan individu, menunjukkan gerakan salat dengan tertib dan mempraktikkan gerakan salat dengan benar

1. Menunjukkan gerakan salat dengan tertib

Tes tulis

Jawaban singkat

Tulis gerakan salat dalam satu rakaat dengan berurutan

3 × 35 menit


1. Lafal bacaan salat
2. Gambar peraga salat
3. Buku tatacara salat
4. Buku PendidikanAgama  Islam jilid 2 NTR ESIS halaman 103-109
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar



2. Mempraktikkan gerakan salat dengan benar

Tes praktik

Praktik

Praktik gerakan salat dengan benar!























SILABUS
Lampiran 10     
Sekolah               :   SD ____________________
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2
Standar kompetensi (Fiqih): 9. Membiasakan salat secara tertib


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

9.2 Mempraktikkan salat secara tertib

Praktik salat

1. Siswa mempraktikkan keserasian bacaan dan gerakan salat secara bersama-sama, kemudian mempraktikkan secara individu





1. Melaksanakan salat dengan sempurna

Tes praktik

Praktik

Praktikkan salat dengan sempurna

(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 2 NTR-Esis halaman 120)

6 × 35 menit


1. Lafal bacaan salat
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Kelas/ruangan/musholla
4. Perlengkapan salat
5. Buku tatacara salat
6. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 NTR, ESIS halaman 113-121
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar


Latihan Semester 2









2x35 menit

Halaman  126-129


Tidak ada komentar:

Posting Komentar