JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS
PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS 3
TEMA : RUMAHKU
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
PKn
§
Mengenal aturan – aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§
Menyebutkan contoh aturan – aturan
yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§
Melaksanakan aturan – aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
|
§ Mengenal aturan yang berlaku di rumah agar
lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat.
§ Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di rumah
yang bersih dan sehat.
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah.
|
§ Mengamati gambar suasana kerja bakti di rumah.
§ Membaca wacana tentang kerja bakti membersihkan rumah.
§ Mengidentifikasi macam-macam pekerjaan di rumah.
§ Bertanya jawab tentang apa saja yang harus dibersihkan
supaya rumah menjadi bersih dan nyaman.
§ Berdiskusi kelas membahas aturan-aturan yang ada di
rumah.
§ Bertanya jawab tentang pemahaman aturan.
§ Mengidentifikasi contoh aturan yang berlaku di rumah
yang bersih dan sehat.
§ Bertanya jawab tentang manfaat adanya aturan yang
dibuat di rumah.
§ Berdiskusi kelompok membahas tata aturan dan tata krama yang ada di
rumah.
§ Menceritakan jenis tata krama yang ada di rumah
masing-masing siswa.
|
2 Minggu.
|
§ Standar Isi
2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA,
Matematika , PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.
§ Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan
pendekatan tematik kelas III.
§ Buku bahan ajar lain yang relevan untuk Mata pelajaran
Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn
Matematika, Seni-Budaya dan Keterampilan serta Orjaskes.
|
§ Penilaian tingkah laku.
§ Penilaian tertulis obyektif.
§ Penilaian tertulis subyektif.
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Penilaian portofolio.
§ Penilaian produk.
|
MATEMATIKA
Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka.
|
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara
bersusun pendek.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara
bersusun panjang.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
melalui soal cerita.
|
§ Melakukan penjumlahan bilangan tiga angka.
§ Menjelaskan cara menjumlahkan angka bilangan satuan,
ratusan dan puluhan.
§ Menjelaskan cara menjumlah bersusun pendek.
§ Mengerjakan cara menjumlah bersusun panjang.
§ Melakukan pengurangan bilangan tiga angka.
|
|
||
Seni-Budaya dan Keterampilan
Musik:
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana.
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak –
anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
|
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana.
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak –
anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
|
§ Menyanyikan lagu daerah sesuai dengan benar.
§ Membaca
not angka dan syair lagu.
§ Mengiringi lagu dengan alat musik sederhana.
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
BAHASA INDONESIA
§ Berbicara:
- Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami.
- Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu
dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Membaca: Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
§ Menulis: Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan.
|
§ Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif.
§ Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan
petunjuk dengan bercerita.
§ Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami.
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu
dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
|
§ Membaca teks tentang rumah yang bersih dan nyaman
(wacana di halaman 30).
§ Mengamati gambar tentang kebersihan rumah.
§ Bertanya jawab tentang isi bacaan.
§ Memberikan pendapat tentang gambar.
§ Menceritakan makna gambar (rumah yang bersih, sehat dan
nyaman).
§ Menceritakan isi teks tentang rumah bersih dan nyaman
dengan benar.
§ Menuliskan inti bacaan (Rumahku Bersih dan Nyaman).
§ Menceritakan tata aturan yang berlaku di rumah.
§ Bercerita kepada teman sebangku tentang tata krama yang
berlaku di rumah.
§ Menjelaskan contoh tata krama yang berlaku di sekolah.
|
|
§ Standar isi 2006
SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika ,
PKn,Seni-Budaya dan Keterampilan.
§ Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan
pendekatan tematik kelas III.
§ Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran Agama,
IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn,
Matematika, Seni-Budaya dan keterampilan serta Orjaskes.
|
§ Penilaian tingkah laku.
§ Penilaian tertulis obyektif.
§ Penilaian tertulis subyektif.
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Penilaian portofolio.
§ Penilaian produk.
|
IPA
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas.
|
§ Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di
rumah.
§ Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu,
kaca dan kertas yang ada di rumah.
§ Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan
kertas yang ada di rumah.
|
§ Mengamati gambar-gambar benda yang ada di dalam rumah
(buku halaman 39, 40, 41, 42,43).
§ Mengidentifikasi macam-macam benda di rumah.
§ Mengidentifikasi benda-benda padat.
§ Membedakan benda yang bersifat padat dan yang bersifat
cair.
§ Menceritakan kegunaan macam-macam sifat benda padat,
dan cair.
§ Menceritakan sifat gas.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
IPS
§ Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
§ Memelihara
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Membuat
denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
|
§
Mengidentifikasi lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah.
§
Memelihara lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
|
§ Mengamati lingkungan alam sekitar rumah dan sekolah.
§ Mengidentifikasi keadaan lingkungan alam di sekitar
rumah dan sekolah.
§ Menceritakan hal-hal yang diketahui tentang lingkungan
alam dan lingkungan buatan di sekitar
rumah.
§ Menceritakan cara memelihara lingkungan alam dan buatan.
§ Menggambar denah alamat rumah.
|
|
§ Standar isi 2006
SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika ,
PKn,Seni-Budaya dan Keterampilan.
§ Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan
pendekatan tematik kelas III.
§ Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran
Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn,
Matematika, Seni-Budaya dan keterampilan serta Orjaskes.
|
§ Penilaian tingkah laku.
§ Penilaian tertulis obyektif.
§ Penilaian tertulis subyektif.
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Penilaian portofolio.
§ Penilaian produk.
|
ORJASKES
§ Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan
lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama.
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
|
§ Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap
dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta
aturan dan kerjasama.
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
|
§ Bertanya jawab tentang sebuah lingkaran (halaman 52).
§ Mengamati gambar (ayo bermain).
§ Memainkan dadu untuk menentukan awal permainan.
§ Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar,
menangkap, dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam bermain.
§ Menjaga kebersihan pakaian selama bermain.
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1 dan 2
TEMA :
RUMAHKU
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI
DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§ Menyebutkan
contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan
aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia:
Membaca)
§ Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa
Indonesia: Menulis)
§ Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan
meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§ Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan
lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
II. INDIKATOR
§ Mengenal aturan yang berlaku di rumah
agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat. (Pkn)
§ Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di
rumah yang bersih dan sehat.
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka secara bersusun pendek. (Matematika)
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka secara bersusun panjang.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka melalui soal cerita.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu
anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan
petunjuk dengan bercerita. (Bahasa
Indonesia)
§ Memberikan
tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif dan membaca dongeng.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§ Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di
rumah. (IPA)
§ Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu,
kaca dan kertas yang ada di rumah.
§ Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas
yang ada di rumah.
§ Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§ Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap
dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta
aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Bertanya
jawab tentang kegiatan siswa ketika bangun pagi (di rumah) dikaitkan dengan kebersihan
tubuh.
c.
Mengajak
siswa menyanyikan lagu “bangun tidur” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
d.
Setelah
selesai bernyanyi, siswa diajak bertanya jawab tentang kegiatan-kegiatan apa
saja yang dilakukan siswa seperti dalam syair lagu, dan dikaitkan dengan kebiasaan yang ada
di keluarga (misalnya siapa yang biasanya mandi cepat, siapa yang mandi dulu
dsb). (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
e.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Rumahku).
2. Kegiatan
Inti
(Pendekatan Cooperative
Learning dengan Teknik Number Head
Together/NHT)
a.
Bertanya
jawab tentang aturan di rumah sejak bangun pagi hari sampai akan berangkat ke
sekolah dan tentang cara-cara agar rumah tetap bersih. (PKn, IPS, IPA dan BI)
b.
Bersama-sama
siswa mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di setiap keluarga
masing-masing siswa. (PKn, BI)
c.
Semua siswa
ditugaskan menulis di buku masing-masing hasil identifikasinya. (BI, IPS dan PKn)
d.
Semua siswa
diajak mengamati gambar suasana kerja bakti di rumah (halaman 30), dilanjutkan
dengan bertanya jawab: Apakah siswa pernah melaksanakan kerja bakti di rumah? Apa saja yang dilakukan dalam
kerja bakti itu? (PKn, BI, IPA, IPS)
e.
Menugaskan
siswa secara bergantian untuk membaca wacana ”Rumahku bersih dan nyaman” dengan keras bergantian (tidak perlu sampai
habis) dan semua siswa yang lain menyimak serta mendengarkan.
f.
Setelah
selesai membaca, dilanjutkan dengan bertanya jawab isi bacaan dan mengidentifikasi macam-macam bagian-bagian rumah yang harus
dibersihkan.
g.
Semua
siswa ditugaskan untuk menuliskan inti bacaan (pokok-pokok yang terkait dengan
lingkungan rumah yang bersih dan nyaman).
h.
Siswa
diberi kesempatan memberikan pendapat, komentar tentang kebersihan lingkungan
rumah dalam bacaan dikaitkan dengan suasana di rumah masing-masing siswa. (PKn, BI, IPS, IPA, Mat)
i.
Menugaskan
semua siswa untuk berkelompok dengan teman sebangkunya (berdua) dan
masing-masing siswa saling menceritakan aturan apa saja yang ada di rumahnya
sendiri, bagaimana supaya rumahnya bersih dan sehat.
j.
Siswa
mencatat, menuliskan macam-macam aturan tersebut di bukunya masing-masing.
k.
Setelah
semua siswa mempunyai catatan, dilanjutkan dengan diskusi dengan teman dua
bangku (berempat) dan masing-masing siswa menceritakan hasil diskusi (ketika
berpasangan berdua) dibandingkan dengan pasangan lain. (BI, PKn, IPS, IPA, Mat)
l.
Seluruh
kelompok (siswa berempat) diminta untuk menghitung dirinya sendiri (1 sampai
dengan 4) dan masing-masing siswa diyakinkan memiliki catatan hasil diskusi.
m.
Guru
memanggil salah satu nomor untuk membacakan atau melaporkan hasil diskusinya.
n.
Siswa
lain diberi kesempatan untuk memberikan komentar/pendapat disesuaikan dengan
hasil diskusinya sendiri.
o.
Setelah
selesai berdiskusi, semua siswa kembali ke posisi duduk semula kemudian guru memberikan klarifikasi tentang cara-cara
agar rumah menjadi bersih dan nyaman dan cara agar semua anggota keluarga di
rumah saling membantu serta bekerjasama membersihkan lingkungan sekitar (baik
di rumah maupun di sekolah).
p.
Guru
juga menjelaskan supaya tanaman di lingkungan rumah dapat tumbuh subur harus
dirawat dan disiram dengan rajin agar dapat menambah indahnya lingkungan rumah.
q.
Akhir
pelajaran guru menugaskan semua siswa untuk membentuk kelompok dan setiap
kelompok membuat/menulis benda yang bermanfaat untuk kebersihan.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Memberikan
tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di rumah terkait dengan
sekolah.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar tentang rumah yang bersih dan nyaman.
2.
Lingkungan
keluarga.
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian
produk.
4.
Penilaian
portofolio.
5.
Penilaian
tertulis obyektif.
6.
Penilaian
tertulis subyektif.
7.
Penilaian
unjuk kerja.
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 3 dan 4
TEMA : RUMAHKU
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§ Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat sekitar.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia:
Membaca)
§ Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa
Indonesia: Menulis)
§ Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan
meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§ Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan
lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
II. INDIKATOR
§ Mengenal aturan yang berlaku di rumah
agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat. (Pkn)
§ Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di
rumah yang bersih dan sehat.
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di
rumah.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka secara bersusun pendek. (Matematika)
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka secara bersusun panjang.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka melalui soal cerita.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu
anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman
dan petunjuk dengan bercerita. (Bahasa
Indonesia)
§ Memberikan
tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif dan membaca dongeng.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§ Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di
rumah. (IPA)
§ Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu,
kaca dan kertas yang ada di rumah.
§ Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas
yang ada di rumah.
§ Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang
dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan
kerjasama.
(Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.
Bertanya
jawab tentang kegiatan siswa ketika bangun pagi dikaitkan dengan kegiatan di
rumah.
c.
Mengajak
siswa menyanyikan lagu “Naik-naik Ke Puncak Gunung” sembil menggerakkan anggota
badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes,
Se-Bud)
d.
Setelah
selesai siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang ada dalam
syair lagu, dan dikaitkan dengan materi lingkungan. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
e.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Rumahku).
2.
Kegiatan Inti
a.
Brain storming, mengajak semua siswa
mengidentifikasi aturan-aturan di rumah terkait dengan pemeliharaan lingkungan
rumah.
b.
Menugaskan semua siswa
untuk berkelompok dengan teman sebangkunya.
c.
Masing-masing
siswa dalam kelompok ditugaskan untuk menceritakan tata krama yang ada di rumahnya.
d.
Setelah selesai
berdiskusi dengan teman sebangku, siswa ada yang dipanggil ke depan kelas untuk
membacakan hasil diskusinya dan siswa yang lain boleh memberi tanggapan atau
bertanya.
e.
Membandingkan
macam-macam tata krama tersebut dan bertanya jawab, apakah ada sangsinya
seandainya tidak mematuhi tata krama
tersebut.
f.
Setelah selesai berdiskusi kelas tentang hasil
kelompok, semua siswa ditugaskan untuk menulis di bukunya sendiri minimal 5
contoh tata krama di rumah yang terkait dengan pemeliharaan lingkungan rumah.
g.
Semua siswa
diberi waktu 5 atau 10 menit untuk membaca teks ”Lingkungan Rumah”.
h.
Setelah selesai
membaca teks, semua siswa mengamati lingkungan rumahnya sendiri
(membayangkan atau mengingat-ingat) tentang:
·
Rumahku menghadap
kemana?
·
Rumahku terletak
di jalan apa?
·
Pagar rumahku berwarna apa?
·
Apakah di rumahku
ada tanaman? Jika ada, apa saja jenis tanamannya?
·
Bagaimana keadaan
rumahku? Bersih atau kotor?
·
Apakah aku
mempunyai tetangga? Siapa nama pemilik rumah di sebelah kanan, kiri depan dan
belakang rumahku?
·
Apakah lingkungan
sekitar rumahku sudah bersih?
i.
Semua siswa
ditugaskan menggambar denah rumahnya sendiri.
j.
Setelah selesai
menggambar denah dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang :
·
Mengapa perlu ada
rumah?
·
Apa manfaat
rumah? Apakah semua orang memerlukan adanya rumah?
·
Bagaimana caranya
supaya rumah bersih?
·
Bagaimana caranya
supaya pemilik rumah merasa aman, tenteram, damai?
·
Apa yang terjadi
seandainya tidak ada rumah?
k.
Sebelum diakhiri
lakukanlah hal-hal berikut ini:
· Dalam hidup di dalam keluarga, kita harus
saling menghormati dan menyayangi.
· Setiap keluarga mempunyai tata krama yang
berbeda sebaiknya dihormati.
· Di dalam lingkungan keluarga harus saling
membantu supaya pekerjaan menjadi ringan.
· Rumah harus dijaga kebersihannya.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi “Lingkungan Rumah” yang telah dipelajari
selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Memberikan
tugas PR untuk mengidentifikasi lingkungan rumah.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
tentang Lingkungan Rumah.
2.
Lingkungan
keluarga.
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian
produk.
4.
Penilaian
portofolio.
5.
Penilaian
tertulis obyektif.
6.
Penilaian
tertulis subyektif.
7.
Penilaian
unjuk kerja.
Mengetahui, Guru Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5 dan 6
TEMA :
RUMAHKU
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat sekitar. (Pkn)
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§
Memainkan alat musik ritmis
sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§
Menyanyikan lagu wajib, lagu
daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§
Menceritakan pengalaman yang
mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia:
Membaca)
§ Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa
Indonesia: Menulis)
§ Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan
meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§ Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan
lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
II. INDIKATOR
§ Mengenal aturan yang berlaku di rumah
agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat. (Pkn)
§ Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di
rumah yang bersih dan sehat.
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di
rumah.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka secara bersusun pendek. (Matematika)
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka secara bersusun panjang.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka melalui soal cerita.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu
anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman
dan petunjuk dengan bercerita. (Bahasa
Indonesia)
§ Memberikan
tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif dan membaca dongeng.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§ Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di
rumah. (IPA)
§ Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu, kaca
dan kertas yang ada di rumah.
§ Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas
yang ada di rumah.
§ Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§ Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap
dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta
aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
III. LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa berdinamika ”Lingkaran
besar dan lingkaran kecil” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan kata-kata
yang diucapkan. (Orjaskes, Se-Bud)
c.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang
dilakukan siswa, sebelum berangkat sekolah dan dikaitkan dengan kebersihan
lingkungan rumah. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Rumahku).
2. Kegiatan Inti
a.
Semua siswa diajak bertanya
jawab untuk mengidentifikasi keadaan lingkungan rumah yang menyenangkan.
b.
Semua siswa ditugaskan
untuk mengamati 2 gambar (halaman 38) dan menulis apa saja yang ada dalam gambar.
c.
Bertanya jawab tentang makna gambar
dan bagaimana suasana yang nampak dalam gambar tersebut.
d.
Berdiskusi kelas (dipimpin guru)
membahas suasana yang menyenangkan dan yang tidak menyenangkan di rumah
kemudian semua siswa menulis hasil diskusi.
e.
Setelah selesai menulis, semua siswa diminta
bergabung dengan teman sebangkunya untuk membahas bagaimana suasana yang ada
dalam gambar tersebut dan bagaimana supaya suasananya menyenangkan?
f.
Setelah itu dilanjutkan dengan berdiskusi: “Apa
saja yang harus dilakukan di rumah agar suasana runah menyenangkan, rumah
menjadi bersih?” serta “Bagaimana cara berhubungan/berkomunikasi dengan sesama
anggota keluarga?”:
§ Bagaimana
cara berkomunikasi dengan Ibu?
§ Bagaimana
cara berkomunikasi dengan ayah?
§ Bagaimana
cara berkomunikasi dengan adik?
§ Bagaimana
cara berkomunikasi dengan kakak?
§ Bagaimana
cara berkomunikasi dengan nenek?
§ Bagaimana
cara berkomunikasi dengan kakek?
§ Bagaimana
cara berkomunikasi dengan pembantu rumah tangga?
g.
Semua siswa mencatat/menulis hasil
diskusinya di bukunya sendiri dan dikumpulkan kepada guru.
h.
Semua siswa diminta untuk
melakukan sikap Budi Pekerti:
§ Setiap orang pastilah mempunyai cara dan tata krama
sendiri di rumah.
§ Harus menghormati tata krama orang lain yang mungkin
berbeda dengan tata krama kita.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi tentang
lingkungan rumah.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Memberikan
tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di rumah terkait dengan
sekolah.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar tentang lingkungan rumah yang bersih dan yang kotor.
2.
Lingkungan
keluarga.
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V.
PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian
produk.
4.
Penilaian
portofolio.
5.
Penilaian
tertulis obyektif.
6.
Penilaian
tertulis subyektif.
7.
Penilaian
unjuk kerja.
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7 dan 8
TEMA :
RUMAHKU
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI
DASAR
§ Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat sekitar. (Pkn)
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia:
Membaca)
§ Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa
Indonesia: Menulis)
§ Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan
meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§ Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan
lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
II. INDIKATOR
§ Mengenal aturan yang berlaku di rumah
agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat. (Pkn)
§ Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di
rumah yang bersih dan sehat.
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di
rumah.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka secara bersusun pendek. (Matematika)
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka secara bersusun panjang.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
melalui soal cerita.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu
anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman
dan petunjuk dengan bercerita. (Bahasa
Indonesia)
§ Memberikan
tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif dan membaca dongeng.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§ Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di
rumah. (IPA)
§ Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu,
kaca dan kertas yang ada di rumah.
§ Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas
yang ada di rumah.
§ Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap
dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta
aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
III. LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa berdinamika ”Tepuk Pramuka” sambil menggerakkan anggota
badan sesuai dengan perintah. (Orjaskes,
Se-Bud)
c.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang
dilakukan siswa di rumah kemarin
sepulang sekolah, dan dikaitkan dengan materi rumahku. (Orjaskes dan BI, IPS, PKn)
d.
Menginformasikan
tema yang akan dipejari bersama. (Rumahku)
2.
Kegiatan Inti
a.
Bertanya jawab (Brain storming) tentang suasana rumah yang baik (mengacu pada hasil
tugas kelompok hari kemarin).
b.
Menugaskan semua siswa untuk
mengamati 2 gambar (halaman 38) dan membandingkan kedua suasana itu .
c.
Setelah teridentifikasi kedua
suasananya, semua siswa diajak menghitung macam-macam benda yang ada dalam
kedua gambar.
§ Berapa jumlah benda yang ada dalam gambar?
§ Benda apa saja yang nampak dalam gambar tersebut?
§ Mana yang termasuk benda padat, cair, gas?
d.
Mengelompokkan siswa dengan
anggota 4 – 5 anak dan masih membahas kedua gambar dan mengerjakan tugas:
§ Apakah suasana rumahmu menyenangkan? Ceritakan pada teman
di kelompokmu!.
§ Bagian rumah mana yang paling kamu sukai? Sampaikan pendapatmu!.
§ Bagaimana hubunganmu dengan tetangga di sekitarmu
ceritakanlah di depan kelas!.
e.
Semua siswa dalam kelompok
menulis hasil tugasnya.
f.
Salah satu atau dua siswa
diminta maju ke depan kelas untuk menyampaikan hasil diskusinya. Siswa yang
lain bisa memberikan tanggapan atau pertanyaan.
g.
Selanjutnya siswa kembali ke
tempat semula dan ditugaskan mengamati gambar (halaman 39).
h.
Tugas untuk semua siswa
adalah mengidentifikasi macam-macam benda
apa saja yang ada dalam gambar tersebut (ditulis di masing-masing
bukunya sendiri).
i.
Dilanjutkan dengan membahas
bersama teman sebangkunya untuk mengelompokkan jenis benda :
§ Benda padat.
§ Benda cair.
§ Gas.
§ Benda panjang.
§ Benda bulat.
j.
Kemudian semua hasil diskusi
di tulis dan dikumpulkan.
k.
Menugaskan semua siswa untuk
melakukan sikap berbudi pekerti di bawah ini.
§ Jaga benda-benda yang ada di rumah dengan baik.
§ Jangan bermain air di sembarang tempat.
§ Hati-hati dengan listrik di rumah.
§ Kalau ada gas (korek api) jangan bermain api yang mudah
terbakar.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi “Rumahku” yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar tentang lingkungan
rumah yang bersih dan yang berantakan.
2.
Lingkungan
keluarga.
3.
Buku
Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V.
PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian
produk.
4.
Penilaian
portofolio.
5.
Penilaian
tertulis obyektif.
6.
Penilaian
tertulis subyektif.
7.
Penilaian
unjuk kerja.
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9 dan 10
TEMA :
RUMAHKU
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karasteristik sekolah.
§ Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami. (Bahasa Indonesia:
Berbicara)
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia:
Membaca)
§ Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa
Indonesia: Menulis)
§ Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan
meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§ Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan
lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
II. INDIKATOR
§ Mengenal aturan yang berlaku di rumah
agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat. (Pkn)
§ Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di
rumah yang bersih dan sehat.
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di
rumah.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka secara bersusun pendek. (Matematika)
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka secara bersusun panjang.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka melalui soal cerita.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu
anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman
dan petunjuk dengan bercerita. (Bahasa
Indonesia)
§ Memberikan
tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif dan membaca dongeng.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§ Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di
rumah. (IPA)
§ Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu,
kaca dan kertas yang ada di rumah.
§ Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas
yang ada di rumah.
§ Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§ Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap
dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta
aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Bertanya jawab tentang kegiatan siswa
ketika bangun pagi dikaitkan dengan kebersihan rumah
c.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Paku Gelang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai
dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
d.
Menginformasikan tema yang akan
dipejari bersama. (Rumahku)
2.
Kegiatan Inti
a.
Meminta
semua siswa membuka kembali catatan hasil diskusi hari kemarin tentang
macam-macam benda padat, cair dan gas.
b.
Bertanya
jawab, apakah d rumah juga memiliki macam-macam benda tersebut?.
c.
Menugaskan semua
siswa berkelompok 4 – 5 orang.
d.
Semua siswa
diminta mengamati gambar (halaman 41 dan 42).
e.
Setiap anak
berbagai tugas menyiapkan peralatan seperti dalam gambar:
§ Gelas.
§ Air.
§ Pensil.
§ Balon.
f.
Semua siswa dalam
kelompok mempraktekkan kegiatan dan membutikan sifat-sifat benda.
g.
Semua siswa mengamati dan mencatat hasil kegiatan
dan menuliskan di bukunya sendiri.
h.
Setelah selesai
mengamati hasil praktek tadi, semua siswa kembali ke tempat duduknya
masing-masing untuk bersama-sama dengan teman sebangkunya mengerjakan soal di
halaman 42 dan 43.
§ Melengkapi kalimat (soal 1 s.d 3 halaman 42
dan 43).
§ Sebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu,
plastik, kaca, kertas.
§ Sebutkan kegunaan dari masing-masing benda.
i.
Hasil pekerjaan
semua siswa dikumpulkan dan dikoreksi (tulisannya untuk indikator Bahasa
Indonesia, kebenarannya untuk indikator IPA dan kerapiannya serta kebersihannya
untuk indikator BI dan PKn).
j.
Guru mengakhiri
dengan memberikan nasehat-nasehat:
§ Kita semua harus menjaga kebersihan rumah.
§ Kita harus menjaga agar barang tetap rapi di
tempatnya.
§ Barang yang mudah pecah sebaiknya disimpan
yang rapi dan tidak mudah terjangkau.
k.
Semua siswa
menyanyikan lagu ”Paku Gelang”, beberapa siswa lain mengiringi dengan alat
musik sederhana (suling, angklung atau pianika).
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
tentang benda-benda di rumah.
2.
Lingkungan
keluarga.
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama)
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian
produk.
4.
Penilaian
portofolio.
5.
Penilaian
tertulis obyektif.
6.
Penilaian
tertulis subyektif.
7.
Penilaian
unjuk kerja.
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 11 dan 12
TEMA :
RUMAHKU
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat sekitar. (Pkn)
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami. (Bahasa Indonesia:
Berbicara)
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia:
Membaca)
§ Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa
Indonesia: Menulis)
§ Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan
meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§ Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan
lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
II. INDIKATOR
§ Mengenal aturan yang berlaku di rumah
agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat. (Pkn)
§ Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di
rumah yang bersih dan sehat.
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di
rumah.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka secara bersusun pendek. (Matematika)
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka secara bersusun panjang.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka melalui soal cerita.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu
anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman
dan petunjuk dengan bercerita. (Bahasa
Indonesia)
§ Memberikan
tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif dan membaca dongeng.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§ Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di
rumah. (IPA)
§ Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu,
kaca dan kertas yang ada di rumah.
§ Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas
yang ada di rumah.
§ Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§ Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap
dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta
aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
III. LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Paku Gelang” sesuai dengan notnya sambil
menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Rumahku).
2. Kegiatan Inti
a.
Mengajak semua siswa bertanya jawab
(Brainstorming) tentang materi yang kemarin: macam benda-benda yang ada di
rumah dan mengamati benda-benda yang ada di dalam kelas kemudian diidentifikasi
apakah benda tersebut termasuk benda padat, cair dan gas.
b.
Semua siswa ditugaskan untuk
berkelompok dengan teman sebangkunya dan mengerjakan soal (di halaman 45, 46,
47, 48, 49 dan 50). (Mat, BI)
§ Penjumlahan.
§ Penjumlahan
dengan cara bersusun pendek dan cara bersusun
panjang.
§ Pengurangan.
§ Pengurangan dengan teknik meminjam.
§ Menyelesaikan masalah sehari-hari sehubungan dengan
pengurangan dan penjumlahan.
c.
Semua siswa menulis hasil
diskusinya dan bersama-sama membahas dalam diskusi kelas (dipimpin guru).
d.
Setelah semua tugas selesai,
semua siswa diajak bermain “Lempar Hitung” bisa dilakukan di dalam kelas atau
di luar kelas (sepakati bermain sekitar 15 menit).
e.
Untuk mempercepat permainan,
siswa dikelompokkan (satu kelompok lebih dari 2 orang).
f.
Guru memberikan
nasihat-nasihat (PKn, IPS)
Taatilah semua yang sudah disepakati bersama dan bertindaklah sportif.
3. Kegiatan
Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
b.
Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
tentang media lingkaran.
2.
Lingkungan
keluarga.
3.
Buku
Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V.
PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian
produk.
4.
Penilaian
portofolio.
5.
Penilaian
tertulis obyektif.
6.
Penilaian
tertulis subyektif.
7.
Penilaian
unjuk kerja.
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar