SILABUS
Lampiran 1
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
III
Semester : 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Alquran) : 1. Mengenal kalimat dalam Alquran
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Membaca kalimat dalam Alquran
|
Membaca dan
menulis kalimat dalam Aquran
|
1.
Siswa melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat secara klasikal dan
kelompok, melafalkan kalimat dalam Alquran sesuai makhraj dan harakat secara
klasikal, kelompok dan individu serta guru mengadakan Tanya jawab dengan
siswa seputar cara membaca huruf-huruf Alquran sesuai harakat dan makhraj
|
1.
Melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat dengan benar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
1.
Lafalkan huruf- huruf Alquran dalam kalimat-kalimat di bawah ini:
a. مَرْضِيٌّ
b. يَدْخُلُ
c. اَنْهَارٌ
|
3 x 35 menit
|
1.
Tulisan huruf-huruf Alquran di karton atau papan tulis
2.
Buku tajwid
3.
Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3 NTR ESIS hal 1-7
4.
Alquran (juz amma)
5.
Kaset atau CD tentang cara baca Alquran
6.
Pengalaman guru
|
2.
Melafalkan kalimat dalam Alquran dengan benar sesuai harakat dan
makhraj
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
1.
Lafalkan kalimat-kalimat di bawah ini sesuai harakat dan makhrajnya:
a. لاِِ ِيْلاَفِيْ قُرَيْشٍ
b. كِتَابٌ مَّرْقُوْمٌ
(Lihat Buku
Pendidikan Agama
|
|||||
1.2 Menulis kalimat dalam Alquran
|
Membaca dan
menulis kalimat dalam Alquran
|
1.
Siswa menulis kalimat Alquran dan menulis ayat-ayat Alquran secara
individu serta menampilkan kemampuan menulisnya di depan kelas
|
1.
Menuliskan kalimat Alquran dengan benar
|
Tes tulis
|
Penulisan
|
Tuliskan
kalimat-kalimat berikut dengan huruf Alquran sambung
a. allahu kabirun
b. fihi mukhtolifun
c. lan tantahi
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan huruf-huruf Alquran di karton atau
papan tulis
2. Buku tajwid
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3 NTR
ESIS hal 7-9
4. Alquran (juz amma)
5. Kaset atau CD tentang cara menulis huruf
Alquran
6. Pengalaman guru
|
2.
Menuliskan ayat-ayat Alquran dengan benar
|
Tes tulis
|
Penulisan
|
Tuliskan
ayat-ayat Alquran berikut dengan huruf Alquran sambung:
a.
lam yalid walam yulad
b. amma yatasa alun
c.
kalla saya’lamunna
|
SILABUS
Lampiran 2
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
III
Semester : 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Aqidah): 2. Mengenal sifat wajib Allah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Menyebutkan
|
Sifat wajib Allah SWT
|
1. Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai
definisi sifat wajib bagi Allah SWT dan menyebutkan
|
1. Menjelaskan pengertian sifat wajib bagi
Allah SWT
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa definisi sifat wajib bagi Allah SWT?
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan sifat wajib bagi
Allah di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 3 NTR ESIS hal 14 - 18
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan dua sifat wajib bagi Allah SWT!
|
|||||
2.2 Mengartikan
|
Sifat wajib Allah
SWT
|
1. Siswa
menunjukkan perbedaan sifat Allah SWT dengan makhluk-Nya, mengartikan
|
1. Menunjukkan
perbedaan sifat Allah SWT dengan makhluk-Nya
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa perbedaan
penglihatan Allah SWT dengan penglihatan manusia?
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan
2. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 3 NTR ESIS hal 14-18
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar
|
2. Mengartikan
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa arti dari
sifat wujud yang dimiliki Allah SWT?
|
SILABUS
Lampiran 3
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
III
Semester : 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Akhlak): 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Menampilkan
perilaku percaya diri
|
Perilaku terpuji
|
1. Siswa mengemukakan
pendapatnya tentang pengertian perilaku percaya diri menunjukkan
contoh-contoh perilaku percaya diri, menyebutkan manfaat dan menjelaskan
cara-cara menumbuhkan perilaku percaya diri
|
1. Menjelaskan
pengertian perilaku percaya diri
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang dimaksud dengan perilaku percaya diri?
|
3 x 35 menit
|
1. Gambar peraga tentang perilaku percaya
diri
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3 NTR
ESIS hal 24-29
3. Alquran (juz Amma)
4. Pengalaman guru atau pribadi
5. Lingkungan sekitar
|
2. Menunjukkan
contoh-contoh perilaku percaya diri
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Andi bersedia
menjadi wakil sekolahnya dalam olimpiade fisika karena memiliki perilaku . .
.
a. sombong
b. percaya diri
c. kikir
|
|||||
3. Menyebutkan
manfaat percaya diri
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan satu
manfaat dari perilaku percaya diri!
|
|||||
4. Menjelaskan
cara-cara menum-buhkan perilaku percaya diri
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Tuliskan dua cara
menumbuhkan perilaku percaya diri!
|
|||||
3.2 Menampilkan
perilaku tekun
|
Perilaku terpuji
|
1. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang pengertian perilaku tekun, menunjukkan
contoh-contoh perilaku tekun dan menyebutkan manfaat perilaku tekun dalam
belajar serta membaca dan menghafalkan doa sebelum dan sesudah belajar
|
1. Menjelaskan
pengertian perilaku tekun
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang kamu
ketahui mengenai definisi tekun?
|
3 x 35 menit
|
1. Gambar peraga tentang
perilaku tekun
2. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 3, NTR ESIS hal 30-36
3. Cerita yang berhubungan
dengan perilaku tekun
4. Tuliskan lafal doa
sebelum dan sesudah belajar di karton
5. Alquran (jus Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
2. Menunjukkan contoh-contoh perilaku tekun
|
Tes tertulis
|
Pilihan ganda
|
Aisyah berhasil mendapatkan nilai
tertinggi dalam ujian karena ia …
dalam belajar
a. tekun
b. malas
c. bermain
|
|||||
3. Menyebutkan manfaat perilaku tekun dalam
belajar dan bekerja
|
Tes tertulis
|
Jawaban singkat
|
Apa manfaat yang di dapat dari perilaku tekun?
|
|||||
3.3 Menampilkan perilaku
hemat
|
Perilaku terpuji
|
1. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang pengertian perilaku hemat, menunjukkan
contoh perilaku hidup hemat, menjelaskan cara-cara hidup hemat dan
menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat
|
1. Menjelaskan pengertian perilaku hemat
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang dmaksud
dengan perilaku hemat?
|
3 × 35 menit
|
1.
Gambar
peraga tentang perilaku hemat
2.
Cerita
singkat yang berkaitan dengan perilaku hemat
3.
Buku
pendidikan Agama Islam NTR Esis Jilid
3 hal 37-42
4.
Alquran
(Juz Amma)
5.
Pengalaman
guru atau pribadi
6.
Lingkungan
sekitar
|
2. Menunjukkan
contoh perilaku hidup hemat
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Lusi anak yang
hemat, ia selalu menyisihkan uangnya untuk ….
a. membeli mainan
b. ditabung
c. dihabiskan
|
|||||
3. Menjelaskan cara-cara hidup hemat
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Tuliskan dua cara
hidup hemat!
|
|||||
4. Menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa saja manfaat
yang dapat dipetik dari perilaku hidup hemat
|
SILABUS
Lampiran 4
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
III
Mata Pelajaran :
Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi
(Fiqih): 4. Melaksanakan salat dengan tertib
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Menghafal
bacaan salat
|
Salat dengan
tertib
|
1. Siswa
melafalkan bacaan salat secara klasikal dan kelompok serta menghafalkan
bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu, dan menampilkan hafalannya di depan kelas
|
1. Melafalkan
bacaan salat dengan benar
|
Tes tulis
|
Pelafalan
|
Lafalkan bacaan
salat dengan benar!
|
6 x 35 menit
|
1. Lafal bacaan salat di karton
2. Gambar peraga salat
3. Kaset/CD tentang bacaan dan gerakan
salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3,
NTR ESIS hal 52-68
4. Buku tata cara salat
5. Pengalaman guru
|
2. Menghafalkan
bacaan salat dengan benar
|
Tes tulis
|
Hafalan
|
Hafalkan bacaan
salat dengan benar!
(Lihat Buku
Pendidikan Agama
|
|||||
4.2 Menampilkan
keserasian gerakan dan bacaan salat
|
Salat dengan
tertib
|
1. Siswa
mempraktikkan gerakan salat secara klasikal dan kelompok serta mempratikkan
keserasian antara gerakan dan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan
individu
|
1. Mempratikkan
gerakan salat
|
Tes praktik
|
Praktik
|
Praktikkan
gerakan salat dengan benar!
|
6 x 35 menit
|
1. Lafal bacaan salat
2. Gambar peraga salat
3. Kelas/ruangan/mushola
4. Kaset/CD tentang bacaan dan gerakan salat
5. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 3, NTR ESIS hal 52-68
6. Buku tata cara salat
7. Lingkungan sekitar
|
2. Mempratikkan keserasian antara gerakan dan bacaan
salat
|
Tes praktik
|
Praktik
|
Pratikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat!
(Lihat Buku Pendidikan Agama
|
|||||
Latihan semester 1 hal 73-76
|
2 x 35 menit
|
|
SILABUS
Lampiran 5
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
III
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Alquran): 5. Mengenal Ayat-ayat Alquran
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Membaca
huruf-huruf Alquran
|
Membaca dan menulis ayat-ayat Alquran
|
1. Siswa melafalkan huruf-huruf Alquran secara
klasikal dan kelompok, melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata dan
melafalkan huruf Alquran melalui kalimat/ayat secara klasikal, kelompok dan
individu serta guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa tentang cara
melafalkan huruf Alquran baik dalam kata, kalimat/ayat Alquran
|
1. Melafalkan huruf-huruf Alquran
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan bacaan huruf-huruf Alquran dengan benar!
|
3 × 35 menit
|
1. Tulisan huruf-huruf
Alquran di karton
2. Tuliskan huruf-huruf
Alquran dalam kata-kata di karton atau papan tulis
3. Tulisan ayat-ayat Alquran
di karton atau papan tulis
4. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 3 NTR, ESIS hal 78-80
5. Buku Tajwid
6. Kaset/CD tentang cara baca
Alquran
7. Alquran (Juz Amma)
8. Pengalaman guru
|
2. Melafalkan
huruf-huruf Alquran melalui kata
|
Tes lisan
|
pelafalan
|
Lafalkan
huruf-huruf Alquran melalui kata-kata dibawah ini:
a. كُنْتُمْ
b. بَصِيْرٌ
c. يُكَسِّرُ
|
|||||
3. Melafalkan huruf Alquran melalui
kalimat/ayat
|
Tes lisan
|
pelafalan
|
Lafalkan
kalimat-kalimat berikut:
a. يَحْفَظُ اَبْصَارَهُمْ
b. خَلَقَ الاِْ نْسَانَِ
c. بِمَاتَعْمَلُوْنَ
(Lihat Buku
Pendidikan Agama
|
|||||
5.2 Menulis huruf Alquran
|
Membaca dan
menulis ayat-ayat Alquran
|
1. Siswa menyalin huruf-huruf Alquran dalam kata,
kalimat/ayat Alquran dan merangkaikan huruf-huruf Alquran menjadi sebuah
kata, kalimat/ayat Alquran
|
1. Menuliskan
huruf-huruf Alquran
|
Tes tulis
|
Penulisan
|
Tuliskan huruf-huruf Alquran dengan benar!
|
3 x 35 menit
|
1. Tulis huruf-huruf Alquran di karton
2. Tulisan huruf-huruf Alquran dalam
kata-kata di karton atau papan tulis
3. Tulisan ayat-ayat Alquran di karton
atau papan tulis
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3
NTR, ESIS hal 81-82
5. Buku tajwid
6.
Kaset/CD tentang penulisan huruf-huruf Alquran
7.
Alquran (Juz Amma)
8. Pengalaman guru
|
2. Menuliskan
huruf-huruf Alquran melalui kata
|
Tes tulis
|
Penulisan
|
Tuliskan
kata-kata di bawah ini dengan huruf Alquran sambung:
a. taidakhraga
b. alimun
c. markazun
|
|||||
3. Menuliskan
huruf Alquran melalui kalimat/ayat
|
Tes tulis
|
Penulisan
|
Tuliskan
kalimat-kalimat dibawah ini dengan huruf Alquran sambung:
a. di ashabil fil
b.
yaj’ai kaidahum
c. tairan abadil
|
SILABUS
Lampiran 6
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
III
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Aqidah): 6. Mengenal Sifat Mustahil Allah SWT
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1 Menyebutkan
sifat mustahil Allah SWT
|
Sifat mustahil Allah SWT
|
1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian
sifat mustahil bagi Allah SWT, menyebutkan sifat mustahil bagi Allah SWT
secara klasikal dan kelompok serta menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT
secara klasikal, kelompok dan individu
|
1. Menjelaskan pengertian sifat mustahil bagi Allah
SWT
|
Tes lisan
|
Essay
|
Apakah yang dimaksud dengan sifat mustahil bagi Allah
SWT?
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan sifat mustahil
bagi Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 3 NTR ESIS hal 88-92
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan sifat mustahil bagi Allah SWT
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan tiga
sifat mustahil bagi Allah SWT!
|
|||||
3. Menghafal
sifat mustahil bagi Allah SWT
|
Tes tulis
|
Hafalan
|
Hafalkan sifat mustahil bagi Allah SWT!
|
|||||
6.2 Mengartikan
sifat mustahil Allah SWT
|
Sifat mustahil
Allah SWT
|
1. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang arti sifat mustahil bagi Allah SWT, mengkaji
dan membahas setiap arti dari sifat mustahil bagi Allah dan menghafal sifat
mustahil bagi Allah SWT beserta artinya secara klasikal, kelompok dan
individu
|
1. Menjelaskan arti sifat mustahil bagi Allah
SWT
|
Tes tulis
|
Essay
|
Jelaskan arti
sifat mustahil Allah Ajzum!
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan sifat mustahil bagi Allah SWT di
atas potongan karton dan bagian lain arti dari sifat mustahil bagi Allah SWT
pada karton lainnya untuk dicocokkan.
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 3. NTR
Esis hal 88-92
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar
|
2. Memahami
arti sifat mustahil bagi Allah SWT
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
Mustahil Allah itu buta! Coba jelaskan dengan
singkat!
|
|||||
3. Menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT beserta
artinya
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan sifat mustahil bagi Allah SWT beserta
artinya!
|
SILABUS
Lampiran 7
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
III
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Akhlak): 7. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Menampilkan
perilaku setia kawan
|
Perilaku terpuji
|
1. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang pengertian perilaku setia kawan, menunjukkan
contoh-contoh perilaku setia kawan, dan
menyebutkan manfaat setia kawan
|
1. Menjelaskan
pengertian perilaku setia kawan
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang kamu ketahui mengenai pengertian perilaku
setia kawan?
|
3 x 35 menit
|
1. Gambar peraga tentang perilaku setia
kawan
2.
Bahan cerita yang berkaitan dengan bahan ajar
3. Ayat Alquran dan hadis yang berkaitan
dengan perilaku setia kawan
4. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Esis
Jilid 3 hal 96-98
5. Pengalaman guru atau siswa
6. Lingkungan sekitar
|
2. Menunjukkan
contoh-contoh perilaku setia kawan
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Sikap kita ketika
melihat teman dalam kesulitan adalah ….
a. menertawakan
b. menghinanya
c. membantunya
|
|||||
3. Menyebutkan
manfaat setia kawan
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa saja manfaat
yang dapat diambil dari perilaku setia kawan?
|
|||||
7.2 Menampilkan
perilaku kerja keras
|
Perilaku terpuji
|
1. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang pengertian perilaku kerja keras, menunjukkan
contoh perilaku kerja keras, dan menyebutkan manfaat perilaku kerja keras
|
1. Menjelaskan
pengertian perilaku kerja keras
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apakah yang
dimaksud dengan perilaku kerja keras?
|
3 x 35 menit
|
1. Gambar peraga tentang
perilaku kerja keras
2. Bahan cerita yag
berkaitan dengan bahan ajar
3. Ayat Alquran dan hadis
yang berkaitan dengan perilaku kerja keras
4. Buku Pendidikan Agama
Isalm NTR Esis Jilid 3 hal 98-100
5. Pengalaman guru/siswa
6. Lingkungan sekita
|
2. Menunjukkan contoh
perilaku kerja keras
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Rudi berhasil
menjadi seorang dokter karena usahanya yang gigih. Rudi seseorang yang
memiliki perilaku ….
a. kerja keras
b. dermawan
c. rendah hati
|
|||||
3. Menyebutkan manfaat perilaku kerja keras
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa saja manfaat
dari perilaku kerja keras?
|
|||||
7.3 Menampilkan perilaku penyayang terhadap
hewan
|
Perilaku terpuji
|
1. Siswa mengemukakan pendapat tentang cara
menyayangi hewan dengan benar, menunjukkan manfaat menyayangi hewan dan
memberikan contoh perilaku menyayangi hewan
|
1. Menjelaskan cara menyayangi hewan dengan
benar
|
Tes tulis
|
Essay
|
Bagaimana cara
menyayangi hewan dengan benar?
|
3 x 35 menit
|
1.
Gambar peraga tentang perilaku menyayangi hewan
2.
Cerita menarik yang berkaitan dengan bahan ajar
3.
Buku Pendidikan Agama Isalam NTR Esis Jilid 3 hal 100-102
4. Alquran (Juz Amma)
5. Pengalaman guru/siswa
6. Lingkungan sekitar
|
2. Menunjukkan manfaat menyayangi hewan
|
Tes tulis
|
Jawaban Singkat
|
Sebutkan manfaat yang dapat dipetik dari menyayangi
hewan!
|
|||||
7.4 Menampilkan perilaku penyayang terhadap
lingkungan
|
Perilaku terpuji
|
1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang cara
menyayangi lingkungan, menunjukkan manfaat menyayangi lingkungan dan
memberikan contoh perilaku menyayangi lingkungan
|
1. Menjelaskan menyayangi cara menyayangi
lingkungan
|
Tes Tulis
|
Essay
|
Bagaimanakah
caranya menjaga lingkungan yang sehat?
|
3 x 35 menit
|
1.
Gambar peraga tentang perilaku menyayangi lingkungan
2.
Cerita menarik yang berkaitan dengan bahan ajar
3.
Buku Pendidikan Agama Islam NTR Esis Jilid 3 hal 102-104
4. Alquran (Juz Amma)
5. Pengalaman guru/siswa
6. Lingkungan sekitar
|
2. Menunjukkan manfaat menyayangi lingkungan
|
Tes tulis
|
Jawaban Singkat
|
Manfaat apa yang
dapat diambil dari menyayangi lingkungan?
|
SILABUS
Lampiran 8
Sekolah :
SD ____________________________
Kelas :
2
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Agama Islam
Standar kompetensi
(Fiqih): 8. Melakukan salat fardu
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1 Melakukan
salat fardu
|
Salat fardu
|
1. Siswa
mengemukakan pendapat tentang pengertian salat, menyebutkan nama-nama salat
fardu, menunjukkan waktu pelaksanaan salat fardu
|
1. Menjelaskan
pengertian salat fardu
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apakah yang
dimaksud dengan salat fardu?
|
3 x 35 menit
|
1. Lafal bacaan salat di karton
2. Gambar peraga salat
3.
Buku tata cara salat
4.
Buku Pendidikan Agama Islam NTR Esis Jilid 3 hal 108-110
5. Kaset/CD tentang tata cara salat
6.
Pengalaman guru
7.
Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan
nama-nama salat fardu
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Salat apakah yang
dilaksanakan ketika waktu sore hari?
|
|||||
3. Menunjukkan waktu pelaksanaan salat fardu
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Kapankah waktu
pelaksanaan salat isya’?
|
|||||
8.2 Mempraktik-
|
Salat fardu
|
1. Siswa mempraktikkan salat fardu secara
klasikal, kelompok dan individu
|
1. Mempraktik
|
Tes praktik
|
Praktik
|
Praktikkan salat
fardu dengan benar!
(Lihat Buku
Pendidikan Agama
|
6 x 35 menit
|
1. Lafal bacaan salat di karton
2. Gambar peraga salat
3. Kelas/ruangan/musholla
4. Buku tata cara salat
5.
Buku Pendidikan Agama Islam NTR Esis Jilid 3 hal 111-129
6. Kaset/CD tentang tata cara salat
7. Pengalaman guru
|
2. Mengamalkan salat fardu
|
Tes tertulis
|
Jawaban singkat
|
Jelaskan cara
sujud yang benar!
|
|||||
Latihan semester 2 hal 132-133
|
2 × 35 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar