Senin, 21 Mei 2012

RPP SD Penjasorkes Kelas VI Semester I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          : SD
                            
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :1. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan                                                       sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung                                                      didalamnya.

Kompetensi Dasar                   : 1.1Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola                                                           kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan                                                         peraturan yang dimodifikasi,serta nilai                                                                                          kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)
               
Indikator                                 : -  Pembagian pemain berdasarkan kelompok
                                                  -  Sejarah tennis meja                                                                                                              -  Melakukan gerakan: -cara memegang bad
                                                                                       -memantul-mantulkan bola
                                                     dengan control dan koordinasi yang baik.
- Bermain tennis meja dengan peraturan yang sederhana                                                atau modifikasi.                                                                                                         
Alokasi Waktu                       :  8 x 35 menit (4 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a.Siswa dapat memahami sejarah dan peralatan tennis meja.
     b Siswa dapat  melakuakn latihandasar tennis meja.
     c.Siswa dapat bermain tennis meja dengan control dan koordinasi yang baik.

B. Materi Pembelajaran
    a.Sejarah dan alat tennis meja.
    b.Latihan dasar tennis meja.
    c.Cara bermain dengan peraturan sederhana.

C. Metode Pembelajaran.
     Ceramah,demontrasi,penugasan,latihan dan Tanya jawab.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

    Pendahuluan:
     -Berbaris,berdoa,presensi,pemanasan
   Inti: Pertemuan  1
        ~penjelasan pengertian dan sejarah tennis meja
        ~pengenalan alat tennis meja
        ~melakukan latihan dasar tenis meja.
       
          Pertemuan ll
        ~memantul-mantulkan bola dengan dimodifikasi
        ~ mendemontrasikan sikap sedia yang benar.
        ~melakukan gerakan servis denagn tehnik yang benar.
   
       Pertemuan lll
     ~mengulangi gerakan servis yang dimodifikasi.
     ~melakukan gerakan menerima bola servis.
     ~melakuakn gerakan smash denagn tehnik yang benar.

       Pertemuan  Vl
     ~bermain tennis meja  dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi.
     ~melakuakn penilaian

Penutup:
   -pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

E. Sumber Belajar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 2-3
    Buku referensi tennis meja

F. Penilaian
    1.Tehnik penilaian;
        -test unjuk kerja(psikomotor)
gerakan: memantul-mantulkan bola dengan bad,cara megang bad,sikap siap             sedia,servis,menerima servis,smash dan bermain dengan peraturan sederhana.           
   
   2. Rubrik Penilaian












                                Unjuk kerja permainan tennis meja:      
     
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1.Cara pegang bad
2.Sikap siap sedia
3.Memantul-mantulkan bola
4.Melakukan servis
5.Menerima servis melakukan smash
6.Bermain tennis meja dengan peraturan sederhana dan  dimodifikasi.




 Jumlah       




 Jumlah skor minimal:











Mengetahui                                                                                  Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah 



-------------------                                                                          --------------------------























                                                                  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :1. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan                                                       sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung                                                      didalamnya
.
Kompetensi Dasar                   :1.2.Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola                                                           besar dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan                                                         peraturan yang dimodifikasi,serta nilai                                                                                          kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)

Indikator                                : Memahami sejarah,alat dan ukuran lapangan bola basket.
                                                 Mendrible
 Melempar bola
 Memasukan bola ke ring
 Pivot/bertumpu satu kaki
 Bermain basket dengan peraturan sederhana

Alokasi waktu                        : 16 x 35 menit(4 x pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran
    a.Siswa memahami sejarah dan mengenal peralatan basket
    b.Siswa melakukan gerakan: mendrible,melempar, menembak,pivot dengan benar
    c.Siswa dapat bermain basket dengan peraturan sederhana

B.Materi Pembelajaran
    a.Sejarah ,peralatan basket
    b.Latihan/gerak dasar basket:drible,lemparan,menembak,pivot
    c.Permainan bola basket

C.Metode Pembelajaran
   - Ceramah,tanyajawab,demontrasi,latihandan penugasan.

D.Langkah-langkah Pembelajaran
    Pendahuluan:
    Berbaris,berdoa,presensi dan pemanasan.


    Inti: Pertemuan l
            ~penjelasan sejarah
            ~pengenalan alat dan ukuran lapangan basket
            ~melakukan gerakan dasar basket

Pertemuan ll
~mengulangi latihan dasar basket
~melakukan gerakan drible
~melakukan lemparan bola
~bermain basket dengan peraturan sederhana

Pertemuan lll
~mengulangi latihan dasar basket
~melakukan lemparan/tembakan ke ring
~bermain basket dengan peraturan sederhana

Pertemuan Vl
~bermain basket dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi
~melakukan penilaian

Penutupan
Pendinginan,evaluasi proses pembelajran,penugasan, berbaris,doa dan pasukan dibubarkan

E. Sumber Belajar
     Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 5-11
     Buku referensi bola basket

F.Penilaian
   1.Tehnik Penilaian
       *test unjuk kerja(psikomotor)
         gerakan: mendrible.melempar,menembak,pivot
                        bermain basket dengan tehnik dan peraturan sederhana
   2.Rubrik Penilaian













                                Unjuk kerja permainan bola basket
       
   
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1.Mendrible rendah,tinggi dengan satu tangan
2.Melempar dengan dua dan satu tangan
3.Menembak dengan dua dan satu tangan
4.Melakukan pivot
5.Bermain basket dengan peraturan yang dimodifikasi





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:











Mengetahui Kepala sekolah                                                             Guru mata pelajaran



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :1. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan                                                       sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung                                                      didalamnya.

Kompetensi Dasar                   :1.3.Mempraktikan gerak dasar  dalam tehnik lari lempar                                                             dan lompat dengan                                                                                                                 peraturan yang dimodifikasi,serta nilai                                                                                           kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)

Indikator                                 :     -Pengenalan tentang  tolak peluru
                                                      -Melakukan latihan dasar tolak peluru
                                                      -Melakukan gerakan awalan, tolakan,sikap akhir

Alokasi waktu                         :     16 x 35 menit(4 x pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran
    a.Siswa memahami sejarah,peraturan serta mengenal alat tolak peluru
    b.Siswa melakukan gerakan latihan dasar tolak peluru
    c.Siswa melakukan gerakan awalan, tolakandan sikap akhir

B. Materi Pembelajaran
    Tolak peluru
 
C.Metode Pembelajaran
    Ceramah,tanyajawab,demonstrasi,latihan,penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran

     Pendahuluan:berbaris, doa,presensi dan pemanasan

     Inti: Pertemuan l
             ~penjelasan pengertian dan sejarah tolakpeluru
             ~mengenal lapangan dan alat tolak peluru
             ~melakukan latihan dasar tolak peluru


            Pertemuan ll
            ~melakukan latihan dasar tolak peluru
            ~melakukan tehnik memegang tolak peluru yang benar
            ~melakukan tehnik awalan yang benar

            Pertemuan lll
            ~melakukan latihan dasar tolak peluru
            ~melakuan tehnik awalan dengan berbagai gaya yang benar
            ~melakukan tehnik tolakan dengan benar
            ~melakukan tehnik sikap akhir yang benar

            Pertemuan Vl
            ~melakukan rangkaian gerakan tolak peluru dengan tehnik yang benar
           ~guru melakukan penilaian dari gerakan awalan,tolakan dan sikap akhir

           Penutup: pendinginan,evaluasi proses pembelajaran, memotivasi ,berbaris,doa dan                pasukan dibubarkan

E. Sumber Belajar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 12-15
    Buku referensi tolak peluru

F.Penilaian
   1. Tehnik penilaian:
        *test unjuk kerja(psikomotor)
          -melakukan gerakan awalan,tolakan dan sikap akhir dalam tolak peluru
   2. Rubrik penilaian
                      
                                   Unjuk kerja gerak tolak peluru

     
Aspek yang dinilai

1
2
3
4
1.Melakukan koordinasi gerak:
   a. awalan
   b. tolakan
   c. sikap akhir
2. Melakukan tolak peluru dengan tehnik yang benar





Jumlah




Jumlah skor maksimal:








Mengetahui                                                                                 Guru mata pelajaran
Kepala sekolah 

................................                                                                     ...............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
         
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :2.Mempraktikan latihan peningkatan kualitas                                                                           jasmani(komponen kebugaran jasmani),dan
                                                    nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar                  :2.1.Mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih                                                                untuk memperbaiki postur tubuh

Indikator                                 :-Melakukan program latihan
                                                 -Melakukan latihan pemanasan
                                                 -Melakuakn latihan pos berangkai

Alokasi waktu                         : 8 x 35 menit(2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a.Siswa dapat melakukan program latihan:
        _kekuatan dan kelentukan
        _pemanasan
        _pos berangkai

B. Materi Pembelajaran
     *Melakukan program latihan dengan unsure permainan

C. Metode Pembelajaran
     *Ceramah,tanyajawab,demonstrasi,latihan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran

     Pendahuluan:berbaris, doa, presensi dan pemanasan

    Inti: Pertemuan l
            ~merencanakan dan melakukan program latihan
            ~melakukan latihan pemanasan

           Pertemuan ll
           ~melakukan latihan pos berangkai
           ~guru melakukan penilaian
    Penutup:Pendinginan, evaluasi proses pembelajaran,memotivasi,doa dan pasukan                            dibubarkan

E. Sumber Belajar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 18-20
    Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
    1. Tehnik Penilaian
         *test unjuk kerja(psikomotor):
           melakukan gerakan program latihan kekuatan dan kelentukan
           melakukan gerakan program latihan pemanasan
           melakukan gerakan program pos berangkai

    2.Rubrik Penilaian

                                         Unjuk kerja kebugaran


Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
Program latihan:
  1. kekuatan dan kelentukan
  2. pemanasan
  3. pos berangkai




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:








 

Mengetahui                                                                            Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah



--------------------                                                                                ------------------------








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :2.Mempraktikan latihan peningkatan kualitas                                                                           jasmani(komponen kebugaran jasmani),dan
                                                    nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar                  :2.2.Mempraktikan berbagai latihan untuk memperbaiki                                                               cacat jasmani bukan bawaan,serta nilai                                                                                   keselamatan,disiplin dan kerjakeras.

Indikator                                 :-Melakukan latihan gerakan kelenturan
                                                 -Melakukan latihan gerakan kekuatan
                                                 -Melakukan latihan gerakan menggunakan beban

Alokasi waktu                        : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a.Siswa dapat melakukan latihan gerakan:
       *kelenturan
      *kekuatan
       *menggunakan beban

B. Materi Pembelajaran
     Dengan permainan:
     Latihan kelenturan:leher ,pinggang,lutut
     Latihan:pus up,mendorng grobak, tarik tambang
     Latihan gerakan menggunakan beban

C.Metode Pembelajaran
    Ceramah, tanyajawab,demonstrasi,latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
    
    Pendahuluan: berbaris,berdoa,presensi dan pemanasan

      Inti: Pertemuan l
       ~melakukan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir
         pada gerakan kelenturan:leher,pinggang,lutut
       ~melakukan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir
         pada gerakan menggunakan beban

       Pertemuan ll
          ~melakukan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan: push up,                   mendorong gerobak dan tarik tambang
          ~guru melakukan penilaian

     Pendahuluan: pendinginan,evaluasi proses pembelajaran,memotivasi,berdoa dan                                       dibubarkan

E. Sumber Belajar
     Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 21-26
     Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
    1.Tehnik Penilaian
        *test unjuk kerja(psikomotor)
          melakukan gerakan:kelenturan leher,pinggang,lutut
                                         :push up,mendorong gerobak,tarik tambang
                                         :menggunakan beban
    2.Rubrik Penilaian

                                        Unjuk kerja kebugaran


Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
  1. Melakukan gerakan kelenturan leher,pinggang,lutut
  2. Melakukan gerakan push up,mendorong gerobak,tarik tambang dan menggunakan beban





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                            Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah    



---------------------                                                                        -------------------



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :3.Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam                                                                 ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang                                                     terkandung didalamnya                                                                    
                                            
Kompetensi Dasar                  :3.1Mempraktikan pemanasan dan pendinginan sebelum                                                            dan sesudah melaksanakan aktivitas senam

Indikator                                 : Melakukan gerakan menguatkan persendian                                                                         Melakukan gerakan melemaskan persendian
                                               

Alokasi waktu                        : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran
    a.Siswa dapat melakukan gerakan:
      -menguatkan dan melemaskan persendian dalam pemanasan dan pendinginan
      

B. Materi Pembelajaran
     Permainan:
     *menguatkan dan melemaskan persendian
    

C. Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanyajawab,demonstrasi,latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
    
     Pendahuluan: berbaris doa,presensi dan pemanasan

     Inti: Pertemuan l
            ~dengan permainan melakuakn gerakan penguatan dalam pemanasan maupun                    pendinginan


            Pertemuan ll
           ~dengan permainan melakukan gerakan pelemasam dalam pemanasan maupun        pendinginan
           ~dilanjutkan dengan penilaian

     Penutupan: pendinginan,evaluasi proses pembelajaran,memotivasi,doa dan                                            dibubarkan

E. Sumber Belajar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 30-32
    Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
    1. Tehnik Penilaian:
        *test unjuk kerja (psikomotor):
          gerakan penguatan dan pelemasan pada persendian
         
    2. Rubrik Penilaian

                                       Unjuk kerja dalam permainan 


Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. gerakan penguatan persendian
2. gerakan pelemasan persendian
 




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:










Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah



------------------                                                                              ------------------








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :3.Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam                                                                 ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang                                                     terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar                  :3.2 Mempraktikan rangkaian senam lantai dan senam                                                                  ketangkasan dengan gerakan yang lebih                                                                                 halus,jelas,lancer serta nilai-nilai percaya diri,disiplin                                                                   dan estetika

Indikator                                 :Melakukan rangkaian gerakan senam guling depan    
                                                 Melakukan rangkaian gerakan senam guling belakang
                                                 Melakukan gerakan handstand,meroda,dan balok titian
                                                 Melakukan gerakan lompat kangkang

Alokasi waktu                        : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a. Siswa dapat melakukan rangkaian gerakan:
         guling depan
         guling belakang
         meroda
         handstand
         balok titian
         lompat kangkang

B. Materi Pembelajaran
     Senam lantai dan senam ketangkasan

C.Metode Pembelajaran
   Ceramah.tanyajawab,demonstrasi latihan dan penugasan

D.Langkah-langkah Pembelajaran
    Pendahuluan: berbaris berdoa, presensi serta pemanasan

   Inti: Pertemuan l
          ~melakukan gerakan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir
            guling depan
            guling belakang
             handstand
           
       Pertemuan ll
       ~melakukan gerakan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir meroda,balok titian                dan lompat kangkang
       ~guru melakukan penilaian

     Penutup: pendingian, evaluasi proses pembelajaran,memotivasi,baris,doa dan                                     pembubaran

E.Sumber Belajar
    Buku penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 32-36
    Buku referensi senam

F.Penilaian
   1.Tehnik penilain
      *test unjuk kerja(psikomotor)
       gerakan rangkaian senam guling depan,guling belakang handstand,meroda,balok titian dan lompat kangkang
   2.Rubrik penilaian

                                                Unjuk kerja senam    

Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Rangkaiangerakan senam:
    a. guling depan
    b. guling belakang
    c. lompat kangkang
    d handstand
   e.meroda
   f. balok titian





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:








Mengetahui                                                                               Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah


------------------                                                                          -----------------------


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :4. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik sederhana                                                       berpasangan dan beregu,serta nilai-nilai yang                                                                              terkandung             didalamnya

Kompetensi Dasar                  :4.1.Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana                                                                 menggunakan gerak jalandan lompat secara                                                                           berpasangan, serta nilai-nilai kerja sama disiplin dan                                                                 estetika

Indikator                                 :     melakukan gerakan:
                                                     -jalan dengan berpasangan
                                                     -lompat dengan berpasangan

Alokasi waktu                        : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a. Siswa dapat melakukan gerak senam ritmik jalan dan lompat dengan berpasangan

B.Materi Pembelajaran
    a. Senam ritmik

C. Metode Pembelajaran
    Ceramah, tanyajawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D.Langkah-langkah Pembelajaran

    Pendahuluan: berbaris,doa, presensi dan pemanasan

    Inti: Pertemuan l
           ~melakukan gerak ritmik jalan pada:
             sikap awal
             saat melakukan
             sikap akhir

          Pertemuan ll
          ~melakukan gerak ritmik lompat pada:
           sikap awal
          saat melakukan
          sikap akhir

Penutup: pendinginan berbaris, evaluasi proses pembelajaran, memotivasi,doa,dan                             dibubarkan

E. Sumber Belajar
     Buku Penjasorkes Erlangga klsVl, hal 40-42
     Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
    1. Tehnik penilaian
        * Test unjuk kerja(psikomotor)
            -gerak ritmik jalan dan lompat dengan berpasangan
   2. Rubrik penilaian
                                      
                                           Unjuk kerja ritmik


Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Gerak ritmik jalan berpasangan
2. Gerak ritmik lompat berpasangan





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:










Mengetahui                                                                              Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah



-------------------                                                                        -----------------------










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi                 :4. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik sederhana                                                       berpasangan dan beregu,serta nilai-nilai yang                                                                              terkandung             didalamnya

Kompetensi Dasar                  :4.2 Mempraktikan gerak ritmik sederhana beregu dengan                                                           kompak, serta nilai kerjasama, disiplin dan estetika

Indikator                                 : Melakukan gerakan  Senam Indonesia Sehat (S I S)                                                              dengan: -pemanasan
                                                               -inti
                                                                -pendinginan

Alokasi waktu                        : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     a. Siswa dapat melakukan  S I S pada gerakan :
         Pemanasan
         Inti
         Pendinginan

B.Materi Pembelajaran
    a. senam Ritmik: S I S

C. Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanyajawab, demontrasi, latihan dan penugasan

D.Langkah-langkah Pembelajaran

    Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi dan penugasan

   Inti: Pertemuan l
          ~melakukan gerakan pada:
            a. pemanasan
            b. inti


         Pertemuan ll
         ~melakukan gerakan pada:
           a. inti
           b. pendinginan
       ~melakukan keseluruhan gerak S I S

       Penutup: pendinginan, evaluasi proses pembelajaran,memotivasi, penugasan,doa dan                      dibubarkan

E. Sumber Belajar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 43-51
    Buku panduan S I S

F. Penilaian
    1. Tehnik Penilaian
        *test unjuk kerja(psikomotor):
          gerakan pemanasan, inti dan pendinginan npada S I S
   2. Rubrik Penilaian

                                         Unjuk kerja gerak S I S

Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Pemanasan S I S
2. Inti S I S
3. Pendinginan SI S
4. Melakukan senam S IS dengan beregu




Jumlah:




Jumlah skor maksimal:









Mengetahui                                                                               Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah




-------------------                                                                            ---------------------







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                          :SD
                            
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl(Enam)/(Satu)
 
Standar Kompetensi               :5. Menerapkan budaya sehat

Kompetensi Dasar                 :5.1 Mengenal bahaya narkoba
                                               5.2 Mengenal cara menghindari bahaya narkoba

Indikator                                :-Pengertian narkoba
                                                -Jenis-jenis narkoba
                                                - Dampak negative dari narkoba
                                                -Bahaya fisik narkoba
                                                - Akibat fatal dari penyalahgunaan narkoba
                                                -Mencegah dan menghindarinya

Alokasi waktu                       : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
    a.Siswa dapat menjelaskan dan memahami tentang:
Pengertian,jenis-jenis,dampak negative,bahaya,akibat,cara pencegahan dan cara                                   menghindari dar narkoba
                                                 
B. Materi Pembelajaran
     Narkoba
     Jenis-jenis, dampak negative, bahaya, mencegah dan menghindarinya

C. Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanyajawab, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: Mengkondisikan kelas dan siswa,berdoa, presensiapersepsi pada materi

    Inti: Pertemuan l:
           ~Pengertiannarkoba
           ~Jenis-jenis narkoba
           ~Dampak negative

           Pertemuan ll
           ~Bahaya narkoba
        ~Akibat fatal dari penya  lahgunaan narkoba
       ~Mencegah dan menghindari narkoba

Penutup: evaluasi proses pembelajaran,pemberian tugas,doa dan bubar

E. Sumber Beljar
    Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 54-58
    Buku panduan tentang narkoba
    Buku kesehatan

F. Penilaian
    1.Tehnik Penilaian
       *test teori:
 jelaskan tentang:pengertian,jenis,dampak negative,bahaya, akibat,pencegahan dan menghindari
  2. Rubrik Penilaian

Aspek yang dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.      Pengertian narkoba
2.      Jenis-jenis narkoba
3.      Dampak negative dari narkoba
4.      Bahaya fisik terhadap narkoba
5.      Akibat fatal dari penyalahgunaan narkoba
6.      Mencegah dan menghindari narkoba




Jumlah :




Jumlah skor maksimal :








Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



------------------                                                              ------------------------------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar