Senin, 21 Mei 2012

Silabus PKn SD Kelas IV Semester I


Silabus

Nama Sekolah                     : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran                    : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                                      : IV
Semester                              : 1

STANDAR KOMPETENSI:
1.     Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1   Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.

Desa
·    Menyimak pemahaman desa menurut PP No. 72 tahun 2005 tentang Desa.
·    Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan desa.
·    Memahami arti pembentukan, penggabungan, pemekaran, dan perubahan status desa.

Menjelaskan lingkungan desa.
Tugas individu
·    Penilaian lisan
·    Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
Mengapa pemerintah desa dapat memanfaatkan kekayaan desa sebagai dana penyelenggaraan pemerintah desa?
4 x 35 menit
·    Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1-10, 11-14, 15-16.
·    Orang tua.
·    Teman.
·    Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen


·       Mengenal pemerintahan desa (kepala desa dan BPD) dan perangkat desa (sekretaris desa, sekretariat desa, pelaksana teknis lapangan, dan unsur kewilayahan).
·       Menyebutkan persyaratan dan cara pemilihan kepala desa.
·       Menyebutkan tugas, wewenang, dan kewajiban kepala desa.
·       Mengetahui pertanggungjawaban kepala desa.
Menyebutkan perangkat desa.







·       Menyebutkan sumber-sumber keuangan desa.
Menyebutkan sumber keuangan desa

.





Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

Kelurahan.
·       Menyimak pemahaman kelurahan menurut PP No. 73 tahun 2005 tentang Kelurahan.
·       Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan kelurahan.
·       Memahami arti pembentukan, penggabungan, dan pemekaran kelurahan.
·       Mengidentifikasi perbedaan antara kelurahan dan desa.
Menjelaskan lingkungan kelurahan.

·       Penilaian tulisan
·       Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber lain kepada kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah?




·       Mengenal lurah dan perangkat kelurahan (sekretaris kelurahan, seksi-
Menyebutkan perangkat kelurahan.





Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen


seksi, dan jabatan fungsional).








·       Menyebutkan sumber-sumber keuangan kelurahan.
Menyebutkan sumber keuangan kelurahan.






Kecamatan.
·       Menyimak pemahaman tentang pengertian kecamatan.
·       Mengenal camat dan perangkat kecamatan (sekretaris camat dan seksi-seksi).
·       Mengetahui tugas dan pertanggungjawaban camat.
·       Mengetahui partner kerja sama camat (Danramil dan Kapolsek)


Menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.

·       Penilaian tulisan
·       Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa semua perangkat kecamatan bertanggung jawab kepada camat? Mengapa camat mendapatkan gaji dari pemerintah?


Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.2.  Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.


Struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
·       Mengamati gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
Memahami gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.



2 x 35 menit
·       Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 9, 13, 16.
·       Orang tua.
·       Teman.
·       Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).

Mengetahui,
Kepala Sekolah


______________________
NIP.
….., …..
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan


_______________________________
NIP.


Nama Sekolah                     : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran                    : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                                      : IV
Semester                              : 1

STANDAR KOMPETENSI:
2.     Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1   Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.

Pemerintah kabupaten/kota.
·       Menyebutkan kepala daerah kabupaten/kota.
·       Mengenal perangkat daerah kabupaten/kota (sekretariat daerah, dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan).
·       Menjelaskan cara pemilihan kepala daerah kabupaten/kota dan pertanggungjawabannya.
Menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota.
Tugas individu
·       Penilaian lisan
·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
Apa yang dimaksud dengan otonomi daerah?
4 x 35 menit
·       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SDr Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 33-37, 38-41, 41-42.
·       Orang tua.
·       Teman.
·       Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).

Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen


·       Menyimak pemahaman tentang kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota.
·       Menyebutkan kewajiban daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah.
Menyebutkan ewenangan pemerintah kabupaten/kota.






Pemerintah provinsi di Indonesia.
·       Mengenal pemerintahan provinsi (gubernur dan DPRD) serta pertanggungjawabannya.
Menjelaskan pemerintahan provinsi.







·       Menyimak pemahaman tentang kewenangan daerah provinsi.
·       Menyebutkan tugas dan wewenang pemerintah daerah serta kewajiban kepala daerah.


Menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi.





Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
·       Memahami pengertian DPRD.
·       Mengetahui keanggotaan DPRD
·       Menyebutkan tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
Memahami tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.

·       Penilaian lisan
·       Penilaian unjuk kerja (keberani-an untuk menyam-paikan pendapat)
Mengapa gubernur wajib memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945?


2.2   Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi.

Struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
·       Mengamati gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
Memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.



2 x 35 menit
·       Buku paket PKn SD Kelas IV ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilu-jeng, M.Pd.) hlm. 35, 40.
·       Orang tua.
·       Teman.
·       Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).

Mengetahui,
Kepala Sekolah
______________________
NIP.
….., …..
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

_______________________________
NIP.










Nama Sekolah                     : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran                    : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                                      : IV
Semester                              : 2

STANDAR KOMPETENSI:
3.     Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1   Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dll.

Pengertian pemerintah.
·       Menyimak pengertian pemerintah, pemerintahan, dan sistem pemerintahan.
·       Menyebutkan komponen-komponen pemerintahan (eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
·       Menyimak pemahaman tentang sistem presidensial.
Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan.
Tugas individu
·       Penilaian lisan
·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintahan?
4 x 35 menit
·       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
·       Orang tua.
·       Teman.
·       Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).
·        
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

Komponen pemerintahan di Indonesia
·       Menyebutkan lembaga-lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD).
·       Menjelaskan keanggotaan MPR, DPR, dan DPD.
·       Menyebutkan tugas dan wewenang MPR, DPR, dan DPD.
Menjelaskan lembaga legislatif
Tugas individu
·       Penilaian lisan
·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan pendapat)
Bagaimana susunan keanggotaan dan kedudukannya?
Apa tugas dan wewenangnya?




·       Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.
·       Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
·       Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala negara.
·       Menyebutkan
Menjelaskan lembaga eksekutif
Tugas kelompok
·       Penilaian lisan
·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampa-ikan penda-pat)
Apa arti lembaga eksekutif?
Apa saja tugas-tugas presiden?


Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen


tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.








·       Menjelaskan pengertian lembaga yudikatif.
·       Menyebutkan tugas dan wewenang MA, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial.
Menjelaskan lembaga yudikatif
Tugas kelom-pok
·       Penilaian lisan
·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan pendapat)
Mendiskusikan lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
Apa tugas dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut?




·       Menjelaskan keanggotaan BPK.
·       Menjelaskan tugas dan wewenang BPK.
Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan
Tugas kelom-pok
·       Penilaian lisan
·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan pendapat)
Apa tugas BPK?
Kepada siapa hasil tugas BPK diserahkan?




·       Menjelaskan tugas dan wewenang KPU.
Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum






Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.

Lembaga eksekutif
·       Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.
·       Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
·       Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala negara.
·       Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.
Memahami lembaga eksekutif (presiden).
















Mengetahui,
Kepala Sekolah


______________________
NIP.
….., …..
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan


_______________________________
NIP.
Nama Sekolah                     : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran                    : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                                      : IV
Semester                              : 2

STANDAR KOMPETENSI:
4.     Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1   Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.

Arti dan sejarah globalisasi.
·       Memahami manusia sebagai makhluk sosial (hidup bersama dengan manusia lainnya).
·       Memahami arti globalisasi.
·       Mengetahui sejarah globalisasi dan perkembangan-nya.
Menceritakan proses globalisasi.
Tugas individu
·       Penilaian lisan
·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
Mengapa globalisasi terjadi?
4 x 35 menit
·       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 85-90, 91-96, 97-98.
·       Orang tua.
·       Teman.
·       Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

Kita di tengah-tengah globalisasi
·       Menceritakan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.

·       Penilaian lisan (keberanian menyampaikan pendapat)
·       Penilaian tulisan
·       Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
Buatlah tabel mengenai makanan impor apa saja yang digemari di Indonesia.

Mengapa permainan playstation atau game di komputer di Indonesia?



Sikap kita terhadap globalisasi.
·       Menjelaskan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi.





4.2   Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.

Kita di tengah-tengah globalisasi.
·       Menyebutkan contoh-contoh kebudayaan Indonesia (tarian tradisional) dan asing.
·       Menampilkan dampak positif.
Menjelaskan globalisasi kebudayaan.

·       Penilaian tulisan
·       Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
Buatlah daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia.

·       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra.
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen


globalisasi, seperti mengirimkan misi kebudayaan Indonesia ke luar negeri





Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 95-96.
·       Orang tua.
·       Teman.
Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.

Sikap kita terhadap globalisasi
·       Menyebutkan dampak negatif dan positif dari globalisasi.
·       Menyebutkan contoh-contoh dampak (positif dan negatif) globalisasi.
·       Menentukan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.

·       Penilaian tulisan
·       Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
Mengisi kolom skala sikap.

·       Buku paket (Buku PKn untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 97-98.
·       Orang tua.
·       Teman.
·       Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).











Mengetahui,
Kepala Sekolah


______________________
NIP.
….., …..
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan


_______________________________
NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar