RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 1. Menghafal
surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 1.1 Melafalkan
QS Al Fatihah dengan lancar
Indikator : 1.1.1 Melafalkan
surah Al Fatihah dengan lancar dan benar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan surah Al fatihah
dengan lancar dan benar
Materi Pembelajaran : Materi tentang melafalkan surah Al Fatihah
dengan lancar dan benar (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab I)
Metode Pembelajaran: 1. Siswa
melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan individu
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
. Memperkenalkan bahan ajar surah Al Fatihah dan isi kandungannya serta keistimewaannya
(melalui Fitur Mutiara Islam dan Sepenggal kisah)
2. Kegiatan Inti
. Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok
dan individu mengikuti bacaan guru
. Siswa
mengulang-ulang lafal surah Al Fatihah secara kelompok dan individu
3. Kegiatan Penutup
. Guru
memberi tugas siswa untuk menulis lafal surah Al Fatihah dalam buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal surah Al
Fatihah pada karton
2. Alquran (Juz Amma)
3. Buku Pendidikan Agama Islam
Jilid I NTR Esis
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Kaset dan CD Alquran atau peralatan
teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Lafalkan surah Al Fatihah dengan benar!
2. Tulislah lafal surah Al fatihah dengan
benar dan berurutan!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD :
_______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 1. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 1.2 Menghafalkan QS Al Fatihah dengan lancar
Indikator : 1.2.1 Menghafalkan surah Al Fatihah dengan lancar
dan benar
1.2.2 Mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menghafalkan surah Al fatihah
dengan lancar dan benar
2. Siswa dapat
mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin
Materi Pembelajaran : Materi tentang menghafal dan mengamalkan
surah Al Fatihah (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab I)
Metode
Pembelajaran : Siswa menghafalkan surah Al Fatihah secara berkelompok dan
individu serta mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
. Mengulang
bacaan lafal surah Al Fatihah
2. Kegiatan
Inti
. Siswa menghafalkan surah Al Fatihah secara
kelompok dan individu mengikuti
. Siswa mendemonstrasikan hafalannya di
depan kelas
. Guru mendengarkan siswa mengulang-ulang
hafalan surah Al Fatihah
. Siswa mengamalkan surah Al Fatihah secara
rutin
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada
di halaman 6
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam
Sepengggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
. Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman 7)
. Guru
memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan di halaman 8, 9 dan 10, dan
menuliskannya dalam buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan
lafal surah Al Fatihah pada karton
2. Alquran
(Juz Amma)
3. Buku
Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis
4. Buku-buku
lain yang relevan
5. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Hafalkan
surah Al Fatihah dengan benar!
2. Demonstrasikan
hafalan surah Al fatihah di depan kelas!
3. Tulis
bunyi surah Al Fatihah di bawah ini:
a. Ayat 2
b. Ayat 5
c. ayat 7
4. Mengapa
surah Al Fatihah disebut Ummul Kitab?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD :
_______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Rukun Iman
Kompetensi Dasar : 2.1 Menunjukkan kekuasaan Allah SWT melalui
ciptaan-Nya
Indikator : 2.1.1 Menunjukkan adanya Allah melalui ciptaan-Nya
dan alam sekitar
2.1.2 Menunjukkan perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menunjukkan adanya dan siapa Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya
2. Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku
yang baik terhadap ciptaan Allah
Materi Pembelajaran : Materi tentang kekuasaan Allah SWT (lihat Buku Pendidikan
Agama Islam Jilid I NTR
Esis Bab 2)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang adanya Allah melalui
ciptaan-Nya dan alam sekitar
2. Siswa berlatih membuat
contoh-contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Memberikan
cerita singkat tentang orang-orang yang teguh keimanannya (melalui Sepenggal
Kisah di halaman 16 ditambah dengan kisah lainnya)
. Mengajukan
beberapa pertanyaan tentang siapa Allah
. Memberi pendahuluan menggunakan fitur
mutiara Islami di halaman 15
2. Kegiatan
Inti
. Siswa berdiskusi secara berkelompok
tentang siapa Allah, siapa Malaikat
. Apa nama kitab suci umat Islam, siapa nama
rasul terakhir, apa hari kiamat dan apa Qada dan Qadar
. Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh
perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada
di halaman 16, guru memberi pengarahan kepada siswa untuk membuatnya
. Siswa dibiarkan bekerja sesuai
kreativitasnya
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam
sepenggal kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri (halaman 16)
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks
lagu mengenai Rukun Iman serta kaset lagu-lagu Islami tentang rukun Iman
2. Teks
Rukun Iman di karton atau papan tulis
3. Potongan
karton yang dituliskan padanya setiap Rukun Iman untuk diurutkan
4. Buku
Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis
5. Buku-buku
lain yang relevan
6. Alquran
(juz Amma)
7. Kaset
atau CD Alquran
8. Pengalaman
guru
9. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Siapa
pencipta alam semesta?
2. Untuk
kesejahteraan siapa alam sekitar diciptakan?
3. Berikan
contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Rukun Iman
Kompetensi Dasar : 2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman
Indikator : 2.2.1 Menyebutkan
enam Rukun Iman dengan berurutan dan benar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran : Siswa dapat menyebutkan enam Rukun Iman dengan berurutan dan
benar
Materi
Pembelajaran : Rukun Iman (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 2)
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan tanya
jawab dengan teman-temannya tentang adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam
sekitar
2. Siswa berlatih untuk
menyebutkan enam Rukun Iman dengan berurutan dan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Mengulang
kembali materi tentang adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitarnya
. Meminta
siswa untuk memberikan contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah
2. Kegiatan
Inti
. Siswa menyebutkan enam Rukun Iman secara
klasikal, kelompok dan individu
3. Kegiatan
Penutup
. Guru
mendengarkan siswa mengulang penyebutan enam Rukun Iman secara berkelompok
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks
lagu mengenai Rukun Iman serta kaset lagu-lagu Islami tentang Rukun Iman
2. Teks
Rukun Iman di karton atau papan tulis
3. Potongan
karton yang dituliskan padanya setiap Rukun Iman untuk diurutkan
4. Buku
Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku
lain yang relevan
6. Alquran
(juz Amma)
7. Kaset
atau CD Alquran
8. Pengalaman
guru
9. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Lafalkan
enam Rukun Iman dengan benar dan berurutan!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Rukun Iman
Kompetensi Dasar : 2.3 Menghafal enam Rukun Iman
Indikator : 2.3.1 Menghafal
enam Rukun Iman
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran : Siswa dapat menghafal enam Rukun Iman dengan lancar dan berurutan
Materi Pembelajaran : Hafalan
Rukun Iman (lihat
Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 2)
Metode Pembelajaran : Siswa menghafalkan enam Rukun Iman secara
berkelompok serta mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Meminta
siswa untuk menyebutkan kembali enam Rukun Iman secara klasikal dan kelompok
2. Kegiatan
Inti
. Siswa berkelompok menghafal Rukun Iman
. Siswa mengajukan wakil kelompok untuk
menghafalkan Rukun Iman di depan kelas
3. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman 18, 19, dan
20 dan menuliskannya dalam buku tugas serta mengumpulkan tugas tersebut pada
pertemuan berikutnya. Siswa perlu dibimbing dalam membaca dan memahami soal
tes.
. Siswa
bersama-sama mengulang kembali hafalan enam Rukun Iman
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks
lagu mengenai Rukun Iman serta kaset lagu-lagu Islami tentang Rukun Iman
2. Teks
Rukun Iman di karton atau papan tulis
3. Potongan
karton yang dituliskan padanya setiap Rukun Iman untuk diurutkan
4. Buku
Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku
lain yang relevan
6. Alquran
(juz Amma)
7. Kaset
atau CD Alquran
8. Pengalaman
guru
9. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Hafalkan
enam Rukun Iman dengan benar dan berurutan!
2. Apakah
arti Iman?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.1 Membiasakan perilaku jujur
Indikator : 3.1.1 Menunjukkan contoh perilaku jujur dan
keuntungannya
3.1.2 Membiasakan perilaku jujur
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat menunjukkan
contoh perilaku jujur dan keuntungannya
2.
Siswa dapat membiasakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : Perilaku jujur (lihat Buku Pendidikan
Agama Islam Jilid I NTR
Esis Bab 3)
Metode
Pembelajaran : 1. Guru mengadakan tanya
jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang contoh perilaku
jujur dan keuntungannya.
2. Siswa mempraktikkan dan membiasakan perilaku
jujur dalam kehidupan sehari-hari
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Cerita
dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan
pengalaman siswa yang berkaitan dengan bahan ajar
. Memperkenalkan
bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku
jujur (melaui fitur Mutiara Islami)
2. Kegiatan
Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyampaikan pendapat tentang contoh
dan keuntungan dari perilaku jujur
. Siswa mengamati gambar peraga dalam buku
dan mengemukakan pendapatnya
. Siswa mengemukakan hal-hal yang tidak boleh berkaitan dengan
bahan ajar dan cara menghindarinya
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di
halaman 23. Guru
memberikan pengarahan tentang apa yang harus dilakukan siswa dalam mengerjakan
aktivitas tersebut
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga yang mencerminkan sifat jujur
2. Perilaku
siswa yang jujur
3. Buku
Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku
lain yang relevan
6. Alquran
(juz Amma)
7. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8. Pengalaman
guru
9. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Berikan
contoh perilaku jujur!
2. Apa
yang diperoleh jika kamu jujur?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.1 Membiasakan perilaku jujur
Indikator : 3.1.1 Menunjukkan contoh perilaku jujur dan
keuntungannya
3.1.2 Membiasakan perilaku jujur
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat menunjukkan
contoh perilaku jujur dan keuntungannya
2.
Siswa dapat membiasakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : Perilaku jujur (lihat Buku Pendidikan
Agama Islam Jilid I NTR
Esis Bab 3)
Metode
Pembelajaran : 1. Guru mengadakan tanya
jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang contoh perilaku
jujur dan keuntungannya.
2.
Siswa mempraktikkan dan membiasakan perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Cerita
dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan
pengalaman siswa yang berkaitan dengan bahan ajar
. Memperkenalkan
bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku
jujur (melaui fitur Mutiara Islami)
2. Kegiatan
Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyampaikan pendapat tentang contoh
dan keuntungan dari perilaku jujur
. Siswa mengamati gambar peraga dalam buku
dan mengemukakan pendapatnya
. Siswa mengemukakan hal-hal yang tidak boleh berkaitan dengan
bahan ajar dan cara menghindarinya
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di
halaman 23. Guru
memberikan pengarahan tentang apa yang harus dilakukan siswa dalam mengerjakan aktivitas
tersebut
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga yang mencerminkan sifat jujur
2. Perilaku
siswa yang jujur
3. Buku
Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku
lain yang relevan
6. Alquran
(juz Amma)
7. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8. Pengalaman
guru
9. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Berikan
contoh perilaku jujur!
2. Apa
yang diperoleh jika kamu jujur?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.2 Membiasakan perilaku tanggung jawab
Indikator : 3.2.1 Menunjukkan contoh perilaku tanggung jawab dan
keuntungannya
3.2.2 Membiasakan perilaku tanggung jawab
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menunjukkan contoh perilaku tanggung jawab dan keuntungannya
2.
Siswa dapat membiasakan perilaku tanggung jawab dalam kehidupan
sehari-hari
Materi
Pembelajaran : Perilaku tanggung jawab (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 3)
Metode
Pembelajaran : 1. Guru mengadakan tanya
jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang contoh perilaku
jujur dan keuntungannya.
2.
Siswa mempraktikkan dan membiasakan perilaku tanggung jawab dalam
kehidupan sehari-hari
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Cerita
dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan
pengalaman siswa yang berkaitan dengan bahan ajar
. Memperkenalkan
bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku
jujur (melaui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan
Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyampaikan pendapat tentang contoh
dan keuntungan dari perilaku tanggung jawab
. Siswa mengamati gambar peraga dalam buku
dan mengemukakan pendapatnya
. Siswa mengemukakan hal-hal yang tidak boleh berkaitan dengan
bahan ajar dan cara menghindarinya
3. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberi tugas siswa yang menulis macam-macam tanggung jawab bersama contohnya
dan ditulis di buku tugas serta diserahkan pada pertemuan berikutnya.
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga yang mencerminkan sifat tanggung jawab
2. Perilaku
siswa yang tanggung jawab
3. Buku
Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku
lain yang relevan
6. Alquran
(juz Amma)
7. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8. Pengalaman
guru
9. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Berikan
contoh perilaku tanggung jawab!
2. Sebutkan
macam-macam tanggung jawab yang kamu ketahui?
3. Apa
saja tanggung jawabmu sebagai seorang murid?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih
Indikator : 3.3.1 Menunjukkan
contoh perilaku hidup bersih dan manfaatnya
3.3.2 Membiasakan perilaku hidup bersih
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat menunjukkan
contoh perilaku hidup bersih dan manfaatnya
2.
Siswa dapat membiasakan perilaku hidup bersih dalam kehidupan
sehari-hari
Materi
Pembelajaran : Perilaku hidup bersih (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 3)
Metode
Pembelajaran : 1. Guru mengadakan tanya
jawab dengan siswa secara kelompok dan individu tentang contoh perilaku hidup
bersih dan manfaatnya.
2.
Siswa mempraktikkan dan membiasakan perilaku hidup bersih dalam
kehidupan sehari-hari
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Cerita
dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan
pengalaman siswa yang berkaitan dengan bahan ajar
. Memperkenalkan
bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku
hidup bersih (melaui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan
Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyampaikan pendapat tentang contoh
dan manfaat dari perilaku hidup bersih
. Siswa mengamati gambar peraga dalam buku
dan mengemukakan pendapatnya
. Siswa mengemukakan hal-hal yang tidak boleh berkaitan dengan
bahan ajar dan cara menghindarinya
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di
halaman 32. Guru
memberikan pengarahan tentang apa yang harus dilakukan siswa dalam mengerjakan
aktivitas tersebut
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga yang mencerminkan perilaku hidup bersih
2. Perilaku
siswa yang jujur
3. Buku
Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku
lain yang relevan
6. Alquran
(juz Amma)
7. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8. Pengalaman
guru
9. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Sebutkan
dua macam kebersihan yang harus dijaga!
2. Berikan
contoh-contoh yang menunjukkan perilaku hidup bersih!
3. Manfaat
apa yang dapat diambil dari perilaku hidup bersih?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.4 Membiasakan perilaku disiplin
Indikator : 3.4.1 Menunjukkan contoh perilaku disiplin
3.4.2 Membiasakan perilaku disiplin
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menunjukkan contoh perilaku disiplin dan keuntungannya
2. Siswa dapat
membiasakan perilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : Perilaku disiplin (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 3)
Metode Pembelajaran : 1. Guru
mengadakan tanya jawab dengan siswa secara kelompok dan individu tentang contoh
perilaku disiplin dan keuntungannya.
2.
Siswa mempraktikkan dan membiasakan perilaku disiplin dalam
kehidupan sehari-hari
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Cerita
dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan
pengalaman siswa yang berkaitan dengan bahan ajar
. Memperkenalkan
bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku
disiplin (melaui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan
Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru
tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyampaikan pendapat tentang contoh
dan manfaat dari perilaku disiplin
. Siswa mengamati gambar peraga dalam buku
dan mengemukakan pendapatnya
. Siswa mengemukakan hal-hal yang tidak boleh berkaitan dengan bahan
ajar dan cara menghindarinya
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa
diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan
menggunakan bahasa sendiri
. Siswa
menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman 34)
. Guru
memberikan tugas siswa yang mengerjakan latihan di halaman 36, 37, dan 38 dan
ditulis di buku tugas serta mengumpulkan tugas tersebut pada pertemuan
berikutnya. Siswa perlu dibimbing dalam membaca dan memahami tes.
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga yang mencerminkan perilaku disiplin
2. Perilaku
siswa yang jujur
3. Buku
Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku
lain yang relevan
6. Alquran
(juz Amma)
7. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8. Pengalaman
guru
9. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Untuk
apa kamu harus membiasakan disiplin?
2. Sebutkan
contoh-contoh yang menunjukkan perilaku disiplin!
3. Apa
akibat dari seseorang yang melalaikan waktu?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 4. Mengenal tata cara bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan pengertian bersuci
Indikator : 4.1.1 Menjelaskan pengertian bersuci
4.1.2 Menyebutkan tata cara bersuci
4.1.3 Menunjukkan alat untuk bersuci
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat
mendefinisikan pengertian bersuci
2. Siswa dapat menyebutkan tata cara bersuci
dengan benar
3. Siswa dapat menunjukkan alat-alat untuk bersuci
Materi Pembelajaran : Taharah (lihat Buku Pendidikan
Agama Islam Jilid I NTR
Esis Bab 4)
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan tanya
jawab dengan teman-temannya tentang pengertian bersuci / taharah
2.
Siswa berlatih untuk menyebutkan tata cara bersuci dan alat-alat
untuk bersuci
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Cerita dari pengalaman dan kebiasaan siswa sehari-hari
tentang tata cara bersuci
. Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan
berguna bagi siswa yang berkaitan dengan bersuci / taharah (melaui fitur
Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah di halaman 42, 43, dan 45)
2. Kegiatan
Inti
. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyebutkan tata cara bersuci secara
klasikal dan berkelompok
. Siswa menyebutkan alat-alat yang dapat
dipakai bersuci di sekitar tempat belajar
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam
Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri (halaman 45)
. Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman 45)
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga tentang tata cara bersuci
2. Alat-alat
bersuci yang bisa disiapkan
3. Buku
Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku
lain yang relevan
6. Alquran
(juz Amma)
7. Teks
doa sebelum masuk dan sesuadah keluar toilet di karton atau papan tulis
8. Pengalaman
guru
9. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Jelaskan
definisi taharah / bersuci!
2. Bagaimana
cara bersuci yang benar / bersih?
3. Apa
saja alat yang dapat digunakan untuk bersuci?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 4. Mengenal tata cara bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar : 4.2 Mencontoh tata cara bersuci
Indikator : 4.2.1 Melakukan tata cara bersuci
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 2
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat melakukan tata cara bersuci dengan benar
2. Siswa dapat
menghafal do’a sebelum dan sesudah masuk kamar kecil
Materi Pembelajaran : Taharah (lihat Buku Pendidikan
Agama Islam Jilid I NTR
Esis Bab 4)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
mempraktikkan tata cara bersuci secara berkelompok
2. Siswa menghafal do’a sebelum dan sesudah masuk
kamar kecil dan mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Guru menjelaskan kembali materi tentang
tata cara bersuci secara ringkas
. Siswa menyebutkan kembali tata cara
bersuci yang benar dan alat-alat yang dapat digunakan untuk bersuci
2. Kegiatan
Inti
. Siswa mempraktikkan tata cara bersuci
secara berkelompok
. Siswa menghafalkan do’a sebelum dan
sesudah masuk kamar kecil secara berkelompok dan sendiri-sendiri
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di
halaman 44. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan
dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut
. Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan
latihan yang ada di halaman 46, 47, dan 48 dan ditulis di buku tugas serta
dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga tentang tata cara bersuci
2. Alat-alat
bersuci yang bisa disiapkan
3. Buku
Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
4. Buku-buku
lain yang relevan
5. Alquran
(juz Amma)
6. Teks
doa sebelum masuk dan sesuadah keluar toilet di karton atau papan tulis
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Praktikkan
tata cara bersuci yang benar!
2. Hafalkan
doa sebelum dan sesudah masuk kamar kecil!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 5. Mengenal Rukun Islam
Kompetensi Dasar : 5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam
Indikator : 5.1.1 Mengucapkan
Rukun Islam
5.1.2
Menyebutkan Rukun Islam dengan benar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat mengucapkan
dan menyebutkan Rukun Islam dengan benar
2. Siswa dapat
memahami arti setiap Rukun Islam
Materi Pembelajaran : Rukun
Islam (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 5)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengucapkan Rukun Islam
secara klasikal dan berkelompok
2. Siswa mengadakan tanya jawab dengan
teman-temannya tentang arti setiap Rukun Islam setelah mendengar penjelasan
guru tentang arti setiap Rukun Islam
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Siswa
menjawab beberapa pertanyaan tentang agama Islam
. Guru
memperkenalkan bahan ajar dengan cerita menarik atau melaui fitur Mutiara Islam
di halaman 51 dan 52
2. Kegiatan
Inti
. Siswa menyebutkan enam Rukun Islam secara
klasikal, kelompok dan individu
. Guru menjelaskan arti setiap Rukun Islam
. Siswa mengadakan diskusi dengan
teman-temannya tentang arti setiap Rukun Islam
3. Kegiatan
Penutup
. Guru
menyebutkan kembali Rukun Islam dan mengumpulkan arti setiap Rukun Islam dengan
ringkas
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks
Rukun Islam di karton atau papan tulis
2. Teks
lagu Rukun Islam (syair lagu balonku)
3. Potongan
karton yang dituliskan padanya setiap Rukun Islam untuk diurutkan
4. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
5. Alquran
(juz Amma)
6. Kaset
atau CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Sebutkan
Rukun Islam dengan benar!
2. Siapakah
yang diwajibkan membayar zakat?
3. Kemana
umat Islam pergi haji?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 1
Standar Kompetensi : 5. Mengenal Rukun Islam
Kompetensi Dasar : 5.2 Menghafal Rukun Islam
Indikator : 5.2.1 Menghafal Rukun Islam dengan lancar
5.2.2
Menunjukkan contoh pengalaman Rukun Islam
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat menghafal
Rukun Islam dengan lancar dan berurutan
2.
Siswa dapat menunjukkan contoh pengalaman Rukun Islam
Materi Pembelajaran : Rukun
Islam (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 5)
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa menghafal Rukun
Islam secara kelompok dan individu
2. Siswa berlatih untuk menunjukkan contoh-contoh
pengalaman Rukun Islam
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Siswa
mengulang kembali penyebutan Rukun Islam secara klasikal dan kelompok
2. Kegiatan
Inti
. Siswa menghafal Rukun Islam secara
kelompok dan individu
. Siswa mendemonstrasikan hafalannya di
depan kelas
. Siswa menunjukkan contoh-contoh pengalaman
Rukun Islam
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa
diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan
menggunakan bahasa sendiri (halaman54)
. Siswa
menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman 55)
. Siswa
mengerjakan latihan yang ada di halaman 56, 57, dan 58 serta menulisnya di buku
tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks
Rukun Islam di karton atau papan tulis
2. Teks
lagu Rukun Islam (syair lagu “balonku”)
3. Potongan
karton yang dituliskan padanya setiap Rukun Islam untuk diurutkan
4. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
5. Alquran
(juz Amma)
6. Kaset
atau CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Sebutkan
Rukun Islam dengan berurutan!
2. Berikan
contoh dari pengalaman Rukun Islam!
3. Urutkan
Rukun Islam di bawah ini dengan benar:
a. membayar zakat
b. ibadah haji ke baitullah bagi yang mampu
c. mengucapkan dua kalimat syahadat
d. mendirikan SALAT
e. puasa di bulan ramadhan
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 2
Standar Kompetensi : 6. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 6.1 Menghafal QS Al Kausar dengan lancar
Indikator : 6.1.1 Melafalkan surah Al Kausar
6.1.2 Menghafal surah Al Kausar dengan lancar dan
benar
6.1.3. Membiasakan membaca surah Al Kausar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan surah Al Kausar dengan
benar
2. Siswa dapat menghafalkan surah Al Kausar
dengan lancar dan benar
3. Siswa dapat membiasakan membaca surah Al Kausar
Materi Pembelajaran : Surah Al Kausar (lihat Buku Pendidikan
Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 6)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melafalkan surah Al Kausar secara
klasikal dan berkelompok
2. Siswa mehafalkan surah Al Kausar secara
berkelompok dan individu
3. Siswa membiasakan membaca surah Al Kausar
dalam kesempatan-kesempatan lain
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Tadarus bersama surah-surah yang telah
dihafal siswa
. Memperkenalkan
bahan ajar surah Al Kausar dan isi kandungannya serta keistimewaannya
2. Kegiatan
Inti
. Siswa
melafalkan surah Al Kausar secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti
bacaan guru
. Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Kausar
secara kelompok dan individu
. Siswa yang telah menguasai bahan hafalan,
tampil ke depan kelas
. Siswa menghafal surah Al Kausar
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman 70)
. Guru memberi tugas siswa untuk menulis
lafal surah Al Kausar dalam buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan
lafal surah Al Kausar pada karton atau papan tulis
2. Alquran
(Juz Amma)
3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
4. Buku-buku
lain yang relevan
5. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Lafalkan
surah Al Kausar!
2. Hafalkan
surah Al Kausar!
3. Apa
pelajaran yang dapat diambil dari surah Al Kausar?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 2
Standar Kompetensi : 6. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 6.2 Menghafal QS An Nasr dengan lancar
Indikator : 6.2.1 Melafalkan
surah An Nasr
6.2.2 Menghafal surah An Nasr dengan lancar
6.2.3. Membiasakan membaca surah An Nasr
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan surah An Nasr dengan
benar
2. Siswa dapat menghafalkan surah An Nasr dengan
lancar dan benar
3. Siswa dapat membiasakan membaca surah An Nasr
Materi Pembelajaran : Surah
An Nasr (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 6)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melafalkan surah An Nasr secara klasikal
dan berkelompok
2. Siswa mehafalkan surah An Nasr secara
berkelompok dan individu
3. Siswa membiasakan membaca surah An Nasr dalam
kesempatan-kesempatan lain
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Tadarus bersama surah-surah yang telah
dihafal siswa
. Memperkenalkan
bahan ajar surah An Nasr dan isi kandungannya serta keistimewaannya
2. Kegiatan
Inti
. Siswa
melafalkan surah An Nasr secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti
bacaan guru
. Siswa mengulang-ulang lafal surah An Nasr
secara kelompok dan individu
. Siswa yang telah menguasai bahan hafalan,
tampil ke depan kelas
. Siswa menghafal surah An Nasr
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa menyimak bacaan intisari yang
dibacakan guru (halaman 70)
. Guru memberi tugas siswa untuk menulis
lafal surah An Nasr di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan
lafal surah An Nasr pada karton atau papan tulis
2. Alquran
(Juz Amma)
3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
4. Buku-buku
lain yang relevan
5. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Lafalkan
surah An Nasr!
2. Hafalkan
surah An Nasr!
3. Apa
makna kata An Nasr?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 2
Standar Kompetensi : 6. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 6.3 Menghafal QS Al Asr dengan lancar
Indikator : 6.3.1 Melafalkan surah Al Asr
6.3.2 Menghafal surah Al Asr dengan lancar
6.3.3. Membiasakan membaca surah Al Asr
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan surah Al Asr dengan
benar
2. Siswa dapat menghafalkan surah Al Asr dengan
lancar dan benar
3. Siswa dapat membiasakan membaca surah Al Asr
Materi Pembelajaran : Surah
Al Asr (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 6)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melafalkan surah Al Asr secara klasikal
dan berkelompok
2. Siswa menghafalkan surah Al Asr secara
berkelompok dan individu
3. Siswa membiasakan membaca surah Al Asr dalam
kesempatan-kesempatan lain
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Tadarus bersama surah-surah yang telah
dihafal siswa
. Memperkenalkan
bahan ajar surah Al Asr dan isi kandungannya serta keistimewaannya (melalui
fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan
Inti
. Siswa melafalkan surah Al Asr secara
klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
. Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Asr
secara kelompok dan individu
. Siswa yang telah menguasai bahan hafalan,
tampil ke depan kelas
. Siswa menghafal surah Al Asr
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa diminta menyimpulkan kisah Sepenggal
kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
. Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman 70)
. Guru
memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman 71, 72, 73
dan 74 dan menuliskannya dalam buku tugas serta mengumpulkan tugas tersebut
pada pertemuan berikutnya. Siswa perlu dibimbing dalam membaca dan memahami
soal tes
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan
lafal surah Al Asr pada karton atau papan tulis
2. Alquran
(Juz Amma)
3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
4. Buku-buku
lain yang relevan
5. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Lafalkan
surah Al Asr!
2. Hafalkan
surah Al Asr!
3. Peringatan
tentang apa yang dikandung oleh surah An
Nasr?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal dua kalimat syahadat
Kompetensi Dasar : 7.1 Melafalkan syahadat tauhit dan syahadat
rasul
Indikator : 7.1.1 Melafalkan
syahadat tauhit dan syahadat rasul dengan benar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat melafalkan
syahadat tauhit dan syahadat rasul dengan benar
Materi Pembelajaran : Syahadat
(lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 7)
Metode Pembelajaran : Siswa melafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul
secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Cerita pengalaman siswa dalam mengenal
Allah dan Rasul terakhir
. Memperkenalkan bahan ajar melalui senandung / lagu:
Aku bersaksi pada
Ilahi
Tiada
Tuhan selain Allah
dan
Nabi Muhammad utusan Allah
Pembawa
rahmat seluruh dunia
2. Kegiatan
Inti
. Siswa melafalkan dua kalimat syahadat
bersama-sama
. Siswa melafalkan dua kalimat syahadat
berkelompok
. Siswa melafalkan dua kalimat syahadat
secara individu
3. Kegiatan
Penutup
. Guru memberi tugas siswa untuk menulis
lafal dua kalimat syahadat di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks
lafal dua kalimat syahadat pada karton atau papan tulis
2. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
3. Buku-buku
lain yang relevan
4. Alquran
(Juz Amma)
5. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Lafalkan
syahadat tauhid!
2. Lafalkan
syahadat rasul!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal dua kalimat syahadat
Kompetensi Dasar : 7.2 Mengartikan dua kalimat syahadat
Indikator : 7.2.1 Mengartikan dua kalimat syahadat dengan tepat
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mengartikan dua kalimat syahadat
dengan tepat
2.
Siswa dapat memahami makna yang terkandung dalam syahadat tauhid
dan syahadat rasul
Materi Pembelajaran : Syahadat
(lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 7)
Metode
Pembelajaran : 1. Guru memberikan
pertanyaan kepada siswa tentang arti dua kalimat syahadat
2. Siswa mengadakan tanya jawab dengan
teman-temannya tentang makna yang terkandung dalam syahadat tauhid dan syahadat
rasul
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Memberikan pengantar mengenai syahadat
melalui fitur Mutiara Islam di halaman 77
. Siswa melafalkan dua kalimat syahadat
secara klasikal, kelompok dan individu
2. Kegiatan
Inti
. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
arti dua kalimat syahadat
. Siswa mengartikan dua kalimat syahadat
bersama-sama dan individu
. Siswa secara individu melafalkan dua
kalimat syahadat beserta artinya
3. Kegiatan
Penutup
. Mengadakan tanya jawab tentang makna yang
terkandung dari syahadat tauhid dan syahadat rasul
. Siswa menulis bunyi dua kalimat syahadat dengan huruf latin di
buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks
lafal dua kalimat syahadat pada karton atau papan tulis
2. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
3. Buku-buku
lain yang relevan
4. Alquran
(Juz Amma)
5. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Apa
makna atau arti syahadat tauhid!
2. Apa
makna atau arti syahadat rasul!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal dua kalimat syahadat
Kompetensi Dasar : 7.3 Menghafalkan dua kalimat syahadat
Indikator : 7.3.1 Menghafalkan
dua kalimat syahadat dengan lancar
7.3.2 Mengamalkan dua kalimat syahadat dalam shalat
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menghafalkan dua kalimat syahadat
dengan lancar dan benar
2.
Siswa dapat mengamalkan dua kalimat syahadat dalam shalat
Materi Pembelajaran : Syahadat
(lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 7)
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa menghafalkan dua
kalimat syahadat secara klasikal, kelompok dan individu
2. Siswa berlatih untuk mendemonstrasikan
hafalannya di depan kelas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Guru
kembali memperkenalkan bahan ajar yang menarik melalui fitur Sepenggal Kisah di
halaman 79 dan Mutiara Islam di halaman 79
. Siswa melafalkan dua kalimat syahadat
secara klasikal dan kelompok
2. Kegiatan
Inti
. Siswa melafalkan dua kalimat syahadat
bersama-sama
. Siswa melafalkan dua kalimat syahadat
secara berkelompok
. Siswa melafalkan dua kalimat syahadat
secara individu
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa
melakukan aktivitas yang ada di halaman 78. Guru memberikan pengarahan tentang
apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas
tersebut
. Siswa
diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan
menggunakan bahasa sendiri (halaman 79)
. Siswa
menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman80)
. Siswa
mengerjakan latihan yang ada di halaman 81, 82 dan 83 serta menulisnya di buku
tugas untuk dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks
lafal dua kalimat syahadat pada karton atau papan tulis
2. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
3. Buku-buku
lain yang relevan
4. Alquran
(Juz Amma)
5. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Hafalkan
dua kalimat syahadat beserta artinya!
2. Jelaskan
pengertian syahadat!
3. Bagaimana
bunyi syahadat tauhid?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 2
Standar Kompetensi : 8. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 8.1 Menampilkan perilaku rajin
Indikator : 8.1.1 Menunjukkan contoh perilaku rajin
8.1.2 Menampilkan perilaku rajin
8.1.3 Menunjukkan keuntungan orang yang rajin
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku rajin
2. Siswa dapat menampilkan dan membiasakan
perilaku rajin
3. Siswa dapat menunjukkan keuntungan orang yang
jujur
Materi Pembelajaran : Perilaku
rajin (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 8)
Metode Pembelajaran : 1. siswa
mengadakan diskusi kelompok dengan teman-temannya tentang perilaku rajin
2. Siswa berlatih untuk memberikan contoh-contoh perilaku rajin
3. Siswa berlatih untuk menunjukkan keuntungan
orang yang jujur
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Cerita
dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan
pengalaman siswa
. Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan
berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku jujur (melaui fitur Mutiara
Islam di halaman 86)
2. Kegiatan
Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa memberikan contoh-contoh perilaku
rajin
. Siswa menyampaikan pendapat tentang
keuntungan perilaku rajin
. Siswa mengamati gambar peraga dalam buku
dan mengemukakan pendapatnya
3. Kegiatan
Penutup
. Guru memberikan tugas siswa untuk
menuliskan contoh perilaku rajin dari pengalaman mereka masing-masing dan
menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga yang mencerminkan perilaku rajin
2. Perilaku
siswa yang rajin
3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
4. Buku-buku
lain yang relevan
5. Alquran
(juz Amma)
6. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Berikan
contoh-contoh perilaku rajin!
2. Apa
keuntungan murid yang rajin belajar?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 2
Standar Kompetensi : 8. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 8.2 Menampilkan perilaku tolong menolong
Indikator : 8.2.1 Menunjukkan
contoh perilaku tolong menolong
8.2.2 Menampilkan perilaku tolong menolong
8.2.3 Menyebutkan manfaat tolong menolong
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat menunjukkan
contoh-contoh perilaku tolong menolong
2. Siswa dapat menampilkan dan membiasakan
perilaku rajin
3. Siswa dapat menyebutkan manfaat tolong
menolong
Materi Pembelajaran : Perilaku tolong-menolong (lihat Buku
Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 5)
Metode
Pembelajaran : 1. siswa mengadakan diskusi
kelompok tentang perilaku tolong menolong dengan teman-temannya
2. Siswa berlatih untuk menunjukkan contoh-contoh
perilaku tolong menolong
3. Siswa berlatih untuk menyebutkan manfaat
tolong menolong
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Cerita
dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan
pengalaman siswa
. Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan
berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku tolong menolong (melaui fitur
Mutiara Islam di halaman 87)
2. Kegiatan
Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa memberikan contoh-contoh perilaku
tolong menolong
. Siswa mengamati gambar peraga dalam buku
dan mengemukakan pendapatnya
. Siswa menyampaikan pendapat tentang manfaat perilaku tolong
menolong
3. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan tugas siswa untuk menuliskan contoh perilaku tolong menolong dari
pengalaman mereka masing-masing dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga yang mencerminkan perilaku tolong menolong
2. Perilaku
siswa yang suka tolong menolong
3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
4. Buku-buku
lain yang relevan
5. Alquran
(juz Amma)
6. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Berikan
contoh-contoh perilaku tolong menolong!
2. Sebutkan
manfaat dari tolong menolong?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 2
Standar Kompetensi : 8. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 8.3 Menampilkan perilaku hormat terhadap orang
tua
Indikator : 8.3.1 Menunjukkan
contoh perilaku hormat terhadap orang tua
8.3.2 Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua
8.3.3 Menunjukkan cara menghormati orang tua
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku hormat terhadap orang tua dengan
teman-temannya
2. Siswa dapat menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua
3. Siswa dapat menunjukkan cara menghormati orang
tua
Materi Pembelajaran : Perilaku hormat terhadap orangtua (lihat
Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 5)
Metode Pembelajaran : 1. siswa
mengadakan diskusi kelompok tentang perilaku hormat terhadap orang tua dengan
teman-temannya
2. Siswa berlatih untuk menunjukkan contoh-contoh
perilaku hormat terhadap orang tua
3. Siswa berlatih untuk menunjukkan cara
menghormati orang tua
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Cerita dari pengetahuan siswa tentang
pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan pengalaman siswa
. Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan
berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku hormat terhadap orang tua
(melaui fitur Mutiara Islam di halaman 89)
2. Kegiatan
Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa memberikan contoh-contoh perilaku
hormat terhadap orang tua
. Siswa menyampaikan pendapat tentang manfaat perilaku hormat terhadap
orang tua
. Siswa menghafalkan doa untuk kedua orang
tua secara berkelompok
. Siswa
mengemukakan hal-hal yang tidak boleh dilakukan berkaitan dengan bahan ajar dan
cara menghindarinya
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman
88 dan 89. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan
dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga yang mencerminkan perilaku hormat terhadap orang tua
2. Perilaku
siswa yang hormat terhadap orang tua
3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
4 Buku-buku
lain yang relevan
5. Alquran
(juz Amma)
6. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Berikan
contoh-contoh perilaku hormat terhadap orang tua!
2. Bacalah
doa untuk kedua orang tua!
3. Hafalkan
doa untuk kedua orang tua!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 2
Standar Kompetensi : 8. Menampilkan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 8.4 Menampilkan adab makan dan minum
Indikator : 8.4.1 Menunjukkan
contoh perilaku tata cara makan dan minum yang baik
8.4.2 Menampilkan adab makan dan minum
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 2
x pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat menunjukkan
contoh-contoh perilaku tata cara makan dan minum yang baik
2.
Siswa dapat menampilkan adab makan dan minum dan menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : Adab makan dan minum (lihat Buku Pendidikan
Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 5)
Metode
Pembelajaran : 1. siswa mengadakan diskusi
kelompok dengan teman-temannya tentang perilaku tata cara makan dan minum yang
baik
2. Siswa berlatih untuk menunjukkan contoh-contoh
perilaku tata cara makan dan minum yang baik
3. Siswa mendemonstrasikan adab makan dan minum
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Cerita
singkat tentang rezeki Allah berupa makanan dan minuman yang sangat banyak
. Memperkenalkan
bahan ajar melalui tanya jawab dari pengalaman siswa
. Menekankan
perlunya membiasakan makan dan minum dengan tata cara yang baik menurut ajaran
Islam melaui fitur Mutiara Islam di halaman 92
2. Kegiatan
Inti
. Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menceritakan pengalaman tata cara
makan dan minum di rumah
. Siswa menghafalkan doa sebelum dan sesudah makan
. Siswa
mempraktikkan tata cara makan dan minum yang baik
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di
halaman 91 dan 92. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus
dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut
. Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman 96)
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga yang mencerminkan tata cara makan dan minum yang baik
2. Meja,
kursi, alat makan (piring / sendok)
3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
4 Buku-buku
lain yang relevan
5. Alquran
(juz Amma)
6. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Bagaimana
tata cara makan dan minum yang baik!
2. Hafalkan
doa sebelum dan sesudah makan!
3. Demonstrasikan
tata cara makan dan minum yang baik!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 2
Standar Kompetensi : 8. Menampilkan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 8.5 Menampilkan adab belajar
Indikator : 8.5.1 Menunjukkan
contoh adab belajar
8.5.2 Menampilkan adab belajar
8.5.3 Menunjukkan manfaat rajin belajar
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 2
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menunjukkan contoh adab belajar
2. Siswa dapat menampilkan adab belajar dan
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
3. Siswa dapat menunjukkan manfaat rajin belajar
Materi Pembelajaran : Adab
belajar (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 8)
Metode
Pembelajaran : 1. Guru mengadakan tanya
jawab dengan siswa tentang adab belajar
2. Siswa menunjukkan contoh adab belajar
3. Siswa menyampaikan pendapat tentang manfaat
rajin belajar
4. Siswa berlatih menghafalkan doa belajar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Menamyakan
nama-nama siswa yang belajar mempersiapkan pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
menanyakan bentuk persiapan yang dilakukan
. Menunjuk
beberapa siswa yang telah hafal doa sebelum dan sesudah belajar
. Siswa
diberikan pengantar tentang perlunya memupuk kebiasaan belajar sejak dini
(melalui fitur Mutiara Islam di halaman 94 dan 95 serta fitur Sepenggal kisah
di halaman 96)
2. Kegiatan
Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati
penjelasan guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menjawab beberapa pertanyaan guru
tentang adab belajar
. Siswa menghafalkan doa belajar secara
berkelompok
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di
halaman 94 dan 95. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus
dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam
Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri (halaman 96)
. Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman 96)
. Guru
memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan di halaman 97, 98, dan 99, dan
ditulis di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga yang mencerminkan adab belajar
2. Perilaku
siswa yang belajar sesuai dengan tata cara yang baik
3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
4 Buku-buku
lain yang relevan
5. Alquran
(juz Amma)
6. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Berikan
contoh-contoh adab belajar!
2. Apa
keuntungan murid yang rajin belajar?
3. Hafalkan
doa sebelum dan sesudah belajar!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar : 9.1 Menyebutkan tata cara berwudu
Indikator : 9.1.1 Menjelaskan tata cara berwudu dengan benar
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 2
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan tata cara berwudu
dengan benar
Materi Pembelajaran : Taharah
(lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 9)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang tata cara berwudu yang
benar dengan memperhatikan gambar peraga yang ada di buku
2. Siswa berlatih melafalkan niat berwudu
3. Siswa berlatih menghafal urutan berwudu
4. Siswa menghafal doa berwudu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Memperagakan cara berwudu sesuai kemampuan
dari gerakan satu ke gerakan lainnya
. Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dengan mengajukan
pertanyaan yang menarik
. Memberikan
pengantar mengenai kewajiban berwudu melaui fitur Mutiara Islam di halaman 103
2. Kegiatan
Inti
. Siswa melafalkan niat berwudu secara
klasikal dan berkelompok
. Siswa menghafal urutan berwudu melalui
alat peraga
. Siswa menghafal doa berwudu
3. Kegiatan
Penutup
. Guru memberikan tugas siswa untuk
mengerjakan latihan di halaman 108, 109, dan 110, ditulis di buku tugas dan
dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar
tata cara berwudu pada karton atau lainnya
2. Tempat
dan peralatan berwudu (kran air)
3. Buku
Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
4. Buku-buku
lain yang relevan
5. Alquran
(juz Amma)
6. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan dan teknologi komunikasi yang relevan
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Jelaskan
tata cara berwudu yang benar!
2. Hafalkan
doa berwudu!
3. Hafalkan
tata cara berwudu!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD
: _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : I
/ 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar : 9.2. Mempraktikkan tata cara berwudu
Indikator : 9.2.1 Mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar
9.2.2 Membiasakan berwudu dengan benar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1
x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar
2.
Siswa dapat membiasakan berwudu dengan benar sebelum melaksanakan salat
lima waktu
Materi Pembelajaran : Wudu
(lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 9)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
. Guru kembali memberikan pengantar mengenai
bahan ajar melaui fitur Sepenggal Kisah di halaman 106
. Siswa kembali melafalkan urutan berwudu
secara klasikal dan berkelompok
2. Kegiatan
Inti
. Siswa berlatih berwudu secara kelompok
kemudian individu
. Siswa mendemonstrasikan pelaksanaan
berwudu dengan sempurna
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di
halaman 106. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan
dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam
Sepenggal kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri (halaman 106)
. Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman
106)
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar
tata cara berwudu pada karton atau lainnya
2. Tempat
dan peralatan berwudu (kran air)
3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
4. Buku-buku
lain yang relevan
5. Alquran
(juz Amma)
6. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan dan teknologi komunikasi yang relevan
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
1. Praktikkan
tata cara berwudu yang benar!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar