SILABUS
Nama
Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas
: II
Semester
: I
Standar
Kompetensi
- Membiasakan hidup
bergotong royong
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling
berbagi dan tolong menolong
|
Ayo
Bergotong Royong
·
Manusia adalah
makhluk sosial
·
Saling mengunjungi
tetangga
|
· Mengamati gambar tentang keluarga Dina
dengan tetangganya (Keluarga Ibu Zaenab)
· Menjelaskan dengan siapa saja kita hidup
saling membutuhkan (Keluarga inti: ayah memerlukan Ibu, anak perlu ada Ibu
dan ayah, kita juga perlu Bibi yang membantu pekerjaan di rumah dsb)
|
· Menjelaskan pentingnya manusia saling tolong menolong
· Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial
· Mengidentifikasi tata cara saling tolong menolong
|
· Tugas
Individu
|
· Penilaian
Lisan
· Penilaian
sikap melalui pengamatan perilaku
· Tes
performance
|
Siapa yang melahirkan bayi?
Bersama
siapa Dina mengunjungi keluarga Bu Zaenab?
Apakah
adik bayi sudah bisa melakukan sesuatu?
Mengapa
adik bayi masih harus dijaga?
|
2 x 35
|
§ Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar
kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 - 22
§ Orang tua
§ Teman
§ Lingkungan sekolah dst
|
|
§ Saling membutuhkan
|
§ Berdiskusi kelas membahas bahwa Manusia
tidak dapat hidup sendiri
§ Berdiskusi bagaimana tata cara saling
tolong menolong di rumah
§ Menuliskan macam-macam cara hidup bergotong
royong di sekolah
|
· Menceritakan bahwa sesama manusia saling membutuhkan
· Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling
membantu
|
|||||
|
§ Hidup rukun
§ Memaafkan
orang lain
|
§ Mengamati
gambar saling memaafkan teman (Meilan dan Dina di hal 5).
§ Menceritakan makna gambar (Dina dan Meilan
saling membantu)
§ Menjelaskan keuntungan hidup saling
memaafkan
§ Menjelaskan keuntungan saling membantu
sesama
|
§ Menyebutkan bagaimana cara saling membantu
sesama
§ Menjelaskan pentingnya mengapa harus
memaafkan orang lain
|
|
|
|
|
|
|
§ Hidup ber gotong royong
§ Membersihkan lingkungan rumah
|
§ Mengidentifikasi cara-cara hidup gotong
royong
§ Berdiskusi kelas membahas pentingnya
bergotong royong dan saling membantu
§ Menuliskan kegiatan-kegiatan yang
termasuk hiduk bergotong royong di rumah
|
§ Mengidentifikasi macam-macam cara hidup bergotong royong
§ Menjelaskan pentingnya bergotong royong
dan saling membantu
§ Menceritakan kegiatan apa saja yang
harus dilakukan dengan cara bergotong royong di rumah
|
Tugas
Individu
|
§ Tes lisan
§ Penilaian sikap
§ Penilaian produk
§ Penilaia performance
|
|
2x
35
|
§ Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar
kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 - 22
§ Orang tua
§ Teman
§ Lingkungan sekolah dst
§
|
|
§ Membantu teman
§ Kerja bakti di lingkungan
|
§ Mengamati gambar di hal 16, tentang kisah “Ayam yang
Berseteru”.
§ Membaca kisah ayam yang berseteru
§ Menceritakan inti dari kisah ayam yang berseteru.
§ Berdiskusi kelas membahas kisah ayam yang berseteru
§ Bertanya jawab hubungannya dengan hidup rukun
|
§ Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong
dengan yang tidak gotong royong.
§ Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong
dengan tolong menolong
§ Menjelaskan tempat dimana saja untuk dapatnya hidup
bergotong royong
|
|||||
1.2 Melaksanakan
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah
|
§ Melaksanakan gotong royong
|
§ Mengamati gambar-gambar cara melaksanakan gotong royong
§ Melaksanakan hidup bergotong royong tanpa pamrih
§ Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga
di rumah
§ Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai siswa di
sekolah.
|
§ Melaksanakan kegiatan bersama-sama tanpa pamrih.
§ Melaksanakan gotong royong di rumah
§ Melaksanakan gotong royong dan saling membantu di
sekolah.
§ Melaksanakan hak dan kewajiban saling menolong di rumah
§ Melaksanakan hak dan kewajiban untuk saling menghormati
di sekolah
|
· Tugas
Individu
|
·
Tes
Subyektif
·
Penilaian
sikap
·
Penilaian
performance
·
|
mewrrnai gambar pada halaman 13-15
Sebutkan tugas-tugasmu di rumah?
|
2 x 35
|
§ Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar
kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 - 22
§ Orang tua
§ Teman
§ Lingkungan sekolah dst
|
Mengetahui …………, ………………………………………
Kepala Sekolah Guru mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
………………………….
………………………………………
NIP. NIP.
SILABUS
Nama
Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas
: II
Semester
: I
Standar
Kompetensi
- Menampilkan
sikap cinta lingkungan
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Mengenal
pentingnya lingkungan alam, seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan
|
Ayo Mencintai Lingkungan
o Dunia Kita
o Manusia dan Alam lingkung annya
|
·
Mengamati
gambar tentang Dunia sekitar (halaman
24)
·
Bertanya
jawab tentang manusia ciptaan TuhanYang Maha Esa
·
Berdiskusi
kelas membahas manusia sebagai makhluk individu sekaligus makhluk social
·
Menjelaskan
dengan siapa saja kita hidup berdampingan
·
Bercerita
tentang tata cara memelihara lingkungan sekitar
|
·
Menjelaskan bahwa
manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
·
Menceritakan bahwa
manusia adalah makhluk sosial
·
Mengidentifikasi
tata cara hidup berdampingan dengan semua makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha esa
·
Menuliskan sikap
hidup sehari-hari bahwa harus menyayangi semua makhluk (teman, hewan,
tumbuhan)
|
· Tugas
induvidu
|
·
Penilaian
Lisan
·
Skala
sikap
·
Obyektif
Tes
·
Subyektif
Tes
·
Penilaian
performance
|
semua mahluk di bumi adalah ciptaan .....
Manusia, hewan, dan tumbuhan saling .....
Manusia tidak dapat hidup ........, karena
manusia adalah makhluk ......
Manusia ........ oranglain untuk menjaga
........
|
2 x 35
|
§ Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar
kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 23 - 42
§ Orang tua
§ Teman
§ Lingkungan sekolah dst
|
|
o Menjaga Lingkung an
|
·
Berdiskusi
kelas membahas bahwa Manusia saling membutuhkan
·
Berdiskusi
kelas membahas bagaimana tata cara saling membantu menjaga lingkungan sekitar
·
Menuliskan
macam-macam cara hidup menjaga lingkungan sekitar
|
·
Menceritakan bahwa
sesama manusia saling membutuhkan
·
Mengidentifikasi
dengan siapa saja manusia harus saling membantu menjaga lingkungan sekitar
|
|||||
2.2
Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
|
o Memeli hara Lingku ngan
|
·
Mengamati
gambar-gambar cara melaksanakan pemeliharaan lingkungan
·
Bertanya jawab
tentang cara memeliharan kelestarian hutan
·
Berdiskusi kelas
membahas cara memelihara taman di sekolah
·
Mengidentifikasi
cara-cara melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
·
Menuliskan cara
pemeliharaan lingkungan alam sekitar (taman, kebun, hutan dan halaman sekolah
serta halaman rumah).
|
·
Melaksanakan
kegiatan bersama-sama tanpa pamrih.
·
Melaksanakan
kegiatan yang bertujuan memelihara lingkungan sekitar
·
Memelihara
lingkungan sekitar sekolah.
·
Memelihara
lingkungan di sekitar rumah
·
Melaksanakan
pemeliharaan lingkungan alam sekitar (taman, kebun, hutan halaman dsb)
|
Tugas
Individu
|
·
Penilaian
sikap
·
Penilaian
performance
|
mewarnai gambar pada halaman 34-37
|
2 x 35
|
§ Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar
kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 23 - 42
§ Orang tua
§ Teman
§ Lingkungan sekolah dst
§
|
Mengetahui …………,
………………………………………
Kepala Sekolah Guru mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
………………………….
………………………………………
NIP. NIP.
SILABUS
Nama
Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas
: II
Semester
: II
Standar
Kompetensi
- Menampilkan
sikap demokratis
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1
Mengenal kegiatan
bermusyawarah
|
Ayo Bersikap Demokratis
o Hidup yang Demokratis
|
·
Mengamati gambar
tentang keluarga Ketut di halaman 44
·
Bertanya jawab
tentang hak dan kewajiban sebagai anak sekolah
·
Mengidentifikasi
cita-cita hidupnya kalau besar nanti
·
Berdiskusi tata cara
hidup berdemokratis di rumah
·
Menjelaskan
bagaimana caranya hidup berdemokratis
|
·
Mengidentifikasi
tata cara hidup secara demokratis
·
Menjelaskan
pentingnya hidup berkelompok.
·
Menceritakan bahwa
manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain
· Mengidentifikasi cita-cita dalam hubungannya dengan hak
dan kewajiban
|
Tugas
Individu
|
·
Tes
lisan
·
Penilaian
Skala sikap
·
Penilaian
performance
·
(unjuk
kerja)
·
Tes
lisan
·
Obyektif
Tes
·
Subyektif
Tes
·
Penilaian
perilaku
|
Ketut dan Ayah saling .........
Karena Ketut sering bermain bola tapi
melupakan .........
Ibu memberikan pendapat dan disepakati oleh
Ketut
Ayah dan Ketut telah bersikap ..........
|
2 x 35
|
§ Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar
kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 43 - 58
§ Orang tua
§ Teman
§ Lingkungan sekolah dst
|
3.2
Menghargai
suara terbanyak
|
· Menentukan Rencana Liburan
|
· Menceritakan bahwa
dalam keluarga saling membutuhkan
· Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling
menghormati
· Menjelaskan bagaimana caranya membuat keputusan untuk
menentukan rencana liburan
|
· Berdiskusi kelas membahas bahwa di dalam keluarga tidak dapat hidup
sendiri-sendiri
· Berdiskusi bagaimana tata cara saling
menghormati di rumah
· Menuliskan macam-macam cara membuat
keputusan untuk menentukan rencana liburan keluarga
|
|
|
|
2 x 35
|
|
3.3 Menampilkan sikap mau menerima
kekalahan
|
· Tata Cara Pemilihan Ketua Kelas
|
· Menyebutkan bagaimana cara melaksanakan
pemilihan ketua kelas yang baik
· Menjelaskan pentingnya saling menghormati
keputusan teman
· Menuliskan tata cara pemilihan ketua kelas
yang demokratis
|
· Mengamati
gambar tata cara pemilihan ketua kelas (di halaman 49)
· Menceritakan makna gambar (Ibu Guru Meutia
di kelas Dina sedang diadakan pemilihan ketua kelas)
· Bertanya jawab tentang tata cara pemilihan
ketua kelas yang baik dan benar sesuai dengan
|
Tugas
Individu
|
· Tes lisan
· Penilaian Skala sikap
· Penilaian performance
· (unjuk kerja)
· Obyektif Tes
· Subyektif Tes
· Penilaian perilak
|
Siapa hewan yang paling di sayang manusia?
Mengapa kucing tidak mau menyalami anjing?
Apakah
kucing sudah bersikap demakratis?
|
4 x 35
|
§ Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar
kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 43 - 58
§ Orang tua
§ Teman
§ Lingkungan sekolah dst
|
|
· Belajar Bersikap Demokratis
|
·
Membedakan
syarat-syarat pemimpin yang baik dengan kurang baik
·
Mengidentifikasi
tata cara bersikap demokratis
·
Menceritakan
kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan cara demokratis
|
·
Mengidentifikasi
syarat-syarat pemimpin yang baik
·
Berdiskusi
kelas membedakan pemimpin yang baik dengan yang kurang baik
·
Menuliskan
tata cara bersikap demokratis di sekolah
|
|||||
|
· Bersikap Demokratis
|
·
Mengamati gambar di
hal 52 tentang tindakan yang demokratis
·
Memberi warna gambar
yang mencerminkan sikap demokratis
·
Bertanya jawab
tentang gambar yang mencerminkan sikap demokratis dengan yang tidak
demokratis
·
Membaca kisah
“mengapa anjing selalu mengejar kucing”
·
Menceritakan inti
dari kisah mengapa anjing selalu mengejar kucing”
·
Berdiskusi kelas
membahas kisah mengapa anjing selalu mengejar kucing”
·
Bertanya jawab
hubungannya dengan sikap demokratis
|
·
Menjelaskan dimana
saja untuk dapatnya hidup berdemokratis
·
Menuliskan cara
bersikap demokratis di rumah
·
Menuliskan cara
bersikap demokratis di sekolah
·
Melaksanakan
perilaku demokratis disegala tempat
|
Mengetahui …………,
……………………………………
Kepala Sekolah Guru mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
………………………….
………………………………………
NIP. NIP.
SILABUS
Nama
Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas
: II
Semester
: II
Standar
Kompetensi
- Menampilkan
nilai-nilai Pancasila
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1. Mengenal nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
Ayo Hidup Jujur
o Ada yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat
|
· Mengamati gambar tentang perilaku jujur (di
halaman 60 dan 61)
· Membaca wacana tentang sikap dan perilaku
jujur dari teks “Ada yang Melihatmu”
· Bertanya jawab tentang makna dari wacana
perilaku jujur
· Berdiskusi kelas membahas perilaku jujur
yang harus dilakukan dimana saja
|
· Menjelaskan pentingnya berperilaku jujur
· Menjelaskan pengertian jujur
· Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan
dan harus selalu berbuat baik
· Mengidentifikasi tata cara berperilaku jujur
· Menceritakan bahwa manusia selalu dalam pengawasan Yang
Maha Mengetahui
|
Tugas
Individu
|
· Tes lisan
· Penilaian
Timgkah Laku
· Penilaian unjuk kerja (performance)
· Penilaian Produk
· Subyektif tes
· Obyektif tes
· Portofolio
|
Siapa yang bermain bola di sekolah?
Siapa yang menendang bola dan memecahkan
kaca?
Mengapa ketut dan teman-teman bersembunyi?
|
2
x 35
|
§ Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar
kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 59 - 76
§ Orang tua
§ Teman
§ Lingkungan sekolah dst
|
|
o Uang yang hilang
|
· Mengamati gambar tentang sikap dan perilaku jujur ketika menemukan uang di
jalan (di halaman 62 dan 63)
· Membaca wacana tentang sikap dan perilaku
jujur dari teks “Uang yang Hilang”
· Bertanya jawab tentang makna dari wacana
perilaku jujur
· Berdiskusi kelas membahas perilaku jujur
dan sikap yang harus dilakukan dimana saja seandainya menemukan uang yang
bukan haknya
|
· Menceritakan bahwa semua manusia membutuhkan uang
· Mengidentifikasi kegunaan uang bagi hidup manusia
· Menceritakan bagaimana sikap yang seharusnya diambil
apabila menemukan uang
|
|||||
|
o Berani berkata jujur
|
· Mengamati
gambar anak sedang bermain sepak bola
· Menceritakan makna gambar (Robert, Ketut,
Ucok bermain sepak bola)
· Menjelaskan keuntungan bersikap jujur
· Menjelaskan kerugian jika tidak berperilaku
jujur
|
· Menyebutkan bagaimana cara berperilaku
jujur
· Menjelaskan pentingnya berperilaku jujur
· Menjelaskan kerugiannya berperilaku tidak
jujur
|
Tugas
Individu
|
· Tes lisan
· Penilaian
Timgkah Laku
· Penilaian unjuk kerja (performance)
· Penilaian Produk
· Subyektif tes
· Obyektif tes
· Portofolio
|
|
2
x 35
|
§ Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar
kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 59 - 76
§ Orang tua
§ Teman
§ Lingkungan sekolah dst
|
|
o Anak yang suka berbohong
|
· Mengidentifikasi cara-cara berperilaku
jujur
· Berdiskusi kelas membahas pentingnya
berkata jujur
· Berdiskusi kelas membahas apa saja
akibat dari berkata bohong
· Menuliskan kegiatan-kegiatan apa saja
yang harus dilakukan dengan jujur di rumah
· Menuliskan kegiatan-kegiatan apa saja
yang harus dilakukan dengan jujur di sekolah
|
· Mengidentifikasi macam-macam cara bersikap dan berperilaku jujur
· Menjelaskan pentingnya berkata jujur
· Menceritakan apa akibat jika tidak
berkata jujur
· Menceritakan kegiatan apa saja yang
harus dilakukan dengan jujur di rumah
· Menceritakan kegiatan apa saja yang harus
dilakukan dengan jujur di sekolah
|
|||||
4.2. Melaksana kan
perilaku jujur dalam kegiatan sehari-hari
|
o Bersikap jujur
|
· Mengamati gambar-gambar
di hal 70, 71, 72 dan 73 tentang perilaku jujur.
· Membaca tugas yang harus dilakukan yaitu mewarnai
gambar yang seharusnya dilakukan
· Bersikap dan berperilaku sesuai dengan arahan guru
|
· Membedakan kegiatan mana yang dikatakan jujur dengan
yang tidak jujur.
· Berperilaku jujur
· Berkata apa adanya
· Tidak berbicara bohong
|
|
· Tes lisan
· Penilaian
Timgkah Laku
· Penilaian unjuk kerja (performance)
· Penilaian Produk
· Subyektif tes
· Obyektif tes
· Portofolio
|
mewarnai gambar pada halaman 71-73
|
2
x 35
|
§ Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar
kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 59 - 76
§ Orang tua
§ Teman
§ Lingkungan sekolah dst
|
Mengetahui …………,
……………………………………
Kepala Sekolah Guru mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
………………………….
………………………………………
NIP. NIP.
SILABUS
Nama Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : II
Semester : II
Standar Kompetensi
4. Menampilkan
nilai-nilai Pancasila
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.3. Mengenal nilai kedisiplinan dan senang
bekerja dalam kehidupan sehari-hari
|
Ayo
Belajar Disiplin dan Senang Bekerja
o
Boneka Impian
|
o
Mengamati gambar pada halaman 78-80
o
Menjelaskan tentang devinisi disiplin
o
Menjelaskan pentingnya memiliki sikap
disiplin
o
Berdiskusi tentang pentingnya menabung
untuk masa depan
o
Melakukan bertanya jawab tentang materi
yang disampaikan
|
o
Menjelaskan pentingnya sikap disiplin
o
Menjelaskan pengertian disiplin
o
Menerangkan bahwa disiplin penting dalam
berusaha mencapai cita-cita
o
Menjelaskan pentingnya menabung untuk
masa depan
|
Tugas
Individu
|
· Tes lisan
· Penilaian
Timgkah Laku
· Penilaian unjuk kerja (performance)
· Penilaian Produk
· Subyektif tes
· Obyektif tes
Portofolio
|
Siapa
yang berlomba lari?
Yang
menang dalam perlombaan tersebut adalah?
Mengapa
kelinci begitu sombong?
|
2
x 35
|
§ Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar
kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 77-92
§ Orang tua
§ Teman
Lingkungan sekolah dst
|
|
o
Mimpi Menjadi Juara
|
o
Meminta siswa untuk memperhatikan gambar
pada halaman 81-82
o
Menunjuk siswa secara acak untuk membaca
bacaan Mimpi Menjadi Juara
o
Melakukan kegiatan bertanya jawab tentang
pentingnya memiliki sikap disiplin
o
Berdiskusi tentang cara-cara untuk
mencapai cita-cita
|
o
Menceritakan tentang semua cita-cita
dapat dicapai
o
Mengidentifikasi sikap disiplin di
sekolah
o
Menjelaskan keuntungan dari sikap
disiplin
|
|||||
|
Kura-kura
dan Kelinci
|
o
Mengamati gambar pada halaman 83 – 85
o
Guru bercerita tentang kura-kura dan
kelinci
o
Bertanya jawab tentang bacaan kura-kura
dan kelinci
o
Menceritakan inti dari kisah kura-kura
dan kelinci
|
o
Menyebutkan bagaimana cara berdidiplin
o
Menjelaskan pentingnya berperilaku
disiplin
o
Menjelaskan kerugian berperilaku tidak
disiplin
|
|
|
|
|
|
4.4. Melaksanakan perilaku disiplin dan
senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari
|
Bersikap
disiplin dan senang bekerja
|
o
Mengamati gambar pada halaman 86 – 89
tentang perilaku disiplin
o
Membaca tugas yang harus dilakukan yaitu
mewarnai gambar yang benar
o
Menerangkan cara-cara berperilaku
disiplin dimana dan kapan saja.
|
o
Membedakan kegiatan mana yang disiplin
dengan yang tidak disiplin
o
Berperilaku disiplin
o
Menyebutkan kegiatan apa yang harus di
lakukan dengan disiplin
|
Tugas
Individu
|
· Tes lisan
· Penilaian
Timgkah Laku
· Penilaian unjuk kerja (performance)
· Penilaian Produk
· Subyektif tes
· Obyektif tes
Portofolio
|
mewarnai gambar pada halaman 86-88
|
2.
x 35
|
§ Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar
kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 77-92
§ Orang tua
§ Teman
Lingkungan sekolah
|
Mengetahui …………, ……………………………………
Kepala Sekolah Guru mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
………………………….
………………………………………
NIP. NIP.
kalo downloadnya gimana?
BalasHapus