Minggu, 20 Mei 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS 3 TEMA : RUMAHKU



JARINGAN KD/INDIKATOR
Text Box: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Mengenal aturan yang berlaku di rumah agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat.
§ Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di rumah yang bersih dan sehat.
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah.
Text Box: SENI-BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Musik: Memainkan alat musik ritmis sederhana.
   Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak   dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana.
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
Text Box: BAHASA INDONESIA
Mendengarkan:  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.
Berbicara: 
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
- Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
Membaca: Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Menulis: Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
§ Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjelaskan urutan membuat sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memahami teks dengan membaca nyaring dan membaca intensif.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
 































  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS  3

TEMA :  RUMAHKU

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN
1
2
3
4
5
6






PKn
§ Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.


§ Mengenal aturan yang berlaku di rumah agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat.
§ Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di rumah yang bersih dan sehat.
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah.


§  Mengamati gambar suasana kerja bakti di rumah.
§  Membaca wacana tentang kerja bakti membersihkan rumah.
§  Mengidentifikasi macam-macam pekerjaan di rumah.
§  Bertanya jawab tentang apa saja yang harus dibersihkan supaya rumah menjadi bersih dan nyaman.
§  Berdiskusi kelas membahas aturan-aturan yang ada di rumah.
§  Bertanya jawab tentang pemahaman aturan.
§  Mengidentifikasi contoh aturan yang berlaku di rumah yang bersih dan sehat.
§  Bertanya jawab tentang manfaat adanya aturan yang dibuat di rumah.
§  Berdiskusi kelompok membahas  tata aturan dan tata krama yang ada di rumah.
§  Menceritakan jenis tata krama yang ada di rumah masing-masing siswa.
2  Minggu.
§  Standar Isi  2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.
§  Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik kelas III.
§  Buku bahan ajar lain yang relevan untuk Mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA,  PKn Matematika, Seni-Budaya dan Keterampilan serta Orjaskes.
§  Penilaian tingkah laku.
§  Penilaian tertulis obyektif.
§  Penilaian tertulis subyektif.
§  Penilaian lisan.
§  Penilaian unjuk kerja.
§  Penilaian portofolio.
§  Penilaian produk.
MATEMATIKA
Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka.


§   Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun pendek.
§   Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun panjang.
§   Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka melalui soal cerita.

§  Melakukan penjumlahan bilangan tiga angka.
§  Menjelaskan cara menjumlahkan angka bilangan satuan, ratusan dan puluhan.
§  Menjelaskan cara menjumlah bersusun pendek.
§  Mengerjakan cara menjumlah bersusun panjang.
§  Melakukan pengurangan bilangan tiga angka.

Seni-Budaya dan Keterampilan
Musik:
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana.
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.






§   Memainkan alat musik ritmis sederhana.
§   Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.


§  Menyanyikan lagu daerah sesuai dengan benar.
§  Membaca not angka dan syair lagu.
§  Mengiringi lagu dengan alat musik sederhana.



KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALKS WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN
1
2
3
4
5
6






BAHASA INDONESIA
§  Berbicara:
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
- Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Membaca: Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§  Menulis: Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

§  Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif.
§  Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita.
§  Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.


§  Membaca teks tentang rumah yang bersih dan nyaman (wacana di halaman 30).
§  Mengamati gambar tentang kebersihan rumah.
§  Bertanya jawab tentang isi bacaan.
§  Memberikan pendapat tentang gambar.
§  Menceritakan makna gambar (rumah yang bersih, sehat dan nyaman).
§  Menceritakan isi teks tentang rumah bersih dan nyaman dengan benar.
§  Menuliskan inti bacaan (Rumahku Bersih dan Nyaman).
§  Menceritakan tata aturan yang berlaku di rumah.
§  Bercerita kepada teman sebangku tentang tata krama yang berlaku di rumah.
§  Menjelaskan contoh tata krama yang berlaku di sekolah.

§  Standar isi  2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn,Seni-Budaya dan Keterampilan.
§  Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik kelas III.
§  Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA,  PKn, Matematika, Seni-Budaya dan keterampilan serta Orjaskes.
§  Penilaian tingkah laku.
§  Penilaian tertulis obyektif.
§  Penilaian tertulis subyektif.
§  Penilaian lisan.
§  Penilaian unjuk kerja.
§  Penilaian portofolio.
§  Penilaian produk.
IPA
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas.







§ Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di rumah.
§ Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§ Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.


§  Mengamati gambar-gambar benda yang ada di dalam rumah (buku halaman 39, 40, 41, 42,43).
§  Mengidentifikasi macam-macam benda di rumah.
§  Mengidentifikasi benda-benda padat.
§  Membedakan benda yang bersifat padat dan yang bersifat cair.
§  Menceritakan kegunaan macam-macam sifat benda padat, dan cair.
§  Menceritakan sifat gas.












KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALKS WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN
1
2
3
4
5
6






IPS
§  Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.


§  Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah.



§ Mengamati lingkungan alam sekitar rumah dan sekolah.
§ Mengidentifikasi keadaan lingkungan alam di sekitar rumah dan sekolah.
§ Menceritakan hal-hal yang diketahui tentang lingkungan alam  dan lingkungan buatan di sekitar rumah.
§ Menceritakan cara memelihara lingkungan alam dan buatan.
§ Menggambar denah alamat rumah.

§  Standar isi  2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn,Seni-Budaya dan Keterampilan.
§  Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik kelas III.
§  Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA,  PKn, Matematika, Seni-Budaya dan keterampilan serta Orjaskes.
§  Penilaian tingkah laku.
§  Penilaian tertulis obyektif.
§  Penilaian tertulis subyektif.
§  Penilaian lisan.
§  Penilaian unjuk kerja.
§  Penilaian portofolio.
§  Penilaian produk.
ORJASKES
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama.
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.








§  Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama.
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.



§ Bertanya jawab tentang sebuah lingkaran (halaman 52).
§ Mengamati gambar (ayo bermain).
§ Memainkan dadu untuk menentukan awal permainan.
§ Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap, dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam bermain.
§ Menjaga kebersihan pakaian selama bermain.


RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1 dan 2
TEMA                                              : RUMAHKU
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR
§  Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§  Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§  Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§  Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§  Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§  Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§  Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

II.  INDIKATOR
§  Mengenal aturan yang berlaku di rumah agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat. (Pkn)
§  Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di rumah yang bersih dan sehat.
§  Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun pendek. (Matematika)
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun panjang.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka melalui soal cerita.
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§  Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita. (Bahasa Indonesia)
§  Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.
§  Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§  Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di rumah. (IPA)
§  Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§  Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Bertanya jawab tentang kegiatan siswa ketika bangun pagi (di rumah) dikaitkan dengan kebersihan tubuh.
c.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “bangun tidur” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
d.        Setelah selesai bernyanyi, siswa diajak bertanya jawab tentang kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan siswa seperti dalam syair lagu, dan dikaitkan dengan kebiasaan yang ada di keluarga (misalnya siapa yang biasanya mandi cepat, siapa yang mandi dulu dsb). (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
e.        Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Rumahku).


2.    Kegiatan Inti
(Pendekatan Cooperative Learning dengan Teknik Number Head Together/NHT)
a.        Bertanya jawab tentang aturan di rumah sejak bangun pagi hari sampai akan berangkat ke sekolah dan tentang cara-cara agar rumah tetap bersih. (PKn, IPS, IPA dan BI)
b.        Bersama-sama siswa mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di setiap keluarga masing-masing siswa. (PKn, BI)
c.        Semua siswa ditugaskan menulis di buku masing-masing hasil identifikasinya. (BI, IPS dan PKn)
d.        Semua siswa diajak mengamati gambar suasana kerja bakti di rumah (halaman 30), dilanjutkan dengan bertanya jawab: Apakah siswa pernah melaksanakan kerja bakti di rumah? Apa saja yang dilakukan dalam kerja bakti itu? (PKn, BI, IPA, IPS)
e.        Menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca wacana ”Rumahku bersih dan nyaman”  dengan keras bergantian (tidak perlu sampai habis) dan semua siswa yang lain menyimak serta mendengarkan.
f.         Setelah selesai membaca, dilanjutkan dengan bertanya jawab isi bacaan dan mengidentifikasi  macam-macam bagian-bagian rumah yang harus dibersihkan.
g.        Semua siswa ditugaskan untuk menuliskan inti bacaan (pokok-pokok yang terkait dengan lingkungan rumah yang bersih dan nyaman).
h.        Siswa diberi kesempatan memberikan pendapat, komentar tentang kebersihan lingkungan rumah dalam bacaan dikaitkan dengan suasana di rumah masing-masing siswa. (PKn, BI, IPS, IPA, Mat)
i.          Menugaskan semua siswa untuk berkelompok dengan teman sebangkunya (berdua) dan masing-masing siswa saling menceritakan aturan apa saja yang ada di rumahnya sendiri, bagaimana supaya rumahnya bersih dan sehat.
j.          Siswa mencatat, menuliskan macam-macam aturan tersebut di bukunya masing-masing.
k.        Setelah semua siswa mempunyai catatan, dilanjutkan dengan diskusi dengan teman dua bangku (berempat) dan masing-masing siswa menceritakan hasil diskusi (ketika berpasangan berdua) dibandingkan dengan pasangan lain. (BI, PKn, IPS, IPA, Mat)
l.          Seluruh kelompok (siswa berempat) diminta untuk menghitung dirinya sendiri (1 sampai dengan 4) dan masing-masing siswa diyakinkan memiliki catatan hasil diskusi.
m.       Guru memanggil salah satu nomor untuk membacakan atau melaporkan  hasil diskusinya.
n.        Siswa lain diberi kesempatan untuk memberikan komentar/pendapat disesuaikan dengan hasil diskusinya sendiri.
o.        Setelah selesai berdiskusi, semua siswa kembali ke posisi duduk semula kemudian  guru memberikan klarifikasi tentang cara-cara agar rumah menjadi bersih dan nyaman dan cara agar semua anggota keluarga di rumah saling membantu serta bekerjasama membersihkan lingkungan sekitar (baik di rumah maupun di sekolah).
p.        Guru juga menjelaskan supaya tanaman di lingkungan rumah dapat tumbuh subur harus dirawat dan disiram dengan rajin agar dapat menambah indahnya lingkungan rumah.
q.        Akhir pelajaran guru menugaskan semua siswa untuk membentuk kelompok dan setiap kelompok membuat/menulis benda yang bermanfaat untuk kebersihan.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Memberikan tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di rumah terkait dengan sekolah.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Gambar-gambar tentang rumah yang bersih dan nyaman.
2.        Lingkungan keluarga.
3.        Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.        Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V.  PENILAIAN
1.        Penilaian lisan.
2.        Penilaian tingkah laku (pengamatan).
3.        Penilaian produk.
4.        Penilaian portofolio.
5.        Penilaian tertulis obyektif.
6.        Penilaian tertulis subyektif.
7.        Penilaian unjuk kerja.

Mengetahui,                                                                        Guru Kelas 3


Kepala Sekolah








 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 3 dan 4
TEMA                                              : RUMAHKU
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR
§  Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§  Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§  Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§  Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§  Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§  Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§  Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

II. INDIKATOR
§  Mengenal aturan yang berlaku di rumah agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat. (Pkn)
§  Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di rumah yang bersih dan sehat.
§  Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun pendek. (Matematika)
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun panjang.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka melalui soal cerita.
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§  Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita. (Bahasa Indonesia)
§  Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.
§  Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§  Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di rumah. (IPA)
§  Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Bertanya jawab tentang kegiatan siswa ketika bangun pagi dikaitkan dengan kegiatan di rumah.
c.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “Naik-naik Ke Puncak Gunung” sembil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
d.        Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang ada dalam syair lagu, dan dikaitkan dengan materi lingkungan. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
e.        Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Rumahku).

2. Kegiatan Inti
a.        Brain storming, mengajak semua siswa mengidentifikasi aturan-aturan di rumah terkait dengan pemeliharaan lingkungan rumah.
b.        Menugaskan semua siswa untuk berkelompok dengan teman sebangkunya.
c.        Masing-masing siswa dalam kelompok ditugaskan untuk menceritakan tata krama yang ada di rumahnya.
d.        Setelah selesai berdiskusi dengan teman sebangku, siswa ada yang dipanggil ke depan kelas untuk membacakan hasil diskusinya dan siswa yang lain boleh memberi tanggapan atau bertanya.
e.        Membandingkan macam-macam tata krama tersebut dan bertanya jawab, apakah ada sangsinya seandainya  tidak mematuhi tata krama tersebut.
f.         Setelah  selesai berdiskusi kelas tentang hasil kelompok, semua siswa ditugaskan untuk menulis di bukunya sendiri minimal 5 contoh tata krama di rumah yang terkait dengan pemeliharaan lingkungan rumah.
g.        Semua siswa diberi waktu 5 atau 10 menit untuk membaca teks ”Lingkungan Rumah”.
h.        Setelah selesai membaca teks, semua siswa mengamati lingkungan rumahnya sendiri  
(membayangkan atau mengingat-ingat) tentang:
·         Rumahku menghadap kemana?
·         Rumahku terletak di jalan apa?
·         Pagar rumahku  berwarna apa?
·         Apakah di rumahku ada tanaman? Jika ada, apa saja jenis tanamannya?
·         Bagaimana keadaan rumahku? Bersih atau kotor?
·   Apakah aku mempunyai tetangga? Siapa nama pemilik rumah di sebelah kanan, kiri depan dan belakang rumahku?
·         Apakah lingkungan sekitar rumahku sudah bersih?
i.          Semua siswa ditugaskan menggambar denah rumahnya sendiri.
j.          Setelah selesai menggambar denah dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang :
·         Mengapa perlu ada rumah?
·         Apa manfaat rumah? Apakah semua orang memerlukan adanya rumah?
·         Bagaimana caranya supaya rumah bersih?
·         Bagaimana caranya supaya pemilik rumah merasa aman, tenteram, damai?
·         Apa yang terjadi seandainya tidak ada rumah?
k.        Sebelum diakhiri lakukanlah hal-hal berikut ini:
·   Dalam hidup di dalam keluarga, kita harus saling menghormati dan menyayangi.
·   Setiap keluarga mempunyai tata krama yang berbeda sebaiknya dihormati.
·   Di dalam lingkungan keluarga harus saling membantu supaya pekerjaan menjadi ringan.
·   Rumah harus dijaga kebersihannya.

3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.       Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.       Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi “Lingkungan Rumah” yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.       Memberikan tugas PR untuk mengidentifikasi lingkungan rumah.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Gambar-gambar tentang Lingkungan Rumah.
2.        Lingkungan keluarga.
3.        Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.        Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V.  PENILAIAN
1.        Penilaian lisan.
2.        Penilaian tingkah laku (pengamatan).
3.        Penilaian produk.
4.        Penilaian portofolio.
5.        Penilaian tertulis obyektif.
6.        Penilaian tertulis subyektif.
7.        Penilaian unjuk kerja.

Mengetahui,                                                                        Guru Kelas 3


Kepala Sekolah







RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 5 dan 6
TEMA                                              : RUMAHKU
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)
WAKTU                                           : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR
§  Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§  Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§  Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§  Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§  Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

II. INDIKATOR
§  Mengenal aturan yang berlaku di rumah agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat. (Pkn)
§  Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di rumah yang bersih dan sehat.
§  Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun pendek. (Matematika)
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun panjang.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka melalui soal cerita.
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§  Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita. (Bahasa Indonesia)
§  Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.
§  Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§  Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di rumah. (IPA)
§  Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§  Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa  berdinamika ”Lingkaran besar dan lingkaran kecil” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan kata-kata yang diucapkan. (Orjaskes, Se-Bud)
c.        Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan siswa, sebelum berangkat sekolah dan dikaitkan dengan kebersihan lingkungan rumah.  (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.        Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Rumahku).

2.  Kegiatan Inti
a.        Semua siswa diajak bertanya jawab untuk mengidentifikasi keadaan lingkungan rumah yang menyenangkan.
b.        Semua siswa ditugaskan untuk mengamati 2 gambar (halaman 38) dan menulis apa saja yang ada dalam gambar.
c.        Bertanya jawab tentang makna gambar dan bagaimana suasana yang nampak dalam gambar tersebut.
d.        Berdiskusi kelas (dipimpin guru) membahas suasana yang menyenangkan dan yang tidak menyenangkan di rumah kemudian semua siswa menulis hasil diskusi.
e.        Setelah selesai menulis, semua siswa diminta bergabung dengan teman sebangkunya untuk membahas bagaimana suasana yang ada dalam gambar tersebut dan bagaimana supaya suasananya menyenangkan?
f.          Setelah itu dilanjutkan dengan berdiskusi: “Apa saja yang harus dilakukan di rumah agar suasana runah menyenangkan, rumah menjadi bersih?” serta “Bagaimana cara berhubungan/berkomunikasi dengan sesama anggota keluarga?”:
§ Bagaimana cara berkomunikasi dengan Ibu?
§ Bagaimana cara berkomunikasi dengan ayah?
§ Bagaimana cara berkomunikasi dengan adik?
§ Bagaimana cara berkomunikasi dengan kakak?
§ Bagaimana cara berkomunikasi dengan nenek?
§ Bagaimana cara berkomunikasi dengan kakek?
§ Bagaimana cara berkomunikasi dengan pembantu rumah tangga?
g.        Semua siswa mencatat/menulis hasil diskusinya di bukunya sendiri dan dikumpulkan kepada guru.
h.        Semua siswa diminta untuk melakukan sikap  Budi Pekerti:
§ Setiap orang pastilah mempunyai cara dan tata krama sendiri di rumah.
§ Harus menghormati tata krama orang lain yang mungkin berbeda dengan tata krama kita.

3.  Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi tentang lingkungan rumah.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Memberikan tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di rumah terkait dengan sekolah.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Gambar-gambar tentang lingkungan rumah yang bersih dan yang kotor.
2.        Lingkungan keluarga.
3.        Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.        Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V.  PENILAIAN
1.        Penilaian lisan.
2.        Penilaian tingkah laku (pengamatan).
3.        Penilaian produk.
4.        Penilaian portofolio.
5.        Penilaian tertulis obyektif.
6.        Penilaian tertulis subyektif.
7.        Penilaian unjuk kerja.



Mengetahui,                                                                                    Guru Kelas 3


Kepala Sekolah


















 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7 dan 8
TEMA                                              : RUMAHKU
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I.  KOMPETENSI DASAR
§  Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§  Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§  Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§  Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

II. INDIKATOR
§  Mengenal aturan yang berlaku di rumah agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat. (Pkn)
§  Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di rumah yang bersih dan sehat.
§  Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun pendek. (Matematika)
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun panjang.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka melalui soal cerita.
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§  Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita. (Bahasa Indonesia)
§  Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.
§  Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§  Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di rumah. (IPA)
§  Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa berdinamika ”Tepuk Pramuka” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan perintah. (Orjaskes, Se-Bud)
c.        Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan siswa  di rumah kemarin sepulang sekolah, dan dikaitkan dengan materi rumahku. (Orjaskes dan BI, IPS, PKn)
d.        Menginformasikan tema yang akan dipejari bersama. (Rumahku)

2. Kegiatan Inti
a.        Bertanya jawab (Brain storming) tentang suasana rumah yang baik (mengacu pada hasil tugas kelompok hari kemarin).
b.        Menugaskan semua siswa untuk mengamati 2 gambar (halaman 38) dan membandingkan kedua suasana itu .
c.        Setelah teridentifikasi kedua suasananya, semua siswa diajak menghitung macam-macam benda yang ada dalam kedua gambar.
§  Berapa jumlah benda yang ada dalam gambar?
§  Benda apa saja yang nampak dalam gambar tersebut?
§  Mana yang termasuk benda padat, cair, gas?
d.        Mengelompokkan siswa dengan anggota 4 – 5 anak dan masih membahas kedua gambar dan mengerjakan tugas:
§  Apakah suasana rumahmu menyenangkan? Ceritakan pada teman di kelompokmu!.
§  Bagian rumah mana yang paling kamu sukai? Sampaikan pendapatmu!.
§  Bagaimana hubunganmu dengan tetangga di sekitarmu ceritakanlah di depan kelas!.
e.        Semua siswa dalam kelompok menulis  hasil tugasnya.
f.         Salah satu atau dua siswa diminta maju ke depan kelas untuk menyampaikan hasil diskusinya. Siswa yang lain bisa memberikan tanggapan atau pertanyaan.
g.        Selanjutnya siswa kembali ke tempat semula dan ditugaskan mengamati gambar (halaman 39).
h.        Tugas untuk semua siswa adalah mengidentifikasi macam-macam benda  apa saja yang ada dalam gambar tersebut (ditulis di masing-masing bukunya sendiri).
i.          Dilanjutkan dengan membahas bersama teman sebangkunya untuk mengelompokkan jenis benda :
§  Benda padat.
§  Benda cair.
§  Gas.
§  Benda panjang.
§  Benda bulat.
j.          Kemudian semua hasil diskusi di tulis dan dikumpulkan.
k.        Menugaskan semua siswa untuk melakukan sikap berbudi pekerti di bawah ini.
§  Jaga benda-benda yang ada di rumah dengan baik.
§  Jangan bermain air di sembarang tempat.
§  Hati-hati dengan listrik di rumah.
§  Kalau ada gas (korek api) jangan bermain api yang mudah terbakar.

3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.       Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.       Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi “Rumahku” yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.       Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Gambar-gambar tentang  lingkungan rumah yang bersih  dan yang berantakan.
2.        Lingkungan keluarga.
3.        Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.        Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V.  PENILAIAN
1.        Penilaian lisan.
2.        Penilaian tingkah laku (pengamatan).
3.        Penilaian produk.
4.        Penilaian portofolio.
5.        Penilaian tertulis obyektif.
6.        Penilaian tertulis subyektif.
7.        Penilaian unjuk kerja.





Mengetahui,                                                                        Guru Kelas 3


Kepala Sekolah












 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9 dan 10
TEMA                                              : RUMAHKU
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I.  KOMPETENSI DASAR
§  Agama, disesuaikan dengan karasteristik sekolah.
§  Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§  Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§  Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§  Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

II. INDIKATOR
§  Mengenal aturan yang berlaku di rumah agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat. (Pkn)
§  Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di rumah yang bersih dan sehat.
§  Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun pendek. (Matematika)
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun panjang.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka melalui soal cerita.
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§  Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita. (Bahasa Indonesia)
§  Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.
§  Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§  Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di rumah. (IPA)
§  Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§  Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Bertanya jawab tentang kegiatan siswa  ketika bangun pagi dikaitkan dengan kebersihan rumah
c.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “Paku Gelang”  sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
d.        Menginformasikan tema yang  akan dipejari bersama. (Rumahku)

2. Kegiatan Inti
a.        Meminta semua siswa membuka kembali catatan hasil diskusi hari kemarin tentang macam-macam benda padat, cair dan gas.
b.        Bertanya jawab, apakah d rumah juga memiliki macam-macam benda tersebut?.
c.        Menugaskan semua siswa berkelompok 4 – 5 orang.
d.        Semua siswa diminta mengamati gambar (halaman 41 dan 42).
e.        Setiap anak berbagai tugas menyiapkan peralatan seperti dalam gambar:
§  Gelas.
§  Air.
§  Pensil.
§  Balon.
f.         Semua siswa dalam kelompok mempraktekkan kegiatan dan membutikan sifat-sifat benda.
g.        Semua  siswa mengamati dan mencatat hasil kegiatan dan menuliskan di bukunya sendiri.
h.        Setelah selesai mengamati hasil praktek tadi, semua siswa kembali ke tempat duduknya masing-masing untuk bersama-sama dengan teman sebangkunya mengerjakan soal di halaman 42 dan 43.
§  Melengkapi kalimat (soal 1 s.d 3 halaman 42 dan 43).
§  Sebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu, plastik, kaca, kertas.
§  Sebutkan kegunaan dari masing-masing benda.
i.          Hasil pekerjaan semua siswa dikumpulkan dan dikoreksi (tulisannya untuk indikator Bahasa Indonesia, kebenarannya untuk indikator IPA dan kerapiannya serta kebersihannya untuk indikator BI dan PKn).
j.          Guru mengakhiri dengan memberikan nasehat-nasehat:
§  Kita semua harus menjaga kebersihan rumah.
§  Kita harus menjaga agar barang tetap rapi di tempatnya.
§  Barang yang mudah pecah sebaiknya disimpan yang rapi dan tidak mudah terjangkau.
k.        Semua siswa menyanyikan lagu ”Paku Gelang”, beberapa siswa lain mengiringi dengan alat musik sederhana (suling, angklung atau pianika).

3.  Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Gambar-gambar tentang benda-benda di rumah.
2.        Lingkungan keluarga.
3.        Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.        Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama)

V.  PENILAIAN
1.        Penilaian lisan.
2.        Penilaian tingkah laku (pengamatan).
3.        Penilaian produk.
4.        Penilaian portofolio.
5.        Penilaian tertulis obyektif.
6.        Penilaian tertulis subyektif.
7.        Penilaian unjuk kerja.



Mengetahui,                                                            Guru Kelas 3


Kepala Sekolah



















 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 11 dan 12
TEMA                                              : RUMAHKU
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR
§  Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§  Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§  Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§  Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§  Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

II. INDIKATOR
§  Mengenal aturan yang berlaku di rumah agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat. (Pkn)
§  Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di rumah yang bersih dan sehat.
§  Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun pendek. (Matematika)
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun panjang.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka melalui soal cerita.
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§  Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita. (Bahasa Indonesia)
§  Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.
§  Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§  Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di rumah. (IPA)
§  Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§  Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “Paku Gelang” sesuai dengan notnya sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.        Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Rumahku).

2.   Kegiatan Inti
a.        Mengajak semua siswa bertanya jawab (Brainstorming) tentang materi yang kemarin: macam benda-benda yang ada di rumah dan mengamati benda-benda yang ada di dalam kelas kemudian diidentifikasi apakah benda tersebut termasuk benda padat, cair dan gas.
b.        Semua siswa ditugaskan untuk berkelompok dengan teman sebangkunya dan mengerjakan soal (di halaman 45, 46, 47, 48, 49 dan 50). (Mat, BI)
§  Penjumlahan.
§  Penjumlahan dengan cara bersusun pendek dan cara bersusun panjang.
§  Pengurangan.
§  Pengurangan dengan teknik meminjam.
§  Menyelesaikan masalah sehari-hari sehubungan dengan pengurangan dan penjumlahan.
c.        Semua siswa menulis hasil diskusinya dan bersama-sama membahas dalam diskusi kelas (dipimpin guru).
d.        Setelah semua tugas selesai, semua siswa diajak bermain “Lempar Hitung” bisa dilakukan di dalam kelas atau di luar kelas (sepakati bermain sekitar 15 menit).
e.        Untuk mempercepat permainan, siswa dikelompokkan (satu kelompok lebih dari 2 orang).
f.         Guru memberikan nasihat-nasihat (PKn, IPS)
Taatilah semua yang sudah disepakati bersama dan bertindaklah sportif.

3.   Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Gambar-gambar tentang media lingkaran.
2.        Lingkungan keluarga.
3.        Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.        Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V.  PENILAIAN
1.        Penilaian lisan.
2.        Penilaian tingkah laku (pengamatan).
3.        Penilaian produk.
4.        Penilaian portofolio.
5.        Penilaian tertulis obyektif.
6.        Penilaian tertulis subyektif.
7.        Penilaian unjuk kerja.




Mengetahui,                                                            Guru Kelas 3


Kepala Sekolah
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
·    Menyebutkan contoh perilaku menutamakan persatuan
·    Menjelaskan makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa
·    Menyebutkan teks sumpah pemuda
·    Menjelaskan makna teks sumpah pemuda
·    Menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar