SILABUS PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Sekolah : SD ……………..
Kelas : 2 ( dua )
Mapael : Penjasorkes
Semester : 2 (dua )
Standart Kompetensi :
6. Aktivitas Kebugaran Jasmani
SEMESTER : 2
Standart Kompetensi : 6. Mempraktikkan gerak dasar
kebugaran jasmani dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
pokok/
pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
indikator
|
Penilaian
|
Aloks
waktu
|
Sumber
belajar
|
||
teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
|
6.1.1.Melakukan perlombaan jalan dengan menggunakan lengan
bawah
|
1. berjalan dengan lengan bawah di antara ke
dua meja
|
Tes
praktik
|
Tes
kekuatan
daya tahan otot dada
|
Lakukanlah gerakan berjalan
dengan ke dua lengan bawah di antara dua meja dengan cepat dan benar
|
6 x 35
menit
2 pert
|
Buku Penjasorkes kls.2
Penerbit Erlangga
Hal: 58
|
6.1.2. Melakukan gerakan merambat di palang tunggal
dengan ke dua tangan
|
2. Merambat di palang tunggal
|
Tes
praktik
|
Tes
Kekuatan
daya tahan
|
Lakukanlah gerakan berjalan di palang tunggal dari
ujung ke ujung dengan benar
|
|
Buku Penjasorkes kls.2
Penerbit Erlangga
Halaman 59
|
||
6.1.3. Melakukan sikap menahan tubuh di palang
sejajar/ tunggal dengan ke dua tangan
|
3.Menahan badan di palang
|
Tes
Praktik
|
Tes
Kekuatan
Daya tahan
|
Lakukanlah gerakan menahan tubuh dengan kedua tangan
lurus di palang selama 5 detik
|
|
Buku Penjasorkes kls.2
Penerbit Erlangga
Halaman 59
|
||
|
B. Latihan dasar untuk meningkatkan otot punggung
|
6.1.4. Melakukan gerakan punguatan otot punggung
dengan permainan bola beranting lewat atas kepala secara beregu, anak
berbaris berbanjar sesuai regunya
|
1. permainan bola beranting
|
Tes
|
Tes
Kekuatan dan daya tahan otot
punggung
|
Lakukanlah permainan bola
beranting lewat atas kepala secara beregu
|
|
Buku Penjasorkes kls.2
Penerbit Erlangga
Halaman 60
|
6.2. Mempraktikkan latihan dasar
kelentukan persendian anggota badan bagian atas dengan mengukuti aturan
Uji Kompetensi
Sk. 6
|
C. Dasar – dasar kelentukan
persendian bagian atas, mulai dari panggul ke atas
|
6.2.1.Melakukan 2 variasi gerakan kelentukan dengan permainan balon
beranting secara beregu:
|
1. Variasi I
Dengan tangan kiri
2. Variasi II
Dengan tangan kanan
|
Tes
|
Tes: kelentukan pada, sendi bahu
dan otot dada
|
-
Lakukanlah
permainan balon beranting secara beregu
|
6 x 35
menit
2 pertm
|
Buku Penjasorkes kl.2.
Halaman : 61
Buku Penjasorkes
Kelas 2 Penerbit
Erlangga
Halaman: 62
|
Semester 2
Standar
Kompetensi : 7. Mempraktikkan Senam Ketengkasan sederhana dan nilai – nilai
yang terkandung di dalamnya
1
|
2
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.
Mempraktikkan dua bentuk senam ketangkasan melompat dan berputar 90 derajat
saat di udara melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan
faktor keselamatan
|
A. Senam Ketangkasan melompat
( Latihan Melompat )
|
7.1. Mengetahui kegunaan perkakas atau sebagian alat senam diantaranya:
* Kuda – kuda lompat
* Tangga
* Matras
|
1. Pengenlan
sebagian perkakas senam
|
tes
|
Tes pemahaman
|
jawablah
pertanyaan di bawah ini
1.
kuda – kuda lompat tergolong alat untuk …..
2.
Melakukan
guling depan di ……..
|
3 x 35
menit
1 pert
|
Buku Penjasorkes
kl.2 Penerbit Erlangga
Halaman : 65
|
|
7.2. Melakukan gerakan lompat tegak dari kuda – kuda lompat
Pelaksanaan:
-Anak naik dari tangga ke kuda lompat sedangkan guru memegang anak tsb
-Anak berdiri di tepi kuda lompat.
-Anak meloncat, turun dari kuda lompat ke matras dengan lutut ngeper
|
2. Lompat tegak
dari kuda lompat
|
Tes
|
Tes ketrampilan
Keberanian
|
* lakukanlah
lompat tegak dari kuda lompat dengan benar
|
6 x 35 menit
2 pert
|
Buku Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman : 65
|
|||
|
7.1.3. Melakukan gerakan berputar 90 derajat di atas matras.
Pelaksanaan:
-anak melompat dan berputar ke kanan 90 derajat
-berputar ke kiri
90 derajat
|
1. berputar 90
derajat di atas matras
|
tes
|
Tes ketrampilan, keseimbangan, keberanian
|
Lakukanlah
gerakan melompat dan berputar ke kanan, ke kiri 90 derajat dengan benar
|
Buku Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman : 64
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
|
C. Bentuk Senam
Ketangkasan melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan
faktor keselamatan.
|
7.1.5.Melakukan gerakan senam ketangkasan dengan melompati benda di
depannya
Pelaksanaan :
-anak naik ke kuda lompat
-anak berdiri diujung kuda lompat
-anak melompati bilah yang di pegang guru
-anak mendarat dengan kaki dua dan lutut ngeper
|
* lompat bilah
|
Tes
|
Tes ketangkasan,
Keberanian
keseimbangan
|
*Lakukanlah gerakan melompati benda/ bilah dengan awalan berlari
|
|
Buku Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman: 66
|
|
7.2. Mempraktikkan gerakan senam ketangkasan sederhana berjalan dan berguling
ke depan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan kontrol
yang baik
Uji Kompetensi SK 7
|
Rangkaian gerak Dasar senam
ketangkasan sederhana
( guling depan lanjutan )
Guling belakang lanjutan
|
7.2.1.Melakukan sikap awal sebelum ke gerakan senam sbb:
-berdidri rileks, wajah ceria,bibir senyum,pandangan ke matras
|
1. Sikap awqal
|
Tes
|
Tes
Sikap
|
*Lakukanlah sikap
awal sebelum melakukan gerakan senam di lantai
|
6 x 35
Menit
2 pert
6x35 mt
2 pertm
|
Buku Penjaorkes kl.2Penerbit Erlangga
Halaman : 67
|
|
7.2.2.Melakukan gerakan berjalan ke atas matras
Pelaksanaan:
-langkah rileks
-setiap melangkah ujung kaki selalu runcing
|
2.sikap berjalan
ke matras
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
*Lakukanlah sikap
berjalan ke matras atu ke arena lomba senam dengan benar
|
Buku Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman :
Gambar
|
||||
7.2.3. Melakukan
guling depan satu kali dengan posisi matras miring, seingga anak mudah
berguling
|
3. guling ke
depan
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
*Lakukanlah guling depan dengan benar
|
Buku Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Hal .gb.
|
||||
7.2.4. Melakukan sikap akhir guling depan
-anak berakhir debngan sikap jongkok
7.2.4. Melakukan guling belakang, mulai sikap awal, pelaksanaan dan sikap
akhir.
|
4. sikap akhir
guling depan
5. Rangkaian
guling belakang
|
Tes
|
Ter
Sikap
Tes ketrampilan
|
*Lakukanlah sekap
akhir dari guling depan
* Lakukanlah guling belakang dengan benar.
|
Bk.Penjasorkes kl.2 Penerbit Erlangga,Hal : 67
Buku Penjasorkes kl. 2 Penerbit
Erlangga Hal: 68
|
||||
Semester
2
Standar
kompetensi : 8. Mempraktikkan ketrampilan dasar ritmik diorientasikan
denganarah dan ruang dengan menggunakan atau
tanpa musi, memiliki pengetahuan dan nilai – nilai yang terkandung
didalamnya
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
8.1.Mempraktikkan
ketrampilan dasar gerak ritmik yang beroriaentasi pada arah dan ruang secara
berpasangan, menggunakan musik, serta nilai kerja sama dan disilin
|
A. Ketrampilan grak ritmik
berpasangan tanpa alat
|
8.1.1. Melakukan gerak atau jalan 3 langkah ke depan diawali kaki kiri
|
1.tiga langkah ke
depan
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
- Lakukanlah
gerak ritmik sambil benyanyi bersama
|
6 x 35
menit
2 Pertm
|
Buku Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman : 70 - 71
|
8.1.2. Melakukan gerak atau jalan,
kaki kanan merapat ke kaki kiri
|
2. gerakan
lanjutan, merapatkan kaki
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
- Lakukanlah gerakan lanjutan merapatkan kaki kanan ke kaki kiri
|
Buku PenjasorkesPenerbit Erlagga
Halaman 70 - 71
|
|||
8.1.3. Melakukan jalan ke belakang
tiga lingkah
|
3.tiga langkah ke
belakang
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan gerak
|
- Lakukanlah tiga langkah ke
blakang dan kaki kanan merapat ke kaki kiri
|
Bk.Penjasorkes
Penerbit Erlangga
Halaman : 70 - 71
|
|||
8.1.4. Melakukan gerak dengan melangkahkan kaki kiri merapat ke kaki kanan.
|
4. sikap kaki
merapat
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan gerak
|
- Lakukanlah sikap gerak merapatkan kaki kiri ke kaki kanan
|
Bk.Penjasorkes Kl.2
Penerbit Erlanga hal. .& 70 - 71
|
|||
8.1.5 Melakukan loncat tegak sambil berputar ke kanan sambil mengayun
tangan kanan ke atas sambil bersuara Ya!!!
|
5. meloncat ke
kanan
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
- Lakukanlah
loncat tegak dan berputar ke kanan sambil mengayun tangan ke atas dan bersuara ya!!
|
Bk.Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman: 70-71
|
|||
8.1.6. Melakukan berjalan membentuk lingkaran,sambil tepuk tangan dan
bernyanyi berpasangan
|
6. Berjalan berputar sambil tepuk tangan bernyanyi dan membentuk
lingkaran
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan gerak
|
- Lakukanlah
berjalan membentuk lingkaran berpasangan sambil tepuk tangan dan bernyanyi
|
Bk. Penjasorkes kl.2. Penerbit Erlangga
Hal.70 -71
|
|||
8.2. Mempraktikkan ketrampilan gerak dasar ritmik yang berorientasi
pada arah dan ruang secara beregu menggunakan atau tanpa musik serta nilai
kerja sama dan disiplin
|
B. Ketrampilan gerak ritmik beregu
|
8.2.. Melakukan gerak ritmik secara beregu dengan membentuk formasi
lingkaran kecil
-Anak mengulang pelajaran ritmik berpasangan diubah menjadi beberapa
regu.
-anak mernyanyi ‘ maju tiga langakah geleng kepala “
|
1. bernyanyi dengan foemasi lingkaran kecil
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan gerak dan lagu
|
- Lakukanlah gerak ritmik sambil bernyanyi membentuk lingkaran secara
beregu
|
6 x 35
menit
2 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2 Penerbit Erlangga
Hal: 72
|
l
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
|
8.2.2. Melakukan gerak ritmik
secara beregu dengan formasi lingkaran
besar
Pelaksanaan :
-
anak membentuk lingkaran besar dengan regunya
-
anakbernyanyi maju tiga langkah geleng kepala, mundur
tiga langkah geleng kepala, begitu seterusnya yang diikuti dengan gerakan
beregu
-
apabila sudah dipandang cukup, semua anak membuat satu
lingkaran besar dan bernyanyi bersama-sama.
|
2. bernyanyi dengan formasi lingkaran besar
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan gerak dan lagu
|
- Lakukanlah gerak ritmik sambil menyanyikan lagu, maju tiga langkah
geleng kepala, mundur tiga langkah geleng kepala, ya..!! berjalan berputar, membuat lingkaran,
sambil tepuk tangan bersama – sama
|
|
Bk. Penjasorkes kl.2. Penerbit Erlangga
Halaman : 73
|
Uji kompetensi
|
SK 8
|
|
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kl.2. Penerbit Erlangga
Halaman: 74
|
Semester 2
Standar Kompetensi :
9. Mempraktikkan gerak dasar renang, dan nilai – nilai yang terkandung di
dalamnya
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
9.1.
Mempraktikkan gerak lengan dan tungkai
untuk mengangkat tubuh di dalam air
*)
|
A. Mengenal Air
*( Gerak lengan
untuk mengangkat tubuh di dalam air)
B. Latihan
Gerakan tangan
|
9.1.1. Melakukan pengenalan di air kolam
9.1.2. Melakukan gerakan menepuk air dengan tangan secara bergantian dan
secara bersamaan
- telapak tangan membentuk cekungan
- jari jari rapat.
|
1. Masuk ke air
2. Berjalan di air
1. Menepuk air di kolam renang yang dangkal
|
Tes
Tes
Tes
|
Tes Ketrampilan
Tes Keberanian
Tes
Ketrampilan
|
Lakukanlah duduk
di bibir kolam dengan memainkan ke dua kaki di air
Lakukanlah
berjalan di air yang dangkal
- Lakukanlah
gerakan menepuk air di kolam renang dengan tangan bergantian
|
2 x 35
menit
1 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Hal: 76
Buku Penjasorkes
Kls. 2 Penerbit Erlangga
Halaman: 77
Buku Penjasorkes
Kls. 2. Penerbit
Erlangga
Halaman: 78
|
9.1.3. Melakukan permainan menekan balon di air, baik dengan satu maupun
dua tangan bergantian dan bersamaan.
|
2. Menekan balon di air
kolam renang.
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
- Lakukanlah gerakan menepuk air, baik dengan satu
maupun dua tangan bersamaan.
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman : 78
|
||
9.1.3. Melakukan gerakan berjalan cepat dari dinding A ke dinding B di air yang
dangkal
|
3. Berjalan di air kolam yang dangkal
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
- Lakukanlah gerakan berjalan dari dinding A ke dinding B
|
Bk. Penjasorkes kl.2 penerbit Erlangga
Halaman: 79
|
|||
9.1.4. Melakukan meluncur
|
4. meluncur dari tepi di air dangkal
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan,
kelincahan
|
- Lakukanlah cara meluncur di air denga benar
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Bk. Penjasorkes
kl.2
Penerbit Erlangga
Hal .80
|
||
C. Gerak tungkai
untuk mengangkat tubuh di dalam air
|
9.1.5. Melakukan
gerakan kaki berpegangan pada setang / besi kolam
|
1. latihan
tungkai
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan,
kelancahan, keberanian
|
- Lakukanlah gerakan kaki saat berenang gaya bebas
|
3 x 35 meneit
1 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit erlangga
Halaman: 81
|
|
9.1.6. Melakukan gerakan paha /
tungkai dengan bantuan teman berjalan
|
2. Mengapung dengan
bantuan teman
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
Keseimbangan
|
Lakukanlah mengapung di atas air dengan berpegangan
ke dua bahu teman di depanmu !
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman: 81
|
|||
9.2.
Mempraktikkan keseimbangan tubuh dan penyelamatan diri dari air serta
memperhatikan faktor keselamatan diri dan orang lain serta nilai kebersihan.
9.3.
Mempraktikkan gerak dasar renang : mengapung, menenggelamkan didri di dalam
air, bernafas, serta nilai – nilai disiplin
|
*. Keseimbangan
tubuh di air
|
9.2.1. Melakukan sikap berdiri jongkok
|
1. menahan nafas
|
Tes
|
Tes
Keseimbangan
|
- Lakukanlah berdiri dan jongkok
di air dangkal
|
3x 35
Menit
1 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman: 77
|
9.2.2. Melakukan
gerakan loncat – loncat dengan satu kaki secara bergantiandiair kolam
|
2. Meloncat – loncat di air kolam
|
Tes
|
Tes
Keseimbangan
|
- Lakukanlah
gerakan loncat – loncat dia air dengan satu kaki bergantian.
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman: 76
|
|||
9.2.3. Melakukan gerakan mengapung dengan bantuan ban
- anak menggantung di ban dengan berpegangan satu tangan
- anak berpeganganban dengan satu tangan sedangkan tanagn kanannya untuk
mengkayuh
|
3. Mengapung
sambil memegang ban dengan satu tangan
|
Tes
|
Tes keseimbangan
Keberanian
Ketrampilan
|
- Lakukanlah sikap megnapung dengan berpegangan ban satu tangan
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman: 82
|
|||
9.2.4. Melakukan sikap bersandar di atas ban
- anak telungkup di atas ban
- kedua tangan mengkayuh air sehingga tubuh dan ban bergerak ke depan
|
4. Bersandar di
atas ban
|
Tes
|
Tes keseimbangan
Ketrampilan
Keberanian
|
- Lakukanlah
gerakan mengapung den mengkayuhdi atas ban.
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Hal.
Gb.
|
|||
D. Penyelamatan diri di air
|
9.2.5. Melakukan latihan berenang di air yang dangkal dengan kedalaman 60cm , dengan memegang ban
/ pengapung
- anak mendekat apalagi bermain di kolam yang berkedalaman 1,5 s/d 3,5
meter
|
1. berlatih
berenang
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
- lakukanlah berenang
dengan alat bantu di air dangkal agar tubuh tidak tenggelam
|
3 x 35 meneit
1 pertm
|
Bk.Penjasorkes kl2
Penerbit Erlangga
Halaman: 82
|
|
9.2.6. Mentaati nesehat guru:
Anak tidak boleh berenang di air yang dalam
- anak tidak boleh bermain – main di kolam yg dalam
|
2. Berbahya bermain di air yang
dalam
|
Tes
|
Tes
Pengamatan
|
- handarilah
bermain di kolam dengan air yang mempunyai kedalaman 1 s/d 3,5 meter
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit erlangga
Halaman: 82
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
|
9.2.7. Guru menjelaskan manfaat
pelampung / ban saat berlatih renang.
|
3. Pentingnya
alat penagaman / pelampung/ ban
|
Tes
|
Tes
Pemahaman
|
- apakah
manmafaat pelampung di kolam renang ?
|
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit erlangga
Halaman: 82
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji
Kompetensi : 9
|
SK. 9.
|
|
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes
Kls.2 Penerbit Erlangga
Halaman : 83 - 84
|
Semester : 2
Standar Kompetensi :
10. Mempraktikkan kegiatan Jasmani di lingkungan sekolah, dan nilai –
nilai yang terkandung di dalamnya
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10.1. Mempraktikkan berbagai aktifitas fisik lingkungan sekolah dan nilai kebersihan, kesehatan dan
keselamatan
|
A. Aktifitas fisik di lingkungan sekolah (Kegiatan di Sekolah)
|
10.1.1. Melakukan kegiatan kerja bakti di sekolah
- Mengelompokkan anak kelas 1 s/d 3 mengerjakan kerja bakti yang ringan
dan tidak beresiko
- Mengelompokkan anak kelas 4 s/d 6 mengerjakan kerja bakti yang agak
berat
|
-kerja bakti di
sekolah
|
Tes
|
Tes
Penugasan dan kerja sama
|
- lakukanlah kerja bakti sesuai dengan tugas dan kelompokmu
|
6 x 35
menit
2 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman : 86
|
*. Aktifitas kebersihan lingkungan sekolah
|
10.1.2. Melakukan kegiatan kebersihan di dalam kelas.
- anak- anak membersihkan meja, almari, jendela,kursi yangberada di dalam
kelas
|
1. Membersihkan
kelas dari debu
|
Tes
|
Tes
Penugasan
Kedisiplinan
Kerja sama
|
- Lakukanlah kegiatan kebersihan di dalam kelas
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman: 88
|
||
10.1.3. Melakukan kegiatan membersihkan halaman sekolah;
- Cara menyapu
sesuai dengan arah angin
- Cara
mengumpulkan sampah
10.1.4.
Penjelajahan sekitar sekolah.
|
1. Membersihkan
halaman sekolah.
1. mengenal
lingkungan sekolah
|
Tes
Tes
|
Tes
Ketrampilan
Kedisiplinan
Kerja sama
Tes
pemahaman
|
- Lakukanlah
kebersihan di halaman sekolahmu
Lakukanalah dan
ingatlah jalan/ lingkungan yang kamu lalui dengan cermat
|
Bk,Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman: 86
Bk. Penjasorkes kls 2 Penerbit Erlangga
Halaman: 89
|
|||
10.2. Mengikuti ramb – rambu peraanan di lingkngan seklah secara beregu dan memperhatikan faktor
keselamatan dan kerja sama serta disiplin
|
- Rambu – rambu perjalana an keselamatan
|
10.2.1. Menjelaskan :
- tata cara bejalan denan teman atau sendiri di jalan raya
- bahaya berjalan1 tidak tertb
|
1. Peralanan
dengan berjalan kaki
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik –
titik di baah ini :
1. Berjalan yang
benar harus harus di sebelah …..
|
3 x 35
Menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kl.2 Penerbit Erlangga,hal.
Gb.Pejalan kaki
Buku yang relefan
|
|
|
10.2.2. Menjelaskan
- tata cara membonceng sepeda motor di jalan raya.
|
2. Penjalan
dengan membonceng ayah
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Islah titik – titik di bawah ini :
1.agar tidak terjatuh saat membonceng tanan harus …… ayah.
|
|
Buku Penjasorkes kl.2. Penerbit Erlangga
Halaman: 93
|
10.2.3.
Menjelaskan :
- tata cara
menaiki sepeda kayuh dan berjalan saat di jalan raya maupun di gang jalan
10.2.4.Mempraktikkan
cara menyeberang jalan
|
3. Perjalanan dengan naik sepeda kayuh
4. Zebra Cross )
|
Tes
Tes
|
Tes
Tertulis
Tes
Perbuatan
|
Isilah titik-
titik di bawah ini :
1. Saat naik
sepeda berjalan selalu di sebelah …….
Lakukanlah
menyeberang jalan di atas garis zebra cross dengan benar !
|
Buku Penjasorkes kl.2. Penerbit Erlangga.
Halaman: 93
Buku Penjasorkes
Kls. 2 Penerbit
Erlangga
Halaman: 92
|
|||
10.3. Membiasakan
mengunakan pakaian dan sepatu yang sesuai
Uji kopetensi SK. 10.
|
A. menggunakan pakaian yang sesuai keadaan.
|
10.3.1.
Menjelaskan tentang :
- cara berpakaian
di sekolah mulai hari Senin s/d Sabtu.
|
1. Pakaian
Sekolah
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik –
titik di bawah ini:
1. hari Senin berupacara memakai pakaian ….. dan bertopi
|
3 x 35
Menit
1 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2 Penerbit Erlangga Halaman: 94
|
10.3.2.
Menjelaskan tentang :
- tata cara
berakaian olahraga,
|
2. Berpakaian
olahraga
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik –
titik di bawah ini :
1. setiap
olahraga aku memakai pakaian …..
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman: 94
|
|||
B. Membiasakan
memakai sepatu yang sesuai
|
10.3.6. Menjelaskan tentang :
Memakai sepatu yang benar
|
1. sandal yang
sesuai
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik –
titik di bawah ini :
1. pilihlah
sepatu yang sesuai dengan …..mu.
|
6 x 35 menit
2 pertem
|
Buku Penjasorkes kl.2 Penerbit Erlangga
Halaman: 95
|
|
10.3.7.
Menjelaskan tentang :
- akhibat memakai
sepatu yang sesak
|
2. sandal yang
sesak
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Islah titik – titik di bawah ini :
1. memakai sepatu
yang sesak akan merusak bentuk ……
|
Bk. Penjaorkes Kelas 2 Penerbit Erlagga
Halaman: 95
|
|||
10.3.8.
Menjelaskan tentang :
- manfaat
bersepatu
|
3. manfaat
sepatubaik kaki
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik –
titik di bawah ini :
1. berangkat ke
sekolah harus memakai ……
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman: 95
|
|||
10.3.9. Menjelaska tentang :
Pengaruh dan kejelekan memakai sepatu yang besar.
|
4. Sepatu yang
kebesaran
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik –
titik di bawah ini :
1. sepatu yang
terlalu bersar tidak layak untuk di ……
|
Bk. Penjasorkes
kl.2
Penerbit Elanga
Halaman: 95
Buku Penjasorkes
Kls. 2. Penerbit Erlangga
Halaman: 96
|
Semester : 2 ( dua )
Kelas : 2 ( dua )
Standar Kompetensi : 11. Menjaga
Budaya Hidup sehat
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
11.1. Menjaga kebersihan tangan dan kaki
|
A.Kebersihan Badan ( Menjaga kebersihan tangan )
|
11.1.1. Menjelaskan tentang : kebersihan tangan
menjelang makan.
|
1. menjaga kebersihan tangan menelang makan.
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik –
titik di bawah ini :
1. sebelum makan
tangan kita harus di …..
|
3 x 35
Menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kl.2. Penerbit Erlangga
Halaman: 98
|
11.1.2.
Menjelaskan cara mencuci tangan sehabis makan
|
2. Menjaga kebersihan tangan sehabis makan
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Islah titi – titik di bawah ini :
1. sehabis makan tangan harus di ……..
|
Buku Penjasorkes kl.2 Penerbit Erlangga
Halaman: 98
|
|||
* Menjaga kebersihan kaki
|
11.1.6.
Menjelaskan tentang :
Tata cara
membersihkan kaki di saat mandi
|
* Kebersihan kaki
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik –
titik di bawah ini :
1. kaki di
bersihkan dengan air dan …..
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga halaman: 99
|
||
11.2. Mengenal
cara makan yang sehat
Uji kmpetensi
SK.11.
|
B. Cara makan sehat
|
11.2.1. Menjelaskan tentang :
- manfaat makan dengan teratur
- akhibat makan ang terlambat
11.2.2. Menjelaskan tentang :
Sikap makan yang benar
|
1. makan 3 kali sehari
2. cara makan yang benar
|
Tes
tes
|
Tes
Tertulis
Tes
Tertulis
|
Isilah titik –
titik di bawah ini :
1.sebaknya dalam
I hari kita palingsidikit makan ……. Kali
Isilah titik –
titik di bawah ini:
1. saat makan
tadak boleh ber ……
|
3 x 35
Menit
1 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Penerbit Erlangga
Halaman: 100
Bk. Penjasorkes kl. 2 Penerbit Erlangga
Halaman: 100 - 101
Buku Penjasorkes kl.2 Penerbit Erlangga
Halaman: 102
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar