JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS 3
TEMA: NORMA
MASYARAKAT
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
PKn
Mengenal aturan-aturan di lingkungan masyarakat
sekitar.
|
· Menjelaskan
pengertian norma.
· Menceritakan
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan keluarga.
|
· Mengamati kegiatan sehari-hari di rumah.
· Mengidentifikasi contoh-contoh aturan/norma di lingkungan
keluarga.
· Menceritakan penerapan aturan dalam lingkungan
keluarga.
|
2 minggu
|
§
Standar Isi 2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa
Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika, PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan
§ Bahan ajar/buku siswa pembela jaran terpadu dengan pendekatan
tematik kelas III.
§ Buku bahan ajar lain yang relevan untuk Mata pelajaran
Agama, IPS, Bhs Indonesia, IPA, PKn
Matematika, Seni-Budaya dan Keterampilan dan Orjaskes
|
§
Penilaian tingkah laku/pengamatan.
|
Menyebutkan
contoh aturan-aturan di lingkungan masyarakat.
|
·
Menyebutkan
contoh norma-norma di lingkungan
masyarakat.
|
·
Mengamati
pererapan aturan/norma di lingkungan sekitar.
·
Mengidentifikasi
contoh-contoh aturan/norma di lingkungan masyarakat (RT, RW dan Kelurahan/Desa).
|
|
|
|
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat.
|
·
Menjelaskan
pelaksanaan aturan-aturan dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.
|
· Mengamati
penerapan aturan/norma dalam lingkungan keluarga.
· Membedakan
penerapan aturan/norma yang berlaku di masyarakat.
·
Melaksanakan
aturan/norma dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.
|
|
|
|
Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan
kelurahan/desa.
|
·
Menyebutkan tugas-tugas anak di rumah.
·
Menyebutkan bentuk kerjasama antar anggota keluarga.
·
Menceritakan
cara melakukan kerjasama di lingkungan keluarga dan di masyarakat.
|
·
Mengamati
penerapan kerjasama di lingkungan keluarga dan di lingkungan masyarakat
sekitar.
·
Mendeskripsikan
cara melakukan kerjasama yang tidak bertentangan dengan norma di lingkungan masyarakat (RT, RW dan Kelurahan/Desa).
·
Mendiskusikan
bentuk, cara, dan perilaku kerjasama di lingkungan keluarga, dan
masyarakat sekitar.
|
|
§ Penilaian tingkah laku/pengamatan.
§ Penilaian unjuk Kerja.
§ Penilaian sikap dan tingkah laku serta unjuk kerja.
|
|
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan secara lisan.
|
·
Menjawab
pertanyaan sesuai dengan isi teks yang didengarkan.
·
Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Mencatat isi
pesan dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
·
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain.
· Menjelaskan
isi teks (100-150 kata).
· Mengajukan
pertanyaan kepada guru tentang teks.
|
·
Mendengarkan cerita dari guru maupun dari teman tentang teks.
·
Menjawab
pertanyaan tentang teks yang didengar.
·
Menceritakan
kembali cerita yang telah didengarnya dengan menggunakan kata-katanya
sendiri.
·
Mendengarkan
informasi dari guru tentang suatu pesan.
·
Menuliskan pesan yang didengar.
·
Menjelaskan isi
pesan kepada orang lain.dengan menggunakan kata-kata sendiri.
· Mendengarkan
pesan yang disampaikan .
·
Bertanya jawab
tentang isi cerita dalam teks.
|
|
Buku bahan ajar lain yang relevan untuk Mata pelajaran
Agama, IPS, Bhs Indonesia, Seni-Budaya dan Keterampilan, Sains, Matematika
dan Orjaskes.
|
§ Penilaian tingkah laku/pengamatan.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Penilaian sikap dan tingkah laku serta unjuk kerja.
|
Membaca
Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca
intensif.
|
·
Menjelaskan isi
teks (100-150 kata) melalui membaca intensif.
|
· Mendengarkan
isi bacaan berdasarkan teks.
· Membaca
isi teks dengan bacaan dan intonasi yang tepat.
·
Menjelaskan isi
teks sesuai dengan pemahaman sendiri.
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
· Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yg tepat.
|
· Mengajukan
pertanyaan tentang teks.
·
Membaca isi teks.
|
|
|
|
Menulis
Menyusun paragraf
berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
|
·
Menulis
paragraf berdasarkan bahan yang
diterima.
|
· Mengamati
kegiatan sehari-hari.
· Berdiskusi
dengan teman tentang kegiatan sehari-hari.
·
Menuliskan
paragraf kegiatan sehari-hari dengan bahasa sendiri yang mudah dipahami.
|
|
|
Penilaian
portofolio dan produk.
|
Seni-Budaya dan Keterampilan
Rupa: Mengekspresikan
diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat.
|
· Mengelompokkan
berbagai jenis bidang, tekstur dan bentuk, melalui gambar dekoratif dari
motif hias daerah setempat.
|
·
Mengamati
berbagai bidang, tekstur, bentuk, ritme.
·
Mengelompokkan berbagai bidang, tekstur, bentuk, ritme.
|
|
|
Penilaian
unjuk kerja dan produk.
|
Musik:
Menyanyikan
lagu daerah dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
|
· Membedakan
tentang menguat dan melemahnya bunyi dengan peragaan gerakan/tepukan.
|
· Membuat gerakan tepukan dengan berbagai jenis
suara : keras, lemah dan sedang.
|
|
|
|
IPA/Sains
· Mengidentifikasi
ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup.
· Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
|
·
Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
·
Membicarakan
suatu topik berdasarkan pendengaran atau penglihatan.
·
Melakukan
pengamatan obyek tunggal berdasarkan ciri-ciri fisiknya.
·
Menceritakan
hasil pengamatan secara lisan atau
menggunakan gambar.
·
Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana.
|
·
Mengamati suasana kelas tentang suatu topik.
· Mendengarkan
informasi tentang suatu topik .
· Berbicara
tentang topik yang dibahas.
· Mengajukan
pertanyaan.
· Mengamati
berbagai obyek.
·
Berdiskusi
tentang obyek/topik yang diamati.
· Bercerita
tentang obyek .
· Mencari informasi dari nara
sumber, buku, atau gambar.
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi,
istirahat dan olah raga).
|
·
Membandingkan
beberapa ciri makhluk hidup.
·
Memberi
makna pada hasil pengamatan.
·
Menggunakan
informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
|
·
Menyimak
informasi tentang makhluk hidup.
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
·
Mengamati perubahan yang dapat terjadi pada mahluk hidup jika kebutuhannya
tidak terpenuhi.
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
MATEMATIKA
Menentukan letak bilangan pada garis bilangan.
|
· Membaca dan menulis lambang bilangan dalam kata-kata
dan angka.
· Menentukan letak bilangan pada garis bilangan.
|
· Membaca
soal.
·
Menuliskan
lambang bilangan dengan kata-kata dan angka.
·
Mengurutkan
bilangan dan menentukan posisinya pada garis bilangan.
|
|
|
|
ORJASKES
Mempraktekkan berbagai bentuk latihan untuk
meningkatkan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai disiplin.
|
·
Melakukan
variasi gerak tubuh dalam berbagai
bentuk latihan untuk meningkatkan otot bahu dan dada secara sederhana serta
nilai-nilai disiplin.
|
·
Melakukan gerakan latihan dasar bahu
dan dada.
·
Melakukan
gerakan latihan untuk meningkatkan daya tahan.
|
|
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan
1 dan 2
TEMA : NORMA
MASYARAKAT
KELAS /SEMESTER :
3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan
karakteristik sekolah.
§ Mengenal aturan-aturan
lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§ Menyebutkan contoh
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.
§ Melaksanakan aturan-aturan
yang berlaku di lingkungan masyarakat.
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan
kelurahan/desa. (IPS)
§ Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan secara lisan. (Bahasa
Indonesia)
§ Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca
intensif.
§ Membaca nyaring teks (20-25
kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia
dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
§ Menyanyikan lagu daerah dan
lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Mengidentifikasi
ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup. (IPA)
§ Menggolongkan makhluk hidup
secara sederhana.
§ Mendeskripsikan perubahan yang
terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga).
§ Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan. (Matematika)
§ Mempraktekkan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai
disiplin. (Orjaskes)
INDIKATOR
§ Menjelaskan pengertian norma. (PKn)
§ Menceritakan aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan keluarga.
§ Menyebutkan contoh norma-norma
yang berlaku di masyarakat.
§ Menjelaskan aturan-aturan
dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.
§ Menyebutkan tugas-tugas anak di
rumah. (IPS)
§ Menyebutkan bentuk kerjasama
antar anggota keluarga.
§ Menceritakan cara melakukan kerjasama di lingkungan
keluarga dan di masyarakat.
§ Menjawab pertanyaan sesuai
dengan isi teks yang didengarkan. (Bahasa
Indonesia)
§ Menceritakan kembali cerita
dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Mencatat isi pesan dengan
memperhatikan penggunaan ejaan.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjelaskan isi teks (100-150 kata).
§ Mengajukan pertanyaan kepada
guru tentang isi teks.
§ Membaca nyaring teks (20-25
kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§
Menulis
paragraf berdasarkan bahan yang diterima.
§
Membedakan
tentang menguat dan melemahnya bunyi dengan peragaan gerakan/tepukan. (Seni-Budaya-Keterampilan: Musik)
§
Mengidentifikasi
macam-macam kebutuhan manusia. (IPA)
§
Membicarakan
suatu topik berdasarkan pendengaran atau penglihatan.
§
Melakukan
pengamatan obyek tunggal berdasarkan ciri-ciri fisiknya.
§
Menceritakan
hasil pengamatan secara lisan atau menggunakan gambar.
§
Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana.
§
Membandingkan
beberapa ciri makhluk hidup.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan.
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk
menjawab pertanyaan.
§ Membaca dan menulis lambang bilangan. (Matematika)
§ Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan.
§ Melakukan variasi gerak tubuh
dalam berbagai bentuk latihan untuk
meningkatkan otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai-nilai
disiplin. (Orjaskes)
LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.
Bertanya
jawab tentang kegiatan siswa ketika bangun pagi dikaitkan dengan aturan-aturan
yang berlaku di keluarga.
c.
Mengajak siswa
menyanyikan lagu “Bangun Tidur” sembil menggerakkan anggota badan sesuai dengan
syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
d.
Setelah
selesai siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan
siswa seperti syair lagu, dan dikaitkan dengan aturan-aturan yang ada di
keluarga. (BI, IPS, PKn)
e.
Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama. (Norma
Masyarakat)
2.
Kegiatan Inti
(Pendekatan Cooperative Learning dengan
Teknik Number Head Together/NHT)
a.
Bertanya
jawab tentang aturan di rumah, sejak bangun pagi hari sampai akan berangkat ke
sekolah. (PKn, IPS, IPA dan BI)
b.
Bersama-sama
siswa mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di setiap keluarga
masing-masing siswa. (PKn, BI)
c.
Semua siswa
ditugaskan menulis hasil identifikasi di buku masing-masing. (BI, Mat, IPS, dan PKn)
d.
Membandingkan
aturan di keluarga masing-masing siswa. (BI,
PKn, dan IPS)
e.
Mengidentifikasi
contoh aturan di rumah, sejak bangun tidur pagi hari sampai dengan malam hari
ketika akan tidur malam.
f.
Membahas
pengertian norma/aturan. (BI, IPS, dan PKn)
g.
Membagi
siswa dalam kelompok dengan cara menghitung angka 1 sampai 4 dan seterusnya
sampai semua siswa menyebutkan angka tersebut. (Mat, IPS, dan PKn)
h.
Siswa
dengan nomor angka 1 sampai dengan siswa nomor 4 berkumpul menjadi satu
kelompok dan memilih nama kelompok masing-masing.
i.
Setiap
siswa mendapat tugas (Kartu Tugas) yang membahas tentang aturan-aturan di
rumah:
a)
Siswa nomor
1 mendapat tugas membahas kebiasaan yang dilakukan ketika bangun tidur.
b)
Siswa nomor
2 mendapat tugas membahas kebiasaan yang dilakukan ketika berangkat ke sekolah.
c)
Siswa
nomor 3 mendapat tugas membahas kebiasaan yang dilakukan ketika pulang sekolah.
d)
Siswa
nomor 4 mendapat tugas membahas kebiasaan yang dilakukan ketika akan tidur
malam.
j.
Setiap
siswa menjawab permasalahan sesuai dengan kartu yang diterimanya dan menulisnya
di kertas masing-masing.
k.
Setiap
kelompok mendiskusikan jawaban masing-masing siswa dan saling memberikan
argumentasi/pendapatnya. (BI, PKn, IPS)
l.
Guru
mengamati aktivitas siswa selama diskusi berlangsung dan mencatat siapa yang
aktif dan siapa yang pasif.
m. Guru memanggil salah satu nomor untuk
mempresentasikan/melaporkan hasil tugasnya. (BI, PKn, dan IPS)
n.
Seluruh
siswa diberi kesempatan untuk memberikan tanggapannya terhadap laporan
temannya.
o.
Guru
memberikan klarifikasi terhadap kebenaran laporan siswa. Memberikan penguatan
jika benar dan meluruskan apabila jawaban siswa kurang benar.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama
dengan siswa menyimpulkan hasil belajar.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Memberikan
tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di rumah terkait dengan
sekolah.
I.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
tentang anak yang patuh dan yang tidak mematuhi norma keluarga.
2.
Lingkungan
keluarga.
3.
Buku teks
siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan,
IPS, dan Agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS, dan Agama).
II.
PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian
produk.
4.
Penilaian
portofolio.
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 3
dan 4
TEMA :
NORMA MASYARAKAT
KELAS /SEMESTER :
3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan
karakteristik sekolah.
§ Mengenal aturan-aturan
lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§ Menyebutkan contoh
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.
§ Melaksanakan aturan-aturan
yang berlaku di lingkungan masyarakat.
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan
kelurahan/desa. (IPS)
§ Melakukan sesuatu penjelasan
secara lisan. (Bahasa Indonesia)
§ Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca
intensif.
§ Membaca nyaring teks (20-25
kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia
dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
§ Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak dengan atau
tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya
dan Keterampilan : Musik)
§ Mengidentifikasi ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup. (IPA)
§ Menggolongkan makhluk hidup
secara sederhana.
§ Mendeskripsikan perubahan yang
terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga).
§ Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan. (Matematika)
§ Mempraktekkan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai
disiplin. (Orjaskes)
II.
INDIKATOR
§ Menjelaskan pengertian norma. (PKn)
§ Menceritakan aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan keluarga.
§ Menyebutkan contoh norma-norma
yang berlaku di masyarakat .
§ Menjelaskan aturan-aturan
dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.
§ Menyebutkan tugas-tugas anak di
rumah. (IPS)
§ Menyebutkan bentuk kerjasama
antar anggota keluarga.
§ Menceritakan cara melakukan kerjasama di lingkungan
keluarga dan di masyarakat.
§ Menjawab pertanyaan sesuai
dengan isi teks yang didengarkan. (Bahasa
Indonesia)
§ Menceritakan kembali cerita
dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Mencatat isi pesan dengan
memperhatikan penggunaan ejaan.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjelaskan isi teks (100-150 kata).
§ Mengajukan pertanyaan kepada
guru tentang isi teks.
§ Membaca nyaring isi teks
(20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menulis paragraf berdasarkan bahan yang diterima.
§ Membedakan tentang menguat dan melemahnya bunyi
dengan peragaan gerakan/tepukan. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia. (IPA)
§ Membicarakan suatu topik berdasarkan pendengaran
atau penglihatan
§ Melakukan pengamatan obyek tunggal berdasarkan
ciri-ciri fisiknya.
§ Menceritakan hasil pengamatan secara lisan atau
menggunakan gambar.
§ Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§ Membandingkan beberapa ciri makhluk hidup.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan.
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk
menjawab pertanyaan.
§ Membaca dan menulis lambang
bilangan. (Matematika)
§ Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan.
§ Melakukan variasi gerak tubuh
dalam berbagai bentuk latihan untuk
meningkatkan otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai-nilai
disiplin. (Orjaskes)
III. LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.
Bertanya
jawab tentang kegiatan siswa setelah
pulang sekolah dan kegiatan sore sampai malam hari setiap hari dan dikaitkan dengan aturan-aturan yang berlaku
di keluarga.
c. Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama. (Norma
Masyarakat)
d. Meminta siswa mengumpulkan tugas PR hari
sebelumnya.
2.
Kegiatan Inti
(Pendekatan Cooperative Learning Teknik Mencari Pasangan)
a. Bertanya jawab tentang aturan-aturan yang ada di
dalam keluarga. (PKn, BI dan Mat)
b. Berdiskusi secara klasikal untuk membahas perbedaan
norma atau aturan-aturan dan kebiasaan yang ada dan dilakukan si rumah dan
bagaimana kebiasaan itu menjadi suatu aturan yang harus dipatuhi anak. (PKn, BI, IPA dan IPS)
c. Guru menunjukkan gambar-gambar tentang suasana
masyarakat (siskamling bagi warga sekitar dll.). (IPA,
BI, Mat)
d. Siswa diajak berdinamika kelompok dengan menyanyi
bersama (lagu yang ada hubungannya dengan aturan/tata tertib/norma) sambil
menyanyi, siswa bisa berkeliling kelas disesuaikan dengan kondisi kelas. (Se-Bud)
e. Setelah menyanyi siswa ditugaskan mengambil salah
satu gambar (gambar anak sedang membawa handuk berpasangan dengan gambar kamar
mandi/gambar anak sedang membawa tas sekolah berpasangan dengan gambar gedung
sekolah/gambar anak sedang membawa buku berpasangan dengan gambar ruangan kelas
dsb.).
f.
Setelah
membawa kartu gambar, siswa ditugaskan berpasangan dengan siswa lain yang
membawa pasangan gambar yang sesuai. (Orjaskes)
g. Setelah bertemu dengan pasangannya, siswa ditugaskan
untuk berdiskusi tentang makna gambar dan dikaitkan dengan aturan-aturan/norma
yang sesuai dengan suasana dalam gambar.
h. Setelah selesai berdiskusi, siswa ditugaskan untuk
melaporkan hasil untuk masing-masing pasangan. (BI)
i.
Guru
memberikan klarifikasi, memberikan penguatan jika jawaban siswa benar dan
meluruskan jika jawaban siswa salah.
3. Kegiatan
Akhir/Penutup
a.
Bersama
dengan siswa menyimpulkan hasil belajar.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran.
c.
Memberikan
tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di masyarakat sekitar
(RT/RW/Desa dsb).
IV. ALAT DAN
SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
tentang:
§ siskamling.
§ gambar anak sedang membawa
handuk.
§ kamar mandi.
§ anak sedang membawa tas
sekolah.
§ gedung sekolah.
§ gambar anak sedang membawa
buku.
§ ruangan kelas.
2.
Lingkungan
keluarga.
3.
Buku teks
siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan,
IPS dan Agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian lisan.
2.
Penilaian tingkah
laku (pengamatan).
3.
Penilaian produk
(hasil diskusi dan hasil tugas PR).
4.
Penilaian
portofolio (laporan hasil diskusi siswa).
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5 dan 6
TEMA :
NORMA MASYARAKAT
KELAS /SEMESTER :
3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik
sekolah.
§ Mengenal aturan-aturan
lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§ Menyebutkan contoh
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.
§ Melaksanakan aturan-aturan
yang berlaku di lingkungan masyarakat.
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan
kelurahan/desa. (IPS)
§ Melakukan sesuatu penjelasan
secara lisan. (Bahasa Indonesia)
§ Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca
intensif.
§ Membaca nyaring teks (20-25
kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia
dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
§ Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak dengan atau
tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Mengidentifikasi
ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup. (IPA)
§ Menggolongkan makhluk hidup
secara sederhana.
§ Mendeskripsikan perubahan yang
terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga).
§ Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan. (Matematika)
§ Mempraktekkan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai
disiplin. (Orjaskes)
II.
INDIKATOR
§ Menjelaskan pengertian norma. (PKn)
§ Menceritakan aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan keluarga.
§ Menyebutkan contoh norma-norma
yang berlaku di masyarakat.
§ Menjelaskan aturan-aturan
dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.
§ Menyebutkan tugas-tugas anak di
rumah. (IPS)
§ Menyebutkan bentuk kerjasama
antar anggota keluarga.
§ Menceritakan cara melakukan kerjasama di lingkungan
keluarga dan di masyarakat.
§ Menjawab pertanyaan sesuai
dengan isi teks yang didengarkan. (Bahasa
Indonesia)
§ Menceritakan kembali cerita
dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Mencatat isi pesan dengan
memperhatikan penggunaan ejaan.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjelaskan isi teks (100-150 kata).
§ Mengajukan pertanyaan kepada
guru tentang isi teks.
§ Membaca nyaring isi teks
(20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menulis paragraf berdasarkan bahan yang diterima.
§ Membedakan tentang menguat dan melemahnya bunyi
dengan peragaan gerakan/tepukan. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia. (IPA)
§ Membicarakan suatu topik berdasarkan pendengaran
atau penglihatan.
§ Melakukan pengamatan obyek tunggal berdasarkan
ciri-ciri fisiknya.
§ Menceritakan hasil pengamatan secara lisan atau
menggunakan gambar.
§ Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§ Membandingkan beberapa ciri makhluk hidup.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan.
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk
menjawab pertanyaan.
§ Membaca dan menulis lambang
bilangan. (Matematika)
§ Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan.
§ Melakukan variasi gerak tubuh
dalam berbagai bentuk latihan untuk
meningkatkan otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai-nilai
disiplin. (Orjaskes)
III. LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal/Pendahuluan
(Pendekatan Cooperative Learning
Teknik Berpikir Berpasangan)
a.
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.
Bertanya
jawab tentang kegiatan tugas PR yang diberikan hari sebelumnya tentang
identifikasi aturan-aturan yang ada di dalam masyarakat sekitar.
c.
Menginformasikan
tema yang akan dipejari bersama. (Norma
Masyarakat)
d.
Mengajak
siswa mengawali pelajaran dengan berdinamika (bertepuk tangan dengan suara
tepukan keras, sedang dan lemah).
2.
Kegiatan Inti
a.
Guru
menunjukkan gambar-gambar yang ada hubungannya dengan aturan-aturan/norma masyarakat
(misalnya gambar pengendara sepeda tanpa helm/suasana keluarga makan bersama/
suasana di pasar anak sedang membeli barang dsb.). (PKn, BI, IPA)
b.
Siswa
diminta menjelaskan makna pada gambar. (BI, IPA)
c.
Menugaskan
siswa untuk berkelompok dengan teman sebangkunya.
d.
Semua
kelompok diberi tugas menjawab permasalahan yang ditunjukkan oleh gambar,
misalnya: mengidentifikasi aturan yang berlaku ketika berjalan di jalan raya,
bagaimana cara bersikap jika ada orang duduk di tempat umum kemudian siswa
lewat di depannya, bagaimana cara bersikap jika makan di tempat umum dsb.
e.
Setiap
kelompok membahas masalah norma/aturan yang ditunjukkan dalam gambar kemudian menulis
hasil diskusinya. (PKn, IPA dan BI, Mat)
f.
Setiap
kelompok melaporkan hasil diskusi.
g.
Guru
memberikan klarifikasi dengan memberikan penguatan untuk jawaban siswa yang benar
dan meluruskan untuk jawaban siswa yang kurang benar.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama
dengan siswa menyimpulkan hasil belajar.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran.
c.
Memberikan
tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di masyarakat
sekitar siswa dan menulisnya.
d.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN
SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
tentang:
§ pengendara sepeda tanpa helm.
§ suasana keluarga sedang makan
bersama.
§ suasana di pasar.
§ anak sedang membeli barang.
2.
Lingkungan
keluarga.
3.
Buku teks
siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan,
IPS dan Agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes,
Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1. Penilaian
lisan.
2.
Penilaian tingkah laku (pengamatan).
3. Penilaian
produk (hasil diskusi dan hasil tugas PR).
4. Penilaian portofolio (laporan hasil diskusi
siswa).
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7 dan 8
TEMA :
NORMA MASYARAKAT
KELAS /SEMESTER :
3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan
karakteristik sekolah.
§ Mengenal aturan-aturan
lingkungan masyarakat sekitar (Pkn)
§ Menyebutkan contoh
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.
§ Melaksanakan aturan-aturan
yang berlaku di lingkungan masyarakat.
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan
kelurahan/desa. (IPS)
§ Melakukan sesuatu penjelasan
secara lisan. (Bahasa Indonesia)
§ Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca
intensif.
§ Membaca nyaring teks (20-25
kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia
dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
§ Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak dengan atau
tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Mengidentifikasi
ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup. (IPA)
§ Menggolongkan makhluk hidup
secara sederhana.
§ Mendeskripsikan perubahan yang
terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga).
§ Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan. (Matematika)
§ Mempraktekkan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai
disiplin. (Orjaskes)
II.
INDIKATOR
§ Menjelaskan pengertian norma. (PKn)
§ Menceritakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
keluarga.
§ Menyebutkan contoh norma-norma
yang berlaku di masyarakat.
§ Menjelaskan aturan-aturan
dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.
§ Menyebutkan tugas-tugas anak di
rumah. (IPS)
§ Menyebutkan bentuk kerjasama
antar anggota keluarga.
§ Menceritakan cara melakukan kerjasama di lingkungan
keluarga dan di masyarakat.
§ Menjawab pertanyaan sesuai
dengan isi teks yang didengarkan. (Bahasa
Indonesia)
§ Menceritakan kembali cerita
dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Mencatat isi pesan dengan
memperhatikan penggunaan ejaan.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjelaskan isi teks (100-150 kata).
§ Mengajukan pertanyaan kepada
guru tentang isi teks.
§ Membaca nyaring isi teks
(20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menulis paragraf berdasarkan bahan yang diterima.
§ Membedakan tentang menguat dan melemahnya bunyi
dengan peragaan gerakan/tepukan. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia. (IPA)
§ Membicarakan suatu topik berdasarkan pendengaran atau
penglihatan.
§ Melakukan pengamatan obyek tunggal berdasarkan
ciri-ciri fisiknya.
§ Menceritakan hasil pengamatan secara lisan atau
menggunakan gambar.
§ Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§ Membandingkan beberapa ciri makhluk hidup.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan.
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk
menjawab pertanyaan.
§ Membaca dan menulis lambang
bilangan. (Matematika)
§ Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan.
§ Melakukan variasi gerak tubuh
dalam berbagai bentuk latihan untuk
meningkatkan otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai-nilai
disiplin. (Orjaskes)
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal/Pendahuluan
(Pendekatan Cooperative Learning Teknik Jigsaw)
a.
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.
Bertanya
jawab tentang hasil pengamatan siswa terhadap norma masyarakat (membahas PR).
c.
Mengajak
siswa menyanyikan lagu tentang “Pak Polisi “ yang menggambarkan tugas mengatur
lalu lintas dan dilanjut dengan bertanya jawab tentang syair lagu dikaitkan
dengan norma masyarakat.
d.
Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama. (Norma Masyarakat)
e.
Mengajak
siswa berdinamika dengan cara menghitung diri sendiri (seven-up).
2. Kegiatan Inti
a.
Bertanya
jawab makna dinamika. (Matematika, BI,
IPA, PKn, IPS)
b.
Mengajak
siswa berdiskusi kelas membahas aturan/norma yang ada di masyarakat (tempat
umum).
c.
Mengelompokkan
siswa dengan cara menghitung diri sendiri 1 sampai dengan 4 (dinamakan kelompok
empat serangkai).
d.
Setiap
kelompok diberi kartu tugas (1 sampai 4 kartu dengan masalah yang berbeda).
1)
Kartu 1
permasalahan bagaimana sikap siswa jika ada tamu datang kerumah dan sedang berbicara dengan orang tua.
2)
Kartu
2 permasalahan bagaimana sikap siswa jika ada temannya datang kerumah dan orang
tua sedang ada tamu.
3)
Kartu
3 permasalahan bagaimana sikap siswa jika berada di tempat umum (pertokoan).
4)
Kartu 4
permasalahan bagaimana sikap siswa jika berada di tempat umum (tempat wisata).
e.
Setiap
siswa mendapat satu tugas yang berbeda dengan siswa lain dalam kelompoknya.
f.
Semua siswa
secara individu ditugaskan menjawab masalah yang diterimanya.
g.
Setiap
siswa menulis jawaban di kertasnya sendiri. (BI)
h.
Siswa
yang memiliki kartu dengan nomor yang sama ditugaskan untuk berkumpul menjadi
satu kelompok besar. Siswa yang memegang kartu bernomor 1, semua berkumpul
menjadi satu kelompok besar. Demikian juga dengan siswa yang memegang kartu
bernomor 2; nomor 3 dan nomor 4. Kemudian masing-masing kelompok mendiskusikan
masalah yang sudah ditetapkan (dinamakan
kelompok ahli).
i.
Guru
mengamati aktivitas dan keaktifan siswa dengan menggunakan lembar pengamatan.
j.
Setelah
selesai berdiskusi di dalam kelompok
ahli, siswa ditugaskan kembali ke kelompok awal yang beranggotakan 4 orang dan
secara bergantian menyampaikan hasil diskusi yang didapatkan dari kelompok
ahli kepada teman dalam kelompok 4 serangkai.
k.
Semua
siswa dalam kelompok empat serangkai mencatat apa yang disampaikan temannya
(sehingga semua siswa akan mendapatkan jawaban dari semua permasalahan yang
ditetapkan). Di dalam presentasi ini tidak ada sanggahan dari teman dalam satu
kelompok, siswa hanya sekedar menyampaikan dan membacakan hasil diskusi
kelompok ahli saja. Apabila ternyata ada yang tidak setuju dengan yang
disampaikan temannya, maka ketika tahap klarifikasi guru memberikan pembenaran
dan pelurusan.
l.
Secara
acak guru memanggil siswa untuk membacakan hasil diskusi dari kelompok 4
serangkai di depan kelas. Siswa yang lain diminta mengamati dan mencermati
laporan temannya apakah sudah sesuai dengan hasil diskusi kelompok ahli. Jika
ada siswa yang tidak setuju dengan isi laporan itu, maka siswa tersebut boleh
menyanggah atau bertanya kepada guru.
m.
Guru
memberikan klarifikasi penguatan jika
jawaban siswa benar dan pelurusan jika jawaban siswa salah.
3. Kegiatan
Akhir/Penutup
a.
Bersama
dengan siswa menyimpulkan hasil belajar.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran.
c.
Memberikan
tugas kepada masing-masing siswa untuk mengumpulkan semua tugas yang telah
diberikan ke dalam file siswa.
d.
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri pelajaran.
V.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Kartu-kartu
tugas:
a.
Kartu 1 ada
tamu datang kerumah dan sedang berbicara dengan orang tua.
b.
Kartu 2
temannya datang kerumah dan orang tua sedang ada tamu.
c.
Kartu 3
siswa berada di tempat umum (pertokoan).
d.
Kartu 4
siswa berada di tempat umum (tempat wisata).
2.
Lingkungan
sekitar.
3.
Buku teks
siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan,
IPS dan Agama)
4.
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama)
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
obyektif.
2.
Penilaian
subyektif.
3.
Penilaian
lisan.
4.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
5.
Penilaian
produk (hasil diskusi).
6.
Penilaian
portofolio (laporan hasil pengamatan dan laporan hasil diskusi).
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9 dan 10
TEMA :
NORMA MASYARAKAT
KELAS /SEMESTER :
3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan
karakteristik sekolah.
§ Mengenal aturan-aturan
lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§ Menyebutkan contoh
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.
§ Melaksanakan aturan-aturan
yang berlaku di lingkungan masyarakat.
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan
kelurahan/desa. (IPS)
§ Melakukan sesuatu penjelasan
secara lisan. (Bahasa Indonesia)
§ Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca
intensif.
§ Membaca nyaring teks (20-25
kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia
dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
§ Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak dengan atau
tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Mengidentifikasi
ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup. (IPA)
§ Menggolongkan makhluk hidup
secara sederhana.
§ Mendeskripsikan perubahan yang
terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga).
§ Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan. (Matematika)
§ Mempraktekkan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai
disiplin. (Orjaskes)
II.
INDIKATOR
§ Menjelaskan pengertian norma. (PKn)
§ Menceritakan aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan keluarga.
§ Menyebutkan contoh norma-norma
yang berlaku di masyarakat.
§ Menjelaskan aturan-aturan
dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.
§ Menyebutkan tugas-tugas anak di
rumah. (IPS)
§ Menyebutkan bentuk kerjasama
antar anggota keluarga.
§ Menceritakan cara melakukan kerjasama di lingkungan
keluarga dan di masyarakat.
§ Menjawab pertanyaan sesuai
dengan isi teks yang didengarkan. (Bahasa
Indonesia)
§ Menceritakan kembali cerita
dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Mencatat isi pesan dengan
memperhatikan penggunaan ejaan.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjelaskan isi teks (100-150 kata).
§ Mengajukan pertanyaan kepada
guru tentang isi teks.
§ Membaca nyaring isi teks
(20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menulis paragraf berdasarkan bahan yang diterima.
§ Membedakan tentang menguat dan melemahnya bunyi
dengan peragaan gerakan/tepukan. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia. (IPA)
§ Membicarakan suatu topik berdasarkan pendengaran
atau penglihatan.
§ Melakukan pengamatan obyek tunggal berdasarkan
ciri-ciri fisiknya.
§ Menceritakan hasil pengamatan secara lisan atau
menggunakan gambar.
§ Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§ Membandingkan beberapa ciri makhluk hidup.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan.
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk
menjawab pertanyaan.
§ Membaca dan menulis lambang
bilangan. (Matematika)
§ Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan.
§ Melakukan variasi gerak tubuh
dalam berbagai bentuk latihan untuk
meningkatkan otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai-nilai
disiplin. (Orjaskes)
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal/Pendahuluan
(Pendekatan Pembelajaran
Portofolio)
a.
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.
Bertanya
jawab tentang bagaimana perasaan siswa ketika berdiskusi dengan teknik jigsaw.
c.
Mengajak
siswa menyanyikan lagu “Kring-Kring Pos” dan bertanya jawab tentang makna syair
lagu dikaitkan dengan materi dalam tema yang akan dipelajari.
d.
Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama. (Norma Masyarakat)
2. Kegiatan
Inti
a.
Diskusi
kelas (brain storming) membahas aturan-aturan keluarga dan masyarakat
(bisa diluar/sekolah/tempat umum dsb).
b.
Siswa
diminta bantuan menulis di papan tulis hasil identifikasi dalam diskusi kelas (brain
storming).
c.
Membagi
seluruh siswa menjadi empat kelompok besar.
1)
Kelompok 1
ditugaskan untuk mendeskripsikan masalah yang telah disepakati.
2)
Kelompok 2
ditugaskan untuk mendeskripsikan sebab-sebab munculnya masalah tersebut.
3)
Kelompok 3
ditugaskan untuk mendeskripsikan akibat yang timbul dari permasalahan tersebut.
4)
Kelompok 4
ditugaskan untuk merencanakan tindak lanjut dari permasalahan.
d.
Setiap
kelompok mendapatkan tugas sesuai dengan materi yang ditentukan.
e.
Setiap
kelompok mendokumentasikan tugas-tugasnya.
f.
Setiap
kelompok secara bergantian melaporkan hasilnya.
g.
Case show dari hasil pembelajaran portofolio.
2.
Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama
dengan siswa menyimpulkan hasil belajar dari seluruh kegiatan yang membahas
tentang Norma Masyarakat.
b.
Melaksanakan
refleksi dan meminta pendapat siswa tentang komentar bagaimana perasaan siswa
ketika melaksanakan pembelajaran portofolio.
c.
Mengakhiri
kegiatan dengan mengajak semua siswa berdoa.
IV.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
yang berhubungan dengan norma masyarakat.
2.
Kertas
manila.
3.
Kertas
warna.
4.
Media
koran/majalah dsb.
5.
Lingkungan
keluarga.
6.
Buku teks
siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan
Agama).
7.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V.
PENILAIAN
1.
Penilaian
unjuk kerja.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian produk.
4.
Penilaian portofolio.
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
|
semrawut mas
BalasHapus