JARINGAN INDIKATOR
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS 2A
TEMA: SALING MENGHORMATI
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Mengenal
pentingnya hidup saling menghormati.
|
§
Menyebutkan pentingnya saling
menghormati.
§ Menceritakan akibat jika tidak saling menghormati
diantara sesama teman.
§ Mengetahui pentingnya hidup saling berbagi dan tolong
menolong.
§ Menjelaskan tata cara saling menghormati.
|
§
Menyebutkan pentingnya saling
menghormati.
§ Menceritakan akibat jika tidak saling menghormati
diantara sesama teman.
§ Menjelaskan tata cara saling menghormati.
§ Mengetahui pentingnya hidup saling berbagi dan tolong menolong.
|
2
minggu
|
§
Standar Isi 2006 SD Mata Pelajaran
Agama, PKn, IPS, Bhs
§ Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan
Pendekatan Tematik Kelas IIA.
§ Buku Kerja Kelas IIA mata pelajaran Bhs Indonesia, IPA,
IPS dan Matematika.
§ Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama,
PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu.
§ Pengetahuan Alam, Matematika dan Penjas.
§ Lingkungan sekitar (Rumah, RT/RW, Desa Sekolah).
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006 untuk TK,
SD/MI.
|
§ Penilaian Obyektif.
§ Penilaian Subeyktif.
§ Penilaian Lisan.
§ Penilaian Unjuk Kerja.
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tingkah laku.
§ Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.
§ Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti
pelajaran.
§
Mencatat aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan.
§ Mengamati aktivitas
siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§
Mengamati dan menilai siswa dalam
mengungkapkan perasaannya dalam bercerita.
§ Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam
menceritakan isi teks/bacaan.
|
IPS
Mengenal pentingnya hidup saling menghormati.
|
·
Menceritakan cara menghormati
antarsesama anggota keluarga.
·
Menjelaskan
pentingnya saling menghormati di tempat umum.
|
·
Menceritakan
cara menghormati dalam keluarga
·
Menjelaskan
pentingnya saling menghormati di tempat umum.
|
|
||
MATEMATIKA
Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
mengurutkan bilangan.
|
·
Mengurutkan bilangan.
·
Mengunakan alat ukur waktu dengan satuan jam dan menit.
·
Membaca waktu.
|
·
Menyusun
bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya
·
Membedakan
bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan
·
Mengukur
panjang benda
·
Mengukur
benda dengan satuan
|
|
||
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan
kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
Berbicara: Menceritakan kegiatan berlibur
dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
Membaca:
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca
lancar.
Menulis:
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
|
·
Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
·
Menanyakan atau menanggapi cerita teman sekelas.
·
Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata
sendiri.
·
Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
·
Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan
kecepatan).
·
Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung
secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
|
·
Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
·
Menanyakan atau menanggapi cerita teman sekelas.
·
Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata
sendiri.
·
Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
·
Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan
kecepatan).
·
Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung
secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
|
|
||
ORJASKES
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan .menghargai diri sendiri
|
·
Melakukan variasi gerak.
·
Mengekspresikan gerak dalam permainan ”Tebak Gerak”
|
·
Melakukan variasi gerak.
·
Mengekspresikan gerak dalam permainan ”Tebak Gerak” secara berkelompok.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan
cair yang ada di lingkungan sekitar.
|
· Memberi makna pada hasil pengamatan
· Mengungkapkan gagasan secara lisan.
· Menunjukkan hasil kegiatan
dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
· Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda
cair yang ada di sekitar.
· Membedakan ciri benda padat dan benda cair.
· Bekerjasama dengan teman.
·
Memberi
tanggapan secara santun.
|
· Memberi makna pada hasil pengamatan
· Mengungkapkan gagasan secara lisan.
· Menunjukkan hasil kegiatan
dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
· Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda
cair yang ada di sekitar.
· Membedakan ciri benda padat dan benda cair.
· Bekerjasama dengan teman.
·
Memberi
tanggapan secara santun.
|
|
|
§ Mengumpulkan dan menilai hasil karangan siswa
|
SENI-BUDAYA
& KETERAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif.
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
|
· Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan
gerakan/tepukan.
· Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
· Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
· Menggambar dan mewarnai objek menarik.
|
· Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan
gerakan/tepukan.
· Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
· Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
· Menggambar dan mewarnai objek menarik.
|
|
|
§ Mengamati dan menilai respon siswa dalam mengikuti aktivitas
kelas
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1, 2, 3, dan 4
TEMA :
SALING MENGHORMATI
KELAS /SEMESTER :
2 (dua)/1 (satu)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Mengenal pentingnya hidup saling menghormati (PKn).
§ Mengenal pentingnya hidup saling menghormati (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan
bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§ Membaca:
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital
dan tanda titik.
§
Melakukan
alat ukur waktu dengan satuan jam (MAT).
§
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
§
Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan
sekitar (IPA).
§ Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (SE-BUD & KETRMPL).
§ Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan pentingnya
saling menghormati (PKn).
§ Menceritakan akibat jika tidak saling menghormati
diantara sesama teman.
§ Menjelaskan tata cara saling menghormati.
§ Menyebutkan pentingnya
saling menghormati (IPS).
§ Menceritakan cara menghormati dalam keluarga.
§ Menjelaskan pentingnya saling menghormati di tempat umum.
§
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain (BI).
§
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain.
§
Menjawab
pertanyaan tentang isi teks.
§
Menanyakan
atau menanggapi cerita teman sekelas.
§
Membaca
teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§
Menjawab
atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
§
Menceritakan
isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
§
Menulis
pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§
Menulis
kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi
dan mudah dibaca.
§
Menggunakan
alat ukur dengan satuan jam dan menit (MAT).
§
Mengurutkan
bilangan.
§ Membaca waktu.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan. (IPA)
§ Mengungkapkan gagasan secara lisan.
§
Menunjukkan
hasil kegiatan dalam bentuk gambar atau secara lisan.
§
Menunjukkan
beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar.
§ Bekerjasama dengan teman.
§ Memberi tanggapan secara santun.
§ Membedakan
kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (SE-BUD)
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§ Menggambar dan mewarnai objek menarik.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Nasihat” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Bertanya jawab tentang ”Nasihat”
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Saling Menghormati).
2. Kegiatan
Inti
1)
Semua siswa diminta mengamati gambar
di hal 73 dan bertanya jawab tentang makna gambar (diskusi kelas dipimpin oleh
guru).
2)
Dilanjutkan bertanya jawab tentang
sikap saling menghormati di keluarga, masing-masing siswa dan juga di sekolah masing-masing,
di kelasnya dan lingkungan sekitar. (BI, PKn, IPA, IPS, Mat).
3)
Semua siswa diminta mengamati gambar
di hal 74 dan 75 tentang topik “Saling Menghormati di Keluarga”. Siswa secara
bergantian ditugaskan membaca dengan suara nyaring dan intonasi yang benar,
yang lain menyimak teks yang sedang dibaca.
4)
Siswa dikelompokkan dengan anggota 2
anak, dan ditugaskan untuk berdiskusi, bagaimana kehidupan mereka di keluarga.
Apakah seperti yang ada dalam bacaan, (masing-masing siswa menceritakan
pengalaman di rumahnya sendiri bergantian) (BI, PKn, IPA, IPS, Mat).
5)
Diskusi dilanjutkan dengan membahas
mengapa kita harus saling menghormati antar sesama anggota keluarga (siswa
menemukan sendiri dikaitkan dengan kehidupan siswa di keluarganya) (BI, PKn,
IPA, IPS, Mat) Bagian “Cakrawala” semua siswa diberi penjelasan apa yang
dimaksud dengan menghormati dan bagaimana caranya melakukannya. (Dilanjutkan dengan peragaan bagaimana menghormati orang
yang lebih tua) (BI, PKn, IPA, IPS,Mat).
6)
Bagian “Ajang Pendapat” semua siswa
diminta mengamati gambar di hal 77 tentang sikap dan perilaku menghormati.
7)
Siswa dikelompokkan dengan teknik
mencari pasangan (Cooperative Learning). Dan ditugaskan mendiskusikan gambar-gambar
tersebut. Dan apa yang terjadi jika tidak saling menghormati antar
sesama (BI, PKn, IPA, IPS,Mat).
8)
Semua siswa diminta mengamati
gambar di hal 78 tentang topik Saling Menghormati di sekolah. Menugaskan
siswa membaca teks/bacaan secara bergantian.
9)
Bertanya jawab isi teks
secara klasikal dan dikaitkan dengan suasana di kelasnya sendiri. Apakah kalau
ada siswa yang tidak masuk akan melakukan hal yang sama dengan cerita dalam
teks tersebut. Semua siswa ditugaskan untuk membuat karangan pendek tentang
sikap jika tidak masuk sekolah (BI, PKn, IPA, IPS,Mat).
10)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 92) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang sikap
saling menghormati di keluarga, di sekolah dan di masyarakat.
§ Lingkungan keluarga, sekolah,
dan masyarakat.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan,
IPS dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik
terbitan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5, 6, 7, dan 8
TEMA :
SALING MENGHORMATI
KELAS /SEMESTER :
2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Mengenal pentingnya hidup saling menghormati (PKn).
§ Mengenal pentingnya hidup saling menghormati (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan
bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§ Membaca:
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf
kapital dan tanda titik.
§
Melakukan
alat ukur waktu dengan satuan jam (MAT).
§
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
§
Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan
sekitar (IPA).
§ Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (SE-BUD & KETRMPL).
§ Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan pentingnya
saling menghormati (PKn).
§ Menceritakan akibat jika tidak saling menghormati
diantara sesama teman.
§ Menjelaskan tata cara saling menghormati.
§ Menyebutkan pentingnya
saling menghormati (IPS).
§ Menceritakan cara menghormati dalam keluarga.
§ Menjelaskan pentingnya saling menghormati di tempat umum.
§
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain (BI).
§
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain.
§
Menjawab
pertanyaan tentang isi teks.
§
Menanyakan
atau menanggapi cerita teman sekelas.
§
Membaca
teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§
Menjawab
atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
§
Menceritakan
isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
§
Menulis
pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§
Menulis
kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi
dan mudah dibaca.
§
Menggunakan
alat ukur dengan satuan jam dan menit (MAT).
§
Mengurutkan
bilangan.
§ Membaca waktu.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan. (IPA)
§ Mengungkapkan gagasan secara lisan.
§
Menunjukkan
hasil kegiatan dalam bentuk gambar atau secara lisan.
§
Menunjukkan
beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar.
§ Bekerjasama dengan teman.
§ Memberi tanggapan secara santun.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan
(SE-BUD)
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§ Menggambar dan mewarnai objek menarik.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Nasihat” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Bertanya jawab tentang
”Nasihat”.
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Saling Menghormati).
2. Kegiatan
Inti
1)
Semua siswa ditugaskan untuk membaca
wacana di halaman 78 dan 79.
2)
Menunjuk salah satu siswa untuk
membaca dengan keras dan dengan intonasi yang benar
3)
Bertanya jawab tentang makna teks
misalnya:
§ Mengapa ana tidak masuk sekolah?
§ Siapa yang mengirim surat?
§ Siapa yang membawa surat ana?
§ Diserahkan kepada siapa surat itu?
§ Ada kepentingan apa ana tidak masuk sekolah?
§ Dan sebagainya
4)
Siswa dikelompokkan dengan
teman sebangkunya dan mendiskusikan sikap orang tua Ana dan mengapa kita harus
menghormati guru? (BI, PKn, IPS, IPA, Mat).
5)
Semua siswa diminta mengamati gambar
di hal 79 tentang topik “Saling
Menghormati di Tempat Umum” kemudian menugaskan siswa membaca teks/bacaan
secara bergantian.
6)
Memanggil salah satu siswa (bisa bergantian)
maju kedepan untuk menceritakan kembali isi teks/bacaan tersebut (BI, PKn,
IPS, IPA, Mat).
7)
Semua siswa diminta menulis teks yang
didektekan guru tentang bagaimana tata cara menghormati jika berada di tempat umum
misalnya:
§ Kita harus saling menghormati
§ Hormatilah anggota keluargamu
§ Hormatilah bapak dan ibu guru
§ Mintalah ijin sebelum pergi ke sekolah
§ Ucapkanterima kasih setelah meminjam sesuatu
§ di jalan harus tertib,
§ berjalan
disebelah kiri,
§ tidak
boleh membunyikan bel terlalu sering,
§ tidak
boleh berteriak seenaknya
§ dsb (BI, PKn, IPS, IPA, Mat)
8)
Semua siswa ditugaskan
membuat karangan tentang peristiwa menyenangkan di tempat umum (atau dimana
saja) Bersama keluarganya dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca dan
apa saja aturan yang harus ditaati (BI, PKn, IPS, IPA, Mat).
9)
Bagian “Cakrawala” guru memberikan
penjelasan dan bercerita tentang “Malioboro” (Salah satu pusat Pariwisata di
Kota Yogyakarta yang sudah terkenal di seluruh Indonesia ) bahka luar negeri.
10)
Siswa dikelompokkan secara acak dengan
anggota 4 anak, dan setiap kelompok membuat karangan pendek tentang
tempat-tempat wisata yang ada di daerahnya.
§ Ada
berapa banyak tempat wisata
§ Dimana,
apa namanya dsb. (BI, PKn, IPS, IPA, Mat).
11)
Bagian “Ayo Bercerita” semua siswa
ditugaskan untuk mengarang cerita tentang tempat wisata yang pernah dikunjungi
(dimana, apa namanya, dengan siapa saja kesana, apa saja yang disukai dan tidak
disukai di tempat wisata itu, apakah ada yang berjualan cinderamata dsb). Siswa
dapat mengungkapkan perasaannya terhadap obyek alam di sekitar (BI, PKn,
IPS, IPA, Mat, Seni-Bud & Ketrm).
12)
Bagian “Ekspresikan Dirimu” (halaman
81) semua siswa ditugaskan menggambar lingkungan sekitar yang menarik di daerah
sekitarnya dan mewarnai supaya indah. (BI, Seni-Bud, IPA)
13)
Gambar ditukarkan dengan teman
disampingnya kemudian masing-masing saling menceritakan perasaannya tentang
gambar temannya (gambar apa, apakah bagus, ada apa saja dalam gambar tersebut
dsb (BI, PKn, IPS, IPA, Mat)
14)
Bagian “Cakrawala” hal 81 guru
memberikan penjelasan tentang berbagai macam bunyi (seperti bunyi detak
jantung) semua siswa diminta mengamati detak jantungnya sendiri kemudian
memperagakan bunyi detak jantungnya dengan cara membuka dan menutuk telapak
tangan (BI, PKn, IPS, IPA, Mat, Orjas).
15)
Memberikan penjelasan bahwa bunyi
dikaitkan dengan nada-nada lagu yang rangkaiannya disebut MELODI. Tangga
nada terdiri atas do re mi fa sol la si do jika diganti dengan angka 1 2 3 4
5 6 7 1’.
16)
Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu
“Nasihat” bersama-sama dan dengan memperhatikan tinggi rendahnya nada yang
sesuai.
17)
Setelah selesai menyanyikan lagu
tersebut dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu. Bahwa yang
disayang handai tolan adalah anak yang sopan santun dan tak pernah bohong. Apakah anak-anak sudah melakukan semua itu? (I, PKn,
IPS, IPA, Mat, Penjas).
18)
Bagian “Cakrawala” hal 84, guru
menerangkan adanya wujud benda-benda yang ada di lingkungan kita. Ada benda padat, benda
cair, dan ada benda yang bentuknya bisa berubah dari bentuk semula.
19)
Semua siswa dikelompokkan dengan
anggota 4 – 5 anak. Kemudian setiap kelompok
ditugaskan untuk mengamati lingkungan sekitar. Tempat pengamatan setiap
kelompok berbeda. (misalnya di taman, lapangan sekolah, ruang UKS, dsb) Setiap
kelompok mengidentifikasi dan mencatat hasil pengamatannya apa nama benda,
termasuk benda cair atau padat. Bagi kelompok yang banyak catatannya menjadi
pemenang (BI, PKn, IPS, IPA, Mat, Penjas).
20)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 92) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang sikap
saling menghormati di keluarga, di sekolah dan di masyarakat.
§ Lingkungan keluarga, sekolah,
dan masyarakat.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan,
IPS dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik
terbitan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9, 10, 11, dan 12
KOMPETENSI DASAR
§ Mengenal pentingnya hidup saling menghormati (PKn).
§ Mengenal pentingnya hidup saling menghormati (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan
bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§ Membaca:
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf
kapital dan tanda titik.
§
Melakukan
alat ukur waktu dengan satuan jam (MAT).
§
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
§
Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan
sekitar (IPA).
§ Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (SE-BUD & KETRMPL).
§ Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan pentingnya
saling menghormati (PKn).
§ Menceritakan akibat jika tidak saling menghormati
diantara sesama teman.
§ Menjelaskan tata cara saling menghormati.
§ Menyebutkan pentingnya
saling menghormati (IPS).
§ Menceritakan cara menghormati dalam keluarga.
§ Menjelaskan pentingnya saling menghormati di tempat umum.
§
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain (BI).
§
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain.
§
Menjawab
pertanyaan tentang isi teks.
§
Menanyakan
atau menanggapi cerita teman sekelas.
§
Membaca
teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§
Menjawab
atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
§
Menceritakan
isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
§
Menulis
pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§
Menulis
kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi
dan mudah dibaca.
§
Menggunakan
alat ukur dengan satuan jam dan menit (MAT).
§
Mengurutkan
bilangan.
§ Membaca waktu.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan. (IPA)
§ Mengungkapkan gagasan secara lisan.
§
Menunjukkan
hasil kegiatan dalam bentuk gambar atau secara lisan.
§
Menunjukkan
beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar.
§ Bekerjasama dengan teman.
§ Memberi tanggapan secara santun.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan
(SE-BUD)
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§ Menggambar dan mewarnai objek menarik.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Nasihat” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Bertanya jawab tentang
”Nasihat”.
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Saling Menghormati).
2. Kegiatan
Inti
1)
Mengulang materi pelajaran
hari kemarin tentang sikap dan perilaku saling menghormati.
2)
Bagian “Ekspresikan Dirimu”
semua siswa diminta mengamati gambar di hal 85 selanjutnya ditugaskan untuk
mempraktekkan percobaan untuk mengetahui perbedaan benda padat dan benda cair (BI,
PKn, IPS, IPA, Mat, Penjas).
3)
Siswa mengamati dan
mempraktekkan perbedaan benda padat dengan benda cair.
4)
Setiap kelompok membuat
kesimpulan dari hasil percobaan dan menulis hasil pengamatannya kemudian
diserahkan kepada guru dengan menuliskan pula daftar nama anggota kelompoknya (BI,
PKn, IPS, IPA, Mat, Penjas).
5)
Pada Bagian “Ayo Berhitung” semua
siswa ditugaskan untuk menuliskan bilangan yang tertutup buku musik di hal 86. Angka berapa saja yang tertutup itu. Semua hasil
pekerjaan siswa dikumpulkan (BI, PKn, IPS, IPA, Mat, Penjas).
6)
Dilanjutkan dengan
mengerjakan tugas tentang perhitungan dengan menggunakan waktu
§ Membaca jam yang
menggunakan jarum (panjang dan pendek)
§ Membaca jam yang menggunakan digital
7)
Bagian “Ayo Bermain” hal 91
tentang ”Tebak Gerak” guru memberikan penjelasan tentang cara bermain.
Dilanjutkan bertanya jawab tentang gerakan apa yang diperagakan temannya. (BI,
PKn, IPS, IPA, Mat, Penjas).
8)
Semua siswa ditugaskan untuk
mengerjakan soal “Ayo belajar” di
halaman 93 dan 94.
9)
Semua siswa secara individu
ditugaskan untuk menyusun bilangan mulai dari nbilangan terkecil sampai
terbesar kemudian dilanjutkan pada bagian berikutnya mulai dari bilangan yang
terbesar (BI, PKn, IPS, IPA, Mat, Penjas).
10)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 92) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan
hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang sikap
saling menghormati di keluarga, di sekolah dan di masyarakat.
§ Lingkungan keluarga, sekolah,
dan masyarakat.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan,
IPS dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik
terbitan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
Catatan:
Pencapaian
Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai
dengan cara:
§ Menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam
setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang
sudah dirancang.
§ Semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di
dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh
isinya memuat soal-soal untuk mengukur pencapaian indicator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar