SILABUS
Lampiran 1
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
1V
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi
(Alquran) : 1. Membaca surah-surah Alquran
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Membaca surah
Al Fatihah dengan lancar
|
Surah Al Fatihah
|
1.
Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan
individu berdasarkan instruksi yang di berikan guru dengan menerapkan
harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada di surah Al Fatihah
2.
Siswa mengartikan dan mengkaji
kandungan surah Al Fatihah serta kemudian menyebutkan isi pokok surah
Al Fatihah
3.
Siswa menulis kata dan kalimat surah Al Fatihah
|
1.
Melafalkan surah Al Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan surah Al
Fatihah!
|
6 × 35 menit
|
1.
Tulisan surah Al Fatihah beserta artinya di karton
2.
Tuliskan definisi hukum-hukum bacaan di karton
3.
Buku pendidikan agama Islam jilid 4 NTR Esis bab
1
4.
Buku tajwid
5.
Buku-buku lain yang relevan
6.
Kaset/CD Alquran tentang surah Al Fatihah
7.
Pengalaman guru
|
2.
Menerapkan hukum bacaan yang ada di surah Al Fatihah (bacaan alif lam
dan izhar)
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Bacalah surah Al Fatihah sesuai dengan makhraj harakat dan hukum bacaan
yang benar!
|
|||||
3. Mengartikan surah Al Fatihah dengan benar
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa arti kalimat (ayat)
اِهْدِنَالصِّرَاطَالْمُسْتَقِيْمَ؟
|
|||||
4. Menulis kata dan kalimat surah Al Fatihah
dengan benar
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
اياك نعبد و اياك نستعين
Salinlah lengkap dengan tanda bacanya yang
benar!
|
|||||
5.
Menyebutkan isi pokok surah Al Fatihah
|
Tes tulis
|
Essay
|
Sebutkan isi pokok dari ayat ke-2
surah Al Fatihah!
|
|||||
1.2 Membaca surah Al Ikhlas dengan lancar
|
Surah Al Ikhlas
|
1
Siswa melafalkan surah Al Ikhlas secara klasikal, kelompok dan
individu berdasarkan instruksi yang diberikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada di surah Al Ikhlas
2.
Siswa mengartikan dan mengkaji kandungan surah Al Ikhlas, serta
kemudian menyebutkan isi pokok surah Al Ikhlas
3.
Siswa menulis kata dan kalimat surah Al ikhlas
|
1.
Melafalkan surah Al Ikhlas dengan harakat dan makhraj yang benar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan surah Al Ikhlas dengan harakat dan makhraj yang benar!
|
6 × 35 menit
|
1. Tulisan surah Al Ikhlas beserta artinya
di karton
2. Tulisan definisi hukum-hukum bacaan di
karton
3. Buku pendidikan
agama Islam jilid 4, NTR Esis
bab 1
4.
Buku Tajwid
5.
Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset/CD Alquran tentang surah Al
Ikhlas
7. Pengalaman guru
|
2.
Menerapkan hukum bacaan yang ada di surah Al Ikhlas (bacaan qalqalah
dan idgam)
|
Tes Lisan
|
Pelafalan
|
Bacalah surah Al
Ikhlas sesuai dengan makhraj harakat dan hukum bacaan yang benar!
|
|||||
3. Mengartikan surah Al ikhlas dengan benar
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa arti ayat
لََمْ يَلِدْ وَ لَمْ
يُوْلَدْ؟
|
|||||
4. Menulis kata dan kalimat surah Al Ikhlas
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
ولم يكن له كفوا احد
Salinlah lengkap dengan tanda bacanya!
|
SILABUS
Lampiran 2
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
IV
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi
(Aqidah) : 2. Mengenal sifat jaiz Allah SWT
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1
Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
|
Sifat-sifat Allah
|
1.
Siswa mengemukakan pendapatnya menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi
Allah SWT melalui forum diskusi dan menyebutkan sifat jaiz bagi Allah SWT
secara klasikal, kelompok dan individu
|
1.
Menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apakah definisi
sifat jaiz bagi Allah SWT itu?
|
3 × 35 menit
|
1. Tulisan sifat jaiz bagi Allah SWT di
karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 4, NTR ESIS bab 2
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Alquran (Juz Amma)
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
2.
Menyebutkan sifat jaiz bagi Allah SWT
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sifat jaiz bagi
Allah ada satu, sebut
|
|||||
2.
Mengartikan sifat jaiz Allah SWT
|
SIfat-sifat Allah
|
1.
Siswa menunjukkan contoh sifat
jaiz bagi Allah SWT.
Siswa mengartikan sifat jaiz bagi Allah SWT secara klasikal dan
individu, mengkaji dan membahas sifat
jaiz dan sifat mustahil jaiznya serta membandingkannya dengan sifat wajib dan
sifat mustahil Allah SWT melalui forum Tanya jawab dan diskusi
|
1.
Menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT
|
Tes lisan
|
Pilihan ganda
|
Semua yang
terjadi terhadap makhluknya-Nya adalah ketentuan…
a. Allah SWT
b. Malaikat
c. Nabi/ Rasul
d. Manusia!
|
3 × 35 menit
|
1. Tulisan sifat jaiz bagi Allah SWT beserta
artinya di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 4, NTR ESIS bab 2
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Alquran (Juz Amma)
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
2.
Membedakan sifat jaiz, sifat wajib dan sifat mustahil Allah SWT
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
Disebut sifat
apakah hak mutlak Allah SWT?
|
SILABUS
Lampiran 3
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
1V
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi
(Akhlak) : 3. Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.2 Menceritakan kisah Nabi Adam AS
|
Kisah Nabi Adam
AS
|
1.
Melalui forum Tanya jawab dan diskusi, siswa menceritakan kembali
tentang asal mula Nabi Adam AS ketika menjadi manusia dan Nabi pertama
berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan guru
2.
Melalui forum Tanya jawab dan diskusi siswa menceritakan kembali
kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga, dan sebab Nabi Adam dikeluarkan dari
surga berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan guru
|
1.
Menjelaskan asal kejadian Nabi Adam AS
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Allah menciptakan Nabi Adam AS dari apa?
|
3 × 35 menit
|
1. Teks kisah Nabi Adam AS
2. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 4, NTR ESIS bab 3
3. Buku kisah Nabi Adam atau buku-buku
lain yang relevan
4.
Kaset atau CD tentang
kisah-kisah Nabi
5.
Alquran
6.
Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2.
Menjelaskan Nabi Adam AS sebagai manusia dan Nabi yang pertama
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa tugas Nabi
Adam dimuka bumi?
|
|||||
3.
Menjelaskan kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Buah apakah yang
dilarang oleh Allah untuk dimakan Adam
dan Hawa?
|
|||||
4. Menjelaskan sebab Nabi Adam AS dikeluarkan
dari surga
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Siapakah yang
membujuk Hawa untuk memakan buah khuldi?
|
|||||
3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi
Muhammad SAW
|
Kisah Nabi
Muhammad SAW
|
1.
Melalui forum Tanya jawab dan diskusi,
siswa menceritakan kembali peristiwa kelahiran Nabi Muhammad dan menyebutkan nasab/ keturuan Nabi
berdasarkan bacaan referensidan penjelasan guru
|
1.
Menjelaskan peristiwa kelahiran Nabi Muhammad
|
Tes lisan
|
Essay
|
Peristiwa apakah
yang terjadi ketika Nabi Muhammad dilahirkan
|
6 × 35 menit
|
1. Teks cerita kisah Nabi Muhammad SAW
2. Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 4 NTR Esis bab 3
3. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang
relevan
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan nasab/keturu nan Nabi Muhammad
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan nasab/keturunan Nabi Muhammad dari garis ayahnya!
|
|||||
3.3. Menceritakan
perilaku masa kanak-kanak Nabi
Muhammad SAW
|
Kisah Nabi
Muhammad SAW
|
1.
Melalui forum Tanya jawab dan diskusi, siswa menjelaskan perilaku Nabi
Muhammad di waktu kanak-kanak berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan
guru
|
1. Menjelaskan perilaku Nabi Muhammad di
waktu kanak-kanak
|
Tes lisan
|
Essay
|
Jelaskan
bagaimana kehidupan Nabi Muhammad setelah kedua orang tuanya meninggal?
|
|
1. Teks cerita Nabi Muhammad SAW
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR
Esis bab 3
3. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang
relevan
4.
Kaset/CD tentang kisah-kisah nabi
5. Alquran
6.
Pengalaman guru
7.
Lingkungan sekitar
|
SILABUS
Lampiran 4
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
1V
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi
(Akhlak) : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi
Adam AS
|
Kisah Nabi Adam
AS
|
1. Siswa melalui forum diskusi secara
berkelompok dan individu mengemukakan pendapatnya mengenai taubatnya Nabi
Adam AS yang patut diteladani
|
1. Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Tulislah doa taubatnya Nabi Adam AS!
|
3 × 35 menit
|
1. Teks cerita kisah Nabi Adam AS
2. Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 4 NTR Esis bab 4
3. Buku kisah Nabi atau
buku-buku lain yang relevan
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak
Nabi Muhammad SAW
|
Kisah Nabi
Muhammad SAW
|
1.
Siswa secara klasikal, kelompok dan individu menyebutkan sifat-sifat
Nabi Muhammad dan mengemukakan pendapatnya tentang sifat-sifat dan perilaku
Nabi Muhammad yang patut diteladani melalui forum diskusi kelompok
|
1.
Menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Yang bukan merupakan sifat-sifat Nabi Muhammad adalah
. . ..
a. jujur
b. dipercaya
c. kikir
d. pemurah
|
3 × 35 menit
|
1. Teks cerita kisah Nabi Adam AS
2. Buku
Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 4
3. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain
yang relevan
4. Kaset/CD tentang
kisah-kisah Nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Bolehkah kita menolong orang yang berlainan
agama?
|
SILABUS
Lampiran 5
Sekolah : SD _______________
Kelas : 1V
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Semester : 1
Standar
Kompetensi (Fiqih) : 5. Mengenal
ketentuan-ketentuan salat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Menyebutkan rukun salat
|
Ketentuan salat
|
1.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian rukun salat, dan
berlatih menjelaskan pengerian rukun salat, serta secara klasikal, kelompok
dan individu menyebutkan rukun salat dan bacaan salat dengan berurutan
|
1.
Menjelaskan pengertian rukun salat
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apakah yang dimaksud dengan rukun salat?
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar peraga keserasian gerakan dan
bacaan salat pada karton
2. Tulisan rukun –rukun salat di karton
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 4 NTR Esis bab 5
5. Alquran (Juz Amma)
6. Kaset/CD gerakan dan bacaan salat
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
2.
Menunjukkan bacaan salat dengan benar
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan
bacaan-bacaan salat dengan berurutan!
|
|||||
5.2 Menyebutkan sunah salat
|
Ketentuan salat
|
1.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian sunah salat, dan
berlatih menjelaskan definisi sunah salat, serta secara klasikal, kelompok
dan individu menyebutkan sunah salat yang berupa gerakan (fi’liyah) dan
perkataan (qauliyah)
|
1. Menjelaskan pengertian sunah salat
|
Tes tulis
|
Essay
|
Jelaskan
pengertian sunah salat yang telah kamu pelajari!
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar peraga keserasian gerakan dan bacaan
salat pada karton
2. Tulisan sunah-sunah salat di karton
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4, NTR Esis bab 5
5. Alquran (Juz Amma)
6. Kaset/CD gerakan dan bacaan salat
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan sunah qauliyah dan fi’liyah
salat
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan 3 macam sunah salat yang berupa gerakan
(fi’liyah)!
|
|||||
5.3. Menyebutkan syarat
sah dan syarat wajib salat
|
Ketentuan salat
|
1.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian syarat sah dan
syarat wajib salat, dan berlatih menjelaskan pengertiannya, serta menyebutkan syarat wajib dan syarat
sah salat secara klasikal, kelompok dan individu
2.
Siswa melalui forum diskusi dan tanya
jawab membedakan antara rukun, sunah, dan syarat sah salat
|
1.
Menjelaskan pengertian syarat sah salat
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apakah yang dimaksud dengan syarat sah salat?
|
3 × 35 menit
|
1. Gambar peraga keserasian gerakan dan
bacaan salat pada karton
2. Tulisan syarat sah salat di karton
3.
Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 4, NTR Esis bab 5
5. Aluqran (Juz Amma)
6. Kaset/CD gerakan dan bacaan salat
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan syarat wajib salat dan
syarat sah salat
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan tiga
syarat sah salat!
|
|||||
3.
Membedakan antara rukun, sunah dan syarat sah salat
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Yang harus
dikerjakan dalam salat dinamakan . . .
a. syarat sah salat
b. sunah salat
c. rukun salat
d. pembatal salat
|
|||||
5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat
|
Ketentuan salat
|
1.
Siswa menyebutkan hal-hal yang
membatalkan salat dan berlatih menunjukkan contoh salat yang batal
melalui forum Tanya jawab dengan guru
|
1. Menyebutkan hal yang membatalkan salat
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan tiga hal yang membatalkan salat!
|
3 x 35 menit
|
1. Gambar peraga
keserasian gerakan dan bacaan salat pada karton
2. Tulisan hal-hal
yang membatalkan salat
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR
Esis halaman
5. Alquran (Juz Amma)
6. Kaset/CD gerakan dan bacaan salat
7.
Pengalaman guru
8.
Lingkungan sekitar
|
2. Menunjukkan contoh salat yang batal
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Buang angin (kentut) termasuk hadas . . ..
a. besar
b. sedang
c. kecil
d. berat
|
|||||
Latihan
Semester I
|
|
|
|
|
|
|
2 x 35 menit
|
|
SILABUS
Lampiran 6
Sekolah : SD _______________
Kelas : 1V
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Semester : 2
Standar
Kompetensi (Alquran) : 6. Membaca
surah-surah Alquran
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1 Membaca surah Al Kausar dengan lancar
|
Surah Al Kausar
|
1. Siswa melafakkan surah Al Kausar secara
klasikal, kelompok dan individu berdasarkan instruksi yang di berikan guru
dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacan yang ada di surah Al
Kausar
2. Siswa mengartikan surah Al Kausar dan
mengkaji isi pokok kandungannya
3. Siswa menghafal surah Al Kausar secara
klasikal, kelompok dan individu
4. Siswa berlatih menyalin ayat dan
kalimat Al quran dalam surah Al Kausar
secara individu
|
1. Melafalkan surah Al Kausar dan makhraj
yang benar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan surah Al Kausar!
|
6 × 35 menit
|
1. Teks lafal surah Al
Kausar beserta artinya di karton atau papan tulis
2. Buku Tajwid
3. Buku
Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 6
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset/CD Alquran
6. Pengalaman guru
|
2. Menerapkan hukum
bacaan pada surah Al Kausar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Bacalah surah Al Kausar sesuai
dengan makhraj dan tanda baca yang benar!
|
|||||
3.
Mengartikan surah Al Kausar
|
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
|
Apakah arti ayat
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ؟
|
|||||
4. Menghafal surah Al Kausar
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan surah Al Kausar!
|
|||||
5.
Menyalin ayat dan kalimat Al quran
|
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
|
ان شانئك هوالابتر
Salinlah dan berilah tanda baca
yang sesuai dengan ayat di atas!
|
|||||
6.2 Membaca surah An Nasr dengan lancar
|
Surah An Nasr
|
1.
Siswa melafalkan surah An Nasr secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan
instruksi yang diberikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan
hukum bacaan yang ada di surah An Nasr
2. Siswa mengartikan surah An Nasr mengkaji
isi pokok kandungannya
3. Siswa menghafal surah An Nasr secara
klasikal, kelompok dan individu
4. Siswa
berlatih menyalin ayat dan
kalimat Alquran dalam surah An Nasr
secara individu
|
1.
Melafalkan surah An Nasr dengan harakat dan
makhraj yang benar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan Surah An
Nasr
|
6 × 35 menit
|
1. Teks lafal surah An Nasr beserta
artinya di karton atau papan tulis
2.
Buku Tajwid
3. Buku Pendidikan Agama
Islam
Jilid 4 NTR Esis bab 6
4.
Alquran (Juz Amma)
5.
Kaset/CD Alquran
6.
Pengalaman guru
|
2. Menerapkan hukum bacaan pada surah An Nasr
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Bacalah surah An Nasr sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar!
|
|||||
3. Mengartikan surah An Nasr
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa arti kalimat,
نَصْرُاللَّهِ
وَالْفَتْحُ؟
|
|||||
4. Menghafalkan surah An Nasr
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan surah An
Nasr
|
|||||
5. Menyalin ayat dan kalimat Alquran
|
Tes Tulis
|
Jawaban singkat
|
فَسَبِّحْ بِحَمْدِ
رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ
Salinlah dan berilah tanda baca yang sesuai dengan ayat di atas!
|
|||||
6.3 Membaca surah Al Asr dengan lancar
|
Surah Al Asr
|
1.
Siswa melafalkan surah Al Asr secara klasikal, kelompok dan individu
berdasarkan instruksi yang diberikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj
dan hukum bacaan yang ada di surah Al Asr
2.
Siswa mengartikan surah Al Asr dan mengkaji isi pokok kandungannya
3.
Siswa menghafal surah Al Asr secara klasikal, kelompok dan individu
4.
Siswa berlatih menyalin ayat dan kalimat Alquran secara individu
|
1.
Melafalkan surah Al Asr dengan harakat dan makhraj yang benar
2.
Menerapkan hukum bacaan pada surah Al Asr
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Pelafalan
Pelafalan
|
Lafalkan surah Al
Asr!
Bacalah surah Al
Asr sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar!
|
6 × 35 menit
|
1.
Teks lafal surah Al Asr beserta artinya di karton atau papan tulis
2.
Buku Tajwid
3. Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 4 NTR Esis bab 6
4.
Alquran (Juz Amma)
5.
Kaset/CD Alquran
6.
Pengalaman guru
|
3. Mengartikan surah Al
Asr
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa arti kalimat,
اِنَّ اْلاِنْسَانَ
لَفِيْ خُسْرِِ؟
|
|||||
4. Menghafalkan surah Al Asr
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan surah Al Asr!
|
|||||
5. Menyalin ayat dan kalimat Alquran
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
وَ ع
Salinlah surah Al
Asr dengan benar!
|
SILABUS
Lampiran 7
Sekolah : SD _______________
Kelas : 1V
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Semester : 2
Standar
Kompetensi (Aqidah) : 7. Mengenal
malaikat dan tugasnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Menjelaskan pengertian malaikat
|
Malaikat Allah
|
1.
Siswa mengemukakan pendapat tentang pengertian malaikat dan
kejadian malaikat melalui forum diskusi
dan Tanya jawab dengan teman-temannya
|
1.
Menjelaskan pengertian malaikat
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang dimaksud malaikat adalah makhluk gaib?
|
3 × 35 menit
|
1. Tulisan nama-nama malaikat dan
tugas-tugasnya
2. Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 4 NTR Esis bab 7
3.
Buku-buku lain yang relevan
4.
Alquran (Juz Amma)
5.
Pengalaman guru
6.
Lingkungan sekitar
|
2.
Menjelaskan kejadian malaikat
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Dari apakah
malaikat diciptakan Allah?
|
|||||
7.2 Menyebutkan nama-nama malaikat
7.3 Menyebutkan tugas-tugas malaikat
|
Malaikat Allah
Malaikat Allah
|
1.
Siswa menyebutkan jumlah
malaikat, menyebutkan nama-nama malaikat dan selanjutnya menghafal
nama-nama malaikat secara klasikal, kelompok dan individu
1.
Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan guru tentang tugas-tugas
malaikat, kemudian siswa menghafal tugas-tugas 10 malaikat secara
klasikal, kelompok dan individu
|
1.
Menyebutkan jumlah malaikat
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Berapakah jumlah
malaikat yang wajib diketahui?
|
3 × 35 menit
3 × 35 menit
|
1. Tulisan nama-nama
malaikat dan tugas-tugasnya
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 7
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Alquran (Juz Amma)
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan guru
1. Tulisan nama-nama
malaikat dan tugas-tugas-Nya
2. Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 4 NTR Esis bab 7
3.
Buku-buku lain yang releven
4.
Alquran (Juz Amma)
5.
Pengalaman guru
6.
Lingkungan sekitar
|
2.
Menghafal nama-nama malaikat
1. Mengetahui tugas-tugas malaikat
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Hafalan
Pilihan ganda
|
Hafalkan 10 nama-nama
malaikat!
Yang bertugas menyampaikan wahyu
kepada Nabi/Rasul adalah malaikat . . .
a.
Jibril
b.
Mikail
c.
Israfil
d.
izrail
|
|||||
2. Menghafal tugas-tugas 10 malaikat
|
Tes tulis
|
Hafalan
|
Hafalkan
tugas-tugas 10 malaikat!
|
SILABUS
Lampiran 8
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
1V
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar Kompetensi
(Tarikh) : 8. Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1 Menceritakan kisah Nabi
|
Nabi
|
1.
Siswa mengemukakan pendapatnya
menjelaskan tentang kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuannya, kisah Nabi
Ibrahim AS dengan raja Namrud, kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian dari
Allah dan meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim melalui
forum diskusi dan Tanya jawab berdasarkan penjelasan guru dan bacaan
referensi acuan.
|
1.
Menjelaskan kisah Nabai Ibrahim AS dengan orang tuanya
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Siapakah nama ayah Nabi
|
3 × 35 menit
|
1. Teks kisah Nabi
2. Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 4 NTR Esis bab 8
3.
Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan
4. Kaset/CD tentang kisah Nabi
5.
Alquran (Juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan
raja Namrud
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Mengapa raja Namrud mengeluarkan perintah membunuh
setiap bayi laki-laki?
|
|||||
3. Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam
menghadapi ujian
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa mukjizat Nabi
|
|||||
4.
Meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim
|
Tes tulis
|
Essay
|
Cobaan apa saja yang menimpa Nabi
|
|||||
8.2 Menceritakan kisah Nabi
|
Nabi
|
1.
Siswa mengemukakan pendapatnya menjelaskan tentang kisah Nabi Ismail
AS dan menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya melalui
forum Tanya jawab dan diskusi berdasarkan penjelasan guru dan bacaan
referensi acuan
|
1.
Menjelaskan kisah Nabi
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Siapakah ayah
Nabi
|
3 × 35 menit
|
1. Teks kisah Nabi
2. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid I, NTR ESIS bab 8
3. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain
yang relevan
4. Kaset atau CD tentang kisah Nabi
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2.
Menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Bangunan yang
dijadikan kiblat dan di bangun oleh
Nabi Ismail dan ayahnya adalah …
|
SILABUS
Lampiran 9
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
1V
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar Kompetensi
(Akhlak) : 9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.1 Meneladani perilaku Nabi
|
Nabi
|
1.
Siswa melalui forum diskusi kelompok mengemukakan pendapatnya
tentang ketaatan Nabi Ibrahim terhadap
orang tua dan terhadap Allah SWT yang
patut di teladani
|
1. Meneladani ketaatan Nabi Ibrahim
terhadap orang tua dan terhadap Allah SWT
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan 2 manfaat khitan!
|
3 × 35 menit
|
1. Teks cerita kisah Nabi
2. Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 4 NTR Esis bab 9
3.
Buku kisah-kisah Nabi atau buku
lain yang releven
4.
Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5.
Alquran
6.
Pengalaman guru
7.
Lingkungan sekitar
|
9.2 Meneladani
perilaku Nabi Ismail AS
|
Nabi
|
1.
Siswa melalui forum diskusi kelompok mengemukakan pendapatnya tentang
perilaku ketaatan Nabi Ismail terhadap orang tuanya dan Allah SWT serta
kesabaran dan ketaatan Nya dalam kehidupan
sehari-hari yang patut diteladani
|
1. Meneladani perilaku
ketaatan Nabi Ismail terhadap orang tuanya dan Allah SWT
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
|
3 × 35 menit
|
1.
Teks cerita kisah Nabi
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR
Esis bab 9
3. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang
relevan
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2.
Meneladani perilaku sabar dan taat dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
|
Essay
|
Bagaimana cara meneladani Nabi Ismail
dalam menghormati orang tua?
|
SILABUS
Lampiran 10
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
1V
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar kompetensi
(Fiqih) : 10. Melaksanakan zikir dan doa
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
10.1
Melaksana
|
Zikir
|
1.
Siswa secara klasikal, kelompok dan individu melafalkan bacaan zikir
setelah salat, dan selanjutnya menghafal bacaan zikir setelah salat
2.
Siswa mengartikan bacaan zikir berdasarkan bimbingan dan petunjuk guru
dan selanjutnya berlatih mengartikan secara individual
|
1. Melafalkan bacaan zikir setelah salat
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan bacaan zikir sederhana setelah
salat
|
3 × 35menit
|
1. Teks lafal zikir di karton
2.
Teks lafal doa di karton
3. Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 4 NTR Esis bab 10
4.
Buku kisah-kisah Nabi atau
buku lain yang releven
5.
Kaset/CD tentang kumpulan zikir dan doa
5.
Pengalaman guru
6.
Lingkungan sekitar
|
2. Menghafal bacaan zikir setelah salat
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan bacaan zikir setelah
salat!
|
|||||
3.
Mengartikan bacaan zikir setelah salat
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
|
|||||
4. Menerapkan
bacaan zikir setiap selesai salat
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Tulislah bacaan tahmid
dengan lengkap!
|
|||||
10.2
Membaca doa setelah salat
|
Doa
|
1. Siswa secara
klasikal, kelompok dan individu melafalkan bacaan doa setelah salat dan
berlatih memahami arti doa berdasarkan bimbingan dan petunjuk guru, serta menghafal doa pendek setelah salat
|
1. Melafalkan bacaan doa setelah salat
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan 3 doa yang dibaca
setelah salat!
|
3 x 35 menit
|
1. Teks lafal doa di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR
Esis bab 10
3. Buku- buku
lain yang releven
4. Kaset/CD tentang kumpulan zikir dan doa
5.
Pengalaman guru
6.
Lingkungan sekitar
|
Latihan Semeter 2
|
|
|
|
|
|
|
2x 35 menit
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar