|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR
KELAS 1
TEMA : LINGKUNGAN RUMAH
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SARANA DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
(PKn)
Menjelaskan pentingnya hidup sehat setiap hari.
|
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
|
§ Menayangkan
gambar.
§ Mengajak semua siswa mengamati gambar.
§ Bertanya jawab tentang makna gambar.
§ Berdiskusi membahas bentuk di lingkungan rumah.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
|
2 minggu
|
§ Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA,
PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006.
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan
Pendekatan.
§ Tematik untuk Kelas 1A..
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS.
§ Buku lain yang relevan.
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan,
Agama.
§ Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan
masyarakat) yang relevan dengan tema.
|
§ Penilaian tingkah laku.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Penilaian Lisan.
§ Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca.
§ Mengamati
aktivitas siswa lain yang tidak
sedang belajar membaca.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam.
mengidentifikasi benda-benda di rumah.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi barang-barang. dalam gambar
§ Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita
di depan kelas.
|
(IPS)
Menceritakan kehidupan bertetangga.
|
§ Menjelaskan hidup rukun bertetangga.
§ Mengidentifikasi ruang dalam rumah.
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
|
§ Menayangkan
gambar.
§ Mengajak
semua siswa mengamati gambar.
§ Bertanya jawab tentang makna gambar.
§ Mendiskusikan kasih sayang dalam keluarga.
§ Mengidentifikasi
ruang dalam rumah.
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
|
|||
Mendengarkan
Membedakan berba ai bunyi/suara serta bunyi bahasa (BI A).
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan atau perintah petunjuk sederhana (BI A).
Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi
anggota tubuh dengan kalimat sederhana (BI
B).
Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat (BI C).
|
§ Melafal
bunyi bahasa secara tepat.
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi
yang didengarkan.
§ Menentukan nama benda-benda yang dideskripsikan guru
sesuai dengan ciri-ciri fisiknya.
§ Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
§ Menyebutkan ciri-ciri fisik benda-benda di sekitar
(nama, bentuk, warna, bahan dll) menggunakan kalimat sederhana dan kosakata
yang sudah dikuasai.
§ Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata,
kata, dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi
kalimat dalam paragraf serta
menggunakan lafal dan intonasi yang tepat sehingga dapat dipahami orang lain.
|
§ Menyimak
perintah guru.
§ Bertanya jawab tentang sesuatu yang tidak dimengerti.
§ Melafal
bunyi bahasa secara tepat.
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi
yang didengarkan.
§ Menentukan nama benda-benda yang dideskripsikan guru
sesuai dengan ciri-ciri fisiknya.
§ Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
§ Menyebutkan ciri-ciri fisik benda-benda di sekitar
(nama, bentuk, warna, bahan dll) menggunakan kalimat sederhana dan kosakata
yang sudah dikuasai.
§ Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata,
kata, dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi
kalimat dalam paragraf serta
menggunakan lafal dan intonasi yang tepat sehingga dapat dipahami orang lain.
|
|||
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf (BI D).
Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan
gambar (BI D).
|
§ Membacakan
penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
§ Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran dan bentuk huruf.
§ Menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dari
buku atau papan tulis dengan benar.
|
§ Membacakan
penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
§ Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran dan bentuk huruf.
§ Menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dari
buku atau papan tulis dengan benar.
|
|
|
Mengumpulkan dan menilai gambar buatan siswa
|
|
§ Menyalin atau mencontoh kalimat dari buku atau papan
tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulisnya.
§ Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan
benar dapat dapat dibaca oleh orang lain.
|
§ Menyalin atau mencontoh kalimat dari buku atau papan
tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulisnya.
§ Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan
benar dapat dapat dibaca oleh orang lain.
|
|
|
Penilaian
Lisan
§ Mengumpulkan
dan menilai hasil pekerjaan siswa, terutama dalam mengungkapkan alasan
memilih gambar.
§ Mengamati
dan menilai cara siswa membaca.
|
Seni Rupa: Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada
alam sekitar rumah.
Seni Musik:
Melafalkan lagu anak-anak.
Seni Tari: Menari
dan melaksanakan gerak di tempat.
|
§ Menentukan sumber bunyi
dari tepukan tangan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
|
§ Menyimak
penjelasan guru.
§ Melaksanakan
perintah guru.
§ Menentukan sumber bunyi
dari tepukan tangan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan
gerakan/tepukan.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
|
|
|
Penilaian tingkah laku
§ Mengamati dan menilai sikap dan perilaku siswa dengan
menggunakan format pengamatan, siswa yang aktif dan yang tidak penilaian
portofolio.
§ Mengumpulkan dan
menilai tugas siswa dalam melengkapi kata.
|
IPA A
Makhluk
Hidup Dan Proses Kehidupan
Mengidentifikasi lingkungan rumah yang sehat.
Benda dan Sifatnya
Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
|
§ Mengidentifikasi macam-macam bentuk benda.
§ Menjelaskan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan
kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
§ Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
§ Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara
lingkungan.
|
§ Mengamati
gambar dan memaknai.
§ Bertanya
jawab tentang gambar.
§ Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan tubuh agar tumbuh
sehat.
§ Menjelaskan pentingnya memenuhi keutuhan tubuh.
§ Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan
kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
§ Mendeskripsikan pentingnya hidup di lingkungan yang
bersih.
§ Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
§ Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara
lingkungan.
|
|
|
Penilaian tingkah laku
§ Mengumpulkan dan menilai pekerjaan siswa dalam
mengerjakan soal secara individu.
§ Mengamati sikap siswa ketika melakukan kegiatan outdoor.
|
MATEMATIKA
Bilangan: Membilang
banyak benda (Mat A)
Geometri dan Pengukuran: Mengurutkan banyak benda.
|
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan.
§ Menghitung secara urut.
§ Membaca dan menggunakan simbol +, - dan = dalam pengerjaan hitung.
§ Mengelompokkan berbagai benda.
|
§ Berdiskusi mengerjakan pengurangan danpenjumlahan.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan.
§ Menghitung secara urut.
§ Membaca dan menggunakan simbol +, - dan = dalam pengerjaan hitungan.
§ Mengelompokkan berbagai benda.
|
|
|
§ Mengamati
sikap dan perilaku siswa dalam berlomba, dan menilai hasil lomba.
|
Orjaskes
:
Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai
sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
|
§ Kerjasama
dalam kelompok.
|
§ Mengamati dan mendengarkan perinatah guru.
§ Bermain tebak gambar
|
|
|
Penilaian portofolio.
Dalam
menghubungkan gambar maupun dalam mengisi kolom sesuai dengan angka.
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1, 2, dan 3
TEMA :
LINGKUNGAN RUMAHKU
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Menjelaskan pentingnya hidup sehat setiap hari (PKn).
§ Menceritakan kehidupan bertetangga (IPS).
§ Menceritakan cara menjaga lingkungan (IPS).
§ Makhluk Hidup Dan
Proses Kehidupan: Mengidentifikasi kebutuhan
tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan
sehat) (IPA A).
§ Benda dan
Sifatnya: Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui pengamatan (IPA
B).
§ Mendengarkan: membedakan berba gai bunyi/
suara serta bunyi bahasa (BI A).
§ Melaksanakan sesuatu sesuai dengan atau perintah petunjuk sederhana(BI A).
§ Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota
tubuh dengan kalimat sederhana (BI B).
§ Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat(BI C).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk
huruf (BI D).
§ Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar (BI D).
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam
permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi
dan percaya diri (Orjaskes).
§
Seni Rupa: menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada
benda di alam sekitar.
§
Seni Musik: melafalkan lagu anak-anak.
§ Seni Tari: mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak
di tempat.
II. INDIKATOR
§ Mengidentifikasi
ruang dalam rumah (PKn).
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Menjelaskan kasih sayang dalam keluarga (IPS.)
§
Mengidentifikasi ruang dalam rumah.
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Mengidentifikasi
macam-macam kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat (IPA).
§ Menjelaskan pentingnya memenuhi keutuhan tubuh.
§ Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan
kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
§ Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
§ Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara
lingkungan.
§ Merawat tanaman atau hewan peliharaan.
§ Menceritakan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi yg
didengarkan.
§ Menentukan nama-nama benda yg dideskripsikan guru sesuai
dg ciri fisiknya.
§ Mendeskripsikan benda lain dg bimbingan guru.
§ Menyebutkan ciri fisik benda sekitar (nama, bentuk,
warna, bahan) menggunakan kalimat sederhana dan kosa kata yg sudah dikuasai.
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata,
dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi
kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang benar.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Menjiplak dan
menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
§ Menyalin atau mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis yg ditulis guru dan
menuliskannya pada buku tulis.
§ Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar
dan dapat oleh orang lain.
§ Melengkapi kalimat yg belum selesai berdasarkan gambar.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
yang rapi dan mudah dibaca orang lain.
§ Berjalan dengan langkah pendek/panjang ke berbagai arah.
§
Kerjasama dalam kelompok.
§ Melakukan pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar
lokomotor.
§ Menentukan sumber bunyi
dari tepukan tangan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Disini Senang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu
(Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Lingkungan Rumahku).
2. Kegiatan
Inti
1)
Semua siswa diminta mengamati
gambar tentang rumahku (di halaman 30)
dan mengajak siswa untuk mengidentifikasi gambar apa saja di halaman tersebut. (BI,
PKn, MAT, IPS, IPA).
2)
Guru membacakan teks tentang “Rumahku” di halaman
30 dan siswa diminta menirukan cara membacanya.
3)
Menugaskan siswa secara
bergantian belajar membaca dengan melafalkan bunyi bahasa secara tepat. (BI, PKn, IPS).
4)
Bertanya
jawab makna bacaan dan mengidentifikasi
hal-hal berikut:
§
Bagaimana
cirinya lingkungan rumah yang bersih
§
Apa
syaratnya lingkungan rumah yang sehat
§
Bagaimana
cara mengatur supaya lingkungan rumah menjadi sejuk
5)
Jika siswa sebagian besar
sudah agak lancar membaca, guru
menugaskan semua siswa untuk membuat tulisan tentang mengapa manusia perlu
rumah.
6)
Guru bercerita tentang
kegunaan rumah, ciri-ciri rumah yang sehat, mengapa manusia perlu rumah (BI, PKn, MAT,
IPS, IPA).
7)
Bertanya jawab tentang
lingkungan rumah yang sehat menurut pendapat masing-masing siswa (BI, PKn, MAT,
IPS, IPA).
8)
Siswa diminta mengamati dan menghitung ruang di rumahnya sendiri
(berimajinasi).
§ Ruang apa saja yang ada di rumahnya
§ Ada berapa jumlah ruangan di rumah
§ Berapa jumlah penghuni rumah
§ Dan sebagainya
9)
Siswa diminta mengidentifikasi benda-benda apa saja yang
ada di ruangan rumahnya (ruang tamu, kamar, dapur dsb) (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
10)
Semua siswa diminta menuliskan dan melaporkan hasil
identifikasi benda-benda yang yang ada di rumah masing-masing.
11)
Semua siswa diminta menyimak
bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 49) dan diharapkan semua siswa menerapkan
perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga.
§ Lingkungan keluarga.
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 4, 5, dan 6
TEMA :
LINGKUNGAN RUMAHKU
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Memberikan contoh
hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di
sekolah (PKn).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga (IPS).
§ Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemkan keluarga (IPS).
§ Makhluk Hidup Dan
Proses Kehidupan: Mengidentifikasi kebutuhan
tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan
sehat) (IPA A).
§ Benda dan
Sifatnya: Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui pengamatan (IPA
B).
§ Mendengarkan: membedakan berba gai bunyi/
suara serta bunyi bahasa (BI A).
§ Melaksanakan sesuatu sesuai dengan atau perintah petunjuk sederhana(BI A).
§ Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota
tubuh dengan kalimat sederhana (BI B).
§ Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat(BI C).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk
huruf (BI D).
§ Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar (BI D).
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam
permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi
dan percaya diri (Orjaskes).
§
Seni Rupa: menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada
benda di alam sekitar.
§
Seni Musik: melafalkan lagu anak-anak.
§
Seni Tari:
mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat.
II. INDIKATOR
§ Mengidentifikasi
ruang dalam rumah (PKn).
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Menjelaskan kasih sayang dalam keluarga (IPS).
§
Mengidentifikasi ruang dalam rumah.
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Mengidentifikasi
macam-macam kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat (IPA).
§ Menjelaskan pentingnya memenuhi keutuhan tubuh.
§ Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan
kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
§ Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
§ Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara
lingkungan.
§ Merawat tanaman atau hewan peliharaan.
§ Menceritakan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi yg
didengarkan.
§ Menentukan nama-nama benda yg dideskripsikan guru sesuai
dg ciri fisiknya.
§ Mendeskripsikan benda lain dg bimbingan guru.
§ Menyebutkan ciri fisik benda sekitar (nama, bentuk,
warna, bahan) menggunakan kalimat sederhana dan kosa kata yg sudah dikuasai.
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata,
dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi
kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang benar.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Menjiplak dan
menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
§ Menyalin atau mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar
dan dapat oleh orang lain.
§ Melengkapi kalimat yg belum selesai berdasarkan gambar.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
yang rapi dan mudah dibaca orang lain.
§ Berjalan dengan langkah pendek/panjang ke berbagai arah.
§
Kerjasama dalam kelompok.
§ Melakukan pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar
lokomotor.
§ Menentukan sumber bunyi
dari tepukan tangan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Disini Senang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu
(Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Lingkungan Rumahku).
2. Kegiatan Inti
1)
Menunjukkan gambar tentang
”Ruang di Rumahku” dan masing-masing siswa diminta memaknai gambar.
2)
Siswa dikelompokkan dengan
teman sebangkunya untuk berdiskusi dan
mengidentifikasi barang-barang apa saja yang ada di dalam gambar “Ruang di
rumahku” (halaman 31) kemudian hasil identifikasi tersebut diminta ditulis di
bukunya masing-masing.
3)
Bertanya jawab tentang
kehidupan sehari-hari siswa di rumah antara lain:
§ apakah siswa mempunyai kamar tidur sendiri,
§ siapa yang membersihkan kamarnya,
§ dimana belajarnya kalau di rumah dsb (BI, PKn, MAT, IPS, IPA)
4)
Semua siswa diminta mengamati
gambar di halaman 31. dan siswa ditugaskan untuk membaca teks “Ruang di
Rumahku” secara bergantian. Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang:
§ ruang tamu ada benda apa saja?
§ untuk apa di rumah memiliki ruang tamu
§ ada berapa tempat tidur di rumah itu?
§ untuk siapa saja kamar tidurnya?
§ apakah ada ruang keluarga?
§ apa saja yang ada di ruang itu?
5)
Semua siswa
memiliki ruang seperti yang ada dalam gambar?
6)
Siswa dikelompokkan
dengan cara menghitung 1, 2, 3, dan 4.
setelah semua siswa selesai menghitung diminta berkumpul sesuai dengan nomor
yang sama.
7)
Semua kelompok diberi tugas
dan mendiskusikan tugasnya :
§ Tugas untuk kelompok 1 mendeskripsikan kegunaan ruang
tamu.
§ Tugas untuk kelompok 2 mendeskripsikan kegunaan makan.
§ Tugas untuk kelompok 3 mendeskripsikan kegunaan keluarga.
§ Tugas untuk kelompok 4 mendeskripsikan kegunaan dapur.
8)
Setelah selesai berdiskusi,
diminta melaporkan hasil diskusi secara tertulis dan juga secara lisan (melatih
siswa agar menjadi berani mengungkapkan
isi hatinya).
9)
Selanjutnya semua siswa
kembali ke kursi masing-masing dan
mengamati gambar di halaman 32, tentang ”Kamarku”.
10)
Siswa diminta membaca
wacananya dan dibacanya sebagai sebuah puisi tentang kamar yang bersih dan
menyenangkan.
11)
Ditunjukkan gambar tentang
“Halaman Rumahku”.
12)
Semua siswa
dikelompokkan dengan teman sebangkunya
(Berpikir Berpasangan) dan diberi tugas.
13)
Setiap siswa memikirkan
jawaban dari tugasnya. Materi Dapat dikembangkan sesuai dengan pengetahuan masing-masing siswa.
14)
Setiap pasangan melaporkan
hasil dikusi di depan kelas.
15)
Bertanya jawab tentang gambar di halaman 33 dan mengidentifikasi:
apa saja yang ada dalam gambar. Apakah siswa juga
melakukan seperti yang ada di dalam gambar tersebut, apakah siswa mempunyai
tanaman bunga? Atau mempunyai ikan hias? Atau kolam dan sebagainya. Apakah
semua itu perlu air, makanan, dan udara?
16)
Memanggil siswa yang berani
untuk bercerita tentang rumahnya (kalau mungkin di depan kelas).
17)
Menugaskan semua siswa untuk
membayangkan keadaan teras dan halaman rumahnya sendiri, kemudian
mengidentifikasi tanaman dan tumbuhan apa saja yang ada. Jika sudah dapat
menyebutkan, menugaskan siswa untuk menggambar sebisanya dan diwarnai (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
18)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 49) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga.
§ Lingkungan keluarga.
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7, 8, dan 9
TEMA :
LINGKUNGAN RUMAHKU
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Memberikan contoh
hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di
sekolah (PKn).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga (IPS).
§ Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemkan keluarga (IPS).
§ Makhluk Hidup Dan
Proses Kehidupan: Mengidentifikasi kebutuhan
tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan
sehat) (IPA A).
§ Benda dan
Sifatnya: Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui pengamatan (IPA
B).
§ Mendengarkan: membedakan berba gai bunyi/
suara serta bunyi bahasa (BI A).
§ Melaksanakan sesuatu sesuai dengan atau perintah petunjuk sederhana(BI A).
§ Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota
tubuh dengan kalimat sederhana (BI B).
§ Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat(BI C).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk
huruf (BI D).
§ Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar (BI D).
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam
permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi
dan percaya diri (Orjaskes).
§
Seni Rupa: menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada
benda di alam sekitar.
§
Seni Musik: melafalkan lagu anak-anak.
§
Seni Tari:
mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat.
II. INDIKATOR
§ Mengidentifikasi
ruang dalam rumah (PKn).
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Menjelaskan kasih sayang dalam keluarga (IPS).
§
Mengidentifikasi ruang dalam rumah.
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Mengidentifikasi
macam-macam kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat (IPA).
§ Menjelaskan pentingnya memenuhi keutuhan tubuh.
§ Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan
kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
§ Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
§ Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara
lingkungan.
§ Merawat tanaman atau hewan peliharaan.
§ Menceritakan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi yang
didengarkan.
§ Menentukan nama-nama benda yg dideskripsikan guru sesuai
dg ciri fisiknya.
§ Mendeskripsikan benda lain dg bimbingan guru.
§ Menyebutkan ciri fisik benda sekitar (nama, bentuk,
warna, bahan) menggunakan kalimat sederhana dan kosa kata yg sudah dikuasai.
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata,
dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi
kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang benar.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Menjiplak dan
menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
§ Menyalin atau mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar
dan dapat oleh orang lain.
§ Melengkapi kalimat yg belum selesai berdasarkan gambar.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
yang rapi dan mudah dibaca orang lain.
§ Berjalan dengan langkah pendek/panjang ke berbagai arah.
§
Kerjasama dalam kelompok.
§ Melakukan pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar
lokomotor.
§ Menentukan sumber bunyi
dari tepukan tangan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Disini Senang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu
(Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Lingkungan Rumahku).
2. Kegiatan
Inti
1)
Mengajak siswa dinamika kelompok dengan cara semua
bertanya jawab berbagai jenis hewan (seperti kucing, anjing, kuda dsb). Kalau Guru menyebut nama salah satu hewan, maka siswa
akan menirunkan bunyi suaranya. Siswa diminta menirukan bunyi suara
hewan.
2)
Guru menyiapkan kartu-kartu dan setiap
siswa ditugaskan mengambil kartu pasangan. Yaitu Kartu yang bertuliskan:
§ gambar
rumah +
§ tulisan
rumah;
§ gambar
kursi +
§ tulisan
kursi;
§ gambar
kamar +
§ tulisan kamar
§ gambar dapur +
§ tulisan dapur
3)
Setiap siswa
mengambil satu kartu kemudian mencari pasangannya untuk bergabung menjadi satu
kelompok (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
4)
Setelah terbentuk kelompok
berpasangan, setiap kelompok ditugaskan untuk mengamati gambar “Tetanggaku” di
halaman 35 sampai dengan 37. setiap
kelompok ditugaskan untuk memilih Gambar mana yang disukai dan apa alasannya.
5)
Semua siswa dalam kelompoknya belajar menulis ciri-ciri
rumah sehat dan menyejukkan.
6)
Lingkungan rumah yang sehat
misalnya:
§ membuang sampah ditempatnya
§ ada ventilasi untuk pertukaran udara (BI, PKn, MAT,
IPS, IPA)
§ cahaya
matahari masuk
§ air
di selokan lancar, tidak tersumbat
§ memiliki
air bersih
§ terdapat
macam-macam tanaman
§ dsb
7)
Menugaskan siswa belajar membaca bergantian topik Tetanggaku
di halaman 32. Dilanjutkan dengan bertanya jawab apakah siswa mempunyai
tetangga? Siapa namanya, apakah juga mempunyai teman bermain di tetangganya
dsb.
8)
Setelah selesai bertanya
jawab, semua siswa diajak menyanyikan lagu “Kebunku”. Dinyanyikan sesuai dengan
temponya.
9)
Diiringi dengan tepukan
tangan sesuai dengan iramanya.
10)
Setelah selesai bernyanyi,
semua siswa kembali belajar tentang lingkungan rumah. Mengamati rumahnya
sendiri (berimajinasi) membahas:
§ apakah rumahnya sudah termasuk rumah sehat atau belum?
§ Apakah di rumahnya ada tanaman bunga atau pohon yang
rindang,
§ Bagaimana caranya supaya rumah menjadi sehat?
§ dsb
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan
hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar)
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga.
§ Lingkungan keluarga.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa
Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 10, 11, dan 12
TEMA :
LINGKUNGAN RUMAHKU
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Memberikan contoh
hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di
sekolah (PKn).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga (IPS).
§ Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemkan keluarga (IPS).
§ Makhluk Hidup Dan
Proses Kehidupan: Mengidentifikasi kebutuhan
tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan
sehat) (IPA A).
§ Benda dan
Sifatnya: Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui pengamatan (IPA
B).
§ Mendengarkan: Membedakan berba gai bunyi/
suara serta bunyi bahasa (BI A).
§ Melaksanakan sesuatu sesuai dengan atau perintah petunjuk sederhana(BI A).
§ Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota
tubuh dengan kalimat sederhana (BI B).
§ Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat(BI C).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk
huruf (BI D).
§ Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar (BI D).
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam
permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi
dan percaya diri (Orjaskes).
§
Seni Rupa: Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada
benda di alam sekitar.
§
Seni Musik: Melafalkan lagu anak-anak.
§
Seni Tari: Mengidentifikasi
fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat.
II. INDIKATOR
§ Mengidentifikasi
ruang dalam rumah (PKn).
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Menjelaskan kasih sayang dalam keluarga (IPS).
§
Mengidentifikasi ruang dalam rumah.
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Mengidentifikasi
macam-macam kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat (IPA).
§ Menjelaskan pentingnya memenuhi keutuhan tubuh.
§ Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan
kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
§ Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
§ Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara
lingkungan.
§ Merawat tanaman atau hewan peliharaan.
§ Menceritakan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi yg
didengarkan.
§ Menentukan nama-nama benda
yg dideskripsikan guru sesuai dg ciri fisiknya.
§ Mendeskripsikan benda lain dg bimbingan guru.
§ Menyebutkan ciri fisik benda sekitar (nama, bentuk,
warna, bahan) menggunakan kalimat sederhana dan kosa kata yg sudah dikuasai.
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata,
dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi
kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang benar.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Menjiplak dan
menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
§ Menyalin atau mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar
dan dapat oleh orang lain.
§ Melengkapi kalimat yg belum selesai berdasarkan gambar.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
yang rapi dan mudah dibaca orang lain.
§ Berjalan dengan langkah pendek/panjang ke berbagai arah.
§
Kerjasama dalam kelompok.
§ Melakukan pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar
lokomotor.
§ Menentukan sumber bunyi
dari tepukan tangan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Kebunku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Lingkungan Rumahku)
2. Kegiatan Inti
1)
Semua siswa diajak
berdinamika dengan cara bertepuk tangan serempak. Kemudian diajak menyanyikan lagu “Kebunku” sambil
diiringi tepuk tangan sesuai tempo lagu. Setelah selesai siswa diminta bertepuk
tangan bersama dengan cepat. Siswa diminta membedakan tepuk tangan ketika
menyanyikan lagu dengan tepuk tangan dan Tepuk tangan ketika selesai menyanyi.
2)
Siswa ditugaskan berkelompok
dengan teman sebangkunya, kemudian
ditugaskan mengerjakan soal Bagian “Ayo
Berhitung”. Salah satu siswa secara bergantian diminta membaca teks/bacaan di
halaman 44 sampai dengan 47.
3)
Setiap kelompok
melaporkan hasil diskusinya yaitu memberikan jawaban terhadap hitungan yang
sudah dikerjakan (BI, PKn, MAT,
IPS, IPA).
4)
Selanjutnya
kelompok ditambah dengan teman di bangku sebelahnya, (anggota 4 siswa),
kemudian diminta mengamati gambar di halaman 48. ”Ayo Bermain” tentang tebak
benda. Cara/langkahnya sebagai berikut (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
§ Guru
menyiapkan kartu atau gambar yang berisi benda-benda yang ada di lingkungan
rumah.
§ Gambar-gambar
bisa bermakna penjumlahan danatau pengurangan dari sejumlah benda dalam gambar.
§ Kelompok
siswa mengambil gambar 1 dan ditunjukkan kepada kelompok lain yang akan
menjawab apa isi dari gambar itu.
§ Kalau
jawaban yang diberikan benar, bisa dilanjutkan pada gambar lain.
§ Kelompok
secara bergantian saling menunjukkan gambar dan memberikan jawabannya.
§ Siapa
yang banyak menjawab dengan benar, adalah yang mendapat poin.
5)
Setelah selesai bermain tebak
kata, siswa (masih dalam kelompok) diajak mengidentifikasi macam-macam benda
yang ada di dalam buku bagian ”Lingkungan Rumah” secara keseluruhan. Semua
kelompok ditugaskan menghitung ada berapa jumlah gambar yang ada dalam setiap
halaman buku. Ditulis di buku masing-masing siswa.
6)
Hasil identifikasi dilaporkan
di depan kelas oleh wakil kelompok, dan kelompok yang lain membandingkan dengan
jawaban kelompoknya. Apabila ada yang tidak sama, bisa ditanyakan dan
didiskusikan lagi, sampai ada kata sepakat tentang jumlah yang sebenarnya.
7)
Siswa kembali ke kursi di
bangku masing-masing, kemudian semua siswa diajak keluar kelas mengelilingi
halaman sekolah, mengamati lingkungan sekolah.
8)
Setelah berkeliling di
sekolah, siswa bekerjasama dengan teman sebangkunya dan diajak berdiskusi kelas
atau bertanya jawab membahas hal-hal sebagai berikut:
§ lingkungan sekolah yang bersih itu seharusnya bagaimana.
§ apa ciri-ciri sekolah bersih.
§ apakah sekolahnya bisa dikatakan sehat.
§ siswa diminta membedakan ruangan apa saja yang ada di
sekolah dengan ruang apa saja yang ada di rumah.
§ berapa banyak ruang kelas yang ada di sekolahnya.
§ Guru menuliskan jumlah ruang kelas dan jumlah ruang
lainnya di papan tulis.
§ Semua siswa diminta menulis dan menyalinnya di buku
tulisnya sendiri dan dikumpulkan (BI,
PKn, MAT, IPS, IPA).
9)
Guru menyiapkan beberapa
gambar dalam kartu (misalnya macam-macam tanaman denganmacam-macam hewan.
gambar bunga, gambar ayah menyiram kebun
bunga, ibu memetik bunga di taman, taman dengan bunga yang indah, mobil, angka,
binatang peliharaan seperti anjing, kupu-kupu, kucing, kuda, ayam, dan
sebagainya) Siswa di bagi beberapa kelompok untuk melaksanakan.
10)
Setiap kelompok dapat
berlomba menjawab pertanyaan. Dengan cara menghubungkan antara gambar yang satu
dengan gambar yang lain, yang memang berhubungan (misalnya taman yang ada
tanaman bunganya dengan kupu). Guru menunjuk salah satu siswa yang berani untuk
memegang kartu dan ditunjukkan kepada kelompok supaya ditebak namanya, dan
menuliskan jawabannya di kertas. Hasil jawaban dikumpulkan. Siapa yang
jawabannya benar yang yang paling banyak dan paling cepat mengumpulkan
jawaban menjadi pemenang. Guru menyiapkan hadiah permen bagi kelompok yang menang (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
11)
Semua siswa secara individu
diminta mengerjakan tugas (lihat buku kerja BI, IPS, IPS dan Matematika) dan
semua siswa mengerjakan soal dari halaman yang berbeda, untuk mengetahui apakah
siswa sudah memahami materi-materi yang sudah dipelajari selama beberapa kali
pertemuan.
12)
Kalau ada yang belum dipahami, bisa bertanya jawab
bagaimana jawaban yang benar
13)
Semua siswa secara individu
menjawab soal di halaman 50, 51 dan 52 dan dikumpulkan kepada guru untuk
dinilai.
14)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 49) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga.
§ Lingkungan keluarga.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP
dapat dicapai dengan cara:
1.
Menerapkan setiap
langkah strategi yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir)
dalam proses pembelajaran yang sudah dirancang.
2.
Semua siswa
mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia,
IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur
pencapaian indikator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar