SILABUS PENDIDIKAN JASMANI
OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Sekolah :
SD / MI …………………………..
Kelas :
3 ( tiga )
Mapel : Penjasorkes
Semester : I ( satu )
Standar Kompetensi
1. Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari
dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama
|
A. Latihan Jalan
|
1.1.1 Melakukan
gerakan jalan di tempat
1.1.2 Melakukan
jalan dengan permainan mengajak teman
1.1.3.
Melakuakan jalan dengan berteman
1.1.4. Melakukan jalan di atas balok datar
|
- jalan
ditempat
- permainan
mengajak teman
-
berjalan bergandengan tangan
-
berjalan di atas balok
|
Tes
pemberian tugas
(kelompok)
|
Tes
praktik
|
- Lakukan
jalan ditempat dengan benar
- Lakukan
jalan sambil berteman dengan benar
- Lakukanlah berjalan di atas balok
|
9x35 menit
3 pertm
|
Buku Penjasorkes Kls. 3 Penerbit Erlangga
Halaman: 2 dan
5
|
|
B. Latihan Lari
|
1.1.5 Melakukan lari estafet
1.1.6 Melakukan lari sambil mendorong balon
dengan koran
|
- berlari
melingkar
-
berlari dengan balon
|
Tes
pemberian tugas
(perorangan)
|
Tes
praktik
|
- Lakukan
lari estafet dengan regumu
- Lakukan
lari dengan mendorong balon menempuh
jarak 10 meter
|
Buku Penjasorkes kls 3 penerbit Erlangga
Halaman : 6 dan 7
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.2 Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk
dan menekuk dalam permainan sederhana serta aturan, dan kerja sama
|
C. Mengayun lengan
|
1.2.1 Melakukan
gerakan mengayun ke dua lengan
|
- Permainan bandul jam
|
Tes pemberian
tugas (perorangan)
|
Tes
praktik
|
- Lakukanlah
mengayun kedua tangan dari depan melingkar ke belakang
- Lakukanlah mengayun kedua tangan ke samping kanan dan kiri
|
6x35 menit
2 pertm
|
Buku Penjasorkes kls. 3
Penerbit Erlangga
Halaman: 8
|
|
D. Membungkuk
|
1.2.2 Melakukan gerakan membungkuk permainan
bola beranting
1.2.3 Melakukan membungkuk sambil bernyanyi
|
- Bola beranting / terowongan
- Bernyanyi Kepala, pundak, lutut, kaki
|
Tes
pemberian tugas (beregu)
|
Tes
praktik
|
- Lakukanalah
membungkukkan badan lalu gelindingkan bola ke teman yang berdiri dibelakangmu
-
secara beregu nyanyia “ kepala, pundak, lutut kaki
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 9
Buku Penjasorkes
kls. 3. Penerbit Erlanga
Halaman: 10
|
|
1.3.Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dg koordinasi yang
baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama
|
E. Permainan
bola
|
1.2.7 Melakukan
gerakan lempar tangkap bola
|
-
melempar dan menangkap dari arah samping
|
Tes
pemberian tugas
|
Tes
praktik
|
- Lakukanlah
lempar tangkap bola dari arah samping dengan jarak 3mt
|
6 x 35 meneit
2 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3 Penerbit Erlangga
Halaman: 11
|
1.2.8 Melakukan menendang bola dan menahan bola
|
- menendang bola plastik dengan kaki kanan / kiri
- menahan bola plastik dengan kaki kanan /
kiri
|
Tes
pemberian tugas
|
Tes
praktik
|
- Lakukanlah gerakan menendang dan benahan bola dengan benar.
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit erlangga
Halaman: 12
|
|||
Uji
Kompetensi / evaluasi SK.1
|
|
|
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kelas 3 Penerbit Erlangga
halaman : 13 - 14
|
Standar Kompetensi : 2. Mempraktikkan
aktivitas kebugaran jasmani secara sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan
kekuatan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai disiplin
|
A. Latihan
kekuatan
|
2.1.1 Melakukan
gerakan jalan kepiting
|
- sikap awal
- Pelaksanaan
- sikap akhir
|
Tes
pemberian tugas
(perorangan)
|
Tes
praktik
|
- Lakukanlah gerakan menirukan jalan kepiting menempuh jarak 5
meter
|
9 x 35 menit
3 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 16
|
|
2.1.2 Praktik
menirukan jalannya gajah
2.1.3.
Melakuakan menggendong teman yang seimbang
|
- berjalan merangkak
- menggendong teman
Sepadan.
|
Tes
pemberian tugas (perorangan)
Tes
Pemberian tugas
|
Tes
praktik
tes
praktek
|
- Tirukan jalan seperti jalannya gajah
- Lakukanlah latihan menggendong teman yang
sepadan / seimbang
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 16
Buku Penjasorkes
kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 18
|
||
* Melatih otot bahu
dengan
alat
|
2.1.4 Mempraktikkan
tarik tambang
|
- Gerakan
tarik tambang
|
Tes pemberian
tugas (beregu)
|
Tes
praktik
|
- Pratikkanlah lomba tarik tambang dengan regumu
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 17
|
||
|
2.1.5. Melakukan Gerobak dorong
2.1.6 Melakukan gerakan menggantung ditongkat
yang dipegang dua temannya
|
-
bobak dorong berpasangan
- Gerakan
menggantung ditongkat
|
Tes
Pemberian tugas
Tes
pemberian tugas
(beregu)
|
Tes
praktik
|
-
Lakukanlah permainan gobak dorong berpasangan dengan benar
- Lakukan
gerakan menggantung ditongkat yang dipegang teman
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 19
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan
untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin
|
B.
Bentuk-bentuk
latihan untuk meningkatkan daya tahan
|
2.2.1 Melakukan kegiatan jalan dan lari yang
dikombinasikan sesuai perintah guru
|
- Gerakan
jalan dan lari
|
Tes
pemberian tugas
(kelompok)
|
Tes
praktik
|
- Lakukan jalan dan berlari sesuai aba- aba yang diisyaratkan
|
6 x 35 menit
2 pertm
|
Buku Penjasorkes kls 3 Penerbit Erlangga halaman : 20
|
|
2.2.2 Melakukan gerakan lari dari pos A ke pos B
memindahkan tongkat
2.2.3. Melakuakan Permainan
mancarai tempat tinggal
2.2.4. Melakukan Permainan
Merebut Benteng
|
- Gerakan memindahkan tongkat
- Mencari tempat
tinggal
- Permaina Benteng
|
Tes
pemberian tugas (kelompok)
tes
Pemberian tugas
Tes
Pemberian tugas
|
Tes
praktik
Tes
Praktek
Tes
praktek
|
- Lakukan cepat-cepat lari dari pos A ke pos B dengan memindahkan
tongkat
- Lakukanalah Pemainan mencari tempat
tinggal dengan kelompokmu.
- Lakukanalah dengan berpasangan
permainan benteng
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit erlangga
Halaman: 21
Buku Penjasorkes
kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 22
Buku Penjasorkes
kls. 3
Penerbit Erlangga
Halaman: 23
|
||
Uji Kompetensi / Evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 24
|
Standar Kompetensi
3. Mempraktikkan gerakan senam lantai, senam ketangkasan dasar dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Mempraktikkan keseimbangan dalam bentuk senam lantai dasar,
serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
|
A. Latihan keseimbangan dalam bentuk senam lantai
dasar
|
3.1.1. Melakukan gerakan berdiri satu kaki ditekuk
sila
3.1.2. Melakukan gerakan berdiri dengan kaki kiri
lurus ke belakang bergantian
3.1.3 Melakukan gerakan berdiri satu kaki lurus
ke depan
|
- keseimbangan bertumpu pada kaki kiri (
bergantian )
- keseimbangan variasi belakang
- Gerak dasar keseimbangan
|
Pemberian tugas (perorangan)
Pemberian tugas (perorangan)
|
Tes
praktik
Tes
praktik
Tes praktik
|
- Lakukanlah gerakan kaki tekuk bersila
bergantian, masing – masing 5 detik
- Lakukanlah gerakan keseimbangan dengan
variasi belakang dengan benar !
- Lakukan gerakan mengangkat satu
kaki
|
6 x 35 menit
2 pertm
|
Buku Penjasorkes kls. 3 Penerbit Erlangga halaman
: 26
Buku Penjasorkes kls. 3. penerbit Erlangga
Halaman: 26
Buku Penjasorkes kls. 3. Penerbit Erlangga
Halaman: 27
|
|
|
3.1.4 Melakukan gerakan sikap kapal terbang
|
- Gerak dasar keseimbangan
|
Pemberian tugas (perorangan)
|
Tes praktik
|
- Lakukan
gerakan sikap kapal terbang
|
Buku Penjasorkes kls. 3. Penerbit Erlangga
Halaman: 27
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.2. Mempraktikkan gerak kombinasi senam ketangka-san dasar,
serta nilai keselama-tan, disiplin dan keberanian
|
B. Gerak kombi-nasi senam ketangkasan
|
3.2.1 Melakukan
loncat tegak
|
- Gerak
senam ketangkasan tanpa alat
|
Tes pemberian
tugas (perorangan)
|
Tes praktik
|
- Lakukan
loncat tegak
|
6 x 35 menit
2 pertem
|
Buku Penjasorkes kls. 3. penerbit Erlangga
Halaman: 28
|
|
3.2.2 Melakukan
loncat kangkang
|
- Gerak
senam ketangkasan tanpa alat
|
Tes pemberian
tugas (perorangan)
|
Tes
praktik
|
- Lakukan
gerakan loncat kangkang
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 28
|
||
3.2.3 Melakukan gerakan loncat jongkok dari peti
|
- Gerak senam ketangkasan dengan alat
|
Tes pemberian
tugas (perorangan)
|
Tes
praktik
|
- Lakukan
loncat jongkok dari atas peti dengan benar
|
Buku Penjasorkes kls. 3. Penerbit Erlangga
Halaman: 29
|
|||
3.3.4.
Melakukan gerakan meroda
|
- Gerakan
meroda tanpa awalan
|
Tes pemberian tugas
(perorangan)
|
Tes
praktik
|
- Lakukan gerakan meroda dengan benar
|
Buku Penjasorkes kls.3. Penerbit Erlangga
Halaman: 29
|
|||
Uji
Kompetensi / Evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 30
|
Standar Kompetensi
4. Mempraktikkan gerak dasar melalui aktifitas ritmik dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1 Mempraktikkan gerak dasar meng-ayun dan menekuk lutut dalam
aktivi-tas ritmik seder-hana tanpa musik, serta nilai percaya diri dan
disiplin
|
A. Langkah berirama
Gerak dasar mengayun dalam gerak dasar ritmik
sederhana tanpa alat
|
4.1.1 Melakukan
gerakan mengayun langkah jalan
4.1.2 Melakukan
gerakan mengayun langkah lari
|
- Gerak
mengayun langkah jalan
- Gerak
mengayun langkah lari
|
Tes
pemberian tugas (perorangan)
Tes
pemberian tugas (perorangan)
|
Tes
praktik
Tes
praktik
|
- Lakukan
gerakan mengayun langkah jalan
- Lakukan
gerakan mengayun langkah lari
|
3 x 35 menit
1 pertem
|
Buku Penjasorkes Kls.3. Penerbit erlangga Hal : 32
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga Hal: 32
|
|
|
4.1.3 Melakukan gerakan gabungan mengayun
langkah jalan dan lari
|
- Gerak
gabungan
|
Tes pemberian
tugas (perorangan)
|
Tes
praktik
|
- Lakukan
gerakan gabungan mengayun langkah jalan dan lari
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit erlagga hal: 33
|
|
B. Gerak dasar menekuk lutut dalam aktivitas ritmik
sederha-na tanpa alat
|
4.1.4 Melakukan gerakan menekuk lutut kanan dan
kiri ke belakang
|
- Gerak
menekuk lutut kanan dan kiri ke belakang
|
Tes
pemberian tugas
(perorangan)
|
Tes
praktik
|
- lakukan gerakan menekuk lutut kanan dan kiri ke belakang
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit erlangga hal: 34
|
||
4.1.5 Melakukan
gerakan menekuk lutut kanan dan kiri ke depan bergantian
|
- Gerak
menekuk lutut kanan dan kiri ke depan bergantian
|
Tes
pemberian tugas
(perorangan)
|
Tes
praktik
|
- Lakukan gerakan menekuk lutut kanan dan kiri ke depan
bergantian
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit erlangga
Hal: 34
|
|||
4.1.6 Melakukan gerakan rangkaian mengayun dan
menekuk lutut
|
- Gerak rangkaian mengayun dan menekuk lutut
|
Tes
pemberian tugas
(perorangan)
|
Tes
praktik
|
- Lakukan gerakan rangkaian mengayun dan menekuk lutut
|
Buku Penjasorkes kls.3 Penerbit Erlangga halaman : 35 - 36
|
|||
4.2 Mempraktikkan gerak dasar meng-ayun
dan menekuk lutut dalam aktivi-tas ritmik seder-hana beregu tanpa atau dengan
iringan musik, serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama
Uji Kompetensi / Evaluasi
SK. 4
|
C. Gerak dasar mengayun dan menekuk lutut beregu
|
4.2.1 Melakukan
gerak langkah jalan dan langlah lari secara beregu
|
- Gerak
langkah
jalan dan lari beregu
|
Tes
pemberian tugas
(perorangan)
|
Tes
praktik
|
-
Lakukan
gerakan langkah jalan dan lari beregu
|
6 x 35 menit
2 pertem
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 37
Buku Penjasorkes kl.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 38
|
Standar Kompetensi
5. Menerapkan budaya
hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Menjaga kebersihan pakaian
5.2. Mengenal
kebutuhan tidur dan istirahat
|
A. Menjaga kebersihan pakaian
|
5.1.1 Guru
menjelaskan tentang kegunaan atau fungsi pakaian di dalam kehidupan
sehari-hari
|
- Kegunaan
pakaian
|
Tes tertulis
|
Tes tertulis
|
- Jelaskan
kegunaan pakaian
|
3 x 35 menit
1 pertem
|
Buku Penjasorkes kls. 3. Penerbit Erlangga halaman :
40
|
5.1.2 Guru
menjelaskan tentang cara menjaga kebersihan pakaian
|
- Menjaga
kebersihan pakaian
|
Tes tertulis
|
Tes tertulis
|
- Sebutkan
beberapa cara menjaga kebersihan pakaian
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit erlangga
Halaman: 41
|
|||
5.1.3 Menyesuaiakan
pakaian dalam kegiatan
|
- Penyesuaian
berpakaian
|
Tes
pemberian tugas (perorangan)
|
Tes tertulis
|
- Praktikkan
cara menggosok pakaian
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 40
|
|||
B. Tidur dan istirahat
|
5.1.4. Melakukan rutinitas tudur dengan baik dan
teratur
|
- tidur sesuai kesehatan
|
tes
|
Tes tertulis
|
- Lakukanlah tidur dengan teratur.
|
3 x 35 menit
1 pertem
|
Buku Penjasorkes kls. 3
Penerbit erlangga
Halaman: 41 - 42
|
|
Uji
kompetensi / Evaluasi
SK. 5
|
|
|
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 42, 43, 44
|
SILABUS PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Sekolah : SD / MI .....................
Kelas : 3 ( tiga )
Mapel : Penjasorkes
Semester : 2 ( dua )
Standar
Kompetensi
6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam
permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat
dengan koordina-si yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai
kerjasama, toleransi, kejujur-an, tanggung jawab dan meng-hargai lawan atau
diri sendiri
|
A. Gerak dasar
Jalan.
B. Gerak Dasar Melompat
|
6.1.1 Melakukan gerak jalan menyilang
6.1.2 Melakukan gerak jalan jinjit silang
6.1.3 Melakukan permainan tongkat estafet.
6.1.4 Melakukan Permainan di taman harta karun
|
- Gerak jalan menyilang
- jalan jinjit silang
- Permainan tongkat estafet
- Bermaian di taman harta karun
|
Tes
pemberian tugas
(kelompok)
Tes
pemberian tugas
(kelompok)
Tes
pemberian tugas
(kelompok)
Tes
Pemberian tugas
|
Tes
praktik
Tes
praktik
Tes
praktik
Tes
Praktek
|
- Lakukan jalan menyilang dengan benar.
- Lakukan berjalan sambil
jinjit silang
- Praktikkan permainan menghindar bencana
- Lakukanlah permainan di taman
harta karun
|
12 x 35 menit
4 pertem
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 46
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 47
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 48
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 49
|
6.1.5 Melakukan permainan mencapai titik
sasaran
6.1.6. Melakukan lompat
sambil
berputar
6.1.7. Melakukan meloncat dan
Melompat dengan satu
kaki
6.1.8. Melakukan Permaina
Lompat tali
|
- Permainan titik sasaran beregu
- Melompat dan berputar
- Melompat dan meloncat satu
kaki
- Lompat tali
|
Tes
pemberian tugas (kelompok)
Tes
Pemberian tugas
Tes
Pemberian tugas
Tes
Pemberian tugas
|
Tes
praktik
Tes
Praktek
Tes
Praktek
Tes
Praktek
|
- Lakukanlah secara beregu permainan titik sasaran
- Lakukanlah loncat – loncat dan berputar
180 derajat
- Lakukanlah Melompat dan meloncat dengan satu kaki
bergantian dengan benar.
- Lakukanlah Permainan lompat
tali dengan benar.
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 50
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 51
Buku
Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 51
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 52
|
|||
6.2 Mempraktikkan kombinasi gerak memutar, mene-kuk lutut,
menga-yun lengan dan meliukkan badan dengan koordina-si gerak yang baik dalam
per-mainan sederha-na, serta nilai kerjasama dan menghargai lawan atau diri
sendiri
|
C. Gerak dasar
menekuk
|
6.2.1 Melakukan
gerak dasar menekuk lulut
6.2.2 Melakukan gerak angin
|
- menekuk
lutut
- Gerak
angin
|
Tes
penugasan
Tes
penugasan
|
Tes
praktik
Tes
prakt
|
- Lakukanlah gerak menekuk lutut dengan permainan bola beranting
- Lakukanlah
gerak angin berkelompok
|
6 x 35 menit
2 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 53
Buku Penjasorkes kls.3
Erlangga hal. 54
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar menvoli, memantulkan,
menendang, dan mengontrol bola dengan koordi-nasi yang baik dalam permainan sederhana,
serta nilai kerjasama, toleransi, tanggung jawab, menghargai lawan atau diri
sendiri, dan bersedia berbagi tempat dan peralatan dalam bermain
|
D. Bermaian
Dengan
bola (Pola gerak manipulasi )
|
6.3.1 Melakukan
gerak dasar menvoli
6.3.2 Melakukan
gerakan memantulkan bola ke sasaran
6.3.3 Melakukan
gerakan menendang bola
6.3.5 Mempraktikkan
permainan mengontrol dan mengoper bola
|
- Gerak
menvoli
- Gerak
memantul
- Gerak
menendang bola
- Gerak
mengontrol dan mengoper bola
|
Tes Pemberian tugas
Pemberian tugas
Pemberian tugas
Pemberian tugas
|
Tes praktik
Tes praktik
Tes praktik
Tes praktik
|
- Lakukan
gerakan menvoli
- Pantulkan
bola ke dinding lalu tangkap lagi
- Lakukan
gerakan menendang bola ke gawang
- Lakukan
gerakan mengontrol dan mengoper bola ke sasaran
|
6 x 35 menit
2 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 55
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 57
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 56
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 57
|
Ui kompetensi SK. 6
|
|
|
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 58
|
Standar Kompetensi
7. Mempraktikkan
latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan
kelentukan dan kelenturan, serta nilai disiplin dan keselamatan
|
A. Latihan meningkatkan kelentukan dan kelenturan
|
Mempraktikkan berbagai bentuk kelentukan dan kelenturan
|
Gerakan melenturkan tubuh (
latihan 1 s/d 3
|
Tes pemberian tugas
|
Tes praktik
|
Lakukan gerakan yang dapat melenturkan tubuh
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 60 - 61
|
7.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan
koordinasi gerak dan nilai disiplin
|
B. Latihan koordinasi gerak
|
Melakukan latihan duduk sambil meluruskan kaki depan dan belakang menempel
lantai
|
- duduk kangkang depan
( spils depan )
- duduk kangkang samping ( splits samping )
- kayang sambil jalan
|
Tes pemberian tugas
|
Tes praktik
|
Luruskan kaki ke depan dan belakang sampai
tubuh menempel lantai
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 62 - 63
|
Uji kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 64
|
Standar Kompetensi
8. Mempraktikkan
senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Mempraktikkan senam ketangka-san
sederhana tanpa alat, dan nilai disiplin
|
A. Senam ketangkasan
I
|
Mempraktikkan rangkaian
gerakan ketangkasan tanpa alat
|
-
meloncat
-
melompat
-
keseimbangan
-
merangkak
|
Pemberian tugas
|
Tes praktik
|
Lakukanlah gerakan ketangkasan sesuai gambar pada
bukumu
|
3 x 35 menit
1 x pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 66 - 67
|
8.2 Mempraktikkan senam ketangka-san yang agak kompleks
meng-gunakan alat dan nilai disiplin
|
Senam ketangkasan II
|
Mempraktikkan rangkaian gerakan ketangkasan dengan alat
|
-
lompat
berpasangan
-
lompat
dari atas peti
-
guling
depan
-
guling
belakang
|
Pemberian tugas
|
Tes praktik
|
Lakukanalah gerakan sesuai gambar pada
bukumu
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 68 -
69
|
Uji kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 70
|
Standar Kompetensi
9. Mempraktikkan
gerak ritmik dasar yang berorientasi dengan arah, ruang, dan waktu dengan atau
tanpa musik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1 Mempraktikkan gerakan lokomo-tor dalam gerak ritmik
diorienta-sikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual dengan atau
tanpa menggu-nakan musik serta nilai percaya diri dan disiplin
|
A. Langkah tunggal / Gerak lokomotor dalam ritmik
|
9.1.1 Melakukan
berbagai gerakan langkah tunggal yang dipadukan dengan gerakan tangan
9.1.2 Mempraktikkan gerakan langkah ganda yang
disesuaikan dengan irama
|
- Gerak langkah tunggal
- Gerak langkah ganda
|
Tes penugasan
Tes penugasan
|
Tes praktik
Tes praktik
|
- Lakukan
langkah langkah tunggal yang dipadukan dengan gerakan tangan
- Lakukan gerak langkah ganda yang sesuai dengan irama
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman:
72 - 73
|
9.1.3 Melakukan gerakan langkah “V” yang
dipadukan dengan gerakan tangan
|
- Gerak
langkah “V”
|
Tes penugasan
|
Tes praktik
|
- Lakukan gerak langkah “V” yang dipadukan dengan gerakan tangan
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 74 - 77
|
|||
9.2 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam
aktifitas ritmik yang berorientasi pada arah ruang dan waktu secara beregu
dengan atau tanpa musik serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama
Uji
Kompetensi / Evaluasi
|
B. Langkah Ganda / Gerak
lokomotor dalam ritmik
|
9.2.1 Mempraktikkan
kombinasi gerakan langkah tunggal dan langkah ganda yang dipadukan dengan
gerakan lain dan diiringi lagu
|
- Kombinasi
gerak langkah tunggal dan langkah ganda
|
Tes penugasan
|
Tes praktik
|
- Praktikkan
gerak kombinasi langkah tunggal dan ganda secara beregu diiringi musik
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 78
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 72 - 77
|
Standar Kompetensi
10. Mempraktikkan
gerak dasar renang gaya dada, dan nilainilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1 Mempraktikkan
gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai
kebersihannya
|
A. Renang gaya
dada
|
Mempraktikkan
gerak dasar renang gaya
dada : meluncur, menggerakkan lengan
|
- Gerak
meluncur
- Gerak
lengan
|
Tes penugasan
|
Tes praktik
|
- Lakukan
gerakan meluncur
|
6 x 35 menit
2 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 80 - 82
|
10.2 Mempraktikkan cara bernafas renang gaya dada dan nilai kebersihannya
|
B. Latihan bernafas
|
Mempraktikkan
cara bernapas pada renang gaya
dada
|
- Gerakan
mengambil napas
|
Tes penugasan
|
Tes praktik
|
- Lakukan
gerakan mengambil napas pada renang gaya
dada
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 83 - 84
|
10.3 Mengkombi-nasikan gerakan lengan dan tungkai
renang gaya dada dan nilai kebersihannya
|
C. Kombinasi Gerakan
|
Mempraktikkan kombinasi gerakan
tangan, kaki dan mengambil napas pada renang gaya dada
Uji kompetensi
|
- Gerakan
lengan dan tungkai
|
Tes penugasan
|
Tes praktik
|
- Praktikkan
gerakan kombinasi tangan dan kaki
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 84 – 85
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 86
|
Standar Kompetensi
11. Mempraktikkan
Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas jasmani dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1 Mempraktikkan
gerak lokomotor dalam mengikuti jejak dan nilai disiplin, kerja sama,
memper-hatikan faktor keselamatan
|
A. Jalan – jalan di sekitar sekolah
|
Melakukan jalan-jalan di perkampungan sekitar sekolah dan belajar membuat
denah jalan yang dilalui
|
- Kegiatan
jalan-jalan
|
Tes ketrampilan
|
Tes praktik
|
- Lakukan jalan-jalan di perkampungan dan buatlah denah jalan
yang dilewati
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 88 - 90
|
11.2 Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di
lingkungan sekolah
|
B. Tempat bermain
yang
aman
|
Menentukan tempat
yang nyaman untuk bermain dilanjutkan bermain bebas ditempat yang sudah
dipilih
|
- Mencari tempat lapang untuk bermain
|
Tes ketrampilan
|
Unjuk kerja
|
- Tentukan tempat yang nyaman untuk bermain
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 91 - 92
|
11.3 Mempraktikkan penjagaan kese-lamatan diri
dan orang lain selama melakukan akti-vitas dilingku-ngan sekitar sekolah, dan
nilai kebersihan
|
Gerak lokomotor (jalan-jalan)
|
Menjelaskan tempat-tempat yang membahayakan untuk
bermain
Uji kompetensi
|
- Tempat
berbahaya untuk bermain
|
Tes ketrampilan
|
Unjuk kerja
|
- Hindari tempat-tempat yang berbahaya
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 91
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 93 - 94
|
Standar Kompetensi
12. Menerapkan budaya
hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1 Mengenal
bahaya penyakit diare, demam berdarah
dan influenza
|
A. Diare
|
Menjelaskan
bahaya penyakit diare
|
- Bahaya
penyakit menular
|
Tes penugasan
|
Tes isian
|
- Apa
penyebab penyakit diare
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 96 - 97
|
12..2 Mengenal Kebersihan
linkungan
|
B. Demam berdarah
|
Menjelaskan ciri
– ciri nyamuk DB
|
-
gejala
-
pencegahan
|
Tes penugasan
|
Tes tertulis
|
- Bersihkan
selokan, genangan air di SD/ MI kita bersama-sama
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 98 - 99
|
|
C. Influenza
D. Kebersihan
jamban
|
Menjelaskan terjadinya influenza
Menjelaskan manfaat dan cara membersihkan jamban
Uji kompetensi
|
-
gejala
-
penularan
-
pencegahan
Kebersihan jamban
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman:
100 – 101
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 101
Buku Penjasorkes kls.3
Penerbit Erlangga
Halaman: 102 - 103
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar