Selasa, 15 Mei 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 TEMA : LINGKUNGAN RUMAH




BAHASA INDONESIA

Mendengarkan
Membedakan berbagai bunyi/suara serta bunyi bahasa (BI A).
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan atau  perintah petunjuk sederhana (BI A).
Mendeskripsikan lingkungan rumah dan barang-barangnya dengan kalimat sederhana (BI B).
Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat (BI C).
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf (BI D).
Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar (BI D).
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat.
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dg informasi yg didengarkan.
§ Menentukan nama-nama benda yg dideskripsikan guru sesuai dengan ciri fisiknya.
§ Mendeskripsikan benda lain dengan bimbingan guru.
§ Menyebutkan ciri fisik benda sekitar (nama, bentuk, warna, bahan) menggunakan kalimat sederhana dan kosakata yg sudah dikuasai.
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang benar.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
§ Menyalin atau mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis yg  ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Membaca huruf, kata, dan kalimat sederhana.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar dan dapat oleh orang lain.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung dengan rapi yang mudah dibaca orang lain.


 
JARINGAN KD/INDIKATOR

 



































SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1

TEMA : LINGKUNGAN RUMAH


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN

1
3

5
6
7






(PKn)
Menjelaskan pentingnya hidup sehat setiap hari.

§  Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§  Menayangkan gambar.
§  Mengajak semua siswa mengamati gambar.
§  Bertanya jawab tentang makna gambar.
§  Berdiskusi membahas bentuk di lingkungan rumah.
§  Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§  Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
2 minggu
§ Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum  Standar Isi 2006.
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan.
§ Tematik untuk Kelas 1A..
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS.
§ Buku lain yang relevan.
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
§ Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat) yang relevan dengan tema.
§ Penilaian tingkah laku.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Penilaian Lisan.
§ Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca.
§ Mengamati  aktivitas siswa  lain yang tidak sedang belajar  membaca.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam. mengidentifikasi benda-benda di rumah.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi barang-barang. dalam gambar
§ Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita di depan kelas.

(IPS)
Menceritakan kehidupan bertetangga.
§  Menjelaskan hidup rukun bertetangga.
§  Mengidentifikasi ruang dalam rumah.
§  Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§  Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§  Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§  Menayangkan gambar.
§  Mengajak semua siswa mengamati gambar.
§  Bertanya jawab tentang makna gambar.
§  Mendiskusikan kasih sayang dalam keluarga.
§  Mengidentifikasi ruang dalam rumah.
§  Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§  Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§  Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
Mendengarkan
Membedakan berba ai bunyi/suara serta bunyi bahasa (BI A).
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan atau  perintah petunjuk sederhana (BI A).
Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana (BI B).
Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat (BI C).
§  Melafal bunyi bahasa secara tepat.
§  Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi yang didengarkan.
§  Menentukan nama benda-benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan ciri-ciri fisiknya.
§  Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
§  Menyebutkan ciri-ciri fisik benda-benda di sekitar (nama, bentuk, warna, bahan dll) menggunakan kalimat sederhana dan kosakata yang sudah dikuasai.
§  Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana.
§  Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi kalimat  dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang tepat sehingga dapat dipahami orang lain.
§  Menyimak perintah guru.
§  Bertanya jawab tentang sesuatu yang tidak dimengerti.
§  Melafal bunyi bahasa secara tepat.
§  Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi yang didengarkan.
§  Menentukan nama benda-benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan ciri-ciri fisiknya.
§  Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
§  Menyebutkan ciri-ciri fisik benda-benda di sekitar (nama, bentuk, warna, bahan dll) menggunakan kalimat sederhana dan kosakata yang sudah dikuasai.
§  Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana.
§  Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi kalimat  dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang tepat sehingga dapat dipahami orang lain.
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf (BI D).
Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar (BI D).
§  Membacakan penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
§  Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
§  Menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
§  Membacakan penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
§  Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
§  Menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.



Mengumpulkan dan menilai gambar buatan siswa

§  Menyalin atau mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulisnya.
§  Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana.
§  Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar dapat dapat dibaca oleh orang lain.
§  Menyalin atau mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulisnya.
§  Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana.
§  Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar dapat dapat dibaca oleh orang lain.



Penilaian Lisan
§ Mengumpulkan dan menilai hasil pekerjaan siswa, terutama dalam mengungkapkan alasan memilih gambar.
§ Mengamati dan menilai cara siswa membaca.
Seni Rupa: Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada alam sekitar rumah.
Seni Musik: Melafalkan lagu anak-anak.
Seni Tari: Menari dan  melaksanakan gerak di tempat.

§ Menentukan sumber bunyi  dari tepukan tangan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.


§ Menyimak penjelasan guru.
§ Melaksanakan perintah guru.
§ Menentukan sumber bunyi  dari tepukan tangan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.



Penilaian tingkah laku
§ Mengamati dan menilai sikap dan perilaku siswa dengan menggunakan format pengamatan, siswa yang aktif dan yang tidak penilaian portofolio.
§ Mengumpulkan  dan menilai tugas siswa dalam melengkapi kata.
IPA A
Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan
Mengidentifikasi lingkungan rumah yang sehat.
Benda dan Sifatnya
Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
§  Mengidentifikasi macam-macam bentuk benda.
§  Menjelaskan ciri-ciri rumah sehat.
§  Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
§  Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
§  Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.


§  Mengamati gambar dan memaknai.
§  Bertanya jawab tentang gambar.
§  Mengidentifikasi  macam-macam kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
§  Menjelaskan pentingnya memenuhi keutuhan tubuh.
§  Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
§  Mendeskripsikan pentingnya hidup di lingkungan yang bersih.
§  Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
§  Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.



Penilaian tingkah laku
§ Mengumpulkan dan menilai pekerjaan siswa dalam mengerjakan  soal secara individu.
§ Mengamati sikap siswa ketika melakukan kegiatan outdoor.

MATEMATIKA

Bilangan: Membilang banyak benda (Mat A)
Geometri dan Pengukuran: Mengurutkan banyak benda.

§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan.
§  Menghitung secara urut.
§  Membaca dan menggunakan simbol +, - dan  = dalam pengerjaan hitung.
§  Mengelompokkan berbagai benda.
§  Berdiskusi mengerjakan pengurangan danpenjumlahan.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan.
§  Menghitung secara urut.
§  Membaca dan menggunakan simbol +, - dan  = dalam pengerjaan hitungan.
§  Mengelompokkan berbagai benda.


§ Mengamati sikap dan perilaku siswa dalam berlomba, dan menilai hasil lomba.
Orjaskes :
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.

§  Kerjasama dalam kelompok.
§  Mengamati dan mendengarkan perinatah guru.
§  Bermain tebak gambar



Penilaian portofolio.
Dalam menghubungkan gambar maupun dalam mengisi kolom sesuai dengan angka.

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 1, 2, dan 3
TEMA                                              : LINGKUNGAN RUMAHKU
KELAS /SEMESTER                       : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU                                           : 3  kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR
§ Menjelaskan pentingnya hidup sehat setiap hari (PKn).
§ Menceritakan kehidupan bertetangga (IPS).
§ Menceritakan cara menjaga lingkungan (IPS).
§ Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan: Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat) (IPA A).
§ Benda dan Sifatnya: Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan (IPA B).
§ Mendengarkan: membedakan berba gai bunyi/ suara serta bunyi bahasa (BI A).
§ Melaksanakan sesuatu sesuai dengan atau  perintah petunjuk sederhana(BI A).
§ Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana (BI B).
§ Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat(BI C).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf (BI D).
§ Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar (BI D).
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orjaskes).
§ Seni Rupa: menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar.
§ Seni Musik: melafalkan lagu anak-anak.
§ Seni Tari: mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat.

II.   INDIKATOR
§ Mengidentifikasi ruang dalam rumah (PKn).
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Menjelaskan kasih sayang dalam keluarga (IPS.)
§ Mengidentifikasi ruang dalam rumah.
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Mengidentifikasi  macam-macam kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat (IPA).
§ Menjelaskan pentingnya memenuhi keutuhan tubuh.
§ Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
§ Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
§ Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
§ Merawat tanaman atau hewan peliharaan.
§ Menceritakan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi yg didengarkan.
§ Menentukan nama-nama benda yg dideskripsikan guru sesuai dg ciri fisiknya.
§ Mendeskripsikan benda lain dg bimbingan guru.
§ Menyebutkan ciri fisik benda sekitar (nama, bentuk, warna, bahan) menggunakan kalimat sederhana dan kosa kata yg sudah dikuasai.
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang benar.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.

§ Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.

§ Menyalin atau mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis yg  ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar dan dapat oleh orang lain.
§ Melengkapi kalimat yg belum selesai berdasarkan gambar.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung yang rapi dan mudah dibaca orang lain.
§ Berjalan dengan langkah pendek/panjang ke berbagai arah.
§ Kerjasama dalam kelompok.
§ Melakukan pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar lokomotor.
§ Menentukan sumber bunyi  dari tepukan tangan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.




III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Disini Senang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Lingkungan Rumahku).

2.   Kegiatan Inti
1)        Semua siswa diminta mengamati gambar  tentang rumahku (di halaman 30) dan mengajak siswa untuk mengidentifikasi gambar apa saja di halaman tersebut. (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
2)        Guru membacakan teks tentang “Rumahku” di halaman 30 dan siswa diminta menirukan cara membacanya.
3)        Menugaskan siswa secara bergantian belajar membaca dengan melafalkan bunyi bahasa secara tepat. (BI, PKn, IPS).
4)        Bertanya jawab makna bacaan dan  mengidentifikasi hal-hal berikut:
§ Bagaimana cirinya lingkungan rumah yang bersih
§ Apa syaratnya lingkungan rumah yang sehat
§ Bagaimana cara mengatur supaya lingkungan rumah menjadi sejuk
5)        Jika siswa sebagian besar sudah agak lancar membaca,  guru menugaskan semua siswa untuk membuat tulisan tentang mengapa manusia perlu rumah.
6)        Guru bercerita tentang kegunaan rumah, ciri-ciri rumah yang sehat, mengapa manusia perlu rumah (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
7)        Bertanya jawab tentang lingkungan rumah yang sehat menurut pendapat masing-masing siswa (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
8)        Siswa diminta mengamati  dan menghitung ruang di rumahnya sendiri (berimajinasi).
§ Ruang apa saja yang ada di rumahnya
§ Ada berapa jumlah ruangan di rumah
§ Berapa jumlah penghuni rumah
§ Dan sebagainya
9)        Siswa diminta  mengidentifikasi benda-benda apa saja yang ada di ruangan rumahnya (ruang tamu, kamar, dapur dsb) (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
10)     Semua siswa diminta menuliskan dan melaporkan hasil identifikasi benda-benda yang yang ada di rumah masing-masing.
11)     Semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 49) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga.
§ Lingkungan keluarga.
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).



Mengetahui,                                                                                  Guru Kelas 1


Kepala Sekolah







RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 4, 5, dan 6
TEMA                                              : LINGKUNGAN RUMAHKU
KELAS /SEMESTER                       : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU                                           : 3  kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR
§ Memberikan contoh  hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah  (PKn).
§ Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga (IPS).
§ Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemkan keluarga (IPS).
§ Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan: Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat) (IPA A).
§ Benda dan Sifatnya: Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan (IPA B).
§ Mendengarkan: membedakan berba gai bunyi/ suara serta bunyi bahasa (BI A).
§ Melaksanakan sesuatu sesuai dengan atau  perintah petunjuk sederhana(BI A).
§ Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana (BI B).
§ Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat(BI C).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf (BI D).
§ Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar (BI D).
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orjaskes).
§ Seni Rupa: menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar.
§ Seni Musik: melafalkan lagu anak-anak.
§ Seni Tari: mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat.

II.   INDIKATOR
§ Mengidentifikasi ruang dalam rumah (PKn).
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Menjelaskan kasih sayang dalam keluarga (IPS).
§ Mengidentifikasi ruang dalam rumah.
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Mengidentifikasi  macam-macam kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat (IPA).
§ Menjelaskan pentingnya memenuhi keutuhan tubuh.
§ Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
§ Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
§ Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
§ Merawat tanaman atau hewan peliharaan.
§ Menceritakan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi yg didengarkan.
§ Menentukan nama-nama benda yg dideskripsikan guru sesuai dg ciri fisiknya.
§ Mendeskripsikan benda lain dg bimbingan guru.
§ Menyebutkan ciri fisik benda sekitar (nama, bentuk, warna, bahan) menggunakan kalimat sederhana dan kosa kata yg sudah dikuasai.
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang benar.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.

§ Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.

§ Menyalin atau mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar dan dapat oleh orang lain.
§ Melengkapi kalimat yg belum selesai berdasarkan gambar.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung yang rapi dan mudah dibaca orang lain.
§ Berjalan dengan langkah pendek/panjang ke berbagai arah.
§ Kerjasama dalam kelompok.
§ Melakukan pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar lokomotor.
§ Menentukan sumber bunyi  dari tepukan tangan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.



III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Disini Senang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Lingkungan Rumahku).

2.   Kegiatan Inti
1)        Menunjukkan gambar tentang ”Ruang di Rumahku” dan masing-masing siswa diminta memaknai gambar. 
2)        Siswa dikelompokkan dengan teman sebangkunya untuk  berdiskusi dan mengidentifikasi barang-barang apa saja yang ada di dalam gambar “Ruang di rumahku” (halaman 31) kemudian hasil identifikasi tersebut diminta ditulis di bukunya masing-masing.
3)        Bertanya jawab tentang kehidupan sehari-hari siswa di rumah antara lain:
§ apakah siswa mempunyai kamar tidur sendiri,
§ siapa yang membersihkan kamarnya,
§ dimana belajarnya kalau di rumah dsb (BI, PKn, MAT, IPS, IPA)
4)        Semua siswa diminta mengamati gambar di halaman 31. dan siswa ditugaskan untuk membaca teks “Ruang di Rumahku” secara bergantian. Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang:
§ ruang tamu ada benda apa saja?
§ untuk apa di rumah memiliki ruang tamu
§ ada berapa tempat tidur di rumah itu?
§ untuk siapa saja kamar tidurnya?
§ apakah ada ruang keluarga?
§ apa saja yang ada di ruang itu?
5)        Semua  siswa   memiliki ruang seperti yang ada dalam gambar?
6)        Siswa dikelompokkan dengan  cara menghitung 1, 2, 3, dan 4. setelah semua siswa selesai menghitung diminta berkumpul sesuai dengan nomor yang sama.
7)        Semua kelompok diberi tugas dan mendiskusikan tugasnya :
§ Tugas untuk kelompok 1 mendeskripsikan kegunaan ruang tamu.
§ Tugas untuk kelompok 2 mendeskripsikan kegunaan makan.
§ Tugas untuk kelompok 3 mendeskripsikan kegunaan keluarga.
§ Tugas untuk kelompok 4 mendeskripsikan kegunaan dapur.
8)        Setelah selesai berdiskusi, diminta melaporkan hasil diskusi secara tertulis dan juga secara lisan (melatih siswa  agar menjadi berani mengungkapkan isi hatinya).
9)        Selanjutnya semua siswa kembali ke kursi masing-masing  dan mengamati gambar di halaman 32, tentang ”Kamarku”.
10)     Siswa diminta membaca wacananya dan dibacanya sebagai sebuah puisi tentang kamar yang bersih dan menyenangkan.
11)     Ditunjukkan gambar tentang “Halaman Rumahku”.
12)     Semua siswa dikelompokkan  dengan teman sebangkunya (Berpikir Berpasangan) dan diberi tugas.
13)     Setiap siswa memikirkan jawaban dari tugasnya. Materi Dapat dikembangkan  sesuai dengan pengetahuan masing-masing siswa.
14)     Setiap pasangan melaporkan hasil dikusi di depan kelas.
15)     Bertanya jawab tentang  gambar di halaman 33 dan mengidentifikasi: apa saja yang ada dalam gambar. Apakah siswa juga melakukan seperti yang ada di dalam gambar tersebut, apakah siswa mempunyai tanaman bunga? Atau mempunyai ikan hias? Atau kolam dan sebagainya. Apakah semua itu perlu air, makanan, dan udara?
16)     Memanggil siswa yang berani untuk bercerita tentang rumahnya (kalau mungkin di depan kelas).
17)     Menugaskan semua siswa untuk membayangkan keadaan teras dan halaman rumahnya sendiri, kemudian mengidentifikasi tanaman dan tumbuhan apa saja yang ada. Jika sudah dapat menyebutkan, menugaskan siswa untuk menggambar sebisanya dan diwarnai (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
18)     Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 49) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga.
§ Lingkungan keluarga.
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)



Mengetahui,                                                                                  Guru Kelas 1


Kepala Sekolah


















































RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 7, 8, dan 9
TEMA                                              : LINGKUNGAN RUMAHKU
KELAS /SEMESTER                       : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU                                           : 3  kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR
§ Memberikan contoh  hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah  (PKn).
§ Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga (IPS).
§ Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemkan keluarga (IPS).
§ Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan: Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat) (IPA A).
§ Benda dan Sifatnya: Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan (IPA B).
§ Mendengarkan: membedakan berba gai bunyi/ suara serta bunyi bahasa (BI A).
§ Melaksanakan sesuatu sesuai dengan atau  perintah petunjuk sederhana(BI A).
§ Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana (BI B).
§ Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat(BI C).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf (BI D).
§ Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar (BI D).
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orjaskes).
§ Seni Rupa: menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar.
§ Seni Musik: melafalkan lagu anak-anak.
§ Seni Tari: mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat.

II.   INDIKATOR
§ Mengidentifikasi ruang dalam rumah (PKn).
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Menjelaskan kasih sayang dalam keluarga (IPS).
§ Mengidentifikasi ruang dalam rumah.
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Mengidentifikasi  macam-macam kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat (IPA).
§ Menjelaskan pentingnya memenuhi keutuhan tubuh.
§ Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
§ Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
§ Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
§ Merawat tanaman atau hewan peliharaan.
§ Menceritakan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi yang didengarkan.
§ Menentukan nama-nama benda yg dideskripsikan guru sesuai dg ciri fisiknya.
§ Mendeskripsikan benda lain dg bimbingan guru.
§ Menyebutkan ciri fisik benda sekitar (nama, bentuk, warna, bahan) menggunakan kalimat sederhana dan kosa kata yg sudah dikuasai.
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang benar.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.

§ Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.

§ Menyalin atau mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar dan dapat oleh orang lain.
§ Melengkapi kalimat yg belum selesai berdasarkan gambar.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung yang rapi dan mudah dibaca orang lain.
§ Berjalan dengan langkah pendek/panjang ke berbagai arah.
§ Kerjasama dalam kelompok.
§ Melakukan pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar lokomotor.
§ Menentukan sumber bunyi  dari tepukan tangan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar. 



III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Disini Senang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Lingkungan Rumahku).

2.   Kegiatan Inti
1)        Mengajak  siswa dinamika kelompok dengan cara semua bertanya jawab berbagai jenis hewan (seperti kucing, anjing, kuda dsb). Kalau Guru menyebut nama salah satu hewan, maka siswa akan menirunkan bunyi suaranya. Siswa diminta menirukan bunyi suara hewan.
2)        Guru menyiapkan kartu-kartu dan setiap siswa ditugaskan mengambil kartu pasangan. Yaitu Kartu yang bertuliskan:
§ gambar rumah +
§ tulisan rumah;
§ gambar kursi +
§ tulisan kursi;
§ gambar kamar +
§ tulisan kamar
§ gambar dapur +
§ tulisan dapur
3)        Setiap siswa mengambil satu kartu kemudian mencari pasangannya untuk bergabung menjadi satu kelompok (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
4)        Setelah terbentuk kelompok berpasangan, setiap kelompok ditugaskan untuk mengamati gambar “Tetanggaku” di halaman 35 sampai dengan 37.  setiap kelompok ditugaskan untuk memilih Gambar mana yang disukai dan apa alasannya.
5)        Semua siswa  dalam kelompoknya belajar menulis ciri-ciri rumah  sehat dan menyejukkan.
6)        Lingkungan rumah yang sehat misalnya:
§ membuang sampah ditempatnya
§ ada ventilasi untuk pertukaran udara (BI, PKn, MAT, IPS, IPA)
§ cahaya matahari masuk
§ air di selokan lancar, tidak tersumbat
§ memiliki air bersih
§ terdapat macam-macam tanaman
§ dsb
7)        Menugaskan siswa  belajar membaca bergantian topik Tetanggaku di halaman 32. Dilanjutkan dengan bertanya jawab apakah siswa mempunyai tetangga? Siapa namanya, apakah juga mempunyai teman bermain di tetangganya dsb.
8)        Setelah selesai bertanya jawab, semua siswa diajak menyanyikan lagu “Kebunku”. Dinyanyikan sesuai dengan temponya.
9)        Diiringi dengan tepukan tangan sesuai dengan iramanya.
10)     Setelah selesai bernyanyi, semua siswa kembali belajar tentang lingkungan rumah. Mengamati rumahnya sendiri (berimajinasi) membahas:
§ apakah rumahnya sudah termasuk rumah sehat atau belum?
§ Apakah di rumahnya ada tanaman bunga atau pohon yang rindang,
§ Bagaimana caranya supaya rumah menjadi sehat?
§ dsb
11)     Semua siswa secara bergantian ditugaskan untuk membaca wacana “Menjaga Lingkungan”.
12)     Semua siswa dikelompokkan (Teknik Berpikir Berpasangan).
13)     Bertanya jawab tentang substansi materi,  yang ada di dalam gambar halaman 38. Siswa masih dalam kelompok pasangannya ditugaskan megidentifikasi jenis rumah yang sehat (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
14)     Setiap kelompok ditugaskan untuk mengidentifikasi cara menjaga lingkungan rumah agar tetap bersih. Bagaimana cara merawat rumah agar tetap sehat dan bersih.
15)     Setiap kelompok pasangan melaporkan hasil diskusinya.
16)     Selanjutnya setiap siswa (dalam kelompoknya) ditugaskan untuk membaca materi “ Mimi, Cici dan Ana” dalam “Ayo Bercerita” di halaman 39.
17)     Setelah semua memahami makna ceritanya, diajak bertanya jawab untuk mengetahui apakah siswa sudah benar-benar memahaminya, antara lain:
§ Siapa Mimi itu?
§ Siapa Cici itu?
§ Siapa Ana itu?
§ Apa yang dilakukan oleh ana?
§ Bagaimana keadaan rumah ana?
§ Apa kesenangan mimi dan uci?
18)     Setelah semua memahami makna ceritanya, semua siswa diajak bertanya jawab  untuk mengetahui apakah sudah mengerti makna ceritanya, dan dilanjutkan dengan mengamati gambar-gambar di halaman 40.
19)     Ada tulisan dan ada gambar. Siswa menulis sesuai dengan gambar untuk mengganti gambar dengan tulisan agar kalimatnya dapat mempunyai arti.
20)     Setelah itu semua siswa secara mandiri ditugaskan untuk mengerjakan soal di halaman 41, 42,  dan 43 tentang materi ”Ayo Berhitung”
21)     Guru memberikan klarifikasi .
22)     Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 49) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga.
§ Lingkungan keluarga.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)





Mengetahui,                                                                                  Guru Kelas 1


Kepala Sekolah
































RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 10, 11, dan 12
TEMA                                              : LINGKUNGAN RUMAHKU
KELAS /SEMESTER                       : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU                                           : 3  kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR
§ Memberikan contoh  hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah  (PKn).
§ Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga (IPS).
§ Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemkan keluarga (IPS).
§ Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan: Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat) (IPA A).
§ Benda dan Sifatnya: Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan (IPA B).
§ Mendengarkan: Membedakan berba gai bunyi/ suara serta bunyi bahasa (BI A).
§ Melaksanakan sesuatu sesuai dengan atau  perintah petunjuk sederhana(BI A).
§ Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana (BI B).
§ Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat(BI C).
§ Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf (BI D).
§ Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar (BI D).
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orjaskes).
§ Seni Rupa: Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar.
§ Seni Musik: Melafalkan lagu anak-anak.
§ Seni Tari: Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat.

II.   INDIKATOR
§ Mengidentifikasi ruang dalam rumah (PKn).
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Menjelaskan kasih sayang dalam keluarga (IPS).
§ Mengidentifikasi ruang dalam rumah.
§ Menceritakan tentang fungsi dari setiap ruang.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
§ Mengidentifikasi  macam-macam kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat (IPA).
§ Menjelaskan pentingnya memenuhi keutuhan tubuh.
§ Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
§ Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
§ Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
§ Merawat tanaman atau hewan peliharaan.
§ Menceritakan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi yg didengarkan.
§ Menentukan nama-nama benda yg dideskripsikan guru sesuai dg ciri fisiknya.
§ Mendeskripsikan benda lain dg bimbingan guru.
§ Menyebutkan ciri fisik benda sekitar (nama, bentuk, warna, bahan) menggunakan kalimat sederhana dan kosa kata yg sudah dikuasai.
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang benar.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.

§ Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.

§ Menyalin atau mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Membaca huruf, kata dan kalimat sederhana.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar dan dapat oleh orang lain.
§ Melengkapi kalimat yg belum selesai berdasarkan gambar.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung yang rapi dan mudah dibaca orang lain.
§ Berjalan dengan langkah pendek/panjang ke berbagai arah.
§ Kerjasama dalam kelompok.
§ Melakukan pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar lokomotor.
§ Menentukan sumber bunyi  dari tepukan tangan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar. 

III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Kebunku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
§ Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Lingkungan Rumahku)

2.   Kegiatan Inti
1)        Semua siswa diajak berdinamika dengan cara bertepuk tangan serempak. Kemudian  diajak menyanyikan lagu “Kebunku” sambil diiringi tepuk tangan sesuai tempo lagu. Setelah selesai siswa diminta bertepuk tangan bersama dengan cepat. Siswa diminta membedakan tepuk tangan ketika menyanyikan lagu dengan tepuk tangan dan Tepuk tangan ketika selesai menyanyi.
2)        Siswa ditugaskan berkelompok dengan  teman sebangkunya, kemudian ditugaskan mengerjakan soal  Bagian “Ayo Berhitung”. Salah satu siswa secara bergantian diminta membaca teks/bacaan di halaman 44 sampai dengan 47. 
3)        Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya yaitu memberikan jawaban terhadap hitungan yang sudah dikerjakan (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
4)        Selanjutnya kelompok ditambah dengan teman di bangku sebelahnya, (anggota 4 siswa), kemudian diminta mengamati gambar di halaman 48. ”Ayo Bermain” tentang tebak benda. Cara/langkahnya sebagai berikut (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
§ Guru menyiapkan kartu atau gambar yang berisi benda-benda yang ada di lingkungan rumah.
§ Gambar-gambar bisa bermakna penjumlahan danatau pengurangan dari sejumlah benda dalam gambar.
§ Kelompok siswa mengambil gambar 1 dan ditunjukkan kepada kelompok lain yang akan menjawab apa isi dari gambar itu.
§ Kalau jawaban yang diberikan benar, bisa dilanjutkan pada gambar lain.
§ Kelompok secara bergantian saling menunjukkan gambar dan memberikan jawabannya.
§ Siapa yang banyak menjawab dengan benar, adalah yang mendapat poin.
5)        Setelah selesai bermain tebak kata, siswa (masih dalam kelompok) diajak mengidentifikasi macam-macam benda yang ada di dalam buku bagian ”Lingkungan Rumah” secara keseluruhan. Semua kelompok ditugaskan menghitung ada berapa jumlah gambar yang ada dalam setiap halaman buku. Ditulis di buku masing-masing siswa.
6)        Hasil identifikasi dilaporkan di depan kelas oleh wakil kelompok, dan kelompok yang lain membandingkan dengan jawaban kelompoknya. Apabila ada yang tidak sama, bisa ditanyakan dan didiskusikan lagi, sampai ada kata sepakat tentang jumlah yang sebenarnya.
7)        Siswa kembali ke kursi di bangku masing-masing, kemudian semua siswa diajak keluar kelas mengelilingi halaman sekolah, mengamati lingkungan sekolah.
8)        Setelah berkeliling di sekolah, siswa bekerjasama dengan teman sebangkunya dan diajak berdiskusi kelas atau bertanya jawab membahas hal-hal sebagai berikut:
§ lingkungan sekolah yang bersih itu seharusnya bagaimana.
§ apa ciri-ciri sekolah bersih.
§ apakah sekolahnya bisa dikatakan sehat.
§ siswa diminta membedakan ruangan apa saja yang ada di sekolah dengan ruang apa saja yang ada di rumah.
§ berapa banyak ruang kelas yang ada di sekolahnya.
§ Guru menuliskan jumlah ruang kelas dan jumlah ruang lainnya di papan tulis.
§ Semua siswa diminta menulis dan menyalinnya di buku tulisnya sendiri dan dikumpulkan (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
9)        Guru menyiapkan beberapa gambar dalam kartu (misalnya macam-macam tanaman denganmacam-macam hewan. gambar bunga, gambar ayah menyiram  kebun bunga, ibu memetik bunga di taman, taman dengan bunga yang indah, mobil, angka, binatang peliharaan seperti anjing, kupu-kupu, kucing, kuda, ayam, dan sebagainya) Siswa di bagi beberapa kelompok untuk melaksanakan.
10)     Setiap kelompok dapat berlomba menjawab pertanyaan. Dengan cara menghubungkan antara gambar yang satu dengan gambar yang lain, yang memang berhubungan (misalnya taman yang ada tanaman bunganya dengan kupu). Guru menunjuk salah satu siswa yang berani untuk memegang kartu dan ditunjukkan kepada kelompok supaya ditebak namanya, dan menuliskan jawabannya di kertas. Hasil jawaban dikumpulkan. Siapa yang jawabannya benar yang yang paling banyak dan paling cepat mengumpulkan jawaban  menjadi pemenang. Guru menyiapkan hadiah permen bagi kelompok yang menang (BI, PKn, MAT, IPS, IPA).
11)     Semua siswa secara individu diminta mengerjakan tugas (lihat buku kerja BI, IPS, IPS dan Matematika) dan semua siswa mengerjakan soal dari halaman yang berbeda, untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami materi-materi yang sudah dipelajari selama beberapa kali pertemuan.
12)     Kalau ada yang   belum dipahami, bisa bertanya jawab bagaimana jawaban yang benar
13)     Semua siswa secara individu menjawab soal di halaman 50, 51 dan 52 dan dikumpulkan kepada guru untuk dinilai.
14)     Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 49) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga.
§ Lingkungan keluarga.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)


Mengetahui,                                                                                  Guru Kelas 1


Kepala Sekolah


Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai dengan cara:
1.       Menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang sudah dirancang.
2.       Semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur pencapaian indikator.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar