Selasa, 15 Mei 2012

Silabus PKn Kelas I SD


Silabus

Nama Sekolah                :   SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran                :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                               :   I
Semester                        :   1

STANDAR KOMPETENSI:   
1.         Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar


Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen


1.1.    Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.


Ayo kita hidup rukun.



-    Berbeda tetapi satu:

·  Kerukunan dalam keluarga.












­    Mengamati gambar tentang keluarga (ayah, ibu, anak) dan keluarga besar (ayah, ibu, anak, kakek dan nenek).

­    Memperkenalkan identitas diri di depan kelas.

­    Menyebutkan perbedaan jenis kelamin (laki-laki dan perempuan).

­    Menyebutkan perbedaan usia dalam keluarga.

­    Menjelaskan ciri-ciri laki-laki dan perempuan.

­    Menceritakan kerukunan dalam perbedaan jenis kelamin.

­    Menyimak pemahaman mengenai pengertian rumah dan keluarga.


­    Menyebutkan macam-macam jenis kelamin dalam keluarga.


­    Menyebutkan perbedaan usia anggota keluarga.

­    Menjelaskan ciri-ciri laki-laki dan perempuan.

­    Menceritakan dan melaksanakan hidup rukun di rumah (dalam keluarga).



­    Tugas individu.




­    Penilaian lisan.



­    Penilaian sikap (pengamatan  perilaku).

­    Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).


1.      Nama saya adalah ...
         Saudara saya berjumlah ... orang
         Nama kakak saya adalah ...
         Dia seorang anak ...
         Nama adik saya adalah ...
         Dia seorang anak ...
         Orang biasa memanggil ayah saya
         dengan nama ...
         Orang biasa memanggil ibu saya
         dengan nama ...

4x35            
 menit.

-       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 1-4, 4-9, 10-13.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.


Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar


Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen


·  Rukun dengan teman
    sekolah.

­    Mengamati gambar tentang anak sekolah.

­    Menyebutkan nama-nama teman sekolahnya.

-         Menceritakan agama yang dianut di keluarganya serta suku bangsanya.



















·  Macam-  macam
    agama di Indonesia.


­    Mengidentifikasi suku bangsa dan agama teman-teman dekat di sekolahnya.


­    Menjelaskan sikap rukunnya dengan teman sekolah yang berbeda agama dan suku dengannya.

­    Mengamati gambar tempat ibadah.


­    Mengidentifikasi macam-macam tempat ibadah sesuai dengan agama.

­    Menceritakan nama tempat ibadah sesuai dengan agamanya.

­    Menyebutkan pemuka tiap agama di Indonesia.


­    Menceritakan suku bangsa dan agama yang dianut keluarganya serta teman dekat di sekolahnya.

­    Menceritakan hidup rukun dengan teman sekolah yang berbeda agama dan suku dengannya.

­    Mengidentifikasi macam- macam agama di Indonesia.






­    Menceritakan nama-nama tempat ibadah sesuai dengan agamanya.

­    Menyebutkan istilah nama pemuka tiap agama di Indonesia.





2.      Agama saya ...
         Suku ayah saya ...
         Suku ibu saya ...
     



Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar


Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen


1.2.    Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di

           sekolah.


-     Contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah.

­    Mengamati lingkungan sekitar rumah.

­    Menyebutkan macam-macam contoh hidup rukun di rumah.

­    Menceritakan cara hidup rukun di rumah.

­    Menyebutkan macam-macam contoh hidup tidak rukun di rumah.

­    Mengamati lingkungan sekitar sekolah.

­    Menyebutkan macam-macam contoh hidup rukun di sekolah.

­    Menceritakan cara hidup rukun di sekolah.

­    Menyebutkan macam-macam contoh hidup tidak rukun di sekolah.

­    Mengidentifikasi cara-cara hidup rukun di rumah dan di sekolah.
























­    Mengidentifikasi cara-cara hidup tidak rukun di rumah dan di
         sekolah.






­    Tugas individu.




­    Penilaian lisan.


­    Sebutkan macam-macam contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah.


   2x35            
 menit.

-       Buku paket hal. 13-17.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan

         rumah    
         (keluarga), 
         sekolah, dst.

Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar


Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen


1.3.    Menerapkan hidup  rukun di rumah dan di sekolah.


-     Menerapkan  hidup  rukun di rumah dan di sekolah.

­    Rukun di rumah (sesama anggota keluarga).


­    Rukun dengan semua teman yang berbeda agama, suku bangsa, dan kesukaan.

­    Rukun di sekolah.

­    Mengekspresikan keluarga bahagia yang penuh kerukunan dalam bentuk gambar.


­    Menerapkan cara-cara hidup rukun di rumah (keluarga) dan di sekolah.





­    Tugas individu.


­    Penilaian lisan.


­    Penilaian sikap.




­    Penilaian unjuk kerja(kebera-nian anak

Bercerita  dan berekspresi melalui gambar).


­    Buatlah gambar yang menggambarkan kerukunan di dalam keluargamu.


2x35            
   menit.

-       Buku paket hal. 18-21.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.



-    Berbeda tetapi satu:
·  Kerukunan dalam keluarga.
·  Rukun dengan teman sekolah.
·  Macam-  macam
          agama di    indonesia.

­    Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan kerukunan dalam keluarga dan antara teman sekolah, macam- macam agama di Indonesia, contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah, serta penerapan  hidup  rukun di rumah dan di sekolah.


­    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kerukunan dalam keluarga dan antara teman sekolah, macam- macam agama di Indonesia, contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah, serta penerapan  hidup  rukun di rumah dan di sekolah.

­    Ulangan harian.




­    Pilihan ganda.



­    Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).


1.      Supaya hidup rukun kita harus ...
         a.  Saling membenci
         b.  Saling memukul
         c.  Saling menghormati

2.     Apabila ada teman yang
        bertengkar kamu akan ...

2x35            
   menit.

-       Buku paket hal. 1-24.
-       Buku referensi lain.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar

Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran

Sumber/Bahan Belajar

-     Contoh hidup      rukun di rumah dan di sekolah.
-     Menerapkan  hidup  rukun di rumah dan di sekolah.










.......,  …………………………………
                                                Mengetahui,                                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
                             Kepala Sekolah




                                        __________________                                                                                                                                                                                             __________________
                                           NIP.                                                                                                                                                                                                                                         NIP.


















Nama Sekolah                :   SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran                :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                               :   I
Semester                        :   1

STANDAR KOMPETENSI:   
2.         Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah.

Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen

2.1.    Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah.


Ayo hidup tertib.



-     Tertib di rumah dan di sekolah.



-     Apabila tidak tertib di rumah dan di sekolah.

­    Mengamati gambar tentang kehidupan yang tertib di rumah dan di sekolah.

­    Mengidentifikasi macam-macam tata tertib di rumah dan di sekolah.


­    Mengamati gambar tentang kehidupan yang tidak tertib di rumah dan di sekolah.

­    Menceritakan akibat jika tidak tertib di rumah.

­    Menceritakan akibat jika tidak tertib di  sekolah.

­    Menyebutkan macam-macam  tata tertib di dalam keluarga.

­    Menyebutkan macam-macam tata tertib di sekolah.


­    Membedakan sikap tertib dengan sikap tidak tertib.


­    Menjelaskan akibat tidak tertib di rumah dan di sekolah.






­    Tugas individu.

­    Penilaian lisan.


­    Penilaian sikap (pengamatan perilaku).

­    Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).


-    Contoh hidup tertib pada pagi hari adalah ...



2x35            
 menit.

-       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 25-28, 29-34.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah keluarga),sekolah, dst.


2.2.    Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.


-     Tertib di rumah dan di sekolah.


­    Bersikap tertib pada pagi hari di rumah.

­    Bersikap tertib ketika masuk sekolah.


­    Melaksanakan hidup tertib di rumah.

­    Melaksanakan hidup tertib di sekolah.


 -    Tugas       
      kelompok.

­    Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).


-       Setiap pagi saya bangun
          pukul ...
         Saya tiba di sekolah pukul ...
         Apabila guru menerangkan saya ...
         Sepulang sekolah saya

2x35            
 menit.

-     Buku paket hal. 25-34.
-     Orang tua.
-     Teman.
      -    Lingkungan rumah,  sekolah, dst.
Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen


­    Bersikap tertib di dalam kelas.

­    Bersikap tertib pada waktu jam istirahat.

­    Bersikap tertib pada waktu ulangan.

­    Bersikap tertib ketika pulang sekolah.

­    Bersikap tertib setelah di rumah.
-       Bersikap tertib di rumah   pada malam hari.



         menaruh sepatu di ...
         Apabila guru memberikan pekerjaan rumah saya akan ...
         Saya tidur pukul ...




-     Tertib di tempat umum.












-     Apabila tidak  tertib di tempat umum.

­    Mengidentifikasi macam-macam tata tertib di tempat umum.

­    Mengamati gambar tentang kehidupan yang tertib di tempat umum (jalan, restoran, tempat ibadah).

­    Bersikap tertib di tempat umum (tertib di jalan, di restoran, di rumah ibadah, dan tertib beribadah)

­    Mengamati gambar tentang kehidupan yang tidak tertib di tempat umum.

-       Menceritakan akibat jika tidak tertib di tempat umum (tidak tertib di restoran,

­    Melaksanakan hidup tertib di tempat umum.

­    Tugas individu.

­    Penilaian lisan.






­    Penilaian sikap.








­    Penilaian unjuk kerja.


­    Sebutkan contoh hidup tertib di
         tempat umum.


2x35            
 menit.

-       Buku paket hal. 34-42.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah keluarga),sekolah, dst.
Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen


­    jalan, rumah ibadah, dan dalam beribadah).

 -      Berdiskusi dengan teman sebangku mengenai apa yang harus dilakukan untuk bersikap tertib di rumah, sekolah, dan tempat umum.








-     Tertib di rumah dan di sekolah.
-     Apabila tidak tertib di rumah dan di sekolah.
-     Tertib di tempat umum.
-     Apabila tidak tertib di tempat umum.

­    Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan sikap tertib di rumah, sekolah, dan tempat umum, serta akibat jika tidak tertib di rumah, sekolah, dan tempat umum.


­    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai sikap tertib di rumah, sekolah, dan tempat umum, serta akibat jika tidak tertib di rumah, sekolah, dan tempat umum.


­    Ulangan harian.




­    Pilihan ganda.





­    Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).


1.      Contoh hidup tertib di sekolah
         adalah ...
         a.  Terlambat sekolah
         b.  Mendengarkan guru yang
              mengajar
         c.  Ribut di kelas

2.     Kalau kita melanggar tata tertib,
        kita akan di ...

2x35            
   menit.

-       Buku paket hal. 25-44.
-       Buku referensi lain.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.



Jakarta,…………………………………
                                                Mengetahui,                                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
                             Kepala Sekolah




                                        __________________                                                                                                                                                                                             __________________
                                           NIP.                                                                                                                                                                                                                                         NIP.

                                               

                                               
Nama Sekolah                :   SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran                :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                               :   I
Semester                        :   2

STANDAR KOMPETENSI:   
3.         Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah.

Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen

3.1.    Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira  dan didengar pendapatnya.



Ayo mengenal hak kita.

-    Hak anak di rumah.







-    Hak anggota keluarga di rumah.






-    Hak anggota keluarga lain.



­    Menceritakan arti hak.

­    Mengamati gambar tentang anak yang menerima haknya (anak yang disayang, makan, bermain, ketika sakit, bersekolah, dll).

­    Bertanya jawab tentang hak-hak anak di rumah.

­    Mengidentifikasi kegiatan anak yang mendapatkan haknya.

­    Mengamati gambar tentang anggota keluarga yang mendapatkan haknya (ayah, ibu, kakak, adik, kakek, nenek, paman, bibi, sepupu, pembantu, dll).

­    Berdiskusi tentang hak-hak anak di lingkungan keluarga.


­    Menyebutkan macam-macam contoh hak anak di rumah.









­    Menyebutkan hak-hak anggota keluarga di rumah.




­    Menceritakan cara bersikap kasih sayang di dalam lingkungan keluarga.




­  Tugas individu.




­    Penilaian lisan.

















­    Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).

­     

­    Sebutkan beberapa contoh hak anak di rumah dan di sekolah.


2x35            
 menit.

-       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 45-48, 48-50, 50-51, 52-53, 54-56.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen


-    Hak anak di sekolah.




-    Hak warga sekolah.



-     Akibat jika hak anak diabaikan.
­    Menjelaskan posisi anggota keluarga lain di rumah (kakek, nenek, paman, bibi, sepupu, pembantu dll).

­    Berdiskusi tentang hak-hak anggota keluarga yang lain di rumah.

­    Mengamati gambar tentang anak di sekolah yang menerima haknya.

­    Berdiskusi tentang hak-hak anak di sekolah.

­    Mengidentifikasi hak-hak warga sekolah (bapak dan ibu guru, kepala sekolah, teman, penjaga sekolah, pembersih sekolah).

­    Mengamati gambar tentang contoh hak anak yang diabaikan.

­    Menceritakan contoh hak anak yang diabaikan.

­    Mengidentifikasi macam akibat dari hak anak yang diabaikan.








­    Mengidentifikasi macam-macam hak anak di sekolah (belajar, bermain, berdiskusi. dll).



­    Mengidentifikasi macam-macam hak warga sekolah.



­    Menjelaskan akibat  jika hak anak diabaikan.


























-  Observasi




Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen

Contoh
Instrumen

3.2.    Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah.


-     Melaksanakan hak anak di  rumah dan di sekolah.

­    Menerima hak berobat ketika sakit.

­    Mendapatkan kasih sayang.

­    Menerima hak untuk  belajar agar menjadi pandai.

­    Menerima haknya untuk makan.

­    Menerima hak untuk bersekolah.

­    Menerima hak dalam memilih teman.

­    Menerima hak bermain.


­    Menerima hak anak di rumah dan di sekolah.

­    Tugas individu.




­    Penilaian lisan.


­    Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).


­    Saya ingin belajar, saya berhak ...


   2x35            
 menit.

-       Buku paket hal. 57-65.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.


-    Hak anak di rumah.
-    Hak anggota keluarga di rumah.
-    Hak anggota keluarga lain.
-    Hak anak dan awrga lain di sekolah.
-    Akibat jika hak anak diabaikan.
-    Melaksanakan hak anak di  rumah dan di sekolah.

­    Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan hak anak, hak anggota keluarga, dan hak anggota keluarga lain di rumah, hak anak di sekolah, hak warga sekolah, akibat jika hak anak diabaikan, dan pelaksanaan hak anak di  rumah dan di sekolah.


­    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai hak anak, hak anggota keluarga, dan hak anggota keluarga lain di rumah, hak anak di sekolah, hak warga sekolah, akibat jika hak anak diabaikan, dan pelaksanaan hak anak di  rumah dan di sekolah.

­    Ulangan harian.




­    Pilihan ganda.



­    Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).


1.      Hak kita di rumah adalah ...
         a.  Disayang ayah dan ibu
         b.  Mendapat nilai bagus
         c.  Disayang ibu dan bapak guru

2.     Temanmu mengabaikanmu, hak
        kamu untuk berteman tidak  
        dihormati, kamu merasa ...

2x35            
   menit.

-       Buku paket hal. 45-68
-       Buku referensi lain.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.



.......,  …………………………………
                                                Mengetahui,                                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
                             Kepala Sekolah




                                        __________________                                                                                                                                                                                             __________________
                                           NIP.                                                                                                                                                                                                                                         NIP.































Nama Sekolah                :   SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran                :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                               :   I
Semester                        :   2

STANDAR KOMPETENSI:   
4.         Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.

Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen

4.1.    Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.



Ayo belajar tentang kewajiban.

­    Tata tertib di rumah.



­    Kewajiban di rumah.




­    Tata tertib di sekolah.



­    Kewajiban di sekolah.







­    Mengamati gambar  tentang keluarga (ayah, ibu, anak) dan anggota keluarga lainnya (kakek, nenek, saudara, pembantu) yang bekerja memenuhi kewajibannya.

­    Mengidentifikasi macam-macam kewajiban ayah, ibu, anak, kakek, nenek, saudara, pembantu di rumah.

­    Mengamati gambar tentang  kegiatan di sekolah (siswa yang memenuhi kewajibannya).

­    Mengidentifikasi macam-macam kewajiban siswa  di sekolah.

­    Bercerita tentang pentingnya melaksanakan kewajiban di sekolah.




­    Menyebutkan macam-macam  tata tertib yang harus dipatuhi anak di rumah.




­    Menceritakan  keuntungan melaksanakan kewajiban di rumah.



­    Menyebutkan  macam-macam tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa di sekolah.

­    Menceritakan pentingnya melaksanakan kewajiban sebagai warga sekolah.






­    Tugas individu.




­    Penilaian lisan.

­    Penilaian sikap.

­    Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).


­    Kewajiban kita sebagai anak adalah ...


2x35            
 menit.

-       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 69-74, 74-76, 76-77, 77-78.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen

Contoh
Instrumen





­    Kewajiban di tempat umum.


­    Hubungan antara hak dan kewajiban.

­    Mengamati gambar tentang  anak yang memenuhi kewajibannya di tempat umum.

­    Mengidentifikasi macam-macam kewajiban anak  di tempat umum.

­    Mengidentifikasi hubungan antara hak dan kewajiban anak di rumah dan di sekolah








4.2.    Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.



­    Melaksanakan kewajiban.

















-     Akibat tidak melaksanakan kewajiban.


­    Melaksanakan kewajiban anak membantu orang tua.

­    Melaksanakan kewajiban untuk sayang kepada saudara (adik dan kakak).

­    Melaksanakan kewajiban siswa untuk belajar.

­    Melaksanakan kewajiban untuk rukun dengan semua teman.

­    Melaksanakan kewajiban untuk patuh kepada guru.

­    Melaksanakan kewajiban untuk menjaga kebersihan.

­    Mengidentifikasi akibat seorang anak yang tidak

­    Melaksanakan kewajiban sebagai  anak di rumah.





­    Melaksanakan kewajiban sebagai siswa di sekolah.







­    Melaksanakan kewajiban sebagai warga masyarakat.

­    Mengetahui akibat seorang anak yang tidak


­  Tugas kelompok.


­    Penilaian sikap.


­    Penilaian unjuk kerja.


­    Kamu wajib ... apabila kamu melihat ibu lelah menyapu.


2x35            
 menit.

-       Buku paket hal. 69-74, 74-76, 76-77, 78-79, 80-88.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen


melaksanakan kewajiban anak di rumah, sekolah, dan masyarakat.
melaksanakan kewajiban anak di rumah, sekolah, dan masyarakat.







­    Kewajiban di rumah.
­    Kewajiban di sekolah.
­    Kewajiban di tempat umum.
­    Hubungan antara hak dan kewajiban.
­    Melaksanakan kewajiban.
­    Akibat tidak melaksanakan kewajiban.


­    Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan kewajiban anak di rumah, sekolah, tempat umum, hubungan antara hak dan kewajiban, melaksanakan kewajiban, dan akibat tidak melaksanakan kewajiban.


­    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kewajiban anak di rumah, sekolah, tempat umum, hubungan antara hak dan kewajiban, melaksanakan kewajiban, dan akibat tidak melaksanakan kewajiban.

­    Ulangan harian.




­    Pilihan ganda.



­    Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).


1.      Saya ingin pintar, saya wajib ...
         a.  Mencontek
         b.  Belajar
         c.  Bermain

2.     Kewajibanmu sebagai kakak adalah ...

2x35            
   menit.

-       Buku paket hal. 69-91.
-       Buku referensi lain.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

 

Jakarta,…………………………………
                                                Mengetahui,                                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
                             Kepala Sekolah




                                        __________________                                                                                                                                                                                             __________________
                                           NIP.                                                                                                                                                                                                                                         NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar