Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
......................
Kelas :
IX (Sembilan)
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Semester : 2
(Dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di
dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Karakter*)
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran*)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi *)
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
5.4Mendeskripsikan
proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang
terkait dengan perubahan zat dan kalor
|
Jujur, tanggung jawab, berani mengemukaan
pendapat, menumbuhkan rasa ingin tahu
|
Proses-proses khusus yang terjadi di lapisan
lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor
|
Melalui tayangan dalam
bentuk film, animasi, guru dan peserta didik mendiskusikani hal-hal yang
terkait dengan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan
atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor
Melalui tayangan dalam
bentuk film, animasi, guru dan peserta didik merumuskan hubungan antara
proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer
Melalui tayangan dalam
bentuk film, animasi, guru dan peserta didik mendiskusikan tentang terjadinya
pemanasan global (global warming)
Melalui tayangan dalam
bentuk film, animasi, guru dan peserta didik mendiskusikan tentang terjadinya
hujan asam dan dampak yang ditimbulkannya.
|
· Menyebutkan susunan
lapisan pada lithosfer
· Menjelaskan pengaruh
proses-proses yang terjadi di lapisan litosfer terhadap perubahan zat dan
kalor
· Menyebutkan susunan
lapisan pada atmosfer
· Menjelaskan atmosfer
Bumi hubungannya dengan gas-gas yang ada di dalamnya.
· Menjelaskan proses
pelapukan di lapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan
· Menjelaskan proses
terjadinya efek rumah kaca
· Menjelaskan dampak
positif efek rumah kaca
· Menjelaskan proses
pemanasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi
· Menjelaskan terjadinya
hujan asam
· Menjelaskan dampak
hujan asam terhadap kehidupan di Bumi.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
Sebutkan
lapisan-lapisan lithosfer!
Jelaskan pengaruh
proses yang terjadi pada lapisan litosfer !
Sebutkan
lapisan-lapisan lithosfer!
Jelaskan proses pelapukan di lapisan bumi?
Menjelaskan proses terjadinya
efek rumah kaca
Menjelaskan dampak efek rumah
kaca
Jelaskan proses terjadinya pemanasan global dan pengaruhnya
pada lingkungan di bumi
Jelaskan bagaimana proses
terjadinya hujan asam?
Sebutkan dampak hujan asam
terhadap kehidupan di Bumi!
|
8x40’
|
Buku siswa, buku referensi, media elektronik
(video, CD Player, animasi tentang pelapukan, efek rumah kaca, pemanasan
global dan hujan asam)
|
5.5 Menjelaskan hubungan antara proses yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan
lingkungan
|
Teliti, tanggung jawab, berani mengemukakan
pendapat
|
Hubungan antara proses yang terjadi di lapisan
lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
|
Melalui tayangan dalam
bentuk film, animasi, guru dan peserta didik tentang hubungan antara proses
yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan
permasalahan lingkungan
Melalui tayangan dalam
bentuk film, animasi, guru dan peserta didik merumuskan pengertian hubungan
antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan
dan permasalahan lingkungan
|
· Menjelaskan pengaruh
proses-proses di lingkungan terhadap kesehatan manusia
· Menyadari bahayanya
pengaruh negatif proses-proses
lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Jelaskan
pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia!
· Jelaskah pengaruh
negatif proses-proses lingkungan terhadap kesehatan manusia !
|
4x40 ’
|
Buku siswa, buku referensi, media elektronik
(video, CD Player, animasi tentang hubungan proses-proses di lithosfer dengan
kesehatan)
|
.................................,............................
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran ......................
Kepala SMP ..................
........................................... ..............................................
NIP/NRK. NIP/NRK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar