Silabus
Nama Sekolah : SEKOLAH
DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : V
Semester : 1
STANDAR
KOMPETENSI:
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
|
||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1. Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Pengertian NKRI
Dasar hukum bentuk NKRI.
Otonomi daerah dan hubungan luar negeri.
Pemerintahan dan pemilihan kepala negara.
|
Membaca uraian pengertian NKRI.
Bertanya jawab tentang isi uraian.
Berdiskusi tentang bentuk Indonesia sebagai
negara kesatuan.
Berdiskusi tentang satuan daerah otonom
dalam NKRI.
Berdiskusi tentang hubungan daerah otonom
dengan NKRI.
Menjelaskan hak daerah otonom dalam
mengadakan hubungan luar negeri.
Menceritakan pengetahuan individual tentang
pemilihan umum.
Berdiskusi tentang hubungan NKRI dan
pemilihan umum.
|
Menjelaskan pengertian NKRI
Menyebutkan dasar hukum NKRI.
Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI.
Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan
NKRI
Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya
terhadap NKRI.
|
Diskusi kelompok
|
Penilaian lisan.
Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).
|
NKRI adalah ....
Indonesia merupakan negara berbentuk ....
Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya ....
Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena ....
NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum
untuk ....
.
|
4 x 35
menit.
|
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hlm. 1—3 .
Orangtua.
Teman.
Pengalaman siswa, dst.
|
|
Keberadaan NKRI.
|
Membaca
uraian di buku teks tentang keberadaan NKRI.
Memperhatikan
gambar peta Indonesia.
Menjelaskan
batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
Bertanya
jawab tentang fungsi deskripsi garis lintang dan bujur dalam menjelaskan
letak negara.
Menyebutkan
derajat lintang dan bujur NKRI dan bagian-bagian wilayahnya (darat, laut,
udara).
Berdiskusi
tentang fungsi wilayah daratan NKRI.
Berdiskusi
tentang fungsi wilayah laut NKRI.
Berdiskusi
tentang batas landas kontinen suatu negara berdasarkan Konvensi PBB.
Berdiskusi
tentang fungsi wilayah udara NKRI.
|
Menunjukkan
sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau
perairan yang menjadi batas NKRI.
Menyebutkan
posisi lintang dan bujur NKRI.
Memahami
tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
Menjelaskan fungsi
wilayah daratan NKRI.
Menjelaskan
fungsi wilayah laut NKRI.
Menjelaskan
fungsi wilayah udara NKRI.
|
Diskusi kelompok
|
Penilaian lisan.
Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam
diskusi).
|
Batas utara NKRI adalah ....
Batas selatan NKRI adalah ....
Batas barat NKRI adalah ....
Batas timur NKRI adalah ....
Indonesia terletak di ... derajat ...
sampai ... derajat ..., dan ... derajat ...
sampai ... derajat ....
Fungsi wilayah daratan NKRI adalah ....
Fungsi wilayah laut NKRI adalah ....
Fungsi wilayah udara NKRI adalah ....
Zona Ekonomi Eksklusif adalah ....
|
|
|
1.2. Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
Arti penting keutuhan NKRI.
|
Membaca
uraian tentang sejarah berdirinya NKRI.
Mendiskusikan
usaha-usaha yang telah dilakukan para pemimpin bangsa pada masa lalu demi
terciptanya NKRI.
Mendaftarkan sejumlah peristiwa penting yang terjadi dalam proses
pembentukan NKRI.
Menjelaskan pengertian semboyan Bhinneka Tunggal Ika
Menghubungkan
prinsip semboyan Bhinneka Tunggal Ika dengan usaha para pemimpin bangsa pada
masa lalu.
Menjelaskan
arti penting keutuhan NKRI.
|
Memahami
arti penting keutuhan NKRI.
|
Tugas individu.
|
Penilaian daya nalar.
Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).
|
Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
Apa saja usaha yang dilakukan pemimpin bangsa kita dahulu dalam
mewujudkan NKRI?
Mengapa Indonesia berbentuk negara kesatuan?
|
6 X 35
menit.
|
Buku paket hlm. 5—9.
Berbagai buku sejarah perjuangan bangsa.
Teman.
|
|
Fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
|
Membaca
sejarah singkat tentang Pancasila.
Membaca
poin-poin sila dalam Pancasila atau menirukan pembacaan Pancasila.
Memperhatikan
gambar burung garuda Pancasila.
Menunjuk
lambang-lambang pada tameng burung garuda berdasarkan kelima sila Pancasila.
|
Mampu
menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
|
Tugas berkelompok.
|
Penilaian lisan.
Penilaian daya nalar.
Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam
diskusi).
|
Apa alasan dibentuknya Pacasila?
Apa fungsi Pancasila bagi NKRI?
|
|
|
|
|
Mendiskusikan sebab-sebab dirumuskannya
Pancasila.
Mendiskusikan isi pancasila.
Mendiskusikan fungsi Pancasila bagi NKRI.
|
|
|
|
|
|
|
|
Makna kesatuan wilayah Indonesia.
|
Menyebutkan
berbagai segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi,
pertahanan-keamanan).
Menjelaskan
makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik.
Menjelaskan
makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi sosial-budaya.
Menjelaskan
makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi.
Menjelaskan
makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi pertahanan-keamanan.
Menuliskan
contoh makna kesatuan wilayah Indonesia dalam keempat segi tersebut.
|
Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah
Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya,
ekonomi, pertahanan-keamanan).
|
Tugas
individu.
|
Penilaian lisan.
Logika dan kreativitas contoh yang diberikan siswa.
Penilaian unjuk kerja (keberanian anak mengungkapkan isi pikiran).
|
Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi?
Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi
sosial-budaya?
|
|
|
1.3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam
menjaga keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
-
Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan
NKRI.
|
Memfoto kopi gambar pada buku pelajaran.
Mewarnai gambar yang menunjukksn sikap yang benar.
Menjelaskan gambar yang telah diwarnai dan alasan memilih gambar
tersebut.
|
Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI.
|
Tugas individu.
|
Penilaian
unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar dan kreativitas pewarnaan gambar)
Penilaian
lisan ketika siswa menceritakan gambar dan alasan pemilihan gambar.
|
Apabila
terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya diambil aparat penegak hukum adalah
.... (gambar A atau gambar B).
|
2 x 35
menit.
|
Buku paket hlm.
14--18.
Teman.
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
.......,
…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Nama Sekolah :
SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : V
Semester : 1
STANDAR
KOMPETENSI:
2. Memahami
peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat
dan daerah.
|
Pengertian perundang-undangan
|
Mengidentifikasi macam-macam peraturan di rumah dan di sekolah.
Menjelaskan pengertian perundang-undangan.
Mendiskusikan perbedaan fungsi peraturan tingkat pusat dan tingkat
daerah.
|
Menjelaskan
pengertian perundang-undanan pusat dan daerah.
Memahami
perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah.
|
Tugas individu.
|
Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
|
-
Mengapa perlu dibuat peraturan perundang-undangan?
|
4 x 35
menit.
|
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hlm. 30—33.
Berbagai peraturan di sekolah.
Berbagai peraturan di rumah.
|
|
Fungsi / pentingnya peraturan perundang-undangan.
|
Mengidentifikasi berbagai hal yang perlu diatur dengan undang-undang.
Menjelaskan sebab beberapa hal perlu diatur dengan undang-undang.
|
Mengetahui
berbagai hal yang perlu diatur dengan undang-undang.
Memahami
sebab dan asas pembuatan undang-undang.
|
Tugas individu.
|
Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
Penilaian unjuk kerja (keberanian anak menjelaskan pemikirannya).
|
-
Mengapa hak asasi manusia perlu diatur berdasakan undang-uundang?
|
|
|
2.2. Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat
dan daerah, seperti pajak, antikorupsi, lalu lintas, dan larangan merokok.
|
Tata urutan peraturan perundang-undangan di
Indonesia.
|
Membaca
informasi dan menjelaskan UUD 1945.
Membaca
informasi dan menjelaskan undang-undang atau peraturan pengganti
undang-undang.
Membaca
informasi dan menjelaskan Peraturan Pemerintah.
Membaca
informasi dan menjelaskan Peraturan Presiden.
Membaca
informasi dan menjelaskan Peraturan Daerah.
|
Mengetahui
tata urutan perundang-undangan di Indonesia.
Memahami
kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di
Indonesia berdasarkan hierarkinya.
|
-
Tugas
kelompok.
|
Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
Penilaian unjuk kerja (keberanian anak menjelaskan pemikirannya)
|
-
UUD 1945 merupakan peraturan yang terdapat pada tataran .... dan berfungsi sebagai ....
(dan lain-lain)
|
4 x 35
menit.
|
Buku paket hlm.
35—42.
Teks UUD 1945.
Teks Undang-Undang atau Peraturan Pengganti Undang-Undang.
Teks Peraturan Pemerintah.
Teks Peraturan
Presiden.
Teks
Peraturan Daerah.
|
|
Contoh peraturan
perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
|
Membaca
berbagai contoh peraturan.
Menjelaskan
sebab masyarakat harus mematuhinya, serta akibat yang akan terjadi jika
masyarakat melanggarnya.
|
Mengetahui
akibat mematuhi peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
Mengetahui
akibat melanggar peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
|
Tugas individu.
|
Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
Penilaian unjuk kerja .
|
-
Apa akibat melanggar peraturan daerah yang berisi larangan merokok di tempat umum?
|
|
|
.............,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Nama Sekolah : SEKOLAH
DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : V
Semester : 2
STANDAR
KOMPETENSI:
3. Memahami
kebebasan berorganisasi.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1. Mendekripsikan pengertian organisasi
|
Pengertian organisasi.
Ciri-ciri organisasi.
Tujuan
organisasi.
Anggota organisasi.
|
Menjelaskan
pengertian organisasi.
Mendaftar
nama-nama organisasi yang diketahui siswa.
Berdiskusi
dan memperkirakan tujuan suatu organisasi.
Berdiskusi
dan memperkirakan anggota suatu organisasi.
|
Mendeskripsikan
pengertian organisasi.
Menyebutkan
contoh-contoh tujuan organisasi.
Menyebutkan
contoh-contoh anggota organisasi.
|
Tugas kelompok.
Observasi.
|
Penilaian
tertulis.
Penilaian
unjuk kerja (kepercayaan diri anak dalam berimajinasi).
Keterlibatan anak dalam diskusi.
|
Menurutmu,
siapakah yang berhak menjadi anggota organisasi pecinta perangko?
|
4 x 35
menit.
|
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hlm. 60—62.
Teman.
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
Ciri-ciri organisasi (lanjutan)
Struktur organisasi.
Tata tertib organisasi.
|
Berdiskusi
dan memperkirakan struktur suatu organisasi.
Berdiskusi
dan mendaftar sejumlah peraturan tentang suatu organisasi.
Menyusun
suatu organisasi fiktif.
Merumuskan
tujuan, anggota, struktur, dan peraturan organisasi fiktif tersebut.
|
Merumuskan
contoh struktur organisasi.
Merumuskan
contoh tata tertib organisasi.
|
Tugas kelompok.
Observasi.
|
Penilaian
tertulis.
Penilaian
unjuk kerja (kepercayaan diri anak dalam berimajinasi).
Keterlibatan anak dalam diskusi.
|
Siapa
pemegang jabatan tertinggi di sekolahmu?
|
|
|
3.2. Menyebutkan
contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
|
- Contoh-contoh organisasi di sekolah dan
masyarakat beserta fungsinya.
|
Mendaftar
contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat.
Menyebutkan
tujuan, anggota,
struktur, dan tata tertibnya.
Menyebutkan
fungsi organisasi-organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat.
|
Menjelaskan
tujuan, anggota,
struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.
|
Tugas kelompok.
|
Penilaian lisan.
Penilaian unjuk kerja.
|
Tujuan organisasi Pramuka adalah ...
|
2 x 35
menit.
|
Buku paket hlm.
63—68.
Teman.
Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat.
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst.
|
3.3. Menampilkan
peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.
|
-
Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dan buruk
dalam memilih dan memanfaatkan organisasi yang ada di masyarakat.
|
Memfotokopi gambar pada buku pelajaran.
Mewarnai gambar yang menunjukkan sikap yang benar.
Menjelaskan gambar yang telah diwarnai dan alasan memilih gambar
tersebut.
Menjelaskan alasan pemilihan gambar.
|
Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
|
Tugas individu.
|
Penilaian
unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar dan kreativitas pewarnaan gambar)
Penilaian
lisan ketika siswa menceritakan gambar dan alasan pemilihan gambar.
|
Untuk
membantu menjaga kesehatan murid-murid di sekolah, Made sebaiknya bergabung dengan ....
(gambar A atau gambar B).
|
2 x 35
menit.
|
Buku paket hlm.
69—73.
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
......., …………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Nama Sekolah : SEKOLAH
DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : V
Semester : 2
STANDAR
KOMPETENSI:
4. Menghargai keputusan bersama.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1. Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.
|
Pengertian
keputusan bersama.
Bentuk-bentuk
keputusan bersama.
Kemauan
bermusyawarah untuk mufakat.
|
Mendiskusikan
pengertian dan bentuk-bentuk keputusan bersama.
Mendiskusikan
manfaat musyawarah dan mufakat..
|
Memahami
definisi keputusan bersama.
Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama.
Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.
|
Tugas individu.
|
Penilaian lisan.
Penilaian sikap.
Penilaian unjuk kerja
|
Mengapa keputusan bersama dianggap penting?
|
2 x 35
menit.
|
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hlm. 82—87.
Orang tua.
Teman.
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
4.2. Memahami keputusan bersama.
|
- Reaksi
terhadap keputusan bersama.
|
Mengerjakan
soal studi kasus tentang berbagai keputusan bersama.
|
Memahami
definisi dan bentuk-bentuk keputusan bersama, serta musyawarah dan mufakat..
Menentukan
sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.
|
Tugas individu.
|
Penilaian
sikap.
Penilaian unjuk
kerja.
|
Keluargamu
berbagi tugas membersihkan rumah. Kemu tidak senang membersihkan kamar mandi.
Tetapi ayah menunjukmu membersihkan kamar mandi. Apa pendapat Ayahmu tentang
sikap ayahmu?
|
2 x 35
menit.
|
Buku paket hlm.
90—96.
Orang tua.
Teman.
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
.............,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar