Minggu, 20 Mei 2012

Silabus PAI SD Kelas IV Semester I


SILABUS
Lampiran 1       
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar Kompetensi (Alquran) : 1. Membaca surah-surah Alquran

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Membaca surah Al Fatihah dengan lancar

Surah Al Fatihah

1.   Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan instruksi yang di berikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada di surah Al Fatihah
2.  Siswa mengartikan dan mengkaji  kandungan surah Al Fatihah serta kemudian menyebutkan isi pokok surah Al Fatihah
3.  Siswa menulis kata dan kalimat surah Al  Fatihah


1.   Melafalkan surah Al Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar




Tes lisan










Pelafalan










Lafalkan surah Al Fatihah!









6 × 35 menit

1.  Tulisan surah Al Fatihah beserta artinya di karton
2.   Tuliskan definisi hukum-hukum bacaan di karton
3.   Buku  pendidikan agama Islam jilid 4 NTR Esis bab 1
4.   Buku tajwid
5.   Buku-buku lain yang relevan
6.   Kaset/CD Alquran tentang surah Al Fatihah
7.   Pengalaman guru

2.   Menerapkan hukum bacaan yang ada di surah Al Fatihah (bacaan alif lam dan izhar)


Tes lisan







Pelafalan







Bacalah surah Al Fatihah sesuai dengan makhraj harakat dan hukum bacaan yang benar!


3.   Mengartikan surah Al Fatihah dengan benar



Tes tulis





Jawaban singkat





Apa arti  kalimat (ayat)
اِهْدِنَالصِّرَاطَالْمُسْتَقِيْمَ؟


4.   Menulis kata dan kalimat surah Al Fatihah dengan benar



Tes tulis






Jawaban singkat






اياك نعبد و اياك نستعين
Salinlah lengkap dengan tanda bacanya yang benar!
 
5.   Menyebutkan isi pokok surah Al Fatihah

Tes tulis

Essay

Sebutkan  isi pokok dari ayat ke-2 surah Al Fatihah!

1.2 Membaca surah Al Ikhlas dengan lancar

Surah Al Ikhlas

1    Siswa melafalkan surah Al Ikhlas secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan instruksi yang diberikan guru dengan  menerapkan harakat, makhraj dan  hukum bacaan yang ada di surah Al Ikhlas
2.  Siswa mengartikan dan mengkaji kandungan surah Al Ikhlas, serta kemudian menyebutkan isi pokok surah Al Ikhlas
3.  Siswa menulis kata dan kalimat surah Al ikhlas


1.   Melafalkan surah Al Ikhlas dengan harakat dan makhraj yang benar


Tes lisan

Pelafalan


Lafalkan surah Al Ikhlas dengan harakat dan makhraj yang benar!


6 × 35 menit


1. Tulisan surah Al Ikhlas beserta artinya di karton
2. Tulisan definisi hukum-hukum bacaan di karton
3.  Buku  pendidikan  agama Islam jilid 4, NTR Esis  bab 1
4.  Buku Tajwid
5.  Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset/CD Alquran tentang surah Al Ikhlas
7. Pengalaman guru


2.    Menerapkan hukum bacaan yang ada di surah Al Ikhlas (bacaan qalqalah dan idgam)



Tes Lisan








Pelafalan








Bacalah surah Al Ikhlas sesuai dengan makhraj harakat dan hukum bacaan yang benar!



3.   Mengartikan surah Al ikhlas dengan benar


Tes tulis




Jawaban singkat




Apa arti ayat
لََمْ يَلِدْ وَ لَمْ يُوْلَدْ؟




4.    Menulis kata dan kalimat surah Al Ikhlas

Tes tulis

Jawaban singkat
ولم يكن له كفوا احد
Salinlah lengkap dengan tanda bacanya!
















SILABUS
Lampiran 2       
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   IV
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar Kompetensi (Aqidah) : 2. Mengenal sifat jaiz Allah SWT

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1    Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT

Sifat-sifat Allah

1.   Siswa mengemukakan pendapatnya menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT melalui forum diskusi dan menyebutkan sifat jaiz bagi Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu


1.  Menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT



Tes tulis


Essay


Apakah definisi sifat jaiz bagi Allah SWT itu?


3 × 35 menit


1. Tulisan sifat jaiz bagi Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 4, NTR  ESIS bab 2
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Alquran (Juz Amma)
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar


2.  Menyebutkan sifat jaiz bagi Allah SWT

Tes tulis

Jawaban singkat

Sifat jaiz bagi Allah ada satu, sebut kan!

2.      Mengartikan sifat jaiz Allah SWT

SIfat-sifat Allah

1.   Siswa  menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT.
      Siswa mengartikan sifat jaiz bagi Allah SWT secara klasikal dan individu,  mengkaji dan membahas sifat jaiz dan sifat mustahil jaiznya serta membandingkannya dengan sifat wajib dan sifat mustahil Allah SWT melalui forum Tanya jawab dan diskusi

1.  Menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT









Tes lisan












Pilihan ganda












Semua yang terjadi terhadap makhluknya-Nya adalah ketentuan…
a.  Allah SWT
b.  Malaikat
c.  Nabi/ Rasul
d.  Manusia!





3 × 35 menit

1.  Tulisan sifat jaiz bagi Allah SWT beserta artinya di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 4, NTR  ESIS bab 2
3.  Buku-buku lain yang relevan
4.  Alquran (Juz Amma)
5.  Pengalaman guru
6.  Lingkungan sekitar

2.  Membedakan sifat jaiz, sifat wajib dan sifat mustahil Allah SWT


Tes lisan

Jawaban singkat

Disebut sifat apakah hak mutlak Allah SWT?
SILABUS
Lampiran 3       
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1­­­­
Standar Kompetensi (Akhlak) : 3. Menceritakan kisah Nabi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.2 Menceritakan kisah Nabi Adam AS

Kisah Nabi Adam AS

1.   Melalui forum Tanya jawab dan diskusi, siswa menceritakan kembali tentang asal mula Nabi Adam AS ketika menjadi manusia dan Nabi pertama berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan guru
2.   Melalui forum Tanya jawab dan diskusi siswa menceritakan kembali kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga, dan sebab Nabi Adam dikeluarkan dari surga berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan guru

1.   Menjelaskan asal kejadian Nabi Adam AS

Tes tulis

Jawaban singkat

Allah menciptakan Nabi Adam AS dari apa?

3 × 35 menit



1. Teks kisah Nabi Adam AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 4, NTR  ESIS bab 3
3. Buku kisah Nabi Adam atau buku-buku lain yang relevan
4.  Kaset atau CD  tentang kisah-kisah Nabi
5.  Alquran
6.  Pengalaman guru
7.  Lingkungan sekitar


2.   Menjelaskan Nabi Adam AS sebagai manusia dan Nabi yang pertama


Tes tulis

Jawaban singkat

Apa tugas Nabi Adam dimuka bumi?

3.   Menjelaskan kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga


Tes tulis






Jawaban singkat






Buah apakah yang dilarang  oleh Allah untuk dimakan Adam dan Hawa?


4.   Menjelaskan sebab Nabi Adam AS dikeluarkan dari surga

Tes tulis

Jawaban singkat

Siapakah yang membujuk Hawa untuk memakan buah khuldi?

3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW
















Kisah Nabi Muhammad SAW



















1.   Melalui forum Tanya jawab dan diskusi,  siswa menceritakan kembali peristiwa kelahiran Nabi Muhammad  dan menyebutkan nasab/ keturuan Nabi berdasarkan bacaan referensidan penjelasan guru










1.    Menjelaskan peristiwa kelahiran Nabi Muhammad










Tes lisan













Essay













Peristiwa apakah yang terjadi ketika Nabi Muhammad dilahirkan










6 × 35 menit

1.  Teks cerita kisah Nabi Muhammad SAW
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 3
3.  Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan
4.  Kaset/CD tentang kisah-kisah  Nabi
5.  Alquran
6.  Pengalaman guru
7.  Lingkungan sekitar










2.   Menyebutkan nasab/keturu nan Nabi Muhammad



Tes lisan






Jawaban singkat






Sebutkan nasab/keturunan Nabi Muhammad dari garis ayahnya!


3.3. Menceritakan perilaku  masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

Kisah Nabi Muhammad SAW

1.   Melalui forum Tanya jawab dan diskusi, siswa menjelaskan perilaku Nabi Muhammad di waktu kanak-kanak berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan guru


1.   Menjelaskan perilaku Nabi Muhammad di waktu kanak-kanak


Tes lisan

Essay

Jelaskan bagaimana kehidupan Nabi Muhammad setelah kedua orang tuanya meninggal?


1.  Teks cerita Nabi Muhammad SAW
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 3
3.  Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar









SILABUS
Lampiran 4       
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar Kompetensi (Akhlak) : 4. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS

Kisah Nabi Adam AS

1.  Siswa melalui forum diskusi secara berkelompok dan individu mengemukakan pendapatnya mengenai taubatnya Nabi Adam AS yang patut diteladani


1.   Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS



Tes tulis


Jawaban singkat

Tulislah doa taubatnya Nabi Adam AS!

3 × 35 menit


1. Teks cerita kisah Nabi Adam AS
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 4
3. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar


4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

Kisah Nabi Muhammad SAW

1.   Siswa secara klasikal, kelompok dan individu menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad dan mengemukakan pendapatnya tentang sifat-sifat dan perilaku Nabi Muhammad  yang patut  diteladani melalui forum diskusi kelompok

1.   Menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad








Tes tulis










Pilihan ganda










Yang bukan merupakan sifat-sifat Nabi Muhammad adalah . . ..
a.  jujur
b.  dipercaya
c.  kikir
d.  pemurah


3 × 35 menit

1. Teks cerita kisah Nabi Adam AS
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 4
3. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar


2.   Meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad

Tes tulis

Jawaban singkat

Bolehkah kita menolong orang yang berlainan agama?






SILABUS
Lampiran 5       
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1
Standar Kompetensi (Fiqih) : 5. Mengenal ketentuan-ketentuan salat

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Menyebutkan rukun salat

Ketentuan salat

1.   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian rukun salat, dan berlatih menjelaskan pengerian rukun salat, serta secara klasikal, kelompok dan individu menyebutkan rukun salat dan bacaan salat dengan berurutan

1.  Menjelaskan pengertian rukun salat

Tes tulis

Essay

Apakah yang dimaksud dengan rukun salat?

3 × 35 menit


1. Gambar peraga keserasian gerakan dan bacaan salat pada karton
2. Tulisan rukun –rukun salat di karton
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 5
5. Alquran (Juz Amma)
6. Kaset/CD gerakan dan bacaan salat
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar


2.  Menunjukkan bacaan salat dengan benar

Tes tulis

Jawaban singkat

Sebutkan bacaan-bacaan salat dengan berurutan!

5.2 Menyebutkan sunah salat


Ketentuan salat

1.   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian sunah salat, dan berlatih menjelaskan definisi sunah salat, serta secara klasikal, kelompok dan individu menyebutkan sunah salat yang berupa gerakan (fi’liyah) dan perkataan (qauliyah)

1. Menjelaskan pengertian sunah salat

Tes tulis

Essay

Jelaskan pengertian sunah salat yang telah kamu pelajari!

3 × 35 menit


1.  Gambar peraga keserasian gerakan dan bacaan salat pada karton
2.  Tulisan sunah-sunah salat di karton
3.  Buku tata cara salat
4.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4, NTR Esis bab 5
5.  Alquran (Juz Amma)
6.  Kaset/CD gerakan dan bacaan salat
7.  Pengalaman guru
8.  Lingkungan sekitar

2.  Menyebutkan sunah qauliyah dan fi’liyah salat

Tes tulis

Jawaban singkat

Sebutkan 3 macam sunah salat yang berupa gerakan (fi’liyah)!

5.3. Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib salat

















Ketentuan salat





















1.   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian syarat sah dan syarat wajib salat, dan berlatih menjelaskan pengertiannya,  serta menyebutkan syarat wajib dan syarat sah salat secara klasikal, kelompok dan individu
2.   Siswa melalui forum diskusi dan tanya  jawab membedakan antara rukun, sunah, dan syarat sah salat







1.  Menjelaskan pengertian syarat sah salat

Tes tulis

Essay

Apakah yang dimaksud dengan syarat sah salat?

3 × 35 menit










1. Gambar peraga keserasian gerakan dan bacaan salat pada karton
2. Tulisan syarat sah salat di karton
3.  Buku tata cara salat
4.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4, NTR Esis bab 5
5. Aluqran (Juz Amma)
6. Kaset/CD gerakan dan bacaan salat
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar










2. Menyebutkan syarat wajib salat dan syarat sah salat

Tes tulis

Jawaban singkat

Sebutkan tiga syarat sah salat!

3.  Membedakan antara rukun, sunah dan syarat sah salat





Tes tulis








Pilihan ganda








Yang harus dikerjakan dalam salat dinamakan . . .
a.  syarat sah salat
b.  sunah salat
c.  rukun salat
d.  pembatal salat

5.4  Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat












Ketentuan salat

1.   Siswa menyebutkan hal-hal yang  membatalkan salat dan berlatih menunjukkan contoh salat yang batal melalui forum Tanya jawab dengan guru

1.  Menyebutkan hal yang membatalkan salat



Tes tulis







Jawaban singkat






Sebutkan tiga hal yang membatalkan salat!



3 x 35 menit















1. Gambar peraga keserasian gerakan dan bacaan salat pada karton
2. Tulisan hal-hal yang   membatalkan salat
3.  Buku tata cara salat
4.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis halaman
5.  Alquran (Juz Amma)
6.  Kaset/CD gerakan dan bacaan salat
7.  Pengalaman guru
8.  Lingkungan sekitar

2.  Menunjukkan contoh salat yang batal


Tes tulis

Pilihan ganda

Buang angin (kentut) termasuk hadas . . ..
a.  besar   
b.  sedang
c.  kecil    
d.  berat
Latihan
Semester I







2 x 35 menit





SILABUS
Lampiran 6       
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2
Standar Kompetensi (Alquran) : 6. Membaca surah-surah Alquran

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Membaca surah Al Kausar dengan lancar

Surah Al Kausar

1. Siswa melafakkan surah Al Kausar secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan instruksi yang di berikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacan yang  ada di surah  Al  Kausar
2. Siswa mengartikan surah Al Kausar dan mengkaji isi pokok kandungannya
3. Siswa menghafal surah Al Kausar secara klasikal, kelompok dan individu
4. Siswa berlatih menyalin ayat dan kalimat Al quran  dalam surah Al Kausar secara individu

1. Melafalkan surah Al Kausar dan makhraj yang benar

Tes lisan





Pelafalan





Lafalkan surah Al Kausar!




6 × 35 menit


1. Teks lafal surah Al Kausar beserta artinya di karton atau papan tulis
2. Buku Tajwid
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 6
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset/CD Alquran
6. Pengalaman guru


2. Menerapkan hukum bacaan pada surah Al Kausar



Tes lisan






Pelafalan






Bacalah surah Al Kausar sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar!

3.  Mengartikan surah Al Kausar


Tes tulis




Jawaban singkat




Apakah arti ayat
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ؟


4.  Menghafal surah Al Kausar


Tes lisan




Hafalan




Hafalkan surah Al Kausar!



5.  Menyalin ayat dan kalimat Al quran









Tes tulis

Jawaban singkat
ان شانئك هوالابتر
Salinlah dan berilah tanda baca yang sesuai dengan ayat di atas!

6.2 Membaca surah An Nasr dengan lancar

Surah An Nasr

1.   Siswa melafalkan surah An Nasr secara klasikal,  kelompok dan individu berdasarkan
      instruksi yang diberikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada di surah An Nasr

2.  Siswa mengartikan surah An Nasr mengkaji isi pokok kandungannya

3.  Siswa menghafal surah An Nasr secara klasikal, kelompok dan individu

4.  Siswa  berlatih menyalin  ayat dan kalimat Alquran  dalam surah An Nasr secara individu

1.   Melafalkan surah An Nasr dengan harakat dan
      makhraj yang benar






Tes lisan











Pelafalan











Lafalkan Surah An Nasr










6 × 35 menit


1. Teks lafal surah An Nasr beserta artinya di karton atau papan tulis
2.  Buku Tajwid
3.  Buku Pendidikan Agama Islam
    Jilid 4 NTR Esis bab 6
4.  Alquran (Juz Amma)
5.  Kaset/CD Alquran
6.  Pengalaman guru


2.  Menerapkan hukum bacaan pada surah An Nasr


Tes lisan





Pelafalan





Bacalah surah An Nasr sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar!

3.   Mengartikan surah An Nasr



Tes tulis




Jawaban singkat




Apa arti  kalimat,
نَصْرُاللَّهِ وَالْفَتْحُ؟


4.   Menghafalkan surah An Nasr



Tes lisan




Hafalan




Hafalkan surah An Nasr



5.   Menyalin ayat dan kalimat Alquran

Tes Tulis

Jawaban singkat
فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ
Salinlah dan berilah tanda baca yang sesuai dengan ayat di atas!

6.3 Membaca surah Al Asr dengan lancar

Surah Al Asr

1.  Siswa melafalkan surah Al Asr secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan instruksi yang diberikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada di surah Al Asr


2.  Siswa mengartikan surah Al Asr dan mengkaji isi pokok kandungannya

3.  Siswa menghafal surah Al Asr secara klasikal, kelompok dan individu

4.  Siswa berlatih menyalin ayat dan kalimat Alquran secara individu

1.   Melafalkan surah Al Asr dengan harakat dan makhraj yang benar





2.  Menerapkan hukum bacaan pada surah Al Asr


Tes lisan










Tes lisan





Pelafalan










Pelafalan





Lafalkan surah Al Asr!









Bacalah surah Al Asr sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar!


6 × 35 menit


1.  Teks lafal surah Al Asr beserta artinya di karton atau papan tulis
2.  Buku Tajwid
3.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 6
4.  Alquran (Juz Amma)
5.  Kaset/CD Alquran
6.  Pengalaman guru


3. Mengartikan surah Al Asr



Tes tulis




Jawaban singkat




Apa arti kalimat,
اِنَّ اْلاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرِِ؟


4.  Menghafalkan surah Al Asr



Tes lisan




Hafalan




Hafalkan surah Al Asr!



5.   Menyalin ayat dan kalimat Alquran


Tes tulis

Jawaban singkat

وَ ع
Salinlah surah Al Asr dengan benar!


















SILABUS
Lampiran 7       
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2­­­­
Standar Kompetensi (Aqidah) : 7. Mengenal malaikat dan tugasnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Menjelaskan pengertian malaikat

Malaikat Allah

1.  Siswa mengemukakan pendapat tentang pengertian malaikat dan kejadian  malaikat melalui forum diskusi dan Tanya jawab dengan teman-temannya

1.   Menjelaskan pengertian malaikat

Tes tulis

Essay

Apa yang dimaksud malaikat adalah makhluk gaib?

3 × 35 menit


1. Tulisan nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 7
3.  Buku-buku lain yang relevan
4.  Alquran (Juz Amma)
5.  Pengalaman guru
6.  Lingkungan sekitar

2.   Menjelaskan kejadian malaikat

Tes tulis

Jawaban singkat

Dari apakah malaikat diciptakan Allah?


7.2 Menyebutkan nama-nama malaikat



















7.3 Menyebutkan tugas-tugas malaikat






Malaikat Allah





















Malaikat Allah








1.   Siswa menyebutkan jumlah  malaikat, menyebutkan nama-nama malaikat dan selanjutnya menghafal nama-nama malaikat secara klasikal, kelompok dan individu














1.   Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan guru tentang  tugas-tugas  malaikat, kemudian siswa menghafal tugas-tugas 10 malaikat secara klasikal, kelompok dan individu







1.   Menyebutkan jumlah malaikat







Tes tulis









Jawaban singkat









Berapakah jumlah malaikat yang wajib diketahui?







3 × 35 menit





















3 × 35 menit

1. Tulisan nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 7
3.  Buku-buku lain yang relevan
4.  Alquran (Juz Amma)
5.  Pengalaman guru
6.  Lingkungan guru














1. Tulisan nama-nama malaikat dan tugas-tugas-Nya
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 7
3.  Buku-buku lain yang releven
4.  Alquran (Juz Amma)
5.  Pengalaman guru
6.  Lingkungan sekitar






2.  Menghafal nama-nama malaikat









1.   Mengetahui tugas-tugas malaikat









Tes lisan











Tes tulis











Hafalan











Pilihan ganda











Hafalkan 10 nama-nama malaikat!









Yang bertugas menyampaikan wahyu kepada Nabi/Rasul adalah malaikat . . .
a.  Jibril
b.  Mikail
c.  Israfil
d.  izrail


2.   Menghafal tugas-tugas 10 malaikat






Tes tulis

Hafalan

Hafalkan tugas-tugas 10 malaikat!






















SILABUS
Lampiran 8       
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2­­­­
Standar Kompetensi (Tarikh) : 8. Menceritakan kisah Nabi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1 Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS

Nabi Ibrahim AS

1.  Siswa  mengemukakan pendapatnya menjelaskan tentang kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuannya, kisah Nabi Ibrahim AS dengan raja Namrud, kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian dari Allah dan meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim melalui forum diskusi dan Tanya jawab berdasarkan penjelasan guru dan bacaan referensi acuan.

1.   Menjelaskan kisah Nabai Ibrahim AS dengan orang tuanya


Tes tulis






Jawaban singkat






Siapakah nama ayah Nabi Ibrahim AS?




3 × 35 menit


1. Teks kisah Nabi Ibrahim AS
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 8
3.  Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan
4. Kaset/CD tentang kisah Nabi Ibrahim AS
5.  Alquran (Juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar


2.   Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan raja Namrud



Tes tulis







Jawaban singkat







Mengapa raja Namrud mengeluarkan perintah membunuh setiap bayi laki-laki?


3.   Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian


Tes tulis





Jawaban singkat





Apa mukjizat Nabi Ibrahim AS?



4.  Meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim



Tes tulis

Essay

Cobaan apa saja yang menimpa Nabi Ibrahim AS?










8.2 Menceritakan kisah Nabi Ismail  AS

Nabi Ismail AS

1.   Siswa mengemukakan pendapatnya menjelaskan tentang kisah Nabi Ismail AS dan menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya melalui forum Tanya jawab dan diskusi berdasarkan penjelasan guru dan bacaan referensi acuan

1.   Menjelaskan kisah Nabi Ismail AS


Tes tulis

Jawaban singkat

Siapakah ayah Nabi Ismail AS?

3 × 35 menit


1. Teks kisah Nabi Ismali AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid I, NTR ESIS  bab 8
3. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan
4. Kaset atau CD tentang kisah Nabi Ismail AS
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar


2.   Menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya


Tes tulis

Jawaban singkat

Bangunan yang dijadikan  kiblat dan di bangun oleh Nabi Ismail dan ayahnya adalah …






















SILABUS
Lampiran 9       
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2­­­­
Standar Kompetensi (Akhlak) : 9. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

9.1 Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS









Nabi Ibrahim AS











1.   Siswa melalui forum diskusi kelompok mengemukakan pendapatnya tentang  ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orang tua dan terhadap Allah  SWT yang patut di teladani




1. Meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orang tua dan terhadap Allah SWT





Tes tulis











Jawaban singkat











Sebutkan 2 manfaat khitan!


3 × 35 menit

1. Teks cerita kisah Nabi Ibrahim AS
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 9
3.  Buku kisah-kisah Nabi  atau buku  lain yang releven
4.  Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5.  Alquran  
6.  Pengalaman guru
7.  Lingkungan sekitar


9.2  Meneladani  perilaku Nabi Ismail AS

Nabi Ismail AS

1.  Siswa melalui forum diskusi kelompok mengemukakan pendapatnya tentang perilaku ketaatan Nabi Ismail terhadap orang tuanya dan Allah SWT serta kesabaran dan ketaatan  Nya dalam kehidupan sehari-hari yang patut diteladani


1. Meneladani perilaku ketaatan Nabi Ismail terhadap orang tuanya dan Allah SWT

Tes tulis


Jawaban singkat




3 × 35 menit

1.  Teks cerita kisah Nabi Ismail AS
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 9
3.  Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan
4.  Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5.  Alquran
6.  Pengalaman guru
7.  Lingkungan sekitar


2.  Meneladani perilaku sabar dan taat dalam kehidupan sehari-hari


Tes tulis

Essay

Bagaimana cara meneladani Nabi Ismail dalam menghormati orang tua?




SILABUS
Lampiran 10     
Sekolah               :   SD _______________
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2­­­­
Standar kompetensi (Fiqih) : 10. Melaksanakan zikir dan doa

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian

Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

10.1   Melaksana kan zikir setelah salat



















Zikir





















1.   Siswa secara klasikal, kelompok dan individu melafalkan bacaan zikir setelah salat, dan selanjutnya menghafal bacaan zikir setelah salat
2.  Siswa mengartikan bacaan zikir berdasarkan bimbingan dan petunjuk guru dan selanjutnya berlatih mengartikan secara individual










1. Melafalkan bacaan zikir setelah salat


Tes lisan



Pelafalan



Lafalkan bacaan zikir sederhana setelah salat


3 × 35menit


















1. Teks lafal zikir di karton
2.  Teks lafal doa di karton
3.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 10
4.  Buku kisah-kisah Nabi  atau buku  lain yang releven
5.  Kaset/CD tentang kumpulan zikir dan doa
5.  Pengalaman guru
6.  Lingkungan sekitar











2. Menghafal bacaan zikir setelah salat

Tes lisan


Hafalan

Hafalkan bacaan zikir setelah salat!

3.  Mengartikan bacaan zikir setelah salat


Tes tulis




Jawaban singkat






4. Menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat


Tes lisan





Pelafalan





Tulislah bacaan tahmid dengan lengkap!



10.2  Membaca doa setelah salat







Doa

1. Siswa secara klasikal, kelompok dan individu melafalkan bacaan doa setelah salat dan berlatih memahami arti doa berdasarkan bimbingan dan petunjuk guru,  serta menghafal doa pendek setelah salat


1.  Melafalkan bacaan doa setelah salat



Tes lisan


Pelafalan


Lafalkan 3 doa yang dibaca setelah salat!

3 x 35 menit









1.  Teks lafal doa di karton
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 10
3.  Buku- buku  lain yang releven
4.  Kaset/CD tentang kumpulan zikir dan doa
5.  Pengalaman guru
6.  Lingkungan sekitar
Latihan Semeter 2






2x 35 menit


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar