JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS
PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS 3
TEMA:
PERSATUAN DAN KESATUAN
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
§
Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.
§
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
§
Mengenal pentingnya memiliki harga diri.
§
Menampilkan rasa bangga sebagai anak
|
§ Menyebutkan
contoh perilaku mengutamakan persatuan.
§ Menjelaskan
makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa.
§
Menyebutkan teks sumpah pemuda.
§
Menjelaskan makna teks sumpah pemuda.
§
Menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
§
Melakukan perbuatan yang mencerminkan rasa bangga sebagai anak
|
§ Mengamati gambar-gambar orang yang sedang melakukan
kegiatan bersama-sama yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.
§
Bertanya jawab membahas makna
persatuan dan kesatuan.
§
Membaca teks sumpah pemuda.
§
Berdiskusi untuk mengidentifikasi
makna sumpah pemuda.
§
Menjelaskan intisari makna sumpah
pemuda dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
§ Menceritakan sikap perilaku yang mencerminkan nilai
persatuan dan kesatuan.
§ Melaksanakan nilai-nilai persatuan dan kesatuan sebagai
dampak dari pemahaman nilai sumpah pemuda.
|
|
§
Standar Isi 2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa
Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.
§
Bahan ajar/buku siswa pembelajaran
Terpadu dengan Pendekatan Tematik Kelas III.
§
Buku bahan ajar lain yang relevan
untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn, Matematika, Seni-Budaya dan
Keterampilan dan Orjaskes.
|
§ Penilaian tingkah laku
§ Penilaian tetulis obyektif
§ Penilaian tertulis subyektif
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
§ Penilaian portofolio
§ Penilaian produk
|
MATEMATIKA
§ Memilih alat ukur dengan fungsinya (meteran, timbangan,
atau jam).
§ Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
|
§ Membaca tanda waktu jam, setengah jam sampai
seperempat jam pada jarum jam.
§ Membaca tanda waktu dalam bentuk angka atau digital (12
jam) misalnya pukul 12.30.
§ Melakukan
pengamatan dan pengukuran dengan menggunakan alat.
§ Memecahkan
soal kontekstual dengan berbagai cara.
|
§ Mengamati gambar-gambar
tentang alat ukuran waktu, panjang, tinggi dsb.
§ Bertanya
jawab tentang penggunaan alat ukur.
§ Mempraktekkan
cara mengukur dengan menggunakan berbagai alat.
§ Membaca
tanda waktu dalam bentuk angka digital.
§ Membaca tanda waktu jam, setengah jam sampai
seperempat jam pada jarum jam.
§ Menerapkan
pengukuran dalam kehidupan sehari-hari dengan taat asas.
§ Melakukan
pengamatan dan pengukuran dengan menggunakan alat.
§ Menuliskan
hasil pengukuran.
|
|
||
SENI-BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Rupa:
Mengekspresikan
diri melalui gambar imajinatif mengenai rasa persatuan dan kesatuan.
Musik:
§ Menyanyikan
lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan
sederhana.
§ Menjelaskan simbol tempo dalam lagu.
Tari:
Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan
iringan.
|
§ Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar.
§ Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.
§ Menyiapkan
tarian pendek bertema.
§ Mengekspresikan
diri melalui gambar imajinatif mengenai rasa persatuan dan kesatuan.
|
§ Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar.
§ Menyanyikan
lagu dengan
§ Melakukan
tarian pendek secara berkelompok.
|
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan:
Mengomentari
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.
Membaca:
§ Menceritakan
isi dongeng yang dibaca.
§ Menjelaskan
isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif
§ Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
Berbicara:
§ Memberi
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami.
Menulis:
Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memeperhatikan penggunaan
ejaan.
|
§ Menceritakan pengalaman tertentu menggunakan pilihan
kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§ Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat.
§ Membuat
ringkasan cerita secara lisan dan tertulis.
§ Menjelaskan
petunjuk melakukan sesuatu atau membuat sesuatu sesuai yang didengar.
§ Menanggapi
penjelasan secara verbal dengan sungguh-sungguh.
§ Menuliskan pokok-pokok pikiran dalam teks.
§ Menyebutkan
tokoh sesuai dengan teks cerita.
§ Menceritakan
kembali isi dongeng yang dibaca dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang
tepat.
§ Membaca
teks dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau
tertulis.
|
§ Mengamati gambar dalam teks.
§ Bertanya jawab tentang makna gambar,
menurut persepsi siswa.
§ Menugaskan beberapa siswa secara bergantian
membaca teks dengan suara yang nyaring serta dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Membaca dongeng ”Lomba Lari Siput dan
Kancil” dengan intensif.
§ Bertanya jawab tentang pemahaman
teks(memahami isi teks/dongeng).
§
Menceritakan
kembali cerita Lomba Lari Siput dengan Kancil dengan menggunakan kata-katanya
sendiri.
§
Menyebutkan tokoh sesuai dengan teks
cerita
§ Menyimak isi tulisan dalam wacana.
§ Menuliskan pokok-pokok pikiran dalam teks.
§ Menulis ringkasan teks dalam beberapa kalimat menggunakan
kata-kata sendiri.
|
|
§
Standar Isi 2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa
Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.
§
Bahan ajar/buku siswa pembelajaran
Terpadu dengan Pendekatan Tematik Kelas III.
§ Buku
bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, Matematika, Seni-Budaya
dan Keterampilan dan Orjaskes.
|
§ Penilaian tingkah laku
§ Penilaian tetulis obyektif
§ Penilaian tertulis subyektif
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
§ Penilaian portofolio
§ Penilaian produk
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
ILMU PENGETAHUAN ALAM
§ Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
§ Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§ Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan
melestarikan alam di lingkungan sekitar.
|
§ Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat
melalui pengamatan.
§ Mengemukakan
pendapat tentang permasalahan topik lingkungan.
§ Menceritakan
cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat.
§ Menyusun informasi sains dengan menggunakan sarana dan
sumber.
§ Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari.
§ Mencari
kemungkinan pemecahan masalah.
|
§ Mengamati gambar-gambar dalam buku/papan tulis.
§ Bertanya jawab
tentang gambar.
§ Mengidentifikasi kegiatan sehari-hari.
§ Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat.
§ Mengidentifikasi
lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan.
§ Mengemukakan
pendapat tentang permasalahan topik lingkungan.
§ Menceritakan
cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Menyusun informasi sains dengan menggunakan sarana dan
sumber.
§ Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
§
Standar Isi 2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa
Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.
§
Bahan ajar/buku siswa pembelajaran
Terpadu dengan Pendekatan Tematik Kelas III.
§
Buku bahan ajar lain yang relevan
untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn, Matematika, Seni-Budaya dan
Keterampilan dan Orjaskes.
|
§ Penilaian tingkah laku
§ Penilaian tetulis obyektif
§ Penilaian tertulis subyektif
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
§ Penilaian portofolio
§ Penilaian produk
|
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan
keluarahan/desa.
|
§ Menceritakan pengaruh peristiwa yg terjadi pada masa
lalu terhadap masa kini.
§ Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan
tetangga (misalnya bergotong royong membuat rumah, membersihkan lingkungan,
menjaga keamanan lingkungan).
§ Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas
bangsa Indonesia.
§ Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di
lingkungan tetangga.
§ Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina
persatuan.
§ Menjelaskan hak dan kewajiban individu sebagai warga
masyarakat.
§ Memberi contoh
pelaksanaan hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari untuk mengutamakan persatuan.
|
§ Mengamati gambar lingkungan sekitar.
§ Memberikan makna dikaitkan dengan nilai persatuan dan
kesatuan.
§ Menceritakan pengaruh peristiwa yg terjadi pada masa
lalu terhadap masa kini.
§ Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
(misalnya bergotong royong membuat rumah, membersihkan lingkungan, menjaga
keamanan lingkungan).
§ Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas
bangsa Indonesia.
§ Mendiskusikan
nilai persatuan dan kesatuan.
§ Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di
lingkungan tetangga.
§ Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina
persatuan.
§ Menjelaskan hak dan kewajiban individu sebagai warga
masyarakat.
§ Memberi contoh
pelaksanaan hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari untuk mengutamakan persatuan.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
ORJASKES
§
Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan
secara sederhana serta nilai disiplin.
§
Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan
sekolah.
§
Mempraktikkan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama
melakukan aktivitas di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan.
|
§
Menjaga keselamatan diri sendiri
dan orang lain dalam melakukan aktivitas.
§
Melakukan berbagai gerak lokomotor dengan tepat.
§
Mengendalikan
emosi selama bermain.
|
§
Melakukan berbagai gerak lokomotor dengan tepat.
§ Mengendalikan emosi selama bermain.
|
|
§ Standar Isi 2006
SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orkes, IPA, Matematika ,
PKn,Seni-Budaya dan Keterampilan
§ Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan
Pende katan Tematik Kelas III.
§ Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama,
IPS, Bhs Indonesia, IPA, PKn
Matematika, Seni Budaya dan Orjaskes
|
§ Penilaian Tingkah Laku
§ Penilaian Tetulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Lisan
§ Penilaian Unjuk kerja
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Produk
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1 dan 2
TEMA :
PERSATUAN DAN KESATUAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal makna satu nusa,
satu bangsa dan satu bahasa. (PKn)
§ Mengamalkan nilai-nilai
Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
§
Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
§ Memilih alat ukur dengan fungsinya (meteran, timbangan,
atau jam).
(Matematika)
§ Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
§ Menyanyikan
lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan
sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menjelaskan
simbol tempo dalam lagu.
§ Mengomentari
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengarkan)
§ Menjelaskan
isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif.
§ Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Memberi
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat
yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
(Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami.
§ Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
(IPA)
§ Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§ Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan
melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.(IPS)
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan
keluarahan/desa.
§ Mempraktikkan pemilihan tempat
yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah. (Orjaskes)
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan
contoh perilaku mengutamakan persatuan. (PKn)
§ Menjelaskan
makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa.
§
Melakukan perbuatan yang mencerminkan rasa bangga sebagai anak Indonesia .
§
Memecahkan soal kontekstual dengan
berbagai cara. (Matematika)
§ Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair.
§
Menceritakan pengalaman tertentu
menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
(Bahasa Indonesia)
§ Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat.
§
Membuat ringkasan cerita secara lisan
dan tertulis.
§
Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu
atau membuat sesuatu sesuai yang didengar.
§
Menanggapi penjelasan secara verbal
dengan sungguh-sungguh.
§
Membaca teks dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat. (IPA)
§ Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari.
§
Mencari kemungkinan pemecahan masalah.
§
Menceritakan pengaruh peristiwa yang
terjadi pada masa lalu terhadap masa kini. (IPS)
§ Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas
bangsa Indonesia.
§ Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina
persatuan.
§ Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan
tetangga.
§ Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam melakukan
aktivitas. (Orjaskes)
§ Melakukan berbagai gerak
lokomotor dengan tepat.
§ Mengendalikan emosi selama bermain.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Bertanya jawab tentang kegiatan siswa
ketika bangun pagi di rumah dikaitkan dengan Persatuan dan Kesatuan.
c.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Merauke” sambil
menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
d.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dikaitkan
dengan Persatuan dan Kesatuan yang ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
e.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Persatuan dan Kesatuan).
2. Kegiatan Inti
a.
Menayangkan
gambar peperangan di buku halaman 98.
b.
Bertanya jawab
tentang makna gambar, menurut persepsi siswa.
c.
Menugaskan beberapa
siswa secara bergantian membaca teks ”Bersatu Kita Teguh” dengan suara yang
nyaring serta dengan lafal dan intonasi yang benar.
d.
Bertanya jawab
tentang pemahaman teks dan membahas pentingnya persatuan dan kesatuan.
e.
Mengajak siswa
mendemontrasikan kuatnya sebuah persatuan dengan ”lidi”.
f.
Memanggil seorang
4 siswa ke depan kelas dan secara bergantian memperagakan mematahkan lidi.
§ Seorang siswa pertama diminta mematahkan
sebuah lidi (pastilah dengan mudah akan menjadi patah).
§ Siswa kedua diminta mematahkan 4 batang lidi
(agak sulit, meskipun kalau dengan kekuatan yang besar akan dapat patah juga).
§ Siswa ketiga diminta mematahkan 10 batang
lidi (lebih sulit lagi, dan tidak bisa dipatahkan).
§ Siswa keempat diminta mematahkan 40 batang
lidi (tidak bisa dipatahkan meskipun dengan tenaga yang sedemikian kuatnya dan
dilakukan 4 anak secara bersamaan).
g.
Demontrasi itu merupakan
satu bukti bahwa jika hanya sendirian pasti akan lemah untuk melawa musuh.
Tetapi jika banyak orang bersatu pasti akan menjadi sangat kuat. Apalagi jika seluruh
Indonesia bersatu.
h.
Guru menerangkan
bagaimana cara memenggal kata dalam bahasa Indonesia.
§ Pemenggalan kata dasar
§ Pemenggalan kata berawalan
§ Pemenggalan kata berakhiran
i.
Semua siswa
ditugaskan untuk menulis secara individu bagaimana cara memenggal kata (halaman
99):
§ zaman
§ terwujud
§ tutuplah
§ kesatuan
§ membacakan
j.
Memberikan tugas PR untuk menulis ulang kata-kata: satu, bersatu,
persatuan, kesatuan. Dan bertanya arti dari kata-kata tersebut kepada ayah atau ibu dan cara
pemenggalan kata.
k.
Ayo Berbudi
Pekerti! Lakukanlah hal-hal di bawah ini:
§ Kedamaian akan membuat hidup menjadi lebih
indah.
§ Kerukunan akan dapat menciptakan kedamaian.
§ Pertengkaran akan meninbulkan perpecahan.
§ Janganlah bertengkar.
§ Rukunlah dengan semua orang.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
b.
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil
belajar).
c.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar tentang pertempuran melawan musuh (atau gambar lain yang
mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan).
2.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama)
3.
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama)
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 3 dan 4
TEMA :
PERSATUAN DAN KESATUAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal makna satu nusa,
satu bangsa dan satu bahasa. (PKn)
§ Mengamalkan nilai-nilai
Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
§
Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
§ Memilih alat ukur dengan fungsinya (meteran, timbangan,
atau jam).
(Matematika)
§
Menggunakan alat ukur dalam
pemecahan masalah.
§ Menyanyikan
lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan
sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menjelaskan
symbol tempo dalam lagu.
§ Mengomentari
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengarkan)
§ Menceritakan
isi dongeng yang dibaca. (Bahasa
Indonesia: Membaca)
§ Menjelaskan
isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif.
§ Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Memberi
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat
yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
(Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami.
§ Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
(IPA)
§ Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§ Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan
melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.(IPS)
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan
keluarahan/desa.
§ Mempraktikkan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin. (Orjaskes)
§ Mempraktikkan pemilihan tempat
yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah.
§ Mempraktikkan penjagaan
keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan
sekitar sekolah, dan nilai kebersihan.
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan
contoh perilaku mengutamakan persatuan. (PKn)
§ Menjelaskan
makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa.
§ Melakukan
perbuatan yang mencerminkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
§ Memecahkan soal kontekstual dengan berbagai cara. (Matematika)
§ Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.
§
Menceritakan pengalaman tertentu
menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
(Bahasa Indonesia)
§ Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat.
§
Membuat ringkasan cerita secara lisan
dan tertulis.
§
Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu
atau membuat sesuatu sesuai yang didengar.
§
Menanggapi penjelasan secara verbal
dengan sungguh-sungguh.
§ Menuliskan pokok-pokok pikiran dalam teks.
§
Menyebutkan tokoh sesuai dengan teks
cerita.
§
Menceritakan kembali isi dongeng yang
dibaca dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
§
Membaca teks dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat. (IPA)
§ Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari.
§
Mencari kemungkinan pemecahan masalah.
§ Menceritakan pengaruh peristiwa yg terjadi pada masa lalu
terhadap masa kini. (IPS)
§ Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan
tetangga (misalnya bergotong royong membuat rumah, membersihkan lingkungan,
menjaga keamanan lingkungan).
§ Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas
bangsa Indonesia.
§ Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan
tetangga.
§ Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina
persatuan.
§ Melakukan berbagai gerak
lokomotor dengan tepat. (Orjaskes)
§ Mengendalikan emosi selama bermain.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa berdinamika “bertepuk tangan kompak” sambil menggerakkan tangan
yang sesuai. (Orjaskes, Se-Bud)
c.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Persatuan dan Kesatuan).
2. Kegiatan
Inti
a.
Bertanya jawab
tentang PR yang ditugaskan pada hari kemarin.
b.
Mengajak semua
siswa menyanyikan lagu ”Dari Sabang sampai Merauke” sambil sekaligus membentuk
kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 8 siswa.
c.
Setiap kelompok
membuat lingkaran kecil (8 siswa) dan setiap kelompok menetapkan lagu (boleh
daerah bisa juga lagu wajib yang mudah bagi kelompoknya, diusahakan setiap
kelompok lagunya tidak sama).
d.
Setelah memiliki
lagu, setiap kelompok dan menyanyikan lagunya sendiri, dan kelompok lainnya
juga menyanyikan lagunya sendiri bersama-sama. Apabila rasa persatuannya kuat
dan kompak, maka pasti akan dapat menyanyikan lagu dengan baik. Tetapi jika
persatuan dan kekuatannya tidak kuat, pastilah
tidak akan dapat menyanyikan lagu dengan baik. Oleh karena itu kelompok
harus tetap kompak dan bersatu.
e.
Setelah selesai
menyanyikan lagu, kembali menyanyi lagu Dari Sabang sampai Merauke sambil
kembali ke tempat duduk masing-masing.
f.
Bertanya jawab
membahas makna permainan yang baru saja dilakukan. Dan apa hubungannya dengan
persatuan dan kesatuan.
g.
Semua siswa
menuliskan makna persatuan dan kesatuan dan dikumpulkan kepada guru.
h.
Setelah semua
mengumpulkan, dilanjutkan dengan menugaskan
semua siswa untuk membaca teks ”Lomba Lari Siput dan Kancil” dengan intensif
(halaman 100).
i.
Bertanya jawab
tentang pemahaman siswa terhadap isi pokok cerita dalam teks
j.
Memanggil siswa
untuk maju ke depan kelas untuk menceritakan kembali cerita Lomba Lari Siput
dengan Kancil dengan menggunakan kata-katanya sendiri. Dengan menggunakan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang
sesuai dengan isi cerita/dongeng.
k.
Ayo Berbudi
Pekerti! Lakukanlah hal-hal dibawah ini:
§ Sebagai siswa yang baik tidak boleh
bertengkar.
§ Dimanapun kita berada harus mencari teman
sebanyak-banyaknya.
§ Tidak boleh bermusuhan dengan siapapun dan
harus saling memaafkan.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
c.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar
tentang Kancil lomba dengan siput.
2.
Lagu-lagu wajib dan lagu daerah.
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan,
IPS dan agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Bu-Keterampilan, IPS dan agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5 dan 6
TEMA :
PERSATUAN DAN KESATUAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal makna satu nusa,
satu bangsa dan satu bahasa. (PKn)
§ Mengamalkan nilai-nilai
Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
§
Mengenal pentingnya memiliki harga diri.
§
Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
§
Menggunakan alat ukur dalam
pemecahan masalah. (Matematika)
§ Menyanyikan
lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan
sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menjelaskan
simbol tempo dalam lagu.
§ Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan
iringan. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Tari)
§ Mengomentari
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengarkan)
§ Memberi
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat
yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
(Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memeperhatikan penggunaan
ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§
Mendeskripsikan kondisi
lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan. (IPA)
§
Mengidentifikasi cara manusia
dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.(IPS)
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan
keluarahan/desa.
§ Mempraktikkan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin. (Orjaskes)
§ Mempraktikkan pemilihan tempat
yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah.
§ Mempraktikkan penjagaan
keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan
sekitar sekolah, dan nilai kebersihan.
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan
contoh perilaku mengutamakan persatuan. (PKn)
§ Menjelaskan
makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa.
§
Menyebutkan teks sumpah pemuda.
§
Menjelaskan makna teks sumpah pemuda.
§
Menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
§ Melakukan
perbuatan yang mencerminkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
§ Memecahkan soal kontekstual dengan berbagai cara. (Matematika)
§ Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.
§ Menyiapkan
tarian pendek bertema. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Tari)
§ Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat. (Bahasa Indonesia)
§
Membuat ringkasan cerita secara lisan
dan tertulis.
§
Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu
atau membuat sesuatu sesuai yang didengar.
§
Menanggapi penjelasan secara verbal
dengan sungguh-sungguh.
§ Menuliskan pokok-pokok pikiran dalam teks..
§
Membaca teks dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat. (IPA)
§ Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari.
§
Mencari kemungkinan pemecahan masalah.
§ Menceritakan pengaruh peristiwa yg terjadi pada masa lalu
terhadap masa kini. (IPS)
§ Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan
tetangga (misalnya bergotong royong membuat rumah, membersihkan lingkungan,
menjaga keamanan lingkungan).
§ Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas
bangsa Indonesia.
§ Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan
tetangga.
§ Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina
persatuan.
§ Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam melakukan
aktivitas. (Orjaskes)
§ Melakukan berbagai gerak
lokomotor dengan tepat.
§ Mengendalikan emosi selama bermain.
III.
LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.
Mengajak
siswa menyanyikan lagu “Hari Merdeka” sambil menggerakkan anggota badan sesuai
dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.
Setelah
selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu dikaitkan dengan
perastuan dan kesatuan. (Orjaskes, BI,
IPS dan PKn)
d.
Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama (Persatuan
dan Kesatuan).
2. Kegiatan Inti
a.
Brain storming tentang makna persatuan
dan kesatuan, manfaat dan tujuannya.
b.
Siswa dikelompokkan dengan
menghitung 1 sampai 5 sampai seluruh siswa sekelas mempunyai nomor.
c.
Siswa dengan nomor satu
berkumpul dengan yang nomor sama, yang nomor dua dengan nomor dua, demikian
seterusnya sampai yang nomor lima dengan yang nomor
lima .
d.
Setelah berkumpul, apabila
jumlah siswa di dalam kelas ada 40, maka akan terbentuk 5 kelompok yang jumlah
anggotanya ada 8 anak.
e.
Setelah semua kelompok
sudah berkumpul, guru menugaskan untuk bermain “Menari Kompak” (hal 115).
f.
Setelah itu berdiskusi
tentang makna permainan tersebut.
g.
Setelah selesai bermain,
setiap kelompok bergantian maju ke depan kelas untuk membacakan teks “Sumpah
Pemuda”.
h.
Dilanjutkan
dengan menulis makna sumpah pemuda, dan satu siswa menulis di papan tulis.
i.
Setelah selesai
membaca Sumpah Pemuda, siswa ditugaskan untuk membaca wacana di halaman 103.
j.
Semua kembali ke
tempat duduknya, lalu menulis makna teks sumpah pemuda dan inti wacana di
halaman 103, kemudian dikumpulkan kepada guru.
k.
Ayo Berbudi
Pekerti! Lakukanlah hal-hal di bawah ini:
§ Kedamaian akan membuat hidup menjadi lebih
indah.
§ Kerukunan akan dapat menciptakan kedamaian.
§ Pertengkaran akan meninbulkan perpecahan.
§ Janganlah bertengkar.
§ Rukunlah dengan semua orang.
3. Kegiatan
Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
b.
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil
belajar).
c.
Memberikan
tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di rumah terkait dengan sekolah.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Teks
Sumpah Pemuda.
2.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
3.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Bu-Keterampilan, IPS dan agama).
V.
PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7 dan 8
TEMA :
PERSATUAN DAN KESATUAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal makna satu nusa,
satu bangsa dan satu bahasa. (PKn)
§ Mengamalkan nilai-nilai
Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mengenal pentingnya
memiliki harga diri.
§ Menampilkan rasa bangga
sebagai anak Indonesia
§ Memilih alat ukur dengan fungsinya (meteran, timbangan,
atau jam).
(Matematika)
§ Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
§ Menyanyikan
lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan
sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menjelaskan
simbol tempo dalam lagu.
§ Mengomentari
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengarkan)
§ Memberi
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat
yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
(Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami.
§ Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
(IPA)
§ Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§ Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan
melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.(IPS)
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan
keluarahan/desa.
§ Mempraktikkan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin. (Orjaskes)
§ Mempraktikkan pemilihan tempat
yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah.
§ Mempraktikkan penjagaan
keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan
sekitar sekolah, dan nilai kebersihan.
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan
contoh perilaku mengutamakan persatuan. (PKn)
§ Menjelaskan
makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa.
§
Menyebutkan teks sumpah pemuda.
§
Menjelaskan makna teks sumpah pemuda.
§
Menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
§
Melakukan perbuatan yang mencerminkan rasa bangga sebagai anak Indonesia .
§ Memecahkan soal kontekstual dengan berbagai cara. (Matematika)
§ Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair.
§
Menceritakan pengalaman
tertentu menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat
yang runtut. (Bahasa
Indonesia)
§ Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat.
§ Menanggapi penjelasan secara verbal dengan
sungguh-sungguh.
§ Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat. (IPA)
§ Menyusun informasi sains dengan menggunakan sarana dan
sumber.
§ Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari.
§
Mencari kemungkinan pemecahan masalah.
§ Menceritakan pengaruh peristiwa yg terjadi pada masa lalu
terhadap masa kini. (IPS)
§ Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan
tetangga (misalnya bergotong royong membuat rumah, membersihkan lingkungan,
menjaga keamanan lingkungan).
§ Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas
bangsa Indonesia.
§ Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan
tetangga.
§ Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina
persatuan.
§ Menjelaskan hak dan kewajiban individu sebagai warga
masyarakat.
§
Memberi contoh pelaksanaan hak dan kewajiban individu
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari untuk mengutamakan
persatuan.
§ Mengendalikan emosi selama bermain. (Orjaskes)
§ Melakukan berbagai gerak
lokomotor dengan tepat.
III.
LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.
Mengajak siswa menyanyikan lagu ”Naik-Naik ke Puncak Gunung” sambil
menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Persatuan dan Kesatuan).
2. Kegiatan
Inti
a.
Teks Sumpah
Pemuda ditulis di papan tulis atau di kertas manila dan ditempel terus di
dinding tembok kelas.
b.
Semua siswa
diajak mengamati gambar pulau-pulau di Indonesia dan bersama-sama
mengidentifikasi keadaan kekayaan Negara Indonesia sebagai Negara Kepulauan.
§ kekayaannya
§ keindahannya
§ kesuburannya
§ kemakmurannya
semua itu membuat negara-negara lain pada jaman dulu bahkan sampai sekarang
ingin menjajah Indonesia.
c.
Bagaimana caranya
supaya kita tidak dijajah lagi oleh bangsa lain.
d.
Guru menceritakan
sekilas kekejaman para penjajah (Portugis, Belanda, Jepang) yang sangat kejam
dan menghabiskan kekayaan negara Indonesia untuk di bawa ke negaranya.
e.
Guru memotivasi
siswa untuk bangga terhadap bangsa Indonesia yang kaya serta dapat berjuang
untuk mengusir penjajah dengan persatuan dan kesatuannya.
f.
Siswa
dikelompokkan dengan anggota 4 – 5 anak membahas Ajang Pendapat di halaman 104.
g.
Setiap kelompok
membuat perencanaan kegiatan (ada 4 contoh kegiatan yang dapat dilakukan dan
dipilih).
h.
Perencanaan
kelompok dapat berupa hal-hal di bawah ini (untuk bahan diskusi).
No.
|
Kegiatan
|
Perencanaan
|
Penanggung jawab/petugas
|
Contoh :
Rekreasi ke Kebun Apel dilaksanakan
tanggal: ...............................
|
|||
1.
|
Rute Perjalanan
|
·
.
·
.
|
|
2.
|
Dokumentasi
|
·
.
·
.
|
|
3.
|
Konsumsi
|
·
.
·
.
|
|
4.
|
Transportasi
|
·
.
·
.
|
|
5.
|
Kesehatan
|
·
.
·
.
|
|
6.
|
Konsumsi
|
·
.
·
.
|
|
7.
|
Peralatan lain
|
·
.
·
.
|
|
8.
|
Penyusunan laporan
|
|
|
|
dsb
|
|
|
i.
Setelah semua
perencanaan sudah jadi, dikumpulkan kepada guru untuk dikoordinasikan dengan
sekolah bahwa ada perencanaan siswa sebagaimana tersebut dalam hasil diskusi .
j.
Siswa masih dalam
kelompoknya kegiatan dilanjutkan dengan mengamati 3 gambar di halaman 105 (dibuat
salinannya, kemudian diperbesar dan ditempel di papan tulis).
k.
Semua kelompok
ditugaskan untuk mendiskusikan gambar-gambar itu, mana yang mencerminkan nilai
luhur Sumpah Pemuda dalam kehidupan
sehari-hari dengan bahan diskusi:
§ Mengapa perlu meresapi nilai persatuan dan
kesatuan dalam kehidupan kita sehari-hari?
§ Apa yang terjadi apabila kita hidup tanpa
orang lain (menyendiri) bisakah kita sendiri?
§ Apa yang dapat kita lakukan sebagai generasi
penerus bangsa? Bagaimana cara kita untuk menunjukan bahwa kita bangga menjadi
anak Indonesia?
l.
Hasil diskusi
kelompok ditulis dan dilaporkan kepada guru.
m.
PR (dikerjakan di
luar kelas/di rumah) buatlah puisi yang menggambarkan
kekayaan/kesuburan/keindahan bangga Indonesia dan sikap persatuan.
n.
Mengajak semua
siswa untuk berbudi pekerti. Lakukanlah hal-hal berikut:
§ Kita harus memperlakukan teman sebagai
saudara sendiri.
§ Rukun dengan siapa saja.
§ Tidak hobi bertengkar.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Sebelum diakhiri, mengajak semua siswa berdinamika: siap di tempat duduk,
tangan di paha, komando jalan di tempat, tidak pakai kaki, tetapi menggunakan
kedua telapak tangan yang ditepukkan ke paha seperti orang sedang berjalan,
bergantian kiri dan kanan.
b.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
c.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
d.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhir pelajaran.
IV. ALAT DAN
SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar tentang kegiatan yang menggambarkan persatuan.
2.
Lingkungan
sekitar.
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Bu-Keterampilan, IPS dan agama).
V.
PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9 dan 10
TEMA :
PERSATUAN DAN KESATUAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal makna satu nusa,
satu bangsa dan satu bahasa. (PKn)
§ Mengamalkan nilai-nilai
Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mengenal pentingnya
memiliki harga diri.
§ Menampilkan rasa bangga
sebagai anak Indonesia
§ Memilih alat ukur dengan fungsinya (meteran, timbangan,
atau jam).
(Matematika)
§ Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
§ Menyanyikan
lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan
sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§
Menjelaskan simbol
tempo dalam lagu.
§
Mengomentari
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengarkan)
§
Memberi
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat
yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
(Bahasa Indonesia: Berbicara)
§
Menceritakan pengalaman yang
mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§
Mengidentifikasi cara manusia
dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar. (IPA)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.(IPS)
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan
keluarahan/desa.
§ Mempraktikkan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin. (Orjaskes)
§ Mempraktikkan pemilihan tempat
yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah.
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan
contoh perilaku mengutamakan persatuan. (PKn)
§ Menjelaskan
makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa.
§
Menyebutkan teks sumpah pemuda.
§
Menjelaskan makna teks sumpah pemuda.
§
Menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
§
Melakukan perbuatan yang mencerminkan rasa bangga sebagai anak Indonesia .
§ Membaca tanda waktu jam, setengah jam sampai
seperempat jam pada jarum jam. (Matematika)
§
Membaca tanda waktu dalam
bentuk angka atau digital (12 jam) misalnya pukul 12.30.
§
Melakukan pengamatan dan pengukuran
dengan menggunakan alat.
§
Memecahkan soal kontekstual dengan
berbagai cara.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai
rasa persatuan dan kesatuan.
(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§
Menceritakan pengalaman tertentu
menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
(Bahasa Indonesia)
§ Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat.
§ Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu atau membuat
sesuatu sesuai yang didengar.
§
Menanggapi penjelasan secara verbal
dengan sungguh-sungguh.
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§
Mengidentifikasi lingkungan yang sehat
dan tidak sehat melalui pengamatan. (IPA)
§
Mengemukakan pendapat tentang permasalahan
topik lingkungan.
§
Menceritakan cara memelihara dan
melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat.
§ Menyusun informasi sains dengan menggunakan sarana dan
sumber.
§ Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari.
§
Mencari kemungkinan pemecahan masalah.
§
Menyimpulkan manfaat persatuan dan
kesatuan di lingkungan tetangga. (IPS)
§ Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina
persatuan.
§ Menjelaskan hak dan kewajiban individu sebagai warga
masyarakat.
§
Memberi contoh pelaksanaan hak dan kewajiban individu
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari untuk mengutamakan
persatuan.
§ Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. dalam melakukan
aktivitas. (Orjaskes)
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Hari Merdeka” sambil menggerakkan anggota
badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes,
Se-Bud)
c.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu dikaitkan
dengan Persatuan dan Kesatuan yang ada
di lingkungan sekitar. (Orkes dan BI,
IPS, PKn)
d.
Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama (Persatuan
dan Kesatuan).
2. Kegiatan Inti
a.
Brain storming membahas tentang sifat
dan kebutuhan manusia yang dapat menyebabkan pecahnya persatuan kesatuan atau
bisa juga sebagai pemersatu karena orang tidak akan dapat hidup tanpa orang
lain (manusia sebagai makhluk individu sekaligus sebagai makhluk sosial).
b.
Guru menerangkan bahwa
kebutuhan manusia itu tidak terbatas. Hal ini yang bisa menjadi penyebab tidak
bersatunya manusia. Salah dalam mengukur sesuatu bisa menyebabkan pertengkaran.
c.
Semua siswa diajak
mengamati gambar alat ukur (halaman 106 dan 107).
d.
Siswa dikelompokkan dengan
teman sebangkunya dan mendiskusikan hal-hal berikut:
§
Nama benda/alat
§
Kegunaan
§
Cara menggunakan
§
Harganya dsb.
e.
Setelah selesai,
dilaporkan di depan kelas, siswa lain menanggapinya.
f.
Dilanjutkan dengan
menugaskan semua kelompok untuk gambar di halaman 108 dan 109 dan berdiskusi
lagi membahas cara membaca jam, menulis manfaatnya.
g.
Guru mengadakan
klarifikasi untuk menyamakan persepsi tentang alat-alat ukur yang dipakai.
Dilanjutkan lagi tugas berikutnya secara individu siswa ditugaskan
untuk mengukur benda-benda yang ada di sekitarnya (pensil, penghapus, buku, tas
dsb.) ditulis dan dilaporkan kepada guru.
Tugas membuat puisi hari kemarin dibaca di depan kelas.
h. Mengajak
semua siswa untuk berbudi pekerti. Lakukanlah hal-hal berikut:
§ Kita harus memperlakukan teman sebagai
saudara sendiri.
§ Rukun dengan siapa saja.
§ Jangan memilih-milih teman karena semua
adalah saudara.
§ Tidak hobi bertengkar.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar tentang alat-alat ukur (timbangan, meteran, dsb).
2.
Lingkungan
alam Indonesia .
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V.
PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 11 dan 12
TEMA :
PERSATUAN DAN KESATUAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal makna satu nusa,
satu bangsa dan satu bahasa. (PKn)
§ Mengamalkan nilai-nilai
Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mengenal pentingnya
memiliki harga diri.
§
Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
§ Memilih alat ukur dengan fungsinya (meteran, timbangan,
atau jam).
(Matematika)
§
Menggunakan alat ukur dalam
pemecahan masalah.
§ Mengekspresikan
diri melalui gambar imajinatif mengenai rasa persatuan dan kesatuan. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§ Menyanyikan
lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan
sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menjelaskan
symbol tempo dalam lagu.
§ Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan
iringan. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Tari)
§ Mengomentari
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengarkan)
§
Menjelaskan isi teks (100-150
kata) melalui membaca intensif. (Bahasa
Indonesia: Membaca)
§ Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Memberi
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat
yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
(Bahasa Indonesia: Berbicara)
§
Menceritakan pengalaman yang
mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§
Membedakan ciri-ciri
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan. (IPA)
§ Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§ Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan
melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.(IPS)
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan
keluarahan/desa.
§ Mempraktikkan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin. (Orjaskes)
§ Mempraktikkan pemilihan tempat
yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah.
§ Mempraktikkan penjagaan
keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan
sekitar sekolah, dan nilai kebersihan.
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan
contoh perilaku mengutamakan persatuan. (PKn)
§ Menerapkan
nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
§ Memecahkan soal kontekstual dengan berbagai cara. (Matematika)
§ Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai
rasa persatuan dan kesatuan.
(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§
Menceritakan pengalaman tertentu
menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
(Bahasa Indonesia)
§ Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat.
§ Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu atau membuat
sesuatu sesuai yang didengar.
§ Menanggapi penjelasan secara verbal dengan
sungguh-sungguh.
§ Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§
Mengidentifikasi lingkungan
yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan. (IPA)
§
Mengemukakan pendapat tentang
permasalahan topik lingkungan.
§
Menceritakan cara memelihara dan
melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat.
§ Menyusun informasi sains dengan menggunakan sarana dan
sumber.
§ Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari.
§
Mencari kemungkinan pemecahan masalah.
§ Menceritakan pengaruh peristiwa yg terjadi pada masa lalu
terhadap masa kini. (IPS)
§ Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan
tetangga (misalnya bergotong royong membuat rumah, membersihkan lingkungan,
menjaga keamanan lingkungan).
§ Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas
bangsa Indonesia.
§ Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan
tetangga.
§ Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina
persatuan.
§ Menjelaskan hak dan kewajiban individu sebagai warga
masyarakat.
§
Memberi contoh pelaksanaan hak dan kewajiban individu
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari untuk mengutamakan
persatuan.
§ Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. dalam melakukan
aktivitas. (Orjaskes)
§ Melakukan berbagai gerak
lokomotor dengan tepat.
§ Mengendalikan emosi selama bermain.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Padamu Negeri” sambil menggerakkan anggota
badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes,
Se-Bud)
c.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dan dikaitkan dengan Persatuan
dan Kesatuan yang ada di keluarga. (Orjaskes,
BI, IPS dan PKn)
d.
Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama (Persatuan
dan Kesatuan).
2. Kegiatan Inti
a. Menayangkan gambar tentang kegiatan manusia yang mencerminkan
persatuan (di halaman 110, 111, 112 dan bertanya jawab tentang makna gambar.
b. Siswa bergantian membaca teks “Menjaga Lingkungan” siswa lain
menyimak dan memperhatikan
c. Bertanya jawab dan berdiskusi kelas (untuk
mengukur pemahaman/kompetensi) terhadap inti bacaan:
§
Kegiatan apa yang sedang
dilakukan?
§ Siapa saja yang melakukan kegiatan itu?
§ Siapa yang membawa makanan?
§ Untuk apa kegiatan itu dilakukan?
§ Bagaimana jika dilakukan tanpa orang lain
(sendirian)?
§ Bagaimana cara menjaga lingkungan sekitarmu?
Semua siswa mencatat pokok-pokok pembicaraan.
d. Setelah selesai berdiskusi kelas, semua
siswa dikelompokkan dengan teman
sebangkunya dan ditugaskan untuk mengerjakan soal di halaman 111 dan 112 serta
menuliskan alasannya.
e. Apabila sudah selesai siswa ditugaskan untuk
menggambar yang maknanya persatuan dan kesatuan serta menceritakan isi
gambarnya.
f.
Untuk
menghilangkan kejenuhan siswa diajak berdinamika ”gelombang angka” (siswa yang
duduk setiap deret akan berdiri kalau dikomando) misalnya:
§ Deretan kursi ada 5 (setiap deret ada 8
anak), maka hitungan angka adalah 1 sampai 5.
§ Komando guru menyebut ”satu”, maka yang duduk
di deretan 1 akan berdiri semua.
§ Komando guru menyebut ”dua”, maka yang duduk
di deretan 2 akan berdiri semua.
§ Komando guru menyebut ”tiga”, maka yang duduk
di deretan 3 akan berdiri semua.
§ Komando guru menyebut ”empat”, maka yang
duduk di deretan 4 akan berdiri semua.
g. Siswa yang berdiri sambil menirukan kata guru
satu, dua, tiga dan empat sesuai dengan deret ke berapa siswa duduk.
h. Setelah selesai berdinamika siswa ditugaskan
untuk mengerjakan soal di halaman 117.
i.
Mengajak semua
siswa untuk berbudi pekerti. Lakukanlah
hal-hal berikut:
§ Kita harus memperlakukan teman sebagai
saudara sendiri.
§ Menghargai sesama.
§ Rukun dengan siapa saja.
§ Jangan memilih-milih teman karena semua
adalah saudara.
§ Tidak hobi bertengkar.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
c.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
cara menjaga lingkungan.
2.
Lingkungan
alam.
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Bu-Keterampilan, IPS dan agama).
V.
PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar