Senin, 21 Mei 2012

Silabus PAI SD Kelas V Semester I


SILABUS
Lampiran 1
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   V
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran) : 1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun

Surah Al Lahab dan Al Kafirun

1 Siswa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar secara klasikal, kelompok dan individu serta berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah tersebut.


1Membaca Surah al Lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar

Tes lisan

Pelafalan












1. Lafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun sesuai dengan makhraj dan harakat yang benar!


3 x 35 menit
























1.  Teks lafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun di karton atau papan tulis
2. Tulisan hukum -hukum bacaan yang ada di Surah Al Lahab dan Al Kafirun
3.   Buku tajwid
4.   Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 NTR ESIS hal
5.   Alquran (juz amma)
6.   Kaset atau CD tentang cara baca Alquran
7.   Pengalaman guru


2. Mengulang-ulang membaca Surah Al lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar

Tes lisan

Pelafalan

2.  Lafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan  menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah tersebut!
(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5  NTR-Esis halaman    )



1.2 Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun

Surah Al Lahab dan Al Kafirun

1.   Siswa mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara klasikal, kelompok dan individu dan mengkaji isi pokok dalam kedua surah tersebut
2. Siswa menghafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun


1. .Mengartikan  Surah Al lahab dan AlKafirun






Tes tulis









Pemaknaan








1. Artikan ayat-ayat di bawah ini:
a. Ayat 2 Surah Al Lahab
b. Ayat 5 Surah Al Kafirun
c. Ayat 4 Surah Al Lahab


 6 x 35 menit



1. Teks lafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun  beserta artinya  di karton atau papan tulis
2.   Buku tajwid
3.   Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 NTR ESIS hal
4.   Alquran (juz amma)
5.   Kaset atau CD tentang cara baca Alquran
6.   Pengalaman guru














2. Menunjukkan hafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun 

Tes lisan

Hafalan

2. Hafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun!












SILABUS
Lampiran 2
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   V
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah): 2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT

Kitab-kitab Allah SWT

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang definisi beriman kepada  kitab-kitab Allah SWT dan meyebutkan nama-nama kitab Allah SWT secara klasikal, kelompok, dan individu.

1. Menjelaskan definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT


Tes tulis

Essay

1. Apa definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT?

 3 x 35 menit



1. Tulisan nama-nama kitab suci Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 NTR ESIS hal
3. Alquran (juz amma)
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar



2. Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT


Tes tulis

Jawaban singkat

2. Sebutkan 4 dari kitab suci yang tergolong kitab samawi!

2.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT

Kitab-kitab Allah SWT

1. Siswa menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu.

1. Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT


Tes tulis

Jawaban singkat

1. Sebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT!



 3 x 35 menit


1. Tulisan nama-nama kitab suci Allah SWT dan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab tersebut di karton atau papan tulis.
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 NTR ESIS hal
3. Alquran (Juz amma)
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar







Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.3 Menjelaskan Alquran sebagai kitab suci terakhir

Kitab-kitab Allah SWT

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang definisi kitab suci Alquran dan kedudukannya bagi umat Islam melalui forum tanya jawab dan diskusi kelompok

1. Menjelaskan pengertian kitab suci Alquran


Tes tulis

Essay

1. Apa yang dimaksud dengan kitab suci Alquran?

 3 x 35 menit



1. Tulisan nama-nama kitab suci Allah SWT dan nama-nama Rasul yang menerimanya di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 NTR ESIS hal
3. Alquran (juz amma)
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar



2. Menjelaskan bahwa Alquran merupakan pedoman umat Islam


Tes tulis

Jawaban singkat

2. Bagaimana  kedudukan Alquran sebagai kitab suci terakhir yang merupakan pedoman hidup bagi umatIslam?







SILABUS
Lampiran 3
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   V
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Tarikh): 3. Menceritakan kisah Nabi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS

Kisah Nabi Ayyub AS

1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi Ayyub AS berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum tanya jawab dan diskusi serta menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS berdasarkan materi yang telah dipelajari.

1. Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS

Tes tulis

Essay

1. Ceritakan dengan singkat bagaimana cara Allah menyembuhkan penyakit Nabi Ayyub AS?

 3 x 35 menit


1. Teks kisah Nabi Ayyub AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar


2. Menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS

Tes tulis

Pilihan ganda

2. Nabi Ayyub AS dijauhi oleh para tetangganya dan kerabatnya karena…
a. buta
b. miskin
c. memiliki penyakit kulit






3.2 Menceritakan kisah Nabi Musa As

Kisah Nabi Musa AS

1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi  Musa AS berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum tanya jawab dan diskusi serta menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi  Musa AS berdasarkan materi yang telah dipelajari.

1. Menceritakan kisah Nabi Musa AS


Tes tulis



Essay




1. Bagaimana peristiwa yang dialami Nabi Musa AS ketika belajar dengan Nabi Khizir?










 3 x 35 menit



1. Teks kisah Nabi Musa AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar


2.  Menyebutkan mukjizat Nabi Musa AS

Tes tulis

Pilihan ganda

2. Mukjizat Allah kepada Nabi Musa diantaranya adalah tongkat yang dapat berubah menjadi…
a.  mutiara
b.  ular
c.  laba-laba





3.3 Menceritakan kisah Nabi Isa As

Kisah Nabi Isa AS

1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi Isa AS berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum tanya jawab dan diskusi serta menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi Isa AS berdasarkan materi yang telah dipelajari.

1Menceritakan kisah Nabi Isa AS



Tes tulis

Essay

1. Ceritakan dengan singkat perjuangan Nabi Isa dalam berdakwah kepada para pendeta Yahudi!

3 × 35 menit


1. Teks kisah Nabi Isa AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar



2. Menyebutkan mukjizat Nabi Isa AS




Tes tulis






Pilihan ganda






2. Mukjizat dapat menghidupkan orang yang telah mati dimiliki oleh Nabi…
a. Musa AS
b. Muhammad AS
c. Isa AS


SILABUS
Lampiran 4
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   V
Mata Pelajaran     :   Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi(Akhlak): 4. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1 Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS

Keteladanan Nabi Ayyub AS

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang sikap tabah yang dimiliki Nabi Ayyub AS yang patut diteladani  melalui forum diskusi  dan tanya jawab serta menerapkan perilaku tabah dalam keseharian.

1. Menunjukkan sikap meneladani ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaaan Allah SWT

Tes tulis

Essay

Bagaimana cara meneladani ketabahan Nabi Ayyub As dalam keseharianmu?

 3 x 35 menit


1. Teks kisah Nabi Ayyub AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid  5, NTR ESIS hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar






4.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS















Keteladanan Nabi Musa AS

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang keteguhan iman Nabi Musa AS dalam menjalankan perintah Allah  SWT dan keberaniannya melawan Raja Fir`aun melalui forum diskusi dan tanya jawab serta meneladani perilaku-perilaku tersebut dalam praktik keseharian.

1. Meneladani keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT

Tes tulis

Essay

Cobaan apa saja yang dihadapi Nabi Musa dalam menjalankan perintah Allah SWT?



3 x 35 menit








1. Teks kisah Nabi Musa AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid  5, NTR ESIS hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar



2. Meneladani keberanian Nabi Musa AS melawan Raja Fir`aun.


Tes tulis

Jawaban singkat

Bagaimana usahamu agar memiliki keberanian seperti Nabi Musa AS?










Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.3  Meneladani perilaku Nabi Isa AS

Keteladanan Nabi Isa As

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang keteguhan iman Nabi Isa AS dalam menjalankan perintah Allah  SWT dan sifat penolongnya terhadap kaumnya melalui forum diskusi dan tanya jawab serta meneladani perilaku-perilaku tersebut dalam praktik keseharian.

1. Meneladani keteguhan  iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT

Tes tulis

Essay

1. Ceritakan dengan singkat bagaimana sikap Nabi Isa AS dalam mengajak kaumnya untuk menyembah Allah SWT?

 3 x 35 menit


1. Teks kisah Nabi Isa AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar


2. Meneladani sifat penolong Nabi Isa As terhadap kaumnya

Tes tulis

Jawaban singkat

2. Pernahkah kamu menolong temanmu? Ceritakan dengan singkat!





















SILABUS
Lampiran 5
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   V
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Fiqih): 5. Mengumandangkan azan dan iqamah


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Melakukan azan dan iqamah sebelum salat dengan benar




Lafal azan dan iqamah



1. Siswa melafalkan azan dan iqamah secara klasikal dan kelompok mengikuti bacaan guru, menghafalkan lafal azan dan iqamah serta mempraktikkan tatacara azan dan iqamah secara kelompok dan individu di depan kelas.



1. Melafalkan azan dan iqamah 

Tes lisan

Pelafalan

1. Lafalkan bacaan azan dan iqamah dengan benar!

6 × 35 menit






1. Teks bacaan lafal azan dan iqamah
2. Gambar peraga tentang tatacara azan dan iqamah
3. Teks lafal jawaban azan dan doa setelah azan
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 NTR, ESIS hal
5.  Kaset/CD tentang cara azan dan iqamah
6. Alquran (Juz Amma)
7. Pengalaman guru





2. Menunjukkan hafal lafal azan dan iqamah

Tes lisan

hafalan

2. Hafalkan bacaan lafal azan dan iqamah!

3.  Mempraktikkan azan dan iqamah ketika hendak salat

Praktik

Praktik

3. Praktikkan tatacara azan dan iqamah untuk Salat Subuh! (Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl.5 NTR-Esis halaman)







Latihan Semester I (halaman    )






2 x 35 menit






SILABUS
Lampiran 6
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   V
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran): 6. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Membaca QS Al Ma`un dan Al Fil

Surah Al Ma`un dan Al Fil

1. Siswa membaca Surah Al Ma`un Al Fil sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar secara klasikal, kelompok dan individu serta berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah tersebut.



1. Membaca QS Al Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan Makhraj yang benar



Tes lisan







Pelafalan






1. Lafalkan Surah Al Ma`un dan Al Fil sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar!




3 x 35 menit


1. Teks Surah Al Ma`un dan Al Fil di karton atau papan tulis
2. Tulisan hukum-hukum bacaan yang ada pada Surah Al Ma`un dan Al Fil
3. Buku Tajwid
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5. NTR ESIS hala
5. Kaset/CD Alquran
6. Alquran (juz amma)
7. Pengalaman guru

2. Mengulang-ulang membaca QS Al Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan makhraj yang benar


Tes lisan




Pelafalan


2. Lafalkan Surah Al Ma`un dan Al Fil dengan hukum bacaan yang ada padanya! (Lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jil. 5 Ntr Esis hal    )






6.2 Mengartikan QS Al Ma`un dan Al Fil

Surah Al Ma`un dan Al Fil

1. Siswa mengartikan Surah Al Ma`un dan Al Fil secara klasikal, kelompok dan individu dan mengkaji isi pokok dalam kedua surah tersebut
2. Siswa menghafal Surah Al Ma`un dan Al Fil


1.  Mengartikan Surah Al Ma`un dan Al Fil

Tes tulis

Pemaknaan


Sebutkan arti dari ayat-ayat di bawah ini:
a. ayat ke-3 Surah Al Ma`un
b. ayat ke-2 Surah Al Fil
c. ayat ke-5 Surah Al Ma`un

6 x 35 menit


1.  Teks Surah Al Ma`un dan Al Fil beserta artinya  di karton atau papan tulis
2. Tulisan hukum-hukum bacaan yang ada pada Surah Al Ma`un dan Al Fil
3. Buku Tajwid
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5. NTR ESIS halaman
5. Kaset/CD Alquran
6. Alquran (juz amma)
  7. Pengalaman guru
2. Menunjukkan hafal Surah Al Ma`un dan Al Fil
Tes tulis
Hafalan
Hafalkan Surah Al Ma`un dan al Fil!




SILABUS
Lampiran 7
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   III
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah): 7. Mengenal Rasul-rasul Allah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT

Nama-nama Rasul Allah SWT

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian beriman kepada Rasul-rasul Allah melalui forum diskusi dan menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu.

1. Beriman dan mampu menyebutkan nama-nama Rsaul Allah SWT

Tes tulis

Essay

Apa yang kamu ketahui tentang iman kepada Rasul Allah SWT?

 3 x 35 menit


1. Tulisan nama-nama Rasul Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Buku pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS halaman
3. Alquran (juz ammma)
4. Buku kisah Rasul-rasul Allah SWT
5. Kaset/ CD tentang Rasul Allah SWT
6. Pengalaman guru

7.2  Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul
















Nama-nama Rasul Ulul Azmi















1. Siswa menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi secara klasikal, kelompok dan individu dan menyebutkan keutamaan-keutamaan yang dimiliki para Rasul Ulul Azmi melalui forum diskusi dan tanya jawab







1. Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi



Tes tulis













Jawaban singkat




Sebutkan nama-nama para Rasul yang tergolong Rasul Ulul Azmi!



 3 x 35 menit


1. Tulisan nama-nama Rasul  Ulul Azmi di karton atau papan tulis
2. Buku pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS halaman
3. Alquran (juz ammma)
4. Buku kisah Rasul-rasul Allah SWT
5. Kaset/ CD tentang Rasul Allah SWT
6. Pengalaman guru

7.3  Membedakan Naabi dan Rasul


Membedakan antara Nabi dan Rasul

1.  Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai perbedaan Nabi dan Rasul, tugas dan keutamaan Rasul, melalui forum diskusi dan tanya jawab


1.  Membedakan antara Nabi dan Rasul


Tes Tulis





Essay





Apakah perbedaan mendasar antara seorang Nabi dan Rasul?





3 x 35 menit

1.  Tulisan nama-nama Rasul Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Tulisan perbedaan antara Nabi dan Rasul di karton
3. Buku pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS halaman
4. Alquran (juz ammma)
6. Buku kisah Rasul-rasul Allah SWT
7. Kaset/ CD tentang Rasul Allah SWT
8. Pengalaman guru

SILABUS
Lampiran 8
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   2
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Agama Islam
Standar kompetensi (Tarikh): 8. Menceritakan Kisah Sahabat Nabi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1 Menceritakan kisah Khlaifah Abu Bakar RA










Kisah Khalifah Abu Bakar RA














1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Abu Bakar RA berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum diskusi dan tanya jawab.







1. Menceritakan kisah Khalifah Abu Bakar RA

Tes tulis

Essay

Apa sebabnya Abu Bakar diberi gelar As Siddiq?

 3 x 35 menit









1. Teks cerita kisah Khalifah Abu Bakar RA
2. Buku kisah-kisah sahabat Nabi
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid. 5, NTR Esis halaman
4. Kaset/Cd tentang kisah sahabat Nabi
5. AlQuraan (juz amma)
6. pengalaman guru
















8.2   Menceritakan kisah Khalifah  Umar bin Khattab RA









Kisah Umar bin Khattab RA

1.Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Umar bin Khattab RA berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum diskusi dan tanya jawab

1.  Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khattab




Tes tulis







Essay






Mengapa Umar bin Khattab dijuluki singa padang pasir?




3x 35 menit








1.  Teks cerita kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
2. Buku kisah-kisah sahabat Nabi
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid. 5, NTR Esis halaman
4. Kaset/Cd tentang kisah sahabat Nabi
5. AlQuraan (juz amma)
6. pengalaman guru














SILABUS
Lampiran 9
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   V
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Akhlak): 9. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

9.1 Meneladani perilaku Khlaifah Abu Bakar  RA

Kisah keteladanan Khalifah Abu Bakar RA

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang kecintaan Abu Bakar terhadap Rasulullah SAW dan kedermawanan Abu Bakar, serta kesahajaan Abu Bakar sebagai khalifah berdasarkan materi yang telah dipelajari melalui forum diskusi dan tanya jawab, serta meneladani perilaku Abu Bakar dalam praktik keseharian

1. Meneladani kecintaan Abu Bakar RA terhadap Rasulullah SAW

Tes tulis

Essay

Apa yang harus kamu lakukan sebagai tanda kecintaan terhadap Rasulullah SAW?

 3 x 35 menit


1. Teks cerita kisah Khalifah Abu Bakar RA
2. Buku kisah-kisah sahabat Nabi
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid. 5, NTR Esis halaman
4. Kaset/Cd tentang kisah sahabat Nabi
5. AlQuraan (juz amma)
6. pengalaman guru
2. Meneladani kedermawanan  Abu Bakar RA
Tes tulis
Jawaban singkat
Siapakah nama budak yang dimerdekakan Abu Bakar RA?
3. Meneladani kesahajaan Abu Bakar RA sebagai khalifah
Tes tulis
Jawaban singkat
Sebutkan dua keuntungan orang yang hidup bersahaja!

9.2  Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA











Kisah keteladanan Khalifah Umar bin Khattab RA













1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang keberanian Umar bin Khattab dalam menegakkan ajaran Islam dan jiwa pemimpin Umar Bin Khattab berdasarkan materi yang telah dipelajari melalui forum diskusi dan tanya jawab, serta meneladani perilaku Umar bin Khattab dalam praktik keseharian





1. Meneladani keberanian Umar bin Khattab dalam menegakkan ajaran Islam


 


2. Meneladani jiwa kepemimpinan Umar bin Khattab RA

Tes tulis








Tes Tulis



Essay








Jawaban singkat

Umar bin Khattab sangat istiqamah dalam ajaran Islam. Jelaskan apa maksudnya!




Jelaskan sifat kepemimpinan Umar bin Khattab RA!

 3 x 35 menit


1. Teks cerita kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
2. Buku kisah-kisah sahabat Nabi
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid. 5, NTR Esis halaman
4. Kaset/Cd tentang kisah sahabat Nabi
5. AlQuraan (juz amma)
6. pengalaman guru

SILABUS
Lampiran 10
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   V
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Fiqih): 10. Mengenal puasa wajib

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

10.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan

Puasa Ramadan dan puasa sunah

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian puasa Ramadan, menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah

1. Menejelaskan pengertian puasa Ramadan

Tes tulis

 Jawaban singkat

Apa yang kamu ketahui tentang definisi puasa?

 3 x 35 menit


1. Teks lafal doa berbuka puasa, lafal makan sahur, dan niat puasa di karton atau papan tulis
2. Gambar peraga tentang tatacara berpuasa yang benar
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS halaman
4. Pengalaman guru
2. Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah
Tes tulis
Jawaban singkat
Apa saja yang termasuk puasa sunah?





10.2  Menyebutkan himah puasa











Puasa Ramadan dan puasa sunah











1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang hikmah yang dapat dipetik dari puasa Ramadan dan puasa sunah dan mempraktikkan puasa sunah dalam kesempatan lain




1. Mempraktikkan puasa Senin dan Kamis

Tes tulis












Jawaban singkat

Puasa dapat mendidik seseorang agar memiliki jiwa sosial, apa maksudnya?

 3 x 35 menit


1. Teks lafal doa berbuka puasa, lafal makan sahur, dan niat puasa di karton atau papan tulis
2. Gambar peraga tentang tatacara berpuasa yang benar
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, NTR ESIS halaman
4. Pengalaman guru



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar