|
SEKOLAH DASAR
|
Semester
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
2
|
|
Tahun Pelajaran
: 2006-2007
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 6 ( Enam )/ II
(dua )
|
Pertemuan ke
|
: I ( Satu ) sampai dengan 5 ( Lima )
|
Alokasi Waktu
|
: 10 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi: 6. Mempraktikan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan
peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
|
Kompetensi Dasar: 6.1
Mempraktekkan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi
dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai
kerjasama, sportivitas, dan kejujuran
|
|
Indikator ;
· Melakukan berbagai keterampilan
dasar ( melempar, menangkap, menggiring, mengontrol, menembak) permainan
basket.
· Melakukan tekhnik posisi pertahanan dan penyerangan.
· Bentuk formasi sesuai kebutuhan permainan.
· Melakukan kerjasama tim dalam permainan
· Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi
· Melakukan kerjasama tim ,menjungjung tinggi sportivitas dan
kejujuran dalam permainan
|
|
I.
Tujuan Pembelajaran:
·
Siswa dapat melakukan dan memahami permainan basket
·
Siswa dapat melakukan bermain basket serta dapat
melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
·
Siswa dapat memahami strategi dalam bermain basket
|
|
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
·
Permainan bola besar [ basket ]
|
|
II.
III Metode Pembelajaran:
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktek
|
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
:
|
A. Kegiatan Awal:
|
|
Pertemuan I
·
Melakukan lempar tangkap bola
basket berpasangan
·
Memantulkan bola basket di
tempat
·
Memantulkan bola dengan
berjalan atau berlari
·
Melakukan kombinasi gerakan menggiring bola dan
memasukan ke dalam ring
Pertemuan 2
·
Melakukan gerakan menembak ke
ring dengan bola atau tanpa bola
·
Melakukan gerakan mengoper di
depan dada berpasangan
·
Melakukan gerakan mengoper
bola di atas kepala berpasangan
·
Melakukan gerakan lay up
dengan bola atau tanpa bola basket
Pertemuan 3 sampai 5
·
Bermain bola basket dengan
peraturan yang dimodifikasi
·
Menerapkan tekhnik
penyerangan atau bertahan dalam permainan
·
Melakukan kerja sama antar
pemain
|
|
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
|
|
V.
Alat
dan Sumber Belajar:
·
Buku Penjaskes kls. 6
·
Diktat permainan
·
Lapangan
·
Bola basket
·
Scoring board
·
Stop watch
·
Pluit
|
|
VI.
Penilaian:
A. Tekhnik :
· Non Tes
B. Bentuk
· Tes
Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·
Soal Praktek
|
|
SEKOLAH DASAR
|
Semester
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
2
|
|
Tahun Pelajaran
: 2006-2007
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 6 ( Enam )/ II
(dua )
|
Pertemuan ke
|
: 6 ( enam ) sampai dengan 9 (sembilan)
|
Alokasi Waktu
|
: 8 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi: 6 Mempraktikan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan
peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
|
Standar Kompetensi :
6.2 Mempraktikkan
penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan
peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas dan
kejujuran**)
|
|
Indikator :
· Melakukan berbagai keterampilan dasar : melempar, menangkap,
memukul dalam permainan softball
· Melakukan lempar tangkap bola melambung, mendatar dan menyusur
tanah berpasangan
· Menjelaskan peraturan umum dalam permainan softball
· Menjelaskan / melakukan tekhnik mematikan lawan
· Menjelaskan / melakukan tekhnik mendapatkan poin/nilai
· Bermain softball dengan peraturan yang dimodifikasi
· Melakukan kerjasama antar tim dan menjungjung tinggi sportivitas
|
|
I Tujuan
Pembelajaran:
·
Siswa dapat melakukan dan memahami permainan softball
·
Siswa dapat melakukan bermain Soft ballserta dapat
melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
·
Siswa dapat memahami strategi dalam bermain softball
|
|
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
·
Permainan bola kecil [soft ball]
|
|
III.
III Metode Pembelajaran:
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktek
|
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
:
|
A. Kegiatan Awal:
|
|
Pertemuan 6
·
Melakukan lempar tangkap bola
softball berpasangan
·
Melakukan lempar tangkap bola
softball melambung, menyusur dan mendatar
·
Melakukan gerakan memukul
bola soft ball
Pertemuan 7
·
Menjelaskan peraturan main
softball
·
Melakukan /menjelaskan cara
mematikan lawan
·
Melakukan dan menjelaskan
cara mendapatkan poin/angka dalam softball
Pertemuan 8 dan 9
·
Bermain soft ball dengan
peraturan yang di modifikasi
·
Menerapkan tekhnik kerja sama
antara tim yang main dan menjaga
|
|
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
|
|
VII.
Alat
dan Sumber Belajar:
·
Buku Penjaskes kls. 6
·
Diktat permainan
·
Lapangan
·
Bola soft ball
·
Scoring board/keset
·
Pluit
·
Stik/ pemukul
·
Glove
|
|
VIII.
Penilaian:
D. Tekhnik :
· Non Tes
E. Bentuk
· Tes
Keterampilan/Perbuatan
F. Instrumen
·
Soal Praktek
|
|
SEKOLAH DASAR
|
Semester
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
2
|
|
Tahun Pelajaran
: 2006-2007
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 6 ( Enam )/ II
(dua )
|
Pertemuan ke
|
: I0 ( sepuluh ) dan 11 (
sebelas)
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi: 6. Mempraktikan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan
peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
|
Kompetensi Dasar :6.3 Mempraktekkan pengembnagan koordinasi beberapa
nomor tekhnik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai
sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
|
|
Indikator
· Melakukan gerakan cara memegang peluru
· Melakukan gerakan cara menyimpan peluru sebelum di tolak
· Melakukan gerakan tolak peluru tanpa alat dengan hitungan
· Melakukan gerakan tolak peluru dengan alat dengan hitungan
· Melakukan gerakan tolak peluru dengan awalan / tanpa awalan dengan
hitungan
· Melakukan gerakan tolak peluru dengan menggunakan peluru dan
lapangan yang sebenarnya
|
|
·
Siswa dapat melakukan dan memahami tekhnik memegang dan
menyimpan peluru
·
Siswa dapat melakukan tolak peluru dengan baik.
|
|
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
·
Atletik [Tolak peluru]]
|
|
III Metode
Pembelajaran:
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktek
|
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
:
|
A. Kegiatan Awal:
|
|
B.
Kegiatan Inti:
Pertemuan I0
·
Melakukan cara memegang
peluru tolak peluru
·
Melakukan cara menyimpan
peluru di bawah telinga
·
Melakukan gerakan tolak
peluru tanpa alat
·
Melakukan kombinasi gerakan tolak peluru dengan alat
Pertemuan 11
·
Melakukan gerakan tolak
peluru tanpa alat dan tanpa awalan
·
Melakukan gerakan tolak peluru dengan alat pada lapangan
|
|
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
|
|
V .Alat dan
Sumber Belajar:
·
Buku Penjaskes kls. 6
·
Diktat Atletik
·
Lapangan
·
Bola kecil
·
Pluit
|
|
VI. Penilaian:
a.Tekhnik
:
· Non Tes
b. Bentuk
· Tes
Keterampilan/Perbuatan
c.Instrumen
·
Soal Praktek
|
|
SEKOLAH DASAR
|
Semester
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
2
|
|
Tahun Pelajaran
: 2006-2007
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 6 ( Enam )/ II
(dua )
|
Pertemuan ke
|
: I4 (empat belas)
|
Alokasi Waktu
|
: 2 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi: 7. Mempraktikkan latihan peningkatan
kualitas kebugaran jasmani dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
|
Kompetensi Dasar :
7.1
Mempraktikkan sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan
7.2 Mempraktikkan peregangan otot dan pelemasan persendian
dengan baik sebelum latihan, serta nilai disiplin
7.3 Mempraktikkan aktivitas kondisi fisik
secara terencana dan sungguh sungguh
|
|
Indikator
|
|
·
Siswa dapat melakukan olahraga dengan rutin
·
Siswa dapat melakukan gerakan gerakan peregangan,
pelemasan dan kelenturan
|
|
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
·
Senam Dasar [ pengembangan diri ]
|
|
III Metode
Pembelajaran:
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktek
|
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
:
|
A. Kegiatan Awal:
|
|
B.
Kegiatan Inti:
Pertemuan I4
·
Melakukan gerakan olajhraga
dengan rutin
·
Melakukan gerakan gerakan
bagian leher dan kepala
·
Melakukan gerakan bahu, dada
dan lengan
·
Melakukan gerakan bagian
perut, pinggang dan punggung
·
Melakukan gerakan bagian
paha, lutut dan kaki
·
Melakukan gerakan
merenggutkan anggota badan
|
|
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
|
|
V .Alat dan
Sumber Belajar:
·
Buku Penjaskes kls. 6
·
Lapangan
·
Pluit
·
Stop watch
|
|
i.
VI. Penilaian:
a.Tekhnik
:
·
Non Tes
b. Bentuk
·
Tes Keterampilan/Perbuatan
c. Instrumen
·
Soal Praktek
|
|
SEKOLAH DASAR
|
Semester
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
2
|
|
Tahun Pelajaran
: 2006-2007
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 6 ( Enam )/ II
(dua )
|
Pertemuan ke
|
: I2 (dua belas) dan 13 (tiga
belas)
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi: 6. Mempraktikan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan
peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
|
Kompetensi Dasar :6.3 Mempraktekkan pengembnagan koordinasi beberapa
nomor tekhnik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai
sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
|
|
Indikator
· Melakukan gerakan estafet dengan sentuhan
· Melakukan gerakan estafet dengan alat stik
· Melakukan gerakan lari estafet dengan cara perpindahan tongkat dengan
visual atau non visual
· Melakukan lari estafet dengan menggunakan start jongkok
· Melakukan lari estafet berkelompok
|
|
·
Siswa dapat melakukan lari estafet dengan baik
·
Siswa dapat melakukan lari estafet dengan tekhnik
visual dan non visual
|
|
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
·
Atletik [Estafet]]
|
|
III Metode
Pembelajaran:
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktek
|
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
:
|
A. Kegiatan Awal:
|
|
B.
Kegiatan Inti:
Pertemuan I2
·
Melakukan gerakan lari
estafet dengan sentuhan
·
Melakukan gerakan lari estafet
dengan alat stik
·
Melakukan lari estafet dengan
perpindahan tongkat visual dan non visual
Pertemuan 13
·
Melakukan lari estafet dengan
menggunakan start jongkok
·
Melakukan lari estafet dengan
kelompok / regu
|
|
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
|
|
V .Alat dan
Sumber Belajar:
·
Buku Penjaskes kls. 6
·
Diktat Atletik
·
Lapangan
·
Stik / tongkat
·
Pluit
·
Stop watch
|
|
i.
VI. Penilaian:
a.Tekhnik
:
·
Non Tes
b. Bentuk
·
Tes Keterampilan/Perbuatan
c. Instrumen
·
Soal Praktek
|
|
SEKOLAH DASAR
|
Semester
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
2
|
|
Tahun Pelajaran
: 2006-2007
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 6 ( Enam )/ II
(dua )
|
Pertemuan ke
|
: I5 (limabelas)
|
Alokasi Waktu
|
: 2 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi: 7. Mempraktikkan latihan peningkatan
kualitas kebugaran jasmani dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
|
Kompetensi Dasar :
7.4 Mempraktikkan aktivitas secara berkelanjuatan dalam
rangka meningkatkan kebugaran , serta nilai keselamatan, disiplin dan kerja
keras
|
|
Indikator
· Melakukan gerakan
push up
· Melakukan gerakan
mengangkat beban
· Melakukan gerakan
sit- up
· Melakukan gerakan
back up
· Melakukan gerakan
naik turun tangga
·Melakukan gerakan
pull up
· Melakukan gerakan
berlari dengan berbagai arah
|
|
·
Siswa dapat melakukan olahraga dengan meningkatan
kualitas kebugaran
·
Siswa dapat melakukan gerakan gerakan peregangan,
pelemasan dan kelenturan
|
|
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
·
Latihan kebugaran [ pengembangan diri ]
|
|
III Metode
Pembelajaran:
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktek
|
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
:
|
A. Kegiatan Awal:
|
|
B.
Kegiatan Inti:
Pertemuan I5
·
Melakukan gerakan push-up
·
Melakukan gerakan mengangkat
beban
·
Melakukan gerakan sit up
·
Melakukan gerakan back up
·
Melakukan gerakan naik turun
tangga
·
Melakukan gerakan pull up
·
Mel;akukan berlari dengan
berbagai arah dan awalan
|
|
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
|
|
V .Alat dan
Sumber Belajar:
·
Buku Penjaskes kls. 6
·
Lapangan
·
Pluit
·
Stop watch
|
|
i.
VI. Penilaian:
a.Tekhnik
:
·
Non Tes
b. Bentuk
·
Tes Keterampilan/Perbuatan
c. Instrumen
·
Soal Praktek
|
|
SEKOLAH DASAR
|
Semester
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
2
|
|
Tahun Pelajaran
: 2006-2007
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 6 ( Enam )/ II
(dua )
|
Pertemuan ke
|
: I6 ( enambelas)
|
Alokasi Waktu
|
: 2 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi: 8. Mempraktikkan
kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
|
Kompetensi Dasar :
8.1 Mempraktikkan kombinasi gerak
senam lantai dan senam ketangkasan dengan konsisten, dan kontrol yang baik,
serta nilai keselamatan,disiplin, dan kerjasama
|
|
Indikator
|
|
I.
Tujuan Pembelajaran:
·
Siswa dapat melakukan kombinasi gerakan senam lantai
dan ketangkasan
·
Melatih keberanian dan percaya diri
|
|
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
·
Senam Lantai
|
|
III Metode
Pembelajaran:
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktek
|
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
:
|
A. Kegiatan Awal:
|
|
B.
Kegiatan Inti:
Pertemuan I6
·
Melakukan gerakan berguling
ke depan, belakang dan samping
·
Melakukan gerakan sikap lilin
[ hand stand, head stand]
·
Melakukan gerakan split di
lantai dan udara
·
Melakukan gerakan meroda atau
baling-baling
|
|
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
|
|
V .Alat dan
Sumber Belajar:
·
Buku Penjaskes kls. 6
·
Lapangan
·
matras
·
Pluit
|
|
i.
VI. Penilaian:
a.Tekhnik
:
·
Non Tes
b. Bentuk
·
Tes Keterampilan/Perbuatan
c. Instrumen
·
Soal Praktek
|
|
SEKOLAH DASAR
|
Semester
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
2
|
|
Tahun Pelajaran
: 2006-2007
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 6 ( Enam )/ II
(dua )
|
Pertemuan ke
|
: I7 (tujuhbelas)
|
Alokasi Waktu
|
: 2 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi: 8. Mempraktikkan
kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
|
Kompetensi Dasar :
8.2 Mempraktikkan kombinasi bentuk-bentuk senam lantai
dan senam ketangkasan dengan koordinasi, dan kontrol yang baik, serta nilai
keselamatan, disiplin, dan kerjasama
|
|
Indikator
· Menyusun rangkaian gerakan senam lantai
·
Memperagakan rangkaian
gerakan senam lantai secara sederhana
|
|
I.
Tujuan Pembelajaran:
·
Siswa dapat menyusun dan melakukan kombinasi gerakan
senam lantai dan ketangkasan
·
Melatih keberanian dan percaya diri
|
|
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
·
Senam Lantai/ ketangkasan
|
|
III Metode
Pembelajaran:
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktek
|
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
:
|
A. Kegiatan Awal:
|
|
B.
Kegiatan Inti:
Pertemuan I7
·
Menyusun rangkaian senam
lantai
·
Memperagakan susunan
rangkaian gerakan senam lantai atau ketangkasan secara sederhana
|
|
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
|
|
V .Alat dan
Sumber Belajar:
·
Buku Penjaskes kls. 6
·
Lapangan
·
matras
·
Pluit
|
|
i.
VI. Penilaian:
a.Tekhnik
:
·
Non Tes
b. Bentuk
· Tes
Keterampilan/Perbuatan
c. Instrumen
·
Soal Praktek
|
|
SEKOLAH DASAR
|
Semester
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
2
|
|
Tahun Pelajaran
: 2006-2007
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 6 ( Enam )/ II
(dua )
|
Pertemuan ke
|
: I8 (delapanbelas) dan 19 [sembilan belas]
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi: 9. Mempraktikkan
rangkaian gerak ritmik sederhana secara berpasangan maupun beregu, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
|
Kompetensi Dasar :
9.1
Mempraktikkan gerak ritmik sederhana di tempat dengan gerakan
membungkuk, menekuk maupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai
kerja sama, disiplin, dan estetika
9.2 Mempraktikkan
kombinasi gerak ritmik sederhana
dengan jalan dan lompat secara
berpasangan dan beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan estetika
|
|
Indikator
· Melakukan gerakan
membungkukkan badan dengan irama hitungan / lagu musik
· Melakukan gerakan
menekukkan kedua kaki dengan irama hitungan / lagu musik
· Melakukan gerakan meliukkan badan dengan
irama hitungan / lagu musik
· Melakukan variasi
gerakan berjalan dengan berbagai arah
· Melakukan variasi
gerakan melompat
|
|
I.
Tujuan Pembelajaran:
·
Siswa dapat melakukan gerakan senam ritmik sederhana
·
Melatih keberanian dan percaya diri
|
|
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
·
Senam ritmik
[ gerakan membungkuk,
menekuk,meliuk, berjalan dan melompat ]
|
|
III Metode
Pembelajaran:
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktek
|
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
:
|
A. Kegiatan Awal:
|
|
B.
Kegiatan Inti:
Pertemuan I8
·
Melakukan gerakan membungkukkan
badan dengan irama hitungan / lagu musik
·
Melakukan gerakan menekuk ke
dua kaki dengan irama hitungan / lagu musik
·
Melakukan gerakan meliukkan
badan dengan irama hitungan / lagu musik
Pertemuan 19
·
Melakukan variasi gerakan
berjalan dengan berbagai arah dengan irama lagu musik
·
Melakukan variasi gerakan
melompat dengan irama lagu /musik
·
Melakukan kombinasi gerakan
senam ritmik membungkuk, menekuk, meliuk, berjalan dan melompat
·
Melakukan gerakan senam
ritmik berkelompok
|
|
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
|
|
V .Alat dan
Sumber Belajar:
·
Buku Penjaskes kls. 6
·
Lapangan / aula
·
Tape
·
Casete
·
Pluit
|
|
i.
VI. Penilaian:
a.Tekhnik
:
·
Non Tes
b. Bentuk
· Tes
Keterampilan/Perbuatan
c. Instrumen
·
Soal Praktek
|
|
SEKOLAH DASAR
|
Semester
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
2
|
|
Tahun Pelajaran
: 2006-2007
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 6 ( Enam )/ II
(dua )
|
Pertemuan ke
|
: 20 (dua puluh) dan 21 [dua puluh satu]
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi: 10. Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya renang dengan
koordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
|
Kompetensi Dasar :
10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur,
menggerakkan tungkai maupun lengan
renang gaya
dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian,
disiplin, dan kebersihan
10.2
Mempraktikkan cara bernapas salah satu gaya
renang, serta nilai keberanian, disiplin, dan kebersihan
10.3
Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai dalam renang gaya dada, serta nilai keberanian dan disiplin
10.4 Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di air
|
|
Indikator
· Melakukan
gerakan meluncur
· Melakukan
gerak kaki renang gaya
dada dengan lancer
· Memperagakan
gerak ayunan/ tarikan lengan renang gaya
dada
· Melakukan
koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya
dada
· Melakukan
tekhnik pengambilan napas renang gaya
dada
· Melakukan
koordinasi gerak pukulan kaki – tarikan lengan dan pengambilan pernapasan
renang gaya
dada
· Melakukan
renang gaya
dada di awali dengan meluncur
· Memperagakan
dasar dasar penyelamatan di air
·Melakukan
cara menggerakan kaki penyelamatan di air
|
|
·
Siswa dapat melakukan gerakan senam ritmik sederhana
·
Melatih keberanian dan percaya diri
|
|
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
·
Renang [gaya dada
[ meluncur, gerakan tangan dan
kaki, pengambilan napas]
|
|
III Metode
Pembelajaran:
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktek
|
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
:
|
A. Kegiatan Awal:
|
|
B.
Kegiatan Inti:
Pertemuan 20
· Melakukan
gerakan meluncur dengan satu kaki menempel pada dinding kolam
· Menggerakan
kedua kaki dengan menekuk kedua kaki
· Melakukan
gerakan tarikan lengan dalam gaya
dada
· Melakukan
koordinasi gerak ayunan/tarikan lengan renang gaya dada
· Melakukan
koordinasi gerakan lengan dan kaki
·Melakukan
tekhnik pengambilan napas dalam renang gaya
dada dengan cara menarik napas dari hidung dan mengeluarkan dari mulut dengan
perlahan
Pertemuan 21
·
Melakukan gerakan renang gaya dada di awali
dengan meluncur dan pengambilan napas
·
Melakukan gerakan meloncat ke air
dan menggerakan kaki di dasar air
|
|
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
|
|
V .Alat dan
Sumber Belajar:
·
Buku Penjaskes kls. 6
·
Kolam renang
·
Pelampung
·
Pluit
·
Stop watch
|
|
i.
VI. Penilaian:
a.Tekhnik
:
·
Non Tes
b. Bentuk
· Tes
Keterampilan/Perbuatan
c. Instrumen
·
Soal Praktek
|
|
SEKOLAH DASAR
|
Semester
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
2
|
|
Tahun Pelajaran
: 2006-2007
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 6 ( Enam )/ II
(dua )
|
Pertemuan ke
|
: 22 (dua puluh dua) dan 23 [dua puluhtiga]
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi: 11. Mempraktikkan penjelajahan dan
perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
|
Kompetensi Dasar :
11.1 Mempraktikkan aktivitas penjelajahan di alam bebas secara
sederhana, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan keselamatan
11.2
Mempraktikkan pemasangan kemah bersama, serta nilai kerja sama,
tanggung jawab, disiplin, dan keselamatan
|
|
Indikator
· Menjaga
keselamatan dalam perjalanan
· Membuat
perencanaan kegiatan penjelajahan
· Memilih
jalan yang aman untuk di jelajahi
· Memiliki
kepedulian terhadap keselamatan
· Memiliki
solidaritas yang tinggi
· Mematuhi
prosedur atau instruksi
· Menjaga
kebersihan lingkungan
· Mencari
lokasi berkemah yang aman
·Melndirikan
kemah dengan berkelompok/ saling membantu
|
|
I.
Tujuan Pembelajaran:
·
Siswa dapat melakukan menjelajahi alam
·
Siswa dapat melakukan kegiatan berkemah
·
Melatih keberanian dan percaya diri
|
|
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
·
Penjelajahan alam bebas]
|
|
III Metode
Pembelajaran:
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktek
|
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
:
|
A. Kegiatan Awal:
|
|
B.
Kegiatan Inti:
Pertemuan 22 dan 23
·
Menentukan jalan yang akan di
jelajahi yang kemungkinan aman
·
Mengikuti prosedur atau petunjuk
yang sudah di tetapkan
·
Cara memecahkan masalah yang di
temui dalam perjalanan
·
Dalam perjalanan selalu menjaga
kebersihan lingkungan
·
Mencari lokasi berkemah yang aman
dari longsor, binatang buas
·
Menyiapkan tenda yang akan di pasang
·
Menyiapkan tali dan pasak-pasaknya
·
Memasangkan tenda secara hati-hati
·
Melakukan pemasangan tenda bersama
sama
|
|
C. Kegiatan Akhir
|
|
V .Alat dan
Sumber Belajar:
·
Buku Penjaskes kls. 6
·
Alam bebas
·
tenda
·
Pluit
·
Stop watch
|
|
i.
VI. Penilaian:
a.Tekhnik
:
·
Non Tes
b. Bentuk
· Tes
Keterampilan/Perbuatan
c. Instrumen
·
Soal Praktek
|
|
SEKOLAH DASAR
|
Semester
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
2
|
|
Tahun Pelajaran
: 2006-2007
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 6 ( Enam )/ II
(dua )
|
Pertemuan ke
|
: 24 (dua puluh empat) dan 25 [dua puluh lima]
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi: 12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
|
Kompetensi Dasar :
12.1 Mengenal cara menolak ajakan menggunakan narkoba
12.2 Mengenal cara menolak perlakuan pelecehan seksual
|
|
Indikator
·
Menjelaskan jenis-jenis pelecehan
seksual
·
Akibat dari pelecehan seksual
·
Cara menolak dari pelecehan seksual
|
|
I. Tujuan Pembelajaran:
·
Siswa dapat mengetahui bahaya narkoba bagi kesehatan
·
Siswa dapat mengetahui tentang pelecehan seksual
|
|
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
Kesehatan
·
Bahaya narkoba
·
Pelecehan seksual
|
|
III Metode
Pembelajaran:
·
Ceramah
·
Diskusi
|
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
:
|
A. Kegiatan Awal:
|
|
B.
Kegiatan Inti:
Pertemuan 24
·
Memilih teman yang baik, sopan dan
berhati hati setiap ajakan teman
·
Menjelaskan bahaya narkoba bagi
kesehatan
·
Menjelaskan jenis-jenis narkoba
Pertemuan 25
·
Cara menentukan teman dalam
pergaulan
·
Menjelaskan akibat dari pelecehan
seksual
·
Menjelaskan cara menolak dari
pelecehan seksual dalam pergaulan sehari hari
|
|
C. Kegiatan Akhir
|
|
V .Alat dan
Sumber Belajar:
·
Buku Penjaskes kls. 6
·
Diktat/ buku kesehatan
·
Gambar-gambar tentang narkoba
·
Gambar gambar tentang
pelecehan seksual
·
Majalah
|
|
i.
VI. Penilaian:
a.Tekhnik
:
·
Non Tes
b. Bentuk
· Tes tertulis
c. Instrumen
·
Soal tulis
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar