RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 1
Standar Kompetensi : 1. Membaca
surah-surah Alquran
Kompetensi Dasar : 1.1 Membaca
surah Al Fatihah dengan lancar
Indikator : 1.1.1 Melafalkan
surah Al Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar
1.1.2 Menerapkan
hukum bacaan yang ada di surah Al Fatihah (bacaan alif lam dan izhar)
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2 ´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat melafalkan surah Al Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar
sekaligus dapat menetapkan hukum bacaan yang ada pada surah Al Fatihah
2. Siswa dapat mengartikan surah Al Fatihah dengan benar
3. Siswa dapat menulis kata dan kalimat surah Al Fatihah dengan benar
4. Siswa dapat menyebutkan sekaligus memahami isi pokok surah Al Fatihah
Materi pembelajaran : Surah Al
Fatihah dan Al Ikhlas (lihat buku Pendidikan Agama Islam jilid 4 NTR-Esis
bab 1 )
Metode Pembelajaran: 1. Siswa berlatih melafalkan Surah Al Fatihah
dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa berlatih melafalkan
Surah Al Fatihah dengan menerapkan hukum
bacaan yang benar
3. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Fatihah
4. Siswa berlatih menulis kata dan kalimat
Surah Al Fatihah
5. Siswa Mengadakan diskusi
dengan teman-temannya mengkaji isi pokok Surah Al Fatihah
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
. Memperkenalkan bahan ajaran yang menarik
dan berguna bagi siswa (melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan
Inti
. Siswa
melafalkan Surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok-kelompok dan individu
. Siswa melafalkan Surah Al Fatihah dengan
menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Fatihah
secara berulang-ulang
. Siswa
mengartikan Surah Al Fatihah secara berkelompok
. Siswa
menulis kata dan kalimat Surah Al Fatihah berdasarkan instruksi dan penjelasan
guru
. Siswa
menyebutkan isi pokok kandungan Surah Al Fatihah secara kelompok
3. Kegiatan
Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
tentang isi pokok Surah Al Fatihah dan pemahaman siswa mengenai hukum bacaan
yang ada pada Surah Al Fatihah
. Guru
membacakan kesimpulan dari materi Surah Al Fatihah yang telah disampaikan
. Siswa menceritakan kisah dalam Sepenggal
Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan
Surah Al Fatihah beserta artinya di karton
2. Tulisan
definisi hukum-hukum bacaan di karton
3. Buku pendidikan
agam islam jilid 4 NTR, ESIS
4. Buku Tajwid
5. Buku-buku lain yang
relevan
6. Kaset/ CD Al Quran
tentang surah Al Fatihah
7. Pengalaman guru
Penilaian:
1. Lafalkan Surah Al
Fatihah dengan makhraj, harakat dan hukum bacaan yang benar!
2. Berilah contoh bacaan alif lam syamsiyah dan
alif lam qamariyah yang ada pada Surah Al Fatihah!
3. Sebutkan 3 nama lain Surah
Al Fatihah!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : ____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV/ 1
Standar
Kompetensi : 1. Membaca surah
Alquran
Kompetensi
Dasar : 1.2 Membaca Surah Al Ikhlas dengan lancar
Indikator : 1.2.1 Melafalkan Surah Al
Ikhlas dengan harakat dan makhraj yang benar
1.2.2 Menerapkan hukum bacaan yang ada di Al Ikhlas (bacaan
qalqalah dan idgam)
1.2.3 Mengartikan Surah Al Ikhlas dengan benar
1.2.4 Menulis kata dan kalimat Surah Al Ikhlas
1.2.5 Menyebutkan isi pokok Surah Al Ikhlas
Alokasi
Waktu : 6 ´ 35 menit (2 ´ pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan Surah
Al Ikhlas dengan harakat dan makhraj yang benar sekaligus dapat menerapkan
hukum bacaan yang ada pada Surah Al Ikhlas
2. Siswa dapat mengartikan Surah Al Ikhlas dengan benar
3. Siswa dapat menulis kata dan kalimat Surah Al Ikhlas
dengan benar
4. Siswa dapat menyebutkan sekaligus memahami isi pokok Surah
Al Ikhlas
Materi Pembelajaran : Surah
Al Ikhlas (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis Bab 1 )
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa berlatih melafalkan
Surah Al Ikhlas berdasarkan makhraj, dan harakat yang benar
2. Siswa berlatih melafalkan Surah Al Ikhlas dengan
menerapkan hukum bacaan yang benar
3. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Ikhlas
4. Siswa berlatih menulis kata dan kalimat surah Al Ikhlas
5. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya mengkaji
isi pokok Surah Al Ikhlas
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
× Tadarus bersama surah-surah yang telah
dihafal siswa
. Memperkenalkan
bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
. Siswa melafalkan Surah Al Ikhlas secara
klasikal, kelompok dan individu
. Siswa melafalkan Surah Al Iklas dengan
menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Ikhlas
. Siswa mengartikan Surah Al Ikhlas secara
berkelompok
. Siswa menulis kata dan kalimat Surah Al
Ikhlas berdasarkan instruksi guru
. Siswa menyebutkan isi pokok kandungan Surah
Al Ikhlas
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
tentang isi pokok Surah Al Ikhlas dan pemahaman siswa mengenai hukum bacaan
yang ada pada Surah Al Ikhlas
. Guru
membacakan kesimpulan dari materi Surah Al Ikhlas yang telah
. Siswa memahami bacaan intisari yang
dibacakan guru
. Siswa
mengerjakan latihan yang ada di halaman dan ditulis di buku tugas
Alat /
Sumber Belajar:
1. Tulisan Surah Al Ikhlas beserta artinya di
karton
2. Tulis definisi hukum-hukum bacaan di karton
3. Buku pendidikan Agama Islam Jilid II NTR,
ESIS bab 1
4. Buku tajwid
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset/CD Alquran tentang surah Al Ikhlas
7. Pengalaman guru
Penilaian:
1. Lafalkan Surah Al Ikhlas dengan makhraj,
harakat dan hukum bacaan yang benar!
2. Berilah contoh bacaan qalqalah sugra dan
qalqalah kubra yang ada pada Surah Al Ikhlas!
3. Sebutkan 3 isi pokok Surah Al Ikhlas!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas /
Semester : IV/ 1
Standar
Kompetensi : 2. Mengenal sifat jaiz
Allah SWT
Kompetensi
Dasar : 2.1 Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
Indikator : 2.1.1 Menjelaskan
pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT
2.1.2 Menyebutkan sifat jaiz bagi bagi Allah SWT
Alokasi
Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian sifat jaiz
bagi Allah SWT
2. Siswa dapat menyebutkan sifat jaiz bagi Allah
SWT
Materi Pembelajaran : Sifat jaiz Allah SWT ()lihat buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 4, NTR Esis, Bab 2 )
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
dengan teman-temannya membahas pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT
2. Siswa menyebutkan sifat jaiz bagi Allah SWT
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengajukan beberapa pertanyaan tentang
siapa Allah, sifat wajib dan sifat mustahil bagi Allah SWT yang sebelumnya
telah dipelajari siswa
. Memperkenalkan
bahan ajar yang akan disampaikan melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal
Kisah
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mencermati
penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa menyampaikan pendapat tentang
pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT
. Siswa menyebutkan sifat jaiz bagi Allah
SWT secara klasikal, kelompok dan individu
3. Kegiatan Penutup
. Mengadakan
tanya jawab dengan siswa tentang sifat jaiz bagi Allah SWT
. Siswa menyimpulkan kisah yang ada di Sepenggal
Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
Alat / Sumber
Belajar:
1. Tulisan sifat
jaiz bagi Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR, Esis
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset atau CD Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Apakah sifat jaiz bagi Allah SWT itu?
2. Sebutkan 2 macam sifat jaiz bagi Allah SWT!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : ___________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV/ 1
Standar
Kompetensi : 2. Mengenal
sifat jaiz Allah SWT
Kompetensi Dasar : 2.2 Mengartikan contoh sifat jaiz bagi Allah
SWT
Indikator : 2.2.1 Mengertikan lima dari Asmaul Husna
2.2.2 Membedakan sifat jaiz, sifat wajib dan sifat
mustahil Allah SWT
Alokasi
Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT
2. Siswa
dapat membedakan sifat jaiz, sifat wajib dan sifat muhtahil Allah SWT
Materi Pembelajaran : Sifat jaiz Allah SWT (lihat buku
Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis, Bab 2)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
berlatih menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT
2. Siswa
berlatih mengartikan sifat jaiz bagi Allah SWT
3. Siswa
mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya mengkaji sifat jaiz dan sifat
mustahil jaiznya serta membandingkannya dengan sifat wajib dan sifat mustahil
Allah SWT
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Guru
mengulas kembali materi sebelumnya secara ringkas
. Memberikan pertanyaan seputar pemahaman
siswa tentang materi sebelumnya mengenai pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati
penjelasan guru tentag bahan ajar yang disajikan
. Siswa menunjukkan contoh sifat jaiz bagi
Allah SWT secara kelompok dan individu
. Siswa mengartikan sifat jaiz bagi Allah
SWT secara kelompok dan individu
. Siswa membedakan sifat jaiz, sifat wajib
dan sifat mustahil Allah SWT
3. Kegiatan Penutup
. Siswa
mengerjakan aktivitas yang ada di halaman
. Siswa memahami bacaan intisari yang telah
dibacakan
. Siswa mengerjakan latihan yang ada di
halaman dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Tulisan sifat
jaiz bagi Allah SWT beserta artinya di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4, NTR-Esis
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset/CD Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Berikan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT!
2. Ada
berapakah lawan sifat jaiz Allah SWT?
3. Sebutkan 3 lawan sifat jaiz Allah SWT!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : ___________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 1
Standar
Kompetensi : 3. Menceritakan kisah
Nabi
Kompetensi
Dasar : 3.1 Menampilkan perilaku hidup sederhana
Indikator : 3.1.1 Menjelaskan asal
kejadian Nabi Adam AS
Menjelaskan Nabi
Adam AS sebagai manusia dan Nabi yang pertama
Menjelaskan kehidupan
Nabi Adam AS ketika di surga
Menjelaskan sebab
Nabi Adam As dikeluarkan dari surga
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´
pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan
asal kejadian Nabi Adam AS
2. Siswa dapat menjelaskan Nabi Adam AS sebagai manusia
dan Nabi yang pertama
3. Siswa
dapat menjelaskan kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga
4. Siswa
dapat menjelaskan sebab Nabi Adam AS dikeluarkan dari surga
Materi Pembelajaran : Kisah Nabi Adam AS (lihat Buku Pendidikan
Agama Islam Jilid 4, NTR Esis Bab 3)
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
dan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas asal kejadian Nabi Adam AS yang
merupakan manusia dan Nabi yang pertama
2. Siswa
mengadakan diskusi dan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas kehidupan Nabi
Adam AS ketika di surga dan sebab ia dikeluarkan dari surga
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Menggali
pengetahuan siswa tentang kisah-kisah Nabi yang telah mereka ketahui sebelumnya
. Memberikan pengantar yang menarik dan
berguna mengenai bahan ajar yang disajikan melalui fitur Mutiara Islam
2. Kegiatan Inti
. Siswa
mendengarkan dan mengamati penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa menceritakan kembali asal kejadian
Nabi Adam AS berdasarkan penjelasan dari guru dan bahan bacaan
. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang
peran Nabi Adam AS sebagai manusia pertama dan Nabi yang pertama
. Siswa menceritakan kembali cerita
kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga
. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang sebab Nabi Adam AS dikeluarkan dari surga
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
seputar pemahaman siswa mengenai materi yang telah disampaikan
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks cerita kisah Nabi Adam AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis
3. Buku
kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Bagaimana proses asal kejadian Nabi Adam AS?
2. Siapakah nama wanita pertama di dunia?
3. Apa nama tempat pertemuan Adam dan Hawa
setelah dikeluarkan dari surga?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 1
Standar
Kompetensi : 3. Menceritakan kisah
Nabi
Kompetensi
Dasar : 3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad
SAW
Indikator : 3.2.1 Menjelaskan peristiwa
kelahiran Nabi Muhammad
3.2.2 Menyebutkan nasab/keturunan Nabi Muhammad
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´
pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menjelaskan peristwa kelahiran Nabi Muhammad SAW
2. Siswa
dapat menyebutkan nasab/keturunan Nabi Muhammad SAW
Materi
Pembelajaran : Kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW (lihat buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 4, NTR Esis Bab 3)
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan Tanya
jawab dan diskusi dengan teman-temannya membahas tentang peristwa kelahiran
Nabi Muhammad SAW
2.
Siswa berlatih menyebutkan
nasab/keturunan Nabi Muhammad SAW secara klasikal, kelompok dan individu
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Guru
mengulas kembali materi sebelumnya secara ringkas
. Memberikan
pengantaryang menarik dan berguna mengenai bahan ajar yang disajikan melalui
fitur Mutiara Islam
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkandan mengamati penjelasan
guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa menceritakan kembali peristiwa
kelahiran Nabi Muhammad SAW berdasarkan penjelasan dari guru dan bahan bacaan
. Siswa menyebutkan nasab/keturunan Nabi
Muhammad SAW secara klasikal, kelompok dan individu
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
seputar pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan
. Guru
memberikan tugas siswa untuk menulis nasab/keturunan Nabi Muhammad SAW di buku
tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks cerita kisah Nabi Muhammad SAW
2. Skema nasab/keturunan Nabi Muhammad di
karton
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4, NTR
Esis
4. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang
relevan
5. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
6. Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Sebutkan 3 kebiasaan orang-orang jahilah!
2. Peristiwa apakah yang terjadi ketika Nabi
Muhammad dilahirkan?
3. Sebutkan nasab/keturunan Nabi Muhammad!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 1
Standar
Kompetensi : 3. Menceritakan kisah
Nabi
Kompetensi
Dasar : 3.3 Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi
Muhammad SAW
Indikator : 3.1 Menjelaskan perilaku Nabi Muhammad di waktu kanak-kanak
Alokasi
Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan perilaku Nabi Muhammad
di waktu kanak-kanak
Materi
Pembelajaran : Perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW (lihat buku
Pendidikan Agama Islam Jilid 4, NTR, Esis bab 3)
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan Tanya
jawab dan diskusi dengan teman-temannya membahas tentang perilaku Nabi Muhammad
di waktu kanak-kanak
2. Siswa berlatih menjelaskan perilaku Nabi
Muhammad SAW di waktu kanak-kanak
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Guru
mengulas kembali materi sebelumnya secara ringkas
. Memberikan pengantar yang menarik dan
berguna mengenai bahan ajar yang disajikan melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal
Kisah
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa menceritakan kembali kehidupan Nabi
Muhammad mulai ia lahir hingga dewasa berdasarkan penjelasan guru dan bahan
bacaan
. Siswa menjelaskan perilaku Nabi Muhammad
di waktu kanak-kanak berdasarkan penjelasan guru dan bahan bacaan
3. Kegiatan Penutup
. Siswa
menceritakan kembali kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
. Siswa
memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
. Guru
memberi tugas siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman dan ditulis di buku
tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks cerita kisah Nabi Muhammad SAW
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis
3. Buku kisah nabi atau buku-buku lain yang
relevan
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Sebutkan 4 orang yang mengasuh Nabi dari
masa kanak-kanak hingga dewasa!
2. Bagaimana perilaku Nabi Muhammad ketika diasuh Abu Thalib pamannya?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 1
Standar
Kompetensi : 4. Membiasakan
perilaku terpuji
Kompetensi
Dasar : 4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
Indikator : 4.1.1 meneladani perilaku
taubatnya Nabi Adam AS
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´
pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat meneladani taubatnya Nabi Adam AS dalam praktik kesehariannya
Materi
Pembelajaran : Perilaku taubatnya Nabi Adam AS (lihat buku pendidikan agama Islam
Jilid 4 NTR, Esis bab 4 )
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
dengan teman-temannya membahas perilaku taubat-nya Nabi Adam AS
2.
Siswa mencontoh perilaku taubatnya Nabi
Adam AS dalam praktik keseharian mereka
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Memberikan pertanyaan seputar pengetahuan
siswa kisah Nabi Adam AS yang telah dipelajari sebelumnya
. Memperkenalkan
bahan ajar yang akan disampaikan melalui fitur Mutiara Islam
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mencermati
penjelasan guru tentang bahan ajar yang di sampaikan
. Siswa menyampaikan pendapatnya tentang
perilaku taubatnya Nabi Adam AS
. Siswa menceritakan pengalaman mereka
tentang perilaku taubat yang pernah mereka lakukan
. Siswa melafalkan doa taubatnya Nabi Adam
AS secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa menghafal doa taubatnya Nabi Adam AS
secara klasikal, kelompok dan individu
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
seputar pemahaman mereka tentang materi yang disampaikan
. Guru memberikan kesimpulan secara ringkas
tentang perilaku taubatnya Nabi Adam AS yang patut diteladani
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks cerita kisah Nabi Adam AS
2. Tulisan lafal doa taubatnya Nabi Adam AS
dikarton atau papan tulis
3. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang
relevan
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Apa tugas Nabi Adam AS di muka bumi ini?
2. Tulislah doa taubatnya Nabi Adam AS!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 1
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan
perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 4.2 Meneladani
perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
Indikator : 4.2.1 Menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad
Alokasi
Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat Nabi
Muhammad SAW
2. Siswa dapat meneladani sifat-sifat Nabi
Muhammad SAW
Materi Pembelajaran : Perilaku
masa kanak-kanak dan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW (Lihat Buku Pendidikan
Agama Islam Jilid 4 NTR, Esis bab 4 )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih menyebutkan sifa-sifat Nabi
Muhammad
2. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya
membahas perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad
3. Siswa mencontoh perilaku masa kanak-kanak Nabi
Muhammad SAW dalam praktik keseharian mereka
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Memberikan
pertanyaan seputar pengetahuan siswa tentang kisah Nabi Muhammad SAW
. Memperkenalkan
bahan ajar yang akan disampaikan melalui fitur mutiara islam dan Sepenggal
Kisah
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mencermati
penjelasan guru tentang bahan ajar yang di sampaikan
. Siswa
menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW secara klasikal, kelompok, dan individu
. Siswa menyampaikan pendapatnya tentang
sifat-sifat Nabi Muhammad yang patut diteladani
. Siswa menunjukkan manfaat dari meneladani
sifat-sifat Nabi Muhammad SAW
3. Kegiatan Penutup
. Siswa menyimpulkan kisah yang ada di Sepenggal
Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
. Siswa memahami bacaan intisari yang telah
dibacakan
. Guru memberikan tugas siswa untuk
mengerjakan latihan yang ada di halaman dan ditulis di buku tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks cerita kisah Nabi MuhammadSAW
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis
3. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang
relevan
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Apakah artinya Al Amin, dan mengapa Nabi
Muhammad diberi gelar seperti itu?
2. Manfaat apa saja yang dapat dipetik dari
meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 1
Standar
Kompetensi : 5. Mengenal ketentuan
salat
Kompetensi
Dasar : 5.1 Menyebutkan rukun salat
Indikator : 5.1.1 Menjelaskan
pengertian rukun salat
5.1.2 Menunjukkan bacaan salat dengan benar
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´
pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian rukun salat
2. Siswa
dapat menyebutkan rukun salat dengan benar
3. Siswa
dapat menunjukkan bacaan salat dengan benar
Materi Pembelajaran : Rukun
salat (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR, Esis Bab 5 )
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
dengan teman-temannya membahas pengertian rukun salat dan ketentuannya
2. Siswa
berlatih menyebutkan rukun salat dengan benar
3. Siswa
berlatih menunjukkan bacaan salat dengan benar
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengajukan beberapa pertanyaan tentang
pengertian salat, bacaan salat dan gerakannya yang sebelumnya telah dipelajari
siswa
. Memperkenalkan
bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan
guru tentang bahan ajar yang di sampaikan
. Siswa menyampaikan rukun salat secara
klasikal, kelompok dan individu
. Siswa menunjukkan bacaan salat secara
klasikal, kelompok dan individu
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
seputar pemahaman mereka tentang rukun salat dan bacaan salat
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar peraga keserasian gerakan dan bacaan
salat pada karton
2. Tulis rukun-rukun salat di karton
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis
5. Alquran (Juz Amma)
6. Kaset/CD tentang gerakan dan bacaan salat
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Apakah yang dimaksud rukun salat?
2. Apa saja yang termasuk dalam rukun salat?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 1
Standar
Kompetensi : 5. Mengenal ketentuan
salat
Kompetensi
Dasar : 5.2 Menyebutkan sunah salat
Indikator : 5.2.1 Menjelaskan
pengertian sunah salat
5.2.2 Menyebutkan sunah qauliyah dan fi’liyah salat
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´
pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian sunah salat
2. Siswa
dapat menyebutkan sunah qauliyah dansunah fi’liyah
Materi Pembelajaran : Sunah
salat (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4, NTR Esis bab 5 )
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
dan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas sunah salat dan ketentuannya
2.
Siswa berlatih menyebutkan sunah qauliyah dan
sunah fi’liyah
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Guru
mengulas kembali materi sebelumnya secara ringkas
. Mengkorelasikan materi
sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
. Memberikan
pengantar dari bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
. Siswa
mendengarkan dan memahami penjelasan guru tentang bahan ajar yang akan
disampaikan
. Siswa menyampaikan pendapat tentang pengertian
sunah salat dan ketentuannya
. Siswa membedakan antara sunah qauliyah dan
sunah fi’liyah
. Siswa menyebutkan sunah salat yang berupa
gerakan (fi’liyah) dan perkataan (qauliyah) secara klasikal, kelompok dan
individu
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
seputar pemahaman mereka tentang sunah salat yang berupa perkataan (qauliyah) dan perbuatan (fi’liyah)
. Guru
membacakan kesimpulan ringkas tentang materi yang telah disampaikan
Alat / Sumber
Belajar:
1. Gambar peraga keserasian gerakan dan bacaan
salat pada karton
2. Tulis sunah-sunah salat di karton
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis
5. Al Quran (Juz Amma)
6. Kaset/ CD gerakan dan bacaan salat
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Jelaskan pengertian sunah salat yang telah
kamu pelajari!
2. Sebutkan 3 macam sunah salat yang berupa
gerakan (fi’liyah)!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 1
Standar
Kompetensi : 5. Mengenal ketentuan
salat
Kompetensi
Dasar : 5.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib salat
Indikator : 5.3.1 Menjelaskan
pengertian syarat sah salat
5.3.2 Menyebutkan syarat wajib salat dan syarat sah salat
5.3.3 Membedakan antara rukun, sunah dan syarat sah salat
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´
pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian syarat sah salat
2. Siswa
dapat menyebutkan syarat wajib salat dan syarat sah salat
3. Siswa
dapat membedakan syarat wajib salat dan syarat sah salat
4. Siswa
dapat membedakan antara rukun, sunah dan syarat sah salat
Materi Pembelajaran : Syarat
sah salat (lihat buku Pendidikan Agama Islam jilid 4 NTR Esis bab 5)
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
dengan teman-temannya membahas syarat sah salat dan mengkaji perbedaannya
dengan syarat wajib salat
2. Siswa
menyebutkan syarat wajib salat dan syarat sah salat
3. Siswa
mengkaji perbedaan antara rukun, sunah dan syarat sah salat
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Guru
mengulas kembali materi sebelumnya secara ringkas
. Mengkorelasikan materi
sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
. Memberikan
pengantar dari bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang
pengertian syarat sah salat
. Siswa
menyebutkan syarat wajib salat dan syarat sah salat secara klasikal, kelompok
dan individu
. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang
perbedaan antara rukun, sunah dan syarat sah salat melalui perwakilan kelompok
masing-masing
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
seputar pemahaman mereka tentang syarat sah dan syarat wajib salat
. Guru
membacakan kesimpulan singkat dari materi yang disampaikan
Alat / Sumber
Belajar:
1. Gambar peraga keserasian antara gerakan dan
bacaan salat pada karton
2. Tulisan syarat sah salat di karton
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis
5. Al Quran (Juz Amma)
6. Kaset/ CD gerakan dan bacaan salat
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Apakah yang kamu ketahui tentang syarat sah
salat?
2. Sebutkan masing-masing 2 syarat wajib dan
syarat sah salat!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 1
Standar
Kompetensi : 5. Mengenal ketentuan
salat
Kompetensi
Dasar : 5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat
Indikator : 5.4.1 Menyebutkan hal-hal
yang membatalkan salat
5.4.2 Menunjukkan contoh salat yang batal
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´
pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat
2. Siswa
dapat menunjukkan contoh salat yang batal
Materi
Pembelajaran : Hal-hal yang membatalkan salat (lihat buku Pendidikan Agama
Islam jilid 4, NTR, Esis bab 5)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
berlatih menyebutkan hal-hal yang membatalkan
salat
2. Siswa
berlatih menunjukkan contoh salat yang batal
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengadakan tanya jawab dengan siswa
seputar pemahaman mereka tentang rukun salat, sunah salat dan syarat sah salat
. Mengkorelasikan
materi sebulumnya dengan bahan ajar (melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal
Kisah)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa menyebutkan hal-hal yang membatalkan
salat secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa menunjukkan contoh salat yang batal
. Siswa melafalkan zikir sesudah salat
secara klasikal, dan individu
. Siswa melafalkan doa-doa sesudah salat
secara klasikal, kelompok dan individu
3. Kegiatan Penutup
. Siswa
melakukan aktivitas yang ada di halaman
. Siswa
menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan
bahasa sendiri
. Siswa
membaca intisari, sedangkan siswa yang lain menyimak
. Siswa
mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan tugas dikumpulkan pada pertemuan
berikutnya
Alat / Sumber
Belajar:
1. Gambar peraga keserasian gerakan dan bacaan
salat pada karton
2. Tulisan hal-hal yang membatalkan salat
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis
5. Alquran (Juz Amma)
6. Kaset/CD gerakan dan bacaan salat
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Sebutkan tiga hal yang membatalkan salat!
2. Dianggap sahkah salat yang dilakukan tanpa
membaca Surah Al Fatihah?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 6. Membaca surah-surah
Alquran
Kompetensi
Dasar : 6.1 Membaca
surah Alquran dengan lancar
Indikator : 6.1.1 Melafalkan Surah Al
Kausar dengan makhraj dan harakat yang benar
6.1.2 Menerapkan hukum bacaan pada surah Al quran
6.1.3 Mengartikan Surah Al Kausar
6.1.4 Menghafal Surah Al Kausar
6.1.5 Menyalin ayat dan kalimat Alquran
Alokasi Waktu : 6
´ 35
menit (2´
pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan Surah
Al Kausar dengan makhraj dan harakat yang benar
2. Siswa
dapat menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Kausar
3. Siswa
dapat mengartikan Surah Al Kausar
4. Siswa
dapat menghafal Surah Al Kausar
5. Siswa
dapat menyalin ayat dan kalimat Alquran
Materi Pembelajaran : Surah
Al Kausar (lihat buku Pendidikan Agama Islam jilid 4 NTR, Esis bab 6 )
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa melafalkan Surah
Al Kausar sacara klasikal, kelompok dan individu dengan makhraj dan harakat
yang benar
2. Siswa
berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Kausar
3. Siswa
berlatih mengartikan Surah Al Kausar
4. Siswa
menghafalkan Surah Al Kausar
5. Siswa
berlatih menyalin ayat dan kalimat Alquran
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
. Memperkenalkan
bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa melalui fitu mutiara islam dan Sepenggal
Kisah
2. Kegiatan Inti
. Siswa
melafalkan Surah Al Kausar dengan harakat dan makhraj yang benar secara
klasikal, kelompok dan individu
. Siswa melafalkan Surah Al Kausar dengan
menerapkan hukum bacaan yang ada di Surah Al Kausar dan menampilkan
kemampuannya di depan kelas
. Siswa mengartkan Surah Al Kausar secara
kelompok dan menampilkan kemampuannya melalui wakil masing-masing kelompok di
depan kelas
. Siswa
menghafal Surah Al Kausar secara klasikal kelompok dan individu
. Siswa menyalin ayat dan kalimat Alquran
secara individu
3. Kegiatan Penutup
. Guru
mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar hukum bacaan yang ada pada Surah Al
Kausar
. Guru
memberi tugas siswa untuk menyalin Surah Al Kausar di buku tugas
. Guru
membacakan kesimpulan dari materi Surah Al Kausar yang telah disampaikan
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks
lafal Surah Al Kausar beserta artinya di karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 4 NTR,
Esis
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset/CD Alquran
6. Pengalaman guru
Penilaian:
1. Lafalkan Surah Al Kausar dengan makhraj,
harakat dan hukum bacaan yang benar!
2. Apakah arti Surah Al Kausar?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 6. Membaca surah-surah
Aquran
Kompetensi
Dasar : 6.2 Membaca Surah An Nasr dengan lancar
Indikator : 6.2.1 Melafalkan Surah An
Nasr dengan harakat dan makhraj yang benar
6.2.2 Menerapkan hukum bacaan pada Surah An Nasr
6.2.3 Mengartikan Surah An Nasr
6.2.4 Menghafalkan Surah An Nasr
6.2.5 Menyalin ayat dan kalimat Alquran
Alokasi Waktu : 6
´ 35
menit (2´
pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat melafalkan Surah An Nasr dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa
dapat menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah An Nasr
3. Siswa
dapat mengartikan Surah An Nasr
4. Siswa
dapat menghafal Surah An Nasr
5. Siswa
dapat menyalin ayat dan kalimat Alquran
Metode Pembelajaran : Surah
An Nasr (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 6 )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
melafalkan Surah An Nasr dengan harakat dan makhraj yang benar
2. SIswa
berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah An Nasr
3. Siswa
berlatih mengartikan Surah An Nasr
4. Siswa
menghafalkan Surah An Nasr
5. Siswa
berlatih menyalin ayat dan kalimat Alquran
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
. Memperkenalkan
bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa melalui kisah sebab turunnya Surah
An Nasr
2. Kegiatan Inti
. Siswa
mendengarkan dan mengamati uraian guru
. Siswa melafalkan Surah An Nasr dengan
harakat dan makhraj yang benar dengan
klasikal, kelompok dan individu secara berulang-ulang
. Siswa melafalkan Surah An Nasr dengan
menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah An Nasr dan menampilkan
kemampuannya di depan kelas
. Siswa mengartikan Surah An Nasr secara
kelompok dan menampilkan kemampuannya melalui wakil masing-masing kelompok di
depan kelas
. Siswa menghafal Surah An Nasr secara
klasikal, kelompok dan individu
. Siswa menyalin ayat dan kalimat Alquran
secara individu
3. Kegiatan Penutup
. Guru
mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar hukum bacaan yang ada pada Surah An
Nasr
. Guru
memberi tugas siswa untuk menyalin Surah An Nasr dalam buku tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks lafal Surah An Nasr beserta artinya di
karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4. NTR,
Esis
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset/CD Alquran
6. Pengalaman guru
Penilaian:
1. Hukum bacaan apa saja yang ada pada Surah An
Nasr?
2. Salinlah kalimat-kalimat berikut ke dalam
tulisan huruf hijaiah sambung:
a. nasrullāhi wal fathi
b. sayadkhulūna fī dīnillāhi
c. bihamdi rabbika wastagfirhu
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 6. Membaca surah-surah Alquran
Kompetensi
Dasar : 6.3 Mambaca Surah Al Asr dengan lancar
Indikator : 6.3.1 Melafalkan Surah Al
Asr dengan harakat dan makhraj yang benar
6.3.2 Menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Asr
6.3.3 Mengartikan Surah Al Asr
6.3.4 Menghafalkan Surah Al Asr
6.3.5 Menyalin ayat dan kalimat Alquran
Alokasi Waktu : 6
´ 35
menit (2´
pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat melafalkan Surah Al Asr dengan
harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Asr
3. Siswa
dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Asr
4. Siswa
dapat menghafalkan ayat dan kalimat Al ’Asr
5. Siswa
dapat menyalin ayat dan kalimat Alquran
Materi Pembelajaran : Surah
Al’Asr (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis Bab 6 )
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa melafalkan surah Al ’Asr secara klasikal, kelompok dan
individu dengan makhraj dan harakat yang benar
2.
Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan
yang ada pada surah Al ’Asr
3. Siswa
berlatih mengartikan surah Al ’Asr
4.
Siswa menghafalkan surah Al ’Asr
5.
Siswa berlatih menyalin ayat dari kalimat
Alquran
6. Siswa
mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas arti setiap ayat dari surah Al
’Asr
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
. Menugaskan
beberapa anak yang sudah hafal surah Al’Asr
. Memperkenalkan
bahan ajar surah Al’Asr dan isi kandungannya
2. Kegiatan Inti
. Siswa melafalkan surah Al ’Asr secara
klasikal, kelompok dan individu dengan harakat dan makhraj yang benar secara
berulang
. Siswa melafalkan surah Al’Asr dengan
menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah Al ’Asr dan menampilkan
kemampuannya di depan kelas
. Siswa mengartikan surah Al ’Asr secara
berkelompok dan menampilkan kemampuannya di depan kelas melalui wakil
masing-masing kelompok
. Siswa
menghafalkan surah Al ’Asr secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa menyalin ayat dan kalimat Alquran
secara individu
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
seputar pemahaman siswa tentang arti setiap ayat dari surah Al ’Asr
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di
halaman 31
. Siswa membaca intisari, sedangkan
siswa yang lain menyimak
. Guru memberikan tugas siswa untuk
mengerjakan latihan yang ada di halaman dan ditulis di buku tugas, dikumpulkan
pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks lafal surah Al ’Asr beserta artinya
dikarton atau papan tulis
2. Gambar peraga
tentang anak yang memanfaatkan waktu dengan baik
3. Buku tajwid
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4. NTR,
Esis
5. Alquran (Juz Amma)
6. Kaset/CD Alquran
6. Pengalaman guru
Penilaian:
1. Bacalah surah Al ’Asr sesuai dengan makhraj,
harakat dan hokum bacaan yang benar!
2. Apakah pesan yang dapat dipetik dari isi
surah Al ’Asr?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 7. Mengenal malaikat
dan tugasnya
Kompetensi
Dasar : 7.1 Menjelaskan pengertian malaikat
Indikator : 7.1.1 Menjelaskan
pengertian malaikat
7.1.2 Menjelaskan kejadian malaikat
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´
pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian malaikat
2. Siswa dapat menjelaskan kejadian malaikat
Materi
Pembelajaran : Pengertian malaikat dan kejadiannya (lihat buku Pendidikan
Agama Islam Jilid 4 NTR Esis Bab 7)
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
kelompok dengan teman-temannya membahas pengertian
malaikat
2.
Siswa mengadakan diskusi dan Tanya jawab
dengan teman-temannya membahas asal
kejadian malaikat
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
. Menayakan
kepada beberapa siswa tentang siapa malaikat, peran dan tugasnya
. Memperhatikan
bahan ajar yang menarik dan berguna siswa (melalui fitur Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
. Beberapa siswa membaca bahan ajar kejadian
malaikat, siswa lainnya menyimak dengan baik
. Siswa mendengarkan dan mengawasi uraian
guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa mengartikan definisi malaikat
. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang perbedaan antara malaikat
dan manusia
. Siswa menjelaskan kejadian malaikat
berdasarkan penjelasan guru dan bahan bacaan
. Siswa mengerjakan tugas-tugas dari guru
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
seputar pemahaman siswa tentang malaikat dan asal kejadiannya
. Siswa
diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
Alat / Sumber
Belajar:
1. Tulisan nama-nama malaikat dan
tugas-tugasnya
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4. NTR,
Esis
3. Buku yang relevan
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset/CD tentang malaikat dan tugasnya
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Apakah yang kamu ketahui tentang definisi
malaikat?
2. Mengapa malaikat disebut makhluk gaib?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 7. Mengenal malaikat
dan tugasnya
Kompetensi
Dasar : 7.2 Menyebutkan
nama-nama malaikat
Indikator : 7.2.1 Menyebutkan jumlah
malaikat
7.2.2 Menghafal nama-nama malaikat
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menyebutkan jumlah malaikat
2. Siswa dapat menghafal nama-nama malaikat
Materi Pembelajaran : Nama-nama
malaikat (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR, Esis Bab 7 )
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa menyebutkan jumlah
malaikat dan nama-nama malaikat secara klasikal, kelompok dan individu
2. Siswa
menghafal nama-nama malaikat
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengkorelasikan
materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
. Menanyakan
kepada siswa nama-nama malaikat yang sebelumnya telah mereka ketahui
. Memperkenalkan
bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
. Siswa
mendengarkan dan mengawasi uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa
menyebutkan jumlah malaikat dan nama-nama malaikat secara klasikal, kelompok
dan individu
. Ssiwa
menghafal nama-nama malaikat secara
klasikal, kelompok dan individu
. Siswa
menampilkan hafalannya di depan kelas
3. Kegiatan Penutup
. Guru
mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang nama-nama malaikat
. Guru memberikan kesimpulan tentang
nama-nama lain dan karakteristik yang dimiliki beberapa malaikat
Alat / Sumber
Belajar:
1. Tulisan nama-nama malaikat dan
tugas-tugasnya di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Alquran (Juz Amma)
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Sebutkan nama-nama malaikat yang wajib
diketahui!
2. Apa nama lain malaikat jibril?
3. Ada
berapa jumlah malaikat yang wajib diketahui?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 7. Mengenal malaikat
dan tugasnya
Kompetensi
Dasar : 7.3 Menyebutkan tugas-tugas malaikat
Indikator : 7.3.1 Mengetahui
tugas-tugas malaikat
7.3.2 Menghafal tugas-tugas 10 malaikat
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat mengetahui tugas-tugas malaikat
2. Siswa
dapat menghafal tugas-tugas 10 malaikat
Materi Pembelajaran : Tugas-tugas
malaikat (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 7 )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
berlatih menyebutkan tugas-tugas malaikat
2. Siswa
menghafal tugas-tugas 10 malaikat
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengkorelasikan
materi-materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
. Memberikan pertanyaan kepada beberapa
siswa tentang pemahaman mereka tentang materi mengenai malaikat yang telah
dipelajari
. Memberikan
pengantar yang menarik tentang bahan ajar yang disampaikan melalui fitur
mutiara islam)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati
uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa
menyebutkan tugas-tugas malaikat secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa
menghafal tugas-tugas 10 malaikat dan menampilkan hafalannya di depan kelas
. Siswa
diminta menulis 10 nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya di buku tugas
3. Kegiatan Penutup
. Siswa
melakukan aktivitas Islami yang ada di halaman
. Siswa
diminta memahami bacaan intisari (halaman)
. Siswa
diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Tulisan nama-nama malaikat dan
tugas-tugasnya di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset/CD tentang malaikat dan tugasnya
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Sebutkan tugas-tugas malaikat!
2. Hafalkan tugas-tugas 10 malaikat yang wajib
diketahui!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 8. Menceritakan kisah
Nabi
Kompetensi
Dasar : 8.1 Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS
Indikator : 8.1.1 Menjelaskan kisah
Nabi Ibrahim AS dengan orang tuanya
8.1.2 Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan raja Namrud
8.1.3 Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian
8.1.4 Meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuanya
2. siswa
dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud
3.
Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi
Ibrahim dalam menghadapi ujian
4. Siswa dapat meneladani perilaku sabar dan
keteguhan hati Nabi Ibrahim dalam praktik
keseharian mereka
Materi Pembelajaran : Kisah Nabi Ibrahim AS (lihat buku
Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 8 )
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
dan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas kisah Nabi Ibrahim AS dengan
orangtuanya, Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud, Nabi Ibrahim dalam menghadapi
ujian
2. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi
Ibrahim AS dengan orang tuanya, Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud dan Nabi
Ibrahim dalam menghadapi ujian
3. Siswa memperaktikan perilaku sabar dan keteguhan
hati Nabi Ibrahim dalam praktik keseharian mereka
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Memberikan
pertanyaan kepada siswa tentang kisah-kisah Nabi yang telah dipelajari
sebelumnya
. Memberikan
pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan melalui fitur mutiara islam
2. Kegiatan Inti
. Beberapa siswa membacakan kisah Nabi
Ibrahim, sedangkan siswa yang lain menyimak dengan baik
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa menceritakan kembali kisah Nabi
Ibrahim AS dengan orantuanya menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan
individu
. Siswa menceritakan kembali kisah Nabi
Ibrahim AS dengan orangtuanya menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan
individu
. Siswa menceritakan kembali tentang kisah
Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian secara kelompok dan individu dengan bahasa
sendiri
. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang
perilaku sabar dan ketaguhan hati Nabi Ibrahim AS
3. Kegiatan Penutup
. Guru
mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang kisah Nabi Ibrahim AS yang telah di
pelajari
. Guru
memberikan kesimpulan ringkas tentang materi yang disampaikan
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks kisah Nabi Ibrahim AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis halaman
3. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang
relevan
4. Kaset/CD tentang kisah Nabi Ibrahim AS
5. Alquran (Juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Jelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang
tuanya!
2. Apa
mujizat Nabi Ibrahim AS !
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 8. Menceritakan kisah
Nabi
Kompetensi
Dasar : 8.2 Menceritakan kisah Nabi Ismail AS
Indikator : 8.2.1 Menjelaskan kisah
Nabi Ismal AS
8.2.2 Menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun kakbah
bersama ayahnya
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´ pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan
kisah Nabi Ismail AS
2. Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ismail
membangun kakbah bersama ayahnya
Materi Pembelajaran : Kisah Nabi Ismail AS (lihat buku
Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 8)
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
dan tanya jawab dengan teman-temannya membahas kisah Nabi Ismail AS dan kisah
Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya
2.
Siswa berlatih menceritakan kembali
kisah Nabi Ismail AS dan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengulas
materi sebelumnya dan mengkorelasikan dengan materi yang akan diajarkan
. Memberikan
pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
. Beberapa
siswa membacakan kisah Nabi Ismail, sedangkan siswa yang lain menyimak dengan
baik
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
yang disampaikan guru
. Siswa menceritakan kembali kisah Nabi
Ismail AS menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu
. Siswa menceritakan kembali kisah Nabi
Ismail AS membangun Kakbah bersama Ayahnya mengguna-kan bahasa sendiri secaa
kelompok dan individu
3. Kegiatan Penutup
. Guru
mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang kisah Nabi Ismail AS yang telah
dipelajari
. Siswa
memahami dan menyimak bacaan intisari yang dibacakan
. Siswa
mengerjakan latihan yang ada di halaman dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks kisah Nabi Ismail AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis halaman
3. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang
relevan
4. Kaset/CD tentang kisah Nabi Ismail AS
5. Alquran (Juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Jelaskan tentang kisah Nabi Ismail AS !
3. Disebut
apakah batu hitam yang terdapat pada dinding Kakbah?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 9. Membiasakan
perilaku terpuji
Kompetensi
Dasar : 9.1 Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS
Indikator : 9.1.1 Meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap
orangtua dan terhadap Allah SWT
Alokasi Waktu : 3
´ 35 menit
(1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT
Materi
Pembelajaran : Ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT (lihat buku Pendidikan
Agama Islam Jilid 4 NTR Esis Bab 9 )
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
dengan teman-temannya membahas ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan
terhadap Allah SWT
2. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah
ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orang tua dan terhadap Allah SWT
3. Siswa
meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT dalam
praktik keseharian mereka
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
. Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar
pemahaman siswa tentang kisah Nabi Ibrahim AS yang telah dipelajari sebelumnya
. Memberikan
pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan melalui kisah dalam Sepenggal
Kisah
2. Kegiatan Inti
. Beberapa
siswa membacakan kisah Nabi Ibrahim, sedangkan siswa yang lain menyimak dengan
baik
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa menceritakan kembali kisah ketaatan
Nabi Ibrahim terhadap orangtua mengunakan bahasa sendiri secara kelompok dan
individu
. Siswa menceritakan kembali kisah ketaatan
Nabi Ibrahim terhadap Allah SWT menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan
individu
. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang
ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
seputar pemahaman siswa tentang kisah Nabi Ibrahim AS dan ketaatannya terhadap
orangtua dan Allah SWT
. Guru
menunjuk beberapa siswa untuk memberikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks kisah Nabi Ibrahim AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis halaman
3. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang
relevan
4. Kaset/CD tentang kisah Nabi Ibrahim AS
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Berikan masing-masing satu contoh Nabi
Ibrahim terhadap orangtua dan Allah SWT!
2. Bagaimana sikap Nabi Ibrahim terhadap
ayahnya yang kafir?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
___________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 9. Membiasakan
perilaku terpuji
Kompetensi
Dasar : 9.2 Meneladani perilaku Nabi Ismail AS
Indikator : 9.2.1 Meneladani ketaatan Nabi Ismail terhadap
orangtua dan Allah SWT
9.2.2 Meneladani perilaku sabar dan taat dalam
kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´ pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat meneladani
perilaku ketaatan Nabi Ismail terhadap orangtuanya dan Allah SWT
Materi
Pembelajaran : Ketaatan Nabi Ismail terhadap orangtuanya dan Allah SWT (lihat buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 4 NTR Esis Bab 9 )
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
dengan teman-temannya membahas ketaatan Nabi Ismail terhadap orangtuanya dan
Allah SWT
2. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah
ketaatan Nabi Ismail terhadap orangtuanya dan Allah SWT
3. Siswa meneladani perilaku sabar dan taat dalam
kehidupan sehari-hari
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus bersama surah-surah yang telah
dihafal siswa
. Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar
pemahaman siswa tentang kisah Nabi Ismail AS yang telah dipelajari sebelumnya
. Memberikan pengantar tentang bahan ajar
yang akan disampaikan melalui fitur mutiara Islam
2. Kegiatan
Inti
. Beberapa siswa membacakan kisah Nabi
Ismail AS sedangkan siswa yang lain menyimak dengan baik
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian
guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa menceritakan kembali kisah ketaatan
Nabi Ismail AS terhadap orangtuanya dan Allah SWT menggunakan bahasa sendiri
secara kelompok dan individu
. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang
ketaatan Nabi Ismail AS terhadap orangtuanya dan Allah SWT
. Siswa memberikan contoh perilaku taat
terhadap orang tua dari pengalaman merekea sehari-hari
3. Kegiatan Penutup
. Siswa
melakukan aktivitasyang ada di hal
. Guru
perlu memberikan arahan dan petunjuk kepada siswa sebelum melakukan aktivitas
. Siswa
menyimak bacaan intisari yang disampaikan guru
. Siswa
diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks kisah Nabi Ismail AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis
3. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang
relevan
4. Kaset/CD tentang kisah Nabi Ibrahim AS
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Jelaskan bagaimana ketaatan Nabi Ismail
terhadap ayahnya dan Allah SWT ketika perintah untuk disembelih kepadanya?
2. Karena kepatuhan Ismail terhadap Allah dan
Bapaknya, apa yang ia dapat?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 10. Melaksanakan zikir
dan doa
Kompetensi
Dasar : 10.1 Melakukan zikir setelah salat
Indikator : 10.1.1 Melafalkan bacaan zikir setelah
10.1.2 Menghafal bacaan zikir setelah salat
10.1.3 Mengartikan bacaan zikir setelah salat
10.1.4 Menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat
Alokasi Waktu : 6
´ 35
menit (2 ´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat melafalkan bacaan zikir
2. Siswa
menghafal bacaan zikir setelah salat
3. Siswa
berlatih mengartikan bacaan zikir setelah salat
4. Siswa
menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat
Materi Pembelajaran : Bacaan zikir dan doa (lihat Buku
Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis Bab 10 )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
melafalkan bacaan zikir setelah salat
2. Siswa
menghafal zikir setelah salat
3. Siswa
berlatih mengartikan bacaan zikir setelah salat
4. Siswa
menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
. Memberikan
pertanyaan kepada siswa tentang kegiatan apa yang mereka lakukan setelah salat
. memperkenalkan
bahan ajar yang menarik dan berguna melalui fitur mutiara islam
2. Kegiatan Inti
. Siswa
diperkenalkan bacaan-bacaan zikir setelah salat
. Siswa
melafalkan bacaan zikir setelah salat secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa
menghafal bacaan zikir setelah salat secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa
yang telah menguasai hafalan menampilkan hafalannya di depan kelas
. Siswa mengartikan bacaan zikir secara
kelompok dan masing-masing wakil kelompok menampilkan kemampuannya di depan
kelas
. Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
3. Kegiatan Penutup
. Siswa
diminta kembali melafalkan zikir beserta artinya secara klasikal dan kelompok
. Guru
memberi tugas siswa untuk menulis zikir-zikir setelah salat di buku tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks lafa zikir di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis halaman
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Kaset/CD tentang kumpulan zikir dan doa
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Lafalkan bacaan zikir setelah salat beserta
artinya!
2. Hafalkan bacaan zikir setelah salat!
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
____________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 10. Melaksanakan zikir
dan doa
Kompetensi
Dasar : 10.2 Membaca doa setelah salat
Indikator : 10.2.1 melafalkan bacaan doa setelaha salat
Alokasi Waktu : 3
´ 35
menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat melafalkan bacaan doa setelah salat
2. Siswa dapat memahami arti bacaan doa-doa pendek
Materi Pembelajaran : Bacaan zikir dan doa (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4
NTR Esis Bab 10 )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
melafalkan bacaan doa setelah salat
2. Siswa
menghafal bacaan doa-doa pendek setelah salat
3. Siswa
menerapkan bacaan doa setiap selesai salat
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
. Memberikan
pertanyaan kepada siswa tentang doa apa saja yang mereka baca setiap selesai
salat
. Memberikan
pangantar yang menarik berguna melalui fitur mutiara islam dan sepenggal kisa
2. Kegiatan Inti
. Siswa
diperkenalkan doa-doa setelah salat
. Siswa melafalkan doa-doa setelah salat
secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa memahami arti-arti doa berdasarkan
bimbingan dan penjelasan guru
. Siswa menghafal doa-doa pendek setelah
salat
. Siswa menyebutkan adab berzikir dan berdoa
3. Kegiatan
Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di
halaman
. Siswa menyimpulkan kisah dalam Sepenggal
Kisah menggunakan bahasa sendiri
. Siswa diminta memahamibacaan intisariyang
dibacakan siswa lain
. Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan
latihan yang ada di halaman dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks lafal doa di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR,
Esis
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Kaset/CD tentang kumpulan zikir dan doa
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Lafalkan bacaan doa-doa setelah salat!
2. Bagaimana adab berdoa yang benar?
Mengetahui,
(__________________________)
|
|
…….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar