SILABUS
Lampiran 1
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
V
Semester : 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Alquran) : 1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun
|
Surah Al Lahab
dan Al Kafirun
|
1 Siswa membaca Surah Al Lahab dan Al
Kafirun sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar secara klasikal,
kelompok dan individu serta berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada
surah tersebut.
|
1Membaca Surah al Lahab dan Al Kafirun
dengan harakat dan makhraj yang benar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
1. Lafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun
sesuai dengan makhraj dan harakat yang benar!
|
3 x 35 menit
|
1. Teks
lafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun di karton atau papan tulis
2. Tulisan hukum -hukum bacaan yang ada di
Surah Al Lahab dan Al Kafirun
3.
Buku tajwid
4.
Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 NTR ESIS hal
5.
Alquran (juz amma)
6.
Kaset atau CD tentang cara baca Alquran
7.
Pengalaman guru
|
2. Mengulang-ulang membaca Surah Al lahab
dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
2. Lafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun
dengan menerapkan hukum bacaan yang
ada pada surah tersebut!
(Lihat Buku
Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-Esis halaman )
|
|||||
1.2 Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun
|
Surah Al Lahab
dan Al Kafirun
|
1.
Siswa mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara klasikal,
kelompok dan individu dan mengkaji isi pokok dalam kedua surah tersebut
2. Siswa menghafal Surah Al Lahab dan Al
Kafirun
|
1. .Mengartikan Surah Al lahab dan AlKafirun
|
Tes tulis
|
Pemaknaan
|
1. Artikan
ayat-ayat di bawah ini:
a. Ayat 2 Surah
Al Lahab
b. Ayat 5 Surah
Al Kafirun
c. Ayat 4 Surah
Al Lahab
|
6 x 35 menit
|
1. Teks lafal Surah Al Lahab dan Al
Kafirun beserta artinya di karton atau papan tulis
2.
Buku tajwid
3.
Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 NTR ESIS hal
4.
Alquran (juz amma)
5.
Kaset atau CD tentang cara baca Alquran
6.
Pengalaman guru
|
2. Menunjukkan hafal Surah Al Lahab dan Al
Kafirun
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
2. Hafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun!
|
SILABUS
Lampiran 2
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
V
Semester : 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Aqidah): 2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Menyebutkan
nama-nama kitab Allah SWT
|
Kitab-kitab Allah SWT
|
1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang
definisi beriman kepada kitab-kitab
Allah SWT dan meyebutkan nama-nama kitab Allah SWT secara klasikal, kelompok,
dan individu.
|
1. Menjelaskan definisi beriman kepada
kitab-kitab Allah SWT
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Apa definisi beriman kepada kitab-kitab
Allah SWT?
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan nama-nama kitab
suci Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 5 NTR ESIS hal
3. Alquran (juz amma)
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
2. Sebutkan 4 dari kitab suci yang
tergolong kitab samawi!
|
|||||
2.2 Menyebutkan
nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
|
Kitab-kitab Allah
SWT
|
1. Siswa menyebutkan
nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT secara klasikal, kelompok
dan individu.
|
1. Menyebutkan
nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan
nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT!
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan nama-nama kitab
suci Allah SWT dan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab tersebut di
karton atau papan tulis.
2. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 5 NTR ESIS hal
3. Alquran (Juz amma)
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.3 Menjelaskan
Alquran sebagai kitab suci terakhir
|
Kitab-kitab Allah SWT
|
1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang
definisi kitab suci Alquran dan kedudukannya bagi umat Islam melalui forum
tanya jawab dan diskusi kelompok
|
1. Menjelaskan pengertian kitab suci
Alquran
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Apa yang dimaksud dengan kitab suci
Alquran?
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan nama-nama kitab
suci Allah SWT dan nama-nama Rasul yang menerimanya di karton atau papan
tulis
2. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 5 NTR ESIS hal
3. Alquran (juz amma)
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
|
2. Menjelaskan bahwa Alquran merupakan pedoman umat
Islam
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
2. Bagaimana kedudukan Alquran sebagai kitab suci
terakhir yang merupakan pedoman hidup bagi umatIslam?
|
SILABUS
Lampiran 3
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
V
Semester : 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Tarikh): 3. Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Menceritakan
kisah Nabi Ayyub AS
|
Kisah Nabi Ayyub
AS
|
1. Siswa berlatih
menceritakan kembali kisah Nabi Ayyub AS berdasarkan penjelasan guru dan
bacaan dari buku referensi melalui forum tanya jawab dan diskusi serta
menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS berdasarkan materi yang
telah dipelajari.
|
1. Menceritakan
kisah Nabi Ayyub AS
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Ceritakan dengan singkat bagaimana cara Allah
menyembuhkan penyakit Nabi Ayyub
AS?
|
3 x 35 menit
|
1. Teks kisah Nabi Ayyub AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan
cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub
AS
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
2. Nabi Ayyub AS
dijauhi oleh para tetangganya dan kerabatnya karena…
a. buta
b. miskin
c. memiliki
penyakit kulit
|
|||||
|
|
|
|
|||||
3.2 Menceritakan
kisah Nabi Musa As
|
Kisah Nabi Musa
AS
|
1. Siswa berlatih
menceritakan kembali kisah Nabi Musa
AS berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum
tanya jawab dan diskusi serta menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi Musa AS berdasarkan materi yang telah
dipelajari.
|
1. Menceritakan
kisah Nabi Musa AS
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Bagaimana peristiwa yang dialami Nabi Musa AS
ketika belajar dengan Nabi Khizir?
|
3 x 35 menit
|
1. Teks kisah Nabi Musa AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan mukjizat Nabi Musa AS
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
2. Mukjizat Allah kepada Nabi Musa
diantaranya adalah tongkat yang dapat berubah menjadi…
a. mutiara
b. ular
c. laba-laba
|
|||||
|
|
|
|
|||||
3.3 Menceritakan
kisah Nabi Isa As
|
Kisah Nabi Isa AS
|
1. Siswa berlatih
menceritakan kembali kisah Nabi Isa AS berdasarkan penjelasan guru dan bacaan
dari buku referensi melalui forum tanya jawab dan diskusi serta menyebutkan
mukjizat-mukjizat Nabi Isa AS berdasarkan materi yang telah dipelajari.
|
1Menceritakan
kisah Nabi Isa AS
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Ceritakan
dengan singkat perjuangan Nabi Isa dalam berdakwah kepada para pendeta
Yahudi!
|
3 × 35 menit
|
1. Teks kisah Nabi Isa AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan
mukjizat Nabi Isa AS
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
2. Mukjizat dapat
menghidupkan orang yang telah mati dimiliki oleh Nabi…
a. Musa AS
b. Muhammad AS
c. Isa AS
|
SILABUS
Lampiran 4
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
V
Mata Pelajaran :
Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi(Akhlak):
4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Meneladani
perilaku Nabi Ayyub AS
|
Keteladanan Nabi
Ayyub AS
|
1. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang sikap tabah yang dimiliki Nabi Ayyub AS yang
patut diteladani melalui forum
diskusi dan tanya jawab serta
menerapkan perilaku tabah dalam keseharian.
|
1. Menunjukkan
sikap meneladani ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaaan Allah SWT
|
Tes tulis
|
Essay
|
Bagaimana cara
meneladani ketabahan Nabi Ayyub As dalam keseharianmu?
|
3 x 35 menit
|
1. Teks kisah Nabi Ayyub AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
|
|
|
|
|||||
4.2 Meneladani
perilaku Nabi Musa AS
|
Keteladanan Nabi
Musa AS
|
1. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang keteguhan iman Nabi Musa AS dalam
menjalankan perintah Allah SWT dan
keberaniannya melawan Raja Fir`aun melalui forum diskusi dan tanya jawab
serta meneladani perilaku-perilaku tersebut dalam praktik keseharian.
|
1. Meneladani
keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT
|
Tes tulis
|
Essay
|
Cobaan apa saja
yang dihadapi Nabi Musa dalam menjalankan perintah Allah SWT?
|
3 x 35 menit
|
1. Teks kisah Nabi Musa AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Meneladani keberanian Nabi Musa AS melawan Raja
Fir`aun.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Bagaimana usahamu agar memiliki keberanian seperti
Nabi Musa AS?
|
|||||
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.3 Meneladani perilaku Nabi Isa AS
|
Keteladanan Nabi
Isa As
|
1. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang keteguhan iman Nabi Isa AS dalam menjalankan
perintah Allah SWT dan sifat
penolongnya terhadap kaumnya melalui forum diskusi dan tanya jawab serta
meneladani perilaku-perilaku tersebut dalam praktik keseharian.
|
1. Meneladani
keteguhan iman Nabi Isa AS terhadap
Allah SWT
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Ceritakan dengan singkat bagaimana sikap Nabi Isa
AS dalam mengajak kaumnya untuk menyembah Allah SWT?
|
3 x 35 menit
|
1. Teks kisah Nabi Isa AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Meneladani sifat
penolong Nabi Isa As terhadap kaumnya
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
2. Pernahkah kamu
menolong temanmu? Ceritakan dengan singkat!
|
|||||
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SILABUS
Lampiran 5
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
V
Semester : 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Fiqih): 5. Mengumandangkan azan dan iqamah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Melakukan
azan dan iqamah sebelum salat dengan benar
|
Lafal azan dan
iqamah
|
1. Siswa melafalkan azan dan iqamah secara klasikal
dan kelompok mengikuti bacaan guru, menghafalkan lafal azan dan iqamah serta
mempraktikkan tatacara azan dan iqamah secara kelompok dan individu di depan
kelas.
|
1. Melafalkan azan dan iqamah
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
1. Lafalkan bacaan azan dan iqamah dengan benar!
|
6 × 35 menit
|
1. Teks bacaan lafal azan
dan iqamah
2. Gambar peraga tentang
tatacara azan dan iqamah
3. Teks lafal jawaban azan
dan doa setelah azan
4. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 5 NTR, ESIS hal
5. Kaset/CD tentang cara azan dan iqamah
6. Alquran (Juz Amma)
7. Pengalaman guru
|
2. Menunjukkan
hafal lafal azan dan iqamah
|
Tes lisan
|
hafalan
|
2. Hafalkan
bacaan lafal azan dan iqamah!
|
|||||
3. Mempraktikkan azan dan iqamah ketika hendak
salat
|
Praktik
|
Praktik
|
3. Praktikkan tatacara azan dan iqamah untuk
Salat Subuh! (Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD
jl.5 NTR-Esis halaman)
|
|||||
Latihan Semester I (halaman )
|
|
|
|
|
|
|
2 x 35 menit
|
|
SILABUS
Lampiran 6
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
V
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Alquran): 6. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1 Membaca QS Al
Ma`un dan Al Fil
|
Surah Al Ma`un dan Al Fil
|
1. Siswa membaca
Surah Al Ma`un Al Fil sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar secara
klasikal, kelompok dan individu serta berlatih menerapkan hukum bacaan yang
ada pada surah tersebut.
|
1. Membaca QS Al Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan
Makhraj yang benar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
1. Lafalkan Surah Al Ma`un dan Al Fil sesuai dengan
harakat dan makhraj yang benar!
|
3 x 35 menit
|
1. Teks Surah Al Ma`un dan
Al Fil di karton atau papan tulis
2. Tulisan hukum-hukum
bacaan yang ada pada Surah Al Ma`un dan Al Fil
3. Buku Tajwid
4. Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 5. NTR ESIS hala
5. Kaset/CD Alquran
6. Alquran (juz amma)
7. Pengalaman guru
|
2. Mengulang-ulang membaca QS Al Ma`un dan Al Fil
dengan harakat dan makhraj yang benar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
2. Lafalkan Surah Al Ma`un dan Al Fil dengan hukum
bacaan yang ada padanya! (Lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jil. 5 Ntr
Esis hal )
|
|||||
|
|
|
|
|||||
6.2 Mengartikan QS
Al Ma`un dan Al Fil
|
Surah Al Ma`un
dan Al Fil
|
1. Siswa
mengartikan Surah Al Ma`un dan Al Fil secara klasikal, kelompok dan individu
dan mengkaji isi pokok dalam kedua surah tersebut
2. Siswa
menghafal Surah Al Ma`un dan Al Fil
|
1. Mengartikan Surah Al Ma`un dan Al Fil
|
Tes tulis
|
Pemaknaan
|
Sebutkan arti
dari ayat-ayat di bawah ini:
a. ayat ke-3
Surah Al Ma`un
b. ayat ke-2
Surah Al Fil
c. ayat ke-5
Surah Al Ma`un
|
6 x 35 menit
|
1. Teks Surah Al Ma`un dan Al Fil beserta
artinya di karton atau papan tulis
2. Tulisan hukum-hukum
bacaan yang ada pada Surah Al Ma`un dan Al Fil
3. Buku Tajwid
4. Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 5. NTR ESIS halaman
5. Kaset/CD Alquran
6. Alquran (juz amma)
7. Pengalaman
guru
|
2. Menunjukkan hafal Surah Al Ma`un dan Al Fil
|
Tes tulis
|
Hafalan
|
Hafalkan Surah Al Ma`un dan al Fil!
|
|||||
|
|
|
|
SILABUS
Lampiran 7
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
III
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Aqidah): 7. Mengenal Rasul-rasul Allah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Menyebutkan
nama-nama Rasul Allah SWT
|
Nama-nama Rasul
Allah SWT
|
1. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang pengertian beriman kepada Rasul-rasul Allah
melalui forum diskusi dan menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT secara
klasikal, kelompok dan individu.
|
1. Beriman dan
mampu menyebutkan nama-nama Rsaul Allah SWT
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang kamu ketahui tentang iman kepada Rasul Allah
SWT?
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan nama-nama Rasul Allah SWT di
karton atau papan tulis
2. Buku pendidikan Agama Islam Jilid 5,
NTR ESIS halaman
3. Alquran (juz ammma)
4. Buku kisah Rasul-rasul Allah SWT
5. Kaset/ CD tentang Rasul Allah SWT
6. Pengalaman guru
|
7.2 Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari
para Rasul
|
Nama-nama Rasul
Ulul Azmi
|
1. Siswa
menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi secara klasikal, kelompok dan individu
dan menyebutkan keutamaan-keutamaan yang dimiliki para Rasul Ulul Azmi
melalui forum diskusi dan tanya jawab
|
1. Menyebutkan
nama-nama Rasul Ulul Azmi
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan
nama-nama para Rasul yang tergolong Rasul Ulul Azmi!
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan nama-nama Rasul Ulul Azmi di karton atau papan tulis
2. Buku pendidikan Agama Islam Jilid 5,
NTR ESIS halaman
3. Alquran (juz ammma)
4. Buku kisah Rasul-rasul Allah SWT
5. Kaset/ CD tentang Rasul Allah SWT
6. Pengalaman
guru
|
7.3 Membedakan Naabi dan Rasul
|
Membedakan antara
Nabi dan Rasul
|
1. Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai
perbedaan Nabi dan Rasul, tugas dan keutamaan Rasul, melalui forum diskusi
dan tanya jawab
|
1. Membedakan antara Nabi dan Rasul
|
Tes Tulis
|
Essay
|
Apakah perbedaan
mendasar antara seorang Nabi dan Rasul?
|
3 x 35 menit
|
1.
Tulisan nama-nama Rasul Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Tulisan perbedaan antara Nabi dan Rasul
di karton
3. Buku pendidikan Agama Islam Jilid 5,
NTR ESIS halaman
4. Alquran (juz ammma)
6. Buku kisah Rasul-rasul Allah SWT
7. Kaset/ CD tentang Rasul Allah SWT
8. Pengalaman
guru
|
SILABUS
Lampiran 8
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
2
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Agama Islam
Standar kompetensi
(Tarikh): 8. Menceritakan Kisah Sahabat Nabi
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1 Menceritakan
kisah Khlaifah Abu Bakar RA
|
Kisah Khalifah
Abu Bakar RA
|
1. Siswa berlatih
menceritakan kembali kisah Abu Bakar RA berdasarkan penjelasan guru dan
bacaan dari buku referensi melalui forum diskusi dan tanya jawab.
|
1. Menceritakan
kisah Khalifah Abu Bakar RA
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa sebabnya Abu
Bakar diberi gelar As Siddiq?
|
3 x 35 menit
|
1. Teks cerita
kisah Khalifah Abu Bakar RA
2. Buku
kisah-kisah sahabat Nabi
3. Buku
Pendidikan Agama Islam Jilid. 5, NTR Esis halaman
4. Kaset/Cd
tentang kisah sahabat Nabi
5. AlQuraan (juz
amma)
6. pengalaman
guru
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|||||
8.2 Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
|
Kisah Umar bin Khattab RA
|
1.Siswa berlatih
menceritakan kembali kisah Umar bin Khattab RA berdasarkan penjelasan guru
dan bacaan dari buku referensi melalui forum diskusi dan tanya jawab
|
1. Menceritakan kisah Khalifah Umar bin
Khattab
|
Tes tulis
|
Essay
|
Mengapa Umar bin
Khattab dijuluki singa padang
pasir?
|
3x 35 menit
|
1. Teks cerita kisah Khalifah Umar bin Khattab
RA
2. Buku kisah-kisah
sahabat Nabi
3. Buku
Pendidikan Agama Islam Jilid. 5, NTR Esis halaman
4. Kaset/Cd
tentang kisah sahabat Nabi
5. AlQuraan (juz
amma)
6. pengalaman
guru
|
|
|
|
|
|||||
|
|
SILABUS
Lampiran 9
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
V
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Akhlak): 9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.1 Meneladani
perilaku Khlaifah Abu Bakar RA
|
Kisah keteladanan
Khalifah Abu Bakar RA
|
1. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang kecintaan Abu Bakar terhadap Rasulullah SAW
dan kedermawanan Abu Bakar, serta kesahajaan Abu Bakar sebagai khalifah
berdasarkan materi yang telah dipelajari melalui forum diskusi dan tanya
jawab, serta meneladani perilaku Abu Bakar dalam praktik keseharian
|
1. Meneladani
kecintaan Abu Bakar RA terhadap Rasulullah SAW
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang harus kamu lakukan sebagai tanda kecintaan
terhadap Rasulullah SAW?
|
3 x 35 menit
|
1. Teks cerita
kisah Khalifah Abu Bakar RA
2. Buku
kisah-kisah sahabat Nabi
3. Buku
Pendidikan Agama Islam Jilid. 5, NTR Esis halaman
4. Kaset/Cd
tentang kisah sahabat Nabi
5. AlQuraan (juz
amma)
6. pengalaman guru
|
2. Meneladani
kedermawanan Abu Bakar RA
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Siapakah nama
budak yang dimerdekakan Abu Bakar RA?
|
|||||
3. Meneladani
kesahajaan Abu Bakar RA sebagai khalifah
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan dua
keuntungan orang yang hidup bersahaja!
|
|||||
9.2 Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA
|
Kisah keteladanan
Khalifah Umar bin Khattab RA
|
1. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang keberanian Umar bin Khattab dalam menegakkan
ajaran Islam dan jiwa pemimpin Umar Bin Khattab berdasarkan materi yang telah
dipelajari melalui forum diskusi dan tanya jawab, serta meneladani perilaku
Umar bin Khattab dalam praktik keseharian
|
1. Meneladani
keberanian Umar bin Khattab dalam menegakkan ajaran Islam
2. Meneladani
jiwa kepemimpinan Umar bin Khattab RA
|
Tes tulis
Tes Tulis
|
Essay
Jawaban singkat
|
Umar bin Khattab
sangat istiqamah dalam ajaran Islam. Jelaskan apa maksudnya!
Jelaskan sifat
kepemimpinan Umar bin Khattab RA!
|
3 x 35 menit
|
1. Teks cerita
kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
2. Buku
kisah-kisah sahabat Nabi
3. Buku
Pendidikan Agama Islam Jilid. 5, NTR Esis halaman
4. Kaset/Cd
tentang kisah sahabat Nabi
5. AlQuraan (juz
amma)
6. pengalaman
guru
|
SILABUS
Lampiran 10
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
V
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Fiqih): 10. Mengenal puasa wajib
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
10.1 Menyebutkan
ketentuan-ketentuan puasa Ramadan
|
Puasa Ramadan dan
puasa sunah
|
1. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang pengertian puasa Ramadan, menyebutkan ketentuan-ketentuan
puasa Ramadan dan puasa sunah
|
1. Menejelaskan
pengertian puasa Ramadan
|
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
|
Apa yang kamu ketahui tentang definisi puasa?
|
3 x 35 menit
|
1. Teks lafal doa berbuka puasa, lafal
makan sahur, dan niat puasa di karton atau papan tulis
2. Gambar peraga tentang tatacara berpuasa
yang benar
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5,
NTR ESIS halaman
4. Pengalaman guru
|
2. Menyebutkan
ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa saja yang
termasuk puasa sunah?
|
|||||
|
|
|
|
|||||
10.2 Menyebutkan himah puasa
|
Puasa Ramadan dan
puasa sunah
|
1. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang hikmah yang dapat dipetik dari puasa Ramadan
dan puasa sunah dan mempraktikkan puasa sunah dalam kesempatan lain
|
1. Mempraktikkan
puasa Senin dan Kamis
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Puasa dapat
mendidik seseorang agar memiliki jiwa sosial, apa maksudnya?
|
3 x 35 menit
|
1. Teks lafal doa berbuka puasa, lafal
makan sahur, dan niat puasa di karton atau papan tulis
2. Gambar peraga tentang tatacara berpuasa
yang benar
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5,
NTR ESIS halaman
4. Pengalaman
guru
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar