Minggu, 20 Mei 2012

RPP PKn SD Kelas III Semester I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  I (Satu)

Bab 1

Standar Kompetensi            
Mengamalkan makna sumpah pemuda.

Kompetensi Dasar                
Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Indikator
1.      Menjelaskan pengertian kerja sama.
2.      Menjelaskan manfaat kerja sama.
3.      Menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
4.      Mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5.      Menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6.      Melaksanakan kerja sama di sekolah.
7.      Menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8.      Menyebutkan isi sumpah pemuda.
9.      Menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
10.  Menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Alokasi Waktu                       :     6 x 35 menit (3 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja sama.
2.   Siswa dapat menjelaskan manfaat kerja sama.
3.   Siswa dapat menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
4.   Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5.   Siswa dapat menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6.   Siswa dapat melaksanakan kerja sama di sekolah.
7.   Siswa dapat menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8.   Siswa dapat menyebutkan isi sumpah pemuda.
9.   Siswa dapat menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
10. Siswa dapat menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

B.  Materi Ajar
1.   Kerja sama.
2.   Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Kontekstual.
2.   Pendekatan Cooperatif Learning.
3.   Diskusi kelompok.
4.   Diskusi kelas.
5.   Tanya jawab.
6.   Ceramah.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan-kegiatan tim yang pernah dilakukan di sekolah.
c)   Mengajak siswa menceritakan pengalaman mereka melakukan kegiatan dalam suatu tim di sekolah.

2.   Kegiatan Inti
a)   Semua siswa diminta mengamati gambar di halaman 2 dan 3 tentang pertandingan tim bola basket kelas Dina.
b)      Guru menunjuk dua sampai tiga siswa untuk bergiliran membacakan bacaan dalam buku (bacaan berjudul ”pertandingan basket” halaman 2).
c)      Menanyakan pertanyaan pemahaman halaman 3.
d)     Guru menjelaskan pengertian kerja sama dengan memberi contoh pada bacaan ”pertandingan basket”.
e)       Semua siswa diminta berkelompok dengan dua sampai tiga teman sekelasnya dan mendiskusikan hal berikut dengan teman sekelompoknya.
·         Manfaat kerja sama.
·         Akibat tidak mau bekerja sama.
·         Contoh-contoh kerja sama yang dapat dilakukan di sekolah.
·         Contoh-contoh kegiatan sekolah yang tidak boleh dilakukan dengan kerja sama.
f)       Guru menjelaskan bahwa diskusi yang siswa lakukan dalam kelompok merupakan salah satu bentuk kerja sama.
g)      Guru menjelaskan cara berdiskusi yang baik.
h)      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hasil diskusi kelompok.

3.   Kegiatan Penutup
a)   Guru mengajak semua siswa mengambil kesimpulan dari hasil diskusi kelompok.
b)   Guru mengingatkan kembali siswa mengenai pentingnya kerja sama.
c)   Guru mengingatkan kembali siswa bahwa tidak semua kegiatan dapat dilakukan dengan kerja sama.
d)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang suku-suku yang ada di Indonesia.
c)   Dilanjutkan tanya jawab tentang keanekaragaman budaya di Indonesia.


2.   Kegiatan Inti
a)   Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan tentang sumpah pemuda di halaman 4 sampai 7.
b) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang sejarah terjadinya sumpah pemuda yang diceritakan pada bacaan halaman 4-7.
c)   Guru menceritakan kembali sejarah terjadinya sumpah pemuda.
d)   Menunjuk dua sampai tiga siswa untuk membacakan isi sumpah pemuda.
e)   Menjelaskan bahwa isi sumpah pemuda harus selalu diterapkan oleh siswa pada masa sekarang.
f)   Menjelaskan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” sebagai inti dari sumpah pemuda dan hubungannya dengan Bhinneka Tunggal Ika.
g)   Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan pertanyaan pemahaman dan ayo bercerita di halaman 7.

3.   Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Ketiga
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang isi sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” (tanpa melihat buku).
c)   Menceritakan pentingnya memahami makna isi sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa”.

2.   Kegiatan Inti
a)   Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan ajang budi pekerti di halaman 8 dan 9.
b)   Guru menceritakan kembali bacaan ajang budi pekerti halaman 8 dan 9 tentang kelima jari tangan yang pada akhirnya menyadari pentingnya kerja sama dan saling menolong.
c)   Melakukan tanya jawab pertanyaan pemahaman halaman 9.
d)   Meminta semua siswa berkelompok dengan empat sampai lima teman sekelasnya dan mendiskusikan hal berikut.
·   Hubungan kerja sama dengan isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa.
·   Makna isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” bagi siswa pada masa sekarang.
·   Mengapa sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” perlu diketahui dan dipahami maknanya oleh bangsa Indonesia, bahkan pada masa sekarang.
e)   Guru meminta perwakilan setiap kelompok membacakan hasil diskusi kelompoknya.
f)   Guru menjelaskan cara mengutarakan pendapat dengan baik
g)   Guru meminta setiap kelompok memberi pendapat atau komentar tentang hasil diskusi kelompok lain.
.

     

3.   Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1.   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 1-3, 4-9.
2.   Orang tua.
3.   Teman.
4.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.  Penilaian  
               Teknik                         :           tugas kelompok, tugas individu.
Bentuk Instrumen       :           penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja.


Contoh Instrumen       :    
1.   Manfaat kerja sama adalah ....
      Jika tidak mau bekerja sama akibatnya ....
      Kerja sama di sekolah misalnya ....
      Kegiatan di sekolah yang harus saya kerjakan sendiri misalnya ....
      Saya dan teman-teman bekerja sama dalam ....

2.   Sebutkan isi sumpah pemuda.



                                                           
                   
                                    __________,  _____________________
             
  Mengetahui,
                                                                               
            Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran PKn



  _______________________                                     _______________________
  NIP.                                                                           NIP.










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III(Tiga)
Semester                      :  I (Satu)

Bab 1

Kompetensi Dasar                      
Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari..

Indikator
Mengamalkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari (di rumah, sekolah, dll).

Alokasi Waktu                                      :        4 x 35 menit (2 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengamalkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.

B.   Materi Ajar
Mengamalkan sumpah pemuda.

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Kontekstual.
2.   Pendekatan Cooperatif Learning.
3.   Tanya jawab.
4.   Ceramah.
5.   Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang cara mengamalkan sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
c)   Menceritakan beberapa contoh pengamalan sumpah pemuda.

2.   Kegiatan Inti
a)      Meminta semua siswa mengisi kolom sikap pada halaman 10.
b)      Menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil pekerjaannya dan membandingkan dengan hasil pekerjaan siswa lain.
c)      Bertanya jawab tentang sikap mana pada kolom sikap halaman 10 yang sesuai dan tidak sesuai dengan makna sumpah pemuda beserta alasannya.
d)      Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan contoh pengamalan sumpah pemuda selain yang telah tertulis di buku.
e)      Meminta semua siswa mengamati gambar-gambar tentang pengamalan sumpah pemuda di halaman 12 sampai 17.
f)       Menunjuk beberapa siswa menentukan gambar mana pada setiap nomor soal yang sesuai dengan pengamalan sumpah pemuda.
g)      Menugaskan semua siswa mewarnai gambar di halaman 12 sampai 17 yang sesuai dengan pengamalan sumpah pemuda (sesuai petunjuk pada halaman 12).
h)      Menugaskan semua siswa mengerjakan tugas ekspresikan dirimu.
i)        Mengajak semua siswa menyanykan lagu ”dari Sabang sampai Merauke” di halaman 19 dengan penuh semangat.
j)        Menugaskan semua siswa untuk selalu mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda.
k)      Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai kerja sama, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,dan pengamalan sumpah pemuda, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 20-22, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

3.   Kegiatan Penutup                       
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.

2.   Kegiatan Inti
a)   Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b)   Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c)   Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d)   Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

3.   Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang norma yang berlaku di masyarakat.

E.  Sumber/Bahan Belajar
a)   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 10-22.
c)   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.  Penilaian  
                 
               Teknik                      :        tugas individu, ulangan harian.
Bentuk Instrumen    :        penilaian lisan, penilaian sikap, penilaian portofolio (membuat karangan), penilaian tertulis (pilihan ganda, uraian singkat).



Contoh Instrumen    :       
1.   Buatlah sebuah karangan yang menceritakan pendapatmu mengenai teman yang berbeda asal-usul denganmu. Ceritakan apakah kamu menyukai atau kurang menyukainya dan apa alasannya. Apabila kamu tidak menyukainya, ceritakan apa yang harus kamu lakukan sesuai dengan makna sumpah pemuda.

2.   Bangsa Indonesia mudah dijajah selama berabad-abad karena ...
a. terpecah belah
b. penakut
c. mudah menyerah

3. Apa arti semboyan “Satu nusa,Satu Bangsa, Satu Bahasa”?

                                


                                    __________,  _____________________

             
             Mengetahui,                                      
           
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran Pkn

 _______________________                                      _______________________
  NIP.                                                                         NIP.



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  I (Satu)

Bab  2

Standar Kompetensi                           
Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.

Kompetensi Dasar                   
Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

Indikator                                     
1.      Menjelaskan pengertian norma.
2.      Mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat.
3.      Menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat.

Alokasi Waktu                          :  2 x 35 menit (1 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian norma.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat. 
3.   Siswa dapat menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat.

B.  Materi Ajar
Norma yang berlaku di masyarakat.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Kontekstual.
2.      Pendekatan Cooperatif Learning.
3.      Tanya jawab.
4.      Ceramah.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang aturan-aturan yang berlaku di sekolah.
c)   Dilanjutkan dengan tanya jawab tentang aturan-aturan yang berlaku di rumah dan lingkungan tempat tinggal (RT, RW, dst).

2.   Kegiatan Inti
a)      Siswa diajak untuk mengamati gambar pada hal. 24-25 tentang contoh penerapan norma di masyarakat.
b)      Guru menjelaskan pengertian norma, yaitu aturan-aturan yang digunakan sebaai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.
c)      Guru menjelaskan beberapa norma yang berlaku di masyarakat, yaitu:
  • Norma agama
  • Norma kesusilaan
  • Norma kesopanan
  • Norma kebiasaan
  • Norma hukum
d)   Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca bacaan tentang berbagai norma yang berlaku di masyarakat halaman 24 sampai 25.
e)   Guru melakukan tanya jawab mengenai pengertian dan contoh setiap norma pada bacaan tersebut.
f)   Guru menanyakan pertanyaan pemahaman halaman 26 mengenai fungsi norma dalam masyarakat.
 
3.   Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1.   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 24-26.
2.   Orang tua.
3.   Teman.
4.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.  Penilaian  
              
               Teknik                               :     tugas individu.
Bentuk Instrumen             :     penilaian lisan
Contoh Instrumen             :    
Mengapa norma dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat?



                                                                                                                             
                                    __________,  _____________________
               
              Mengetahui,                                     
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn



  _______________________                                     _______________________
  NIP.                                                                           NIP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  I (Satu)

Bab 2

Kompetensi Dasar                      
Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

Indikator
1.      Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat.
2.      Mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitar siswa

Alokasi Waktu                                      :        2 x 35 menit (1 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat.
2.   Siswa dapat mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitar siswa.
              
B.  Materi Ajar
Hidup dalam norma yang berlaku.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Kontekstual.
2.      Pendekatan Cooperatif Learning.
3.      Tanya jawab.
4.      Ceramah.
5.      Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Bertanya jawab dengan siswa tentang hal berikut.
·         Pernahkah merusakkan barang ibu atau ayah tanpa sepengetahuan mereka?
·         Ibadah apa yang siswa lakukan sesuai dengan agama dan kepercayaannya?
·         Apa yang harus dilakukan ketika medapat bantuan dari orang lain?
·         Pernahkah pergi mengunjungi saudara ketika hari raya?
c)   Guru menjelaskan bahwa hal-hal tersebut di atas merupakan contoh norma yang berlaku di masyarakat.

2.   Kegiatan Inti
a)   Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan bacaan halaman 26 sampai 30.
b)   Guru menugaskan semua siswa mengerjakan pertanyaan pemahaman yang ada di halaman 27 sampai 30.
c)   Guru melakukan tanya jawab mengenai hasil pekerjaan siswa.
d)   Guru menugaskan semua siswa membaca dalam hati bacaan ajang budi pekerti di halaman 31.
e)   Guru menunjuk tiga sampai empat siswa untuk menceritakan kembali bacaan tersebut di depan kelas.
f)   Guru menanyakan pendapat beberapa siswa lain mengenai cerita tersebut.
g)   Guru menanyakan pertanyaan pemahaman halaman 33.
h)   Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat selain yang telah tertulis di buku dan termasuk norma apakah aturan itu.
i)    Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya (rumah, sekolah, dst) selain yang telah tertulis di buku dan termasuk norma apakah aturan itu.

3.   Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1.   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 26-33.
2.   Orang tua.
3.   Teman.
4.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F. Penilaian   
               Teknik                         :     tugas individu.
Bentuk Instrumen       :     penilaian unjuk kerja, penilaian lisan.
Contoh Instrumen       :    

1.   Berani mengakui kesalahan adalah salah satu contoh penerapan norma ....




                                             __________,  _____________________
               
            Mengetahui,
                                                                       
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn



  _______________________                                     _______________________
  NIP.                                                                          NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  I (Satu)

Bab 2

Kompetensi Dasar                      
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

Indikator
1.   Mengidentifikasi tindakan melaksanakan norma yang berlaku.
2.   Mengidentifikasi tindakan melanggar norma yang berlaku.
3.      Menjelaskan akibat melanggar norma yang berlaku di masyarakat.
4.      Melaksanakan aturan atau norma yang berlaku di masyarakat.

Alokasi Waktu                                      :        4 x 35 menit (2 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat mengidentifikasi tindakan melaksanakan norma yang berlaku.
2.   Siswa dapat mengidentifikasi tindakan melanggar norma yang berlaku.
3.   Siswa dapat menjelaskan akibat melanggar norma yang berlaku di masyarakat.
4.   Siswa dapat melaksanakan aturan atau norma yang berlaku di masyarakat.
              
B.  Materi Ajar
Melaksanakan norma yang berlaku

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Kontekstual.
2.   Pendekatan Cooperatif Learning.
3.   Tanya jawab.
4.   Diskusi kelompok.
5.   Diskusi kelas.
6.   Ceramah.
7.   Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Guru menyebutkan beberapa tindakan yang sesuai dengan norma dan yang melanggar norma.
c)   Kemudian siswa diminta menentukan apakah tindakan itu sesuai atau melanggar norma yang berlaku.


2.   Kegiatan Inti
a)      Guru menugaskan siswa untuk berkelompok dengan dua sampai tiga teman sekelasnya.
b)      Setiap kelompok diminta mengerjakan soal latihan halaman 34 sampai 36 dengan cara mendiskusikan jawaban mereka.
c)      Bertanya jawab mengenai hasil diskusi kelompok.
d)     Guru meminta setiap kelompok membuat kesimpulan mengenai akibat melanggar norma yang berlaku di masyarakat berdasarkan soal latihan yang mereka kerjakan.
e)      Guru menjelaskan kembali akibat melanggar norma.
f)       Guru menugaskan siswa mewarnai gambar yang tepat pada soal-soal di halaman 37 sampai 45.
g)      Bertanya jawab dengan siswa mengenai isian pada kolom ekspresikan dirimu halaman 47.
h)      Mengajak semua siswa menyanyikan lagu “Sumbangsihku”.
i)        Guru mengingatkan siswa mengenai pentingnya melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat sekitar.
j)        Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat sekitarnya.
k)      Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai norma yang berlaku di masyarakat, hidup dalam norma yang berlaku, dan melaksanakan norma yang berlaku, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 48-50, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

3.   Kegiatan Penutup                       
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.

2.   Kegiatan Inti
a)   Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b)   Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c)   Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d)   Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

3.   Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang memiliki harga diri sebagai individu.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1.   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 34-50.
2.   Orang tua.
3.   Teman.
4.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F. Penilaian   
               Teknik                         :     tugas individu, tugas kelompok.
Bentuk Instrumen       :     penilaian unjuk kerja, penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat), penilaian sikap, pilihan ganda.
Contoh Instrumen       :    

1.   Apabila mengunjungi teman yang sedang sakit, seharusnya kamu ....

2.   Norma adalah tatanan yang mengatur orang dalam
      hal ...
  1. pergaulan sehari-hari
  2. cara seseorang berjalan
  3. cara orang mengerjakan PR

3.  Norma yang biasanya tidak tertulis disebut sebagai norma ...







                                             __________,  _____________________
               
            Mengetahui,
                                                                       
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn



  _______________________                                     _______________________
  NIP.                                                                          NIP.


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  2 (Dua)

Bab 3

Standar Kompetensi                           
Memiliki harga diri sebagai individu.

Kompetensi Dasar                   
1.   Mengenal pentingnya memiliki harga diri.
2.   Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Indikator                                     
1.      Menjelaskan pengertian harga diri.
2.      Menjelaskan pentingnya memiliki harga diri.
3.      Menyebutkan contoh bentuk harga diri.
4.      Mengidentifikasi perilaku memiliki harga diri yang tepat dan yang tidak tepat.
5.      Menjelaskan akibat tidak memiliki harga diri.

Alokasi Waktu                                   :           4 x 35 menit (2 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian harga diri.
2.      Siswa dapat menjelaskan pentingnya memiliki harga diri.
3.       Siswa dapat menyebutkan contoh bentuk harga diri.
4.      Siswa dapat mengidentifikasi perilaku memiliki harga diri yang tepat dan yang tidak tepat.
5.      Siswa dapat menjelaskan akibat tidak memiliki harga diri.
              
B.  Materi Ajar
Apa itu harga diri?

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Kontekstual.
2.      Pendekatan Cooperatif Learning.
3.      Diskusi kelompok.
4.      Tanya jawab.
5.      Ceramah.
6.      Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang harga diri (misalnya, pernahkah mereka mendengar istilah tersebut, apakah artinya, dst) untuk mengetahui sejauh mana pemahaman awal mereka mengenai materi yang akan diajarkan.

2.   Kegiatan Inti
a)  Guru menugaskan semua siswa membaca dalam hati bacaan berjudul “sepatu butut” di halaman 52 sampai 54.
b)  Menunjuk beberapa siswa untuk menceritakan ulang bacaan tersebut.
c)   Guru menanyakan pertanyaan pemahaman halaman 54.
d)   Mengajak siswa mengambil kesimpulan mengenai pengertian harga diri berdasarkan bacaan berjudul “sepatu butut”.
e)   Guru menjelaskan pengertian harga diri berdasarkan bacaan berjudul “Apa itu harga diri” di halaman 54 sampai 56.
f)   Guru menyebutkan contoh-contoh bentuk harga diri.
g)   Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan contoh bentuk harga diri selain yang telah disebutkan.
f)   Guru menugaskan siswa berkelompok dengan tiga sampai empat teman sekelasnya.
g)   Setiap kelompok ditugaskan membaca bacaan berjudul “pengamen jalanan” di halaman 56 sampai 58 dan bacaan berjudul “di atas langit masih ada langit” di halaman 58 sampai 59, kemudian berdiskusi untuk menjawab pertanyaan pemahaman mengenai bacaan tersebut, yang ada di halaman 58 dan 59.
h)   Setiap kelompok juga ditugaskan memberikan pendapat kelompok mengenai bacaan tersebut (misalnya, setujukah mereka dengan tindakan tokoh pada cerita, apa alasannya, bagaimana tindakan yang seharusnya, mengapa, dst).
i)    Setiap perwakilan kelompok diminta membacakan hasil diskusi.
j)    Guru mengajak siswa mengambil kesimpulan berdasarkan hasil diskusi.

3.   Kegiatan Penutup
1)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
2)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
3)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang materi yang diajarkan pada pertemuan sebelumnya (pengertian harga diri, contoh bentuk harga diri, dll).

2.   Kegiatan Inti
a)  Guru menjelaskan pentingnya memiliki harga diri berdasarkan bacaan di halaman 59 sampai 60.
b)   Guru menjelaskan akibat tidak memiliki harga diri  berdasarkan bacaan di halaman 59 sampai 60.
c)   Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai keuntungan memiliki harga diri selain yang telah dijelaskan.
d)   Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kerugian tidak memiliki harga diri selain yang telah dijelaskan.
e)   Menunjuk beberapa siswa untuk membacakan bacaan ajang budi pekerti di halaman 61 sampai 63.
f)   Guru menanyakan pendapat siswa mengenai tokoh-tokoh pada bacaan tersebut.
g)   Siswa ditugaskan mengerjakan pertanyaan pemahaman halaman 63.
h)   Guru mengingatkan siswa pentingnya memiliki harga diri dan bentuk harga diri yang tepat.

3.   Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1.      Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 51-63.
2.      Orang tua
3.      Teman
4.      Lingkungan rumah (keluarga).
5.      Lingkungan sekolah.

               F.  Penilaian  
              
               Teknik                               :     tugas individu, tugas kelompok.
Bentuk Instrumen             :     penilaian lisan, penilaian unjuk kerja.
Contoh Instrumen             :    
- Apa akibat bila harga diri seseorang diinjak-injak?





                                                                                                                             
                                    __________,  _____________________

                Mengetahui,                                            

            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn



  _______________________                                    _______________________
  NIP.                                                                          NIP







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  2 (Dua)

Bab 3

Kompetensi Dasar
Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.

Indikator
1.   Menjelaskan pentingnya menghargai orang lain.
2.   Menyebutkan contoh perilaku menghargai orang lain.
3.   Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.

Alokasi Waktu                                      :        4 x 35 menit (2 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menjelaskan pentingnya menghargai orang lain.
2.   Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku menghargai orang lain.
3.   Siswa dapat menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.

B.   Materi Ajar
Sikap menghargai.

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Kontekstual.
2.    Pendekatan Cooperatif Learning.
3.    Diskusi kelompok.
4.    Tanya jawab.
5.    Ceramah.
6.    Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)      Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)      Mengajak siswa bertanya jawab tentang menghargai orang lain (misalnya, apakah siswa mengerti apa yang dimaksud menghargai orang lain, siswa diminta menyebutkan contoh tindakan menghargai orang lain yang pernah ia lakukan, dll).

2.   Kegiatan Inti
a)      Siswa diminta berkelompok dengan dua sampai tiga teman sekelasnya.
b)      Setiap kelompok diminta berdiskusi untuk memberi pendapat mengenai situasi-situasi yang digambarkan di halaman 64 sampai 68.
c)      Guru menunjuk perwakilan setiap kelompok untuk membacakan pendapat kelompoknya.
d)     Guru mengajak siswa menarik kesimpulan mengenai pentingnya menghargai orang lain berdasarkan hasil diskusi.
e)      Guru menugaskan semua siswa mewarnai gambar yang tepat di halaman 64 sampai 68 sesuai petunjuk yang tertulis di buku. 
f)       Guru menjelaskan hubungan menghargai orang lain dengan perilaku yang mencerminkan harga diri.
g)      Sebagai pengayaan, siswa dapat diajak melakukan permainan ”bercermin diri” pada riang gembira halaman 69.
h)      Guru menugaskan siswa untuk menampilkan perilaku yang menerminkan harga diri.
i)        Guru menugaskan siswa mengerjakan tugas Ekspresikan dirimu di halaman 70 (membuat puisi).
j)        Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai apa itu harga diri dan sikap menghargai, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 71-72, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

3.   Kegiatan Penutup                       
a)      Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)      Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.

2.    Kegiatan Inti
a)      Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b)      Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c)      Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d)     Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

3.   Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang bangga sebagai bangsa Indonesia.

E.   Sumber/Bahan Belajar
1.      Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 64-72.
2.      Orang tua.
3.      Teman.
4.      Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.   Penilaian 
               Teknik                               :     tugas individu, ulangan harian.
Bentuk Instrumen             :     penilaian lisan, penilaian unjuk kerja, penilaian portofolio, pilihan ganda, penilaian tertulis (uraian singkat).

Contoh Instrumen             :    
1.   Buatlah sebuah puisi singkat yang melukiskan betapa menyedihkannya kehidupan orang yang tidak memiliki harga diri.

2.   Harga diri sama artinya dengan ....
      a.  kehormatan diri
     b. keangkuhan diri
     c. rendah diri

3. Jelaskan mengapa seseorang harus mempunyai harga diri.








                                     __________,  _____________________
              
             Mengetahui,                                      
           
           Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn



  _______________________                                     _______________________
  NIP.                                                                           NIP.























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  2 (Dua)


Bab 4


Standar Kompetensi                           
Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

Kompetensi Dasar
Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinnekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.

Indikator
1.      Mengidentifikasi keanekaragaman dan kekhasan budaya Indonesia.
2.      Mengidentifikasi kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.
3.   Memiliki rasa bangga sebagai anak Indonesia yang memiliki keanekaragaman dan kekhasan budaya serta kekayaan alam yang begitu banyak.

Alokasi Waktu                                   :           4x 35 menit (2 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat mengidentifikasi keanekaragaman dan kekhasan budaya Indonesia.
2.   Siswa dapat mengidentifikasi kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.
3.   Siswa dapat memiliki rasa bangga sebagai anak Indonesia yang memiliki keanekaragaman dan kekhasan budaya serta kekayaan alam yang begitu banyak.

B.  Materi Ajar
Keanekaragaman Indonesia.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Kontekstual.
2.    Pendekatan Cooperatif Learning.
3.    Tanya jawab.
4.    Ceramah.
5.    Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a)      Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)      Guru menunjukkan beberapa gambar mengenai keanekaragaman budaya Indonesia ( misalnya gambar rumah adat, baju daerah, kerajinan tradisional, dll) dan mengajak siswa bertanya jawab tentang daerah asal budaya itu atau nama (istilah) benda pada gambar (misalnya, gambar kain-namanya songket-asalnya dari Sumatera utara, dll).
c)      Guru melakukan tanya jawab mengenai tempat wisata alam yang pernah dikunjungi siswa (misalnya, danau toba, gunung tangkuban perahu, dll).

2. Kegiatan Inti
a)      Semua siswa ditugaskan untuk membaca dalam hati bacaan berjudul ”Tamasya ke Taman Mini Indonesia Indah” di halaman 74 sampai 79.
b)      Siswa ditugaskan menjawab pertanyaan pemahaman halaman 80.
c)      Guru melakukan tanya jawab mengenai isi bacaan berjudul ”Tamasya ke Taman Mini Indonesia Indah”.
d)     Guru menunjuk beberapa siswa untuk bercerita mengenai budaya atau kekayaan alam yang ada di daerah asalnya (petunjuk kegiatan seperti ayo bercerita di halaman 80).
e)      Guru menceritakan beberapa contoh keanekaragaman dan kekhasan bangsa Indonesia selain yang telah disebutkan.
f)       Guru mengingatkan siswa untuk merasa bangga dengan keanekaragaman dan kekhasan yang dimiliki bangsa Indonesia.

3.  Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang beberapa budaya dan kekayaan alam khas daerah di Indonesia (mengulang materi sebelumnya).

2. Kegiatan Inti
a)   Sebagai pengayaan siswa dapat diajak melakukan kegiatan ”lari bendera” seperti ada riang gembira di haaman 81.
b)   Semua siswa ditugaskan membuat karangan ”aku bangga menjadi anak Indonesia” di kolom ekspresikan dirimu halaman 82 sampai 83.
c)   Guru menunjuk beberapa siswa membacakan karangan mereka di depan kelas.
d)   Guru meminta siswa lain untuk memberikan tanggapan atas karangan temannya.
e)   Guru mengajak siswa menarik kesimpulan dari hasil karangan mereka tentang perlunya merasa bangga menjadi anak Indonesia dan perlunya melestarikan segala kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

3.  Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.   Sumber/Bahan Belajar
1.      Gambar tentang contoh-contoh keanekaragaman budaya dan kekayaan alam Indonesia (gambar rumah adat, baju adat, lokasi wisata alam, dll).
2.      Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 73-83.
3.      Orang tua.
4.      Teman.
5.      Lingkungan rumah (keluarga).
6.      Lingkungan sekolah.

               F.   Penilaian 
               Teknik                               :     tugas individu.
Bentuk Instrumen             :     penilaian lisan, penilaian  portofolio, penilaian unjuk kerja.
Contoh Instrumen             :    
- Ceritakanlah di depan kelas mengenai hal yang kamu anggap paling membanggakan di    daerahmu.
- Buatlah sebuah karangan dengan tema ”aku bangga menjadi anak Indonesia”.






                                    __________,  _____________________
                
  

            Mengetahui,                        
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn

  _______________________                                    _______________________
  NIP.                                                                           NIP




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  2 (Dua)



Bab 4

Kompetensi Dasar                               
Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.

Indikator
1.    Menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
2.    Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.

Alokasi Waktu                                   :           4 x 35 menit (2 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
2.   Siswa dapat menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.

B. Materi Ajar
Bangga menjadi orang Indonesia.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Kontekstual.
2.    Pendekatan Cooperatif Learning.
3.    Tanya jawab.
4.    Ceramah.
5.    Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)      Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab mengenai hal berikut.
·         Permainan apa yang mereka sukai?
·         Jika diajak makan oleh orang tua di rumah makan, rumah makan mana yang mereka sukai?
·         Jika diajak berlibur, ke mana mereka ingin pergi?




2.   Kegiatan Inti
a)      Siswa ditugaskan untuk mengamati gambar halaman 84 sampai 89.
b)      Guru melakukan tanya jawab mengenai gambar yang siswa pilih dan alasan mereka memilihnya.
c)      Guru menjelaskan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia berdasarkan gambar-gambar halaman 84 sampai 89.
d)     Guru menugaskan siswa mewarnai gambar yang sesuai dengan petunjuk yang tertulis di buku.
e)      Guru meminta siswa menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia selain yang telah disebutkan dan tertulis di buku.
f)       Guru mengingatkan siswa untuk selalu menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
g)  Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai keanekaragaman Indonesia dan bangga menjadi orang Indonesia, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 90-92, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

3.   Kegiatan Penutup
a)      Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)      Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.

2.    Kegiatan Inti
a)      Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b)      Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c)      Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d)     Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

3.   Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya.

E.   Sumber/Bahan Belajar
1.    Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 84-92.
2.    Orang tua.
3.    Teman.
4.    Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.  Penilaian  
               Teknik                              :      tugas individu, ulangan harian.
Bentuk Instrumen             :     penilaian sikap, penilaian unjuk kerja, pilihan ganda, penilaian tertulis (uraian singkat).

Contoh Instrumen             :                
1.   Apabila kamu bangga sebagai bangsa Indonesia, kamu akan memilih berlibur ke ....

2.   Rumah khas Batak Toba disebut sebagai …
    a. bolon
    b. gadang
    c. joglo

3.  Olahraga khas Nias yang terkenal adalah …





                                                                                                                              
                                    __________,  _____________________
                
            Mengetahui,                        
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn


  _______________________                                     _______________________
  NIP.                                                                          NIP

1 komentar: