JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH
DASAR KELAS 1
TEMA: KESEHATAN, KEBERSIHAN DAN
KEAMANAN
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SARANA DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
PKn
Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah.
Melaksanakan
aturan yang berlaku di masyarakat.
|
§ Menjelaskan cara supaya hidup sehat.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah bersih dan sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan dan keamanan di rumah dan di sekolah.
|
§ Membaca wacana tentang kesehatan, kebersihan tubuh dan
kebersihan rumah.
§
Mendiskusikan cara hidup bersih dan
sehat.
§ Menjelaskan cara supaya hidup sehat.
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah bersih dan sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan dan keamanan di rumah dan di sekolah.
|
2 minggu
|
§
Kurikulum
Standar Isi 2006 mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006.
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan
Pendekatan.
§ Tematik untuk Kelas 1A..
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS.
§ Buku lain yang relevan.
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
§ Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan
masyarakat) yang relevan dengan tema.
|
§ Penilaian Unjuk kerja.
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Subyektif.
§ Penilaian Obyektif.
§ Penilaian Tingkah Laku.
§ Penilaian Portofolio.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Penilaian Lisan.
§ Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca.
§ Mengamati
aktivitas siswa lain yang tidak
sedang belajar membaca.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi benda-benda di rumah.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi barang-barang dalam gambar.
§ Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita
di depan kelas.
|
|
|
|
|||
IPS
Menceritakan
pengalaman diri.
Menjelaskan
lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
|
§ Menjelaskan bagaimana cara membersihkan anggota badan.
§ Menceritakan pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan
tubuh.
§ Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai aturan.
|
§ Mengamati gambar tentang kebersihan tubuh.
§ Mendiskusikan tentang cara membersihkan anggota tubuh.
§ Menjelaskan bagaimana cara membersihkan anggota badan.
§ Menceritakan pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan
tubuh.
§ Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai aturan.
|
|||
BAHASA INDONESIA
Melaksanakan
sesuatu sesuai dengan perintah.
Mendeskripsikan
benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dng kalimat sederhana.
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
Mencontoh
huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
|
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat.
§ Mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang
didengarkan.
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi
yang didengarkan.
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata
dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi
kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
sehingga dapat dipahami orang lain.
§ Mengidentifikasikan kata-kata kunci dari bacaan yang agak
panjang.
§ Menyalin dan mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan
benar dan dapat dibaca oleh orang lain.
§ Menulsikan kalimat dengan tepat mengikuti apa yang
didektekan guru.
§ Menulis dengan menggunakan huruf sambung.
|
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat.
§ Mencocokkan gambar sesuai dg informasi yang didengarkan.
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi
yang didengarkan.
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata
dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi
kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
sehingga dapat dipahami orang lain.
§ Mengidentifikasikan kata-kata kunci dari bacaan agak
panjang.
§ Menyalin dan mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan
benar dan dapat dibaca oleh orang lain.
§ Menulsikan kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa
yang didektekan guru.
§ Menulis dengan menggunakan huruf sambung.
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
3
|
|
5
|
6
|
7
|
MATEMATIKA
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek,
panjang) dan membandingkannya.
|
§ Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan
dan pengurangan.
§ Menterjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan ke
dalam kalimat sehari-hari.
§ Menghitung fakta dasar penjumlahan dan pengurangan.
§ Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan
pengelompokan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan.
|
§ Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan
dan pengurangan.
§ Menterjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan ke
dalam kalimat sehari-hari.
§ Menghitung fakta dasar penjumlahan dan pengurangan.
§ Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan
pengelompokan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan.
|
|
|
|
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Makhluk hidup
dan proses kehidupan:
Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan
kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat).
Benda dan
sifatnya: Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
|
§ Membandingkan benda berdasarkan persamaan.
§ Memberikan makna pada hasil pengamatan.
§ Menggunakan infornmasi dari hasil pengamatan untuk
menjawab pertanyaan.
§ Menunjukkan cara merawat tubuh.
§ Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan.
§ Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara,
danlingkungan bersih untuk tumbuh sehat.
§ Menjaga kebersihan diri, rumah dan sekolah.
§ Membuang sampah pada tempatnya.
§ Menerangkan kegunaan benda di rumah, sekolah dan di
tempat lain.
|
§ Membandingkan benda berdasarkan persamaan.
§ Memberikan makna pada hasil pengamatan.
§ Menggunakan infornmasi dari hasil pengamatan untuk
menjawab pertanyaan.
§ Menunjukkan cara merawat tubuh.
§ Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan.
§ Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara,
danlingkungan bersih untuk tumbuh sehat.
§ Menjaga kebersihan diri, rumah, dan sekolah.
§ Membuang sampah pada tempatnya.
§ Menerangkan kegunaan benda di rumah, sekolah, dan tempat
lain.
|
|
|
|
SENI-BUDAYA
& KETERAMPILAN
Seni Rupa:
Mengekspresikan diri melalui gambar
ekspresif.
Seni Musik:
Menunjukkan sikap spresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh
manusia
Menyanyikan
lagu anak dengan benar.
Seni Tari: Menanggapi
rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
|
§ Mengekspresikan diri melalui pembuatan gambar.
§ Mengungkapkan perubahan yang dialami melalui perubahan
tempo.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
§ Membedakan keras dan lemahnya bunyi suara yang
ditampilkan oleh anggota tubuh.
|
§ Mengekspresikan diri melalui pembuatan gambar.
§ Mengungkapkan perubahan yang dialami melalui perubahan
tempo.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
§ Membedakan keras dan lemahnya bunyi suara yang
ditampilkan oleh anggota tubuh.
|
|
|
|
1
|
3
|
|
5
|
6
|
7
|
ORJASKES
Menjaga
kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit.
Mengenal
pentingnya imunisasi.
Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana serta nilai
sportivitas, kejujuran, kerjasama toleransi dan percaya diri.
|
§ Menjaga keselamatan diri dan orang lain dalam melakukan
aktifitas.
§ Bergerak merubah arah dan kecepatan dalam kelompok.
§ Bekerjasama dalam bermain.
§ Mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama.
§ Membersihkan anggota badan sesuai aturan.
|
§ Menjaga keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas.
§ Bergerak merubah arah dan kecepatan dalam kelompok.
§
Bekerjasama dalam bermain.
§ Mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama.
§ Membersihkan anggota badan sesuai aturan.
|
|
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1, 2, dan 3
TEMA :
KEBERSIHAN, KESEHATAN, DAN KEAMANAN
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
§ Menceritakan
pengalaman diri (IPS).
§ Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam
menjaga kebersihan rumah.
§ Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah (BI).
§ Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota
tubuh dengan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang
tepat.
§ Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku
atau papan tulis dengan benar.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 (Mat).
§ Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari
(pendek, panjang) dan membandingkannya.
§ Makhluk hidup dan
proses kehidupan: Mengenal bagian-bagian tubuh
dan kegunaannya serta cara perawatannya (IPA).
§ Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan
kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat).
§ Benda dan
sifatnya: Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
§ Seni Rupa: Mengekspresikan
diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud & Keterampilan).
§ Seni Musik: Menunjukkan sikap spresiatif terhadap sumber bunyi yang
dihasilkan tubuh manusia.
§ Menyanyikan lagu anak dengan benar.
§ Seni Tari: Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
§ Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit (Orjaskes).
§ Mengenal pentingnya imunisasi.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam
permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama toleransi dan
percaya diri.
II. INDIKATOR
§ Menjelaskan cara supaya hidup sehat (PKn).
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah bersih dan sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan dan
keamanan di rumah dan di sekolah.
§ Menjelaskan bagaimana cara membersihkan anggota badan (IPS).
§ Menceritakan pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan tubuh.
§ Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai aturan.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang
didengarkan.
§ Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi yang
didengarkan.
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata
dan kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi
kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang tepat sehingga
dapat dipahami orang lain.
§ Mengidentifikasikan kata-kata kunci dari bacaan agak
panjang.
§ Menyalin dan mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan
benar dan dapat dibaca oleh orang lain.
§ Menulsikan kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa
yang didektekan guru.
§ Menulis dengan menggunakan huruf sambung.
§ Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan
dan pengurangan (Mat).
§ Menterjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan ke dalam kalimat sehari-hari.
§ Menghitung fakta dasar penjumlahan dan pengurangan.
§ Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan
pengelompokan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan.
§ Membandingkan benda berdasarkan persamaan (IPA).
§ Memberikan makna pada hasil pengamatan.
§ Menggunakan infornmasi dari hasil pengamatan untuk
menjawab pertanyaan.
§ Menunjukkan cara merawat tubuh.
§ Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan.
§ Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan
bersih untuk tumbuh sehat.
§ Menjaga kebersihan diri, rumah, dan sekolah.
§ Membuang sampah pada tempatnya.
§ Menerangkan kegunaan benda di rumah, sekolah, dan tempat
lain.
§ Mengekspresikan diri melalui pembuatan gambar (Se-Bud Keterampilan)
§ Mengungkapkan perubahan yang dialami melalui perubahan
tempo.
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
§ Membedakan keras dan lemahnya bunyi suara yang
ditampilkan oleh anggota tubuh.
§ Menjaga keselamatan diri
dan orang lain dalam aktifitas (Orjaskes).
§ Bergerak merubah arah dan kecepatan dalam kelompok.
§ Bekerjasama dalam bermain.
§ Mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama.
§ Membersihkan anggota badan sesuai aturan.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Disini Senang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu
(Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan).
2. Kegiatan Inti
1) Meminta salah seorang siswa untuk mencetakan tugas/pekerjaan apa
saja yang dilakukan siswa di rumah (riil
dan kontekstual).
2) Meminta siswa untuk mengamati gambar di hal.
78. Guru menanyakan kepada siswa gambar apa itu.?
Dari jawaban siswa guru mengupas satu persatu ciri-ciri badan sehat/anak sehat (BI, Orjaskes, Seni-Bud &Ketrmpl, PKn,
IPS dan IPA).
§ Anak yang sehat
§ Makanannya bergizi
§ Sayur, lauk, buah dan susu
§ Olah raga
§ Dsb
3) Guru menceritakan anak yang sehat dengan
makan 4 sehat 5 sempurna dan olah raga, mandi dll. Kemudian bertanya jawab
apakah anak-anak merasa menjadi anak yang sehat.? (BI, Orjaskes, Seni-Bud &Ketrmpl, PKn, IPS dan IPA).
4)
Guru
Meminta kepada siswa untuk mengamati
gambar hal 79 tentang ”Kebersihan Tubuh”, kemudian guru menjelaskan dan
bertanya jawab tentang cara hidup sehat
misalnya berapa kali mandi dalam sehari, gosok gigi, keramas.
5)
Siswa
diminta untuk menceritakan apa yang
telah dilakukan dalam menjaga kebersihan dan apa manfaatnya menjaga kesehatan.
6)
Siswa
ditugaskan untuk berkelompok dengan teman sebangkunya. Dan ditugaskan untuk
mengamati gambar tentang urutan gambar untuk
hidup sehat (ambil gambar-gambar dan difoto copy dari Buku Kerja mata
pelajaran IPA di halaman 54, 55 dan IPS di halaman 44, 45).
7)
Menggunakan
Teknik Picture and Picture (gambar-gambar) dengan langkah:
§ Materi disampaikan/diinformasikan sesuai
indikator.
§ Menunjukkan gambar-gambar yang ada kaitannya
dengan materi dan tema.
§ Siswa ditugaskan mengurutkan gambar sesuai
dengan urutan yang logis (misalnya gambar anak mandi, makan, olah raga dan
sebagainya).
§ Bertanya-jawab urutan yang dikerjakan oleh
siswa.
§ Guru menanamkan konsep bagaimana cara hidup
yang bersih dan sehat.
8)
Bertanya
jawab tentang kesehatan gigi,kemudian siswa diminta untuk memperhatikan contoh huruf dalam buku hal 80
dan 81 serta cara menulisnya. Setiap siswa menulis huruf lepas dan sambung misalnya:
§ gigi,
§ pagi,
§ cuci,
§ caci
§ dan sebagainya (BI, Orjaskes, Seni-Bud &Ketrmpl, PKn, IPS dan IPA).
9)
Siswa
ditugaskan untuk membaca wacana tentang ”Kebersihan Rumah” di 80 dan 81.
10)
Menugaskan
semua siswa masih tetap berkelompok dengan teman sebangku dan membahas tentang
kebersihan rumah.
11)
Guru
meminta salah seorang siswa (yang
berani) untuk menceritakan hasil diskusinya, tentang kebersihan rumah sesuai
dengan pengalaman dan hasil diskusi dengan teman sebangkunya (BI,
PKn, IPS dan IPA)
12)
Bertanya
jawab tentang tentang Keamanan di rumah masing-masing siswa dilanjutkan dengan
menyimak gambar di hal 82 dan meminta salah seorang siswa untuk menceritakan
makna gambar (BI, PKn, IPS dan IPA).
13)
Guru
membacakan teks tentang keamanan dilanjutkan dengan diskusi kelas, apa saja
yang harus dilakukan warga/masyarakat agar lingkungan aman (BI, PKn, IPS dan IPA).
14)
Siswa
diminta mengamati gambar di hal 83 dan membacakan wacana/teks yang ada dalam
buku dengan suara jelas dan keras serta intonasi yang benar, kemudian meminta
semua siswa mengkaitkan dengan situasi sehari-hari di rumah.
15)
Guru
menugaskan salah seorang siswa untuk menceritakan kembali isi teks yang telah
didiskusikan (BI, Orjaskes, Seni-Bud
&Ketrmpl, PKn, IPS dan IPA).
16)
Guru
menceritakan tentang makanan sehat, dan
manfaatnya (empat sehat lima sempurna).
17)
Meminta
semua siswa untuk mengamati gambar dan memilih jawabannya, guna mempermudah,
guru membacakan perintahnya (Ajang Pendapat) (BI, IPA, Mat).
18)
Hasil
diskusi dilaporkan kepada guru.
19)
Semua
siswa diminta mengerjakan tugas yang ada di “Ajang Pendapat”. Membandingkan
§ Gambar
A siswa diminta membandingkan mana yang
lebih pendek dari kedua gambar tersebut
§ Gambar B siswa diminta membandingkan mana
yang lebih cepat
§ Gambar
C, siswa diminta membandingkan mana yang lebih berat.
§ yang lebih pendek sebelah......., yang lebih
tinggi sebelah........
§ yang lebih pendek sebelah......., yang lebih
cepat sebelah........
§ yang lebih pendek sebelah......., yang lebih berat sebelah.......
20)
Siswa
ditugaskan untuk mengekspresikan diri dengan menulis dan menggambar kegiatan di
rumah, kemudian menceritakan makna gambarnya kepada teman sebangkunya.
21) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 104) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui
penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri
pelajaran.
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Kesehatan
dalam Keluarga.
§ Lingkungan keluarga dan sekolah.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan,
IPS dan Agama).
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia,
PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 4, 5, dan 6
TEMA :
KEBERSIHAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
§ Menceritakan
pengalaman diri (IPS).
§ Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam
menjaga kebersihan rumah.
§ Mendengarkan:Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah (BI).
§ Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota
tubuh dng kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang
tepat.
§ Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku
atau papan tulis dengan benar.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 (Mat).
§ Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari
(pendek, panjang) dan membandingkannya.
§ Makhluk hidup dan
proses kehidupan: Mengenal bagian-bagian tubuh
dan kegunaannya serta cara perawatannya (IPA).
§ Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan
kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat).
§ Benda dan
sifatnya: Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
§ Seni Rupa: Mengekspresikan
diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud
& Keterampilan).
§ Seni Musik: Menunjukkan sikap spresiatif terhadap sumber bunyi yang
dihasilkan tubuh manusia.
§ Menyanyikan lagu anak dengan benar.
§ Seni Tari: Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
§ Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit (Orjaskes).
§ Mengenal pentingnya imunisasi.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam
permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama toleransi dan
percaya diri.
II. INDIKATOR
§ Menjelaskan cara supaya hidup sehat (PKn).
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah bersih dan sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan dan
keamanan di rumah dan di sekolah.
§ Menjelaskan bagaimana cara membersihkan anggota badan (IPS).
§ Menceritakan pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan tubuh.
§ Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai aturan.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengarkansehingga
dapat dipahami orang lain.
§ Mengidentifikasikan kata-kata kunci dari bacaan agak
panjang.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar
dan dapat dibaca oleh orang lain.
§ Menulsikan kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa
yang didektekan guru.
§ Menulis dengan menggunakan huruf sambung.
§ Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan
dan pengurangan (Mat).
§ Menterjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan ke dalam kalimat sehari-hari.
§ Membandingkan benda berdasarkan persamaan (IPA).
§ Memberikan makna pada hasil pengamatan.
§ Menunjukkan cara merawat tubuh.
§ Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan.
§ Menjaga kebersihan diri, rumah, dan sekolah.
§ Membuang sampah pada tempatnya.
§ Menerangkan kegunaan benda di rumah, sekolah dan tempat
lain.
§ Mengekspresikan diri melalui pembuatan gambar (Se-Bud Keterampilan)
§ Mengungkapkan perubahan yang dialami melalui perubahan
tempo.
§ Menjaga keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas (Orjaskes).
§ Bekerjasama
dalam bermain.
§ Membersihkan anggota badan sesuai aturan.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Bangun Tidur” sambil
menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Bertanya jawab tentang
kegiatan apa saja yang dilakukan ketika
bangun tidur dan dikaitkan dengan materi yang akan dibelajarakan.
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan).
2. Kegiatan Inti
1)
Tadi
sudah menyanyi bersama lagu ”Bangun
tidur”. Sekarang siswa diajak bersamasama mencermati ”ayo bernyanyi” dan
belajar tentang nada-nada lagu (lihat halaman 85)
§ Nada-nada lagu dinyanyikan sesuai tinggi
rendahnya nada.
§ Anak diajak mencoba membaca not (Do Re Mi Fa
Sol La Si Do (tinggi)).
§ Dengan menyesuaikan nada lagu bangun tidur
dipraktekkan kembali menyanyi dengan notnya.
2)
Bertanya
jawab tentang pembagian kerja di rumah. Apa tugas ayah, ibu, anak dan pembantu
(jika ada) serta kapan mengerjakannya,
apakah setiap hari atau setiap minggu? (BI,
Orjaskes, Seni-Bud &Ketrmpl, PKn, IPS dan IPA)
3) Materi yang masih kelanjutan hari-hari
kemarin. Semua siswa diminta mengamati contoh huruf yang ada di hal 80-81,
kemudian ditugaskan untuk menulis ulang huruf dan kata yang ada huruf Jj dan Rr yang ada di dalam teks. (BI,
Orjaskes, Seni-Bud &Ketrmpl, PKn, IPS dan IPA) seperti:
§ Rajin Jari
§ Bekerja Baju
§ Juara Uang
§ Raja Baju
4) Semua siswa diberi tugas pekerjaan untuk
melihat dan mengamati (berimajinasi/membayangkan) kebersihan di rumah
masing-masing misalnya di kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, dapur, halaman,
tempat tidur dan sebagainya.
5)
Kemudian
bertanya jawab apakah tempat-tempat tersebut sudah bersih atau belum. Bagaimana
pemecahannya. (BI, Orjaskes, Seni-Bud
&Ketrmpl, PKn, IPS dan IPA).
6) Menugaskan semua siswa untuk mengamati
gambar-gambar di halaman 87 dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang makna
gambar. Ada gesekan, ada ketukan dan siswa diajak menirukan bagaimana suaranya.
Sehingga kalau ada suara (”tok.. tok.. tok..) seperti itu berarti ada tamu.
7) Siswa dikelompokkan dengan teknik (Berpikir
Berpasangan)
§ Guru menyampaikan materi tentang kebutuhan
tubuh
§ Siswa diberi kesempatan untuk berpikir sambil
mengamati gambar-gambar dilanjutkan mengamati gambar tentang ”Kebutuhan Tubuh”
di halaman 88. yang dibutuhkan oleh semua orang agar tubuh menjadi sehat dan
kuat seperti
§ Siswa diminta berpasangan (bisa dengan teknik
mencari pasangan atau bisa juga dengan teman sebangkunya)
§ Setiap pasangan berdiskusi tentang
ª makanan yang bersih dan sehat
ª air yang bersih dan sehat
ª pakaian yang bersih
ª udara dan lingkungan yang sehat
8) Masih dalam posisi berkelompok
dilanjutkan dengan membahas ”Kebiasaan
Hidup Sehat”
ª
Menggosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur
ª Mandi
dua kali sehari
ª
Mencuci rambut dua hari sekali
ª Rajin
ber olah raga
ª Makan
makanan yang sehat dan bergizi
ª Tidur
dan istirahat yang cukup
Semua kelompok ditugaskan untuk menulis dan menceritakan tentang apa yang
terjadi kalau tidakmelakukan sebagaimana yang dianjurkan dalam kebiasaan hidup
sehat itu.
9) Apa yang
dirasakan kalau mandi tidak dua kali tetapi hanya satu kali atau mungkin
mandinya dua hari sekali, bagaimana rasanya kalau tidak gosok gigi tiap hari
dan sebagainya
10) Semua kelompok ditugaskan mengamati gambar
berikutnya, yaitu tentang ”Sakit Flu” dan bertanya jawab apakah ada siswa yang
pernah merasakan sakit flu?
§ Bagaimana rasanya?
§ Apa sebabnya?
§ Bagaimana mengatasinya?
§ Bagaimana sikap ibu?
§ Bagaimana sikap ayah kalau anaknya sakit?
§ Dan sebagainya
11) Dilanjutkan dengan diskusi kelas (dipimpin
oleh guru) dan membahas cara hidup
bersih dan sehat yang sudah didiskusikan oleh siswa dalam kelompok. Dan guru
memberikan klarifikasi bagaimana yang seharusnya.
12) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi
”Berbudi Pekerti” (halaman 104) dan diharapkan semua siswa menerapkan
perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Kesehatan
dalam Keluarga
§ Lingkungan keluarga dan sekolah
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan,
IPS dan Agama)
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia,
PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama)
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7, 8, dan 9
TEMA :
KEBERSIHAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
§ Menceritakan
pengalaman diri (IPS).
§ Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam
menjaga kebersihan rumah.
§ Mendengarkan:Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah (BI).
§ Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota
tubuh dng kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang
tepat.
§ Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku
atau papan tulis dengan benar.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 (Mat).
§ Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari
(pendek, panjang) dan membandingkannya.
§ Makhluk hidup dan
proses kehidupan: Mengenal bagian-bagian tubuh
dan kegunaannya serta cara perawatannya (IPA).
§ Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan
kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat).
§ Benda dan
sifatnya: Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
§ Seni Rupa: Mengekspresikan
diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud
& Keterampilan).
§ Seni Musik: Menunjukkan sikap spresiatif terhadap sumber bunyi yang
dihasilkan tubuh manusia.
§ Menyanyikan lagu anak dengan benar.
§ Seni Tari: Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
§ Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit (Orjaskes).
§ Mengenal pentingnya imunisasi.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam
permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama toleransi dan
percaya diri.
II. INDIKATOR
§ Menjelaskan cara supaya hidup sehat (PKn).
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah bersih dan sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan dan
keamanan di rumah dan di sekolah.
§ Menjelaskan bagaimana cara membersihkan anggota badan (IPS).
§ Menceritakan pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan tubuh.
§ Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai aturan.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang
didengarkansehingga dapat dipahami orang lain.
§ Mengidentifikasikan kata-kata kunci dari bacaan agak
panjang.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar
dan dapat dibaca oleh orang lain.
§ Menulsikan kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa
yang didektekan guru.
§ Menulis dengan menggunakan huruf sambung.
§ Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan
dan pengurangan (Mat).
§ Menterjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan ke dalam kalimat sehari-hari.
§ Membandingkan benda berdasarkan persamaan (IPA).
§ Memberikan makna pada hasil pengamatan.
§ Menunjukkan cara merawat tubuh.
§ Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan.
§ Menjaga kebersihan diri, rumah, dan sekolah.
§ Membuang sampah pada tempatnya.
§ Menerangkan kegunaan benda di rumah, sekolah dan tempat
lain.
§ Mengekspresikan diri melalui pembuatan gambar (Se-Bud Keterampilan)
§ Mengungkapkan perubahan yang dialami melalui perubahan
tempo.
§ Menjaga keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas (Orjaskes).
§ Bekerjasama
dalam bermain.
§ Membersihkan anggota badan sesuai aturan.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Aku Anak Sehat” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan)
2. Kegiatan Inti
1) Brainstorming mengulang materi pelajaran
hari-hari kemarin tentang kebersihan, kesehatan dan keamanan”
2)
Bertanya
jawab tentang makna syair lagu ”Aku Anak Sehat” yang telah dinyanyikan (BI,
Orjaskes, Seni-Bud &Ketrmpl, PKn, IPS dan IPA)
3) Mintalah siswa untuk menyanyi sendiri,
kemudian memaknai syair lagu tersebut. Guru memberikan penilaian pada
masing-masing siswa
4) Mintalah siswa untuk menceritakan di depan
kelas (yang berani mendapat point lebih) tentang kebersihan,kesehatan atau
keamanan. (BI, Sains)
5) Mintalah siswa menceritakan kegunaan
masing-masing benda yang ada hubungannya dengan kebersihan dan kesehatan serta
keamanan (misalnya sikat gigi, odol, sabun, handuk dan sebagainya) agar siswa
berpikir kritis.
6) Siswa mengidentifikasi benda-benda yang ada
hubungannya dengan kesehatan dan kebersihan yang selama dipakai oleh siswa
sehari-hari berdasarkan pengetahuannya sendiri. (bukan dari konsep dan bacaan di buku tetapi berdasarkan kenyataan)
7) Semua siswa secara mandiri ditugaskan untuk
mengamati gambar di halaman 91 tentang “Ayo Berhitung” dan semua siswa diberi
kesempatan mengerjakan sendiri soal-soal tersebut:
§ Halaman 91 benda-benda yang ada hubungannya
dengan kebutuhan tubuh
§ Halaman 92 benda-benda yang ada hubungannya
dengan alat kebersihan
§ Halaman 93 benda-benda yang ada hubungannya
dengan keamanan
§ Halaman 94 benda-benda yang ada hubungannya
dengan lambang bilangan
§ Halaman 95 benda-benda yang ada hubungannya
dengan lambang bilangan
8) Halaman 96 menyelesaikan soal operasi hitung
dalam hubungannya dengan kegiatan sehari-hari di rumah makan
9) Halaman 97 menyelesaikan soal operasi hitung
dalam hubungannya dengan benda yang diperlukan
sehari-hari di gudang
10) Halaman 97 menyelesaikan soal operasi hitung
dalam hubungannya dengan kegiatan sehari-hari di pelabuhan
11) Setelah semua siswa selesai menjawab soal
tersebut, siswa diberi kesempatan untuk mendiskusikan dengan teman sebangkunya
apakah ada yang berbeda dalam menjawab soal itu.
12) Kalau sudah tidak ada perbedaan dilanjutkan
dengan mengerjakan soal di halaman berikutnya.
13) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi
”Berbudi Pekerti” (halaman 104) dan diharapkan semua siswa menerapkan
perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
sesuai dengan hasil klarifikasi
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi
yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang
Kesehatan dalam Keluarga
§ Lingkungan keluarga dan sekolah
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes,
Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 10, 11,
dan 12
TEMA :
KEBERSIHAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
§ Menceritakan
pengalaman diri (IPS).
§ Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam
menjaga kebersihan rumah.
§ Mendengarkan:Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah (BI).
§ Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota
tubuh dng kalimat sederhana.
§ Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
§ Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku
atau papan tulis dengan benar.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 (Mat).
§ Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari
(pendek, panjang) dan membandingkannya.
§ Makhluk hidup dan
proses kehidupan: Mengenal bagian-bagian tubuh
dan kegunaannya serta cara perawatannya (IPA).
§ Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan
kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat).
§ Benda dan
sifatnya: Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
§ Seni Rupa: Mengekspresikan
diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud
& Keterampilan).
§ Seni Musik: Menunjukkan sikap spresiatif terhadap sumber bunyi yang
dihasilkan tubuh manusia.
§ Menyanyikan lagu anak dengan benar.
§ Seni Tari: Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
§ Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit (Orjaskes).
§ Mengenal pentingnya imunisasi.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam
permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama toleransi dan
percaya diri.
II. INDIKATOR
§ Menjelaskan cara supaya hidup sehat (PKn).
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah bersih dan sehat.
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan dan
keamanan di rumah dan di sekolah.
§ Menjelaskan bagaimana cara membersihkan anggota badan (IPS).
§ Menceritakan pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan tubuh.
§ Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai aturan.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang
didengarkansehingga dapat dipahami orang lain.
§ Mengidentifikasikan kata-kata kunci dari bacaan agak
panjang.
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar
dan dapat dibaca oleh orang lain.
§ Menulsikan kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa
yang didektekan guru.
§ Menulis dengan menggunakan huruf sambung.
§ Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan
dan pengurangan (Mat).
§ Menterjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan ke dalam kalimat sehari-hari.
§ Membandingkan benda berdasarkan persamaan (IPA).
§ Memberikan makna pada hasil pengamatan.
§ Menunjukkan cara merawat tubuh.
§ Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan.
§ Menjaga kebersihan diri, rumah, dan sekolah.
§ Membuang sampah pada tempatnya.
§ Menerangkan kegunaan benda di rumah, sekolah dan tempat
lain.
§ Mengekspresikan diri melalui pembuatan gambar (Se-Bud Keterampilan)
§ Mengungkapkan perubahan yang dialami melalui perubahan
tempo.
§ Menjaga keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas (Orjaskes).
§ Bekerjasama
dalam bermain.
§ Membersihkan anggota badan sesuai aturan.
III. LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa
menyanyikan lagu “Disini Senang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai
dengan syair lagu (Orkes,
Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama (Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan).
2. Kegiatan Inti
1)
Semua siswa
ditugaskan mengamati gambar titik-titik dengan lambang bilangan. Dan
memnghubungkan angka sesuai dengan urutan yang benar. Kalau sudah terhubungkan
semua akan menjadi bentuk apa? Berikan pendapatmu!
2)
Seluruh hasil
tugas siswa dikumpulkan dan dinilai dan guru dapat memberikan tugas rumah
sebagai pengembangan tugas portofolio siswa.
3)
Setelah semua
pekerjaan selesai, tugas berikutnya adalah
mengurutkan lambang bilangan dari bilangan terbesar ke terkecil ditulis
didalam bendera.
4)
Semua siswa
dikelompokkan dengan cara menghitung 1, 2, 3, dan 4. setiap siswa diberi kertas
nomor (berwarna)
§ Nomor 1 diberi kertas warna merah
§ Nomor 2 diberi kertas warna biru
§ Nomor 3 diberi kertas warna kuning
§ Nomor 4 diberi kertas warna hijau
5)
Setelah semua
siswa memiliki nomor, semua ditugaskan untuk berkumpul dengan siswa yang
mempunyai warna kertas sama.
§ Yang memegang kertas merah berkumpul semua dengan yang
memegang kertas merah (kelompok 1).
§ Yang memegang kertas biru berkumpul semua dengan yang
memegang kertas biru (kelompok 2).
§ Yang memegang kertas kuning berkumpul semua dengan yang memegang kertas kuning (kelompok 3).
§ Yang memegang kertas hijau berkumpul semua dengan yang
memegang kertas hijau (kelompok 4).
6)
Semua kelompok
diberi kartu gambar (difoto copy dari Buku Kerja jilid 1A)
§ (kelompok 1) macam-macam gambar cara hidup bersih;
§ (kelompok 2) macam-macam gambar empat sehat lima
sempurna
§ (kelompok 3) macam-macam gambar cara hidup sehat; dan
§ (kelompok 4) macam-macam gambar untuk keamanan
7)
Tugasnya adalah
mengurutkan gambar sesuai dengan urutan yang benar dan memberikan alasan
mengapa urutannya seperti itu.
8)
Setelah selesai,
dilaporkan kepada guru dan selanjutnya dijelaskan bagaimana caranya hidup
bersih, hidup sehat dan aman dari segala bahaya.
9)
Dilanjutkan
dengan penugasan untuk mengerjakan soal-soal di halaman 101, 102. jawaban yang
benar di diskusikan secara klasikal.
10)
Pada bagian
“Ayo Bermain” siswa diminta untuk membawa sikat gigi,pasta gigi, gelas dan
sisir rambut. Ajaklah seluruh siswa untuk praktik membersihkan gigi,
merapikan rambut, dan potong kuku. Setelah selesai, periksalah kebersihan gigi,
kuku dan rambut mereka, kemudian mintalah siswa untuk menceritakan bedanya
kalau tidak sikat gigi setiap hari.
(BI, Orjaskes, Seni-Bud &Ketrmpl, PKn, IPS dan IPA).
11)
Bagian Budi
Pekerti diawali dengan pengamatan siswa pada gambar hal 103 dan mendengarkan
bacaan guru tentang menjaga kebersihan,
kesehatan dan keamanan. Apa yang perlu dilakukan siswa bagaimana penerapannya
di sekolah dan di rumah. Tugaskan siswa untuk mencatat kegiatan setiap hari
yang ada hubungannya dengan kebersihan dan kesehatan, bisa dalam bentuk gambar.
Hasilnya sebagai tugas portofolio.
12)
Bagian Ayo
Belajar “ Guru membacakan teks dalam ayo belajar dihal 105 -106 dan membimbing siswa untuk melengkapi kalimat pada tempat yang
disediakan, dengan memilih gambar pilihan yang disediakan dalam kotak. Misalnya
: Halamanku kotor …Aku akan menyapu (diambil dari gambar sapu).
13)
Setelah selesai
dilanjutkan dengan mengerjakan tugas melengkapi tabel.
14)
Terakhir semua
siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 49) dan diharapkan semua
siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi
pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang
Kesehatan dalam Keluarga.
§ Lingkungan keluarga dan sekolah.
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan,
IPS dan Agama).
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia,
PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama)
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP
dapat dicapai dengan cara:
§ Menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam
setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang
sudah dirancang.
§ Semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di
dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh
isinya memuat soal-soal untuk mengukur pencapaian indikator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar