Silabus
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : I
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||
1.1. Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
|
Ayo kita hidup rukun.
- Berbeda tetapi satu:
· Kerukunan dalam keluarga.
|
Mengamati gambar tentang keluarga (ayah, ibu,
anak) dan keluarga besar (ayah, ibu, anak, kakek dan
nenek).
Memperkenalkan identitas diri di depan
kelas.
Menyebutkan perbedaan jenis kelamin
(laki-laki dan perempuan).
Menyebutkan perbedaan usia dalam keluarga.
Menjelaskan ciri-ciri laki-laki dan
perempuan.
Menceritakan kerukunan dalam perbedaan
jenis kelamin.
Menyimak pemahaman mengenai pengertian
rumah dan keluarga.
|
Menyebutkan macam-macam jenis kelamin dalam keluarga.
Menyebutkan perbedaan usia anggota keluarga.
Menjelaskan ciri-ciri laki-laki dan perempuan.
Menceritakan dan melaksanakan hidup rukun di rumah (dalam
keluarga).
|
Tugas individu.
|
Penilaian lisan.
Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
Penilaian unjuk kerja (keberanian anak
bercerita).
|
1. Nama
saya adalah ...
Saudara saya berjumlah ...
orang
Nama kakak saya adalah ...
Dia seorang anak ...
Nama adik saya adalah ...
Dia
seorang anak ...
Orang biasa memanggil ayah
saya
dengan nama ...
Orang biasa memanggil ibu
saya
dengan nama ...
|
4x35
menit.
|
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 1-4,
4-9, 10-13.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||
|
· Rukun dengan teman
sekolah.
|
Mengamati gambar tentang anak sekolah.
Menyebutkan nama-nama teman sekolahnya.
- Menceritakan
agama yang dianut di keluarganya serta suku bangsanya.
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
· Macam-
macam
agama di Indonesia.
|
Mengidentifikasi suku bangsa dan agama teman-teman dekat
di sekolahnya.
Menjelaskan sikap rukunnya dengan teman sekolah yang
berbeda agama dan suku dengannya.
Mengamati gambar tempat ibadah.
Mengidentifikasi macam-macam tempat ibadah sesuai
dengan agama.
Menceritakan nama tempat ibadah sesuai dengan agamanya.
Menyebutkan pemuka tiap agama di Indonesia.
|
Menceritakan suku bangsa dan agama yang dianut keluarganya
serta teman dekat di sekolahnya.
Menceritakan hidup rukun dengan teman sekolah yang
berbeda agama dan suku dengannya.
Mengidentifikasi macam- macam agama di
Indonesia.
Menceritakan nama-nama tempat ibadah sesuai dengan
agamanya.
Menyebutkan istilah nama pemuka tiap agama di
Indonesia.
|
|
|
2.
Agama saya ...
Suku ayah saya ...
Suku ibu saya ...
|
|
|
||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||
1.2. Memberikan
contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di
sekolah.
|
- Contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah.
|
Mengamati lingkungan sekitar rumah.
Menyebutkan macam-macam contoh hidup rukun
di rumah.
Menceritakan cara hidup rukun di rumah.
Menyebutkan macam-macam contoh hidup tidak
rukun di rumah.
Mengamati lingkungan sekitar sekolah.
Menyebutkan macam-macam contoh hidup rukun di sekolah.
Menceritakan cara hidup rukun di sekolah.
Menyebutkan macam-macam contoh hidup tidak
rukun di sekolah.
|
Mengidentifikasi cara-cara hidup rukun di rumah dan di
sekolah.
Mengidentifikasi cara-cara hidup tidak rukun di rumah
dan di
sekolah.
|
Tugas individu.
|
Penilaian lisan.
|
Sebutkan macam-macam contoh hidup rukun di
rumah dan di sekolah.
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 13-17.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan
rumah
(keluarga),
sekolah, dst.
|
||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||
1.3. Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
|
- Menerapkan hidup
rukun di rumah dan di sekolah.
|
Rukun di rumah (sesama anggota keluarga).
Rukun dengan semua teman yang berbeda agama,
suku bangsa, dan kesukaan.
Rukun di sekolah.
Mengekspresikan keluarga bahagia yang penuh kerukunan
dalam bentuk gambar.
|
Menerapkan cara-cara hidup rukun di rumah
(keluarga) dan di sekolah.
|
Tugas individu.
|
Penilaian lisan.
Penilaian sikap.
Penilaian unjuk kerja(kebera-nian anak
Bercerita dan berekspresi melalui
gambar).
|
Buatlah gambar yang menggambarkan kerukunan di dalam
keluargamu.
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 18-21.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
||||
|
- Berbeda tetapi satu:
· Kerukunan dalam keluarga.
· Rukun dengan teman sekolah.
· Macam-
macam
agama di indonesia.
|
Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan
dengan kerukunan dalam keluarga dan antara teman sekolah, macam- macam agama di Indonesia, contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah,
serta penerapan
hidup rukun di rumah dan di
sekolah.
|
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai kerukunan dalam keluarga dan antara teman sekolah, macam- macam agama di Indonesia, contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah,
serta penerapan
hidup rukun di rumah dan di
sekolah.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).
|
1.
Supaya hidup rukun kita harus ...
a. Saling membenci
b. Saling memukul
c. Saling menghormati
2. Apabila ada teman yang
bertengkar kamu akan ...
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 1-24.
- Buku referensi lain.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||||||
|
- Contoh hidup rukun
di rumah dan di sekolah.
- Menerapkan hidup
rukun di rumah dan di sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
......., …………………………………
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : I
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
2.1. Menjelaskan pentingnya
tata tertib di rumah dan di sekolah.
|
Ayo hidup tertib.
- Tertib
di rumah dan di sekolah.
-
Apabila tidak tertib di rumah dan di sekolah.
|
Mengamati gambar tentang kehidupan yang
tertib di rumah dan di sekolah.
Mengidentifikasi macam-macam tata tertib di
rumah dan di sekolah.
Mengamati gambar tentang kehidupan yang tidak
tertib di rumah dan di sekolah.
Menceritakan akibat jika tidak tertib di
rumah.
Menceritakan akibat jika tidak tertib
di sekolah.
|
Menyebutkan macam-macam
tata tertib di dalam keluarga.
Menyebutkan macam-macam tata tertib di sekolah.
Membedakan sikap tertib dengan sikap tidak tertib.
Menjelaskan akibat tidak tertib di rumah dan di
sekolah.
|
Tugas individu.
|
Penilaian
lisan.
Penilaian
sikap (pengamatan perilaku).
Penilaian
unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
|
- Contoh hidup tertib pada pagi hari adalah ...
|
2x35
menit.
|
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal.
25-28, 29-34.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah keluarga),sekolah, dst.
|
||
2.2. Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah.
|
- Tertib di rumah dan di sekolah.
|
Bersikap tertib pada pagi hari di rumah.
Bersikap tertib ketika masuk sekolah.
|
Melaksanakan hidup tertib di rumah.
Melaksanakan hidup tertib di sekolah.
|
-
Tugas
kelompok.
|
Penilaian
unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
|
- Setiap pagi saya bangun
pukul ...
Saya tiba di sekolah pukul ...
Apabila guru menerangkan saya ...
Sepulang sekolah saya
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 25-34.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan
rumah, sekolah, dst.
|
||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
|
|
Bersikap tertib di dalam kelas.
Bersikap tertib pada waktu jam istirahat.
Bersikap tertib pada waktu ulangan.
Bersikap tertib ketika pulang sekolah.
Bersikap tertib setelah di rumah.
- Bersikap
tertib di rumah pada malam hari.
|
|
|
|
menaruh sepatu di ...
Apabila guru memberikan pekerjaan rumah saya akan ...
Saya
tidur pukul ...
|
|
|
||
|
- Tertib di tempat umum.
-
Apabila tidak tertib di tempat umum.
|
Mengidentifikasi macam-macam tata tertib di
tempat umum.
Mengamati gambar tentang kehidupan yang
tertib di tempat umum (jalan, restoran, tempat ibadah).
Bersikap tertib di tempat umum (tertib di jalan, di
restoran, di rumah ibadah, dan tertib beribadah)
Mengamati gambar tentang kehidupan yang tidak
tertib di tempat umum.
-
Menceritakan akibat jika tidak tertib di tempat umum (tidak tertib di
restoran,
|
Melaksanakan hidup tertib di tempat umum.
|
Tugas individu.
|
Penilaian
lisan.
Penilaian
sikap.
Penilaian
unjuk kerja.
|
Sebutkan
contoh hidup tertib di
tempat
umum.
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 34-42.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah keluarga),sekolah, dst.
|
||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
|
|
jalan, rumah ibadah, dan dalam beribadah).
- Berdiskusi dengan teman sebangku
mengenai apa yang harus dilakukan untuk bersikap tertib di rumah, sekolah,
dan tempat umum.
|
|
|
|
|
|
|
||
|
- Tertib di rumah dan di sekolah.
-
Apabila tidak tertib di rumah dan di sekolah.
- Tertib di tempat umum.
-
Apabila tidak tertib di tempat umum.
|
Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan
dengan sikap tertib di rumah, sekolah, dan tempat umum,
serta akibat jika tidak tertib di rumah, sekolah, dan tempat umum.
|
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai sikap tertib di rumah, sekolah, dan tempat umum,
serta akibat jika tidak tertib di rumah, sekolah, dan tempat umum.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).
|
1.
Contoh hidup tertib di sekolah
adalah ...
a. Terlambat sekolah
b. Mendengarkan guru yang
mengajar
c. Ribut di kelas
2. Kalau kita melanggar tata tertib,
kita akan di ...
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 25-44.
- Buku referensi lain.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
||
Jakarta,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : I
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
3. Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
3.1. Menjelaskan hak
anak untuk bermain, belajar dengan gembira
dan didengar pendapatnya.
|
Ayo mengenal hak kita.
-
Hak anak di rumah.
-
Hak
anggota keluarga di rumah.
-
Hak
anggota keluarga lain.
|
Menceritakan arti hak.
Mengamati gambar tentang anak yang menerima haknya
(anak yang disayang, makan, bermain, ketika sakit, bersekolah, dll).
Bertanya jawab tentang hak-hak anak di rumah.
Mengidentifikasi kegiatan anak yang
mendapatkan haknya.
Mengamati gambar tentang anggota keluarga yang
mendapatkan haknya (ayah, ibu, kakak, adik, kakek, nenek, paman, bibi, sepupu,
pembantu, dll).
Berdiskusi tentang hak-hak anak di lingkungan keluarga.
|
Menyebutkan macam-macam contoh hak anak di rumah.
Menyebutkan hak-hak anggota keluarga di rumah.
Menceritakan cara bersikap kasih sayang di dalam
lingkungan keluarga.
|
Tugas
individu.
|
Penilaian lisan.
Penilaian unjuk kerja (keberanian anak
bercerita).
|
Sebutkan beberapa contoh hak anak di rumah dan di
sekolah.
|
2x35
menit.
|
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal.
45-48, 48-50, 50-51, 52-53, 54-56.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
|
-
Hak
anak di sekolah.
-
Hak
warga sekolah.
-
Akibat jika hak anak diabaikan.
|
Menjelaskan posisi anggota keluarga lain di rumah (kakek,
nenek, paman, bibi, sepupu, pembantu dll).
Berdiskusi tentang hak-hak anggota keluarga yang lain
di rumah.
Mengamati gambar tentang anak di sekolah yang menerima
haknya.
Berdiskusi tentang hak-hak anak di sekolah.
Mengidentifikasi hak-hak warga sekolah (bapak dan ibu
guru, kepala sekolah, teman, penjaga sekolah, pembersih sekolah).
Mengamati gambar tentang contoh hak anak yang diabaikan.
Menceritakan contoh hak anak yang diabaikan.
Mengidentifikasi macam akibat dari hak anak yang
diabaikan.
|
Mengidentifikasi macam-macam hak anak di sekolah
(belajar, bermain, berdiskusi. dll).
Mengidentifikasi macam-macam hak warga sekolah.
Menjelaskan akibat
jika hak anak diabaikan.
|
- Observasi
|
|
|
|
|
||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
3.2. Melaksanakan hak anak di rumah dan di
sekolah.
|
- Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah.
|
Menerima hak berobat ketika sakit.
Mendapatkan kasih sayang.
Menerima hak untuk
belajar agar menjadi pandai.
Menerima haknya untuk makan.
Menerima hak untuk bersekolah.
Menerima hak dalam memilih teman.
Menerima hak bermain.
|
Menerima hak anak di rumah dan di sekolah.
|
Tugas individu.
|
Penilaian lisan.
Penilaian unjuk kerja (keberanian anak
bercerita).
|
Saya ingin belajar, saya berhak ...
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 57-65.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
||
|
-
Hak anak di rumah.
-
Hak
anggota keluarga di rumah.
-
Hak
anggota keluarga lain.
-
Hak
anak dan awrga lain di sekolah.
-
Akibat
jika hak anak diabaikan.
-
Melaksanakan
hak anak di rumah dan di sekolah.
|
Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan hak anak, hak
anggota keluarga, dan hak anggota keluarga lain di rumah, hak anak di sekolah,
hak warga sekolah, akibat jika hak anak diabaikan, dan pelaksanaan hak anak di rumah dan di sekolah.
|
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai hak anak, hak anggota keluarga, dan hak anggota
keluarga lain di rumah, hak anak di sekolah, hak warga sekolah, akibat jika
hak anak diabaikan, dan pelaksanaan
hak anak di rumah dan di sekolah.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).
|
1.
Hak kita di rumah adalah ...
a. Disayang ayah dan ibu
b. Mendapat nilai bagus
c. Disayang ibu dan bapak guru
2. Temanmu mengabaikanmu, hak
kamu untuk berteman tidak
dihormati, kamu merasa ...
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 45-68
- Buku referensi lain.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
||
......., …………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : I
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
4. Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
4.1. Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
|
Ayo belajar tentang kewajiban.
Tata tertib di rumah.
Kewajiban di rumah.
Tata tertib di sekolah.
Kewajiban di sekolah.
|
Mengamati gambar tentang keluarga (ayah, ibu, anak) dan anggota
keluarga lainnya (kakek, nenek, saudara, pembantu) yang bekerja memenuhi
kewajibannya.
Mengidentifikasi macam-macam kewajiban ayah, ibu, anak,
kakek, nenek, saudara, pembantu di rumah.
Mengamati gambar tentang kegiatan
di sekolah (siswa yang memenuhi kewajibannya).
Mengidentifikasi macam-macam kewajiban siswa di sekolah.
Bercerita tentang pentingnya melaksanakan kewajiban di
sekolah.
|
Menyebutkan macam-macam tata
tertib yang harus dipatuhi anak di rumah.
Menceritakan keuntungan melaksanakan
kewajiban di rumah.
Menyebutkan macam-macam tata
tertib yang harus dipatuhi oleh siswa di sekolah.
Menceritakan pentingnya melaksanakan kewajiban sebagai warga sekolah.
|
Tugas individu.
|
Penilaian lisan.
Penilaian sikap.
Penilaian unjuk kerja (keberanian anak
bercerita).
|
Kewajiban kita sebagai anak adalah ...
|
2x35
menit.
|
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 69-74,
74-76, 76-77, 77-78.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
|
Kewajiban di tempat umum.
Hubungan antara hak dan kewajiban.
|
Mengamati gambar tentang anak yang
memenuhi kewajibannya di tempat umum.
Mengidentifikasi macam-macam kewajiban anak di tempat umum.
Mengidentifikasi hubungan antara hak dan kewajiban anak
di rumah dan di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2. Melaksanakan aturan
yang berlaku di masyarakat.
|
Melaksanakan kewajiban.
- Akibat
tidak melaksanakan kewajiban.
|
Melaksanakan kewajiban anak membantu orang tua.
Melaksanakan kewajiban untuk sayang kepada saudara (adik dan kakak).
Melaksanakan kewajiban siswa untuk belajar.
Melaksanakan kewajiban untuk rukun dengan semua teman.
Melaksanakan kewajiban untuk patuh kepada guru.
Melaksanakan kewajiban untuk menjaga kebersihan.
Mengidentifikasi akibat seorang anak yang tidak
|
Melaksanakan kewajiban sebagai
anak di rumah.
Melaksanakan kewajiban sebagai siswa di sekolah.
Melaksanakan kewajiban sebagai warga masyarakat.
Mengetahui akibat seorang anak yang tidak
|
Tugas kelompok.
|
Penilaian sikap.
Penilaian unjuk kerja.
|
Kamu wajib ... apabila kamu melihat ibu lelah menyapu.
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 69-74, 74-76, 76-77, 78-79, 80-88.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
|
|
melaksanakan kewajiban anak di rumah, sekolah, dan
masyarakat.
|
melaksanakan kewajiban anak di rumah, sekolah, dan
masyarakat.
|
|
|
|
|
|
|
|
Kewajiban di rumah.
Kewajiban di sekolah.
Kewajiban di tempat umum.
Hubungan antara hak dan kewajiban.
Melaksanakan kewajiban.
Akibat tidak melaksanakan kewajiban.
|
Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan
dengan kewajiban anak di rumah, sekolah, tempat umum, hubungan
antara hak dan kewajiban, melaksanakan kewajiban, dan akibat tidak
melaksanakan kewajiban.
|
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai kewajiban anak di rumah, sekolah, tempat umum, hubungan
antara hak dan kewajiban, melaksanakan kewajiban, dan akibat tidak
melaksanakan kewajiban.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).
|
1.
Saya ingin pintar, saya wajib ...
a. Mencontek
b. Belajar
c. Bermain
2. Kewajibanmu sebagai kakak adalah ...
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 69-91.
- Buku referensi lain.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
Jakarta,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar