Minggu, 20 Mei 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS 3 TEMA : LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN


JARINGAN KD/INDIKATOR
 


































  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS  3

TEMA :   LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALKS WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN
1
3

5
6
7






PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
§ Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.


§ Menceritakan kebhinekaan di Desa dan Kecamatannya.
§ Menceritakan kekayaan alam yang ada di Desanya.
§ Menerangkan keramah tamahan warga Desa dan Kecamatan.

§   Mengamati gambar Lingkungan Desa dan Kecamatan.
§   Bertanya jawab tentang lingkungan Kelurahan/desa dan Kecamatan tempat tinggal siswa.
§   Berdiskusi tentang lingkungan Desa dan Kecamatan.
§   Menceritakan kebhinekaan di Desa dan Kecamatannya.
§   Menceritakan kekayaan alam yang ada di Desanya.
§   Menerangkan keramah tamahan warga Desa dan Kecamatan.


§  Standar Isi  2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika, PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.
§  Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan Pendekatan tematik kelas III.
§  Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA,  PKn, Matematika, Seni-Budaya dan Keterampilan dan Orjaskes.
§  Penilaian tingkah laku
§  Penilaian tertulis obyektif
§  Penilaian tertulis subyektif
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja
§  Penilaian portofolio
§  Penilaian produk

MATEMATIKA

Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.







§ Mengetahui harga nominal mata uang rupiah.
§ Mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan yang berkaitan dengan uang.
§ Mengerjakan soal kontekstual yang berkaitan dengan penjualan dan pembelian.

§ Berdiskusi  membahas macam-macam nilai nominal mata uang rupiah (Rp. 1.000, Rp. 5.000, Rp.10.000 dsb.).
§ Berkelompok dengan teman sebangku membahas nilai uang, kegunaan/manfaat uang, cara mendapatkan uang.
§ Mengerjakan tugas tentang menjodohkan gambar uang dengan nilai uang.
§ Mengerjakan soal cerita bersifat kontekstual yang berkaitan dengan penjualan dan pembelian.


ILMU PENGETAHUAN ALAM

§ Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
§ Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§ Menjelaskan cara menjaga lingkungan sekitar.



§  Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan.
§  Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik lingkungan.
§  Menjelaskan cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§  Menjelaskan kesehatan lingkungan desa masing-masing melalui tulisan.


§ Mengamati gambar Lingkungan Desa dan Kecamatan.
§ Bertanya jawab tentang lingkungan sekitar.
§ Berdiskusi tentang lingkungan Desa dan Kecamatan.
§ Mengemukakan pendapat tentang suatu topik untuk mendata yg telah diketahui.
§ Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan.
§ Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik lingkungan.
§ Mencari kemungkinan pemecahan masalah.
§ Menjelaskan cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Menjelaskan kesehatan lingkungan desa masing-masing melalui tulisan.










KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALKS WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN
1
3

5
6
7











§  Standar Isi  2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika, PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.
§  Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan Pendekatan tematik kelas III.
§  Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA,  PKn, Matematika, Seni-Budaya dan Keterampilan dan Orjaskes.
§  Penilaian tingkah laku
§  Penilaian tertulis obyektif
§  Penilaian tertulis subyektif
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja
§  Penilaian portofolio
§  Penilaian produk

BAHASA INDONESIA

Berbicara:
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
- Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
Membaca: Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Menulis:  Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.










§ Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks.
§ Menyatakan pendapat atau perasaan berkaitan dengan isi teks.
§ Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar.
§ Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau mengemukakan pendapat.
§ Menulis karangan sederhana dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat yg tepat.


§ Membaca teks tentang Desa dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks.
§ Menyatakan pendapat atau perasaan berkaitan dengan isi teks.
§ Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar.
§ Menceritakan pengalaman secara runtut menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang mudah dipahami.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau mengemukakan pendapat.
§ Menulis karangan sederhana tentang Lingkungan Desa dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat yg tepat.





















KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALKS WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN
1
3

5
6
7






ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

§ Membuat  peta dan denah lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa.
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.



§ Mengidentifikasi kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan.
§ Memberi contoh cara yg baik dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§ Memahami perbedaan peta dan denah.
§ Memahami cara membuat peta.


§ Mengamati gambar Lingkungan Desa dan Kecamatan.
§ Bertanya jawab tentang lingkungan sekitar.
§ Berdiskusi tentang lingkungan Desa dan Kecamatan.
§ Mengidentifikasi kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan.
§ Memberi contoh cara yang baik dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§ Membaca wacana tentang perbedaan peta dan denah serta cara membuat peta.
§ Membuat peta daerah tempat tinggal siswa.


§  Standar Isi  2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika, PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.
§  Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan Pendekatan tematik kelas III.
§  Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA,  PKn, Matematika, Seni-Budaya dan Keterampilan dan Orjaskes.
§  Penilaian tingkah laku
§  Penilaian tertulis obyektif
§  Penilaian tertulis subyektif
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja
§  Penilaian portofolio
§  Penilaian produk

SENI-BUDAYA DAN KETERAMPILAN

Rupa: Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenal diri sendiri.
Musik:
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana.
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.


§  Menggambar imajinatif tentang sebuah Desa.
§  Memainkan lagu dengan alat musik sederhana.
§  Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar.
§  Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.


§  Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar.
§  Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.
§  Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair.
§  Memainkan alat musik sederhana sesuai dengan not lagu.
§  Menggambar pedesaan yang pernah didatangi atau diamati siswa.

ORJASKES
Mempraktikkan gerak lokomotor dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan disiplin.

§ Bergerak sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu tertentu.
§ Bergerak berpindah tempat dengan isyarat.
§ Mengikuti instruksi guru.

§ Melakukan berbagai gerak lokomotor dengan tepat.
§ Melakukan gerakan-gerakan sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu.











 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1 dan 2
TEMA                                              : LINGKUNGAN DESA  DAN KECAMATAN
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. (PKn)
§ Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan. (IPA)
§ Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§ Menjelaskan cara menjaga lingkungan sekitar.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§ Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak lokomotor dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan disiplin. (Orjaskes)

II.  INDIKATOR
§ Menceritakan kebhinekaan di Desa dan Kecamatannya. (PKn)
§ Menceritakan kekayaan alam yang ada di Desanya.
§ Menerangkan keramahtamahan warga Desa dan Kecamatan.
§ Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan. (IPA)
§ Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik lingkungan.
§ Menjelaskan cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Menjelaskan kesehatan lingkungan desa masing-masing melalui tulisan.
§ Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia)
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks.
§ Menyatakan pendapat atau perasaan berkaitan dengan isi teks.
§ Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar.
§ Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau mengemukakan pendapat.
§ Mengidentifikasi kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan. (IPS)
§ Memberi contoh cara yg baik dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§ Memainkan lagu dengan alat musik sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.
§ Bergerak sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu tertentu. (Orjaskes)
§ Bergerak berpindah tempat dengan isyarat.
§ Mengikuti instruksi guru.

III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “Desaku yang Permai” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.        Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan siswa seperti syair lagu, dan dikaitkan dengan Lingkungan Desa dan Kecamatan. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.        Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Lingkungan Desa dan Kecamatan).

2.  Kegiatan Inti
a.        Bertanya jawab (Brain storming) tentang acara siswa selama liburan (hari minggu atau hari libur semester).
b.        Menunjukkan gambar lingkungan desa (sawah-sawah).
c.        Siswa diminta mengamati kemudian memberikan pendapatnya dan  memberikan makna gambar tersebut dikaitkan dengan Lingkungan Desa dan Kecamatan.
d.        Siswa secara bergantian ditugaskan untuk membaca teks ”Berlibur ke Desa”
e.        Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang  pemahaman wacana/teks al:
(1)      Kemana tujuan liburan mereka ?
(2)      Mereka berlibur ke rumah siapa?
(3)      Siapa yang mengajak Sinta dan Adi berjalan-jalan?
(4)      Apa saja yang dijumpai di desa? Dsb.
f.         Semua siswa diminta bergabung dengan teman sebangkunya untuk berdiskusi tentang:
(1)      Manfaat berlibur ke desa.
(2)      Perbedaan lingkungan desa dengan kota.
(3)      Perbandingan suasana kota dengan desa.
(4)      Apa keuntungannya ada desa? Dsb.
g.        Masing-masing kelompok ditugaskan untuk  memberikan pendapat/komentar dan saran terhadap pernyataan di halaman 78 dan mengerjakan tugas al:
(1)      Udara di desa bersih dan segar sedangkan udara di kota berpolusi.
(2)      Jalan di desa berlubang-lubang sehingga kendaraan sulit untuk lewat.
(3)      Air di kota kotor dan banyak sampah.
h.        Setelah selesai berdiskusi sampaikan hasilnya di depan kelas.
i.          Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi siswa.
j.          Guru menjelaskan bagaimana siswa harus menulis kata depan ”di”. Apa perbedaan penggunaan kata di pada kata-kata di bawah ini:
(1)      di desa                             (4) dimakan
(2)      di kota                              (5) ditarik
(3)      di rumah                           (6) dibayar
k.        Guru menyiapkan artikel dan dibagikan kepada kelompok siswa. Tugasnya adalah mencari kata-kata yang menggunakan kata ”di” untuk dijadikan bahan diskusi (halaman 79).

3.  Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Gambar-gambar tentang suasana desa.
2.        Artikel-artikel dari majalah anak.
3.        Lingkungan desa dan kecamatan.
4.        Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
5.        Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V.  PENILAIAN
1.        Penilaian lisan                                 
2.        Penilaian tingkah laku (pengamatan)
3.        Penilaian produk
4.        Penilaian portofolio
5.        Penilaian tertulis obyektif
6.        Penilaian tertulis subyektif
7.        Penilaian unjuk kerja


Mengetahui,                                                            Guru Kelas 3


Kepala Sekolah















RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 3 dan 4
TEMA                                              : LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. (PKn)
§ Menjelaskan cara menjaga lingkungan sekitar. (IPA)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§ Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Membuat  peta dan denah lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak lokomotor dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan disiplin. (Orjaskes)

II.  INDIKATOR
§ Menceritakan kekayaan alam yang ada di Desanya. (PKn)
§ Menerangkan keramahtamahan warga Desa dan Kecamatan.
§ Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik lingkungan. (IPA)
§ Menjelaskan cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia)
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks.
§ Menyatakan pendapat atau perasaan berkaitan dengan isi teks.
§ Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar.
§ Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau mengemukakan pendapat.
§ Menulis karangan sederhana dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat yg tepat.
§ Mengidentifikasi kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan. (IPS)
§ Memberi contoh cara yg baik dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§ Memahami perbedaan peta dan denah.
§ Memahami cara membuat peta.
§ Memainkan lagu dengan alat musik sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.
§ Bergerak sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu tertentu. (Orjaskes)
§ Bergerak berpindah tempat dengan isyarat.
§ Mengikuti instruksi guru.

III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “Desaku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.        Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dan dikaitkan dengan Lingkungan Desa dan Kecamatan. (Orjaskes, BI, IPS, dan PKn)
d.        Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Lingkungan Desa dan Kecamatan).

2.  Kegiatan Inti
a.        Melakukan tanya jawab tentang lingkungan rumah siswa. Apakah termasuk lingkungan desa ataukah termasuk lingkungan kota? Siapa saja yang rumahnya termasuk di lingkungan desa? Siapa saja yang hidup sehari-harinya berada di lingkungan perkotaan? (tugaskan siswa untuk menghitung)
b.        Guru menyiapkan wacana (dari koran dan majalah) yang berisi tentang pembahasan desa dan atau kota.
c.        Semua siswa berkelompok dengan teman sebangkunya dan menyimak wacananya, kemudian mencatat isi pokok yang ada dalam bacaan tersebut.
d.        Pengalaman apa saja yang diperoleh tentang desa dan kecamatan?
e.        Siswa yang telah selesai membaca diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain memberikan komentar dan pendapatnya.
f.         Setelah selesai bertanya jawab, beberapa siswa ditugaskan untuk membaca teks halaman 79 tentang “Lurah dan Camat”. Setelah itu, semua siswa diberi kesempatan lagi untuk membaca (dalam hati).
g.        Setelah selesai membaca, semua siswa ditugaskan untuk menulis pokok materi yang ada dalam bacaan, misalnya:
(1)      Siapa yang pernah menjadi Lurah?
(2)      Apa tugas Lurah?
(3)      Kepada siapa Lurah bertanggung jawab?
(4)      Apakah Kecamatan itu?
(5)      Apa tugas Camat? Dsb.          
h.        Guru memberikan penjelasan tentang konsep desa dan kecamatan.
i.          Tugas dan tanggung jawabnya, pembagian wilayahnya, kehidupan, mata pencaharian masyarakat di desa dengan di kota.
j.          Siswa diminta mengamati potongan peta di halaman 81, dan guru menerangkan bagaimana cara membuat peta, tanda-tanda yang ada dalam peta.
k.        Semua siswa secara mandiri ditugaskan untuk membuat peta desa atau kotanya (bisa mencontoh). Peta diberi warna, dan diberi nama ”peta apa”
l.          Setelah selesai dikumpulkan (sebagai portofolio siswa).
m.       Ayo Berbudi Pekerti! Lakukanlah hal-hal di bawah ini:
§ Jagalah kebersihan lingkungan desamu!
§ Buanglah sampah ditempat sampah!

3.  Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Wacana yang membahas tentang desa dan perkotaan.
2.        Gambar-gambar tentang suasana di desa sawah terbentang.
3.        Peta desa dan peta kecamatan.
4.        Lingkungan desa dan kota.
5.        Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
6.        Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V.  PENILAIAN
1.        Penilaian lisan                                     
2.        Penilaian tingkah laku (pengamatan)
3.        Penilaian produk
4.        Penilaian portofolio
5.        Penilaian tertulis obyektif
6.        Penilaian tertulis subyektif
7.        Penilaian unjuk kerja



Mengetahui,                                                            Guru Kelas 3


Kepala Sekolah









 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5 dan 6
TEMA                                              : LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)/1 (satu)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. (PKn)
§ Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan. (IPA)
§ Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§ Menjelaskan cara menjaga lingkungan sekitar.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§ Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak lokomotor dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan disiplin. (Orjaskes)

II. INDIKATOR
§ Menceritakan kebhinekaan di Desa dan Kecamatannya. (PKn)
§ Menceritakan kekayaan alam yang ada di Desanya.
§ Menerangkan keramahtamahan warga Desa dan Kecamatan.
§ Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan. (IPA)
§ Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik lingkungan.
§ Menjelaskan cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Menjelaskan kesehatan lingkungan desa masing-masing melalui tulisan.
§ Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia)
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks.
§ Menyatakan pendapat atau perasaan berkaitan dengan isi teks.
§ Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar.
§ Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau mengemukakan pendapat.
§ Menulis karangan sederhana dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat yg tepat.
§ Mengidentifikasi kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan. (IPS)
§ Memberi contoh cara yg baik dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§ Memainkan lagu dengan alat musik sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.
§ Bergerak sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu tertentu. (Orjaskes)
§ Bergerak berpindah tempat dengan isyarat.
§ Mengikuti instruksi guru.

III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa berdinamika ”Tepuk Pramuka” dengan tiga macam bunyi (Keras, Sedang dan Lemah) sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan komando. (Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan)
c.        Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab makna dinamika. (Orjaskes dan BI, IPS, PKn)
d.        Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Lingkungan Desa dan Kecamatan).

2.   Kegiatan Inti
a.        Menayangkan gambar tentang lingkungan tempat tinggal (di Desa dan di Kota).
b.        Bertanya jawab tentang gambar.
c.        Diskusi kelas (dipimpin oleh guru) membahas ciri-ciri suasana dan perbedaan  desa dan kota.
d.        Mengidentifikasi kondisi desa dengan kota misalnya:
Di Desa
Di Kota.
§  Tenang
§  Sepi
§  Banyak pepohonan
§  Pasar banyak hasil bumi
§  Bising
§  Ramai
§  Banyak pertokoan
§  Pasar ramai barang elektronik
§  Banyak sawah
§  Sekolah terbatas
§  Kendaraan bermotor tidak banyak
§  Dsb.
§  Banyak perkantoran
§  Banyak sekolah
§  Banyak kendaraan bermotor
§  Dsb.

e.        Guru menceritakan adanya Undang-Undang Lingkungan Hidup (baca Cakrawala di halaman 82). Siswa menyimak dan mendengarkan sambil mencatat hal-hal yang penting. Jika ada siswa yang tidak mengerti guru memotivasi untuk bertanya (peribahasa: Malu bertanya sesat di jalan).
f.         Siswa dikelompokkan dengan teknik ”mencari pasangan”.
g.        Guru menyiapkan gambar suasana Desa dan Kota dengan berbagai kegiatannya dan tulisan-tulisan apa saja yang terdapat di dalam kehidupan desa dan Kota.
h.        Siswa akan berpasangan  dengan pasangan yang cocok kemudian berdiskusi membahas lingkungan desa dan lingkungan kota (apa keuntungan hidup di desa dan apa keuntungan jika hidup di kota, masing-masing kelompok pasangan berdiskusi memilih di antara kedua suasana itu).
i.          Memanggil 2 siswa (pasangan) untuk melaporkan hasil diskusinya. Siswa lain memberikan komentar dan pendapatnya.
j.          Setelah selesai berdiskusi dan melaporkan hasilnya, semua siswa ditugaskan untuk kembali ke kelompok untuk selanjutnya mengerjakan  materi ”Ajang Pendapat” di halaman 84.
k.        Kerjakanlah PR : bertanyalah kepada orang tuamu
§Apa keuntungannya berada di lingkungan desa?
§Apa keuntungannya berada di lingkungan perkotaan?
§Apa saja kekayaan alam yang didapat dari desa?
§  Bagaimana kebhinekaan dan keramah tamahan masyarakat yang tinggal di desa atau kota? Adakah perbedaannya?
l.          Ayo Berbudi Pekerti! Lakukanlah hal-hal di bawah ini:
§  Cintailah lingkungan desamu!
§  Cintailah lingkungan kota Kecamatanmu!
§  Jagalah lingkunganmu supaya tetap bersih dan indah!

3.  Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Lingkungan desa (sawah, ladang, pasar tradisional).
2.        Lingkungan kota (pertokoan, mall, kantor-kantor).
3.        Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.        Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V.  PENILAIAN
1.        Penilaian lisan
2.        Penilaian tingkah laku (pengamatan)
3.        Penilaian produk
4.        Penilaian portofolio
5.        Penilaian tertulis obyektif
6.        Penilaian tertulis subyektif
7.        Penilaian unjuk kerja



Mengetahui,                                                                                    Guru Kelas 3


Kepala Sekolah










 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7 dan 8
TEMA                                              : LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)/ 2 (dua)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. (PKn)
§ Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan. (IPA)
§ Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§ Menjelaskan cara menjaga lingkungan sekitar.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§ Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Membuat  peta dan denah lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak lokomotor dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan disiplin. (Orjaskes)

II.    INDIKATOR
§ Menceritakan kekayaan alam yang ada di Desanya. (PKn)
§ Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan. (IPA)
§ Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik lingkungan.
§ Menjelaskan cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§ Menjelaskan kesehatan lingkungan desa masing-masing melalui tulisan.
§ Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia)
§ Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.
§ Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks.
§ Menyatakan pendapat atau perasaan berkaitan dengan isi teks.
§ Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar.
§ Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§ Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau mengemukakan pendapat.
§ Menulis karangan sederhana dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat yg tepat.
§ Mengidentifikasi kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan. (IPS)
§ Memberi contoh cara yg baik dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§ Memahami perbedaan peta dan denah.
§ Memahami cara membuat peta.
§ Memainkan lagu dengan alat musik sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.
§ Bergerak sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu tertentu. (Orjaskes)
§ Bergerak berpindah tempat dengan isyarat.
§ Mengikuti instruksi guru.

III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “Waktu Potong Padi”  sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan)
c.        Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dan dikaitkan dengan Lingkungan Desa dan Kecamatan. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.        Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama. (Lingkungan Desa dan Kecamatan)

2.   Kegiatan Inti
a.        Bertanya jawab (Brain storming) tentang pertanyaan dalam Pekerjaan Rumah (PR) pada pertemuan sebelumnya, serta apa alasannya.
b.        Dilanjutkan dengan berdiskusi secara klasikal membahas tentang pengertian
(1) Lingkungan.                (3) Kecamatan.
(2) RT.                              (4) RW.
(3) Peta.                           (5) Skala.
c.        Semua siswa mencatat hasil diskusi.
d.        Guru menunjukkan 2 gambar (halaman 85) dan semua siswa bersama-sama mengidentifikasi apa saja yang ada dalam gambar tersebut.
e.        Bertanya jawab, apakah suasana tersebut baik untuk kesehatan? Apa alasannya?
f.         Siswa secara bergantian ditugaskan membaca teks “Lingkunganku” di halaman 85 dengan suara yang nyaring, didengar siswa lain dan dengan lafal dan intonasi yang benar.
g.        Siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya membahas keadaan lingkungan sendiri dan cara-cara yang dilakukan untuk menjaga agar lingkungan bersih, kemudian membuat karangan sederhana.
h.        Siswa diminta maju ke depan kelas (siswa yang berani) untuk membacakan hasil karangannya (portofolio).
i.          PR: untuk persiapan pelajaran besok pagi, semua siswa membawa satu lembar uang kertas atau satu keping uang logam dengan nilai yang berbeda-beda.
j.          Ayo Berbudi Pekerti! Lakukanlah hal-hal di bawah ini:
§  Gotong royong adalah ciri khas kehidupan masyarakat desa.
§  Pertahankanlah sikap gotong royong itu.
§  Bantulah tetanggamu jika mempunyai kegiatan.

3.   Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Gambar-gambar tentang perumahan di desa dan di kota kecamatan.
2.        Lingkungan Desa.
3.        Lingkungan Kecamatan.
4.        Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
5.        Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V.  PENILAIAN
1.        Penilaian lisan
2.        Penilaian tingkah laku (pengamatan)
3.        Penilaian produk
4.        Penilaian portofolio
5.        Penilaian tertulis obyektif
6.        Penilaian tertulis subyektif
7.        Penilaian unjuk kerja



Mengetahui,                                                                       Guru Kelas 3

Kepala Sekolah



















 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9 dan 10
TEMA                                              : LINGKUNGAN DESA  DAN KECAMATAN
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. (PKn)
§ Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang. (Matematika)
§ Menjelaskan cara menjaga lingkungan sekitar. (IPA)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak lokomotor dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan disiplin. (Orjaskes)

II.    INDIKATOR
§  Menceritakan kekayaan alam yang ada di Desanya. (PKn)
§  Menerangkan keramahtamahan warga Desa dan Kecamatan.
§  Mengetahui harga nominal mata uang rupiah. (Matematika)
§  Mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan yang berkaitan dengan uang.
§  Mengerjakan soal kontekstual yang berkaitan dengan penjualan dan pembelian.
§  Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik lingkungan. (IPA)
§  Menjelaskan cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§  Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar. (Bahasa Indonesia)
§  Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§  Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau mengemukakan pendapat.
§  Mengidentifikasi kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan. (IPS)
§  Memberi contoh cara yg baik dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§  Memainkan lagu dengan alat musik sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar.
§  Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.
§  Bergerak sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu tertentu. (Orjaskes)
§  Bergerak berpindah tempat dengan isyarat.
§  Mengikuti instruksi guru.

III.  LANGKAH PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa berdinamika dengan melakukan ”Tepuk Tunggal, Tepuk Ganda”  (Orjaskes, Se-Bud)
c.        Bertanya jawab tentang uang yang harus disiapkan untuk belajar. Ada berapa banyak nilai uang?
d.        Menginformasikan tema yang  akan dipejari bersama. (Lingkungan Desa dan Kecamatan)

2.  Kegiatan Inti
a.        Brain storming tentang macam-macam nilai uang.
b.        Semua siswa menyiapkan uang yang dibawanya (dipegang sendiri) dan bertanya jawab berapa rupiah uang yang dipegangnya.
c.        Berdiskusi secara klasikal (dipimpin guru) membahas macam-macam nilai nominal mata uang rupiah (ada yang Rp. 1.000, Rp. 5.000, Rp.10.000 dsb.).
d.        Semua siswa berkelompok dengan teman sebangku membahas hal-hal dibawah ini:
§  Nilai uang.
§  Kegunaan/manfaat uang.
§  Cara mendapatkan uang.
e.        Siswa secara mandiri mengerjakan tugas di halaman 87 (menjodohkan gambar uang dengan nilai uang).
f.         Setelah selesai, siswa berkelompok dengan teman sebangkunya dan ditugaskan untuk mengerjakan soal di halaman 88.
g.        Setelah selesai, kelompok bergabung lagi dengan teman di bangku belakangnya (dua bangku = berempat) dan ditugaskan untuk mengerjakan soal di halaman 89.
h.        Kemudian semua hasil pekerjaan siswa dikumpulkan.
i.          Guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa.
j.          Guru menerangkan kebutuhan hidup manusia sangat banyak yang memerlukan uang. Apakah masyarakat di desa ataupun masyarakat di kota kecamatan sama-sama memerlukan uang
§  Orang bekerja untuk mencari uang.
§  Orang makan perlu uang.
§  Hidup di desa juga perlu uang apalagi hidup di kota.
m.       PR: bertanyalah harga-harga barang kebutuhan sehari-hari kepada orang tuamu dan catatlah untuk dibahas besok pagi.
n.        Ayo Berbudi Pekerti! Lakukanlah hal-hal di bawah ini:
§ Berhematlah terhadap pemakaian uang.
§ Menabunglah dari sisa uang jajanmu.

3.  Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Memberikan tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di rumah terkait dengan sekolah.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Gambar-gambar uang berbagai nilai.
2.        Lingkungan Desa.
3.        Lingkungan Kota Kecamatan.
4.        Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
5.        Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V.  PENILAIAN
1.        Penilaian lisan
2.        Penilaian tingkah laku (pengamatan)
3.        Penilaian produk
4.        Penilaian portofolio
5.        Penilaian tertulis obyektif
6.        Penilaian tertulis subyektif
7.        Penilaian unjuk kerja




Mengetahui,                                                                                    Guru Kelas 3


Kepala Sekolah














 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 11 dan 12
TEMA                                              : LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. (PKn)
§ Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang. (Matematika)
§ Menjelaskan cara menjaga lingkungan sekitar. (IPA)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenal diri sendiri. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak lokomotor dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual, dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan disiplin. (Orjaskes)

II.  INDIKATOR
§  Menceritakan kekayaan alam yang ada di Desanya. (PKn)
§  Menerangkan keramahtamahan warga Desa dan Kecamatan.
§  Mengetahui harga nominal mata uang rupiah. (Matematika)
§  Mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan yang berkaitan dengan uang.
§  Mengerjakan soal kontekstual yang berkaitan dengan penjualan dan pembelian.
§  Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik lingkungan. (IPA)
§  Menjelaskan cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
§  Menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar. (Bahasa Indonesia)
§  Menceritakan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.
§  Menanggapi cerita pengalaman teman dengan bertanya atau mengemukakan pendapat.
§  Mengidentifikasi kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan Desa dan Kecamatan. (IPS)
§  Memberi contoh cara yg baik dalam memperlakukan lingkungan alam dan buatan di Desa dan Kecamatannya.
§  Menggambar imajinatif tentang sebuah Desa. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§  Memainkan lagu dengan alat musik sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar.
§  Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.
§  Bergerak sesuai dengan instruksi guru mengikuti lagu tertentu. (Orjaskes)
§  Bergerak berpindah tempat dengan isyarat.
§  Mengikuti instruksi guru.

III.  LANGKAH PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.       Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.       Bertanya jawab tentang kegiatan siswa  ketika bangun pagi dikaitkan dengan keadaan lingkungan di pagi hari.
c.       Mengajak siswa menyanyikan lagu “Waktu Potong Padi” ( halaman 91) sesuai dengan notnya sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. Beberapa siswa dapat pula mengiringi dengan alat musik sederhana. (Orjaskes, Se-Bud)
d.       Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu dikaitkan dengan materi yang akan dibahas. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
e.       Menginformasikan tema yang akan dipejari bersama. (Lingkungan Desa dan Kecamatan)

2.  Kegiatan Inti
a.        Brain storming tentang harga-harga barang di lingkungan sekitar rumah (di desanya).
b.        Guru menyiapkan format yang berisi tentang harga-harga barang.
c.        Siswa mengisi sesuai dengan hasil wawancara (PR tentang harga barang di lingkungan rumahnya).
No.
Barang
Harga
Satuan
Keterangan
1.
Apel
Rp. 7.000
1 Kg
Harga di Desa Mojorejo, Kota Batu

















d.        Berdiskusi kelas (dipimpin guru) membahas  harga-harga barang yang berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lain.
e.        Setelah selesai mengisi format, siswa berkelompok dan berdiskusi membahas harga-harga yang sudah diisi dalam format.
f.         Siswa diminta maju ke depan kelas untuk melaporkan hasil diskusinya.
g.        Setelah selesai semua siswa kembali ke tempat duduk masing-masing dan menghitung 1 sampai dengan 5 dan langsung berkelompok untuk melakukan permainan ”Pertahankan Negeriku” (halaman 93).
h.        Setelah selesai bermain, semua siswa mendiskusikan makna permainan.
i.          Semua siswa diminta menggambar sebuah desa yang dikenal dan diketahui (halaman 92).
j.          Semua siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal evaluasi di halaman 95 dan hasilnya dikumpulkan kepada guru.
k.        Ayo Berbudi Pekerti, lakukanlah hal-hal di bawah ini:
§  Semua orang perlu saling membantu.
§  Siapapun orangnya pastilah memerlukan uang, karena itu berhematlah!
§  Hargailah orang yang bekerja.
§  Petani bekerja di sawah menanam padi untuk menjadi beras yang dapat dimakan oleh semua orang termasuk orang kota. Karena itu harus dihargai hasil kerjanya.
§  Orang kota juga bekerja mengatur jalannya pemerintahan supaya hasil kerja para petani bisa dipasarkan.

3.  Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Gambar-gambar tentang  anak bermain “Pertahankan Negeriku”
2.        Lingkungan desa
3.        Lingkungan Kecamatan
4.        Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
5.        Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama)

V. PENILAIAN
1.        Penilaian lisan
2.        Penilaian tingkah laku (pengamatan)
3.        Penilaian produk
4.        Penilaian portofolio
5.        Penilaian tertulis obyektif
6.        Penilaian tertulis subyektif
7.        Penilaian unjuk kerja





Mengetahui,                                                                                    Guru Kelas 3


Kepala Sekolah




PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
·    Menyebutkan contoh perilaku menutamakan persatuan
·    Menjelaskan makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa
·    Menyebutkan teks sumpah pemuda
·    Menjelaskan makna teks sumpah pemuda
·    Menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar