RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Bab 1
Standar Kompetensi
Mengamalkan makna sumpah pemuda.
Kompetensi Dasar
Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu
bahasa.
Indikator
1. Menjelaskan pengertian kerja sama.
2. Menjelaskan manfaat kerja sama.
3. Menjelaskan akibat tidak mau bekerja
sama.
4. Mengidentifikasi kegiatan yang
memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5. Menceritakan kerja sama yang dilakukan
di sekolah.
6. Melaksanakan kerja sama di sekolah.
7. Menceritakan sejarah terjadinya sumpah
pemuda.
8. Menyebutkan isi sumpah pemuda.
9. Menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
10. Menjelaskan arti satu nusa, satu
bangsa, dan satu bahasa.
Alokasi
Waktu : 6 x 35 menit (3 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian kerja sama.
2. Siswa
dapat menjelaskan manfaat kerja sama.
3. Siswa
dapat menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
4. Siswa
dapat mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja
sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5. Siswa
dapat menceritakan kerja sama yang dilakukan di
sekolah.
6. Siswa
dapat melaksanakan kerja sama di sekolah.
7. Siswa dapat menceritakan sejarah terjadinya
sumpah pemuda.
8. Siswa dapat menyebutkan isi sumpah pemuda.
9. Siswa dapat menjelaskan makna isi sumpah
pemuda.
10. Siswa dapat menjelaskan arti satu nusa, satu
bangsa, dan satu bahasa.
B. Materi Ajar
1. Kerja sama.
2. Bersatu kita
teguh, bercerai kita runtuh.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Diskusi kelompok.
4. Diskusi kelas.
5. Tanya jawab.
6. Ceramah.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang
kegiatan-kegiatan tim yang pernah dilakukan di sekolah.
c) Mengajak siswa menceritakan pengalaman mereka
melakukan kegiatan dalam suatu tim di sekolah.
2. Kegiatan
Inti
a) Semua siswa diminta mengamati gambar di
halaman 2 dan 3 tentang pertandingan tim bola basket kelas Dina.
b) Guru menunjuk dua sampai tiga siswa untuk
bergiliran membacakan bacaan dalam buku (bacaan berjudul ”pertandingan basket”
halaman 2).
c) Menanyakan pertanyaan pemahaman halaman 3.
d) Guru menjelaskan pengertian kerja sama
dengan memberi contoh pada bacaan ”pertandingan basket”.
e) Semua siswa diminta berkelompok dengan dua
sampai tiga teman sekelasnya dan mendiskusikan hal berikut dengan teman
sekelompoknya.
·
Manfaat
kerja sama.
·
Akibat
tidak mau bekerja sama.
·
Contoh-contoh
kerja sama yang dapat dilakukan di sekolah.
·
Contoh-contoh
kegiatan sekolah yang tidak boleh dilakukan dengan kerja sama.
f) Guru menjelaskan bahwa diskusi yang siswa
lakukan dalam kelompok merupakan salah satu bentuk kerja sama.
g) Guru menjelaskan cara berdiskusi yang
baik.
h) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa
mengenai hasil diskusi kelompok.
3. Kegiatan Penutup
a) Guru mengajak semua siswa mengambil kesimpulan dari hasil diskusi kelompok.
b) Guru mengingatkan kembali siswa mengenai
pentingnya kerja sama.
c) Guru mengingatkan kembali siswa bahwa tidak
semua kegiatan dapat dilakukan dengan kerja sama.
d) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang
suku-suku yang ada di Indonesia.
c) Dilanjutkan tanya jawab tentang
keanekaragaman budaya di Indonesia.
2. Kegiatan
Inti
a) Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan
tentang sumpah pemuda di halaman 4 sampai 7.
b) Guru melakukan tanya jawab dengan
siswa tentang sejarah terjadinya sumpah pemuda yang diceritakan pada bacaan
halaman 4-7.
c) Guru menceritakan kembali sejarah terjadinya
sumpah pemuda.
d) Menunjuk dua sampai tiga siswa untuk
membacakan isi sumpah pemuda.
e) Menjelaskan bahwa isi sumpah pemuda harus selalu
diterapkan oleh siswa pada masa sekarang.
f) Menjelaskan semboyan ”satu nusa, satu bangsa,
satu bahasa” sebagai inti dari sumpah pemuda dan hubungannya dengan Bhinneka
Tunggal Ika.
g) Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan
pertanyaan pemahaman dan ayo bercerita di halaman 7.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah
dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Ketiga
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang isi
sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” (tanpa melihat
buku).
c) Menceritakan pentingnya memahami makna isi
sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa”.
2. Kegiatan
Inti
a) Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan
ajang budi pekerti di halaman 8 dan 9.
b) Guru menceritakan kembali bacaan ajang budi
pekerti halaman 8 dan 9 tentang kelima jari tangan yang pada akhirnya menyadari
pentingnya kerja sama dan saling menolong.
c) Melakukan tanya jawab pertanyaan pemahaman
halaman 9.
d) Meminta semua siswa berkelompok dengan empat
sampai lima teman sekelasnya dan mendiskusikan hal berikut.
· Hubungan kerja sama dengan isi sumpah
pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa.
· Makna isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu
nusa, satu bangsa, satu bahasa” bagi siswa pada masa sekarang.
· Mengapa sumpah pemuda dan semboyan ”satu
nusa, satu bangsa, satu bahasa” perlu diketahui dan dipahami maknanya oleh
bangsa Indonesia, bahkan pada masa sekarang.
e) Guru
meminta perwakilan setiap kelompok membacakan hasil diskusi kelompoknya.
f) Guru
menjelaskan cara mengutarakan pendapat dengan baik
g) Guru
meminta setiap kelompok memberi pendapat atau komentar tentang hasil diskusi
kelompok lain.
.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah
dibelajarkan.
b) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 1-3, 4-9.
2. Orang tua.
3. Teman.
4. Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas
kelompok, tugas individu.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku),
penilaian unjuk kerja.
Contoh Instrumen :
1. Manfaat kerja sama adalah ....
Jika tidak mau bekerja sama akibatnya ....
Kerja sama di sekolah misalnya ....
Kegiatan di sekolah yang harus saya
kerjakan sendiri misalnya ....
Saya dan teman-teman bekerja sama dalam
....
2. Sebutkan isi sumpah pemuda.
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III(Tiga)
Semester : I (Satu)
Bab 1
Kompetensi Dasar
Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari..
Indikator
Mengamalkan nilai sumpah pemuda dalam
kehidupan sehari-hari (di rumah, sekolah, dll).
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengamalkan
nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
B. Materi Ajar
Mengamalkan sumpah pemuda.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Tanya jawab.
4. Ceramah.
5. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang cara
mengamalkan sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
c) Menceritakan beberapa contoh pengamalan
sumpah pemuda.
2. Kegiatan Inti
a) Meminta semua siswa mengisi kolom sikap
pada halaman 10.
b) Menunjuk beberapa siswa untuk membacakan
hasil pekerjaannya dan membandingkan dengan hasil pekerjaan siswa lain.
c) Bertanya jawab tentang sikap mana pada
kolom sikap halaman 10 yang sesuai dan tidak sesuai dengan makna sumpah pemuda
beserta alasannya.
d) Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan
contoh pengamalan sumpah pemuda selain yang telah tertulis di buku.
e) Meminta semua siswa mengamati
gambar-gambar tentang pengamalan sumpah pemuda di halaman 12 sampai 17.
f) Menunjuk beberapa siswa menentukan gambar
mana pada setiap nomor soal yang sesuai dengan pengamalan sumpah pemuda.
g) Menugaskan semua siswa mewarnai gambar di
halaman 12 sampai 17 yang sesuai dengan pengamalan sumpah pemuda (sesuai
petunjuk pada halaman 12).
h) Menugaskan semua siswa mengerjakan tugas
ekspresikan dirimu.
i)
Mengajak
semua siswa menyanykan lagu ”dari Sabang sampai Merauke” di halaman 19 dengan
penuh semangat.
j)
Menugaskan
semua siswa untuk selalu mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda.
k) Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali
materi mengenai kerja sama, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,dan
pengamalan sumpah pemuda, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 20-22, untuk menghadapi ulangan harian pada
pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan
Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.
2. Kegiatan Inti
a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan
dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan
harian.
b) Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan
soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta
didik mencontek.
d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu
pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
3. Kegiatan
Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya,
yaitu tentang norma yang berlaku di masyarakat.
E. Sumber/Bahan Belajar
a) Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III,
terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 10-22.
c) Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas
individu, ulangan harian.
Bentuk
Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap, penilaian portofolio
(membuat karangan), penilaian tertulis (pilihan ganda, uraian singkat).
Contoh Instrumen :
1. Buatlah sebuah karangan yang menceritakan
pendapatmu mengenai teman yang berbeda asal-usul denganmu. Ceritakan apakah
kamu menyukai atau kurang menyukainya dan apa alasannya. Apabila kamu tidak
menyukainya, ceritakan apa yang harus kamu lakukan sesuai dengan makna sumpah
pemuda.
2. Bangsa Indonesia mudah dijajah selama
berabad-abad karena ...
a. terpecah
belah
b. penakut
c. mudah
menyerah
3. Apa arti semboyan “Satu nusa,Satu Bangsa,
Satu Bahasa”?
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran Pkn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Bab 2
Standar Kompetensi
Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.
Kompetensi Dasar
Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat sekitar.
Indikator
1. Menjelaskan pengertian norma.
2. Mengidentifikasi macam-macam norma
yang berlaku di masyarakat.
3. Menjelaskan fungsi norma dalam
masyarakat.
Alokasi
Waktu : 2 x 35
menit (1 pertemuan).
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan
pengertian norma.
2. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam norma
yang berlaku di masyarakat.
3. Siswa
dapat menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat.
B. Materi Ajar
Norma yang berlaku di masyarakat.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
Kontekstual.
2.
Pendekatan Cooperatif Learning.
3.
Tanya
jawab.
4.
Ceramah.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak
siswa bertanya jawab tentang aturan-aturan yang berlaku di sekolah.
c) Dilanjutkan dengan tanya jawab tentang
aturan-aturan yang berlaku di rumah dan lingkungan tempat tinggal (RT, RW,
dst).
2. Kegiatan Inti
a) Siswa diajak untuk mengamati gambar pada
hal. 24-25 tentang contoh penerapan norma di masyarakat.
b) Guru menjelaskan pengertian norma, yaitu
aturan-aturan yang digunakan sebaai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.
c) Guru menjelaskan beberapa norma yang
berlaku di masyarakat, yaitu:
- Norma
agama
- Norma
kesusilaan
- Norma
kesopanan
- Norma
kebiasaan
- Norma
hukum
d) Guru menunjuk beberapa siswa
untuk membaca bacaan tentang berbagai norma yang berlaku di masyarakat halaman
24 sampai 25.
e) Guru melakukan tanya jawab
mengenai pengertian dan contoh setiap norma pada bacaan tersebut.
f) Guru menanyakan pertanyaan
pemahaman halaman 26 mengenai fungsi norma dalam masyarakat.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 24-26.
2. Orang
tua.
3. Teman.
4. Lingkungan
rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas
individu.
Bentuk
Instrumen : penilaian lisan
Contoh Instrumen :
Mengapa norma dibutuhkan dalam kehidupan
bermasyarakat?
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Bab 2
Kompetensi Dasar
Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat
sekitar.
Indikator
1. Menyebutkan contoh aturan-aturan yang
berlaku di masyarakat.
2. Mengidentifikasi aturan-aturan yang
berlaku di lingkungan sekitar siswa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan contoh
aturan-aturan yang berlaku di masyarakat.
2. Siswa dapat mengidentifikasi aturan-aturan
yang berlaku di lingkungan sekitar siswa.
B. Materi Ajar
Hidup dalam norma yang berlaku.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
Kontekstual.
2.
Pendekatan
Cooperatif Learning.
3.
Tanya
jawab.
4.
Ceramah.
5.
Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Bertanya jawab dengan siswa tentang hal
berikut.
·
Pernahkah
merusakkan barang ibu atau ayah tanpa sepengetahuan mereka?
·
Ibadah
apa yang siswa lakukan sesuai dengan agama dan kepercayaannya?
·
Apa
yang harus dilakukan ketika medapat bantuan dari orang lain?
·
Pernahkah
pergi mengunjungi saudara ketika hari raya?
c) Guru
menjelaskan bahwa hal-hal tersebut di atas merupakan contoh norma yang berlaku
di masyarakat.
2. Kegiatan Inti
a) Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan
bacaan halaman 26 sampai 30.
b) Guru menugaskan semua siswa mengerjakan
pertanyaan pemahaman yang ada di halaman 27 sampai 30.
c) Guru melakukan tanya jawab mengenai hasil
pekerjaan siswa.
d) Guru menugaskan semua siswa membaca dalam
hati bacaan ajang budi pekerti di halaman 31.
e) Guru menunjuk tiga sampai empat siswa untuk
menceritakan kembali bacaan tersebut di depan kelas.
f) Guru menanyakan pendapat beberapa siswa lain
mengenai cerita tersebut.
g) Guru menanyakan pertanyaan pemahaman halaman
33.
h) Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan
contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat selain yang telah tertulis di
buku dan termasuk norma apakah aturan itu.
i) Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan
contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya (rumah, sekolah,
dst) selain yang telah tertulis di buku dan termasuk norma apakah aturan itu.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hal. 26-33.
2. Orang tua.
3. Teman.
4. Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik :
tugas individu.
Bentuk Instrumen : penilaian unjuk kerja, penilaian lisan.
Contoh Instrumen :
1. Berani mengakui
kesalahan adalah salah satu contoh penerapan norma ....
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
_______________________
_______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Bab 2
Kompetensi Dasar
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
Indikator
1. Mengidentifikasi
tindakan melaksanakan norma yang berlaku.
2. Mengidentifikasi
tindakan melanggar norma yang berlaku.
3. Menjelaskan akibat melanggar norma
yang berlaku di masyarakat.
4. Melaksanakan aturan atau norma yang
berlaku di masyarakat.
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasi tindakan melaksanakan norma yang berlaku.
2. Siswa
dapat mengidentifikasi tindakan melanggar norma yang berlaku.
3. Siswa
dapat menjelaskan akibat melanggar norma yang berlaku di masyarakat.
4. Siswa
dapat melaksanakan aturan atau norma yang berlaku di masyarakat.
B. Materi Ajar
Melaksanakan norma yang berlaku
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan
Kontekstual.
2. Pendekatan
Cooperatif Learning.
3. Tanya
jawab.
4. Diskusi
kelompok.
5. Diskusi
kelas.
6. Ceramah.
7. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan
Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Guru menyebutkan beberapa tindakan yang
sesuai dengan norma dan yang melanggar norma.
c) Kemudian siswa diminta menentukan apakah
tindakan itu sesuai atau melanggar norma yang berlaku.
2. Kegiatan Inti
a) Guru menugaskan siswa untuk berkelompok
dengan dua sampai tiga teman sekelasnya.
b) Setiap kelompok diminta mengerjakan soal
latihan halaman 34 sampai 36 dengan cara mendiskusikan jawaban mereka.
c) Bertanya jawab mengenai hasil diskusi kelompok.
d) Guru meminta setiap kelompok membuat
kesimpulan mengenai akibat melanggar norma yang berlaku di masyarakat
berdasarkan soal latihan yang mereka kerjakan.
e) Guru menjelaskan kembali akibat melanggar
norma.
f) Guru menugaskan siswa mewarnai gambar yang
tepat pada soal-soal di halaman 37 sampai 45.
g) Bertanya jawab dengan siswa mengenai isian
pada kolom ekspresikan dirimu halaman 47.
h) Mengajak semua siswa menyanyikan lagu
“Sumbangsihku”.
i)
Guru
mengingatkan siswa mengenai pentingnya melaksanakan aturan-aturan yang berlaku
di masyarakat sekitar.
j)
Guru
menugaskan siswa untuk melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat
sekitarnya.
k) Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali
materi mengenai norma yang berlaku di masyarakat, hidup dalam norma yang
berlaku, dan melaksanakan norma yang berlaku, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar”
hal. 48-50, untuk menghadapi
ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah
dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan
Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.
2. Kegiatan Inti
a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan
dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan
harian.
b) Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan
soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta
didik mencontek.
d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu
pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
3. Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi
berikutnya, yaitu tentang memiliki harga diri sebagai individu.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hal. 34-50.
2. Orang tua.
3. Teman.
4. Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik :
tugas individu, tugas kelompok.
Bentuk Instrumen : penilaian unjuk kerja, penilaian lisan atau tertulis
(uraian singkat), penilaian sikap, pilihan ganda.
Contoh Instrumen :
1. Apabila
mengunjungi teman yang sedang sakit, seharusnya kamu ....
2. Norma adalah tatanan yang mengatur orang
dalam
hal ...
- pergaulan sehari-hari
- cara seseorang berjalan
- cara orang mengerjakan PR
3.
Norma yang biasanya tidak tertulis disebut sebagai norma ...
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : 2 (Dua)
Bab 3
Standar Kompetensi
Memiliki harga diri sebagai individu.
Kompetensi Dasar
1. Mengenal pentingnya memiliki
harga diri.
2. Memberi contoh bentuk harga diri,
seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri
sendiri.
Indikator
1. Menjelaskan pengertian harga diri.
2. Menjelaskan pentingnya memiliki harga
diri.
3. Menyebutkan contoh bentuk harga diri.
4. Mengidentifikasi perilaku memiliki
harga diri yang tepat dan yang tidak tepat.
5. Menjelaskan akibat tidak memiliki
harga diri.
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan
pengertian harga diri.
2. Siswa dapat menjelaskan pentingnya memiliki harga
diri.
3. Siswa dapat
menyebutkan contoh bentuk harga diri.
4. Siswa dapat mengidentifikasi perilaku memiliki
harga diri yang tepat dan yang tidak tepat.
5. Siswa dapat menjelaskan akibat tidak memiliki
harga diri.
B. Materi Ajar
Apa
itu harga diri?
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Diskusi kelompok.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang harga
diri (misalnya, pernahkah mereka mendengar istilah tersebut, apakah artinya,
dst) untuk mengetahui sejauh mana pemahaman awal mereka mengenai materi yang
akan diajarkan.
2. Kegiatan
Inti
a) Guru menugaskan semua siswa membaca dalam
hati bacaan berjudul “sepatu butut” di halaman 52 sampai 54.
b) Menunjuk
beberapa siswa untuk menceritakan ulang bacaan tersebut.
c) Guru menanyakan pertanyaan
pemahaman halaman 54.
d) Mengajak siswa mengambil kesimpulan mengenai pengertian harga diri
berdasarkan bacaan berjudul “sepatu butut”.
e) Guru menjelaskan pengertian harga diri berdasarkan bacaan berjudul
“Apa itu harga diri” di halaman 54 sampai 56.
f) Guru menyebutkan contoh-contoh bentuk harga diri.
g) Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan contoh bentuk harga diri
selain yang telah disebutkan.
f) Guru menugaskan siswa berkelompok dengan tiga sampai empat teman
sekelasnya.
g) Setiap kelompok ditugaskan membaca bacaan berjudul “pengamen
jalanan” di halaman 56 sampai 58 dan bacaan berjudul “di atas langit masih ada
langit” di halaman 58 sampai 59, kemudian berdiskusi untuk menjawab pertanyaan
pemahaman mengenai bacaan tersebut, yang ada di halaman 58 dan 59.
h) Setiap kelompok juga ditugaskan memberikan pendapat kelompok
mengenai bacaan tersebut (misalnya, setujukah mereka dengan tindakan tokoh pada
cerita, apa alasannya, bagaimana tindakan yang seharusnya, mengapa, dst).
i) Setiap perwakilan kelompok diminta membacakan hasil diskusi.
j) Guru mengajak siswa mengambil kesimpulan berdasarkan hasil
diskusi.
3. Kegiatan Penutup
1) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
2) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
3) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang materi
yang diajarkan pada pertemuan sebelumnya (pengertian harga diri, contoh bentuk
harga diri, dll).
2. Kegiatan
Inti
a) Guru menjelaskan pentingnya memiliki harga
diri berdasarkan bacaan di halaman 59 sampai 60.
b) Guru menjelaskan akibat tidak memiliki harga
diri berdasarkan bacaan di halaman 59
sampai 60.
c) Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai
keuntungan memiliki harga diri selain yang telah dijelaskan.
d) Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai
kerugian tidak memiliki harga diri selain yang telah dijelaskan.
e) Menunjuk beberapa siswa untuk membacakan
bacaan ajang budi pekerti di halaman 61 sampai 63.
f) Guru menanyakan pendapat siswa mengenai
tokoh-tokoh pada bacaan tersebut.
g) Siswa ditugaskan mengerjakan pertanyaan
pemahaman halaman 63.
h) Guru mengingatkan siswa pentingnya memiliki
harga diri dan bentuk harga diri yang tepat.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1.
Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 51-63.
2.
Orang tua
3.
Teman
4.
Lingkungan rumah (keluarga).
5.
Lingkungan sekolah.
F. Penilaian
Teknik : tugas
individu, tugas kelompok.
Bentuk
Instrumen : penilaian lisan,
penilaian unjuk kerja.
Contoh Instrumen :
- Apa akibat bila harga diri seseorang diinjak-injak?
__________,
_____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : 2 (Dua)
Bab 3
Kompetensi Dasar
Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.
Indikator
1. Menjelaskan
pentingnya menghargai orang lain.
2. Menyebutkan
contoh perilaku menghargai orang lain.
3. Menampilkan
perilaku yang mencerminkan harga diri.
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan
pentingnya menghargai orang lain.
2. Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku
menghargai orang lain.
3. Siswa dapat menampilkan perilaku yang
mencerminkan harga diri.
B. Materi Ajar
Sikap menghargai.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Diskusi kelompok.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang
menghargai orang lain (misalnya, apakah siswa mengerti apa yang dimaksud
menghargai orang lain, siswa diminta menyebutkan contoh tindakan menghargai
orang lain yang pernah ia lakukan, dll).
2. Kegiatan Inti
a) Siswa diminta berkelompok dengan dua
sampai tiga teman sekelasnya.
b) Setiap kelompok diminta berdiskusi untuk
memberi pendapat mengenai situasi-situasi yang digambarkan di halaman 64 sampai
68.
c) Guru menunjuk perwakilan setiap kelompok
untuk membacakan pendapat kelompoknya.
d) Guru mengajak siswa menarik kesimpulan
mengenai pentingnya menghargai orang lain berdasarkan hasil diskusi.
e) Guru menugaskan semua siswa mewarnai
gambar yang tepat di halaman 64 sampai 68 sesuai petunjuk yang tertulis di
buku.
f) Guru menjelaskan hubungan menghargai orang
lain dengan perilaku yang mencerminkan harga diri.
g) Sebagai pengayaan, siswa dapat diajak
melakukan permainan ”bercermin diri” pada riang gembira halaman 69.
h) Guru menugaskan siswa untuk menampilkan
perilaku yang menerminkan harga diri.
i)
Guru
menugaskan siswa mengerjakan tugas Ekspresikan dirimu di halaman 70 (membuat
puisi).
j)
Siswa
diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai apa itu harga diri dan sikap
menghargai, kemudian berlatih soal-soal latihan
pada “ayo belajar” hal. 71-72, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.
2. Kegiatan
Inti
a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas
ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan
ulangan harian.
b) Siswa diberikan lembar soal ulangan
harian.
c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan
soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta
didik mencontek.
d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika
waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
3. Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi
berikutnya, yaitu tentang bangga sebagai bangsa Indonesia.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hal. 64-72.
2. Orang tua.
3. Teman.
4. Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik
: tugas individu, ulangan
harian.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian unjuk kerja, penilaian portofolio, pilihan ganda, penilaian tertulis
(uraian singkat).
Contoh Instrumen :
1. Buatlah sebuah puisi singkat yang melukiskan
betapa menyedihkannya kehidupan orang yang tidak memiliki harga diri.
2. Harga diri
sama artinya dengan ....
a. kehormatan diri
b. keangkuhan diri
c. rendah diri
3. Jelaskan mengapa seseorang harus
mempunyai harga diri.
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : 2 (Dua)
Bab 4
Standar Kompetensi
Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.
Kompetensi Dasar
Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinnekaan, kekayaan alam,
keramahtamahan.
Indikator
1. Mengidentifikasi keanekaragaman dan kekhasan
budaya Indonesia.
2. Mengidentifikasi kekayaan alam yang dimiliki
Indonesia.
3. Memiliki
rasa bangga sebagai anak Indonesia yang memiliki keanekaragaman dan kekhasan
budaya serta kekayaan alam yang begitu banyak.
Alokasi
Waktu : 4x 35 menit (2 pertemuan).
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat mengidentifikasi keanekaragaman dan kekhasan budaya Indonesia.
2. Siswa
dapat mengidentifikasi kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.
3. Siswa
dapat memiliki rasa bangga sebagai anak Indonesia yang memiliki keanekaragaman
dan kekhasan budaya serta kekayaan alam yang begitu banyak.
B. Materi Ajar
Keanekaragaman
Indonesia.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Tanya jawab.
4. Ceramah.
5. Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Guru menunjukkan beberapa gambar mengenai
keanekaragaman budaya Indonesia ( misalnya gambar rumah adat, baju daerah,
kerajinan tradisional, dll) dan mengajak siswa bertanya jawab tentang daerah
asal budaya itu atau nama (istilah) benda pada gambar (misalnya, gambar
kain-namanya songket-asalnya dari Sumatera utara, dll).
c) Guru melakukan tanya jawab mengenai tempat
wisata alam yang pernah dikunjungi siswa (misalnya, danau toba, gunung
tangkuban perahu, dll).
2. Kegiatan Inti
a) Semua siswa ditugaskan untuk membaca dalam
hati bacaan berjudul ”Tamasya ke Taman Mini Indonesia Indah” di halaman 74
sampai 79.
b) Siswa ditugaskan menjawab pertanyaan
pemahaman halaman 80.
c) Guru melakukan tanya jawab mengenai isi
bacaan berjudul ”Tamasya ke Taman Mini Indonesia Indah”.
d) Guru menunjuk beberapa siswa untuk
bercerita mengenai budaya atau kekayaan alam yang ada di daerah asalnya
(petunjuk kegiatan seperti ayo bercerita di halaman 80).
e) Guru menceritakan beberapa contoh
keanekaragaman dan kekhasan bangsa Indonesia selain yang telah disebutkan.
f) Guru mengingatkan siswa untuk merasa bangga
dengan keanekaragaman dan kekhasan yang dimiliki bangsa Indonesia.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk
mengawali pelajaran.
b) Mengajak
siswa bertanya jawab tentang beberapa budaya dan kekayaan alam khas daerah di
Indonesia (mengulang materi sebelumnya).
2. Kegiatan Inti
a) Sebagai pengayaan siswa dapat diajak melakukan
kegiatan ”lari bendera” seperti ada riang gembira di haaman 81.
b) Semua siswa ditugaskan membuat karangan ”aku
bangga menjadi anak Indonesia” di kolom ekspresikan dirimu halaman 82 sampai
83.
c) Guru menunjuk beberapa siswa membacakan
karangan mereka di depan kelas.
d) Guru meminta siswa lain untuk memberikan
tanggapan atas karangan temannya.
e) Guru mengajak siswa menarik kesimpulan dari
hasil karangan mereka tentang perlunya merasa bangga menjadi anak Indonesia dan
perlunya melestarikan segala kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama
dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Gambar tentang contoh-contoh
keanekaragaman budaya dan kekayaan alam Indonesia (gambar rumah adat, baju
adat, lokasi wisata alam, dll).
2. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hal. 73-83.
3. Orang tua.
4. Teman.
5. Lingkungan rumah (keluarga).
6. Lingkungan sekolah.
F. Penilaian
Teknik
: tugas individu.
Bentuk
Instrumen : penilaian lisan,
penilaian portofolio, penilaian unjuk
kerja.
Contoh Instrumen :
- Ceritakanlah di depan kelas
mengenai hal yang kamu anggap paling membanggakan di daerahmu.
- Buatlah sebuah karangan dengan tema ”aku bangga
menjadi anak Indonesia”.
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : 2 (Dua)
Bab 4
Kompetensi Dasar
Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
Indikator
1. Menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa
bangga sebagai anak Indonesia.
2. Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku yang
menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
2. Siswa
dapat menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
B.
Materi Ajar
Bangga
menjadi orang Indonesia.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Tanya jawab.
4. Ceramah.
5. Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak
siswa bertanya jawab mengenai hal berikut.
·
Permainan
apa yang mereka sukai?
·
Jika
diajak makan oleh orang tua di rumah makan, rumah makan mana yang mereka sukai?
·
Jika
diajak berlibur, ke mana mereka ingin pergi?
2. Kegiatan Inti
a) Siswa ditugaskan untuk mengamati gambar
halaman 84 sampai 89.
b) Guru melakukan tanya jawab mengenai gambar
yang siswa pilih dan alasan mereka memilihnya.
c) Guru menjelaskan beberapa contoh perilaku
yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia berdasarkan gambar-gambar
halaman 84 sampai 89.
d) Guru menugaskan siswa mewarnai gambar yang
sesuai dengan petunjuk yang tertulis di buku.
e) Guru meminta siswa menyebutkan contoh
perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia selain yang telah
disebutkan dan tertulis di buku.
f) Guru mengingatkan siswa untuk selalu
menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
g) Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali
materi mengenai keanekaragaman Indonesia dan bangga menjadi orang Indonesia, kemudian berlatih
soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 90-92, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan
berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.
2. Kegiatan Inti
a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas
ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan
ulangan harian.
b) Siswa diberikan lembar soal ulangan
harian.
c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan
soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta
didik mencontek.
d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika
waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
3. Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi
berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hal. 84-92.
2. Orang tua.
3. Teman.
4. Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas individu, ulangan harian.
Bentuk
Instrumen : penilaian sikap,
penilaian unjuk kerja, pilihan ganda, penilaian tertulis (uraian singkat).
Contoh Instrumen :
1. Apabila kamu bangga
sebagai bangsa Indonesia, kamu akan memilih berlibur ke ....
2. Rumah khas Batak Toba disebut sebagai …
a. bolon
b. gadang
c. joglo
3. Olahraga khas Nias yang terkenal adalah …
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP
thanks infonya,,,sangat membantu......
BalasHapus