Silabus
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : 3
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
1. Mengamalkan makna sumpah pemuda.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|
|||||
|
||||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||
1.1. Mengenal makna
satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
|
Ayo mengamalkan sumpah pemuda.
- Kerja sama
|
Menjelaskan pengertian kerja sama.
Mendiskusikan manfaat kerja sama.
Mendiskusikan akibat tidak mau bekerja
sama.
Menyebutkan contoh kerja sama yang dapat
dilakukan di sekolah.
Menyebutkan contoh kegiatan sekolah yang
tidak boleh dilakukan dengan kerja sama.
|
Menjelaskan pengertian kerja sama.
Menjelaskan manfaat kerja sama.
Menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
Mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama
dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri
Menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
Melaksanakan kerja sama di sekolah.
|
Tugas
kelompok.
|
Penilaian lisan.
Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
Penilaian unjuk kerja.
|
1.
Manfaat kerja sama adalah ....
Jika
tidak mau bekerja sama akibatnya ....
Kerja
sama di sekolah misalnya ....
Kegiatan
di sekolah yang harus saya kerjakan sendiri misalnya ....
Saya
dan teman-teman bekerja sama dalam ....
|
2x35
menit.
|
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal.
1-3.
- Teman.
- Lingkungan sekolah.
|
|
|||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|
|||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
|||||||||
|
- Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.
|
- Menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
- Menyebutkan isi sumpah pemuda.
- Mendiskusikan makna isi sumpah pemuda
- Mendiskusikan arti satu nusa, satu bangsa, satu bahasa.
|
- Menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
- Menyebutkan isi sumpah pemuda.
- Menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
- Menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, satu bahasa.
|
- Tugas Individu.
- Tugas kelompok.
|
- Penilaian lisan.
- Penilaian unjuk kerja.
|
- Sebutkan isi sumpah pemuda.
|
4 x 35 menit.
|
- Buku paket hal. 4-9.
- Orang tua.
- Teman.
|
|
|||
1.2. Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam
kehidupan sehari-hari.
|
- Mengamalkan sumpah pemuda.
|
- Mengamati gambar tentang pengamalan nilai sumpah
pemuda.
- Menyebutkan contoh-contoh pengamalan nilai sumpah
pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengekspresikan pemahaman makna sumpah pemuda dalam
bentuk karangan.
|
- Mengamalkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan
sehari-hari (di rumah, sekolah, dll).
|
- Tugas Individu.
|
- Penilaian sikap.
- Penilaian lisan.
- Penilaian portofolio.
|
- Buatlah sebuah karangan yang menceritakan pendapatmu
mengenai teman yang berbeda asal-usul denganmu. Ceritakan apakah kamu
menyukai atau kurang menyukainya dan apa alasannya. Apabila kamu tidak
menyukainya, ceritakan apa yang harus kamu lakukan sesuai dengan makna sumpah
pemuda.
|
2 x
35 menit
|
- Buku paket hal. 10-19.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
|||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|
|||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
|||||||||
|
- Kerja sama
- Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh
- Mengamalkan sumpah pemuda
|
- Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan
kerja sama, pemahaman bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, dan pengamalan
sumpah pemuda.
|
- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan
dengan materi kerja sama, pemahaman beratu kita teguh bercerai kita runtuh,
dan pengamalan sumpah pemuda.
|
- Ulangan harian
|
- Pilihan ganda
- Penilaian lisan atau tertulis (uraian
singkat).
|
1.
Bangsa Indonesia mudah dijajah selama berabad-abad karena ...
a. terpecah belah
b. penakut
c.
mudah menyerah
2. Apa arti semboyan “Satu nusa,Satu
Bangsa, Satu Bahasa”?
|
2x35 jam
|
- Buku paket hal. 1-22.
- Buku referensi lain.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
|||
.......,
…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : 3
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
2. Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1. Mengenal
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
|
Ayo melaksanakan norma di masyarakat.
- Norma yang berlaku di masyarakat.
|
Menjelaskan pengertian norma.
Mengamati gambar tentang penerapan norma
yang berlaku di masyarakat.
Menyebutkan dan menjelaskan macam-macam norma yang
berlaku di masyarakat.
Menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat.
|
Menjelaskan pengertian norma.
Mengidentifikasi macam-macam norma yang
berlaku di masyarakat.
Menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat.
|
Tugas individu.
|
Penilaian lisan.
|
- Mengapa norma dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat?
|
2x35
menit.
|
-
Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra.
Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 23-26.
-
Orang tua.
-
Teman.
-
Lingkungan rumah keluarga),sekolah, dst.
|
2.2. Menyebutkan
contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
|
- Hidup dalam norma yang berlaku.
|
Mengamati gambar tentang beberapa norma yang berlaku di
masyarakat.
Menyebutkan contoh aturan-aturan atau norma yang berlaku di masyarakat.
Menceritakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
sekitar siswa.
|
Menyebutkan contoh aturan-aturan yang
berlaku di masyarakat.
Mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan sekitar siswa.
|
-
Tugas
individu.
|
Penilaian lisan.
Penilaian unjuk kerja.
|
-
Berani mengakui kesalahan adalah salah satu contoh penerapan norma ...
|
2x35
menit.
|
-
Buku paket hal. 26-33.
-
Orang tua.
-
Teman.
-
Lingkungan rumah (keluarga),sekolah, dst.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.3
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat
sekitar.
|
- Melaksanakan norma yang berlaku.
|
Mengamati gambar tentang trindakan melaksanakan norma
yang berlaku.
Mengamati gambar tentang tindakan melanggar norma yang
berlaku.
Menjelaskan tindakan-tindakan yang sesuai dengan norma
di masyarakat.
Menjelaskan tindakan-tindakan yang melanggar norma di
masyarakat.
Menjelaskan akibat melanggar norma yang berlaku.
Melaksanakan aturan-aturan atau norma-norma yang
berlaku di masyarakat
|
- Mengidentifikasi tindakan melaksanakan norma yang
berlaku.
- Mengidentifikasi tindakan melanggar norma yang berlaku.
- Menjelaskan akibat melanggar norma yang berlaku di
masyarakat.
- Melaksanakan aturan atau norma yang berlaku di
masyarakat.
|
-
Tugas kelompok.
|
-
Penilaian lisan.
- Penilaian unjuk kerja.
-
Penilaian sikap.
|
-
Apabila mengunjungi teman yang sedang sakit, seharusnya
kamu ...
|
2 x 35 menit
|
- Buku paket hal. 34-47.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah keluarga),
sekolah,
dst.
|
|
- Norma yang berlaku di masyarakat.
- Hidup dalam norma yang berlaku.
- Melaksanakan norma yang berlaku.
|
Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan
norma yang berlaku di masyarakat, hidup dalam norma yang berlaku, dan
pelaksanaan norma yang berlaku.
|
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai norma yang berlaku di masyarakat, hidup dalam norma yang
berlaku, dan pelaksanaan norma yang berlaku.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).
|
1.
Norma adalah tatanan yang mengatur orang dalam
hal ...
a.
pergaulan sehari-hari
b.
cara seseorang berjalan
c.
cara orang mengerjakan PR
2.
Norma yang biasanya tidak tertulis disebut sebagai norma ...
|
2 x 35 menit
|
- Buku paket hal. 23-50.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah keluarga),
sekolah,
dst.
|
....................., …………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : 3
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
3. Memiliki harga diri sebagai individu.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1. Mengenal
pentingnya memiliki harga diri.
3.2. Memberi contoh
bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan
kekurangan diri sendiri.
|
Ayo miliki harga diri
- Apa itu harga diri?
|
Menjelaskan pengertian harga diri.
Menjelaskan pentingnya memiliki harga diri.
Menyebutkan contoh bentuk harga diri.
Menjelaskan perilaku memiliki harga diri yang tepat dan
tidak tepat.
Menjelaskan akibat tidak memiliki harga diri.
|
- Menjelaskan pengertian harga diri.
- Menyebutkan contoh bentuk harga diri.
- Mengidentifikasi perilaku memiliki harga diri
yang tepat dan yang tidak tepat.
- Menjelaskan pentingnya memiliki harga diri.
- Menjelaskan akibat tidak memiliki harga diri.
|
Tugas indivi-du.
Tugas kelom-pok.
|
Penilaian lisan.
Penilaian unjuk kerja.
|
Apa akibat apabila harga diri seseorang diinjak-injak?
|
4x35
menit.
|
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewargane-garaan untuk Sekolah
Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal.
51-63.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.3.
Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.
|
- Sikap menghargai
|
- Mengamati gambar
yang menunjukkan perilaku memiliki harga diri.
- Mengamati gambar yang menunjukkan perilaku menghargai
orang lain.
- Menceritakan bagaimana cara berperilaku yang
mencerminkan harga diri.
- Menjelaskan pentingnya menghargai orang lain.
- Menyebutkan contoh perilaku menghargai orang lain.
- Mengekspresikan pemahaman mengenai pentingnya memiliki
harga diri melalui puisi.
- Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.
|
Menjelaskan pentingnya menghargai orang lain.
Menyebutkan contoh perilaku menghargai orang lain.
Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.
|
Tugas kelom-pok.
|
Penilaian lisan.
Penilaian unjuk kerja.
Penilaian portofolio
|
- Buatlah sebuah puisi singkat yang melukiskan betapa
menyedihkannya kehidupan orang yang tidak memiliki harga diri.
|
2 x 35 menit
|
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewargane-garaan untuk Sekolah
Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal.
64-70.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
- Apa itu harga diri?
- Sikap menghargai.
|
- Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan
dengan harga diri dan sikap menghargai.
|
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai harga diri dan sikap menghargai.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).
|
1.
Harga diri sama artinya dengan ...
a. kehormatan diri
b.
keangkuhan diri
c.
rendah diri
2. Jelaskan mengapa seseorang harus
mempunyai harga diri!
|
2x35 menit
|
- Buku paket hal. 51-72
- Buku referensi lain.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst
|
.......,
…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : 3
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
4.1. Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinnekaan, kekayaan alam,
keramahtamahan.
|
Ayo bangga menjadi bangsa Indonesia.
- Keanekaragaman Indonesia
|
- Menyebutkan contoh budaya khas
daerah-daerah di Indonesia.
- Menyebutkan contoh hewan khas daerah-daerah
di Indonesia.
- Menyebutkan contoh tumbuhan khas
daerah-daerah di Indonesia.
- Menceritakan keanekaragaman budaya yang
dimiliki Indonesia.
- Menceritakan kekayaan alam yang dimiliki
Indonesia.
- Mengekspresikan perasaan menjadi anak
Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya dan kekayaan alam yang begitu
banyak melalui karangan.
|
- Mengidentifikasi keanekaragaman dan kekhasan budaya
Indonesia.
- Mengidentifikasi kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.
- Memiliki rasa bangga sebagai anak Indonesia yang
memiliki keanekaragaman dan kekhasan budaya serta kekayaan alam yang begitu
banyak.
|
Tugas individu.
|
Penilaian lisan.
Penilaian unjuk kerja.
Penilaian portofolio.
|
Ceritakanlah di depan kelas mengenai hal
yang kamu anggap paling membanggakan di daerahmu.
Buatlah sebuah karangan dengan tema ”aku
bangga menjadi anak Indonesia”.
|
4x35
menit.
|
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal.
73-83.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
4.2. Menampilkan
rasa bangga sebagai anak Indonesia.
|
Bangga menjadi orang
Indonesia.
|
Mengamati
gambar tentang perilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia
dan yang tidak.
Menyebutkan
contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
Menampilkan rasa
bangga sebagai anak Indonesia.
|
Menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa
bangga sebagai anak Indonesia.
Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
|
Tugas individu.
|
Penilaian lisan.
Penilaian sikap.
Penilaian unjuk kerja.
|
Apabila kamu bangga sebagai bangsa Indonesia, kamu akan
memilih berlibur ke ....
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 84-89
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
|
Keanekara-gaman Indonesia.
Bangga menjadi orang
Indonesia.
|
Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan dengan keanekaragaman
Indonesia dan rasa bangga menjadi orang Indonesia.
|
Mengerjakan soal dengan baik
berkaitan dengan materi mengenai keanekaragaman
Indonesia dan rasa bangga menjadi orang Indonesia
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).
|
1. Rumah khas Batak Toba
disebut sebagai …
a. bolon
b. gadang
c. joglo
2. Olahraga khas Nias
yang terkenal adalah …
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 73-92.
- Buku referensi lain.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
................, …………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
trims pak :)
BalasHapus