Kamis, 24 Mei 2012

RPP SD IPA Tumbuhan HIjau Kelas V Semester I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                         :   SD Negeri……………..
Mata Pelajaran                            :   Ilmu pengetahuan Alam
Kelas/ Semester                           :   V/ 1
MAteri Pokok                              :   Tumbuhan Hijau
Alokasi Waktu                             :   2 × 35 menit (1 pertemuan)
Hari, Tanggal pelaksanaan        :   ………………………….

A.    STANDAR KOMPETENSI
Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.

B.     KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan (hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).

C.    INDIKATOR
Melakukan percobaan hasil fotosintesis

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah memperhatikan penjelasan guru yang disertai tanya jawab tentang pengertian fotosintesis, siswa dapat menjelaskan pengertian fotosintesis dengan benar.
2.      Setelah memperhatikan penjelasan guru yang disertai tanya jawab tentang proses fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis dengan benar.
3.      Setelah mengamati demonstrasi disertai penjelasan dari guru tentang proses praktikum percobaan ingenhousz, siswa dapat melakukan praktikum percobaan ingenhousz dengan benar.
4.      Setelah memperhatikan penjelasan guru tentang cara kerja praktikum percobaan sach, dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan praktikum percobaan sach dengan benar.
5.      Setelah melakukan ekperiment tentang percobaan ingenhousz dan sach, melalui penugasan, siswa dapat mengerjakan LKS tentang percobaan ingenhousz dan sach dengan benar.



E.       MATERI PEMBELAJARAN
FOTOSINTESIS
1.    Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan nutrisi (makanan). Tumbuhan juga memerlukan makanan. Tumbuhan memiliki kemampuan untuk membuat makanan sendiri dengan mensintesis zat anorganik menjadi zat organik. Proses sintesis (pembuatan) makanan pada tumbuhan disebut fotosintesis. Fotosintesis pada tumbuhan terjadi di daun,tepatnya di jaringan palisade, karena di dalamnya terdapat kloroplas.

2.    Reaksi yang terjadi pada fotosintesis yaitu :
 

6CO2 + 6H2O                     6O2 + C6H12O6

Jadi yang diperlukan dalam fotosintesis adalah :
a.       Air (H2O), diperoleh dari tanah, diserap oleh akar, dan diangkut menuju daun oleh xylem.
b.      Karbon dioksida (CO2), diperoleh dari udara di sekitar, masuk melalui stomata.
c.       Klorofil, merupakan zat hijau daun yang terdapat dalam kloroplas (jaringan palisade - daun).
d.      Energi cahaya matahari, diperoleh dari sinar matahari, ditangkap oleh klorofil.

Hasil dari proses fotosintesis adalah :
a.       Oksigen (O2)
b.      Glukosa (C6H12O6)

3.    Proses percobaan Ingenhouse (terlampir)
4.    Cara kerja percobaan sach (terlampir)
5.    Lembar Kerja Siswa (terlampir)

F.     METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Metode Pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Tanya jawab
c.       Penugasan
d.      Demonstrasi
e.       Eksperimen

2.      Media Pembelajaran
a.       Hydrilla
b.      Gelas ukur
c.       Tabung reaksi
d.      Kawat
e.       Corong
f.       Kaki tiga
g.      Spirtus
h.      Alkohol
i.        Larutan lugol
j.        Pipet
k.      Kompor
l.        Penampang keramik
m.    Kertas perak
n.      Daun (hijau dan warna)










G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal (± 10 menit)
a.       Salam Pembuka
“Assalamu’alaikum Wr. Wb”
b.      Berdoa
“Sebelum pelajaran kita mulai, marilah kita berdoa terlebih dahulu”
c.       Mengabsen Kehadiran Siswa
“Siapa yang hari ini tidak berangkat?Kenapa?”
d.      Tes Penjajagan
“Siapa yang tahau apa itu fotosintesis?”.
e.       Acuan
“Pada hari ini, kita akan melakukan percobaan tentang proses fotosintesis, Bapak harap, kalian dapat membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen dan amilum”.
f.       Apersepsi
“Kita sebagai makhluk hidup butuh makan (nutrisi) tidak?......Nah….tidak hanya manusia saja yang menbutuhkan makan, tetapi hewan dan tumbuhan juga butuh nutrisi….Kalau kita tidak makan, bisa sakit dan lemas ya…seperti halnya tumbuhan, tapi bedanya…tumbuhan bias membuat makanannya sendiri…Coba…kalau ibu kalian memasak di dapur, bahan-bahan apa saja yang diperlukan agar masakannya enak??.....Nah…dalam membuat makanan…tumbuhan juga memerlukan bahan-bahan, coba siapa yang tahu bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan tumbuhan untuk membuat makanan???....

2.      Kegiatan Inti (± 40 menit)
a.       Siswa memperhatikan penjelasan guru disertai tanya jawab tentang pengertian fotosintesis.
b.      Siswa memperhatikan penjelasan guru disertai tanya jawab tentang proses fotosintesis.
c.       Siswa mengamati demonstrasi yang disertai penjelasan guru tentang proses praktikum (cara kerja) percobaan ingenhous. Kemudian siswa melakukan praktikum tersebut secara berkelompok.
d.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara kerja praktikum percobaan sach, kemudian siswa melakukan praktikum tersebut secara berkelompok yang disertai bimbingan oleh guru.
e.       Melalui penugasan, siswa mengerjakan LKS tentang percobaan ingenhousz dan sach.

3.      Kegiatan Akhir (± 15 menit)
a.       Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas
b.      Bersama dengan guru, siswa menyimpulkan materi pelajaran
c.       Siswa mencatat hal-hal penting dari materi pelajaran
d.      Siswa melaksanakan evaluasi
e.       Siswa menjawab salam dari guru untuk mengakhiri pelajaran.




H.    SUMBER PEMELAJARAN
Ade Yeti Nuryantini. 2004. Pandai Belajar Sains untuk Sekolah Dasar Kelas 5. Bandung: Regina. Halaman 42-43

Haryanto. 2007. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Erlangga. Halaman 43-45

S. Rositawaty dan Aris Muharam. 2007. Senang Belajar Ilmu pengetahuan Alam untuk Kelas V Sekolah dasar/ Madrasah Itidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas. Halaman 31-35

I.       PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.      Penilaian
a.       Penilaian Proses
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Akhir
Ket.
Ketepatan
Keaktifan
Kerjasama




































Skor Kuantitatif (angka skala 100)


Keterangan:
1)         Ketepatan
§  Sangat tepat                                     ≥ 80
§  Tepat                                                70-79
§  Kurang tepat                                    60-69
§  Tidak tepat                                       50-59
2)         Keaktifan
§  Sangat aktif                                      ≥ 80
§  Aktif                                                70-79
§  Kurang aktif                                     60-69
§  Tidak aktif                                       50-59

3)         Kerja sama
§  Sangat kompak                                ≥ 80
§  Kompak                                           70-79
§  Kurang kompak                               60-69
§  Tidak kompak                                  50-59

b.      Penilaian Hasil
1)      Prosedur Penilaian                     :  Penilaian Proses dan Penilaian Hasil
2)      Jenis Tes                                     :  Tertulis
3)      Bentuk Tes                                 :  Obyektif dan Subyektif
4)      Instrumen, Kunci Jawaban dn Teknik Penskoran

Instrumen
                                                 I.      Berilah tanda silang pada pilihan jawaban a, b, c atau d yang menurut Anda benar!
1.      Proses pembuatan makanan pada tumbuhan terjadi di….
a.       Akar                               c. Daun
b.      Batang                            d.            Bunga
2.      Zat hijau daun yang diperlukan tumbuhan untuk mengolah makanan disebut….
a.       Amilum                          c.  Lugol
b.      Klorofil                          d. Aditif
3.      Dalam proses fotosintesis, cahaya diperlukan tumbuhan sebagai….
a.       Energi                             c. Panas
b.      Makanan                        d. Mineral
4.      Proses fotosintesis menghasilkan oksigen dan….
a.       Air                                  c.  Karbohidrat
b.      Karondioksida               d. Klorofil
5.      Larutan untuk menguji karbohidrat adalah….
a.       Sianida                           c.  Pospat
b.      Lugol                              d. Cuka

                                              II.      Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.      Mengapa pada percobaan sach, bagian daun yang tidak tertutup kertas perak setelah ditetesi lugol warnanya menjadi hitam?
2.      Pada percobaan ingenhousz, apa yang membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen?
3.      Tuliskan persamaan reaksi fotosintesis!

Kunci Jawaban
I.       1. C                                            4.  C
2.   B                                            5.  B
3.   A
                                              II.      1.  Karena daun tersebut mengandung karbohidrat
2.   Terdapat gelembung-gelembung udara dalam air dimana ketika didekatkan bara pada udara tersebut, bara akan tetap menyala.
3.   Air + Karbondioksida  Cahaya     Karbohidrat + Oksigen
                                        Klorofil

Teknik Penskoran
                                                 I.      B × 1 = 5 × 1 =   5
                                              II.      B × 5 = 3 × 5 = 15
Jumlah              20
Nilai 20 × 5 = 100




                        Daftar penilaian hasil                      
No.
Nama Siswa
Skor Akhir
Keterangan





















2.      Tindak Lanjut
a.         Kegiatan remidi dilaksanakan apabila nilai siswa kurang dari KKM,
b.        Kegiatan pengayaan dilaksanakan apabila nilai siswa lebih dari atau sama dengan KKM,
c.         Hasil analisis dan pelaksanaan tindak lanjut diserahkan kepada guru pamong.




















                                                                                          Nama         : ……………….
                                                                                          No. Urut    : ………………..

SOAL  EVALUASI                             
                            Sekolah                      :    SD N ……………….
                            Mata Pelajaran         :    IPA
                            Materi Pokok            :    Tumbuhan Hijau
                            Kelas/Semester          :    V/ I
I.     Berilah tanda silang pada pilihan jawaban a, b, c atau d yang menurut Anda benar!

1.        Proses pembuatan makanan pada tumbuhan terjadi di….
a.    Akar                                                         c. Daun
b.    Batang                                                     d.            Bunga
2.        Zat hijau daun yang diperlukan tumbuhan untuk mengolah makanan disebut….
a.    Amilum                                                    c.  Lugol
b.    Klorofil                                                    d. Aditif
3.        Dalam proses fotosintesis, cahaya diperlukan tumbuhan sebagai….
a.    Energi                                                      c. Panas
b.    MAkanan                                                 d. Mineral
4.        Proses fotosintesis menghasilkan oksigen dan….
a.    Air                                                           c.  Karbohidrat
b.    Karondioksida                                         d. Klorofil
5.        Larutan untuk menguji karbohidrat adalah….
a.    Sianida                                                     c.  Pospat
b.    Lugol                                                       d. Cuka

II.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.        Mengapa pada percobaan sach, bagian daun yang tidak tertutup kertas perak setelah ditetesi lugol warnanya menjadi hitam?
2.        Pada percobaan ingenhousz, apa yang membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen?
3.        Tuliskan persamaan reaksi fotosintesis!








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)







Sekolah
:
SD N ....................................
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Alam
Materi Pokok
:
Tumbuhan Hijau
Kelas/Semester
:
V/1
Alokasi Waktu
:
2 × 35 menit (1 × pertemuan)
Hari, tanggal pelaksanaan
:
................................................


Disusun oleh,
Kelompok 5 Kelas V B
1.
Ida Rosita
X7210058
2.
Imam Syah H. R
X7210062
3.
Istiqomah
X7210067
4.
Liyana Susanti
X7210077
5.
Meidah Tri N
X7210084
6.
M. Kharis
X7210087


PROGRAM PGSD KAMPUS VI KEBUMEN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2010
Lampiran-lampiran:
1.       Silabus
2.       Materi Pembelajaran
3.       Lembar Kerja Siswa
4.       Proses Percobaan Ingenhouse
5.       Proses Percobaan Sach
6.       Lembar Evalusai


























PROSES PERCOBAAN INGENHOUSE

1.        Tujuan
Untuk membuktikan bahwa fotosintesis membutuhkan cahaya matahari dan menghasilkan oksigen (O2).

2.        Alat dan Bahan
Alat:
a.    Gelas kimia/toples
b.    Plastik ukuran 2 kg
c.    Karet gelang
Bahan:
a.    Air
b.    Korek api
c.    Lidi
d.   Beberapa potong hydrilla atau tanaman air yang terendam lainnya
3.        Cara Kerja
a.    Siapkan alat dan bahan.
b.    Ambil Hydrila, potong dengan panjang ± 10cm, sebanyak 8 potong.
c.    Masukkan tumbuhan air (Hydrilla Verticilata) kedalam kantong plastik.
d.   Ikat plastik menggunakan karet gelang sekencang mungkin sehingga tidak terdapat rongga udara lagi.
e.    Letakkan sedemikian rupa sehingga salah satu ujung kantong plastik terdapat dibagian atas
       Air
Kantong plastik
Hydrilla
                                                            Gelas/toples

                                                            Air


f.     Simpan di tempat yang mendapat cahaya matahari. Buat satu set percobaan lagi dan diletakkan di tempat yang tidak mendapat cahaya matahari.
g.    Amati apa yang terjadi.
h.    Untuk membuktikan bahwa udara yang terletak di ujung kantong plastik adalah O2, tusukkan jarum ke dalam gas pada kantong plastik bersamaan dengan didekatkannya bara api.
















                                                            PERCOBAAN SACH

1.        Tujuan
Untuk membuktikan bahwa fotosintesis membutuhkan cahaya matahari dan menghasilkan amilum.

2.        Alat dan Bahan
Alat
a.    Karet gelang
b.    Gelas kimia
c.    Tabung kimia
d.   Pembakar Bunsen
e.    Petunjuk waktu
f.     Alas
Bahan
a.    Daun (biasa dan yang sudah ditutup kertas karbon)
b.    Kertas perak/karbon
c.    Korek api
d.   Larutan lugol
e.    Alkohol
3.        Cara kerja
a.    Siapkan alat dan bahan.
b.    Ambil sehelai daun dari tanaman percobaan (daun biasa).
c.    Rebus pada air mendidih selama 30 detik untuk mematikan sel dan menjadikan sel-sel lebih permeable terhadap lugol.
d.   Kemudian rebus dalam alkohol mendidih yang direbus pada air mendidih (untuk menghindari resiko kebakaran) untuk melarutkan klorofil dan menjadikan amilum lebih mudah bereaksi dengan lugol.
e.    Cuci daun yang telah direbus tadi dalam air mendidih.
f.     Letakkan daun itu di atas alas yang bersih. Kemudian tetesi dengan larutan lugol.
g.    Amati apa yang terjadi.
h.    Lakukan percobaan yang sama pada daun yang ditutup kertas karbon.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar