Senin, 21 Mei 2012

RPP SD Penjaskesorkes Kelas VI Semester I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :1. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan                                                       sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung                                                      didalamnya.

Kompetensi Dasar                   : 1.1Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola                                                           kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan                                                         peraturan yang dimodifikasi,serta nilai                                                                                          kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)
               
Indikator                                 : -  Pembagian pemain berdasarkan kelompok
                                                  -  Sejarah tennis meja                                                                                                              -  Melakukan gerakan: -cara memegang bad
                                                                                       -memantul-mantulkan bola
                                                     dengan control dan koordinasi yang baik.
- Bermain tennis meja dengan peraturan yang sederhana                                                atau modifikasi.                                                                                                         
Alokasi Waktu                       :  8 x 35 menit (4 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a.Siswa dapat memahami sejarah dan peralatan tennis meja.
     b Siswa dapat  melakuakn latihandasar tennis meja.
     c.Siswa dapat bermain tennis meja dengan control dan koordinasi yang baik.

B. Materi Pembelajaran
    a.Sejarah dan alat tennis meja.
    b.Latihan dasar tennis meja.
    c.Cara bermain dengan peraturan sederhana.

C. Metode Pembelajaran.
     Ceramah,demontrasi,penugasan,latihan dan Tanya jawab.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

    Pendahuluan:
     -Berbaris,berdoa,presensi,pemanasan
   Inti: Pertemuan  1
        ~penjelasan pengertian dan sejarah tennis meja
        ~pengenalan alat tennis meja
        ~melakukan latihan dasar tenis meja.
       
          Pertemuan ll
        ~memantul-mantulkan bola dengan dimodifikasi
        ~ mendemontrasikan sikap sedia yang benar.
        ~melakukan gerakan servis denagn tehnik yang benar.
   
       Pertemuan lll
     ~mengulangi gerakan servis yang dimodifikasi.
     ~melakukan gerakan menerima bola servis.
     ~melakuakn gerakan smash denagn tehnik yang benar.

       Pertemuan  Vl
     ~bermain tennis meja  dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi.
     ~melakuakn penilaian

Penutup:
   -pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

E. Sumber Belajar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 2-3
    Buku referensi tennis meja

F. Penilaian
    1.Tehnik penilaian;
        -test unjuk kerja(psikomotor)
gerakan: memantul-mantulkan bola dengan bad,cara megang bad,sikap siap             sedia,servis,menerima servis,smash dan bermain dengan peraturan sederhana.           
   
   2. Rubrik Penilaian












                                Unjuk kerja permainan tennis meja:      
     
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1.Cara pegang bad
2.Sikap siap sedia
3.Memantul-mantulkan bola
4.Melakukan servis
5.Menerima servis melakukan smash
6.Bermain tennis meja dengan peraturan sederhana dan  dimodifikasi.




 Jumlah       




 Jumlah skor minimal:











Mengetahui                                                                                  Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah 



-------------------                                                                          --------------------------





















                                                                  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :1. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan                                                       sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung                                                      didalamnya
.
Kompetensi Dasar                   :1.2.Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola                                                           besar dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan                                                         peraturan yang dimodifikasi,serta nilai                                                                                          kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)

Indikator                                : Memahami sejarah,alat dan ukuran lapangan bola basket.
                                                 Mendrible
 Melempar bola
 Memasukan bola ke ring
 Pivot/bertumpu satu kaki
 Bermain basket dengan peraturan sederhana

Alokasi waktu                        : 16 x 35 menit(4 x pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran
    a.Siswa memahami sejarah dan mengenal peralatan basket
    b.Siswa melakukan gerakan: mendrible,melempar, menembak,pivot dengan benar
    c.Siswa dapat bermain basket dengan peraturan sederhana

B.Materi Pembelajaran
    a.Sejarah ,peralatan basket
    b.Latihan/gerak dasar basket:drible,lemparan,menembak,pivot
    c.Permainan bola basket

C.Metode Pembelajaran
   - Ceramah,tanyajawab,demontrasi,latihandan penugasan.

D.Langkah-langkah Pembelajaran
    Pendahuluan:
    Berbaris,berdoa,presensi dan pemanasan.


    Inti: Pertemuan l
            ~penjelasan sejarah
            ~pengenalan alat dan ukuran lapangan basket
            ~melakukan gerakan dasar basket

Pertemuan ll
~mengulangi latihan dasar basket
~melakukan gerakan drible
~melakukan lemparan bola
~bermain basket dengan peraturan sederhana

Pertemuan lll
~mengulangi latihan dasar basket
~melakukan lemparan/tembakan ke ring
~bermain basket dengan peraturan sederhana

Pertemuan Vl
~bermain basket dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi
~melakukan penilaian

Penutupan
Pendinginan,evaluasi proses pembelajran,penugasan, berbaris,doa dan pasukan dibubarkan

E. Sumber Belajar
     Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 5-11
     Buku referensi bola basket

F.Penilaian
   1.Tehnik Penilaian
       *test unjuk kerja(psikomotor)
         gerakan: mendrible.melempar,menembak,pivot
                        bermain basket dengan tehnik dan peraturan sederhana
   2.Rubrik Penilaian













                                Unjuk kerja permainan bola basket
       
   
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1.Mendrible rendah,tinggi dengan satu tangan
2.Melempar dengan dua dan satu tangan
3.Menembak dengan dua dan satu tangan
4.Melakukan pivot
5.Bermain basket dengan peraturan yang dimodifikasi





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:











Mengetahui Kepala sekolah                                                             Guru mata pelajaran



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :1. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan                                                       sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung                                                      didalamnya.

Kompetensi Dasar                   :1.3.Mempraktikan gerak dasar  dalam tehnik lari lempar                                                             dan lompat dengan                                                                                                                 peraturan yang dimodifikasi,serta nilai                                                                                           kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)

Indikator                                 :     -Pengenalan tentang  tolak peluru
                                                      -Melakukan latihan dasar tolak peluru
                                                      -Melakukan gerakan awalan, tolakan,sikap akhir

Alokasi waktu                         :     16 x 35 menit(4 x pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran
    a.Siswa memahami sejarah,peraturan serta mengenal alat tolak peluru
    b.Siswa melakukan gerakan latihan dasar tolak peluru
    c.Siswa melakukan gerakan awalan, tolakandan sikap akhir

B. Materi Pembelajaran
    Tolak peluru
 
C.Metode Pembelajaran
    Ceramah,tanyajawab,demonstrasi,latihan,penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran

     Pendahuluan:berbaris, doa,presensi dan pemanasan

     Inti: Pertemuan l
             ~penjelasan pengertian dan sejarah tolakpeluru
             ~mengenal lapangan dan alat tolak peluru
             ~melakukan latihan dasar tolak peluru


            Pertemuan ll
            ~melakukan latihan dasar tolak peluru
            ~melakukan tehnik memegang tolak peluru yang benar
            ~melakukan tehnik awalan yang benar

            Pertemuan lll
            ~melakukan latihan dasar tolak peluru
            ~melakuan tehnik awalan dengan berbagai gaya yang benar
            ~melakukan tehnik tolakan dengan benar
            ~melakukan tehnik sikap akhir yang benar

            Pertemuan Vl
            ~melakukan rangkaian gerakan tolak peluru dengan tehnik yang benar
           ~guru melakukan penilaian dari gerakan awalan,tolakan dan sikap akhir

           Penutup: pendinginan,evaluasi proses pembelajaran, memotivasi ,berbaris,doa dan                pasukan dibubarkan

E. Sumber Belajar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 12-15
    Buku referensi tolak peluru

F.Penilaian
   1. Tehnik penilaian:
        *test unjuk kerja(psikomotor)
          -melakukan gerakan awalan,tolakan dan sikap akhir dalam tolak peluru
   2. Rubrik penilaian
                      
                                   Unjuk kerja gerak tolak peluru

     
Aspek yang dinilai

1
2
3
4
1.Melakukan koordinasi gerak:
   a. awalan
   b. tolakan
   c. sikap akhir
2. Melakukan tolak peluru dengan tehnik yang benar





Jumlah




Jumlah skor maksimal:








Mengetahui                                                                                 Guru mata pelajaran
Kepala sekolah 

................................                                                                     ...............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
         
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :2.Mempraktikan latihan peningkatan kualitas                                                                           jasmani(komponen kebugaran jasmani),dan
                                                    nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar                  :2.1.Mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih                                                                untuk memperbaiki postur tubuh

Indikator                                 :-Melakukan program latihan
                                                 -Melakukan latihan pemanasan
                                                 -Melakuakn latihan pos berangkai

Alokasi waktu                         : 8 x 35 menit(2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a.Siswa dapat melakukan program latihan:
        _kekuatan dan kelentukan
        _pemanasan
        _pos berangkai

B. Materi Pembelajaran
     *Melakukan program latihan dengan unsure permainan

C. Metode Pembelajaran
     *Ceramah,tanyajawab,demonstrasi,latihan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran

     Pendahuluan:berbaris, doa, presensi dan pemanasan

    Inti: Pertemuan l
            ~merencanakan dan melakukan program latihan
            ~melakukan latihan pemanasan

           Pertemuan ll
           ~melakukan latihan pos berangkai
           ~guru melakukan penilaian
    Penutup:Pendinginan, evaluasi proses pembelajaran,memotivasi,doa dan pasukan                            dibubarkan

E. Sumber Belajar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 18-20
    Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
    1. Tehnik Penilaian
         *test unjuk kerja(psikomotor):
           melakukan gerakan program latihan kekuatan dan kelentukan
           melakukan gerakan program latihan pemanasan
           melakukan gerakan program pos berangkai

    2.Rubrik Penilaian

                                         Unjuk kerja kebugaran


Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
Program latihan:
  1. kekuatan dan kelentukan
  2. pemanasan
  3. pos berangkai




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:








 

Mengetahui                                                                            Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah



--------------------                                                                                ------------------------








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :2.Mempraktikan latihan peningkatan kualitas                                                                           jasmani(komponen kebugaran jasmani),dan
                                                    nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar                  :2.2.Mempraktikan berbagai latihan untuk memperbaiki                                                               cacat jasmani bukan bawaan,serta nilai                                                                                   keselamatan,disiplin dan kerjakeras.

Indikator                                 :-Melakukan latihan gerakan kelenturan
                                                 -Melakukan latihan gerakan kekuatan
                                                 -Melakukan latihan gerakan menggunakan beban

Alokasi waktu                        : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a.Siswa dapat melakukan latihan gerakan:
       *kelenturan
      *kekuatan
       *menggunakan beban

B. Materi Pembelajaran
     Dengan permainan:
     Latihan kelenturan:leher ,pinggang,lutut
     Latihan:pus up,mendorng grobak, tarik tambang
     Latihan gerakan menggunakan beban

C.Metode Pembelajaran
    Ceramah, tanyajawab,demonstrasi,latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
    
    Pendahuluan: berbaris,berdoa,presensi dan pemanasan

      Inti: Pertemuan l
       ~melakukan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir
         pada gerakan kelenturan:leher,pinggang,lutut
       ~melakukan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir
         pada gerakan menggunakan beban

       Pertemuan ll
          ~melakukan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan: push up,                   mendorong gerobak dan tarik tambang
          ~guru melakukan penilaian

     Pendahuluan: pendinginan,evaluasi proses pembelajaran,memotivasi,berdoa dan                                       dibubarkan

E. Sumber Belajar
     Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 21-26
     Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
    1.Tehnik Penilaian
        *test unjuk kerja(psikomotor)
          melakukan gerakan:kelenturan leher,pinggang,lutut
                                         :push up,mendorong gerobak,tarik tambang
                                         :menggunakan beban
    2.Rubrik Penilaian

                                        Unjuk kerja kebugaran


Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
  1. Melakukan gerakan kelenturan leher,pinggang,lutut
  2. Melakukan gerakan push up,mendorong gerobak,tarik tambang dan menggunakan beban





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                            Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah    



---------------------                                                                        -------------------



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :3.Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam                                                                 ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang                                                     terkandung didalamnya                                                                    
                                            
Kompetensi Dasar                  :3.1Mempraktikan pemanasan dan pendinginan sebelum                                                            dan sesudah melaksanakan aktivitas senam

Indikator                                 : Melakukan gerakan menguatkan persendian                                                                         Melakukan gerakan melemaskan persendian
                                               

Alokasi waktu                        : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran
    a.Siswa dapat melakukan gerakan:
      -menguatkan dan melemaskan persendian dalam pemanasan dan pendinginan
      

B. Materi Pembelajaran
     Permainan:
     *menguatkan dan melemaskan persendian
    

C. Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanyajawab,demonstrasi,latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
    
     Pendahuluan: berbaris doa,presensi dan pemanasan

     Inti: Pertemuan l
            ~dengan permainan melakuakn gerakan penguatan dalam pemanasan maupun                    pendinginan


            Pertemuan ll
           ~dengan permainan melakukan gerakan pelemasam dalam pemanasan maupun        pendinginan
           ~dilanjutkan dengan penilaian

     Penutupan: pendinginan,evaluasi proses pembelajaran,memotivasi,doa dan                                            dibubarkan

E. Sumber Belajar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 30-32
    Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
    1. Tehnik Penilaian:
        *test unjuk kerja (psikomotor):
          gerakan penguatan dan pelemasan pada persendian
         
    2. Rubrik Penilaian

                                       Unjuk kerja dalam permainan 


Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. gerakan penguatan persendian
2. gerakan pelemasan persendian
 




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:










Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah



------------------                                                                              ------------------








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :3.Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam                                                                 ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang                                                     terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar                  :3.2 Mempraktikan rangkaian senam lantai dan senam                                                                  ketangkasan dengan gerakan yang lebih                                                                                 halus,jelas,lancer serta nilai-nilai percaya diri,disiplin                                                                   dan estetika

Indikator                                 :Melakukan rangkaian gerakan senam guling depan    
                                                 Melakukan rangkaian gerakan senam guling belakang
                                                 Melakukan gerakan handstand,meroda,dan balok titian
                                                 Melakukan gerakan lompat kangkang

Alokasi waktu                        : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a. Siswa dapat melakukan rangkaian gerakan:
         guling depan
         guling belakang
         meroda
         handstand
         balok titian
         lompat kangkang

B. Materi Pembelajaran
     Senam lantai dan senam ketangkasan

C.Metode Pembelajaran
   Ceramah.tanyajawab,demonstrasi latihan dan penugasan

D.Langkah-langkah Pembelajaran
    Pendahuluan: berbaris berdoa, presensi serta pemanasan

   Inti: Pertemuan l
          ~melakukan gerakan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir
            guling depan
            guling belakang
             handstand
           
       Pertemuan ll
       ~melakukan gerakan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir meroda,balok titian                dan lompat kangkang
       ~guru melakukan penilaian

     Penutup: pendingian, evaluasi proses pembelajaran,memotivasi,baris,doa dan                                     pembubaran

E.Sumber Belajar
    Buku penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 32-36
    Buku referensi senam

F.Penilaian
   1.Tehnik penilain
      *test unjuk kerja(psikomotor)
       gerakan rangkaian senam guling depan,guling belakang handstand,meroda,balok titian dan lompat kangkang
   2.Rubrik penilaian

                                                Unjuk kerja senam    

Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Rangkaiangerakan senam:
    a. guling depan
    b. guling belakang
    c. lompat kangkang
    d handstand
   e.meroda
   f. balok titian





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:








Mengetahui                                                                               Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah


------------------                                                                          -----------------------


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :4. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik sederhana                                                       berpasangan dan beregu,serta nilai-nilai yang                                                                              terkandung             didalamnya

Kompetensi Dasar                  :4.1.Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana                                                                 menggunakan gerak jalandan lompat secara                                                                           berpasangan, serta nilai-nilai kerja sama disiplin dan                                                                 estetika

Indikator                                 :     melakukan gerakan:
                                                     -jalan dengan berpasangan
                                                     -lompat dengan berpasangan

Alokasi waktu                        : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a. Siswa dapat melakukan gerak senam ritmik jalan dan lompat dengan berpasangan

B.Materi Pembelajaran
    a. Senam ritmik

C. Metode Pembelajaran
    Ceramah, tanyajawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D.Langkah-langkah Pembelajaran

    Pendahuluan: berbaris,doa, presensi dan pemanasan

    Inti: Pertemuan l
           ~melakukan gerak ritmik jalan pada:
             sikap awal
             saat melakukan
             sikap akhir

          Pertemuan ll
          ~melakukan gerak ritmik lompat pada:
           sikap awal
          saat melakukan
          sikap akhir

Penutup: pendinginan berbaris, evaluasi proses pembelajaran, memotivasi,doa,dan                             dibubarkan

E. Sumber Belajar
     Buku Penjasorkes Erlangga klsVl, hal 40-42
     Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
    1. Tehnik penilaian
        * Test unjuk kerja(psikomotor)
            -gerak ritmik jalan dan lompat dengan berpasangan
   2. Rubrik penilaian
                                      
                                           Unjuk kerja ritmik


Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Gerak ritmik jalan berpasangan
2. Gerak ritmik lompat berpasangan





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:










Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah



-------------------                                                                        -----------------------










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :4. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik sederhana                                                       berpasangan dan beregu,serta nilai-nilai yang                                                                              terkandung             didalamnya

Kompetensi Dasar                  :4.2 Mempraktikan gerak ritmik sederhana beregu dengan                                                           kompak, serta nilai kerjasama, disiplin dan estetika

Indikator                                 : Melakukan gerakan  Senam Indonesia Sehat (S I S)                                                              dengan: -pemanasan
                                                               -inti
                                                                -pendinginan

Alokasi waktu                        : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a. Siswa dapat melakukan  S I S pada gerakan :
         Pemanasan
         Inti
         Pendinginan

B.Materi Pembelajaran
    a. senam Ritmik: S I S

C. Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanyajawab, demontrasi, latihan dan penugasan

D.Langkah-langkah Pembelajaran

    Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi dan penugasan

   Inti: Pertemuan l
          ~melakukan gerakan pada:
            a. pemanasan
            b. inti


         Pertemuan ll
         ~melakukan gerakan pada:
           a. inti
           b. pendinginan
       ~melakukan keseluruhan gerak S I S

       Penutup: pendinginan, evaluasi proses pembelajaran,memotivasi, penugasan,doa dan                      dibubarkan

E. Sumber Belajar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 43-51
    Buku panduan S I S

F. Penilaian
    1. Tehnik Penilaian
        *test unjuk kerja(psikomotor):
          gerakan pemanasan, inti dan pendinginan npada S I S
   2. Rubrik Penilaian

                                         Unjuk kerja gerak S I S

Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Pemanasan S I S
2. Inti S I S
3. Pendinginan SI S
4. Melakukan senam S IS dengan beregu




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                               Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah




-------------------                                                                            ---------------------







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)
 
Standar Kompetensi               :5. Menerapkan budaya sehat

Kompetensi Dasar                 :5.1 Mengenal bahaya narkoba
                                               5.2 Mengenal cara menghindari bahaya narkoba

Indikator                                :-Pengertian narkoba
                                                -Jenis-jenis narkoba
                                                - Dampak negative dari narkoba
                                                -Bahaya fisik narkoba
                                                - Akibat fatal dari penyalahgunaan narkoba
                                                -Mencegah dan menghindarinya

Alokasi waktu                       : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
    a.Siswa dapat menjelaskan dan memahami tentang:
Pengertian,jenis-jenis,dampak negative,bahaya,akibat,cara pencegahan dan cara                                   menghindari dar narkoba
                                                 
B. Materi Pembelajaran
     Narkoba
     Jenis-jenis, dampak negative, bahaya, mencegah dan menghindarinya

C. Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanyajawab, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: Mengkondisikan kelas dan siswa,berdoa, presensiapersepsi pada materi

    Inti: Pertemuan l:
           ~Pengertiannarkoba
           ~Jenis-jenis narkoba
           ~Dampak negative

           Pertemuan ll
           ~Bahaya narkoba
        ~Akibat fatal dari penya  lahgunaan narkoba
       ~Mencegah dan menghindari narkoba

Penutup: evaluasi proses pembelajaran,pemberian tugas,doa dan bubar

E. Sumber Beljar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 54-58
    Buku panduan tentang narkoba
    Buku kesehatan

F. Penilaian
    1.Tehnik Penilaian
       *test teori:
 jelaskan tentang:pengertian,jenis,dampak negative,bahaya, akibat,pencegahan dan menghindari
  2. Rubrik Penilaian

Aspek yang dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.      Pengertian narkoba
2.      Jenis-jenis narkoba
3.      Dampak negative dari narkoba
4.      Bahaya fisik terhadap narkoba
5.      Akibat fatal dari penyalahgunaan narkoba
6.      Mencegah dan menghindari narkoba




Jumlah :




Jumlah skor maksimal :








Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



------------------                                                              ------------------------------












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetensi               :6. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam                                                                          permaianan dan olahraga dengan peraturan yang                                                                  dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung                                                                           diodalamnya

Kompetensi Dasar                 :6.1 Mempraktikan penerapan teknik dasar salah satu                                                                  permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan                                                           yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, s[ortifitas dan                                                          kejujuran **)

Indikator                                : Sejarah permaianan bola voly
                                                 Teknik dasar bola voly:
                                                    - servis
                                                    - pasing
                                                    - smash
                                                    - block
                                                  Rotasi permainan

Alokasi waktu                       : 16 x 35 menit ( 4 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
     a.Siswa dapat memahami sejarah singkat tentang bola voly
     b. Siswa dapat melakukan gerakan:
         - servis bawah dan servis atas
         - pasing bawah dan pasing atas
         - smash
         - block
    c. siswa dapat bermain bola voly dengan peraturan sederhana dan dimodfikasi

B. Materi Pembelajaran
     Bola voly
      -servis, pasing, smash dan block
     
C.Metode Pembelajaran
  Ceramah, tanyajawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi dan pemanasan
    Inti: Pertemuan l
           Mempraktikan teknik servis bawah maupun servis atas
           Bermain bola voly dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi
      
           Pertemuan ll
           Mempraktikan teknik pasing bawah maupun pasing atas
           Bermain bola voly dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi

Pertemuan lll
Mempraktikan teknik smash dengan bergantian
Bermain bola voly dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi

Pertemuan Vl
Mempraktikan teknik block
Bermain bola voly dengan peraturan yang disempurnakan dan dimodifikasi
  Penutup: pendingian, refleksi, penugasan, berdoa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 62-65
    Buku referensi bola voly

F. Penilaian
    1. Tehnik penilaian:
        * Test unjuk kerja (psikomotor)
            praktikan teknik servis, pasing, smash dan block
    2. Rubrik penilaian
                                              Unjuk kerja Bola Basket
  
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Praktikan teknik servis dengan kontrol
2. Praktikan teknik pasing dengan kontrol
3. Praktikan smash dengan kontrol
4. praktikan teknik block denagn kontrol





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:








Mengethui                                                                    Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah


          
           ....................................                                                   .......................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetensi               : 6. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam                                                                         permaianan dan olahraga dengan peraturan yang                                                                  dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung                                                                           diodalamnya

Kompetensi Dasar                 : 6.1 Mempraktikan penerapan teknik dasar salah satu                                                                 permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan                                                            yang dimodifikasi, serta nilai-nilai kerjasama, sportitas                                                          dan kejujuran**)

Indikator                                : Sejarah permainan bulu tangkis
                                                 Teknik dasar permainan bulu tangkis:
-          pegangan raket
-          servis
-          smash                              
                                                 Bermain bulu tangkis dengan peratuaran sederhana

Alokasi waktu                        : 16 x 35 ( 4 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat memahami sejarah bulu tangkis
b. Siswa dapat mempraktikan:
    - cara memegang raket
    - servis
    - smash
c. bermain permainan bulu tangkis dengan peraturan sederhana

B. Materi Pembelajaran
     a. Bulu tangkis
         -memegang raket
         - servis/ pukulan
         - smash dan cara bermain
C. Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanyajawab, demonstrasi, latihan, penugasan


D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
    
Inti:   Pertemuan l
Teknik memegang raket
Mempraktikan servis
Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu maupun berpasangan

Pertemuan ll
Mempraktikan lanjutan  servis ( macam-macam servis)
Mempraktikan pukulan
Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu maupun berpasangan

Pertemuan lll
Mempraktikan lanjutan pukulan
Mempraktikan pukulan smash
Dengan berbagai variasi gerak dan jarak serta melakuakn gerakan secara individu maupun berpasangan

Pertemuan Vl
Mengembangkan ketrampilan servis, pukulan, smash dengan bervariasi gerak
Mempraktikan permainan bulu tangkis dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi
Mengembangkan prinsip kerjasama dalam tim atau regu

Penutup: pendinginan, refleksi, penugasan, doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar
     Buku Penjsorkes Erlangga kls Vl, hal 66-71
     Buku referensi bulu tangkis

F. Penilaian
    1.Tehnik penilaian (psikomotor)
        * test unjuk kerja: memegang raket
                                     melakukan servis, pukulan, smash
            dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukangerakan individ maupun                  berpasangan
    2. Rubrik penilaian




                                                                                               

                                     Unjuk kerja bulu tangkis



Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Praktikan macam servis
2. Praktikan macam pukulan
3. Praktikan smash




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:








  

Mengetahui                                                                             Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah



------------------                                                                         ---------------------                                   


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetensi               : 6. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam                                                                         permaianan dan olahraga dengan peraturan yang                                                                  dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung                                                                           diodalamnya

Kompetensi Dasar                 : 6.3 Mempraktikan pengembangan koordinasi beberapa                                                              nomor tehnik dasar atletik dengan peraturan yang                                                                 dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportifitas dan                                                         kejujuran**)
Indikator*)                                : Pengertian singkat tentang lari sambung
                                                      Bentuk-bentuk latihan dasar lari sambung
                                                      Mempraktikan teknik lari sambung/
                                                      Pengertian singkat tentang lompat tinggi
                                                      Tehnik dasar lompat tinggi
                                                      Mempraktikan lompat tinggi

Alokasi waktu                              : 16 x 35 menit (4 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran             
     a.Siswa  memahami pengertian dan sejarah singkat tentang lari estafet,lompat tinggi
     b. Siswa dapat melakukan gerakan:
        -latihan dasar lari sambung/ lompat jauh
        -teknik lari sambung/lompat jauh

B. Materi Pembelajaran
     a. Atletik
         - lari
         - lompat

C. Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanyajawab, demonstrasi, latihan, dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi,dan pemanasan

   
 Inti: Pertemuan l
-melakukan latihan dasar lari sambung:
 cara memegang tongkat yang benar
 cara memberi tongkat dan cara menerima tongkat
-mempraktikan teknik lari sambung

Pertemuan ll
-melakukan perlombaan lari sambung dengan peraturan sederhana
-mengembangkan prisip kerjasama didalam tim maupun regu

Pertemuan lll
-melakukan lompat jauh tanpa awalan
-melakukan lompat jauh dengan gerakan:
   awalan
   tolakan
   mendarat

Pertemuan Vl
Melakukan lompat jauh dengan bergantian
Mengembangkan prestasi dengan memperbanyak latihan
Penutup: pendinginan,refleksi, memotivasi,dibhariskan,doa dan berbaris

E. Sumber Belajar
     Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 69-74

F. Penilaian
    1. Tehnik penilaian :
        * test unjuk kerja(psikomotor)
           gerakan: lari sambung dan lompat jauh
    2. Rubrik penilaian
                                     
                                            Unjuk kerja gerak dasar atletik

Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. lari sambung
2. lompat jauh




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala sekolah

-----------------                                                                            ---------------------

     
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetensi               :7. Mempraktikan latihan peningkatan kualitas kebugaran                                                          jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar                :7.1 Mempraktikan sikap hidup sehat untuk memelihara                                                               kondisi kesehatan

Indikator                               : Mempraktikan sikap pola hidup sehat
                                                Melakukan gerakan pola hidup sehat

Alokasi waktu                       : 8 x 35 menit ( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a. Siswa dapat menjelaskan pola hidup sehat
     b. Siswa dapat mempraktikan pola hidup sehat
    Dalam rangka memelihara kondisi kesehatan

B. Materi Pembelajaran
     -pola hiduo sehat
     - kebugaran

C. Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanyajawab, demonstrasi,penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, pemanasan

     Inti: Pertemuan l
             -menjelaskan sikap pola hidup sehat
             -mempraktikan sikap pola hidup sehat

            Pertemuan ll
             -mempraktikan pola hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan
            
     Penutup: berbaris, refleksi. Penugasan, doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 78
    Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
    1. * test unjuk kerja (psikomotor)
           mempraktikan : pola hidup sehat
    2. Rubrik penilaian

                                      Unjuk kerja kebugaran
   
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Praktik pola hidup sehat





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:








Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah


------------------                                                                         ----------------------- 























 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetensi               :7. Mempraktikan latihan peningkatan kualitas kebugaran                                                          jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar                :7.2 Mempraktikan peregangan otot dan pelemasan                                                                     persendian dengan baik sebelum latihan, serta nilai                                                               disiplin

Indikator                               : Melakukan gerakan peregangan otot
                                                Melakukan gerakan pelemasan sendi

Alokasi waktu                       : 8 x 35 menit ( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a. Siwa dapat melakukan gerakan
         - peregangan otot
         - pelemasan sendi

B. Materi Pembelajaran
    a. Kebugaran
        peregangan otot, pelemasan sendi

C. Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanyajawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, doa, presensi,apersepsi dan penugasan

     Inti: Pertemuan l
             - melakukan peregangan otot
             - melakukan peregangan otot dengan permainan
           
            Pertemuan ll
            - melakukan pelemasan sendi
            - melakukan pelemasan persendian lewat permainan

   Penutup: berbaris, refleksi, memotivasi, penugasan,doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar
     Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 79
     Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
     1. Tehnik Penilaian
         * test unjuk kerja (psikomotor)
            - melakukan gerakan peregangan otot
            - melakukan gerakan pelemasan sendi
     2. Rubrik penilaian


                                            Unjuk kerja kebugaran




Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Lakukan gerakan peregangan
2. Lakukangerakan pelemasan persendian





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah



-----------------                                                                              ------------------














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetensi               :7. Mempraktikan latihan peningkatan kualitas kebugaran                                                          jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar                :7.3 Mempraktikan aktifitas kondisi fisik secara terencana                                                           dan sungguh-sungguh

Indikator                               : Memprogram bentuk latihan fisik
                                                Melakukan latihan fisik

Alokasi  waktu                      : 8 x 35 menit ( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a. Siswa dapat merencanakan program latihan fisik
     b. siswa dapat melakukan program latihan fisik


B. Materi Pembelajaran
     a. Program kebugaran
         - latihan fisik sirkuit 
         - latihan fisik dengan interval

C. Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanyajawab, demonstrasi, latrihan,penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris,doa, presensi, apersepsi dan pemanasan

     Inti: Pertemuan l
            - melakukan program latihan fisik
            - melakukan latihan fisik dengan sirkuit
            - melakukan bentuk permainan dengan latihan fisik

            Pertemuan ll
            - melakukan latihan fisik dengan interval
            - melakukan bentuk permainan dengan latihan fisik
            - melakukan penilaian materi
     Pendahuluan: berbaris, refleksi, memotivasi,penugasan, doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 80-81
    Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
    1. Tehnik penilaian
         * Unjuk kerja (psikomotor)
             lakukan program  latihan fisik:
              - latihan fisik dengan sirkuit
              - latihan fisik dengan interval
   2. Rubrik penilaian

                                                Unjuk kerja kebugaran

Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Latihan fisik dengan sirkuit
2. Latihan fisik dengan interval





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                               Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah


-----------------                                                                              -------------------
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetensi               :7. Mempraktikan latihan peningkatan kualitas kebugaran                                                          jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar                :7.4 Mempraktikan aktifitas secara berkelanjutan dalam                                                              rangka meningkatkan kebugaran, serta nilai keselamatan,                                          disiplin dan kerja keras

Indikator                               : Program latihan daya tahan fisik
-          latihan pos berangkai
-          lari dengan jarak yang ditentukan

Alokasi wakltu                     : 8 x 35 menit ( 2 x pertemuan)
  
A. Tujan Pembelajaran
     a. Siswa dapat melakukan :
         - latihan pos berangkai
         - lari

B. Materi Pembelajaran
     a. kebugaran
         latihan daya tahan fisik

C. Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanyjawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, doa, presensi, apersepsi, penugasan

     Inti: Pertemuan l
             - melakukan latihan fisik pos berangkai
             - melakukan latihan fisik dengan bentuk permainan
 
            Pertemuan ll
            - melakukan latihan fisik lari dengan jarak tertentu
            - melakukan perlombaan lari dalam bentuk permainan
        - melakukan penilaian materi
Penutup: berbaris, refleksi, memotivasi, penugasan, berbaris, doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar
     Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 82
      Buku referensi yang relevsn

F. Penilaian
    1. Tehnik penilaian
         *test unjuk kerja (psikomotor)
           lakukan latihan fisik pos berangkai
           lakukan latihan fisik lari
    2. Rubrik penilaian


                                            Unjuk kerja kebugaran

Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. lakukan latihan pos berangkai
2. lakukan latihan lari





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:










Mengetahui                                                                       Guru mata pelajaran
Kepala sekolah


-----------------                                                                     --------------------






            








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standart Kompetensi              : 8.Mempraktikan kombinasi senam lntai dan senam                                                       ketangkasan dalam bentuk sederhana, nilai-nilai yang                                                                terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar                  : 8.1 Memoraktikan kombinasi gerak senam lantai dan                                                                   ketangkasan  dengan konsisten, control yang baik serta                                                        nilai keselamatan, disiplin dan kerjasama

Indikator                                 :  Melakukan rangkaian gerakan headstand
-          gerakan awal
-          gerakan saat melakukan
-          gerakan pada sikap akhir                                        

Alokasi waktu                         : 8 x 35 menit ( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
-          a. Siswa dapat nelakukan gerakan : -.Awal
                                                                  Saat melakukan
                                                                  Akhir
-    pada senam lantai head stand

B.  Materi pembelajaran
      a.Senam
            -Head stand

C.  Metode pembelajaran
      Ceramah , tanya jawab , demonstrasi , latihan, dan penugasan

D.  Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
      Pendahuluan    : Berbaris , Berdoa , Absensi, dan pemanasan

      Inti                   : -Pertemuan 1
                                 Melakukan sikap awal, sikiap saat melakukan dan sikap akhir pada                                      senam lantai head stand

                                -Pertemuan 2
                                 Melakukan sikap awal, sikap saat melakukan dan sikap akhir pada                                       senam lantai head stand

     Penutup            : Pendinginan, berbaris, refleksi, penugasan, berdoa, dan dibubarkan

E. Sumber belajar :
    Buku Penjasorkes Erlangga Kelas VI hal. 86-87

F. Penilaian
    1.Tehnik penilaian
test unjuk kerja (psikomotor):
·         rangkaian headstand
2. Rubrik penilaian

                                               Unjuk kerja senam


Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan rangkaian gerakan headstand




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Skolah


-----------------                                                                            ---------------------











   
 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standart Kompetensi              : 8.Mempraktikan kombinasi senam lntai dan senam                                                       ketangkasan dalam bentuk sederhana, nilai-nilai yang                                                                terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar                  : 8.2 Mempraktikan kombinasi bentuk-bentuk gerak senam lantai dan ketangkasan  dengan koordinasi, control yang baik serta nilai keselamatan, disiplin dan kerjasama

Indikator                                 : Melakukan gerakan lompat kangkang dengan 
                                                  - teman
                                                  - peti/box

Alokasi waktu                         : 8 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
      a.Siswa dapat melakukan gerakan :                                                                        
         awal
         saat melakukan
         sikap akhir

B. Materi Pembelajaran
     Lompat kangkang:
      - sikap awal
      - saat melakukan
      - sikap akhir

C. Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanyajawa, demonstrasi, latihan, penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, doa, presensi, apersepsi dan pemanasan

     Inti: Pertemuan l
             Melakukan rangkaian gerakan: sikap awal, saat melakukan, sikap akhir
                   Melakukan keseluruhan gerakan lompat kangkang
           Pertemuan ll
           Melakukan keseluruhan lompat kangkang
           Melakukan penilaian
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar :
    Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 88 – 90

F. Penilaian :
    1. Teknik Penilaian :
        *) test unjuk kerja (psikomotor)
        lakukan gerakan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada lompat kangkang.
    2. Rubrik Penilaian :
   
Unjuk kerja senam


Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan rangkaian gerakan lompat kangkang




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Skolah


-----------------                                                                            ---------------------


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetrensi              : 9. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sesderhana secara berpasangan maupun beregu, dan nilai-nilai yang tetrkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar                   : 9.1 Mempraktikkan gerak ritmik sederhana di tempat dengan gerakan membungkuk, menekuk maupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai-nilai kerh\jasama, disiplin dan estetika.

Indikator                                  : meklakukan gerakan:
-          membungkuk
-          menekuk
-          meliuk

Alokasi Waktu                        : 8 X 35 menit (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat melakukan gerakan membungkuk, menekuk dan meliuk.

B. Materi Pembelajaran
    Senam ritmik:
-          membungkuk
-          menekuk
-          meliuk    

C. Metode Pmebelajaran
    Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
     Inti: Pertemuan I
            Melakukan gerakan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan  membungkuk dan menekuk.

Pertemuan II
Melakukan gerakan sikap awal, saat melakukan, sikap akhir pada gerakan membungkuk, menekuk dan meliuk.
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar :
    Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 94 - 95

F. Penilaian :
    1. Teknik Penilaian :
        *) test unjuk kerja (psikomotor)
        lakukan gerakan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan membungkuk, menekuk dan meliuk.
    2. Rubrik Penilaian :
   
Unjuk kerja senam


Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan rangkaian gerakan ritmik  membungkuk, menekuk dan merliuk




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Skolah


-----------------                                                                            ---------------------
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetrensi              : 9. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sesderhana secara berpasangan maupun beregu, dan nilai-nilai yang tetrkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar                   : 9.2 Mempraktikkan gerak ritmik sederhana dengan jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu serta nilai kerjasama disiplin dan estetika.

Indikator                                  : Melakukan gerakan jalan dan lompat dengan menggunakan pita yang digerakkan dengan gerakan mengayun, melingkar dan melempar.

Alokasi Waktu                        : 8 X 35 menit (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat melakukan gerakan mengayun, melingkar dan neklempoar dengan menggunakan pita atau tali.

B. Materi Pembelajaran
    Senam ritmik menggunakan alat:
-          pita

C. Metode Pmebelajaran
    Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
     Inti: Pertemuan I
            Melakukan gerakan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan  mengayun dan melingkar.

Pertemuan II
Melakukan gerakan sikap awal, saat melakukan, sikap akhir pada gerakan mengayun, melingkar dan melempar.
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar :
    Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 96 - 97

F. Penilaian :
    1. Teknik Penilaian :
        *) test unjuk kerja (psikomotor)
        lakukan gerakan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan nmengayun, melingkar dan melempar.
    2. Rubrik Penilaian :
   
Unjuk kerja senam


Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan rangkaian gerakan ritmik  dengan menggunakan pita: a. mengayun
                               b. melingkar
                               c. melempar 




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Skolah


-----------------                                                                            ---------------------











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetrensi              : 10. Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)

Kompetensi Dasar                   : 10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, lengan pada renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang ;lebih baik serta nilai-nilai keberanian, disiplin dan estetika.

Indikator                                  : - Melakukan latihan meluncur
- Melakukan gerakan kaki, gferakan tangan dan pernafasan

Alokasi Waktu                        : 8 X 35 menit (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat melakukan gerakan meluncur, gerakan kaki, tangan dan pernafasan.

B. Materi Pembelajaran
    Renang gaya dada

C. Metode Pmebelajaran
    Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
     Inti: Pertemuan I
            Melakukan gerakan meluncur, tangan, kaki dan pernafasan pada renang gaya dada.

Pertemuan II
Melakukan gerakan meluncur, tangan, kaki dan pernafasan.pada renang gaya dada.
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan


E. Sumber Belajar :
    Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 100 - 102

F. Penilaian :
    1. Teknik Penilaian :
        *) test unjuk kerja (psikomotor)
        lakukan gerakan meluncur, tangan kaki dan pernafasan
    2. Rubrik Penilaian :
   
Unjuk Kerja Renang Gaya Dada


Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan gerakaa: a. meluncur
                                b. tangan
                                c. kaki
                                d. pernafasan 




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Skolah


-----------------                                                                            ---------------------












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetrensi              : 10. Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)

Kompetensi Dasar                   : 10.2 Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di air..

Indikator                                  : - Etika di kolam renang
- Menjaga keselamatan di kolam renang

Alokasi Waktu                        : 8 X 35 menit (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat melakukan cara penyelamatan di air.

B. Materi Pembelajaran
    Keselamatan di air

C. Metode Pmebelajaran
    Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
     Inti: Pertemuan I
            Menjelaskan dan mempraktikkan tata tertib di kolam renang, mempraktikkan etika berenang.

Pertemuan II
Mempraktikkan keselamatan/cara penyelamatan di dalam air.
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar :
    Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 103 - 104

F. Penilaian :
    1. Teknik Penilaian :
        *) test unjuk kerja (psikomotor)
        lakukan gerakan penyelamatan dalam air.
    2. Rubrik Penilaian :
   
Unjuk Kerja Keselamatan dalam Air


Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan gerakaan: penyelamatan dalam air.





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Skolah


-----------------                                                                            ---------------------

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetrensi              : 11. Mempraktikkan aktifitas penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terjandung di dalamnya. ***)

Kompetensi Dasar                   : 11.1 Mempraktikkan aktifitas penjelajahan di alam bebas secara sederhana serta nilai kerjasama, tanggung jawab, disiplin dan keselamatan.

Indikator                                  : - Melakukan penjelajahan

Alokasi Waktu                        : 4 X 35 menit (1 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat menjelaskan dan melakukan penjelajahan..

B. Materi Pembelajaran
    Penjelajahan.

C. Metode Pmebelajaran
    Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
     Inti: Melaksanakan kegiatan penjelajahan.
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar :
    Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 108

F. Penilaian :
    1. Teknik Penilaian :
        *) test unjuk kerja (psikomotor)
        lakukan kegiatan penjelajahan.
    2. Rubrik Penilaian :
   

Unjuk Kerja Penjelajahan


Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan kegiatan penjelajahan.





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Skolah


-----------------                                                                            ---------------------


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetrensi              : 11. Mempraktikkan aktifitas penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terjandung di dalamnya. ***)

Kompetensi Dasar                   : 11.2 Mempraktikkan pemasangan kemah bersama, serta nilai kerjasama, tanggung jawab, disiplin dan keselamatan.

Indikator                                  : - Melakukan keghiatan perkemahan: perencanaan, perlengkapan dan pendirian tenda.

Alokasi Waktu                        : 4 X 35 menit (1 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat melakukan kegiatan perkemahan.

B. Materi Pembelajaran
    Berkemah

C. Metode Pmebelajaran
    Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
     Inti: Melaksanakan kegiatan perkemahan.
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar :
    Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 109 - 111

F. Penilaian :
    1. Teknik Penilaian :
        *) test unjuk kerja (psikomotor)
        lakukan kegiatan perkemahan..
    2. Rubrik Penilaian :
   
Unjuk Kerja Perkemahan


Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan kegiatan perkemahan.





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Skolah


-----------------                                                                            ---------------------


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetrensi              : 12. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi Dasar                   : 12.1 Mengenal cara menolak ajakan menggunakan narkoba.

Indikator                                  : - Menjelaskan cara menolak ajakan menggunakan narkoba.
- Cara menolak ajakan menggunakan narkoba

Alokasi Waktu                        : 4 X 35 menit (1 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat melakukan penolakan ajakan menggunakan narkoba.

B. Materi Pembelajaran
    Narkoba

C. Metode Pmebelajaran
    Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berdoa, presensi dan apersepsi.
     Inti: Menjelaskan bahaya penyalahgunaan narkoba.
Penutup: penguatan,doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar :
    Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 114 -115

F. Penilaian :
    1. Teknik Penilaian :
        *) test unjuk kerja (test teori)
        sebutkan cara penolakan ajakan menggunakan narkoba.
    2. Rubrik Penilaian :
   


Tets Teori


Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. sebutkan cara penolakan ajakan menggunakan narkoba.






Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Skolah


-----------------                                                                            ---------------------





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)

Standar Kompetrensi              : 12. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi Dasar                   : 12.2 Mengenal cara menolak perlakuan pelecehan seksual.

Indikator                                  :    -     Menjelaskan cara menolak pelecehan seksual
-          Menghindari dari peklecehan seksual
-          Menolak perlakuan pelecehan seksual

Alokasi Waktu                        : 4 X 35 menit (1 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat menjelaskan dan melakukan penolakan perlakuan pelecehan seksual

B. Materi Pembelajaran
    Pola Hidup Sehat: Pelecehan Seksual

C. Metode Pmebelajaran
    Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berdoa, presensi dan apersepsi.
     Inti: Menjelaskan pola ghidup sehat dan perbuatan/perlakuan pelecehan seksual.
Penutup: penguatan,doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar :
    Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 116 - 117

F. Penilaian :
    1. Teknik Penilaian :
        *) test unjuk kerja (test teori)
        sebutkan dan jelaskan cara penolakan perlakuan pelecehan seksual..
    2. Rubrik Penilaian :
   


Tets Teori


Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1.   sebutkan dan jelaskan cara penolakan perlakuan pelecehan seksual.






Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Skolah


-----------------                                                                            ---------------------












Tidak ada komentar:

Posting Komentar