RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri……………..
Mata Pelajaran : Ilmu pengetahuan Alam
Kelas/ Semester : V/ 1
MAteri Pokok : Tumbuhan Hijau
Alokasi Waktu : 2 × 35 menit (1 pertemuan)
Hari, Tanggal pelaksanaan : ………………………….
A.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami
cara tumbuhan hijau membuat makanan.
B.
KOMPETENSI
DASAR
Mengidentifikasi
cara tumbuhan hijau membuat makanan (hujan, cahaya matahari, dan gelombang air
laut).
C.
INDIKATOR
Melakukan
percobaan hasil fotosintesis
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah
memperhatikan penjelasan guru yang disertai tanya jawab tentang pengertian fotosintesis,
siswa dapat menjelaskan pengertian fotosintesis dengan benar.
2. Setelah
memperhatikan penjelasan guru yang disertai tanya jawab tentang proses
fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis dengan benar.
3. Setelah
mengamati demonstrasi disertai penjelasan dari guru tentang proses praktikum
percobaan ingenhousz, siswa dapat melakukan praktikum percobaan ingenhousz
dengan benar.
4. Setelah
memperhatikan penjelasan guru tentang cara kerja praktikum percobaan sach,
dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan praktikum percobaan sach dengan
benar.
5. Setelah
melakukan ekperiment tentang percobaan ingenhousz dan sach, melalui penugasan,
siswa dapat mengerjakan LKS tentang percobaan ingenhousz dan sach dengan benar.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
FOTOSINTESIS
1. Salah satu ciri makhluk hidup adalah
memerlukan nutrisi (makanan). Tumbuhan juga memerlukan makanan. Tumbuhan
memiliki kemampuan untuk membuat makanan sendiri dengan mensintesis zat
anorganik menjadi zat organik. Proses sintesis (pembuatan) makanan pada
tumbuhan disebut fotosintesis.
Fotosintesis pada tumbuhan terjadi di daun,tepatnya di jaringan palisade,
karena di dalamnya terdapat kloroplas.
2. Reaksi yang terjadi pada
fotosintesis yaitu :
6CO2 + 6H2O 6O2 + C6H12O6
Jadi yang diperlukan dalam fotosintesis adalah :
a. Air (H2O), diperoleh dari tanah,
diserap oleh akar, dan diangkut menuju daun oleh xylem.
b. Karbon dioksida (CO2), diperoleh
dari udara di sekitar, masuk melalui stomata.
c. Klorofil, merupakan zat hijau daun
yang terdapat dalam kloroplas (jaringan palisade - daun).
d. Energi cahaya matahari, diperoleh
dari sinar matahari, ditangkap oleh klorofil.
Hasil dari proses fotosintesis
adalah :
a. Oksigen (O2)
b. Glukosa (C6H12O6)
3. Proses percobaan Ingenhouse
(terlampir)
4. Cara kerja percobaan sach
(terlampir)
5. Lembar Kerja Siswa (terlampir)
F.
METODE
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Metode
Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya
jawab
c. Penugasan
d. Demonstrasi
e. Eksperimen
2. Media
Pembelajaran
a. Hydrilla
b. Gelas
ukur
c. Tabung
reaksi
d. Kawat
e. Corong
f. Kaki
tiga
g. Spirtus
|
h. Alkohol
i.
Larutan lugol
j.
Pipet
k. Kompor
l.
Penampang keramik
m. Kertas
perak
n. Daun
(hijau dan warna)
|
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal (± 10 menit)
a. Salam
Pembuka
“Assalamu’alaikum
Wr. Wb”
b. Berdoa
“Sebelum
pelajaran kita mulai, marilah kita berdoa terlebih dahulu”
c. Mengabsen
Kehadiran Siswa
“Siapa yang hari
ini tidak berangkat?Kenapa?”
d. Tes
Penjajagan
“Siapa yang
tahau apa itu fotosintesis?”.
e. Acuan
“Pada hari ini,
kita akan melakukan percobaan tentang proses fotosintesis, Bapak harap, kalian
dapat membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen dan amilum”.
f. Apersepsi
“Kita sebagai
makhluk hidup butuh makan (nutrisi) tidak?......Nah….tidak hanya manusia saja
yang menbutuhkan makan, tetapi hewan dan tumbuhan juga butuh nutrisi….Kalau
kita tidak makan, bisa sakit dan lemas ya…seperti halnya tumbuhan, tapi
bedanya…tumbuhan bias membuat makanannya sendiri…Coba…kalau ibu kalian memasak
di dapur, bahan-bahan apa saja yang diperlukan agar masakannya
enak??.....Nah…dalam membuat makanan…tumbuhan juga memerlukan bahan-bahan, coba
siapa yang tahu bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan tumbuhan untuk membuat
makanan???....
2. Kegiatan
Inti (± 40 menit)
a. Siswa
memperhatikan penjelasan guru disertai tanya jawab tentang pengertian
fotosintesis.
b. Siswa
memperhatikan penjelasan guru disertai tanya jawab tentang proses fotosintesis.
c. Siswa
mengamati demonstrasi yang disertai penjelasan guru tentang proses praktikum (cara
kerja) percobaan ingenhous. Kemudian siswa melakukan praktikum tersebut secara
berkelompok.
d. Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang cara kerja praktikum percobaan sach,
kemudian siswa melakukan praktikum tersebut secara berkelompok yang disertai bimbingan
oleh guru.
e. Melalui
penugasan, siswa mengerjakan LKS tentang percobaan ingenhousz dan sach.
3. Kegiatan
Akhir (± 15 menit)
a. Siswa
diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas
b. Bersama
dengan guru, siswa menyimpulkan materi pelajaran
c. Siswa
mencatat hal-hal penting dari materi pelajaran
d. Siswa
melaksanakan evaluasi
e. Siswa
menjawab salam dari guru untuk mengakhiri pelajaran.
H.
SUMBER
PEMELAJARAN
Ade
Yeti Nuryantini. 2004. Pandai Belajar
Sains untuk Sekolah Dasar Kelas 5. Bandung: Regina. Halaman 42-43
Haryanto.
2007. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V.
Jakarta: Erlangga. Halaman 43-45
S.
Rositawaty dan Aris Muharam. 2007. Senang
Belajar Ilmu pengetahuan Alam untuk Kelas V Sekolah dasar/ Madrasah Itidaiyah.
Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas. Halaman 31-35
I.
PENILAIAN
DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian
a. Penilaian
Proses
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Akhir
|
Ket.
|
||
Ketepatan
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Kuantitatif
(angka skala 100)
Keterangan:
1)
Ketepatan
§ Sangat
tepat ≥
80
§ Tepat 70-79
§ Kurang
tepat 60-69
§ Tidak
tepat 50-59
2)
Keaktifan
§ Sangat
aktif ≥
80
§ Aktif 70-79
§ Kurang
aktif 60-69
§ Tidak
aktif 50-59
3)
Kerja sama
§ Sangat
kompak ≥ 80
§ Kompak 70-79
§ Kurang
kompak 60-69
§ Tidak
kompak 50-59
b. Penilaian
Hasil
1)
Prosedur Penilaian : Penilaian Proses dan Penilaian Hasil
2)
Jenis Tes : Tertulis
3)
Bentuk Tes : Obyektif dan Subyektif
4)
Instrumen, Kunci
Jawaban dn Teknik Penskoran
Instrumen
I.
Berilah tanda silang
pada pilihan jawaban a, b, c atau d yang menurut Anda benar!
1.
Proses pembuatan
makanan pada tumbuhan terjadi di….
a. Akar c. Daun
b. Batang d. Bunga
2.
Zat hijau daun yang
diperlukan tumbuhan untuk mengolah makanan disebut….
a. Amilum c. Lugol
b. Klorofil d. Aditif
3.
Dalam proses
fotosintesis, cahaya diperlukan tumbuhan sebagai….
a. Energi c. Panas
b. Makanan d. Mineral
4.
Proses fotosintesis
menghasilkan oksigen dan….
a. Air c. Karbohidrat
b. Karondioksida d. Klorofil
5.
Larutan untuk menguji
karbohidrat adalah….
a. Sianida c. Pospat
b. Lugol d. Cuka
II.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.
Mengapa pada percobaan
sach, bagian daun yang tidak tertutup kertas perak setelah ditetesi lugol
warnanya menjadi hitam?
2.
Pada percobaan
ingenhousz, apa yang membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen?
3.
Tuliskan persamaan reaksi
fotosintesis!
Kunci
Jawaban
I. 1.
C 4. C
2. B 5. B
3.
A
II.
1. Karena daun tersebut mengandung karbohidrat
2.
Terdapat
gelembung-gelembung udara dalam air dimana ketika didekatkan bara pada udara
tersebut, bara akan tetap menyala.
3. Air +
Karbondioksida Cahaya Karbohidrat + Oksigen
Klorofil
Teknik Penskoran
I.
B × 1 = 5 × 1 = 5
II.
B × 5 = 3 × 5 =
15
Jumlah 20
Nilai
20 × 5 = 100
Daftar
penilaian hasil
No.
|
Nama
Siswa
|
Skor
Akhir
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Tindak
Lanjut
a.
Kegiatan remidi
dilaksanakan apabila nilai siswa kurang dari KKM,
b.
Kegiatan pengayaan
dilaksanakan apabila nilai siswa lebih dari atau sama dengan KKM,
c.
Hasil analisis dan
pelaksanaan tindak lanjut diserahkan kepada guru pamong.
Nama : ……………….
No.
Urut : ………………..
SOAL EVALUASI
Sekolah : SD N ……………….
Mata
Pelajaran : IPA
Materi
Pokok : Tumbuhan Hijau
Kelas/Semester : V/
I
I. Berilah
tanda silang pada pilihan jawaban a, b, c atau d yang menurut Anda benar!
1.
Proses pembuatan
makanan pada tumbuhan terjadi di….
a. Akar c.
Daun
b. Batang d.
Bunga
2.
Zat hijau daun yang
diperlukan tumbuhan untuk mengolah makanan disebut….
a. Amilum c. Lugol
b. Klorofil d. Aditif
3.
Dalam proses
fotosintesis, cahaya diperlukan tumbuhan sebagai….
a. Energi c.
Panas
b. MAkanan d. Mineral
4.
Proses fotosintesis
menghasilkan oksigen dan….
a. Air c. Karbohidrat
b. Karondioksida d. Klorofil
5.
Larutan untuk menguji
karbohidrat adalah….
a. Sianida c. Pospat
b. Lugol d. Cuka
II. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.
Mengapa pada percobaan
sach, bagian daun yang tidak tertutup kertas perak setelah ditetesi lugol
warnanya menjadi hitam?
2.
Pada percobaan
ingenhousz, apa yang membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen?
3.
Tuliskan persamaan
reaksi fotosintesis!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SD N ....................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Materi Pokok
|
:
|
Tumbuhan Hijau
|
Kelas/Semester
|
:
|
V/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 × 35 menit (1 × pertemuan)
|
Hari, tanggal pelaksanaan
|
:
|
................................................
|
Disusun oleh,
Kelompok 5 Kelas V B
1.
|
Ida Rosita
|
X7210058
|
2.
|
Imam Syah H. R
|
X7210062
|
3.
|
Istiqomah
|
X7210067
|
4.
|
Liyana Susanti
|
X7210077
|
5.
|
Meidah Tri N
|
X7210084
|
6.
|
M. Kharis
|
X7210087
|
PROGRAM
PGSD KAMPUS VI KEBUMEN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SEBELAS MARET
SURAKARTA
2010
Lampiran-lampiran:
1.
Silabus
2.
Materi
Pembelajaran
3.
Lembar
Kerja Siswa
4.
Proses
Percobaan Ingenhouse
5.
Proses
Percobaan Sach
6.
Lembar
Evalusai
PROSES
PERCOBAAN INGENHOUSE
1.
Tujuan
Untuk membuktikan bahwa fotosintesis membutuhkan cahaya matahari
dan menghasilkan oksigen (O2).
2.
Alat dan
Bahan
Alat:
a.
Gelas kimia/toples
b.
Plastik ukuran 2 kg
c.
Karet gelang
Bahan:
a. Air
b. Korek
api
c. Lidi
d. Beberapa
potong hydrilla atau tanaman air yang terendam lainnya
3.
Cara
Kerja
a. Siapkan
alat dan bahan.
b. Ambil
Hydrila, potong dengan panjang ± 10cm, sebanyak 8 potong.
c. Masukkan
tumbuhan air (Hydrilla Verticilata)
kedalam kantong plastik.
d.
Ikat plastik menggunakan karet gelang sekencang
mungkin sehingga tidak terdapat rongga udara lagi.
e.
Letakkan sedemikian rupa sehingga salah satu
ujung kantong plastik terdapat dibagian atas
Air
Kantong plastik
Hydrilla
Gelas/toples
Air
f.
Simpan di tempat yang mendapat cahaya matahari.
Buat satu set percobaan lagi dan diletakkan di tempat yang tidak mendapat
cahaya matahari.
g. Amati
apa yang terjadi.
h.
Untuk membuktikan bahwa udara yang terletak di
ujung kantong plastik adalah O2, tusukkan jarum ke dalam gas pada
kantong plastik bersamaan dengan didekatkannya bara api.
PERCOBAAN
SACH
1.
Tujuan
Untuk membuktikan bahwa
fotosintesis membutuhkan cahaya matahari dan menghasilkan amilum.
2.
Alat dan
Bahan
Alat
a.
Karet gelang
b.
Gelas kimia
c.
Tabung kimia
d.
Pembakar Bunsen
e.
Petunjuk waktu
f.
Alas
Bahan
a.
Daun (biasa dan yang sudah ditutup kertas
karbon)
b.
Kertas perak/karbon
c.
Korek api
d.
Larutan lugol
e.
Alkohol
3.
Cara
kerja
a.
Siapkan alat dan bahan.
b.
Ambil sehelai daun dari tanaman percobaan (daun
biasa).
c.
Rebus pada air mendidih selama 30 detik untuk
mematikan sel dan menjadikan sel-sel lebih permeable terhadap lugol.
d.
Kemudian rebus dalam alkohol mendidih yang
direbus pada air mendidih (untuk menghindari resiko kebakaran) untuk melarutkan
klorofil dan menjadikan amilum lebih mudah bereaksi dengan lugol.
e.
Cuci daun yang telah direbus tadi dalam air
mendidih.
f.
Letakkan daun itu di atas alas yang bersih.
Kemudian tetesi dengan larutan lugol.
g.
Amati apa yang terjadi.
h.
Lakukan percobaan yang sama pada daun yang
ditutup kertas karbon.
silabus mana ya
BalasHapus