JARINGAN INDIKATOR
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS I A
TEMA : ALAT
KOMUNIKASI
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
LANGKAH PEMBELAJARAN
|
ALKS. WAKTU
|
SARANA DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.
Melaksanakan aturan yang
berlaku di masyarakat.
|
§ Mengidentifikasi macam-macam
jenis alat komunikasi.
§ Menerangkan cara menggunakan
alat komunikasi dengan santun.
§ Menyebutkan peristiwa yang
pernah dialami.
|
§ Mengidentifikasi macam-macam
jenis alat komunikasi.
§ Menerangkan cara menggunakan
alat komunikasi dengan santun.
§ Menyebutkan peristiwa yang
pernah dialami.
§ Menceritakan pengalaman
menggunakan alat komunikasi.
§ Menyebutkan peristiwa yang
pernah dialami ketika menggunakan alat
komunikasi modern (HP, Internet, dsb).
§ Membandingkan alat komunikasi
tradisionla dengan yang modern.
§ Menceritakan peristiwa
menyenangkan yang pernah dialami sendiri.
§ Menyebutkan macam-macam alat komunikasi.
§ Menjelaskan manfaat alat komunikasi bagi manusia.
§ Menceritaka cara pemakaian alat komunikasi.
§ Menerangkan kegunaan benda di rumah , sekolah, dan
tempat lain.
§ Mendemonstrasikan penggunaan beberapa benda.
§ Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
2 Mngg
|
§
Kurikulum
Standar Isi 2006 mata Pelajaran Bahasa Indonesia,
IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006.
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan
Pendekatan
§ Tematik untuk Kelas 1A.
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS.
§ Buku lain yang relevan.
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan,
Agama.
§ .Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan
masyarakat) yang relevan dengan tema.
|
§ Penilaian Unjuk kerja.
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Subyektif.
§ Penilaian Obyektif.
§ Penilaian Tingkah Laku.
§ Penilaian Portofolio.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Penilaian Lisan.
§ Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca.
§ Mengamati
aktivitas siswa lain yang tidak
sedang belajar membaca.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas. siswa dalam
mengidentifikasi benda-benda di rumah.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi barang-barang dalam gambar.
§ Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita
di depan kelas.
|
IPS
Menceritakan pengalaman diri.
|
§ Menceritakan pengalaman
menggunakan alat komunikasi.
§ Menyebutkan peristiwa yang
pernah dialami ketika menggunakan alat
komunikasi modern (HP, Internet, dsb).
§ Membandingkan alat komunikasi
tradisionla dengan yang modern.
§ Menceritakan peristiwa
menyenangkan yang pernah dialami sendiri.
|
||||
IPA
Mengidentifikasi kebutuhan manusia terhadap alat
komunikasi.
Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
|
§ Menyebutkan macam-macam alat komunikasi.
§ Menjelaskan manfaat alat komunikasi bagi manusia.
§ Menceritaka cara pemakaian alat komunikasi.
§ Menerangkan kegunaan benda di rumah , sekolah, dan
tempat lain.
§ Mendemonstrasikan penggunaan beberapa benda.
§ Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||||
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah.
Berbicara: mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan
intonasi yang sesuai.
Membaca: Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
Menulis: Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf
lepas.
|
§
Melaksanakan perintah guru.
§ Menyampaikan pesan melalui alat komunikasi (telepon,
HP).
§ Menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua
dengan bahasa dan cara yang sesuai.
§ Menyebutkan ciri-ciri fisik benda-benda di sekitar
menggunakan kalimat sederhana dan kosa kata yang sudah diketahui.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Menyalin atau mencontoh kalimat dari buku atau papan
tulis yang ditulis guru, dan menuliskan pada buku tulisnya.
§
Menuliskan huruf,
kata dan kalimat sederhana dengan benar dan dapat dibaca oleh orang lain.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
dengan rapi yang mudah dibaca orang lain.
|
§
Melaksanakan perintah guru.
§ Menyampaikan pesan melalui alat komunikasi (telepon,
HP).
§ Menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua
dengan bahasa dan cara yang sesuai.
§ Menyebutkan ciri-ciri fisik benda-benda di sekitar
menggunakan kalimat sederhana dan kosa kata yang sudah diketahui.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Menyalin atau mencontoh kalimat dari buku atau papan
tulis yang ditulis guru, dan menuliskan pada buku tulisnya.
§
Menuliskan huruf,
kata dan kalimat sederhana dengan benar dan dapat dibaca oleh orang lain.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
dengan rapi yang mudah dibaca orang lain.
|
|
|
|
1
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
MATEMATIKA:
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
dan pengurangan sampai 20.
Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok,
prisma, tabung, bola dan kerucut).
|
§ Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat
sehari-hari (pendek, panjang).
§
Memberi contoh benda yang panjang
dan pendek.
§ Mengenal jarak dekat dan jauh.
§ Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku.
§ Mengukur dan mambandingkan panajang benda-benda secara
langsung.
§ Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan
tak baku yang sama.
|
§ Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat
sehari-hari (pendek, panjang).
§
Memberi contoh benda yang panjang
dan pendek.
§ Mengenal jarak dekat dan jauh.
§ Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku.
§ Mengukur dan mambandingkan panajang benda-benda secara
langsung.
§ Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan
tak baku yang sama.
|
|
|
|
SENI-BUDAYA & KETERAMPILAN
Melafalkan lagu anak.
Menyanyikan lagu anak secara individual maupun
kelompok.
Menanggapi rangsangan bunyi
dengan gerakan spontan.
|
§ Membedakan bunyi alam dan
bunyi buatan.
§ Membedakan panjang dan
pendeknya bunyi.
§ Menceritakan perbedaan bunyi
panjang dan pendek.
§ Menyanyikan lagu dengan syair
yang benar.
|
§ Membedakan bunyi alam dan
bunyi buatan.
§ Membedakan panjang dan
pendeknya bunyi.
§ Menceritakan perbedaan bunyi
panjang dan pendek.
§ Menyanyikan lagu dengan syair
yang benar.
|
|
|
|
ORJASKES
Mempraktikkan gerak dasar
memutar, mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai
sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
|
§ Bersedia bermain dalam kelompok.
§ Melakukan gerak menarik
tangan.
§ Melakukan permainan
beregu/berkelompok.
§ Bergerak dengan isyarat .
|
§ Bersedia bermain dalam
kelompok.
§ Melakukan gerak menarik
tangan.
§ Melakukan permainan
beregu/berkelompok.
§ Bergerak dengan isyarat.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1, 2, dan 3
TEMA :
ALAT KOMUNIKASI
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan aturan
yang berlaku di masyarakat (PKn).
§ Menceritakan pengalaman
diri (IPS).
§ Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai
dengan perintah (BI).
§ Berbicara: mendeklamasikan puisi anak dengan
lafal dan intonasi yang sesuai.
§ Membaca: Membaca nyaring kalimat sederhana
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menulis: Menyalin puisi anak sederhana dengan
huruf lepas.
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan sampai 20 (Mat).
§ Mengidentifikasi kebutuhan manusia terhadap alat
komunikasi (IPA).
§ Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
§ Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
§
Melafalkan
lagu anak (Se-Bud & Keterampilan).
§ Menyanyikan lagu anak secara individual maupun
kelompok.
§
Menanggapi
rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
II. INDIKATOR
§
Mengidentifikasi
macam-macam alat komunikasi (PKn).
§
Menerangkan
cara menggunakan alat komunikasi dengan santun.
§
Menyebutkan
peristiwa yang pernah dialami.
§
Menceritakan
pengalaman menggunakan alat komunikasi (IPS).
§
Menyebutkan
peristiwa yang pernah dialami ketika
menggunakan alat komunikasi modern (HP, Internet, dsb).
§
Membandingkan
alat komunikasi tradisional dengan yang modern.
§
Menceritakan
peristiwa menyenangkan yang pernah dialami sendiri.
§ Melaksanakan
perintah guru (BI).
§ Menyampaikan pesan melalui alat komunikasi (telepon, HP).
§ Menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua
dengan bahasa dan cara yang sesuai.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Menyalin atau mencontoh kalimat dari buku atau papan
tulis yang ditulis guru, dan menuliskan pada buku tulisnya.
§ Memberi contoh benda yang panjang dan pendek (Mat).
§ Mengenal jarak dekat dan jauh.
§ Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku.
§ Mengukur dan mambandingkan panjang benda-benda secara
langsung.
§ Menyebutkan macam-macam alat komunikasi (IPA).
§ Menjelaskan manfaat alat komunikasi bagi manusia.
§ Menceritakan cara pemakaian alat komunikasi.
§ Menerangkan kegunaan benda di rumah , sekolah, dan tempat
lain.
§ Mendemonstrasikan penggunaan beberapa benda.
§ Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
§
Membedakan
bunyi alam dan bunyi buatan (Se-bud & Keterampilan).
§
Menyanyikan
lagu dengan syair yang benar.
§ Bersedia bermain dalam kelompok (Orjaskes).
§ Melakukan gerak menarik tangan.
§ Melakukan permainan beregu/berkelompok.
§ Bergerak dengan isyarat.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
1)
Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
2)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Telepon” sambil menggerakkan anggota badan
sesuai dengan syair lagu (Orkes,
Budaya-Keterampilan).
3)
Menginformasikan tema yang akan
dipelajari bersama (Alat Komunikasi).
2.
Kegiatan Inti
1)
Semua siswa ditugaskan
untuk mengamati gambar “Kantor Ayahku” (di halaman 132) dilanjutkan dengan
bertanya jawab tentang makna gambar.
§ Mengidentifikasi macam-macam alat komunikasi.
§ Alat-alat komunikasi antara lain: telepon,
kentongan, pluit, HP, dsb.
2)
Siswa diminta
membaca teks ”Kantor Ayahku” secara bergantian kemudian dilanjutkan dengan
bertanya jawab:
§ Apa telepon itu?
§ Apa kegunaan telepon?
§ Pernahkan kamu memakai telepon?
§ Apa internet itu?
§ Bagaimana caranya menggunakan telepon?
§ Apakah kamu pernah melihat ayah menggunakan
internet?
3)
Guru mengajak
berdiskusi kelas membahas alat-alat komunikasi.
4)
Siswa ditugaskan
membaca taks ”Kebakaran di Desa Nenek” (halaman 133) dilanjutkan dengan bertanya
jawab untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap makna wacana.
5)
Guru
memperkenalkan macam-macam alat
komunikasi:
§ Ada gambar kentongan Ada gambar orang sedang siskamling
§ Ada gambar pluit Ada gambar pramuka
§ Ada gambar telepon Ada gambar pegawai kantor
§ Ada gambar HP Ada
seorang ibu
§ Ada gambar bel rumah Ada gambar rumah
Semua siswa dikelompokkan dengan cara mengambil gambar kemudian
masing-masing anak mencari pasangannya. (Pendekatan Kooperatif learning teknik
mencari pasangan) (Pkn,IPS, BI, Mat dan IPA).
6)
Setelah semua
siswa menemukan pasangannya, siswa ditugaskan untuk mengamati gambar di halaman
134 dan menulis nama gambar di bawahnya. Dan berdiskusi untuk menjawab
pertanyaannya antara lain:
§ Dari beberapa alat komunikasi yang ada, alat
komunikasi apa yang menurutmu paling mudah digunakan?
§ Alat komunikasi apa yang paling sulit
digunakan
§ Berceritalah dengan teman sebangku.
7)
Semua kelompok
melaporkan hasil diskusinya (Pkn,IPS,
BI, Mat dan IPA).
8)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 49) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab
untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua
siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar
tentang alat-alat komunikasi (kentongan, HP, telepon, pluit, bel rumah, klakson
mobil, dsb).
§ Lingkungan desa.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan,
IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Se-Bud&Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk
Kerja (dalam proses).
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 4, 5,
dan 6
TEMA :
ALAT KOMUNIKASI
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU : 3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan aturan
yang berlaku di masyarakat (PKn).
§ Menceritakan
pengalaman diri (IPS).
§ Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai
dengan perintah (BI).
§ Berbicara: mendeklamasikan puisi anak dengan
lafal dan intonasi yang sesuai.
§ Membaca: Membaca nyaring kalimat sederhana
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menulis: Menyalin puisi anak sederhana dengan
huruf lepas.
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan sampai 20 (Mat).
§ Mengidentifikasi kebutuhan manusia terhadap alat
komunikasi (IPA).
§ Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
§ Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
§
Melafalkan
lagu anak (Se-Bud & Keterampilan).
§ Menyanyikan lagu anak secara individual maupun
kelompok.
§
Menanggapi
rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
II. INDIKATOR
§
Mengidentifikasi
macam-macam alat komunikasi (PKn).
§
Menerangkan
cara menggunakan alat komunikasi dengan santun.
§
Menyebutkan
peristiwa yang pernah dialami.
§
Menceritakan
pengalaman menggunakan alat komunikasi (IPS).
§
Menyebutkan
peristiwa yang pernah dialami ketika
menggunakan alat komunikasi modern (HP, Internet, dsb).
§
Membandingkan
alat komunikasi tradisional dengan yang modern.
§
Menceritakan
peristiwa menyenangkan yang pernah dialami sendiri.
§ Melaksanakan
perintah guru (BI).
§ Menyampaikan pesan melalui alat komunikasi (telepon, HP).
§ Menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua
dengan bahasa dan cara yang sesuai.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Menyalin atau mencontoh kalimat dari buku atau papan
tulis yang ditulis guru, dan menuliskan pada buku tulisnya.
§ Memberi contoh benda yang panjang dan pendek (Mat).
§ Mengenal jarak dekat dan jauh.
§ Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku.
§ Mengukur dan mambandingkan panjang benda-benda secara
langsung.
§ Menyebutkan macam-macam alat komunikasi (IPA).
§ Menjelaskan manfaat alat komunikasi bagi manusia.
§ Menceritakan cara pemakaian alat komunikasi.
§ Menerangkan kegunaan benda di rumah , sekolah, dan tempat
lain.
§ Mendemonstrasikan penggunaan beberapa benda.
§ Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
§
Membedakan
bunyi alam dan bunyi buatan (Se-bud & Keterampilan).
§
Menyanyikan
lagu dengan syair yang benar.
§ Bersedia bermain dalam kelompok (Orjaskes).
§ Melakukan gerak menarik tangan.
§ Melakukan permainan beregu/berkelompok.
§ Bergerak dengan isyarat.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai
dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Telepon”
sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Setelah selesai menyanyi, semua siswa
diajak berdinamika dengan bertepuk tangan “tunggal” dan “ganda”
§ Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama (Alat Komunikasi).
2.
Kegiatan Inti
1)
Mengajak semua siswa
bertanya jawab tentang alat-alat komunikasi
2)
Bertanya jawab tentang
keluarga siswa yang tempat tinggalnya jauh dari rumahnya, kemudian berdasarkan
pengalaman siswa bagaimana cara menghubungi mereka (komunikasi) dan menanyakan
pendapat siswa bagaimana jika kita tidak mendapatkan informasi selama satu minggu
3)
Siswa diminta mengamati
gambar dan siswa ditugaskan membaca teks secara bergantian/bergilir sambil
mengamati dan membetulkan cara membaca yang benar sesuai dengan intonasi.
4)
Bertanya jawab (mengulang materi minggu kemarin untuk
mengetahui pemahaman tentang pesawat telepon (apakah sudah mengetahui, mengenal
apa itu telepon, bagaimana penggunaanya, untuk apa kita memiliki telepon dan
apa manfaatnya) (BI, IPA, PKn, IPS)
5)
Meminta siswa untuk mengamati
gambar-gambar di halaman 135 dan 136 dan bertanya jawab tentang nama-nama benda
di halaman tersebut setelah itu semua siswa secara mandiri ditugaskan belajar
menggunting dan menempel dengan langkah
sebagai berikut:
§ Guntinglah gamnar sesuai dengan garis
titik-titik
§ Ambilah kertas (ukuran folio atau A4)
§ Tempelkanlah gambar-gambar itu sesuai dengan
tempatnya. (anggaplah seakan-akan kertas itu adalah sebuah ruangan. Dimana
gambar-gambar itu seharusnya ditempatkan)
§ Siswa dibiarkan saja mengatur sendiri diaman
akan ditempelkan (sesuai dengan imajinasinya sendiri) tidak perlu diberitahu
dimana yang bagus. Karena kreativitas siswa dalam menempel merupakan salah satu
penilaian tersendiri.
§ Semua hasil kerja dikumpulkan (sebagai salah
satu portofolio siswa)
6)
Menugaskan siswa
untuk mendata alat-alat komunikasi yang ada di rumah atau di kantor. (Telepon,
HP, Surat, Interkom, Sound System dll (BI, IPA, PKn, IPS, Mat)
7)
Menugaskan siswa
untuk Mengamati gambar di halaman 137 dan
menyebutkan makna gambar sebagai alat komunikasi (BI, Sains, PKn & PS, Mat)
8)
Selanjutnya siswa
diajak mempraktekkan gerakan seperti yang ada dalam gambar antara lain :
§ .menggeleng,
§ menganggukkan kepala,
§ jari menunjuk dan
§ tangan memberi isyarat melambaikan tangan)
9)
Bertanya
jawab apakah isyarat tersebut merupakan alat komunikasi yang bisa digunakan sehari-hari?
10)
Mengelompokkan
siswa dengan cara menghitung (siswa menyebut 1, 2, 3, dan 4 sambil belajar
berhitung) setelah semua siswa sudah selesai menghitung diri sendiri semua
siswa diminta berdiri dan berkumpul dengan sesama nomor.
§ Siswa yang nomor 1 berklumpul dengan semua
nomor 1
§ Siswa nomor 2 berkumpul dengan semua yang
nomor 2
§ Siswa
yang nomor 1 berklumpul dengan semua nomor 3
§ Siswa nomor 2 berkumpul dengan semua yang
nomor 4
Agar cepat dan tidak main-main, buatlah sebagai lomba. Siapa dan kelompok
mana yang cepat berkumpul dan rapi kemudian duduk di bangku kelompok adalah
yang menang dan mendapat point (reward, penguatan)
11)
Kelompoik
yang sudah rapi menyanyi lagu telepon. Disusul dengan kelompok yang merasa
telah berkumpul sesuai perintah
12)
Setiap
kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan gambar dihalaman 137
§ Makna gambar
§ Arti dari gerakan
§ Pesan apa yang disampaikan
§ Gerakan lain dari anggota tubuh yang
mempunyai arti sebagai alat komunikasi
Semua itu didiskusikan di kelompok dan ditulis di kertas
13)
Setelah
semua kelompok selesai berdiskusi, siswa diminta melaporkan hasil diskusinya
dengan cara :
§ Guru memilih salah satu kelompok (yang siap)
untuk melaporkan hasil diskusi
§ Semua anggota kelompok berdiri (misalnya yang
dipilih kelompok 2)
§ Kelompok lain tetap duduk .(kelompok 1, 3, 4
dan yang lain)
§ Guru meminta salah satu (anak yang berani)
menyampaikan laporan (ditempat dia
berdiri di kelompoknya)
14)
Untuk
mempraktekkan antara kode dalam gambar dengan kenyataan sehari-hari, guru
bertanya jawab dengan siswa dengan menuntut jawaban dengan cara sepertio dalam
gambar tersebut. Misalnya:
15) Jawablah pertanyaan ibu guru:
§ Guru bertanya (apakah kelompok sudah siap?)
§ Guru bertanya (apakah ada kelompok belum
siap?)
§ Guru bertanya (apakah tadi pagi kamu mandi?)
§ Guru bertanya (apakah tadi pagi sudah makan?)
§ Tetapi siswa menjawabnya tidak boleh dengan
suara mulut
§ Menjawabnya dengan isyarat tubuh (mengangguk,
menggeleng, menunjuk, melambai, hormat tangan, isyarat mengajak dsb)
16)
Guru
bercerita bahwa isyarat tubuh juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi
17) Untuk mengakhiri kegiatan pertemuan semua
siswa diminta menulis nama-nama alat komunikasi di bukunya masing-masing
berseta kegunaannya (misalnya: HP, telepon, internet, telivisi, radio, surat, kentongan,
telepon, utusan dan sebagainya) (BI, Sains, PKn & PS, Mat)
18)
Terakhir
semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 144) dan
diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam
petunjuk berbudi pekerti tersebut.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab
untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua
siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN
SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar
tentang alat-alat komunikasi (kentongan, HP, telepon, pluit, bel rumah, klakson
mobil, dsb).
§ Lingkungan desa.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan,
IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Se-Bud&Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk
Kerja (dalam proses).
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7, 8, dan 9
TEMA :
ALAT KOMUNIKASI
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan aturan
yang berlaku di masyarakat (PKn).
§ Menceritakan
pengalaman diri (IPS).
§ Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai
dengan perintah (BI).
§ Berbicara: mendeklamasikan puisi anak dengan
lafal dan intonasi yang sesuai.
§ Membaca: Membaca nyaring kalimat sederhana
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menulis: Menyalin puisi anak sederhana dengan
huruf lepas.
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan sampai 20 (Mat).
§ Mengidentifikasi kebutuhan manusia terhadap alat
komunikasi (IPA).
§ Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
§ Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
§
Melafalkan
lagu anak (Se-Bud & Keterampilan).
§ Menyanyikan lagu anak secara individual maupun
kelompok.
§
Menanggapi
rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
II. INDIKATOR
§
Mengidentifikasi
macam-macam alat komunikasi (PKn).
§
Menerangkan
cara menggunakan alat komunikasi dengan santun.
§
Menyebutkan
peristiwa yang pernah dialami.
§
Menceritakan
pengalaman menggunakan alat komunikasi (IPS).
§
Menyebutkan
peristiwa yang pernah dialami ketika
menggunakan alat komunikasi modern (HP, Internet, dsb).
§
Membandingkan
alat komunikasi tradisional dengan yang modern.
§
Menceritakan
peristiwa menyenangkan yang pernah dialami sendiri.
§ Melaksanakan
perintah guru (BI).
§ Menyampaikan pesan melalui alat komunikasi (telepon, HP).
§ Menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua
dengan bahasa dan cara yang sesuai.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Menyalin atau mencontoh kalimat dari buku atau papan
tulis yang ditulis guru, dan menuliskan pada buku tulisnya.
§ Memberi contoh benda yang panjang dan pendek (Mat).
§ Mengenal jarak dekat dan jauh.
§ Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku.
§ Mengukur dan mambandingkan panjang benda-benda secara
langsung.
§ Menyebutkan macam-macam alat komunikasi (IPA).
§ Menjelaskan manfaat alat komunikasi bagi manusia.
§ Menceritakan cara pemakaian alat komunikasi.
§ Menerangkan kegunaan benda di rumah , sekolah, dan tempat
lain.
§ Mendemonstrasikan penggunaan beberapa benda.
§ Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
§
Membedakan
bunyi alam dan bunyi buatan (Se-bud & Keterampilan).
§
Menyanyikan
lagu dengan syair yang benar.
§ Bersedia bermain dalam kelompok (Orjaskes).
§ Melakukan gerak menarik tangan.
§ Melakukan permainan beregu/berkelompok.
§ Bergerak dengan isyarat.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai
dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Naik
Delman” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama (Alat Komunikasi).
2.
Kegiatan Inti
1)
Bertanya jawab mana alat
komunikasi yang sudah dipelajari dan diajak mengidentifikasi mana alat
komunikasii yang tradisional dan yang modern, apa yang membedakannya.
2)
Menugaskan siswa
untuk mengamati gambar dalam kotak dan
menuliskan nama alat komunikasi yang ada di halaman 138 (ekspresikan dirimu).
3)
Menugaskan siswa untuk
berkelompok dengan teman sebangkunya dan mendiskusikan tentang alat komunikasi
yang sering dipakai dikeluargamu, mana alat yang paling praktis digunakan (Pkn,
IPS, BI, IPA KTK, Mat).
4)
Menugaskan siswa untuk
membaca Tugas di halam ekspresikan dirimu dan mengamati gambar yang ada di hal
138 dan menirukan bunyi dari gambar tersebut Kemudian memberi tanda pada Benda
yang berbunyi pendek dengan tanda cek
(V) dan berbunyi panjang dengan tanda silang (X) (Pkn, IPS, BI, IPA KTK, Mat).
§ Setiap kotak diberi namor (1, 2, 3 sampai 6)
§ Setiap siswa menulis nama benda dalam kotak
§ Setiap benda ditulis juga kegunaannya
§ Menulis bunyinya bagaimana (imajinasi siswa)
5)
Setelah selesai
berdiskusi, dilanjutkan dengan bagian bercerita, semua siswa diminta mengamati
gambar di hal 140 dan siswa ditugaskan untuk membaca teksnya. Guru memberikan penjelasan tentang alat komunikasi
yang berenergi listrik dan yang berenergi udara/bunyi.
6)
Semua siswa ditugaskan
untuk menulis tentang alat komunikasi yang ada di rumah atau di sekolah.
7)
Setelah selesai menulis,
siswa (yang berani) diminta untuk bercerita makna gambar secara bergantian
dengan gambar yang tidak sama.
8)
Selanjutnya siswa
ditugaskan untuk mengerjakan mengisi titik-titik di halaman 141 wacana tentang
“Nenek dan Kakek Akan Datang” (Pkn, IPS,
BI, IPA KTK, Mat).
9)
Semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 144) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil
belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui
penguasaan materi yang telah
dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua
siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar
tentang alat-alat komunikasi (kentongan, HP, telepon, pluit, bel rumah, klakson
mobil, dsb).
§ Lingkungan desa.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan,
IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Se-Bud&Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk
Kerja (dalam proses).
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 10, 11,
dan 12
TEMA :
ALAT KOMUNIKASI
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan aturan
yang berlaku di masyarakat (PKn).
§ Menceritakan
pengalaman diri (IPS).
§ Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai
dengan perintah (BI).
§ Berbicara: mendeklamasikan puisi anak dengan
lafal dan intonasi yang sesuai.
§ Membaca: Membaca nyaring kalimat sederhana
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menulis: Menyalin puisi anak sederhana dengan
huruf lepas.
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan sampai 20 (Mat).
§ Mengidentifikasi kebutuhan manusia terhadap alat
komunikasi (IPA).
§ Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
§ Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
§
Melafalkan
lagu anak (Se-Bud & Keterampilan).
§ Menyanyikan lagu anak secara individual maupun
kelompok.
§
Menanggapi
rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
II. INDIKATOR
§
Mengidentifikasi
macam-macam alat komunikasi (PKn).
§
Menerangkan
cara menggunakan alat komunikasi dengan santun.
§
Menyebutkan
peristiwa yang pernah dialami.
§
Menceritakan
pengalaman menggunakan alat komunikasi (IPS).
§
Menyebutkan
peristiwa yang pernah dialami ketika
menggunakan alat komunikasi modern (HP, Internet, dsb).
§
Membandingkan
alat komunikasi tradisional dengan yang modern.
§
Menceritakan
peristiwa menyenangkan yang pernah dialami sendiri.
§ Melaksanakan
perintah guru (BI).
§ Menyampaikan pesan melalui alat komunikasi (telepon, HP).
§ Menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua
dengan bahasa dan cara yang sesuai.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Menyalin atau mencontoh kalimat dari buku atau papan
tulis yang ditulis guru, dan menuliskan pada buku tulisnya.
§ Memberi contoh benda yang panjang dan pendek (Mat).
§ Mengenal jarak dekat dan jauh.
§ Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku.
§ Mengukur dan mambandingkan panjang benda-benda secara
langsung.
§ Menyebutkan macam-macam alat komunikasi (IPA).
§ Menjelaskan manfaat alat komunikasi bagi manusia.
§ Menceritakan cara pemakaian alat komunikasi.
§ Menerangkan kegunaan benda di rumah , sekolah, dan tempat
lain.
§ Mendemonstrasikan penggunaan beberapa benda.
§ Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
§
Membedakan
bunyi alam dan bunyi buatan (Se-bud & Keterampilan).
§
Menyanyikan
lagu dengan syair yang benar.
§ Bersedia bermain dalam kelompok (Orjaskes).
§ Melakukan gerak menarik tangan.
§ Melakukan permainan beregu/berkelompok.
§ Bergerak dengan isyarat.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa sesuai
dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan lagu “Disini
Senang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama (Alat Komunikasi).
2.
Kegiatan Inti
1)
Pada bagian “Ayo
Berhitung” semua siswa ditugaskan untuk mengamati gambar pada setiap kotak dan
menghitung jumlah benda pada kotak yang
tersedia di hal 142 kemudian membandingkan mana yang berbentuk balok, bola, tabung (Pkn, IPS, BI, IPA KTK, Mat)
2)
Menugaskan semua siswa
untuk menuliskan lambang bilangan benda yang lebih besar atau lebih kecil dalam
bentuknya.
3)
Menugaskan semua siswa
untuk membaca teks di hal 142 dan dari hasil bacaan tersebut siswa diminta untuk
membedakan ukuran panjang antene dari benda-benda
tersebut.
4)
Menugaskan siswa
untuk berkelompok dengan teman sebangku
dan masing-masing kelompok. Siswa akan bermain ”Pesan Berantai” semua kelompok ditugaskan
untuk menulis 5-10 kata dalam satu kalimat di kertas. Setelah semua selesai
menulis, kalimat dibaca sekali atau dua kali, lalu kertas dilipat.
5)
Berdasarkan dari
lipatan kertas itu siswa diberi tugas sebagai berikut:
§ Kertas yang isinya sudah dibaca dilipat yang
bagus.
§ Siswa/kelompok menyerahkan kertas yang
dilipat kepada kelompok lain (tidak
boleh dibuka dulu).
§ Siswa yang menyerahkan kertas menyampaikan
pesan yang ada dalam tulisan (di dalam kerta yang dilipat).
§ Terus dilanjutkan pada kelompok yang lainsampai
berganti pada 4 kelompok.
§ Kelompok yang kelima akan membuka lipatan
kertas dan mencocokan antara yang diucapkan dalam pesan dengan tulisan yang ada
dalam kerta lipat.
6)
Kalau permainan
sudah selesai guru mengajak semua siswa berdiskusi kelas membahas makna
permainan ”pesan berantai” tadi. Mana yang lebih efektif? Apakah pesan yang
disampaikan melalui mulut, atau melalui tulisan di kertas.
7)
Guru dan siswa
bersama-sama menyimpulkan hasil diskusi.
8)
Berikutnya semua
siwa secara mandiri ditugaskan untuk mengerjakan tugas ”Ayo Belajar” di halaman
145 dan 146.
9)
Terakhir semua
siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 144) dan diharapkan
semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk
berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab
untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua
siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar
tentang alat-alat komunikasi
§ Lingkungan
keluarga, kantor dan sekolah
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan,
IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk
Kerja (dalam proses).
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
Catatan:
Pencapaian
Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai
dengan cara:
§ Menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam setiap
pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang sudah
dirancang.
§ Semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam buku
kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh isinya memuat
soal-soal untuk mengukur pencapaian indicator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar