JARINGAN
KD/INDIKATOR
SILABUS
PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS 3
TEMA : LINGKUNGAN
DESA DAN KECAMATAN
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
§
Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti
kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
|
§ Menceritakan
kebhinekaan di Desa dan Kecamatannya.
§ Menceritakan kekayaan
alam yang ada di Desanya.
§ Menerangkan keramah
tamahan warga Desa dan Kecamatan.
|
§
Mengamati gambar Lingkungan Desa dan
Kecamatan.
§
Bertanya jawab tentang lingkungan
Kelurahan/desa dan Kecamatan tempat tinggal siswa.
§
Berdiskusi tentang lingkungan Desa dan Kecamatan.
§
Menceritakan kebhinekaan di Desa dan Kecamatannya.
§
Menceritakan kekayaan alam yang ada di Desanya.
§
Menerangkan keramah tamahan warga Desa dan Kecamatan.
|
|
§ Standar Isi 2006
SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika,
PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.
§ Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan
Pendekatan tematik kelas III.
§ Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran
Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn,
Matematika, Seni-Budaya dan Keterampilan dan Orjaskes.
|
§ Penilaian tingkah laku
§ Penilaian tertulis obyektif
§ Penilaian tertulis subyektif
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
§ Penilaian portofolio
§ Penilaian produk
|
MATEMATIKA
Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan
dengan uang.
|
§ Mengetahui
harga nominal mata uang rupiah.
§ Mengerjakan
soal penjumlahan dan pengurangan yang berkaitan dengan uang.
§ Mengerjakan
soal kontekstual yang berkaitan dengan penjualan dan pembelian.
|
§ Berdiskusi membahas
macam-macam nilai nominal mata uang rupiah (Rp. 1.000, Rp. 5.000, Rp.10.000
dsb.).
§ Berkelompok dengan teman sebangku membahas nilai uang,
kegunaan/manfaat uang, cara mendapatkan uang.
§ Mengerjakan tugas tentang menjodohkan gambar uang dengan nilai
uang.
§ Mengerjakan soal cerita bersifat kontekstual yang berkaitan
dengan penjualan dan pembelian.
|
|
||
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
§ Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
§ Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§ Menjelaskan
cara menjaga lingkungan sekitar.
|
§ Mengidentifikasi
lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan.
§ Mengemukakan
pendapat tentang permasalahan topik lingkungan.
§ Menjelaskan
cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Menjelaskan
kesehatan lingkungan desa masing-masing melalui tulisan.
|
§ Mengamati
gambar Lingkungan Desa dan Kecamatan.
§ Bertanya
jawab tentang lingkungan sekitar.
§ Berdiskusi
tentang lingkungan Desa dan Kecamatan.
§ Mengemukakan pendapat tentang suatu topik untuk mendata
yg telah diketahui.
§ Mengidentifikasi
lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan.
§ Mengemukakan
pendapat tentang permasalahan topik lingkungan.
§ Mencari
kemungkinan pemecahan masalah.
§ Menjelaskan
cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Menjelaskan
kesehatan lingkungan desa masing-masing melalui tulisan.
|
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA
DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Standar Isi 2006
SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika,
PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.
§ Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan
Pendekatan tematik kelas III.
§
Buku bahan ajar
lain yang relevan untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia,
IPA, PKn, Matematika, Seni-Budaya dan
Keterampilan dan Orjaskes.
|
§ Penilaian tingkah laku
§ Penilaian tertulis obyektif
§ Penilaian tertulis subyektif
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
§ Penilaian portofolio
§
Penilaian
produk
|
BAHASA INDONESIA
Berbicara:
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
- Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap
suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang
tepat.
Membaca: Membaca nyaring teks (20 –
25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Menulis: Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan.
|
§ Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau
tertulis.
§ Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks.
§ Menyatakan
pendapat atau perasaan berkaitan dengan isi teks.
§ Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di
sekitar.
§ Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata
yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau
mengemukakan pendapat.
§ Menulis karangan sederhana dengan menggunakan pilihan
kata dan kalimat yg tepat.
|
§ Membaca teks tentang Desa dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks.
§ Menyatakan
pendapat atau perasaan berkaitan dengan isi teks.
§ Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di
sekitar.
§ Menceritakan pengalaman secara runtut menggunakan
pilihan kata yang tepat dan kalimat yang mudah dipahami.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau
mengemukakan pendapat.
§ Menulis karangan sederhana tentang Lingkungan Desa
dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat yg tepat.
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
§ Membuat peta dan
denah lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa.
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah dan sekolah.
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
|
§ Mengidentifikasi kenampakan
alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan.
§ Memberi contoh cara yg baik
dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§ Memahami perbedaan peta dan
denah.
§ Memahami cara membuat peta.
|
§ Mengamati
gambar Lingkungan Desa dan Kecamatan.
§ Bertanya
jawab tentang lingkungan sekitar.
§ Berdiskusi
tentang lingkungan Desa dan Kecamatan.
§ Mengidentifikasi kenampakan
alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan.
§ Memberi contoh cara yang baik
dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§ Membaca wacana tentang
perbedaan peta dan denah serta cara membuat peta.
§ Membuat peta daerah tempat
tinggal siswa.
|
|
§ Standar Isi 2006
SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika,
PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.
§ Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan
Pendekatan tematik kelas III.
§ Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran
Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn,
Matematika, Seni-Budaya dan Keterampilan dan Orjaskes.
|
§ Penilaian tingkah laku
§ Penilaian tertulis obyektif
§ Penilaian tertulis subyektif
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
§ Penilaian portofolio
§ Penilaian produk
|
SENI-BUDAYA
DAN KETERAMPILAN
Rupa: Mengekspresikan diri
melalui gambar imajinatif mengenal diri sendiri.
Musik:
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana.
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
|
§ Menggambar
imajinatif tentang sebuah Desa.
§ Memainkan
lagu dengan alat musik sederhana.
§ Menyanyikan
lagu anak-anak dengan syair yang benar.
§ Menyanyikan
lagu wajib dengan syair yang benar.
|
§ Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.
§ Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair.
§ Memainkan alat musik sederhana sesuai dengan not lagu.
§ Menggambar pedesaan yang pernah didatangi atau diamati
siswa.
|
|
||
ORJASKES
Mempraktikkan gerak lokomotor
dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara
individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan
disiplin.
|
§ Bergerak sesuai dengan instruksi guru mengikuti
lagu tertentu.
§ Bergerak berpindah tempat dengan isyarat.
§ Mengikuti instruksi guru.
|
§
Melakukan berbagai gerak lokomotor dengan tepat.
§
Melakukan gerakan-gerakan sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu.
|
|
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1 dan 2
TEMA :
LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. (PKn)
§ Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan
tidak sehat berdasarkan pengamatan. (IPA)
§ Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§ Menjelaskan
cara menjaga lingkungan sekitar.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§ Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
(IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak lokomotor
dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara
individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan
disiplin. (Orjaskes)
II. INDIKATOR
§
Menceritakan kebhinekaan di Desa dan Kecamatannya. (PKn)
§ Menceritakan kekayaan
alam yang ada di Desanya.
§ Menerangkan keramahtamahan
warga Desa dan Kecamatan.
§ Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat
melalui pengamatan. (IPA)
§
Mengemukakan pendapat tentang
permasalahan topik lingkungan.
§
Menjelaskan cara memelihara dan
melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§
Menjelaskan kesehatan lingkungan desa
masing-masing melalui tulisan.
§ Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia)
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks.
§
Menyatakan pendapat atau perasaan
berkaitan dengan isi teks.
§ Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di
sekitar.
§ Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata
yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau
mengemukakan pendapat.
§ Mengidentifikasi kenampakan
alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan. (IPS)
§ Memberi contoh cara yg baik
dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§
Memainkan lagu dengan alat
musik sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§
Menyanyikan lagu anak-anak dengan
syair yang benar.
§
Menyanyikan lagu wajib dengan syair
yang benar.
§
Bergerak
sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu tertentu. (Orjaskes)
§
Bergerak
berpindah tempat dengan isyarat.
§
Mengikuti
instruksi guru.
III. LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Desaku yang Permai” sambil menggerakkan
anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes,
Se-Bud)
c.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang
dilakukan siswa seperti syair lagu, dan dikaitkan dengan Lingkungan Desa dan
Kecamatan. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Lingkungan Desa dan Kecamatan).
2. Kegiatan
Inti
a.
Bertanya jawab (Brain storming) tentang acara siswa
selama liburan (hari minggu atau hari libur semester).
b.
Menunjukkan
gambar lingkungan desa (sawah-sawah).
c.
Siswa diminta
mengamati kemudian memberikan pendapatnya dan
memberikan makna gambar tersebut dikaitkan dengan Lingkungan Desa dan Kecamatan.
d.
Siswa secara bergantian ditugaskan untuk membaca teks ”Berlibur ke Desa”
e.
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang
pemahaman wacana/teks al:
(1)
Kemana tujuan liburan mereka ?
(2)
Mereka berlibur ke rumah siapa?
(3)
Siapa yang mengajak Sinta dan Adi berjalan-jalan?
(4)
Apa saja yang dijumpai di desa? Dsb.
f.
Semua siswa diminta bergabung dengan teman sebangkunya untuk berdiskusi
tentang:
(1)
Manfaat berlibur ke desa.
(2)
Perbedaan lingkungan desa dengan kota.
(3)
Perbandingan suasana kota dengan desa.
(4)
Apa keuntungannya ada desa? Dsb.
g.
Masing-masing kelompok ditugaskan untuk memberikan pendapat/komentar dan saran
terhadap pernyataan di halaman 78 dan mengerjakan tugas al:
(1)
Udara di desa bersih dan segar sedangkan udara di kota berpolusi.
(2)
Jalan di desa berlubang-lubang sehingga kendaraan sulit untuk lewat.
(3)
Air di kota kotor
dan banyak sampah.
h.
Setelah selesai
berdiskusi sampaikan hasilnya di depan kelas.
i.
Guru memberikan
penguatan terhadap hasil diskusi siswa.
j.
Guru menjelaskan
bagaimana siswa harus menulis kata depan ”di”.
Apa perbedaan penggunaan kata di pada kata-kata di bawah ini:
(1)
di desa (4) dimakan
(2)
di kota (5) ditarik
(3)
di rumah (6) dibayar
k.
Guru menyiapkan
artikel dan dibagikan kepada kelompok siswa. Tugasnya adalah mencari kata-kata
yang menggunakan kata ”di” untuk
dijadikan bahan diskusi (halaman 79).
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
b.
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi
yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
tentang suasana desa.
2.
Artikel-artikel
dari majalah anak.
3.
Lingkungan
desa dan kecamatan.
4.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
5.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 3 dan 4
TEMA :
LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN
KELAS /SEMESTER :
3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. (PKn)
§ Menjelaskan cara menjaga lingkungan sekitar. (IPA)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§ Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Membuat peta dan
denah lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak lokomotor
dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara
individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan
disiplin. (Orjaskes)
II. INDIKATOR
§ Menceritakan
kekayaan alam yang ada di Desanya. (PKn)
§ Menerangkan
keramahtamahan warga Desa dan Kecamatan.
§ Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik
lingkungan. (IPA)
§ Menjelaskan cara memelihara dan melestarikan alam di
lingkungan sekitar.
§ Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa
Indonesia)
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks.
§
Menyatakan pendapat atau perasaan
berkaitan dengan isi teks.
§ Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar.
§ Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata
yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau
mengemukakan pendapat.
§ Menulis karangan sederhana dengan menggunakan pilihan
kata dan kalimat yg tepat.
§ Mengidentifikasi kenampakan
alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan. (IPS)
§ Memberi contoh cara yg baik
dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§ Memahami perbedaan peta dan
denah.
§ Memahami cara membuat peta.
§
Memainkan lagu dengan alat
musik sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§
Menyanyikan lagu anak-anak dengan
syair yang benar.
§
Menyanyikan lagu wajib dengan syair
yang benar.
§
Bergerak
sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu tertentu. (Orjaskes)
§
Bergerak
berpindah tempat dengan isyarat.
§
Mengikuti
instruksi guru.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Desaku” sambil menggerakkan anggota badan
sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dan
dikaitkan dengan Lingkungan Desa dan Kecamatan. (Orjaskes, BI, IPS, dan PKn)
d.
Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama (Lingkungan
Desa dan Kecamatan).
2. Kegiatan Inti
a.
Melakukan tanya jawab
tentang lingkungan rumah siswa. Apakah termasuk lingkungan desa ataukah
termasuk lingkungan kota ?
Siapa saja yang rumahnya termasuk di lingkungan desa? Siapa saja yang hidup
sehari-harinya berada di lingkungan perkotaan? (tugaskan siswa untuk
menghitung)
b.
Guru menyiapkan wacana
(dari koran dan majalah) yang berisi tentang pembahasan desa dan atau kota .
c.
Semua siswa berkelompok
dengan teman sebangkunya dan menyimak wacananya, kemudian mencatat isi pokok
yang ada dalam bacaan tersebut.
d.
Pengalaman apa saja yang
diperoleh tentang desa dan kecamatan?
e.
Siswa yang telah selesai
membaca diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa
yang lain memberikan komentar dan pendapatnya.
f.
Setelah selesai bertanya
jawab, beberapa siswa ditugaskan untuk membaca teks halaman 79 tentang “Lurah
dan Camat”. Setelah itu, semua siswa diberi kesempatan lagi untuk membaca
(dalam hati).
g.
Setelah selesai membaca,
semua siswa ditugaskan untuk menulis pokok materi yang ada dalam bacaan,
misalnya:
(1)
Siapa yang pernah menjadi
Lurah?
(2)
Apa tugas Lurah?
(3)
Kepada siapa Lurah
bertanggung jawab?
(4)
Apakah Kecamatan itu?
(5)
Apa tugas Camat? Dsb.
h.
Guru memberikan
penjelasan tentang konsep desa dan kecamatan.
i.
Tugas dan
tanggung jawabnya, pembagian wilayahnya, kehidupan, mata pencaharian masyarakat
di desa dengan di kota.
j.
Siswa diminta
mengamati potongan peta di halaman 81, dan guru menerangkan bagaimana cara
membuat peta, tanda-tanda yang ada dalam peta.
k.
Semua siswa
secara mandiri ditugaskan untuk membuat peta desa atau kotanya (bisa
mencontoh). Peta diberi warna, dan diberi nama ”peta apa”
l.
Setelah selesai
dikumpulkan (sebagai portofolio siswa).
m. Ayo Berbudi Pekerti! Lakukanlah hal-hal di
bawah ini:
§ Jagalah kebersihan lingkungan desamu!
§ Buanglah sampah ditempat sampah!
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Wacana
yang membahas tentang desa dan perkotaan.
2.
Gambar-gambar
tentang suasana di desa sawah terbentang.
3.
Peta
desa dan peta kecamatan.
4.
Lingkungan
desa dan kota .
5.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
6.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5 dan 6
TEMA :
LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/1 (satu)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. (PKn)
§ Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan
tidak sehat berdasarkan pengamatan. (IPA)
§ Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§ Menjelaskan
cara menjaga lingkungan sekitar.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§ Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
(IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak lokomotor
dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara
individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan
disiplin. (Orjaskes)
II. INDIKATOR
§
Menceritakan kebhinekaan di Desa dan Kecamatannya. (PKn)
§ Menceritakan kekayaan
alam yang ada di Desanya.
§ Menerangkan
keramahtamahan warga Desa dan Kecamatan.
§ Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat
melalui pengamatan. (IPA)
§
Mengemukakan pendapat tentang
permasalahan topik lingkungan.
§
Menjelaskan cara memelihara dan
melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§
Menjelaskan kesehatan lingkungan desa
masing-masing melalui tulisan.
§ Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa
Indonesia)
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks.
§
Menyatakan pendapat atau perasaan
berkaitan dengan isi teks.
§ Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar.
§ Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata
yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau
mengemukakan pendapat.
§ Menulis karangan sederhana dengan menggunakan pilihan kata
dan kalimat yg tepat.
§ Mengidentifikasi kenampakan
alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan. (IPS)
§ Memberi contoh cara yg baik
dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§
Memainkan lagu dengan alat
musik sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§
Menyanyikan lagu anak-anak dengan
syair yang benar.
§
Menyanyikan lagu wajib dengan syair
yang benar.
§
Bergerak
sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu tertentu. (Orjaskes)
§
Bergerak
berpindah tempat dengan isyarat.
§
Mengikuti
instruksi guru.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa berdinamika ”Tepuk Pramuka” dengan tiga macam bunyi (Keras,
Sedang dan Lemah) sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan komando. (Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan)
c.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab makna dinamika. (Orjaskes dan BI, IPS, PKn)
d.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Lingkungan Desa dan Kecamatan).
2. Kegiatan
Inti
a.
Menayangkan
gambar tentang lingkungan tempat tinggal (di Desa dan di Kota).
b.
Bertanya jawab
tentang gambar.
c.
Diskusi kelas
(dipimpin oleh guru) membahas ciri-ciri suasana dan perbedaan desa dan kota.
d.
Mengidentifikasi
kondisi desa dengan kota misalnya:
Di Desa
|
Di Kota.
|
§ Tenang
§ Sepi
§ Banyak pepohonan
§ Pasar banyak hasil bumi
|
§ Bising
§ Ramai
§ Banyak pertokoan
§ Pasar ramai barang elektronik
|
§ Banyak sawah
§ Sekolah terbatas
§ Kendaraan bermotor tidak banyak
§ Dsb.
|
§ Banyak perkantoran
§ Banyak sekolah
§ Banyak kendaraan bermotor
§ Dsb.
|
e.
Guru menceritakan
adanya Undang-Undang Lingkungan Hidup (baca Cakrawala di halaman 82). Siswa menyimak
dan mendengarkan sambil mencatat hal-hal yang penting. Jika ada siswa yang
tidak mengerti guru memotivasi untuk bertanya (peribahasa: Malu bertanya sesat
di jalan).
f.
Siswa
dikelompokkan dengan teknik ”mencari pasangan”.
g.
Guru menyiapkan
gambar suasana Desa dan Kota dengan berbagai kegiatannya dan tulisan-tulisan
apa saja yang terdapat di dalam kehidupan desa dan Kota.
h.
Siswa akan
berpasangan dengan pasangan yang cocok
kemudian berdiskusi membahas lingkungan desa dan lingkungan kota (apa
keuntungan hidup di desa dan apa keuntungan jika hidup di kota, masing-masing
kelompok pasangan berdiskusi memilih di antara kedua suasana itu).
i.
Memanggil 2 siswa
(pasangan) untuk melaporkan hasil diskusinya. Siswa lain memberikan komentar
dan pendapatnya.
j.
Setelah selesai
berdiskusi dan melaporkan hasilnya, semua siswa ditugaskan untuk kembali ke
kelompok untuk selanjutnya mengerjakan
materi ”Ajang Pendapat” di halaman 84.
k.
Kerjakanlah PR :
bertanyalah kepada orang tuamu
§Apa keuntungannya berada di lingkungan desa?
§Apa keuntungannya berada di lingkungan perkotaan?
§Apa saja kekayaan alam yang didapat dari desa?
§ Bagaimana kebhinekaan dan keramah tamahan masyarakat
yang tinggal di desa atau kota? Adakah perbedaannya?
l.
Ayo Berbudi
Pekerti! Lakukanlah hal-hal di bawah ini:
§ Cintailah lingkungan desamu!
§ Cintailah lingkungan kota Kecamatanmu!
§ Jagalah lingkunganmu supaya tetap bersih dan
indah!
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
b.
Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Lingkungan
desa (sawah, ladang, pasar tradisional).
2.
Lingkungan kota (pertokoan, mall, kantor-kantor).
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes,
Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7 dan 8
TEMA :
LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/ 2 (dua)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. (PKn)
§ Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan
tidak sehat berdasarkan pengamatan. (IPA)
§ Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§ Menjelaskan
cara menjaga lingkungan sekitar.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§ Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Membuat peta dan
denah lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak lokomotor
dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara
individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan
disiplin. (Orjaskes)
II. INDIKATOR
§
Menceritakan kekayaan alam yang ada di Desanya.
(PKn)
§ Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat
melalui pengamatan. (IPA)
§
Mengemukakan pendapat tentang
permasalahan topik lingkungan.
§
Menjelaskan cara memelihara dan
melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§
Menjelaskan kesehatan lingkungan desa
masing-masing melalui tulisan.
§ Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa
Indonesia)
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks.
§
Menyatakan pendapat atau perasaan
berkaitan dengan isi teks.
§ Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di
sekitar.
§ Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata
yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau
mengemukakan pendapat.
§ Menulis karangan sederhana dengan menggunakan pilihan
kata dan kalimat yg tepat.
§ Mengidentifikasi kenampakan
alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan. (IPS)
§ Memberi contoh cara yg baik
dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§ Memahami perbedaan peta dan
denah.
§ Memahami cara membuat peta.
§
Memainkan lagu dengan alat
musik sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§
Menyanyikan lagu anak-anak dengan
syair yang benar.
§
Menyanyikan lagu wajib dengan syair
yang benar.
§
Bergerak
sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu tertentu. (Orjaskes)
§
Bergerak
berpindah tempat dengan isyarat.
§
Mengikuti
instruksi guru.
III. LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Waktu Potong Padi” sambil menggerakkan anggota badan sesuai
dengan syair lagu. (Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan)
c.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dan
dikaitkan dengan Lingkungan Desa dan
Kecamatan. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama. (Lingkungan Desa dan Kecamatan)
2. Kegiatan Inti
a.
Bertanya jawab (Brain storming) tentang pertanyaan dalam
Pekerjaan Rumah (PR) pada pertemuan sebelumnya, serta apa alasannya.
b.
Dilanjutkan dengan
berdiskusi secara klasikal membahas tentang pengertian
(1)
Lingkungan. (3) Kecamatan.
(2)
RT. (4) RW.
(3)
Peta. (5) Skala.
c.
Semua siswa mencatat hasil
diskusi.
d.
Guru menunjukkan 2 gambar (halaman
85) dan semua siswa bersama-sama mengidentifikasi apa saja yang ada dalam
gambar tersebut.
e.
Bertanya jawab, apakah
suasana tersebut baik untuk kesehatan? Apa alasannya?
f.
Siswa secara bergantian
ditugaskan membaca teks “Lingkunganku” di halaman 85 dengan suara yang nyaring,
didengar siswa lain dan dengan lafal dan intonasi yang benar.
g.
Siswa berdiskusi dengan
teman sebangkunya membahas keadaan lingkungan sendiri dan cara-cara yang
dilakukan untuk menjaga agar lingkungan bersih, kemudian membuat karangan
sederhana.
h.
Siswa diminta maju ke
depan kelas (siswa yang berani) untuk membacakan hasil karangannya
(portofolio).
i.
PR: untuk persiapan
pelajaran besok pagi, semua siswa membawa satu lembar uang kertas atau satu keping
uang logam dengan nilai yang berbeda-beda.
j.
Ayo Berbudi Pekerti! Lakukanlah
hal-hal di bawah ini:
§ Gotong royong adalah ciri khas kehidupan masyarakat desa.
§ Pertahankanlah sikap gotong royong itu.
§ Bantulah tetanggamu jika mempunyai kegiatan.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar tentang perumahan di desa dan di kota kecamatan.
2.
Lingkungan
Desa.
3.
Lingkungan
Kecamatan.
4.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
5.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9 dan 10
TEMA :
LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. (PKn)
§ Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan
dengan uang.
(Matematika)
§ Menjelaskan cara menjaga lingkungan sekitar. (IPA)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
(IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak lokomotor
dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara
individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan
disiplin. (Orjaskes)
II. INDIKATOR
§
Menceritakan kekayaan alam yang ada di Desanya.
(PKn)
§ Menerangkan
keramahtamahan warga Desa dan Kecamatan.
§
Mengetahui harga nominal mata
uang rupiah.
(Matematika)
§
Mengerjakan soal penjumlahan dan
pengurangan yang berkaitan dengan uang.
§ Mengerjakan soal kontekstual yang berkaitan dengan
penjualan dan pembelian.
§ Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik
lingkungan. (IPA)
§ Menjelaskan cara memelihara dan melestarikan alam di
lingkungan sekitar.
§ Menanggapi
secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar. (Bahasa Indonesia)
§ Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata
yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau
mengemukakan pendapat.
§ Mengidentifikasi kenampakan
alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan. (IPS)
§ Memberi contoh cara yg baik
dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§
Memainkan lagu dengan alat
musik sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§
Menyanyikan lagu anak-anak dengan
syair yang benar.
§
Menyanyikan lagu wajib dengan syair
yang benar.
§
Bergerak
sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu tertentu. (Orjaskes)
§
Bergerak
berpindah tempat dengan isyarat.
§
Mengikuti
instruksi guru.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa berdinamika dengan melakukan ”Tepuk Tunggal, Tepuk Ganda” (Orjaskes,
Se-Bud)
c.
Bertanya jawab tentang uang yang harus disiapkan untuk belajar. Ada berapa
banyak nilai uang?
d.
Menginformasikan tema yang akan
dipejari bersama. (Lingkungan Desa dan
Kecamatan)
2. Kegiatan Inti
a.
Brain storming tentang macam-macam nilai
uang.
b.
Semua siswa menyiapkan
uang yang dibawanya (dipegang sendiri) dan bertanya jawab berapa rupiah uang
yang dipegangnya.
c.
Berdiskusi secara klasikal
(dipimpin guru) membahas macam-macam nilai nominal mata uang rupiah (ada yang
Rp. 1.000, Rp. 5.000, Rp.10.000 dsb.).
d.
Semua siswa berkelompok
dengan teman sebangku membahas hal-hal dibawah ini:
§
Nilai uang.
§
Kegunaan/manfaat uang.
§
Cara mendapatkan uang.
e.
Siswa secara mandiri
mengerjakan tugas di halaman 87 (menjodohkan gambar uang dengan nilai uang).
f.
Setelah selesai, siswa
berkelompok dengan teman sebangkunya dan ditugaskan untuk mengerjakan soal di halaman
88.
g.
Setelah selesai, kelompok
bergabung lagi dengan teman di bangku belakangnya (dua bangku = berempat) dan
ditugaskan untuk mengerjakan soal di halaman 89.
h.
Kemudian semua hasil
pekerjaan siswa dikumpulkan.
i.
Guru memberikan
klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa.
j.
Guru menerangkan kebutuhan
hidup manusia sangat banyak yang memerlukan uang. Apakah masyarakat di desa ataupun masyarakat di kota
kecamatan sama-sama memerlukan uang
§ Orang bekerja untuk mencari uang.
§ Orang makan perlu uang.
§ Hidup di desa juga perlu uang apalagi hidup
di kota.
m. PR: bertanyalah harga-harga barang kebutuhan sehari-hari kepada
orang tuamu dan catatlah untuk dibahas besok pagi.
n.
Ayo Berbudi Pekerti! Lakukanlah
hal-hal di bawah ini:
§ Berhematlah terhadap pemakaian uang.
§ Menabunglah dari sisa uang jajanmu.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Memberikan
tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di rumah terkait dengan
sekolah.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
uang berbagai nilai.
2.
Lingkungan
Desa.
3.
Lingkungan
Kota Kecamatan.
4.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
5.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 11 dan 12
TEMA : LINGKUNGAN
DESA DAN KECAMATAN
KELAS
/SEMESTER : 3 (Tiga)/2
(dua)
WAKTU : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. (PKn)
§
Memecahkan masalah
perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang. (Matematika)
§ Menjelaskan cara menjaga lingkungan sekitar. (IPA)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
(IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif
mengenal diri sendiri. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak lokomotor
dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara
individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan
disiplin. (Orjaskes)
II. INDIKATOR
§
Menceritakan kekayaan alam yang ada di Desanya.
(PKn)
§ Menerangkan
keramahtamahan warga Desa dan Kecamatan.
§
Mengetahui harga nominal mata
uang rupiah.
(Matematika)
§
Mengerjakan soal penjumlahan dan
pengurangan yang berkaitan dengan uang.
§ Mengerjakan soal kontekstual yang berkaitan dengan
penjualan dan pembelian.
§ Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik
lingkungan. (IPA)
§ Menjelaskan cara memelihara dan melestarikan alam di
lingkungan sekitar.
§ Menanggapi
secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar. (Bahasa Indonesia)
§ Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata
yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau
mengemukakan pendapat.
§ Mengidentifikasi kenampakan
alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan. (IPS)
§ Memberi contoh cara yg baik
dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§
Menggambar imajinatif tentang sebuah
Desa. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§
Memainkan lagu dengan alat musik
sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§
Menyanyikan lagu anak-anak dengan
syair yang benar.
§
Menyanyikan lagu wajib dengan syair
yang benar.
§
Bergerak
sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu tertentu. (Orjaskes)
§
Bergerak
berpindah tempat dengan isyarat.
§
Mengikuti
instruksi guru.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Bertanya jawab tentang kegiatan siswa
ketika bangun pagi dikaitkan dengan keadaan lingkungan di pagi hari.
c.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Waktu Potong Padi” ( halaman 91) sesuai
dengan notnya sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu.
Beberapa siswa dapat pula mengiringi dengan alat musik sederhana. (Orjaskes, Se-Bud)
d.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu dikaitkan
dengan materi yang akan dibahas. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
e.
Menginformasikan
tema yang akan dipejari bersama. (Lingkungan
Desa dan Kecamatan)
2. Kegiatan Inti
a.
Brain storming tentang harga-harga barang di lingkungan sekitar rumah
(di desanya).
b.
Guru menyiapkan
format yang berisi tentang harga-harga barang.
c.
Siswa mengisi
sesuai dengan hasil wawancara (PR tentang harga barang di lingkungan rumahnya).
No.
|
Barang
|
Harga
|
Satuan
|
Keterangan
|
1.
|
Apel
|
Rp. 7.000
|
1 Kg
|
Harga di Desa Mojorejo, Kota Batu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Berdiskusi kelas
(dipimpin guru) membahas harga-harga
barang yang berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lain.
e.
Setelah selesai
mengisi format, siswa berkelompok dan berdiskusi membahas harga-harga yang
sudah diisi dalam format.
f.
Siswa diminta
maju ke depan kelas untuk melaporkan hasil diskusinya.
g.
Setelah selesai
semua siswa kembali ke tempat duduk masing-masing dan menghitung 1 sampai
dengan 5 dan langsung berkelompok untuk melakukan permainan ”Pertahankan
Negeriku” (halaman 93).
h.
Setelah selesai
bermain, semua siswa mendiskusikan makna permainan.
i.
Semua siswa
diminta menggambar sebuah desa yang dikenal dan diketahui (halaman 92).
j.
Semua siswa
ditugaskan untuk mengerjakan soal evaluasi di halaman 95 dan hasilnya
dikumpulkan kepada guru.
k.
Ayo Berbudi
Pekerti, lakukanlah hal-hal di bawah ini:
§ Semua orang perlu saling membantu.
§ Siapapun orangnya pastilah memerlukan uang,
karena itu berhematlah!
§ Hargailah orang yang bekerja.
§ Petani bekerja di sawah menanam padi untuk
menjadi beras yang dapat dimakan oleh semua orang termasuk orang kota. Karena
itu harus dihargai hasil kerjanya.
§ Orang kota juga bekerja mengatur jalannya
pemerintahan supaya hasil kerja para petani bisa dipasarkan.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
tentang anak bermain “Pertahankan
Negeriku”
2.
Lingkungan
desa
3.
Lingkungan
Kecamatan
4.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
5.
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orkjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama)
V.
PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar