JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 2A
TEMA: LINGKUNGAN
KITA
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALKS
WAKTU
|
SARANA
DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia
tumbuhan dan dunia hewan.
Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam.
|
·
Menjelaskan sikap kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar.
·
Menceritakan
pentingnya memelihara lingkungan.
·
Menceritakan akibat dan kerugian jika tidak memelihara lingkungan.
|
·
Mengamati gambar orang yang bersikap menjaga lingkungan.
·
Bertanya jawab tentang makna gambar.
·
Berdiskusi tentang sikap kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
·
Menjelaskan sikap kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar.
·
Menceritakan
pentingnya memelihara lingkungan.
·
Menceritakan akibat dan kerugian jika tidak memelihara lingkungan.
|
2
minggu
|
§ Standar
Isi 2006 SD Mata Pelajaran Agama, PKn, IPS, Bhs
§ Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan
Pendekatan Tematik Kelas IIA.
§ Buku Kerja Kelas IIA mata pelajaran Bhs Indonesia, IPA,
IPS dan Matematika.
§ Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama,
PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan
Penjas.
|
§
Penilaian Obyektif.
§
Penilaian Subeyktif.
§
Penilaian Lisan.
§
Penilaian Unjuk Kerja.
§
Penilaian Produk.
§
Penilaian Portofolio.
§
Penilaian Tingkah laku.
§ Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.
§ Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti
pelajaran
§
Mencatat aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan
§ Mengamati aktivitas siswa dalam merespon
pertanyaan guru
§
Mengamati dan menilai siswa dalam
mengungkapkan perasaannya dalam bercerita.
§
Mengamati dan menilai sikap perilaku
siswa dalam menceritakan isi teks/bacaan
|
IPS
Menceritakan
hal-hal penting yang berhubungan dengan lingkungan.
|
· Menyebutkan
jenis-jenis lingkungan.
· Menceritakan manfaat lingkungan bagi makhluk hidup.
· Menceritakan dampak polusi dan sampah.
|
·
Mengamati
gambar lingkungan alam dan buatan
·
Berdiskusi
tentang sikap dan perilaku dalam menjaga lingkungan
·
Menyebutkan
tata cara berperilaku di tempat umum.
|
|||
MATEMATIKA
Mengukur berat benda
|
· Mengukur berat benda dengan
menggunakan satuan tidak baku
· Mengukur berat benda dengan
menggunakan satuan baku.
· Mengurutkan ukuran anak timbangan.
|
· Mengukur berat benda dengan
menggunakan satuan tidak baku
· Mengukur berat benda dengan
menggunakan satuan baku.
· Mengurutkan ukuran anak timbangan.
|
|||
IPA
Mengidentifikasi
tempat hidup makhluk hidup.
|
· Menggunakan kosakata sains
untuk menjelaskan nama benda, makhluk hidup dan fenomena alam.
· Mengungkapkan gagasan secara lisan
· Menunjukkan hasil kegiatan
dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
· Bekerjasama dengan teman.
· Memberi tanggapan secara santun.
|
· Menggunakan kosakata sains
untuk menjelaskan nama benda, makhluk hidup dan fenomena alam.
· Mengungkapkan gagasan secara lisan
· Menunjukkan hasil kegiatan
dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
· Bekerjasama dengan teman.
· Memberi tanggapan secara santun.
|
|
|
8. Mengumpulkan
hasil karangan siswa
9. Mengumpulkan
dan menilai hasil tugas siswa
|
BI
Mendengarkan:
Mendeskripsikan isi puisi.
Berbicara:
Mendeklamasikan puisi denganekspresi yang tepat.
Membaca:
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
Menulis:
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
|
· Menjawab pertanyaan tentang wacana lingkungan kita.
· Menjelaskan isi wacana
tentang lingkungan kita.
· Menggunakan kalimat tanya
untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat.
· Menanyakan atau menanggapi pengalaman
teman sekelas.
· Membaca teks cerita dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
· Menceritakan isi teks yang
dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
· Menulis pengalaman dengan
huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
· Menulis kalimat sederhana
yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
|
· Menjawab pertanyaan tentang wacana lingkungan kita.
· Menjelaskan isi wacana
tentang lingkungan kita.
· Menggunakan kalimat tanya
untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat.
· Menanyakan atau menanggapi pengalaman
teman sekelas.
· Membaca teks cerita dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
· Menceritakan isi teks yang
dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
· Menulis pengalaman dengan
huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
· Menulis kalimat sederhana
yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
|
|
§ Lingkungan sekitar (Rumah, RT/RW, Desa Sekolah)
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006 untuk TK,
SD/MI.
|
Mengamati dan menilai cara
membaca teks
|
ORJASKES
Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang
menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab,
menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.
|
·
Melakukan permainan “Bola Rintangan” di dalam kelompok.
|
·
Melakukan permainan “Bola Rintangan” di dalam kelompok.
|
|
|
§
Mengumpulkan dan menilai hasil
pekerjaan siswa.
§
Mengamati dan menilai sikap perilaku
siswa dalam menjawab pertanyaan untuk mengetahui pemahaman materi yang telah dipelajari.
|
SENI-BUDAYA
& KETERAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif.
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
|
· Membuat gambar tentang lingkungan alam atau lingkuangan
buatan.
·
Menyanyikan
lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
|
· Membuat gambar tentang lingkungan alam atau lingkuangan
buatan.
·
Menyanyikan
lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
|
|
|
RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1, 2, 3 dan 4
TEMA :
LINGKUNGAN KITA
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§
Mengenal
pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan (PKn).
§
Melaksanakan
pemeliharaan lingkungan alam.
§ Menceritakan hal-hal penting yang berhubungan dengan
lingkungan (IPS).
§ Mendengarkan: Mendeskripsikan isi puisi (BI).
§ Berbicara: Mendeklamasikan puisi denganekspresi yang
tepat.
§ Membaca: Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf
capital dan tanda titik.
§ Mengidentifikasi tempat hidup makhluk hidup (IPA).
§ Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (SE-BUD).
§ Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang
dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJAS).
II. INDIKATOR
§
Menjelaskan
sikap kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar (PKn)
§ Menceritakan pentingnya memelihara lingkungan.
§
Menceritakan
akibat dan kerugian jika tidak memelihara lingkungan.
§
Menjawab
pertanyaan tentang wacana lingkungan kita (BI).
§
Menjelaskan
isi wacana tentang lingkungan kita.
§
Menggunakan
kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat.
§
Menanyakan
atau menanggapi pengalaman teman sekelas.
§
Membaca
teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§
Menceritakan
isi teks yang dibaca mengguankan kalimat atau kata-kata sendiri.
§
Menulis
pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi
dan mudah dibaca.
§
Menggunakan
kosa kata sains untuk menjelaskan nama benda, makhluk hidup dan fenomena alam (IPA).
§ Mengungkapkan gagasan secara lisan.
§
Menunjukkan
hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
§ Bekerjasama dengan teman.
§ Memberi tanggapan secara santun.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik (SENI-BUD).
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§
Melakukan
permainan ”Bola Rintangan: dalam kelompok (ORJAS).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Desaku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Lingkungan Kita).
2.
Kegiatan Inti
1)
Meminta semua siswa
mengamati gambar di hal 118 dan 119
kemudian menugaskan siswa secara bergantian membaca teks/bacaan
tentang topik “Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan”.
2)
Bertanya jawab tentang isi
teks/bacaan secara klasikal, dan dikembangkan dengan pemahaman tentang
perbedaan lingkungan alam dengan lingkungan buatan.
3)
Semua dikelompokkan dengan
teman sebangkunya dan ditugaskan untuk mendiskusikan tentang apa saja yang dilakukan pada hari
libur atau hari minggu untuk menjaga dan melestarikan lingkungan di sekitar
rumah (BI, PKn, IPS, IPA, Mat).
4)
Bagian “Cakrawala” guru
menerangkan tentang lingkungan alam ciptaan Tuhan, dan lingkungan buatan yang
kedua-duanya harus dipelihara dengan baik supaya menguntungkan bagi manusia. (BI,
PKn, IPS, IPA, Mat).
5)
Siswa dikelompokkan dengan
teman di bangku sebelahnya dan ditugaskan untuk berdiskusi membahas :
§ mengapa lingkungan itu harus dirawat dan
§ mengapa lingkungan harus dijaga
kelestariannya.
§ Apakah di sekitar rumah ada lingkungan buatan dan
§ lingkungan alam, masing-masing siswa saling
bercerita dan
6)
Siswa mencatat cerita
temannya untuk dilaporkan kepada guru (BI, PKn, IPS, IPA, Mat)
7)
Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 120dan menugaskan
siswa secara bergantian membaca teks/bacaan tentang topik “Manusia dan Lingkungan”.
8)
Bertanya jawab tentang isi
dan makna teks, dilanjutkan dengan
membahas materi yang terkait dengan lingkungan (siapa saja yang memerlukan
lingkungan, bagaimana sikap kita semua terhadap lkingkungan) (BI, PKn, IPS,
IPA, Mat).
9)
Semua siswa ditugaskan
untuk membuat karangan sederhana tentang pengalamannya memelihara lingkungan
sekitar. (BI, PKn, IPS, IPA, Mat).
10) Siswa dikelompokkan dengan teman sebangkunya
dan ditugaskan untuk berdiskusi membahas tentang materi yang berhubungan dengan
lingkungan (apakah pernah kebanjiran ketika musim hujan, pernahkah mengalami
kesulitan memperoleh air bersih pada saat musim kemarau, apa yang dilakukan
siswa menghadapi keadaan seperti itu dsb) (BI, PKn, IPS, IPA, Mat).
11) Bertanya jawab tentang makna puisi dan apakah siswa ada yang pernah pergi ke
kota.? Kendaraan apa saja yang dijumpai di sana.? (mungkin ada motor, mobil,
delman, becak dsb) adakah pencemaran udara di kota itu?
12) Semua siswa diminta mengamati gambar dan
membaca teks/bacaan tentang “Polusi
Lingkungan” di hal 121 Kemudian bertanya jawab apa saja yang menyebabkan
polusi lingkungan, apa akibat dan pengaruh polusi terhadap manusia, bagaimana
cara mengatasi jika terkena polusi udara dan lingkungan. Semua siswa mencatat
kesimpulan (BI, PKn, IPS, IPA, Mat).
13) Mengajak siswa membaca puisi tentang “Banjir”.
14) Bagian “Cakrawala” guru memberikan penjelasan
bahwa polusi ada bermacam-macam.antara lain:
§ ada polusi udara,
§ polusi tanah,
§ polusi suara,
§ polusi air dsb).
Semua siswa mencatat penjelasan guru.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab
untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua
siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang lingkungan
alam dan buatan.
§ Lingkungan keluarga, sekolah,
alam dan buatan dan masyarakat.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS
dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
§ Penilaian Buku Kerja Tematik ESIS
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5, 6, 7, dan 8
TEMA :
LINGKUNGAN KITA
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§
Mengenal
pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan (PKn).
§
Melaksanakan
pemeliharaan lingkungan alam.
§ Menceritakan hal-hal penting yang berhubungan dengan
lingkungan (IPS).
§ Mendengarkan: Mendeskripsikan isi puisi (BI).
§ Berbicara: Mendeklamasikan puisi denganekspresi yang
tepat.
§ Membaca: Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf
capital dan tanda titik.
§ Mengidentifikasi tempat hidup makhluk hidup (IPA).
§ Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (SE-BUD).
§ Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJAS).
II. INDIKATOR
§
Menjelaskan
sikap kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar (PKn)
§ Menceritakan pentingnya memelihara lingkungan.
§
Menceritakan
akibat dan kerugian jika tidak memelihara lingkungan.
§
Menjawab
pertanyaan tentang wacana lingkungan kita (BI).
§
Menjelaskan
isi wacana tentang lingkungan kita.
§
Menggunakan
kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat.
§
Menanyakan
atau menanggapi pengalaman teman sekelas.
§
Membaca
teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§
Menceritakan
isi teks yang dibaca mengguankan kalimat atau kata-kata sendiri.
§
Menulis
pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi
dan mudah dibaca.
§
Menggunakan
kosa kata sains untuk menjelaskan nama benda, makhluk hidup dan fenomena alam (IPA).
§ Mengungkapkan gagasan secara lisan.
§
Menunjukkan
hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
§ Bekerjasama dengan teman.
§ Memberi tanggapan secara santun.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik (SENI-BUD).
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§
Melakukan
permainan ”Bola Rintangan: dalam kelompok (ORJAS).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Desaku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Lingkungan Kita).
2. Kegiatan
Inti
1)
Siswa dikelompokkan secara
acak dengan teknik menyebut nomor 1, 2, 3, 4. siswa yang menyebut nomor 1
semuanya berkumpul menjadi satu kelompok, nomor 2 juga satu kelompok demikian
pula yang nomor 3 dan nomor 4. Sehingga
ada empat kelompok besar di kelas.
2)
Semua kelompok
ditugaskan untuk mengidentifikasi macam-macam polusi yang ada disekitar
sekolah, apa yang dirasakan jika terkena polusi, semua siswa mencatat dan
melaporkan hasil diskusinya kepada guru. (BI,
PKn, IPS, IPA, Mat, Penjas).
3)
Kelompok masih
tetap dalam posisi kelompok besar
dan ditugaskan untuk mengerjakan bagian
“Ajang Pendapat” di hal 124. (memilih gambar dan memberikan alasannya) (BI,
PKn & PS, PA, Mat).
4)
Semua siswa
ditugaskan untuk membuat gambar tentang lingkungan alam atau buatan yang
diketahui selama ini. Tugas ini dituangkan di hal 125 bagian “Ekspresikan
Dirimu”. Setelah gambar selesai ditukarkan dengan milik temannya dan
masing-masing diharuskan memberi komentar terhadap gambar temannya. Gambar bisa
diberi warna, bisa juga tidak (gambar
itu tentang apa, apakah baik, dsb) (BI, PKn, IPS, IPA, Mat, penjas, Seni
Bud).
5)
Guru memberikan
penjelasan bahwa kalau menggambar supaya nampak indah sebaiknya diberi warna.
Ada berbagai jenis bahan membuat cat, ada cat buatan yang dibuat oleh manusia
seperti cat warna sintetis, cat air atau cat minyak dsb dan ada cat dari alam seperti (kunyit, daun
the, daun pacar cina dsb) (BI, PKn, IPS, IPA, Mat, penjas, Seni Bud).
6)
Gambar lingkungan
buatan, siswa diminta memberikan alasannya. Dilanjutkan dengan mengarang pengalaman siswa membersihkan lingkungan
sekitar rumah.
7)
Semua siswa
secara mandiri ditugaskan untuk mengerjakan teks/wacana yang belum lengkap di
halaman 126 (Ayo Bercerita) tentang topik ”Kerja Bakti”.
8)
Setelah selesai,
siswa dikondisikan untuk mengekspresikan diri dengan melakukan percakapan di
halaman 126. guru menunjuk beberapa
siswa untuk berperan menjadi Adi, dan ada yang menjadi Ibu Tarno. Setelah itu siswa diminta membuat sendiri
kalimat untuk bahan percakapan.
9)
Setelah selesai
dicobakan dan dilakukan percakapannya di depan kelas.
10) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi
”Berbudi Pekerti” (halaman 138) semua siswa diminta menulis ulang di buku
masing-masing dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif
yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab
untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua
siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang
lingkungan alam dan buatan.
§ Lingkungan keluarga, sekolah,
alam dan buatan dan masyarakat.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS
dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses)
§ Penilaian Buku Kerja Tematik ESIS
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9, 10, 11, dan 12
TEMA :
LINGKUNGAN KITA
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§
Mengenal
pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan (PKn).
§
Melaksanakan
pemeliharaan lingkungan alam.
§ Menceritakan hal-hal penting yang berhubungan dengan
lingkungan (IPS).
§ Mendengarkan: Mendeskripsikan isi puisi (BI).
§ Berbicara: Mendeklamasikan puisi denganekspresi yang
tepat.
§ Membaca: Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf
capital dan tanda titik.
§ Mengidentifikasi tempat hidup makhluk hidup (IPA).
§ Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (SE-BUD).
§ Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJAS).
II. INDIKATOR
§
Menjelaskan
sikap kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar (PKn)
§ Menceritakan pentingnya memelihara lingkungan.
§
Menceritakan
akibat dan kerugian jika tidak memelihara lingkungan.
§
Menjawab
pertanyaan tentang wacana lingkungan kita (BI).
§
Menjelaskan
isi wacana tentang lingkungan kita.
§
Menggunakan
kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat.
§
Menanyakan
atau menanggapi pengalaman teman sekelas.
§
Membaca
teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§
Menceritakan
isi teks yang dibaca mengguankan kalimat atau kata-kata sendiri.
§
Menulis
pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi
dan mudah dibaca.
§
Menggunakan
kosa kata sains untuk menjelaskan nama benda, makhluk hidup dan fenomena alam (IPA).
§ Mengungkapkan gagasan secara lisan.
§
Menunjukkan
hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
§ Bekerjasama dengan teman.
§ Memberi tanggapan secara santun.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik (SENI-BUD).
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§
Melakukan
permainan ”Bola Rintangan: dalam kelompok (ORJAS).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Desaku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Lingkungan Kita).
2.
Kegiatan Inti
1)
Bagian “Ekspresikan
Dirimu” siswa dikelompokkan dengan teman sebangku dan ditugaskan untuk melakukan dialog
percakapan seperti di hal 126 dan 127. Setelah itu siap siswa ditugaskan untuk
membuat percakapan sendiri sesuai dengan yang berkembang di masing-masing
kelompok. (BI, PKn, IPS, IPA, Mat, penjas, Seni Bud).
2)
Siswa secara
individu mengerjakan tugas bagian “Ekspresikan Dirimu” di hal 127 dan hasilnya
dikumpulkan kepada guru (BI, PKn, IPS, IPA, Mat, penjas, Seni Bud).
3)
Guru
bercerita tentang wacana dalam ”Cakrawala”:
§ Tempat makhluk hidup di darat
§ Hewan yang hidup di air
§ Hewan yang hidup di darat
§ Tumbuhan yang hidup di darat
§ Tumbuhan yang hidup di air
§ Tumbuhan yang hidup menempel di tumbuhan
lain.
4)
Setelah
selesai siswa ditugaskan untuk menuliskan nama-nama makhluk di lingkungan
sekitar (darat, air, udara dsb) sesuai dengan yang diketahui di lingkungan
rumah siswa.
5)
Bagian
“Ayo Berhitung” semua siswa ditugaskan membaca
dan memahami wacana “Mengukur Berat
Benda” di halaman 131 dan bertanya jawab dengan guru apabila ada yang tidak
dipahami.
6)
Dilanjutkan
dengan mengerjakan soal di hal 134, dan 135 Hasilnya dikumpulkan kepada guru :
§ Mengukur berat benda menggunakan satuan
tak baku (hal 132)
§ Mengukur berat benda menggunakan satuan
baku (hal 133)
§ Menentukan berat benda (hal 134)
7)
Bagian
“Ayo Bermain” semua siswa diajak keluar kelas untuk bermain “Bola Rintangan” dengan cara sebagai berikut:
8)
Siapkan
16 bola tenes warna warni berukuran 10 x
5 cm (4 bendera merah, 4 kuning, 4 hijau dan 4 biru) pasangkan bendera pada
batang sumpit (bisa dimodifikasi).
9)
Buat kelompok,
masing-masing beranggotakan 4 orang. Setiap kelompok memperoleh 4 bendera yang
sewarna.
10) Tentukan titik awal dan titik akhir
permainan. Letakkan masing-masing 1 botol di titik awal dan titik akhir
masing-masing kelompok. Tancapkan bendera pada botol yang berada di titik awal
bagi setiap kelompok.
11)
Masing-masing
kelompok menempatkan pemainnya
§ Pelari pertama menyerahkan bendera pada pelari kedua,
§ pelari kedua meneruskannya pada pelari
ketiga, dan
§ pelari ketiga menyerahkan pada pelari
keempat,
§ pelari keempat menancapkan bendera ke dalam
botol,
§ kemudian berlari ke titik awal.
12) Pelari keempat mengambil bola tenes kedua dan
menyerahkannya kepada pelari pertama di Pos B. Demikian selanjutnya.
13)
Kelompok yang paling cepat
menancapkan seluruh bendera akan menjadi pemenangnya.
14) Bagian “Ajang Pendapat” semua
siswa diminta mengamati gambar di hal 137 dan mengerjakan tugasnya. Hasil
pekerjaan dikumpulkan kepada guru (BI, PKn, IPS, IPA, Mat, penjas, Seni Bud).
15)
Bagian “Budi Pekerti”
semua siswa diminta mengamati gambar di
hal 138 dan membaca bacaannya. Semua siswa secara individu ditugaskan
untuk menyalin petunjuk Budi Pekerti.
16)
Dilanjutkan dengan
bertanya jawab apakah siswa sudah melakukan sebagaimana petunjuk budi pekerti
itu (BI, PKn, IPS, IPA, Mat, penjas, Seni Bud).
17)
Bagian “Ayo Belajar” semua
siswa secara individu ditugaskan untuk mengerjakan tugas melengkapi tabel di
hal 139 dan 140 sampai dengan 146. Hasil pelkerjaan siswa dikumpulkan sebagai
salah satu bagian dari portofolio.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab
untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua
siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang
lingkungan alam dan buatan.
§ Lingkungan keluarga, sekolah,
alam dan buatan dan masyarakat.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS
dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses)
§ Penilaian Buku Kerja Tematik ESIS
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
Catatan:
Pencapaian Kompetensi
Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai dengan
cara:
§ Menerapkan
setiap langkah strategi yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai
terakhir) dalam proses pembelajaran yang sudah dirancang.
§ Semua siswa mengerjakan soal-soal
latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan
Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur pencapaian indicator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar