Minggu, 20 Mei 2012

Silabus PAI SD Kelas III Semester I


SILABUS
Lampiran 1
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   III
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran) : 1. Mengenal kalimat dalam Alquran

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Membaca kalimat dalam Alquran

Membaca dan menulis kalimat dalam Aquran

1.   Siswa melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat secara klasikal dan kelompok, melafalkan kalimat dalam Alquran sesuai makhraj dan harakat secara klasikal, kelompok dan individu serta guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar cara membaca huruf-huruf Alquran sesuai harakat dan makhraj

1.   Melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat dengan benar

Tes lisan

Pelafalan












1.  Lafalkan huruf- huruf Alquran dalam kalimat-kalimat di bawah ini:
a. مَرْضِيٌّ
b. يَدْخُلُ
c. اَنْهَارٌ


3 x 35 menit
























1.  Tulisan huruf-huruf Alquran di karton atau papan tulis
2.   Buku tajwid
3.   Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3 NTR ESIS hal 1-7
4.   Alquran (juz amma)
5.   Kaset atau CD tentang cara baca Alquran
6.   Pengalaman guru


2.   Melafalkan kalimat dalam Alquran dengan benar sesuai harakat dan makhraj

Tes lisan

Pelafalan

1.  Lafalkan kalimat-kalimat di bawah ini sesuai harakat dan makhrajnya:
a. لاِِ ِيْلاَفِيْ قُرَيْشٍ
b. كِتَابٌ مَّرْقُوْمٌ
(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 3  NTR-Esis halaman 5 dan 7)



1.2 Menulis kalimat dalam Alquran

Membaca dan menulis kalimat dalam Alquran

1.   Siswa menulis kalimat Alquran dan menulis ayat-ayat Alquran secara individu serta menampilkan kemampuan menulisnya di depan kelas

1.   Menuliskan kalimat Alquran dengan benar







Tes tulis









Penulisan









Tuliskan kalimat-kalimat berikut dengan huruf Alquran sambung
a.   allahu kabirun
b.   fihi mukhtolifun
c.   lan tantahi



 3 x 35 menit



1.    Tulisan huruf-huruf Alquran di karton atau papan tulis
2.    Buku tajwid
3.    Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3 NTR ESIS hal 7-9
4.   Alquran (juz amma)
5.   Kaset atau CD tentang cara menulis huruf Alquran
6.   Pengalaman guru















2.   Menuliskan ayat-ayat Alquran dengan benar

Tes tulis

Penulisan

Tuliskan ayat-ayat Alquran berikut dengan huruf Alquran sambung:
a.   lam yalid walam yulad
b.   amma yatasa alun
c.   kalla saya’lamunna



















SILABUS
Lampiran 2
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   III
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah): 2. Mengenal sifat wajib Allah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah SWT

Sifat wajib Allah SWT

1. Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai definisi sifat wajib bagi Allah SWT dan menyebutkan lima sifat wajib bagi Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu

1. Menjelaskan pengertian sifat wajib bagi Allah SWT


Tes tulis

Essay

Apa definisi sifat wajib bagi Allah SWT?



 3 x 35 menit



1. Tulisan sifat wajib bagi Allah di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3 NTR ESIS hal 14 - 18
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar



2. Menyebutkan lima sifat wajib bagi Allah SWT


Tes tulis

Jawaban singkat

Sebutkan dua sifat wajib bagi Allah SWT!


2.2 Mengartikan lima sifat wajib bagi Allah SWT

Sifat wajib Allah SWT

1. Siswa menunjukkan perbedaan sifat Allah SWT dengan makhluk-Nya, mengartikan lima sifat wajib bagi Allah SWT secara klasikal kelompok dan individu serta mengkaji kandungan dari lima sifat wajib bagi Allah secara berkelompok

1. Menunjukkan perbedaan sifat Allah SWT dengan makhluk-Nya



Tes tulis

Jawaban singkat

Apa perbedaan penglihatan Allah SWT dengan penglihatan manusia?



 3 x 35 menit


1. Tulisan lima sifat wajib bagi Allah SWT di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima sifat wajib bagi Allah SWT pada karton lainnya untuk di cocokkan
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3 NTR ESIS hal 14-18
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar


2. Mengartikan lima sifat wajib bagi Allah








Tes tulis

Jawaban singkat

Apa arti dari sifat wujud yang dimiliki Allah SWT?








SILABUS
Lampiran 3
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   III
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Akhlak): 3. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1 Menampilkan perilaku percaya diri

Perilaku terpuji

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian perilaku percaya diri menunjukkan contoh-contoh perilaku percaya diri, menyebutkan manfaat dan menjelaskan cara-cara menumbuhkan perilaku percaya diri

1. Menjelaskan pengertian perilaku percaya diri

Tes tulis

Essay

Apa yang dimaksud dengan perilaku percaya diri?

 3 x 35 menit


1. Gambar peraga tentang perilaku percaya diri
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3 NTR ESIS hal 24-29
3. Alquran (juz Amma)
4. Pengalaman guru atau pribadi
5. Lingkungan sekitar

2. Menunjukkan contoh-contoh perilaku percaya diri

Tes tulis

Pilihan ganda

Andi bersedia menjadi wakil sekolahnya dalam olimpiade fisika karena memiliki perilaku . . .
a. sombong
b. percaya diri
c. kikir

3. Menyebutkan manfaat percaya diri

Tes tulis

Jawaban singkat

Sebutkan satu manfaat dari perilaku percaya diri!

4. Menjelaskan cara-cara menum-buhkan perilaku percaya diri

Tes tulis

Jawaban singkat

Tuliskan dua cara menumbuhkan perilaku percaya diri!

3.2 Menampilkan perilaku tekun



Perilaku terpuji

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian perilaku tekun, menunjukkan contoh-contoh perilaku tekun dan menyebutkan manfaat perilaku tekun dalam belajar serta membaca dan menghafalkan doa sebelum dan sesudah belajar

1. Menjelaskan pengertian perilaku tekun


Tes tulis



Essay




Apa yang kamu ketahui mengenai definisi tekun?












 3 x 35 menit



1. Gambar peraga tentang perilaku tekun
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3, NTR ESIS hal 30-36
3. Cerita yang berhubungan dengan perilaku tekun
4. Tuliskan lafal doa sebelum dan sesudah belajar di karton
5. Alquran (jus Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar



2.  Menunjukkan contoh-contoh perilaku tekun

Tes tertulis

Pilihan ganda

Aisyah berhasil mendapatkan nilai tertinggi dalam ujian karena ia …  dalam belajar
a.  tekun
b.  malas
c.  bermain


3.  Menyebutkan manfaat perilaku tekun dalam belajar dan bekerja


Tes tertulis


Jawaban singkat


Apa manfaat yang di dapat dari perilaku tekun?


3.3 Menampilkan perilaku hemat

Perilaku terpuji

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian perilaku hemat, menunjukkan contoh perilaku hidup hemat, menjelaskan cara-cara hidup hemat dan menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat

1.   Menjelaskan pengertian perilaku hemat





Tes tulis

Essay

Apa yang dmaksud dengan perilaku hemat?

3 × 35 menit


1.        Gambar peraga tentang perilaku hemat
2.        Cerita singkat yang berkaitan dengan perilaku hemat
3.        Buku pendidikan Agama Islam NTR Esis Jilid  3 hal 37-42
4.        Alquran (Juz Amma)
5.        Pengalaman guru atau pribadi
6.        Lingkungan sekitar


2. Menunjukkan contoh  perilaku hidup hemat




Tes tulis






Pilihan ganda






Lusi anak yang hemat, ia selalu menyisihkan uangnya untuk ….
a.  membeli mainan
b.  ditabung
c.   dihabiskan

3.  Menjelaskan cara-cara hidup hemat



Tes tulis






Jawaban singkat






Tuliskan dua cara hidup hemat!





4.  Menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat


Tes tulis

Jawaban singkat

Apa saja manfaat yang dapat dipetik dari perilaku hidup hemat

SILABUS
Lampiran 4
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   III
Mata Pelajaran     :   Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi (Fiqih): 4. Melaksanakan salat dengan tertib


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1 Menghafal bacaan salat

Salat dengan tertib

1. Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal dan kelompok serta menghafalkan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu, dan  menampilkan hafalannya di depan kelas

1. Melafalkan bacaan salat dengan benar

Tes tulis

Pelafalan

Lafalkan bacaan salat dengan benar!

 6 x 35 menit


1. Lafal bacaan salat di karton
2. Gambar peraga salat
3. Kaset/CD tentang bacaan dan gerakan salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3, NTR ESIS hal 52-68
4. Buku tata cara salat
5. Pengalaman guru


2. Menghafalkan bacaan salat dengan benar

Tes tulis

Hafalan

Hafalkan bacaan salat dengan benar!
(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 3 NTR-Esis halaman 56-68)

4.2 Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan salat















Salat dengan tertib

1. Siswa mempraktikkan gerakan salat secara klasikal dan kelompok serta mempratikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu

1. Mempratikkan gerakan salat

Tes praktik

Praktik

Praktikkan gerakan salat dengan benar!




6 x 35 menit








1. Lafal bacaan salat
2. Gambar peraga salat
3.  Kelas/ruangan/mushola
4.  Kaset/CD tentang bacaan dan gerakan salat
5. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3, NTR ESIS hal 52-68
6. Buku tata cara salat
7. Lingkungan sekitar


2. Mempratikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat


Tes praktik

Praktik

Pratikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat!

(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 3 NTR-Esis halaman 67)

Latihan semester 1 hal 73-76

2 x 35 menit



SILABUS
Lampiran 5
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   III
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran): 5. Mengenal Ayat-ayat Alquran


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Membaca huruf-huruf Alquran




Membaca dan menulis ayat-ayat Alquran




1. Siswa melafalkan huruf-huruf Alquran secara klasikal dan kelompok, melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata dan melafalkan huruf Alquran melalui kalimat/ayat secara klasikal, kelompok dan individu serta guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa tentang cara melafalkan huruf Alquran baik dalam kata, kalimat/ayat Alquran



1. Melafalkan huruf-huruf Alquran

Tes lisan

Pelafalan

Lafalkan bacaan huruf-huruf Alquran dengan benar!

3 × 35 menit






1. Tulisan huruf-huruf Alquran di karton
2. Tuliskan huruf-huruf Alquran dalam kata-kata di karton atau papan tulis
3. Tulisan ayat-ayat Alquran di karton atau papan tulis
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3 NTR, ESIS hal 78-80
5. Buku Tajwid
6. Kaset/CD tentang cara baca Alquran
7. Alquran (Juz Amma)
8. Pengalaman guru





2. Melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata

Tes lisan

pelafalan

Lafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata-kata dibawah ini:
a.  كُنْتُمْ
b.  بَصِيْرٌ
c.  يُكَسِّرُ

3.  Melafalkan huruf Alquran melalui kalimat/ayat

Tes lisan

pelafalan

Lafalkan kalimat-kalimat berikut:
a.  يَحْفَظُ اَبْصَارَهُمْ
b.   خَلَقَ الاِْ نْسَانَِ
c.   بِمَاتَعْمَلُوْنَ
(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl.3 NTR-Esis halaman 80)








5.2 Menulis huruf Alquran

Membaca dan menulis ayat-ayat Alquran

1. Siswa  menyalin huruf-huruf Alquran dalam kata, kalimat/ayat Alquran dan merangkaikan huruf-huruf Alquran menjadi sebuah kata, kalimat/ayat Alquran

1. Menuliskan huruf-huruf Alquran

Tes tulis

Penulisan

Tuliskan huruf-huruf Alquran dengan benar!

3 x 35 menit

1. Tulis huruf-huruf Alquran di karton
2. Tulisan huruf-huruf Alquran dalam kata-kata di karton atau papan tulis
3. Tulisan ayat-ayat Alquran di karton atau papan tulis
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3 NTR, ESIS hal 81-82
5. Buku tajwid
6.  Kaset/CD tentang penulisan huruf-huruf Alquran
7.  Alquran (Juz Amma)
8. Pengalaman guru


2. Menuliskan huruf-huruf Alquran melalui kata

Tes tulis

Penulisan

Tuliskan kata-kata di bawah ini dengan huruf Alquran sambung:
a.   taidakhraga
b.  alimun
c.   markazun




3. Menuliskan huruf Alquran melalui kalimat/ayat

Tes tulis

Penulisan

Tuliskan kalimat-kalimat dibawah ini dengan huruf Alquran sambung:
a.   di ashabil fil
b.   yaj’ai kaidahum
c.   tairan abadil



















SILABUS
Lampiran 6
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   III
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah): 6. Mengenal Sifat Mustahil Allah SWT

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT

Sifat mustahil Allah SWT


1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian sifat mustahil bagi Allah SWT, menyebutkan sifat mustahil bagi Allah SWT secara klasikal dan kelompok serta menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu


1. Menjelaskan pengertian sifat mustahil bagi Allah SWT




Tes lisan







Essay







Apakah yang dimaksud dengan sifat mustahil bagi Allah SWT?




3 x 35 menit


1. Tulisan sifat mustahil bagi Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3 NTR ESIS hal 88-92
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar


2. Menyebutkan sifat mustahil bagi Allah SWT


Tes tulis




Jawaban singkat




Sebutkan  tiga sifat mustahil bagi Allah SWT!


3.  Menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT

Tes tulis

Hafalan

Hafalkan sifat mustahil bagi Allah SWT!


6.2 Mengartikan sifat mustahil Allah SWT

Sifat mustahil Allah SWT



1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang arti sifat mustahil bagi Allah SWT, mengkaji dan membahas setiap arti dari sifat mustahil bagi Allah dan menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT beserta artinya secara klasikal, kelompok dan individu

1.  Menjelaskan arti sifat mustahil bagi Allah SWT

Tes tulis

Essay


Jelaskan arti sifat mustahil Allah Ajzum!

3 x 35 menit


1.  Tulisan sifat mustahil bagi Allah SWT di atas potongan karton dan bagian lain arti dari sifat mustahil bagi Allah SWT pada karton lainnya untuk dicocokkan.
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 3. NTR Esis hal 88-92
3.  Pengalaman guru
4.  Lingkungan sekitar



2.  Memahami arti sifat mustahil bagi Allah SWT

Tes lisan

Jawaban singkat

Mustahil Allah itu buta! Coba jelaskan dengan singkat!

3. Menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT beserta artinya

Tes lisan

Hafalan

Hafalkan sifat mustahil bagi Allah SWT beserta artinya!


SILABUS
Lampiran 7
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   III
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Akhlak): 7. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Menampilkan perilaku setia kawan

Perilaku terpuji

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian perilaku setia kawan, menunjukkan contoh-contoh perilaku setia kawan, dan  menyebutkan manfaat setia kawan

1. Menjelaskan pengertian perilaku setia kawan

Tes tulis

Essay

Apa yang kamu ketahui mengenai pengertian perilaku setia kawan?

 3 x 35 menit


1. Gambar peraga tentang perilaku setia kawan
2.  Bahan cerita yang berkaitan dengan bahan ajar
3. Ayat Alquran dan hadis yang berkaitan dengan perilaku setia kawan
4. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Esis Jilid 3 hal 96-98
5. Pengalaman guru atau siswa
6. Lingkungan sekitar


2. Menunjukkan contoh-contoh perilaku setia kawan

Tes tulis

Pilihan ganda

Sikap kita ketika melihat teman dalam kesulitan adalah ….
a.  menertawakan
b.  menghinanya
c.  membantunya


3. Menyebutkan manfaat setia kawan


Tes tulis

Jawaban singkat

Apa saja manfaat yang dapat diambil dari perilaku setia kawan?


7.2 Menampilkan perilaku kerja keras















Perilaku terpuji
















1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian perilaku kerja keras, menunjukkan contoh perilaku kerja keras, dan menyebutkan manfaat perilaku kerja keras








1. Menjelaskan pengertian perilaku kerja keras



Tes tulis












Essay





Apakah yang dimaksud dengan perilaku kerja keras?



 3 x 35 menit


1. Gambar peraga tentang perilaku kerja keras
2. Bahan cerita yag berkaitan dengan bahan ajar
3. Ayat Alquran dan hadis yang berkaitan dengan perilaku kerja keras
4. Buku Pendidikan Agama Isalm NTR Esis Jilid 3 hal 98-100
5. Pengalaman guru/siswa
6. Lingkungan sekita



2. Menunjukkan contoh perilaku kerja keras


Tes tulis


Pilihan ganda


Rudi berhasil menjadi seorang dokter karena usahanya yang gigih. Rudi seseorang yang memiliki perilaku ….
a.   kerja keras
b.  dermawan
c.   rendah hati


3.  Menyebutkan manfaat perilaku kerja keras


Tes tulis


Jawaban singkat


Apa saja manfaat dari perilaku kerja keras?

7.3   Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan












Perilaku terpuji














1.  Siswa mengemukakan pendapat tentang cara menyayangi hewan dengan benar, menunjukkan manfaat menyayangi hewan dan memberikan contoh perilaku menyayangi hewan







1.  Menjelaskan cara menyayangi hewan dengan benar


Tes tulis


Essay



Bagaimana cara menyayangi hewan dengan benar?












3 x 35 menit




















1.   Gambar peraga tentang perilaku menyayangi hewan
2.   Cerita menarik yang berkaitan dengan bahan ajar
3.   Buku Pendidikan Agama Isalam NTR Esis Jilid 3 hal 100-102
4.   Alquran (Juz Amma)
5.   Pengalaman guru/siswa
6.   Lingkungan sekitar


















2.   Menunjukkan manfaat menyayangi hewan




Tes tulis






Jawaban Singkat






Sebutkan  manfaat yang dapat dipetik dari menyayangi hewan!



7.4  Menampilkan perilaku penyayang terhadap lingkungan


Perilaku terpuji

1.  Siswa mengemukakan pendapatnya tentang cara menyayangi lingkungan, menunjukkan manfaat menyayangi lingkungan dan memberikan contoh perilaku menyayangi lingkungan


1.  Menjelaskan menyayangi cara menyayangi lingkungan


Tes Tulis





Essay





Bagaimanakah caranya menjaga lingkungan yang sehat?






3 x 35 menit

1.  Gambar peraga tentang perilaku menyayangi lingkungan
2.   Cerita menarik yang berkaitan dengan bahan ajar
3.   Buku Pendidikan Agama Islam NTR Esis Jilid 3 hal 102-104
4.   Alquran (Juz Amma)
5.   Pengalaman guru/siswa
6.   Lingkungan sekitar

2.  Menunjukkan manfaat menyayangi lingkungan

Tes tulis


Jawaban Singkat


Manfaat apa yang dapat diambil dari menyayangi lingkungan?



























SILABUS
Lampiran 8
Sekolah               :   SD ____________________________
Kelas                   :   2
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Agama Islam
Standar kompetensi (Fiqih): 8. Melakukan salat fardu

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1 Melakukan salat fardu











Salat fardu
















1. Siswa mengemukakan pendapat tentang pengertian salat, menyebutkan nama-nama salat fardu, menunjukkan waktu pelaksanaan salat fardu








1. Menjelaskan pengertian salat fardu

Tes tulis

Essay

Apakah yang dimaksud dengan salat fardu?

 3 x 35 menit









1. Lafal bacaan salat di karton
2. Gambar peraga salat
3.  Buku tata cara salat
4.  Buku Pendidikan Agama Islam NTR Esis Jilid 3 hal 108-110
5. Kaset/CD tentang tata cara salat
6.  Pengalaman guru
7.  Lingkungan sekitar









2. Menyebutkan nama-nama salat fardu


Tes tulis




Jawaban singkat




Salat apakah yang dilaksanakan ketika waktu sore hari?

3.   Menunjukkan waktu pelaksanaan salat fardu

Tes  tulis



Jawaban singkat



Kapankah waktu pelaksanaan salat isya’?


8.2   Mempraktik- kan  salat fardu









Salat fardu

1.  Siswa mempraktikkan salat fardu secara klasikal, kelompok dan individu

1.  Mempraktik kan salat fardu dengan benar





Tes praktik







Praktik







Praktikkan salat fardu dengan benar!
(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 3  NTR-Esis halaman 128)





6 x 35 menit








1.  Lafal bacaan salat di karton
2.  Gambar peraga salat
3.  Kelas/ruangan/musholla
4.  Buku tata cara salat
5.  Buku Pendidikan Agama Islam NTR Esis Jilid 3 hal 111-129
6.  Kaset/CD tentang tata cara salat
7.  Pengalaman guru




2.  Mengamalkan salat fardu

Tes tertulis

Jawaban singkat

Jelaskan cara sujud yang benar!

Latihan semester 2 hal 132-133
2 × 35 menit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar