JARINGAN
INDIKATOR
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1. TEMA : TEMPAT UMUM
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
PENGALAMAN/KEGIATAN BELAJAR
|
ALOKASI WAKTU
|
SARANA DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
|
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah.
Melaksanakan
aturan yang berlaku di masyarakat.
|
§ Mengidentifikasi
tempat umum seperti warung, toko dan pasar Menyebutkan barang
kebutuhan sehari-hari. Menceritakan kegiatan jual beli.
§ Menjelaskan perilaku yang seharusnya diterapkan di
tempat umum.
|
§ Mengamati gambar tentang tempat umum.
§ Bertanya jawab untuk mengidentifikasi macam-macam
tempat umum.
§ Mendeskripsikan kegunaan tempat umum.
§ Mengidentifikasi
tempat umum seperti warung, toko dan pasar.
§ Menyebutkan barang kebutuhan sehari-hari.
§ Menceritakan kegiatan jual beli.
§ Menjelaskan perilaku yang seharusnya diterapkan di
tempat umum.
|
2 Minggu
|
§ Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran
Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006.
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan
Pendekatan.
§ Tematik untuk Kelas 1A..
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS.
§ Buku lain yang relevan.
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan,
Agama.
§ Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan
masyarakat) yang relevan dengan tema.
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian Unjuk kerja.
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Subyektif.
§ Penilaian Obyektif.
§ Penilaian Tingkah Laku.
§ Penilaian Portofolio.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Penilaian lisan.
§ Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca.
§ Mengamati
aktivitas siswa lain yang tidak
sedang belajar membaca.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi benda-benda di rumah.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi barang-barang dalam gambar.
§ Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita
di depan kelas.
|
|
IPS
Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga dan ditempat umum
Menjelaskan lingkungan yang sehat dan perilaku dalam
menjaga kebersihan di tempat umum
|
§ Mengidentifikasi tempat-tempat umum di rumah dan di
masyarakat
§ Menjelaskan pentingnya menjaga sikap di tempat umum
§ Mendeskripsikan
tempat-tempat umum
|
§ Mengamati gambar tentang tempat umum
§ Bertanya jawab untuk mengidentifikasi macam-macam
tempat umum
§ Mendeskripsikan kegunaan tempat umum
§ Mendiskusikan
tempat umum
§ Mengidentifikasi tempat-tempat umum di rumah dan di
masyarakat
§ Menjelaskan pentingnya menjaga sikap di tempat umum
|
||||
IPA
Mengenal cara
menjaga lingkungan umum agar tetap sehat.
Membedakan
lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat.
Menceritakan
perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar.
|
§ Mengidentifikasi
tempat umum.
§ Membedakan tempat umum dan yang bukan tempat umum.
§ Menjelaskan pengertian tempat umum.
§ Mendeskripsikan pentingnya memeliharan tempat umum.
§ Membuang sampah ditempatnya.
§ Bertindak sesuai dengan keperluan secara bertanggung
jawab.
|
§ Mengamati gambar tentang tempat umum.
§ Bertanya-jawab untuk mengidentifikasi macam-macam
tempat umum.
§ Mendeskripsikan kegunaan tempat umum.
§ Mengidentifikasi
tempat umum.
§ Membedakan tempat umum dan yang bukan tempat umum.
§ Menjelaskan
pengertian tempat umum.
§ Mendeskripsikan pentingnya memeliharan tempat umum.
§ Membuang sampah ditempatnya.
|
||||
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah
atau petunjuk sederhana.
Berbicara:
Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana.
Membaca: Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang
tepat.
|
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat.
§ Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri.
§ Menjelaskan isi teks dengan kalimatnya sendiri.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi
kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
sehingga dapat dipahami orang lain.
§ Membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu
sesuai dengan konteksnya.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
|
§ Mengamati gambar dan memberikan jawaban tentang makna
gambar.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat.
§ Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri.
§ Menjelaskan isi teks dengan kalimatnya sendiri.
§ Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi
kalimat dalam paragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
sehingga dapat dipahami orang lain.
§ Membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu
sesuai dengan konteksnya.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf.
|
|
§ Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran
Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006.
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan
Pendekatan.
§ Tematik untuk Kelas 1A..
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS.
§ Buku lain yang relevan.
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan,
Agama.
§ Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan
masyarakat) yang relevan dengan tema.
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian Unjuk kerja.
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Subyektif.
§ Penilaian Obyektif.
§ Penilaian Tingkah Laku.
§ Penilaian Portofolio.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan
guru.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan
guru.
§ Penilaian Lisan.
§ Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca.
§ Mengamati
aktivitas siswa lain yang tidak
sedang belajar membaca.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi benda-benda di rumah.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi barang-barang dalam gambar
§ Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita
di depan kelas
|
|
Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
Menulis: Mencontoh
huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
|
§ Membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu
sesuai dengan konteksnya.
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran dan bentuk huruf.
§ Menyalin atau mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Membaca huruf, kata, dan kalimat sederhana.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
dengan rapi yang mudah dibaca orang lain.
|
§ Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
§ Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran dan bentuk huruf.
§ Menyalin atau mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis.
§ Membaca huruf, kata, dan kalimat sederhana.
§ Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan
benar dan dapat dibaca oleh orang lain.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
dengan rapi dan mudah dibaca orang lain.
|
|
|||
Matematika
Bilangan: Mengurutkan
banyak benda.
Geometri dan Pengukuran: Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (batok, prisma, tabung,
bola, dan kerucut).
|
§ Menyebutkan
banyak benda.
§ Membandingkan
dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama
banyak.
§ Membaca
dan menulis lambang bilangan.
|
§ Menyebutkan
banyak benda.
§ Membandingkan
dua kumpulan benda melalui istilah lebh banyak, lebih sedikit atau sama
banyak.
§ Membaca
dan menulis lambang bilangan.
|
|
|||
Se – Bud dan Keterampilan
Seni Rupa:
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar.
Seni Musik: Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai
sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia.
Seni Tari: Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari
menurut tingkatan tinggi rendah.
|
§ Mengidentifikasi benda di alam sekitar.
§ Membuat gambar ekspresi berbagai obyek imajinatif
melalui unsu-unsur rupa dari alam sekitar.
§ Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan
tempo pada lagu melalui gerak.
§ Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan
dinamik pada lagu secara lisan.
§ Mengungkapkan perasaan tentang perubahan tempo dan
dinamik.
§ Menyanyikan lagu dengan benar.
|
§ Mengidentifikasi benda di alam sekitar.
§ Membuat gambar ekspresi berbagai obyek imajinatif
melalui unsur-unsur rupa dari alam sekitar.
§ Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan
tempo pada lagu melalui gerak.
§ Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan
dinamik pada lagu secara lisan.
§ Mengungkapkan perasaan tentang perubahan tempo dan
dinamik.
§ Menyanyikan lagu dengan benar.
|
|
§ Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran
Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006.
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan
Pendekatan.
§ Tematik untuk Kelas 1A..
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS.
§ Buku lain yang relevan.
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa
Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan,
Agama.
§ Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan
masyarakat) yang relevan dengan tema.
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian Unjuk kerja.
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Subyektif.
§ Penilaian Obyektif.
§ Penilaian Tingkah Laku.
§ Penilaian Portofolio.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Penilaian Lisan.
§ Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca.
§ Mengamati
aktivitas siswa lain yang tidak
sedang belajar membaca.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi benda-benda di rumah.
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi barang-barang dalam gambar.
§ Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita
di depan kelas.
|
|
Orjaskes
Mempraktikkan
gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana,
serta nilai permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri.
§ Bekerjasama
dalam bermain.
§ Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dengan berirama.
§ Melangkah
ke berbagai arah berirama.
§ Mengayunkan
lengan ke berbagai arah berirama.
|
Orjaskes
Mempraktikkan
gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana,
serta nilai permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri.
§ Bekerjasama
dalam bermain.
§ Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dengan berirama.
§ Melangkah
ke berbagai arah berirama.
§ Mengayunkan
lengan ke berbagai arah berirama.
|
|
|
|||
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1, 2, dan 3
TEMA :
TEMPAT UMUM
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
§ Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
dan ditempat umum (IPS).
§ Menjelaskan lingkungan yang sehat dan perilaku dalam
menjaga kebersihan di tempat umum.
§ Mengenal cara menjaga lingkungan umum agar
tetap sehat (IPA).
§ Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat.
§ Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan
dan lingkungan sekitar.
§ Mendengarkan:
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
(BI).
§ Berbicara: Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan
kalimat sederhana.
§ Membaca: Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal
yang tepat.
§ Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
§ Menulis: Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana
dari buku atau papan tulis dengan benar.
§ Bilangan: Mengurutkan banyak benda.
§ Geometri dan Pengukuran: Mengelompokkan berbagai bangun
ruang sederhana (batok, prisma, tabung, bola, dan kerucut).
§
Seni Rupa: Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar (Se-Bud & Keterampilan).
§ Seni Musik: Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari
berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia.
§ Seni Tari: Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak
tari menurut tingkatan tinggi rendah.
§ Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun ataupun
menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai permainan
sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orjaskes).
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan barang kebutuhan sehari-hari (PKn).
§
Menceritakan kegiatan jual beli.
§
Menjelaskan perilaku yang seharusnya diterapkan di tempat
umum.
§ Mengidentifikasi tempat-tempat umum di rumah dan di masyarakat (IPS).
§ Menjelaskan pentingnya menjaga sikap di tempat umum.
§ Mendeskripsikan tempat-tempat umum.
§ Mengidentifikasi
tempat umum (IPA).
§ Membedakan tempat umum dan yang bukan tempat umum.
§
Menjelaskan pengertian tempat umum.
§ Mendeskripsikan pentingnya memeliharan tempat umum.
§ Membuang sampah ditempatnya.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri.
§ Membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu
sesuai dengan konteksnya.
§ Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan
benar dan dapat dibaca oleh orang lain.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
dengan rapi yang mudah dibaca orang lain .
§
Menyebutkan banyak benda.
§ Membandingkan
dua kumpulan benda melalui istilah lebh banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
§
Membaca dan menulis lambang bilangan
§
Mengidentifikasi
benda di alam sekitar (Se-Bud & Keterampilan).
§ Mengungkapkan perasaan tentang perubahan tempo dan
dinamik.
§ Menyanyikan lagu dengan benar.
§ Bekerjasama dalam bermain (Orjaskes).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Kebunku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Tempat Umum).
2)
Kegiatan Inti
1)
Semua siswa diminta
mengamati gambar tentang kegiatan ”Di
Supermarket” di halaman 54.
2)
Berdiskusi dan bertanya
jawab tentang gambar,
(dipimpin guru) membahas apa arti supermarket itu (berasal dari kata super dan
market atau pasar besar, di kenal juga dengan istilah pasar swalayan yang ada
di daerah perkotaan. Kalau di daerah pedesaan adalah pasar tradisional yang
menjual segala keperluan manusia.
3)
Guru menugaskan siswa secara
bergantian membaca teks “Di Supermarket”
dilanjutkan dengan pemahaman materi sekaligus melaksanakan penilaian lisan
untuk mengetahui, apakah siswa sudah mengerti tentang makna kalimat yang
dibacanya. Misalnya:
§ Apa supermarket itu?
§ Siapa yang pergi ke supermarket?
§ Apa yang dibeli di supermarket?
§ Dimana tempat membayar belanjaannya?
§ Apa perbedaan antara supermarket dengan pasar, dengan
warung dan dengan toko?
§ Apakah supermarket itu termasuk tempat umum?
4)
Semua siswa diminta
berkelompok dengan teman sebangkunya (Teknik Berpikir Berpasangan)
§ Setelah selesai berdiskusi kelas, tadi, siswa sudah
memiliki wawasan tentang supermarket sebagai salam satu tempat umum.
§ Semua kelompok pasangan ditugaskan untuk mengambil kartu
materi tentang:
o Macam-macam Tempat umum (kantor pos, rumah sakit, pasar,
warung, toko, sekolah, pabrik dsb)
o Bagaimana cara berperilaku di tempat umum
o Apa bedanya tempat umum dengan yang tidak umum (rumahnya
sendiri dengan rumah sakit)
o Apakah kantor pos merupakan tempat umum?
o Pekerjaan apa yang dilakukan di kantor pos? (kalau siswa
belum tahu, guru dapat bercerita)
5)
Hari dan tanggal yang
disepakati guru mengajak siswa untuk mengunjungi kantor pos setempat.
6)
Siswa diajak mengamati dan
mempraktekkan bagaimana caranya berkirim surat melalui kantor pos, membeli
prangko dan ditempel di surat (menggunakan prangko, dialamatkan ke sekolah dan
diposkan, tinggal menunggu kapan surat itu akan diterima di sekolah)
7)
Siswa menceritakan
pengalamannya ke kantor pos, rumah sakit, kantor polisi atau mall (sesuai
dengan yang dilakukan sekolah).
8)
Menugaskan siswa membaca
wacana “Di Rumah Sakit” dilanjutkan dengan membaca wacana “Di kantor Pos”
(halaman 55 dan 56) dengan lafal yang tepat secara bergantian.
9)
Setelah siswa memahami
substansi dalam wacana, selanjutnya menugaskan siswa untuk belajar menulis
huruf sambung dan huruf lepas Kk Kk
di bukunya sendiri
10)
Menugaskan semua siswa secara
mandiri menulis tentang perbedaan super market, pasar, warung dan toko
kelontong.
11)
Siswa ditugaskan berdiskusi
dengan teman sebangku untuk membahas hasil membaca teks dan mengamati gambar
halaman
12)
Menyimak teks bacaan di
halaman 56 dan meminta siswa untuk membaca nyaring secara bergantian.
13)
Setelah selesai membaca
masing-masing kelompok ditugaskan untuk menulis surat yang ditujukan kepada
seseorang (nenek, teman, kakak dan sebagainya) yang dipilih dan ditetapkan oleh
kelompok.
14)
Semua siswa diminta membeli
prangko biasa (tidak kilat) dan diposkan ke kantor pos.
§ Semua siswa harus menulis surat
§ Guru membimbing cara menulis surat
§ Surat dimasukkan ke dalam
amplop
§ Amplop dilem dan diberi alamat tujuan
§ Prangko ditempel ke amplop
§ Dikirim ke kantor pos
15)
Sebelum mengakhiri pelajaran,
semua siswa diajak menyanyikan lagu ”Pak Pos” sambil bertepuk tangan gembira
16)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 73) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
1.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
2.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
3.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia,
PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
PERTEMUAN 4, 5, dan 6
TEMA :
TEMPAT UMUM
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
. KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
§ Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
dan ditempat umum (IPS).
§ Menjelaskan lingkungan yang sehat dan perilaku dalam
menjaga kebersihan di tempat umum.
§ Mengenal cara menjaga lingkungan umum agar
tetap sehat (IPA).
§ Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak
sehat.
§ Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan
dan lingkungan sekitar.
§ Mendengarkan:
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
(BI).
§ Berbicara: Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan
kalimat sederhana.
§ Membaca: Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal
yang tepat.
§ Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
§ Menulis: Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana
dari buku atau papan tulis dengan benar.
§ Bilangan: Mengurutkan banyak benda.
§ Geometri dan Pengukuran: Mengelompokkan berbagai bangun
ruang sederhana (batok, prisma, tabung, bola, dan kerucut).
§
Seni Rupa: Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar (Se-Bud & Keterampilan).
§ Seni Musik: Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari
berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia.
§ Seni Tari: Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak
tari menurut tingkatan tinggi rendah.
§ Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun ataupun
menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai permainan
sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orjaskes).
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan barang kebutuhan sehari-hari (PKn).
§
Menceritakan kegiatan jual beli.
§
Menjelaskan perilaku yang seharusnya diterapkan di tempat
umum.
§ Mengidentifikasi tempat-tempat umum di rumah dan di masyarakat (IPS).
§ Menjelaskan pentingnya menjaga sikap di tempat umum.
§ Mendeskripsikan tempat-tempat umum.
§ Mengidentifikasi
tempat umum (IPA).
§ Membedakan tempat umum dan yang bukan tempat umum.
§
Menjelaskan pengertian tempat umum.
§ Mendeskripsikan pentingnya memeliharan tempat umum.
§ Membuang sampah ditempatnya.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri.
§ Membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu
sesuai dengan konteksnya.
§ Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan
benar dan dapat dibaca oleh orang lain.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
dengan rapi yang mudah dibaca orang lain .
§
Menyebutkan banyak benda.
§ Membandingkan
dua kumpulan benda melalui istilah lebh banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
§
Membaca dan menulis lambang bilangan
§
Mengidentifikasi
benda di alam sekitar (Se-Bud & Keterampilan).
§ Mengungkapkan perasaan tentang perubahan tempo dan
dinamik.
§ Menyanyikan lagu dengan benar.
§ Bekerjasama dalam bermain (Orjaskes).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Kebunku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Tempat Umum).
2. Kegiatan Inti
1)
Semua siswa diajak mengamati
gambar-gambar “Di Tempat Sirkus” (halaman 57)
2)
Menugaskan kepada siswa untuk
mengirimkan surat tersebut ke kantor pos (dengan membeli prangko) bersama
kelompoknya (out door) bisa diantar orang tua atau kakak atau yang lain.
3)
Siswa berdiskusi dan
menceritakan tentang pengalamannya ketika mengunjungi kantor pos di depan
kelas.
4)
Guru mencatat di papan tulis
cara me ngirimkan surat (misalnya amplop di lem, di beri/ditempel prangko, dise
rahkan kepada petugas Pos atau bisa juga di kotak Pos). Siswa
menyalin catatan guru di buku tulisnya.
5)
Semua siswa masih dalam kelom
poknya di minta mengamati gambar di halaman 51. Semua siswa
ditugaskan
6)
Membaca nyaring teks, secara bergantian.
Setelah selesai membaca siswa ditugaskan untuk menghitung berapa jumlah badut
yang ada.
7)
Semua siswa dalam kelompok ditugas kan untuk bersimulasi
menirukan perilaku para badut seperti dalam gambar di halaman 51 dan 52.
8)
Semua siswa secara individu ditugas kan untuk mengisi dan
melengkapi tabel yang ada di halaman 53.
9)
Guru menulis
macam-macam tempat umum di papan tulis dan semua siswa
10) Mencatatnya (misalnya kantor pos, ru mah sakit, pasar,
toko, supermarket, taman dan sebagaimnya)
11) Semua
siswa secara individu diminta untuk menggambar tempat umum di halaman 54
(sebisanya, sesuai dengan imajinasi siswa).
12) Semua
siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 49) dan diharapkan semua
siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi
pekerti tersebut.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
4.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
5.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
6.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia,
PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
PERTEMUAN 7, 8, dan 9
TEMA :
TEMPAT UMUM
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
§ Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
dan ditempat umum (IPS).
§ Menjelaskan lingkungan yang sehat dan perilaku dalam
menjaga kebersihan di tempat umum.
§ Mengenal cara menjaga lingkungan umum agar
tetap sehat (IPA).
§ Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak
sehat.
§ Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan
dan lingkungan sekitar.
§ Mendengarkan:
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
(BI).
§ Berbicara: Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan
kalimat sederhana.
§ Membaca: Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal
yang tepat.
§ Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
§ Menulis: Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana
dari buku atau papan tulis dengan benar.
§ Bilangan: Mengurutkan banyak benda.
§ Geometri dan Pengukuran: Mengelompokkan berbagai bangun
ruang sederhana (batok, prisma, tabung, bola, dan kerucut).
§
Seni Rupa: Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar (Se-Bud & Keterampilan).
§ Seni Musik: Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari
berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia.
§ Seni Tari: Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak
tari menurut tingkatan tinggi rendah.
§ Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun ataupun
menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai permainan
sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orjaskes).
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan barang kebutuhan sehari-hari (PKn).
§
Menceritakan kegiatan jual beli.
§
Menjelaskan perilaku yang seharusnya diterapkan di tempat
umum.
§ Mengidentifikasi tempat-tempat umum di rumah dan di masyarakat (IPS).
§ Menjelaskan pentingnya menjaga sikap di tempat umum.
§ Mendeskripsikan tempat-tempat umum.
§ Mengidentifikasi
tempat umum (IPA).
§ Membedakan tempat umum dan yang bukan tempat umum.
§
Menjelaskan pengertian tempat umum.
§ Mendeskripsikan pentingnya memeliharan tempat umum.
§ Membuang sampah ditempatnya.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri.
§ Membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu
sesuai dengan konteksnya.
§ Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan
benar dan dapat dibaca oleh orang lain.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
dengan rapi yang mudah dibaca orang lain .
§
Menyebutkan banyak benda.
§ Membandingkan
dua kumpulan benda melalui istilah lebh banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
§
Membaca dan menulis lambang bilangan
§
Mengidentifikasi
benda di alam sekitar (Se-Bud & Keterampilan).
§ Mengungkapkan perasaan tentang perubahan tempo dan
dinamik.
§ Menyanyikan lagu dengan benar.
§ Bekerjasama dalam bermain (Orjaskes).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Kebunku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Tempat Umum).
2.
Kegiatan Inti
·
Semua siswa diajak
menyanyikan lagu “Doremi” diiringi
dengan tepuk tangan serempak
berirama dan dengan tempo dan dinamik yang kompak.
·
Guru menuliskan nada dan angkanya.
·
Do = 1, Re = 2, Mi = 3,
Fa = 4, Sol = 5, La = 6,
Si = 7 sekedar memberikan wawasan atau cakrawala. Jika nada tersebut
dirangkai dalam sebuah lagu, maka rangkaian itu disebut Melodi.
·
Pada bagian Ayo Bercerita,
siswa diminta mengamati gambar di hal 56, guru menugaskan salah seorang siswa
untuk membacakan teksnya secara bergantian dan guru memberikan penjelasan
tentang makna teks. (BI, PKn & PS, Sains).
·
Semua siswa ditugaskan untuk
bercerita dan melengkapi kalimat dibawah gambar, kemudian secara bergan tian
membacakan keras-keras kalimat tersebut. (BI, PKn & PS, Sains).
·
Semua siswa ditugaskan untuk
meniru tulisan kalimat tersebut di buku tulisnya masing-masing dengan
menggunakan huruf sambung dan huruf lepas (BI, PKn & PS, Sains).
·
Menugaskan semua siswa
mengamati gambar di hal 57. Gambar 1 suasana di stasiun Kereta Api, dan gambar
2 suasana di Rumah Makan.
·
Siswa dikelompokkan dengan
teman sebangkunya dan ditugaskan untuk bercerita tentang tempat umum.
·
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 49) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
·
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 49) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
1.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
2.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama
pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
3.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes,
Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia,
PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
PERTEMUAN 10, 11, dan 12
TEMA : TEMPAT UMUM
KELAS /SEMESTER :
1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah (PKn).
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
§ Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
dan ditempat umum (IPS).
§ Menjelaskan lingkungan yang sehat dan perilaku dalam
menjaga kebersihan di tempat umum.
§ Mengenal cara menjaga lingkungan umum agar
tetap sehat (IPA).
§ Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak
sehat.
§ Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan
dan lingkungan sekitar.
§ Mendengarkan:
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
(BI).
§ Berbicara: Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan
kalimat sederhana.
§ Membaca: Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal
yang tepat.
§ Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
§ Menulis: Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana
dari buku atau papan tulis dengan benar.
§ Bilangan: Mengurutkan banyak benda.
§ Geometri dan Pengukuran: Mengelompokkan berbagai bangun
ruang sederhana (batok, prisma, tabung, bola, dan kerucut).
§
Seni Rupa: Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar (Se-Bud & Keterampilan).
§ Seni Musik: Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari
berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia.
§ Seni Tari: Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak
tari menurut tingkatan tinggi rendah.
§ Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk
dalam permainan sederhana, serta nilai permainan
sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri (Orjaskes).
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan barang kebutuhan sehari-hari (PKn).
§
Menceritakan kegiatan jual beli.
§
Menjelaskan perilaku yang seharusnya diterapkan di tempat
umum.
§ Mengidentifikasi tempat-tempat umum di rumah dan di masyarakat (IPS).
§ Menjelaskan pentingnya menjaga sikap di tempat umum.
§ Mendeskripsikan tempat-tempat umum.
§ Mengidentifikasi
tempat umum (IPA).
§ Membedakan tempat umum dan yang bukan tempat umum.
§
Menjelaskan pengertian tempat umum.
§ Mendeskripsikan pentingnya memeliharan tempat umum.
§ Membuang sampah ditempatnya.
§ Melafalkan bunyi bahasa secara tepat (BI).
§ Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri.
§ Membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu
sesuai dengan konteksnya.
§ Menuliskan huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan
benar dan dapat dibaca oleh orang lain.
§ Menuliskan pikiran dan pengalaman dengan huruf sambung
dengan rapi yang mudah dibaca orang lain .
§
Menyebutkan banyak benda.
§ Membandingkan
dua kumpulan benda melalui istilah lebh banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
§
Membaca dan menulis lambang bilangan
§
Mengidentifikasi
benda di alam sekitar (Se-Bud & Keterampilan).
§ Mengungkapkan perasaan tentang perubahan tempo dan
dinamik.
§ Menyanyikan lagu dengan benar.
§ Bekerjasama dalam bermain (Orjaskes).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Kebunku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Tempat Umum).
2. Kegiatan Inti
§ Pada Bagian Ayo Berhitung, semua siswa ditugaskan untuk
mengamati gambar dan guru membacakan teks
§ Di hal 58-61. Dari bacaan tersebut memandu siswa untuk
menghitung jumlah gambar robot dan jumlah orang yang sedang antri di loket
Kantor Pos. (BI,
Mat, Sains)
§ Mintalah siswa untuk menghitung jumlah gambar dokter,
gambar jumlah gerbong Kereta Api, jumlah gambar mobil.
§ Dari jumlah tersebut, mintalah siswa untuk menulis
lambang bilangan ( 6, 7, 8 dst)
§ Tugaskan siswa untuk menggambar dan menuliskan lambang
bilangannya.
§ Mintalah siswa untuk mengamati gambar di hal 62. Tugaskan
siswa untuk menghitung berapa banyak jumlah gerobaknya, kemudian siswa diminta
memperhatikan pada
§ Masing-masing gerobak dan
§ menghitung berapa jumlah gelas yang ada di dalamnya
kemudian mintalah siswa untuk mengurutkannya. Dalam bentuk tulisan/angka Mulai
dari yang paling kecil sampai terbanyak.
§ Mintalah siswa untuk mengamati gambar roda berputar. Guru
mengarahkan agar siswa dapat memindahkan angka dengan membilang loncat dua
(angka 1, ada di kotak hijau dan angka 7 di kotak kuning)
§ Pada bagian “Ayo Bermain” semua siswa diminta mengamati
gambar, kemudian bertanya jawab, apakah siswa dapat memahami/mengerti maksud
permainan dalam gambar. Jika siswa mengerti, maka ajaklah siswa ke halaman dan
mempraktekkan bermain bersama-sama. Tetapi jika siswa belum mengerti, maka guru
menjelaskan cara bermainnya. (BI, Sains, Penjas, Budi Pekerti)
§ Pada Bagian Budi Pekerti, siswa diminta mengamati gambar
di hal 64, dan siswa ditugaskan untuk membaca secara bergantian.
§ Bertanya jawab, apakah siswa sudah berperilaku
sebagaimana yang ada di dalam pesan-pesan Budi Pekerti.
§ Pada Bagian Ayo Belajar Semua siswa diminta mengamati
gambar di hal 65-66. Kemudian guru membimbing. Dari pengamatan tersebut siswa
secara individu diminta untuk mengemuka kan/menyebutkan makna gambar dan
menuliskan pada tempat yang disediakan.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
1.
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
2.
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
3.
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan,
IPS dan agama).
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia,
PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama).
V. PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP
dapat dicapai dengan cara:
1.
Menerapkan setiap
langkah strategi yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir)
dalam proses pembelajaran yang sudah dirancang.
2.
Semua siswa
mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia,
IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk
mengukur pencapaian indikator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar