JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1. TEMA: ALAT TRANSPORTASI
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
|
ALOKASI WAKTU
|
SARANA DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
PKn
Melaksanakan
tata tertib dalam mengendarai alat-alat transportasi
Melaksanakan
aturan yang berlaku di masyarakat.
|
§ Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
§ Menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami
sendiri.
§ Menceritakan kembali hal-hal yang pernah dialami
berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
|
§ Mengamati gambar alat-alat transportasi.
§ Berdiskusi tentang perilaku ketika berada di tempat
transportasi.
§ Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
§ Menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami
sendiri.
§ Menceritakan kembali hal-hal yang pernah dialami
berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
|
2 Minggu
|
§ Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran
Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006.
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran. Terpadu
dengan Pendekatan.
§ Tematik untuk Kelas 1A.
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS.
§ Buku lain yang relevan.
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan,
Agama.
§ Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan
masyarakat) yang relevan dengan tema.
|
§ Mengumpulkan dan menilai
pekerjaan siswa dalam mencatat bahan bakar apa saja yang dikenalnya.
§ Mengamati dan menilai sikap
siswa dalam berkelompok dan bertanya jawab.
§ Mengamati dan menilai
aktifitas serta sikap siswa dalam membandingkan gambar
§ Menilai cerita siswa dalam
memperagakan kegiatan berdasarkan hasil pengamatannya.
§ Mengamati danmenilai sikap siswa dalam
berdiskusi.
|
IPS
Menceritakan
pengalaman diri.
Menceritakan
peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga.
|
§ Mengidentifikasi macam-macam alat transportasi.
§ Menceritakan pengalaman naik berbagai macam alat
transportasi.
§ Membedakan berbagai macam alat transportasi.
§ Menyebutkan transportasi darat, laut dan udara.
§ Menjelaskan pentingnya alat transportasi.
|
§ Mengamati gambar alat-alat transportasi.
§ Berdiskusi tentang macam-macam alat transportasi.
§ Mengidentifikasi macam-macam alat transportasi.
§ Menceritakan pengalaman naik berbagai macam alat
transportasi.
§ Membedakan berbagai macam alat transportasi.
§ Menyebutkan transportasi darat, laut. dan udara.
§ Menjelaskan pentingnya alat transportasi.
|
|||
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: Menyebutkan tokoh dalam cerita.
Berbicara: Menyapa
orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang
santun.
Membaca: Membaca
nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Menulis: Melengkapi
kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar.
|
§
Mengisi kolom, memberi tanda sesuai
dengan informasi yang didengarkan.
§
Mengungkapkan dalam satu atau dua
kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau kegiatan.
§
Mengenali huruf dan membacanya
sebagai suku kata, kata dan kalimat sederhana.
§
Membaca nyaring (didengar siswa
lain) kalimat demi kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan
intonasi yang tepat sehingga dapat dipahami orang lain.
§
Membacakan penggalan cerita dengan lafal
dan intonasi yang benar.
§ Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf.
§ Menyalin dan mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
dengan rapi yang mudah dibaca orang lain.
|
§ Bertanya-jawab tentang
materi alat transportasi.
§
Mengisi kolom, memberi tanda sesuai
dengan informasi yang didengarkan.
§
Mengungkapkan dalam satu atau dua
kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau kegiatan.
§
Mengenali huruf dan membacanya
sebagai suku kata, kata dan kalimat sederhana.
§
Membaca nyaring (didengar siswa
lain) kalimat demi kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan
intonasi yang tepat sehingga dapat dipahami orang lain.
§
Membacakan penggalan cerita dengan lafal
dan intonasi yang benar.
§ Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf.
§ Menyalin dan mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
dengan rapi dan mudah dibaca oleh orang lain.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
3
|
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
IPA
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan: Membiasakan hidup sehat.
Mengenal
cara menjaga agar lingkungan tetap sehat.
Benda san sifatnya: Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
|
§ Melakukan pengamatan objek tunggal berdasarkan
ciri-ciri fisiknya.
§ Menceritakan hasil pengamatan secara lisan atau
menggunakan gambar Memberi makna pada hasil pengamatan (ada di semua
kegiatan).
§ Membedakan bentuk benda yang mudah bergerak dan benda
yang sulit bergerak.
§ Memperagakan cara menggerakkan benda.
§ Menjelaskan penyebab gerak.
§ Menunjukkan baterai, pegas/per, dorongan tangan dan
magnet sebagai sumber energi gerak.
|
§ Melakukan pengamatan objek tunggal berdasarkan
ciri-ciri fisiknya.
§ Menceritakan hasil pengamatan secara lisan atau
menggunakan gambar.
§
Memberi makna pada hasil pengamatan
(ada di semua kegiatan).
§
Membedakan bentuk benda yang mudah
bergerak dan benda yang sulit bergerak.
§
Memperagakan cara menggerakkan benda.
§ Menjelaskan penyebab gerak.
§ Menunjukkan baterai, pegas/per, dorongan tangan dan
magnet sebagai sumber energi gerak.
|
|
6
|
§ Mengumpulkan dan menilai
pekerjaan siswa dalam mencatat bahan bakar apa saja yang dikenalnya.
§ Mengamati dan menilai sikap
siswa dalam berkelompok dan bertanya jawab.
§ Mengamati dan menilai
aktifitas serta sikap siswa dalam membandingkan gambar.
§
14.
Menilai cerita siswa dalam meragakan kegiatan berdasarkan hasil pengamatannya
§ Mengamati danmenilai sikap
siswa dalam berdiskusi
|
MATEMATIKA
Bilangan: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan sampai 20.
Geometri & pengukuran: Menentukan
waktu (pagi, siapng, malam, dan jam (secara bulat).
|
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih
banyak, lebih sedikit, atau sama banyaknya
§ Menuliskan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan
puluhan dan satuan
§ Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil sampai
terbesar.
§ Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan
pengelompokan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan.
|
§ Berdiskusi membahas soal penjumlahan.
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih
banyak, lebih sedikit, atau sama banyaknya.
§ Menuliskan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan
puluhan dan satuan.
§ Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil sampai
terbesar.
§ Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan
pengelompokan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan.
|
|
||
SENI-BUDAYA
& KETERAMPILAN
Melafalkan lagu anak-anak.
Menyanyikan
lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal.
Menanggapi
rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
|
§ Melakukan tepukan bervariasi.
§ Memainkan alat musik sederhana.
§ Menyanyikan syair lagu dengan baik.
|
§ Melakukan tepukan bervariasi.
§ Memainkan alat musik sederhana.
§ Menyanyikan syair lagu dengan baik.
|
|
||
ORJASKES
Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
|
§ Berjalan dengan langkah pendek/panjang ke berbagai arah.
§ Melangkah ke berbagai arah berirama.
§ Mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama.
§ Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dan lengan
berirama.
|
§ Mendengarkan petunjuk guru.
§ Melaksanakan perintah guru.
§ Berjalan dengan langkah pendek/panjang ke berbagai arah.
§ Melangkah ke berbagai arah berirama.
§ Mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama.
§ Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dan lengan
berirama.
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1, 2, 3, dan 4
TEMA :
ALAT TRANSPORTASI
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan tata tertib di rumah, di sekolah dan di
masyarakat (PKn).
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
§ Menceritakan pengalaman diri (IPS).
§ Menceritakan peristiwa penting yang dialami sendiri di
lingkungan keluarga.
§ Makhluk Hidup dan
Proses Kehidupan: Membiasakan hidup sehat (IPA).
§ Mengenal cara menjaga agar lingkungan tetap sehat.
§ Benda dan
sifatnya: Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
§ Mendengarkan: Menyebutkan tokoh dalam cerita (BI).
§ Berbicara: Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat
sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
§ Membaca: Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
§ Menulis: Melengkapi kalimat yang belum selesai
berdasarkan gambar.
§ Bilangan: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan sampai 20 (Matematika).
§ Geometri & pengukuran: Menentukan waktu (pagi, siang,
malam, dan jam (secara bulat).
§ Melafalkan agu anak-anak (Se-Bud & Keterampilan).
§ Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok
maupun klasikal.
§ Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam
permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi
dan percaya diri (Orjaskes).
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami (PKn).
§ Menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami
sendiri.
§ Menceritakan kembali hal-hal yang pernah dialami
berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
§ Mengidentifikasi macam-macam alat transportasi (IPS).
§ Menceritakan pengalaman naik berbagai macam alat
transportasi.
§ Membedakan berbagai macam alat transportasi.
§ Menjelaskan pentingnya alat transportasi.
§ Melakukan pengamatan objek tunggal berdasarkan ciri-ciri
fisiknya (IPA).
§ Membedakan bentuk benda yang
mudah bergerak dan benda yang sulit bergerak.
§ Memperagakan cara menggerakkan benda.
§ Menjelaskan penyebab gerak.
§ Menunjukkan baterai, pegas/per, dorongan tangan dan
magnet sebagai sumber energi gerak.
§ Mengisi kolom, memberi tanda sesuai dengan informasi yang
didengarkan (BI).
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata
dan kalimat sederhana.
§ Membacakan
penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
§ Menjiplak
dan menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
§ Membandingkan
dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama
banyaknya (Mat).
§ Menuliskan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan
puluhan dan satuan.
§ Melakukan tepukan bervariasi (Se-Bud & Ketrmpl).
§ Memainkan alat musik sederhana.
§ Menyanyikan syair lagu dengan baik.
§ Berjalan dengan langkah pendek/panjang ke berbagai arah (Orjaskes).
§ Melangkah ke berbagai arah berirama.
§ Mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama.
§ Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dan lengan
berirama.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Burung Besi” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Alat Transportasi).
2. Kegiatan
Inti
1)
Meminta
siswa untuk mengamati gambar di halaman 108 tentang aku ke sekolah.
2)
Menugaskan
siswa membaca teks secara bergantian dengan suara nyaring, yang lain menyimak
dan menunggu giliran jika sewaktu-waktu ditunjuk untuk meneruskan membaca
wacana.
3)
Menceritakan
makna gambar dengan bahasa sendiri.
4)
Menugaskan
siswa berkelompok dengan teman sebangku dan masing-masing kelompok ditugaskan
untuk membahas peristiwa yang dialami dalam perjalanan dari rumah ke sekolah
(alat transportasi yang dilihat).
5)
Semua
siswa ditugaskan untuk menulis huruf P besar dan kecil,huruf sambung (Pp) dan
huruf lepas (PKn, IPS, BI, IPA)
6)
Semua
siswa dalam kelompok mengidentifikasi macam-macam alat tranportasi yang pernah dialami dan dinaiki.
7)
Siswa
ditugaskan untuk menceritakan pengalamannya dan menulis di bukunya
masing-masing.
8)
Siswa
ditugaskan untuk membaca secara bergantian tentang topik ”Aku ke rumah nenek.”
9)
Guru
menuliskan nama alat transportasi di papan tulis, siswa menyalin dan mencontoh
kata dan kalimat yang ditulis guru pada buku tulisnya sendiri.
·
darat
(mobil, bus, delman, sepeda motor, becak, sedan, dll)
·
air
(perahu, kapal penumpang, kapal layar, sampan dll)
·
udara
(helikopter, pesawat udara dll)
10)
Siswa
diminta menghitung jumlah alat transportasi yang ditulis guru.
11)
Meminta
siswa untuk menghitung jumlah roda kendaraan dari masing-masing alat
transportasi tersebut.
12)
Dari
macam-macam alat transportasi yang ditulis, siswa diminta untuk menceritakan
jenis transportasi yang disukai dan tidak disukai. (PKn&IPS, BI, SAINS, MAT).
13)
Siswa
diminta untuk mengamati gambar di halaman 110 tentang aku di bandara udara.
14)
Siswa
diminta untuk membaca secara bergantian dan dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang
transportasi udara yang diketahui siswa.
15)
Guru menceritakan tentang
transportasi udara (tata cara naik pesawat antara lain harus membeli tiket
terlebih dahulu, cek in/mendaf tar di bandara 1 jam sebelum berangkat sekaligus
mengecek semua barang bawaan melalui pintu pemerik saan keamanan, membayar
airport tax/pajak, masuk ruang tunggu, sampai naik pesawat).
16)
Guru juga dapat menceritakan
tentang beberapa peraturan apabila akan naik pesawat, seperti sudah hadir 30
menit sebelum jam keberangkatan, dilarang membawa senjata tajam, barang bawaan
tiap orang tidak melebihi ketentuan, dsb.
17)
Guru
menceritakan macam-macam profesi/pekerjaan pada transportasi udara, seperti
pilot, pramugari, teknisi, dan sebagainya.
18)
Siswa
diajak untuk menirukan suara pesawat sambil memperagakan gerakan pesawat yang
sedang terbang.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
sesuai dengan hasil klarifikasi
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi
yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri
pelajaran
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang alat
transportasi (darat, laut dan udara).
§ Lingkungan keluarga, jalan
raya dan sekolah.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan,
IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5, 6, 7, dan 8
TEMA :
ALAT TRANSPORTASI
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan tata tertib di rumah, di sekolah dan di
masyarakat (PKn).
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat..
§ Menceritakan pengalaman diri (IPS).
§ Menceritakan peristiwa penting yang dialami sendiri di
lingkungan keluarga.
§ Makhluk Hidup dan
Proses Kehidupan: Membiasakan hidup sehat (IPA).
§ Mengenal cara menjaga agar lingkungan tetap sehat.
§ Benda dan
sifatnya: Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
§ Mendengarkan: Menyebutkan tokoh dalam cerita (BI).
§ Berbicara: Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat
sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
§ Membaca: Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
§ Menulis: Melengkapi kalimat yang belum selesai
berdasarkan gambar.
§ Bilangan: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan sampai 20 (Matematika).
§ Geometri & pengukuran: Menentukan waktu (pagi,
siapng, malam, dan jam (secara bulat).
§ Melafalkan agu anak-anak (Se-Bud & Keterampilan).
§ Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok
maupun klasikal.
§ Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam
permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi
dan percaya diri (Orjaskes).
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami (PKn).
§ Menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami
sendiri.
§ Menceritakan kembali hal-hal yang pernah dialami
berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
§ Mengidentifikasi macam-macam alat transportasi (IPS).
§ Menceritakan pengalaman naik berbagai macam alat
transportasi.
§ Membedakan berbagai macam alat transportasi.
§ Menjelaskan pentingnya alat transportasi.
§ Melakukan pengamatan objek tunggal berdasarkan ciri-ciri
fisiknya (IPA).
§ Membedakan bentuk benda yang
mudah bergerak dan benda yang sulit bergerak.
§ Memperagakan cara menggerakkan benda.
§ Menjelaskan penyebab gerak.
§ Menunjukkan baterai, pegas/per, dorongan tangan dan
magnet sebagai sumber energi gerak.
§ Mengisi kolom, memberi tanda sesuai dengan informasi yang
didengarkan (BI).
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata
dan kalimat sederhana.
§ Membacakan
penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
§ Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf.
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih
banyak, lebih sedikit, atau sama banyaknya (Mat).
§ Menuliskan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan
puluhan dan satuan.
§ Melakukan tepukan bervariasi (Se-Bud & Ketrmpl).
§ Memainkan alat musik sederhana.
§ Menyanyikan syair lagu dengan baik.
§ Berjalan dengan langkah pendek/panjang ke berbagai arah (Orjaskes).
§ Melangkah ke berbagai arah berirama.
§ Mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama.
§ Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dan lengan
berirama.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Kereta Apiku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Alat Transportasi).
2. Kegiatan
Inti
1)
Siswa diajak bertanya jawab tentang alat
tranportasi dan pengalamannya sendiri atau cerita orang tua/orang lain tentang
transportasi udara Siswa diminta untuk mengamati
gambar pada halaman 112 tentang bahan baker alat transportasi
2)
Siswa membaca teks secara
bergantian dan siswa yang lain menyimak.
3)
Siswa
diajak berdialog, apa yang menyebabkan alat transportasi bisa bergerak.
4)
Guru
menjelaskan tentang sumber energi serta proses bekerjanya pada alat transportasi.
5)
Meminta
siswa untuk menanyakan kepada orang tua tentang bahan bakar yang dipakai
kendaraan.
6)
Bertanya
jawab pada siswa:
§ Apakah pernah membeli bahan
bakar?
§ Dimana ?
§ Berapa harganya per liter?
7)
Meminta siswa bertanya pada
orang tua tentang perkembangan pemakian bahan bakar: misal kayu bakar, minyak
tanah,arang, batu bara, solar, bensin.
8)
Siswa mencoba mengidentifikasi macam-macam sumber energi pada alat
transportasi darat, air dan udara. (IPA,
BI, PKn, IPS).
9)
Menugaskan
siswa untuk berkelompok dengan teman sebangkunya.
10)
Tugaskan
masing-masing kelompok untuk mengamati gambar pada halaman 113. Dan mintalah
mereka untuk mendiskusikan gambar tersebut.
11)
Siswa
masih dalam kelompok teman sebangku ditugaskan untuk menggambar kereta api
secara mandiri.
12)
Secara acak
tanyakan pendapat siswa, mintalah kelompok lain untuk menanggapi pendapat siswa
tadi.
13)
Tanyakan
bagaimana sikap siswa jika melihat teman sedang mencoret coret tembok.
14)
Ajak siswa untuk ikut menjaga kebersihan
lingkungan, termasuk kebersihan dan keindahan alat transportasi. (PKn&PS, BI, PA)
15)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 126) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang alat
transportasi (darat, laut dan udara).
§ Lingkungan keluarga, jalan
raya dan sekolah.
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan,
IPS dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9, 10, 11, dan 12
TEMA :
ALAT TRANSPORTASI
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan tata tertib di rumah, di sekolah dan di
masyarakat (PKn).
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat..
§ Menceritakan pengalaman diri (IPS).
§ Menceritakan peristiwa penting yang dialami sendiri di
lingkungan keluarga.
§ Makhluk Hidup dan
Proses Kehidupan: Membiasakan hidup sehat (IPA).
§ Mengenal cara menjaga agar lingkungan tetap sehat.
§ Benda dan
sifatnya: Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
§ Mendengarkan: Menyebutkan tokoh dalam cerita (BI).
§ Berbicara: Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat
sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
§ Membaca: Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
§ Menulis: Melengkapi kalimat yang belum selesai
berdasarkan gambar.
§ Bilangan: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan sampai 20 (Matematika).
§ Geometri & pengukuran: Menentukan waktu (pagi,
siapng, malam, dan jam (secara bulat).
§ Melafalkan agu anak-anak (Se-Bud & Keterampilan).
§ Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok
maupun klasikal.
§ Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam
permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi
dan percaya diri (Orjaskes).
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami (PKn).
§ Menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami
sendiri.
§ Menceritakan kembali hal-hal yang pernah dialami
berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
§ Mengidentifikasi macam-macam alat transportasi (IPS).
§ Menceritakan pengalaman naik berbagai macam alat
transportasi.
§ Membedakan berbagai macam alat transportasi.
§ Menjelaskan pentingnya alat transportasi.
§ Melakukan pengamatan objek tunggal berdasarkan ciri-ciri
fisiknya (IPA).
§ Membedakan bentuk benda yang
mudah bergerak dan benda yang sulit bergerak.
§ Memperagakan cara menggerakkan benda.
§ Menjelaskan penyebab gerak.
§ Menunjukkan baterai, pegas/per, dorongan tangan dan
magnet sebagai sumber energi gerak.
§ Mengisi kolom, memberi tanda sesuai dengan informasi yang
didengarkan (BI).
§ Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata
dan kalimat sederhana.
§ Membacakan
penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
§ Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf.
§ Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih
banyak, lebih sedikit, atau sama banyaknya (Mat).
§ Menuliskan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan
puluhan dan satuan.
§ Melakukan tepukan bervariasi (Se-Bud & Ketrmpl).
§ Memainkan alat musik sederhana.
§ Menyanyikan syair lagu dengan baik.
§ Berjalan dengan langkah pendek/panjang ke berbagai arah (Orjaskes).
§ Melangkah ke berbagai arah berirama.
§ Mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama.
§ Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dan lengan
berirama.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Kereta Apiku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Alat Transportasi).
2. Kegiatan
Inti
1)
Siswa
diminta untuk mengamati gambar pada halaman 118 anak sedang memancing huruf.
Gabungkanlah huruf-huruf sampai menjadi nama sebuah alat transportasi.
2)
Semua siswa
diminta untuk berkelompok dengan teman sebangkunya dan ditugaskan untuk membandingkan
gambar tersebut, kemudian mintalah siswa untuk mendiskusikannya dengan teman
sebangku.menunjuk beberapa siswa untuk menceritakan hasil pengamatannya.
3)
Menugaskan siswa menceritakan tentang
beberapa sumber energi gerak yang lain seperti per atau pegas dan magnet. Lakukan peragaan dengan beberapa siswa.
4)
ambil barang yang berbentuk bulat dan satunya
berntuk tidak bulat, doronglah! Apa yang kamu rasakan!
5)
Mendiskusikan
dengan teman mengapa benda yang berbentuk bola lebih mudah digulingkan?
6)
Menanyakan pengalaman siswa
naik becak. Bagaimana sikap siswa jika jalannya naik?
7)
Apabila memungkinkan lakukan juga percobaan dengan menggunakan per dan
magnet (IPA, PKn, IPS, BI, Orjas).
8)
Tanyakan
pada siswa apakah mereka tahu yang namanya kereta api? Mungkin pernah melihat
langsung, di TV, atau koran.
9)
Ajak siswa berkreasi
menggambar kereta api pada tempat kosong yang telah disediakan pada halaman
98. Beri contoh gambar Kereta api di
papan tulis.Ajak siswa berdialog sambil menggambar, apa saja yang diketahuinya tentang
kereta api (KERTAKES, PKn, IPS). menyanyikan
lagu “Kereta Api” dipimpin oleh seorang
siswa sambil menyanyi beberapa siswa diajak memperagakan jalannya kereta api.
10)
Guru memberi contoh lagu yang
dinyanyikan secara lembut dan secara keras (KERTAKES,
BI, PKn&PS, PENJAS)
Perhatikan gambar pada halaman 119. Ada orang sedang naik kendaraan. Siswa
ditugaskan untuk memberikan pendapatnya tentang penumpang dalam gambar.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang alat
transportasi (darat, laut dan udara).
§ Lingkungan keluarga, jalan
raya dan sekolah.
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan,
IPS dan Agama).
§
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses)
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Portofolio
§ Penilaian Tertulis Obyektif
§ Penilaian Tertulis Subyektif
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
Catatan:
Pencapaian
Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai
dengan cara:
§ Menerapkan
setiap langkah strategi yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai
terakhir) dalam proses pembelajaran yang sudah dirancang.
§ Semua
siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika)
yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur pencapaian indicator,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar