JARINGAN KD/INDIKATOR
.
.
.
.
.
SILABUS
PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS 3
TEMA : KERJASAMA
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
PKn
§ Mengenal
aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Menyebutkan
contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan
aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
|
§ Mengenal aturan kerjasama di lingkungan masyarakat.
§ Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan
masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.
|
§ Mengamati gambar tentang kerjasama (hal 58, 59, 60, 62,
63, 66, 74).
§ Menceritakan makna kerjasama.
§ Memberikan contoh sikap kerjasama.
§ Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama dalam
keluarga, sekolah dan masyarakat.
§ Menjelaskan makna kerjasama.
§ Melaksanakan perilaku kerjasama.
|
2 Minggu.
|
§ Standar Isi 2006
SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika ,
PKn,Seni-Budaya dan Keterampilan.
§ Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan
pendekatan tematik kelas III.
§ Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran
Agama, IPS, Bahasa Indonesia,
IPA, PKn, Matematika, Seni-Budaya dan
Keterampilan dan Orjaskes.
|
§ Penilaian tingkah laku.
§ Penilaian tertulis obyektif.
§ Penilaian tertulis subyektif.
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Penilaian portofolio.
§ Penilaian produk.
|
MATEMATIKA
§ Melakukan operasi hitung campuran.
§ Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
dan pembagian bilangan tiga angka.
|
§ Menghitung dengan perkalian angka 1 sampai 10.
§ Menghitung dengan perkalian sebagai penjumlahan
berulang.
§ Memecahkan masalah hitungan melalui soal cerita.
§ Menghitung dengan pembagian.
§ Melakukan operasi hitung campuran.
§ Menghitung perkalian dengan cara bersusun pendek dan
panjang.
|
§ Melakukan
perhitungan dengan perkalian.
§ Menyimak cara menghitung perkalian sebagai penjumlahan
berulang.
§ Menghitung perkalian dengan cara bersusun pendek.
§ Menghitung perkalian dengan cara bersusun panjang.
§ Menyimak permasalahan dengan melalui perhitungan.
|
|
|
|
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan:
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan.
Berbicara:
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
Membaca:
Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
Menjelaskan isi teks melalui membaca intensif.
Menulis:
Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan.
|
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibaca
atau didengarkan.
§ Mengungkapkan pikiran dan perasaan berdasarkan teks
yang dibaca.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami.
§ Memahami teks dengan membaca nyaring dan membaca
intensif.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman.
§ Membaca nyaring isi teks dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
§ Menuliskan kalimat sesuai dengan cerita dalam wacana.
|
§ Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Menjelaskan isi teks panjang.
§ Bertanya jawab tentang isi teks yang dibaca atau
didengar.
§ Menyusun kalimat sesuai dengan makna kerjasama.
§ Membaca dan memaknai teks kerjasama.
§ Menjelaskan isi teks.
§ Membaca nyaring teks
tentang kerjasama.
§ Membaca dan memahami soal kerjasama.
§ Menulis semua hasil diskusi tentang kerjasama.
§ Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku
kerjasama.
|
|
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
§ Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk,
warna atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di udara terbuka.
|
§ Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pembakaran.
§ Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pemanasan.
|
§ Melalukan pengamatan tentang perubahan benda yang ada
dalam kehidupan sehari-hari.
§ Melakukan praktek atau mengamati demonstrasi bermacam
perubahan benda akibat pemanasan dan pembakaran.
§ Mengidentifikasi benda-benda yang dapat mengalami
perubahan (akibat pemanasan, pembakaran atau dibiarkan di udara terbuka).
|
|
§ Standar Isi 2006
SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika ,
PKn,Seni-Budaya dan Keterampilan.
§ Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan
pendekatan tematik kelas III.
§ Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran
Agama, IPS, Bahasa Indonesia,
IPA, PKn, Matematika, Seni-Budaya dan
Keterampilan dan Orjaskes.
|
§ Penilaian tingkah laku.
§ Penilaian tetulis obyektif.
§ Penilaian tertulis subyektif.
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Penilaian portofolio.
§ Penilaian produk.
|
ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Melakukan
kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa.
|
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di rumah.
§ Melakukan kerjasama di rumah.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di rumah.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di
lingkungan masyarakat.
§ Melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di
lingkungan masyarakat.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di sekolah.
§ Melakukan kerjasama di sekolah.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di sekolah.
|
§ Mengamati gambar kegiatan kerjasama.
§ Mengidentifikasi macam-macam bentuk kerjasama di rumah.
§ Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di sekolah.
§ Mengidentifikasi bentuk kerjasama di masyarakat.
§ Mendeskripsikan tujuan kerjasama.
§ Menjelaskan pengertian kerjasama.
§ Mendeskripsikan manfaat kerjasama dalam segala
kehidupan.
§ Menceritakan akibatnya jika tidak ada kerjasama.
§ Melaksanakan
kerjasama dalam segala aspek kehidupan (di rumah, di sekolah dan di
masyarakat).
|
|
||
SENI-BUDSYS DSN KETERAMPILAN
Rupa:
Mengekspresikan
diri melalui gambar imajinatif mengenal diri sendiri.
Musik:
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana.
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
|
§ Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai
kerja bakti.
§ Menyanyikan lagu wajib.
§ Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak – anak dengan
atau tanpa iringan musik sederhana.
§ Memainkan lagu dengan alat musik sederhana.
|
§ Menyanyikan lagu daerah.
§ Menyanyikan lagu wajib.
§ Mengiringi lagu dengan alat musik sederhana.
§ Menggambar ekspresif mengenai diri sendiri saat kerja
bakti.
|
|
||
ORJASKES
Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar melalui
permainan dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya.
|
§ Mempraktekan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari
dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama.
|
§ Melakukan gerak dasar, berjalan, berlari, sesuai dengan
komando.
§ Melakukan gerak berpindah tempat sesuai dengan aturan.
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1 dan 2
TEMA :
KERJASAMA
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI
DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.
(PKn)
§ Mengenal aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§ Menyebutkan contoh aturan – aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan. (Bahasa Indonesia:
Mendengarkan)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia:
Membaca)
§ Menjelaskan isi teks melalui membaca intensif.
§ Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa
Indonesia: Menulis)
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah,
sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)
§ Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar
melalui permainan dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya. (Orjaskes)
II. INDIKATOR
§ Mengenal
aturan kerjasama di lingkungan masyarakat.
(PKn)
§ Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan
masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Menyanyikan lagu wajib. (Seni-Budaya dan Keterampilan)
§ Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau
tanpa iringan musik sederhana.
§ Memainkan lagu dengan alat musik sederhana.
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibaca atau
didengarkan. (Bahasa Indonesia)
§ Mengungkapkan pikiran dan perasaan berdasarkan teks yang
dibaca.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami.
§ Memahami teks dengan membaca nyaring dan membaca
intensif.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman.
§ Membaca nyaring isi teks dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
§ Menuliskan kalimat sesuai dengan cerita dalam wacana.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di rumah. (IPS)
§ Melakukan kerjasama di rumah.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di rumah.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di lingkungan
masyarakat.
§ Melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di lingkungan
masyarakat.
§ Mempraktekkan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari
dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
III. LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Bertanya jawab tentang kegiatan siswa
ketika bangun pagi dikaitkan dengan kerjasama antara anggota keluarga.
c.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Holopis Kuntul Baris” sambil menggerakkan
anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes,
Se-Bud)
d.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang
dilakukan siswa seperti syair lagu, dan dikaitkan dengan kerjasama. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
e.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Kerjasama).
2. Kegiatan
Inti
a.
Menayangkan
gambar alam Negara Indonesia dengan kekayaan alamnya yang indah (gambar hutan,
sungai dll.).
b.
Mengajak
semua siswa mengamati gambar keindahan alam Negara Indonesia yang bersih dan enak dipandang mata.
c.
Bertanya
jawab tentang makna gambar dan dilanjutkan dengan mengidentifikasi pengaruh
keindahan, kebersihan lingkungan dengan perasaan kita (manusia).
d.
Guru
menceritakan cara untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, serta
memberikan pemahaman bahwa hal tersebut tidak bisa dilakukan sendirian, tetapi
harus dilakukan bersama-sama.
e.
Siswa
diajak mendemontrasikan manfaat kerjasama.
·
Disiapkan
sebuah meja di depan kelas.
·
Memanggil
satu anak untuk maju kedepan dan mencoba mengangkat meja (tidak kuat/berat).
·
Memanggil
2 anak untuk bersama-sama mengangkat sebuah meja (agak ringan).
·
Memanggil
3 anak untuk mengangkat meja yang sama (lebih ringan).
·
Memanggil
4 anak untuk mengangakat meja tersebut (sangat ringan).
f.
Keempat
anak diminta menceritakan bagaimana perasaannya ketika mengangkat bersama jika dibandingkan
dengan mengangkat sendirian.
g.
Siswa
diajak mendefinisikan arti kerjasama.
h.
Mengajak
semua siswa untuk membedakan mana
kegiatan yang dilakukan dengan kerjasama dan mana yang dilakukan sendirian
(tidak perlu kerjasama).
i.
Menugaskan
siswa secara bergantian membaca teks ”Kerjasama di Lingkungan Rumah” (halaman
58).
j.
Bertanya
jawab tentang inti dari wacana.
·
Siapa
yang mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan kerja bakti?
·
Tugas-tugas
apa saja yang dilakukan oleh warga?
·
Apakah
ada ibu-ibu yang juga ikut bekerjasama?
k.
Menugaskan
semua siswa menulis pengertian dan
manfaat kerjasama di rumah.
l.
Menugaskan
siswa untuk menuliskan contoh lain yang dilakukan dengan kerjasama dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
m.
Lakukanlah
hal-hal di bawah ini:
·
Utamakanlah
sikap saling membantu.
·
Semua
pekerjaan sebaiknya dilakukan dengan kerjasama.
·
Saling
tolong menolong.
·
Bekerja
tanpa pamrih.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Memberikan
tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di rumah terkait dengan
sekolah.
d.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar lingkungan alam Indonesia yang bersih.
2.
Gambar-gambar tentang kerja bakti di lingkungan.
3.
Kerja bakti di lingkungan keluarga.
4.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
5.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes,
Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian
produk.
4.
Penilaian
portofolio.
5.
Penilaian
tertulis obyektif.
6.
Penilaian
tertulis subyektif.
7.
Penilaian
unjuk kerja.
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 3 dan
4
TEMA :
KERJASAMA
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Melaksanakan norma yang berlaku di
masyarakat. (PKn)
§ Mengenal aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§ Menyebutkan contoh aturan – aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan. (Bahasa Indonesia:
Mendengarkan)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia:
Membaca)
§ Menjelaskan isi teks melalui membaca intensif.
§ Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa
Indonesia: Menulis)
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah,
sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)
§ Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar
melalui permainan dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya. (Orjaskes)
II. INDIKATOR
§ Mengenal
aturan kerjasama di lingkungan masyarakat.
(PKn)
§ Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan
masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Menyanyikan lagu wajib. (Seni-Budaya dan Keterampilan)
§ Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau
tanpa iringan musik sederhana.
§ Memainkan lagu dengan alat musik sederhana.
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibaca atau
didengarkan. (Bahasa Indonesia)
§ Mengungkapkan pikiran dan perasaan berdasarkan teks yang
dibaca.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami.
§ Memahami teks dengan membaca nyaring dan membaca
intensif.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman.
§ Membaca nyaring isi teks dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
§ Menuliskan kalimat sesuai dengan cerita dalam wacana.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di rumah. (IPS)
§ Melakukan kerjasama di rumah.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di rumah.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di lingkungan
masyarakat.
§ Melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di lingkungan
masyarakat.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di sekolah.
§ Melakukan kerjasama di sekolah.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di sekolah.
§ Mempraktekkan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari
dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa berdinamika menirukan semua gerakan guru (terlampir) sambil
menggerakkan anggota badan sesuai perintah guru. (Orjaskes, Se-Bud)
c.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab apa makna dari dinamika. (Orjaskes, BI, IPS, dan PKn)
d.
Menginformasikan tema yang akan
dipejari bersama. (Kerjasama)
2. Kegiatan Inti
a.
Mengajak siswa
bertanya jawab (Brainstorming) untuk mengidentifikasi macam-macam, perilaku
kerjasama dalam segala aspek kehidupan.
b.
Bertanya jawab
tentang akibat jika tidak ada kerjasama.
c.
Menugaskan semua
siswa membaca teks ”Kerjasama di Lingkungan Sekolah” (belajar membaca dalam
hati ± 20 menit).
d.
Setelah selesai membaca,
semua siswa diminta menjawab pertanyaan pemahaman wacana:
·
Mengapa Adi
berangkat ke sekolah lebih pagi?
·
Berapa siswa yang
piket pada hari selasa?
·
Tugas apa yang
dikerjakan ketika piket?
·
Mengapa kelas
harus dibersihkan setiap hari?
·
Siapa yang bertanggung
jawab terhadap kebersihan kelas?
e.
Setelah selesai
mengerjakan tugas dilanjutkan dengan menugaskan semua siswa untuk berkelompok
dengan anggota 4 siswa.
f.
Menyiapkan kartu
tugas yang terdiri dari:
· Kartu 1 bentuk kerjasama di rumah dan mengapa
perlu ada kerjasama di rumah.
· Kartu 2 bentuk kerjasama di sekolah dan
mengapa perlu ada kerjasama di sekolah.
· Kartu 3 bentuk kerjasama di masyarakat dan
mengapa perlu ada kerjasama di masyarakat.
· Kartu 4 bentuk kerjasama di dalam tim sepak
bola mengapa perlu ada kerjasama.
g.
Setiap kelompok
mendapat 4 kartu dan dibagikan kepada setiap anggota (satu siswa satu tugas)
yang berbeda.
h.
Masing-masing
siswa yang telah mendapat kartu, memikirkan jawabannya dan menulis di
kertas/bukunya sendiri.
i.
Setelah
masing-masing punya jawaban, semua yang memegang kartu nomor 1 berkumpul
menjadi satu kelompok besar, yang nomor dua berkumpul dengan sesama nomor 2,
nomor 3 berkumpul dengan yang nomor 3 dan demikian juga dengan yang nomor 4
berkumpul dengan yang nomor 4.
j.
Kelompok ini
dinamakan ”kelompok ahli” yaitu kelompok yang berkumpul dengan materi yang sama.
k.
Setelah kelompok
ahli selesai berdiskusi, semua siswa kembali ke kelompok semula dan
menyampaikan hasil diskusi dari kelompok ahli.
l.
Semua siswa
mencatat hasil presentasi teman yang lain, sehingga dalam waktu yang bersamaan
semua siswa akan memiliki catatan dari permasalahan ke empat kartu 1, kartu 2,
kartu 3 dan kartu 4.
m.
Setelah semua
selesai guru memanggil salah satu siswa untuk menyampaikan atau membacakan
hasil presentasi di depan kelas.
n.
Guru memberikan
klarifikasi dan penguatan serta pelurusan.
o.
Menugaskan semua
siswa untuk melakukan hal-hal di bawah ini:
·
Hargailah
pendapat temanmu.
·
Bekerjalah
bersama kelompok, maka tugas akan menjadi ringan.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
b.
Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak
siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar tentang Kerjasama di sekolah.
2.
Lingkungan
sekolah.
3.
Buku
Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian
produk.
4.
Penilaian
portofolio.
5.
Penilaian
tertulis obyektif.
6.
Penilaian
tertulis subyektif.
7.
Penilaian
unjuk kerja.
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5 dan 6
TEMA :
KERJASAMA
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI
DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Melaksanakan norma yang berlaku di
masyarakat. (PKn)
§ Mengenal aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§ Menyebutkan contoh aturan – aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan. (Bahasa Indonesia:
Mendengarkan)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa
Indonesia: Menulis)
§ Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk,
warna atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di udara terbuka. (IPA)
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah,
sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)
§ Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar
melalui permainan dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya. (Orjaskes)
II. INDIKATOR
§ Mengenal
aturan kerjasama di lingkungan masyarakat.
(PKn)
§ Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan
masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Memainkan lagu dengan alat musik sederhana. (Seni-Budaya dan
Keterampilan)
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibaca atau
didengarkan. (Bahasa Indonesia)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman.
§ Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pembakaran. (IPA)
§ Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pemanasan.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di rumah. (IPS)
§ Melakukan kerjasama di rumah.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di rumah.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di lingkungan
masyarakat.
§ Melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di lingkungan
masyarakat.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di sekolah.
§ Melakukan kerjasama di sekolah.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di sekolah.
§ Mempraktekkan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari
dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
III. LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa berdinamika dengan berbaris
di lorong sela-sela deretan meja dan kursi di kelas. Guru memberi komando ”siap
grak” setelah semua siswa berbaris guru
menyebut dan memerintahkan supaya baris berdasarkan urutan tinggi badan dengan
cepat. (Orjaskes, Se-Bud)
c.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab makna berdinamika dikaitkan
dengan sikap kerjasama diantara anggota yang berbaris. (Orjaskes dan BI, IPS, PKn)
d.
Yang dapat menerapkan sikap kerjasama, pasti akan dapat segera mengatur
barisan sesuai dengan urutan mulai dari yang tinggi di depan disusul yang
paling rendah di barisan paling belakang.
e.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Kerjasama).
2. Kegiatan Inti
a. Menayangkan 2 gambar tentang suasana kerjasama di rumah (halaman
62 dan 63).
b. Semua siswa diminta mengamati 2 gambar tentang kerjasama di dalam lingkungan
keluarga Adi.
c. Bertanya jawab tentang: Kegiatan apa saja yang sedang dilakukan
oleh keluarga Adi? dan bagaimana pembagian tugas dalam keluarga Adi tersebut?
·
Apa yang dilakukan oleh Ayah?
·
Apa yang dilakukan oleh Ibu?
·
Apa yang dilakukan oleh
Adi?
·
Apa yang dilakukan oleh
Sinta?
d.
Apa saja
kegiatan/kesibukan yang nampak ketika membakar ikan?
e.
Mengajak semua siswa
mengamati perbedaan ikan sebelum dibakar dengan sesudah dibakar.
f.
Apa yang digunakan untuk
membakar ikan? Bisakah ikan dibakar dengan menggunakan gas?.
g.
Menugaskan semua
siswa untuk berkelompok.
h.
Mengajak semua siswa
(kelompok) mengamati perubahan warna.
·
Korek api dibakar
warnanya berubah menjadi hitam.
·
Gambar wajan
dengan mentega, jika mentega dipanaskan akan meleleh
·
Lilin dibakar
juga akan meleleh.
·
Cokelat
dipanaskan juga akan meleleh.
i.
Semua kelompok
mengamati, mencatat hasil pengamatannya serta mencari 3 contoh lain perubahan
benda.
j.
Semua catatan
dikumpulkan kepada guru.
k.
Ayo Berbudi
pekerti, lakukanlah hal-hal di bawah ini:
·
Segala yang terjadi di dunia ini pasti akan
ada perubahan.
·
Biasakanlah
mengamati perubahan-perubahan.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Memberikan
tugas PR untuk mengidentifikasi benda-benda apa saja yang akan/bisa berubah.
d.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
benda-benda yang bisa berubah (lilin, coklat, mentega, kayu, pensil, dll).
2.
Lingkungan sekolah dengan suasana
yang bersih.
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian
produk.
4.
Penilaian
portofolio.
5.
Penilaian
tertulis obyektif.
6.
Penilaian
tertulis subyektif.
7.
Penilaian
unjuk kerja.
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7 dan 8
TEMA :
KERJASAMA
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI
DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Melaksanakan norma yang berlaku di
masyarakat. (PKn)
§ Mengenal aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§ Menyebutkan contoh aturan – aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§ Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan
pembagian bilangan tiga angka.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan. (Bahasa Indonesia:
Mendengarkan)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa
Indonesia: Menulis)
§ Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk,
warna atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di udara terbuka. (IPA)
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah,
sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)
§ Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar
melalui permainan dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya. (Orjaskes)
II. INDIKATOR
§ Mengenal
aturan kerjasama di lingkungan masyarakat.
(PKn)
§ Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan
masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Menghitung dengan perkalian angka 1 sampai 10. (Matematika)
§ Menghitung dengan perkalian sebagai penjumlahan berulang.
§ Memecahkan masalah hitungan melalui soal cerita.
§ Menghitung dengan pembagian.
§ Melakukan operasi hitung campuran.
§ Menghitung perkalian dengan cara bersusun pendek dan
panjang.
§ Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau
tanpa iringan musik sederhana.
(Seni-Budaya dan Keterampilan)
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibaca atau
didengarkan. (Bahasa Indonesia)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman.
§ Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pembakaran. (IPA)
§ Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pemanasan.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di rumah.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di sekolah. (IPS)
§ Melakukan kerjasama di sekolah.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di sekolah.
§ Mempraktekkan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari
dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa berdinamika seperti yang dilakukan sebelumnya, berbaris
kebelakang. Guru memberikan komando agar siswa berbaris sesuai dengan tinggi
badan. Setelah itu dilanjutkan dengan komando guru memerintahkan semua barisan
diawali dari yang gemuk sampai yang paling kurus. Dengan cepat, siapa yang
paling cepat adalah yang menang. (Orjaskes,
Se-Bud)
c.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab makna dinamika. Apakah dalam
kegiatan ini diperlukan kerjasama? (Orjaskes,
BI, IPS dan PKn)
d.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Kerjasama).
2. Kegiatan Inti
a.
Semua siswa disiapkan
untuk melakukan kegiatan praktek benda yang dapat berubah. Seperti:
·
Kertas dibakar.
·
Lilin dibakar.
·
Mentega
dipanaskan.
·
Coklat dipanaskan.
Semua siswa mencatat hasil pengamatan tentang
perubahan warnanya.
b.
Kemudian
mengerjakan latihan di halaman 64.
c.
Semua siswa
diminta mengamati tabel di halaman 65 dan guru memberikan penjelasan cara
mengisi kotak-kotak dalam tabel .
d.
Semua siswa
ditugaskan untuk belajar perkalian.
e.
Dilanjutkan dengan
cara perkalian sebagai penjumlahan berulang dan cara perkalian dengan cara
bersusun pendek dan cara bersusun panjang).
f.
Semua siswa
secara mandiri ditugaskan mengerjakan soal nomor 1 sampai dengan 10 di halaman
68.
g.
Semua hasil
pekerjaan siswa dikumpulkan untuk dikoreksi.
h.
Menugaskan semua
siswa untuk melakukan hal-hal berikut:
§ Bekerjalah bersama temanmu tanpa pamrih.
§ Setiap manusia wajib saling membantu.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
b.
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari
selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak semua siswa berdoa untuk
mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar tentang benda yang dapat mengalami perubahan (lilin, coklat,
mentega, dsb).
2.
Benda-benda yang dapat mengalami perubahan (lilin, coklat, mentega, kertas
, kayu dsb.).
3.
Lingkungan
sekolah.
4.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
5.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian
produk.
4.
Penilaian
portofolio.
5.
Penilaian
tertulis obyektif.
6.
Penilaian
tertulis subyektif.
7.
Penilaian
unjuk kerja.
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9 dan 10
TEMA : KERJASAMA
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI
DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Melaksanakan norma yang berlaku di
masyarakat. (PKn)
§ Mengenal aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§ Menyebutkan contoh aturan – aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§ Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan
pembagian bilangan tiga angka.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan. (Bahasa Indonesia:
Mendengarkan)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Menjelaskan isi teks melalui membaca intensif. (Bahasa
Indonesia: Membaca)
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah,
sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)
§ Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar
melalui permainan dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya. (Orjaskes)
II. INDIKATOR
§ Mengenal
aturan kerjasama di lingkungan masyarakat.
(PKn)
§ Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat
sekitar.
§ Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Menghitung dengan perkalian angka 1 sampai 10. (Matematika)
§ Menghitung dengan perkalian sebagai penjumlahan berulang.
§ Memecahkan masalah hitungan melalui soal cerita.
§ Menghitung dengan pembagian.
§ Melakukan operasi hitung campuran.
§ Menghitung perkalian dengan cara bersusun pendek dan
panjang.
§ Memainkan lagu dengan alat musik sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan)
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibaca atau
didengarkan. (Bahasa Indonesia)
§ Mengungkapkan pikiran dan perasaan berdasarkan teks yang
dibaca.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami.
§ Memahami teks dengan membaca nyaring dan membaca
intensif.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di sekolah. (IPS)
§ Melakukan kerjasama di sekolah.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di sekolah.
§ Mempraktekkan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari
dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa berdinamika “Tepuk Serempak” sambil menggerakkan anggota
badan sesuai perintah (jika terdapat kerjasama yang baik, maka tepuk tangan
akan dapat menjadi satu orkestra seperti musik, tetapi jika tidak ada kerjasama
yang baik dalam bertepuk tangan, pastilah hanya sekedar tepuk tangan, dan
menjadi suatu musik yang indah dengan irama). (Orjaskes, Se-Bud)
c.
Setelah selesai berdinamika dengan bertepuk tangan, semua siswa diajak
bertanya jawab tentang makna tepukan (intinya adalah jika ada kerjasama yang
kompak dan serempak dalam bertepuk tangan, maka akan melahirkan suatu suasana
yang indah, seperti sebuah musik dengan seorang dirigen yang menjadi pimpinan. (Orjaskes, BI, IPS, dan PKn)
d.
Menginformasikan tema yang akan
dipejari bersama (Kerjasama).
2. Kegiatan
Inti
a.
Semua siswa
ditugaskan untuk membaca teks soal di halaman 69 dilanjutkan dengan bertanya
jawab tentang makna setiap soal.
b.
Setelah siswa
memahami makna soal dilanjutkan dengan mengerjakan soal tersebut secara
mandiri. Setelah selesai mengerjakan soal tersebut semua hasil pekerjaan
dikumpulkan.
c.
Dilanjutkan
dengan membagikan semua hasil pekerjaan mandiri tersebut secara silang untuk
kemudian diperiksa bersama-sama dengan komando guru.
d.
Berikutnya siswa
dikelompokkan dengan teman sebangkunya. Dan ditugaskan untuk mengerjakan soal di halaman 70 dan 71.
e.
Setiap kelompok
mempresentasikan jawabannya.
f.
Semua siswa
mencatat jawaban yang benar.
g.
Guru memberikan
penjelasan bagaimana cara mengerjakan dan jawaban yang benar.
h.
Lakukanlah Budi
Pekerti berikut:
·
Hargailah
pendapat teman, karena dengan demikian kalian akan dihargai juga dan kamu akan
dapat bekerjasama dengan orang itu.
·
Jangan
membiasakan diri mencela pekerjaan orang lain.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar
tentang ibu memasukan kue dalam kotak.
2.
Gambar lingkungan sekolah yang sedang mengadakan peringatan.
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama)
4.
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama)
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian
produk.
4.
Penilaian
portofolio.
5.
Penilaian
tertulis obyektif.
6.
Penilaian
tertulis subyektif.
7.
Penilaian
unjuk kerja.
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 11 dan 12
TEMA :
KERJASAMA
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI
DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§ Melaksanakan norma yang berlaku di
masyarakat. (PKn)
§ Mengenal aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§ Menyebutkan contoh aturan – aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§ Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan
pembagian bilangan tiga angka.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar
imajinatif mengenal diri sendiri. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Rupa)
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan. (Bahasa Indonesia:
Mendengarkan)
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
§ Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk,
warna atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di udara terbuka. (IPA)
§ Melakukan kerjasama di lingkungan rumah,
sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)
§ Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar
melalui permainan dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya. (Orjaskes)
II. INDIKATOR
§ Mengenal
aturan kerjasama di lingkungan masyarakat.
(PKn)
§ Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan
masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Menghitung dengan perkalian angka 1 sampai 10. (Matematika)
§ Menghitung dengan perkalian sebagai penjumlahan berulang.
§ Memecahkan masalah hitungan melalui soal cerita.
§ Menghitung dengan pembagian.
§ Melakukan operasi hitung campuran.
§ Menghitung perkalian dengan cara bersusun pendek dan
panjang.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai
kerja bakti. (Seni-Budaya dan
Keterampilan)
§ Menyanyikan lagu wajib.
§ Memainkan lagu dengan alat musik sederhana.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia)
§ Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami.
§ Memahami teks dengan membaca nyaring dan membaca
intensif.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman.
§ Membaca nyaring isi teks dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
§ Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pembakaran. (IPA)
§ Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pemanasan.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di rumah. (IPS)
§ Melakukan kerjasama di rumah.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di rumah.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di lingkungan
masyarakat.
§ Melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di lingkungan
masyarakat.
§ Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di sekolah.
§ Melakukan kerjasama di sekolah.
§ Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di sekolah.
§ Mempraktekkan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari
dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Halo-Halo Bandung” sambil menggerakkan
anggota badan sesuai dengan syair lagu dan sesuai dengan not yang ada. (Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan)
c.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab syair lagu, dan dikaitkan
dengan sikap kerjasama. (Orjaskes, BI,
IPS, dan PKn)
d.
Menginformasikan tema yang akan
dipejari bersama (Kerjasama).
2. Kegiatan Inti
a.
Membagi kelompok menjadi
4.
b.
Setelah terbagi dalam
kelompok, semua kelompok diminta untuk berkumpul menjadi satu lingkaran kecil
(di dalam kelas).
c.
Semua kelompok
akan menyanyikan lagu “Halo-Halo Bandung” lagi dengan penuh semangat. Setelah
satu kali menyanyi, berhenti.
d.
Guru memberi
komando kapan mulai menyanyi untuk kelompoknya sendiri. Dengan lagu yang sama,
tetapi saat mulai menyanyi tidak sama. Kelompok 1 memulai menyanyi. Setelah
masuk pada baris kedua, kelompok 2 mulai menyanyi, setelah kelompok 2 masuk
pada baris kedua, lanjut kelompok 3 mulai menyanyi dan terakhir kelompok 4 akan
menyanyi juga setelah kelompok 3 sudah masuk pada baris kedua. Untuk lebih
semarak dalam menyanyikan lagu, dapat menunjuk beberapa siswa menggunakan alat
musik sederhana.
e.
Jika
masing-masing kelompok dapat bekerjasama dengan baik, konsentrasi, tidak
terganggu oleh suara dari kelompok yang lain, maka akan dapat mempertahankan
syair dan lagu dengan baik dan benar.
f.
Permainan
berhenti setelah beberapa menit dan siswa kembali ke tempat duduk
masing-masing.
g.
Bertanya jawab
tentang makna kegiatan tersebut.
h.
Guru memberikan
penjelasan bagaimana seharusnya bersikap dalam kelompok.
i.
Siswa diajak
keluar kelas untuk mendemontrasikan sikap kerjasama yang baik dengan
bermain ”Ayo Bermain Bakiak”
langkah-langkah:
·
Siapkan bakiak
panjang. Satu bakiak dapat dipakai untuk 3 anak.
·
Membagi kelompok.
Masing-masing kelompok terdiri dari 6 anak (dua kelompok kecil).
·
Semua siswa siap
berada di atas bakiaknya.
·
Juri memberikan
aba-aba ”Mulai”.
·
Dengan memakai
bakiak, siswa akan berlomba berjalan cepat menuju finish. Siapa yang dapat mencapai finish terlebih dulu akan menjadi pemenangnya.
j.
Setelah selesai
bermain, semua kembali ke dalam kelas dan berdiskusi makna permainan bakiak.
k.
Setelah semua
selesai dan lelahnya hilang, dilanjutkan dengan kegiatan berikutnya, semua
siswa masing-masing duduk di kursinya sendiri-sendiri.
l.
Semua siswa
secara mandiri ditugaskan untuk mengerjakan soal di halaman 75 dan 76.
m.
PR menugaskan
semua siswa untuk menggambar suasana kerja bakti (boleh mencontoh gambar yang
ada), dan beri warna serta dimana posisimu dalam kegiatan itu (halaman 73).
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui
penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil
belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk
mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Alat
musik sederhana (suling, pianika, gendang dsb.)
2.
Bakiak.
3.
Suasana
kerja bakti.
4.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
5.
Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V.
PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan.
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan).
3.
Penilaian
produk.
4.
Penilaian
portofolio.
5.
Penilaian
tertulis obyektif.
6.
Penilaian
tertulis subyektif.
7.
Penilaian
unjuk kerja.
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar