Minggu, 20 Mei 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 2ATEMA: HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA KELUARGAKU


JARINGAN KD/INDIKATOR
 
































SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS  2A

TEMA: HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA KELUARGAKU

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALKS WAKTU
SARANA DAN SUMBER

PENILAIAN
1
2
3
4
5
6






PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Melaksanakan hak dan kewajiban di dalam keluarga.

·    Menyebutkan hak dan kewajiban orang tua dan anak.
·    Menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
·    Menceritakan akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
·    Menceritakan akibat jika hak anak terabaikan.

·    Berdiskusi tentang hak dan kewajiban.
·    Menyebutkan hak dan kewajiban orang tua dan anak.
·    Menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
·    Menceritakan akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
·    Menceritakan akibat jika hak anak terabaikan.

2 minggu
§  Standar Isi 2006 SD Mata Pelajaran Agama, PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam,, Matematika dan Orjaskes.
§  Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik Kelas IIA.
§  Buku Kerja Kelas IIA mata pelajaran Bhs Indonesia, IPA, IPS dan Matematika.
§  Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama, PKn, IPS, Bhs Indonesia.
§  Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan Penjas.

§  Penilaian Obyektif.
§  Penilaian Subeyktif.
§  Penilaian Lisan.
§  Penilaian Unjuk Kerja.
§  Penilaian Produk.
§  Penilaian Portofolio.
§  Penilaian Tingkah laku.
§  Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.
§  Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§  Mencatat aktivitas siswa dalam merespon pertanyaan.
§  Mengamati aktivitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
Mengamati dan menilai siswa dalam mengungkapkan perasaannya dalam bercerita .

IPS
Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.

·    Menyebutkan  tata cara berperilaku di rumah.
·    Menceritakan macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
·    Mendeskripsikan pentingnya hak dan kewajiban dalam sebuah keluarga.

·    Bertanya jawab dan berdiskusi kelas membahas tata cara berperilaku.
·    Menyebutkan  tata cara berperilaku di rumah.
·    Menceritakan macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
·    Mendeskripsikan pentingnya sebuah dokumen keluarga dan ketika sekolah sebagai haknya.

MATEMATIKA

Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.


·    Membandingkan bilangan.
·    Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
·    Menbilang loncat.
·    Membedakan bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan.

·    Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
·    Membedakan bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan.
·    Membilang loncat.
·    Membedakan bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan.

SENI-BUDAYA & KETERAMPILAN

Mengekspresikan diri melalui tarian.
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.

·      Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
·      Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·      Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
·      Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.

·      Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
·      Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·      Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
·      Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.

§  Lingkungan sekitar (Rumah, RT/RW, Desa Sekolah).
§  Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006 untuk TK, SD/MI.


ORJASKES
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.

·    Mampu bekerja sama dengan kelompoknya dalam mempermainkan suatu permainan.
·    Memainkan permainan secara berkelompok.
·    Bekerja sama untuk memenangkan permainan bersama anggota kelompok lainnya.







1
2
3
4
5
6






ILMU PENGETAHUAN ALAM

Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
Mengidentifikasi tahap perkembangan hewan dan tumbuhan.
Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.

·    Memberi makna pada hasil pengamatan terhadap hewan dan tumbuhan.
·    Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
·    Mengungkapkan gagasan secara lisan.
·    Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.

·    Membandingkan benda berdasarkan persamaan.
·    Memberi makna pada hasil pengamatan.
·    Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
·    Mendaftar kosa kata sains.
·    Mengungkapkan gagasan secara lisan.
·    Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.




BAHASA INDONESIA

Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.

·    Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
·    Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·    Mencatat isi pesan.
·    Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
·    Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·    Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.
·    Menjelskan isi puisi.
·    Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang puisi.
·    Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
·    Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
·    Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.

·    Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
·    Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri
·    Mencatat isi pesan.
·    Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
·    Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·    Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.
·    Menjelskan isi puisi.
·    Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang puisi.
·    Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
·    Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
·    Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.














RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1, 2, 3 dan, 4

TEMA                                              : HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER                       : 2 (dua)/1 (satu)
WAKTU                                           : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR
§  Melaksanakan hak dan kewajiban di dalam keluarga (PKn).
§  Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita (IPS).
§  Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§  Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§  Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
§  Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (MAT).
§  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
§  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).

II.   INDIKATOR
§  Menyebutkan hak dan kewajiban orang tua dan anak (PKn).
§  Menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
§  Menceritakan akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
§  Menceritakan akibat jika hak anak terabaikan.
§  Menyebutkan  tata cara berperilaku di rumah (IPS).
§  Mendeskripsikan pentingnya hak dan kewajiban dalam sebuah keluarga.
§  Menceritakan macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
§  Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
§  Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§  Mencatat isi pesan.
§  Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
§  Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.
§  Menjelskan isi puisi.
§  Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang puisi.
§  Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
§  Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§  Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.
§  Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§  Membedakan bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan.
§  Membilang loncat.
§  Mampu bekerja sama dengan kelompoknya dalam mempermainkan suatu permainan. (ORJASKES).


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Mencari Nafkah” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§  Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Hak dan Kewajiban).

2.   Kegiatan Inti
1)        Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 22, dilanjutkan bertanya jawab tentang hak dan kewajiban yang dibahas ketika apersepsi (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
2)        Siswa diajak bertanya jawab untuk membedakan antara hak dan kuwajiban sebagai anak di rumah dan sebagai siswa di sekolah.
3)        Setelah bertanya jawab tentang kegiatan siswa di rumah dan di sekolah yang ada hubungannya dengan hak dan kewajiban dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang pengertian hak dan pengertian kewajiban.
·         hak sebagai anak mendapat pendidikan, perlindungan dari orang tua, perawatan, bermain, makan, kesehatan, tidur, istirahat, dan sebagainya (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat).
·         hak siswa di sekolah antara lain mendapatkan pelajaran, masuk sekolah, istirahat dan bermain, mendapat perhatian dari guru, bimbingan, ikut ulangan, mendapat nilai, mendapat raport dan sebagainya (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat).
·         kewajiban anak di rumah antara lain: bangun pagi, mandi, belajar, membantu ibu, menyiapkan buku pelajaran, berpakaian rapi, memberi salam, santun.
·         kepada orang tua dan sebagainya.
4)        Contoh kewajiban siswa di sekolah antara lain:
·         masuk sekolah tepat waktu,
·         berpakaian seragam dan rapi,
·         mengikuti pelajaran,
·         hormat kepada guru,
·         taat kepada peraturan sekolah dan sebagainya. (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
5)        Semua siswa diminta membaca teks di hal 22 dan 23 dan untuk memperjelas pemahaman siswa tentang isi teks, siswa diminta untuk mengamati gambar di halaman 24.
6)        Dari isi bacaan  tersebut, anak diminta berkelompok dengan teman sebangku untuk mengidentifikasi hak dan kewajiban anak, ayah dan  ibu Kemudian menulisnya di buku tulisnya  masing-masing  dengan huruf sambung (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat).
7)        Semua siswa dalam kelompok pasangan diminta mengamati gambar-gambar di halaman 24 “Ajang Pendapat” dan semua kelompok ditugaskan untuk mengerjakan tugas sesuai petunjuk guru.
8)        Untuk mengetahui pemahaman terhadap hak dan kewajiban dilakukan tanya jawab ulang tentang arti hak dan kewajiban, selanjutnya semua siswa ditugaskan untuk menulis atau menyalin hak dan kewajiban anak di rumah dan di sekolah di buku siswa (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat).
9)        Menugaskan siswa masih tetap berkelompok  untuk membahas  akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya dan akibat jika hak anak terabaikan (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat).
10)     Menugaskan siswa untuk bercerita tentang hak dan kewajiban anggota keluarga lain misalnya:
·         pembantu rumah tangga,
·         tukang kebun,
·         Keluarga lain (seperti paman, bibi),
·         Kakek dan Nenek,
11)     Terakhir semua siswa diminta menyimak “Berbudi Pekerti” (halaman 44) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§  Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§  Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§  Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§  Gambar-gambar tentang hak dan kewajiban di rumah dan sekolah.
§  Lingkungan keluarga dan sekolah.
§  Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
§  Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).

V.   PENILAIAN
§  Penilaian Lisan (dalam proses).
§  Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§  Penilaian Produk.
§  Penilaian Portofolio.
§  Penilaian Tertulis Obyektif.
§  Penilaian Tertulis Subyektif.
§  Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§  Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.




Mengetahui,                                                                                 


Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas 2








RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5, 6, 7, dan 8

TEMA                                              : HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA KELUARGA
KELAS /SEMESTER                       : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU                                           : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR
§  Melaksanakan hak dan kewajiban di dalam keluarga (PKn).
§  Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita (IPS).
§  Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§  Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§  Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
§  Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (MAT).
§  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
§  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).

II.   INDIKATOR
§  Menyebutkan hak dan kewajiban orang tua dan anak (PKn).
§  Menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
§  Menceritakan akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
§  Menceritakan akibat jika hak anak terabaikan.
§  Menyebutkan  tata cara berperilaku di rumah (IPS).
§  Menceritakan macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
§  Mendeskripsikan pentingnya hak dan kewajiban dalam sebuah keluarga.
§  Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
§  Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§  Mencatat isi pesan.
§  Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
§  Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.
§  Menjelskan isi puisi.
§  Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang puisi.
§  Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
§  Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§  Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.
§  Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§  Membedakan bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan.
§  Membilang loncat.
§  Melakukan variasi gerak  dorong, tarik dan putar dengan satu atau dua tangan (ORJASKES).


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Mencari Nafkah” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§  Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Hak dan Kewajiban).

2.   Kegiatan Inti
1)        Mengulangi kembali materi yang telah dibahas hari kemarin sebagai awal untuk masuk pada materi inti
2)        Pada bagian “Ajang Pendapat” anak diminta mengamati gambar dan menghubungkan gambar-gambar mana yang menunjukkan hak dengan kewajiban yang sesuai dengan memberi tanda cek (V) atau (X) serta memberi kan alasannya (PS, BI, Sains, Mat).
3)        Semua siswa diminta membaca topik “Tukang Kebun” di hal 25 sambil mengamati gambarnya. Kemudian  siswa ditugaskan untuk menceritakan kembali isi teks di depan kelas.  Bertanya jawab tentang kewajiban apa yang dilakukan  tukang kebun, apa kewajiban keluarga Adi terhadap tukang kebun dan apa pula yang dilakukan oleh anak yang iseng dan mengganggu pekerjaan tukang kebun.
4)        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan dengan teman sebangkunya dan memberikan pendapatnya  tentang perilaku  anak yang iseng tersebut. Hak siapa yang dilanggar oleh anak iseng itu? (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat).
5)        Semua siswa ditugaskan untuk mendengarkan  guru yang akan membaca ”Puisi”. Semua siswa mendengarkan dan setelah guru selesai membaca, dilanjutkan dengan menugaskan siswa untuk menirukan bersama-sama secara klasikal. Kalau siswa sudah selesai menirukan langkah berikutnya memanggil siswa (yang berani) untuk membacakan di depan kelas.
6)        Semua siswa diminta membaca teks tentang topik  “Paman Anto dan Bibi  Dewi” di hal 27. Kemudian menugaskan  siswa untuk berdiskusi tentang hak dan kewajiban paman dan bibi (Ajang Pendapat halaman 27) dan melaporkan di depan kelas (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat).
7)        Semua siswa ditugaskan untuk membaca  topik “Peraturan Di Rumah Adi”.  Selanjutnya bertanya jawab tentang peraturan apa saja yang ada di bacaan tersebut (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat).
8)        Siswa ditugaskan untuk bertanya kepada ibu atau bapak di rumah (PR untuk dibahas lagi esok hari) tentang peraturan apa saja yang dijalankan di rumah.
9)        Semua siswa ditugaskan untuk membaca topik “Lomba Mobil Tamiya” di hal 29. Kemudian  bertanya jawab untuk memaknai isi teks, misalnya:
·         kegiatan apa yang dilakukan Tino?
·         mengapa Tino terlambat bangun?
·         apa akibatnya kalau terlambat bangun?
·         mengapa perut Tino sakit?
·         apa akibatnya kalau terlambat ke sekolah?
·         apakah Tino menyesal?
·         apa janji Tino kepada guru?
10)     Semua siswa secara mandiri ditugaskan untuk mengamati gambar di halaman 30, 31, 32, 33 dan membaca teksnya.
11)     Semua siswa ditugaskan untuk berkelompok dengan teknik ”Kepala Bernomor” dengan langkah:
·         siswa berkelompok dengan cara menghitung 1, 2, 3, dan 4
·         setiap siswa mendapat nomor (tulisan di kertas warna)
·         setiap siswa sesuai nomornya mendapat tugas mendeskripsikan bagian-bagian tubuh dan fungsinya 
·         siswa 1 tugasnya mendeskripsikan ayam
·         siswa 2 tugasnya mendeskripsikan burung
·         siswa 3 tugasnya mendeskripsikan sapi
·         siswa 4 tugasnya mendeskripsikan kupu
12)     Dilanjutkan dengan membahas ”Tanaman Tomatku” (halaman 32 dan 33) dengan pengelompokan yang sama.
13)     Guru mengajak siswa melakukan gerakan untuk berdinamika (Cakrawala halaman 33).
14)     Bagian “Ekspresikan Dirimu” semua siswa ditugaskan untuk  melakukan gerakan berpindah tempat denga ruang dalam tarian sederhana (mengikuti petunjuk di halaman 34)  (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat).
15)     Terakhir semua siswa diminta menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 44) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.


3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§  Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§  Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§  Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§  Gambar-gambar tentang hak dan kewajiban di rumah dan sekolah.
§  Lingkungan keluarga dan sekolah.
§  Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
§  Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V.   PENILAIAN
§  Penilaian Lisan (dalam proses).
§  Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§  Penilaian Produk.
§  Penilaian Portofolio.
§  Penilaian Tertulis Obyektif.
§  Penilaian Tertulis Subyektif.
§  Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§  Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.


Mengetahui, 


                                                                       
Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas 2





RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9, 10, 11, dan 12

TEMA                                              : HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA KELUARGA
KELAS /SEMESTER                       : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU                                           : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR
§  Melaksanakan hak dan kewajiban di dalam keluarga (PKn).
§  Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita (IPS).
§  Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§  Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§  Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
§  Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (MAT).
§  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
§  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).

II.   INDIKATOR
§  Menyebutkan hak dan kewajiban orang tua dan anak (PKn).
§  Menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
§  Menceritakan akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
§  Menceritakan akibat jika hak anak terabaikan.
§  Menyebutkan  tata cara berperilaku di rumah (IPS).
§  Menceritakan macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
§  Mendeskripsikan pentingnya sebuah dokumen keluarga dan ketika sekolah sebagai haknya.
§  Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
§  Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§  Mencatat isi pesan.
§  Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
§  Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.
§  Menjelskan isi puisi.
§  Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang puisi.
§  Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
§  Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§  Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.
§  Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§  Membedakan bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan.
§  Membilang loncat.
§  Melakukan variasi gerak  dorong, tarik dan putar dengan satu atau dua tangan (ORJASKES).
§  Mengekspresikan gerak dalam irama langkah dan ayunan lengan sesuai ukuran ruang beregu.


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Mencari Nafkah” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§  Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Hak dan Kewajiban).

2.   Kegiatan Inti
1)        Bertanya jawab tentang benda-benda yang ada di dalam kelas dikaitkan dengan hak dan kewajiban anak di kelas setelah siswa dapat memahami, dialihkan pembicaraan dengan hak dan kewajiban di rumah.
2)        Semua siswa diminta mengidentidikasi benda-benda yang ada di rumah yang dikelompokkan menjadi kelompok bidang datar, bidang miring, bidang melengkung, tekstur halus, tekstur kasar, kemudian dikaitkan dengan kewajiban untuk memelihara kebersihan keamanan barang yang dimiliki tersebut (BI, IPS, IPA, PKn, Mat, Seni-Budaya).
3)        Guru menceritakan kewajiban untuk melestarikan budaya bangsa seperti tarian daerah, nasional, lagu-lagu daerah yang isinya tentang hak dan kewajiban (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat, Seni-Budaya).
4)        Siswa diminta untuk bercerita tentang  dirinya sendiri :
·         hak apa saja yang dimiliki di rumah
·         hak apa saja yang dimiliki di sekolah
·         kewajiban apa saja yang dimiliki di rumah
·         kewajiban apa saja yang dimiliki di sekolah
5)        Selanjutnya semua siswa secara mandiri ditugaskan  mengerjakan hitungan ”membandingkan bilangan” Pada bagian “Ayo Berhitung” (halaman 37, 38, 39, 40, 41 dan 42) (BI, IPS, IPA,  PKn, Mat, Seni-Budaya).
·         Telur yang diambil paman dengan yang diambil bibi
·         Sisa uang saku sinta dengan sisa uang saku adi
·         Mengurutkan bilangan
·         Membilang loncat
6)        Bagian “Ekspresikan Dirimu” di hal 28, semua siswa diminta untuk membaca teks kemudian ditugaskan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sesuai dengan petunjuk.
7)        Semua siswa diajak berdinamika (Ayo Bermain) “Pesan Berantai sesuai dengan contoh (BI, IPS, IPA, PKn, Mat, Seni-Budaya).
8)       Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal tentang hak dan kewajiban 45 dan 46.
9)        Terakhir semua siswa diminta menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 44) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§  Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§  Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§  Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§  Gambar-gambar tentang hak dan kewajiban di rumah dan sekolah.
§  Lingkungan keluarga dan sekolah.
§  Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
§  Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V.   PENILAIAN
§  Penilaian Lisan (dalam proses).
§  Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§  Penilaian Produk.
§  Penilaian Portofolio.
§  Penilaian Tertulis Obyektif.
§  Penilaian Tertulis Subyektif.
§  Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§  Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.


Mengetahui,                                                                                 


Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas 2


Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai dengan cara:
§  menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang sudah dirancang.
§  semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur ketercapaian indikator.


Cara bermain:
·         Guru menyiapkan pesan pada selembar kertas.
·         Pemain pertama disuruh membaca isi pesan tersebut kemudian kertas dilipat/digulung, dan tidak boleh dibuka sebelum sampai pada pemain kelima.
·         Setelah membaca, pemain pertama melalui rintangan balok 1 menyampaikan pesan secara lisan (berbisik) kepada pemain kedua dan menyerahkan gulungan kertas yang berisi pesan.
·         Kemudian pemain kedua melalui rintangan balok 2 akan melanjutkan ke pemain ke 3 dst sampai pemain ke 5.
·         Pemain ke 5 sebagai penerima pesan terakhir mengucapkan isi pesan dari pemain ke 4 (didengar oleh semua kelompok) kemudian dicocokkan dengan isi pesan yang ada di dalam gulungan kertas tadi.
·         Guru dapat memberikan penilaian berdasarkan kesesuaian isi pesan berantai dengan kecepatan dan ketepatannya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar