JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 2A
TEMA: HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA KELUARGAKU
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Melaksanakan hak dan kewajiban di dalam keluarga.
|
· Menyebutkan hak dan kewajiban
orang tua dan anak.
· Menyebutkan hak dan kewajiban
anggota keluarga lainnya di rumah.
· Menceritakan akibat jika anak
tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
·
Menceritakan akibat jika hak anak terabaikan.
|
· Berdiskusi tentang hak dan
kewajiban.
· Menyebutkan hak dan kewajiban
orang tua dan anak.
· Menyebutkan hak dan kewajiban
anggota keluarga lainnya di rumah.
· Menceritakan akibat jika anak
tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
·
Menceritakan akibat jika hak anak terabaikan.
|
2
minggu
|
§
Standar Isi 2006 SD Mata Pelajaran
Agama, PKn, IPS, Bhs
§ Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan
Pendekatan Tematik Kelas IIA.
§ Buku Kerja Kelas IIA mata pelajaran Bhs Indonesia, IPA,
IPS dan Matematika.
§ Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama,
PKn, IPS, Bhs Indonesia.
§ Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan Penjas.
|
§
Penilaian Obyektif.
§
Penilaian Subeyktif.
§
Penilaian Lisan.
§
Penilaian Unjuk Kerja.
§
Penilaian Produk.
§
Penilaian Portofolio.
§
Penilaian Tingkah laku.
§ Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.
§ Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti
pelajaran.
§
Mencatat aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan.
§ Mengamati aktivitas
siswa dalam merespon pertanyaan guru.
Mengamati
dan menilai siswa dalam mengungkapkan perasaannya dalam bercerita .
|
IPS
Memanfaatkan
dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
|
·
Menyebutkan tata cara berperilaku di rumah.
·
Menceritakan
macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
·
Mendeskripsikan
pentingnya hak dan kewajiban dalam sebuah keluarga.
|
·
Bertanya jawab
dan berdiskusi kelas membahas tata cara berperilaku.
·
Menyebutkan tata cara berperilaku di rumah.
·
Menceritakan
macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
·
Mendeskripsikan
pentingnya sebuah dokumen keluarga dan ketika sekolah sebagai haknya.
|
|||
MATEMATIKA
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 500.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
mengurutkan bilangan.
|
· Membandingkan bilangan.
· Menyusun bilangan-bilangan
dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
· Menbilang loncat.
· Membedakan bilangan genap dan
ganjil berdasarkan urutan.
|
· Menyusun bilangan-bilangan
dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
· Membedakan bilangan genap dan
ganjil berdasarkan urutan.
· Membilang loncat.
· Membedakan bilangan genap dan
ganjil berdasarkan urutan.
|
|||
SENI-BUDAYA
& KETERAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui tarian.
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
|
· Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan
gerakan/tepukan.
· Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
· Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
|
· Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan
gerakan/tepukan.
· Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
· Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
|
§ Lingkungan sekitar (Rumah, RT/RW, Desa Sekolah).
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006 untuk TK,
SD/MI.
|
|
|
ORJASKES
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.
|
·
Mampu bekerja
sama dengan kelompoknya dalam mempermainkan suatu permainan.
|
·
Memainkan permainan secara berkelompok.
·
Bekerja sama untuk memenangkan permainan bersama anggota kelompok
lainnya.
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan
sekolah melalui pengamatan.
Mengidentifikasi tahap perkembangan hewan
dan tumbuhan.
Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan
cair yang ada di lingkungan sekitar.
|
· Memberi makna pada hasil pengamatan terhadap hewan
dan tumbuhan.
· Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab
pertanyaan.
· Mengungkapkan gagasan secara lisan.
· Menunjukkan hasil kegiatan
dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
|
· Membandingkan benda berdasarkan persamaan.
· Memberi makna pada hasil pengamatan.
· Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab
pertanyaan.
· Mendaftar kosa kata sains.
· Mengungkapkan gagasan secara lisan.
· Menunjukkan hasil kegiatan
dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
|
|
|
|
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan:
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
Berbicara:
Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang
lain.
Membaca:
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
Menulis:
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
|
·
Menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
·
Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Mencatat isi pesan.
·
Menuliskan
pesan ke dalam beberapa kalimat.
·
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain.
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi puisi.
·
Menjelskan isi puisi.
·
Mengajukan
pertanyaan kepada guru tentang puisi.
·
Menggunakan
kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan
pilihan kata yang tepat.
·
Menjelaskan
urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami
orang lain.
·
Menanyakan atau
menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.
|
·
Menjawab pertanyaan
sesuai isi cerita yang didengarkan.
·
Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri
·
Mencatat isi pesan.
·
Menuliskan
pesan ke dalam beberapa kalimat.
·
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain.
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi puisi.
·
Menjelskan isi puisi.
·
Mengajukan
pertanyaan kepada guru tentang puisi.
·
Menggunakan
kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan
pilihan kata yang tepat.
·
Menjelaskan
urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami
orang lain.
·
Menanyakan atau
menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1, 2, 3 dan, 4
TEMA :
HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER :
2 (dua)/1 (satu)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§
Melaksanakan
hak dan kewajiban di dalam keluarga (PKn).
§ Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai
sumber cerita (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan
bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§ Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang
dibaca dengan membaca lancar.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital
dan tanda titik.
§
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (MAT).
§
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).
II. INDIKATOR
§
Menyebutkan
hak dan kewajiban orang tua dan anak (PKn).
§
Menyebutkan
hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
§
Menceritakan
akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
§ Menceritakan akibat jika hak
anak terabaikan.
§ Menyebutkan tata
cara berperilaku di rumah (IPS).
§ Mendeskripsikan pentingnya hak dan kewajiban dalam sebuah
keluarga.
§ Menceritakan macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
§ Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
§ Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata
sendiri.
§ Mencatat
isi pesan.
§ Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.
§ Menjelskan
isi puisi.
§ Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang puisi.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada
orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
§ Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa
yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§ Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman
sekelas.
§
Menyusun
bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§
Membedakan
bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan.
§ Membilang loncat.
§
Mampu bekerja sama dengan
kelompoknya dalam mempermainkan suatu permainan. (ORJASKES).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Mencari Nafkah” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Hak dan Kewajiban).
2. Kegiatan
Inti
1)
Semua siswa diminta mengamati gambar
di hal 22, dilanjutkan bertanya jawab tentang hak dan kewajiban yang dibahas
ketika apersepsi (BI, IPS, IPA, PKn,
Mat).
2)
Siswa diajak bertanya jawab
untuk membedakan antara hak dan kuwajiban sebagai anak di rumah dan sebagai
siswa di sekolah.
3)
Setelah bertanya jawab
tentang kegiatan siswa di rumah dan di sekolah yang ada hubungannya dengan hak
dan kewajiban dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang pengertian hak
dan pengertian kewajiban.
·
hak sebagai anak
mendapat pendidikan, perlindungan dari orang tua, perawatan, bermain, makan,
kesehatan, tidur, istirahat, dan sebagainya (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
·
hak siswa di sekolah antara
lain mendapatkan pelajaran, masuk sekolah, istirahat dan bermain, mendapat
perhatian dari guru, bimbingan, ikut ulangan, mendapat nilai, mendapat raport
dan sebagainya (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
·
kewajiban anak di rumah
antara lain: bangun pagi, mandi,
belajar, membantu ibu, menyiapkan buku pelajaran, berpakaian rapi, memberi
salam, santun.
·
kepada orang tua dan sebagainya.
4)
Contoh
kewajiban siswa di sekolah antara lain:
·
masuk sekolah tepat waktu,
·
berpakaian seragam dan rapi,
·
mengikuti pelajaran,
·
hormat kepada guru,
·
taat kepada peraturan sekolah
dan sebagainya. (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
5)
Semua siswa diminta membaca
teks di hal 22 dan 23 dan untuk memperjelas pemahaman siswa tentang isi teks, siswa
diminta untuk mengamati gambar di halaman 24.
6)
Dari isi
bacaan tersebut, anak diminta
berkelompok dengan teman sebangku untuk mengidentifikasi hak dan kewajiban anak,
ayah dan ibu Kemudian menulisnya di buku
tulisnya masing-masing dengan huruf sambung (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
7)
Semua siswa dalam kelompok
pasangan diminta mengamati gambar-gambar di halaman 24 “Ajang Pendapat” dan
semua kelompok ditugaskan untuk mengerjakan tugas sesuai petunjuk guru.
8)
Untuk mengetahui
pemahaman terhadap hak dan kewajiban dilakukan tanya jawab ulang tentang arti
hak dan kewajiban, selanjutnya semua siswa ditugaskan untuk menulis atau
menyalin hak dan kewajiban anak di rumah dan di sekolah di buku siswa (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
9)
Menugaskan siswa masih
tetap berkelompok untuk membahas akibat jika anak tidak melaksanakan
kewajibannya dan akibat jika hak anak terabaikan (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
10)
Menugaskan siswa
untuk bercerita tentang hak dan kewajiban anggota keluarga lain misalnya:
·
pembantu rumah tangga,
·
tukang kebun,
·
Keluarga lain (seperti paman, bibi),
·
Kakek dan Nenek,
11) Terakhir
semua siswa diminta menyimak “Berbudi Pekerti” (halaman 44) dan diharapkan
semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk
berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang hak dan
kewajiban di rumah dan sekolah.
§ Lingkungan keluarga dan sekolah.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik
terbitan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5, 6, 7, dan 8
TEMA :
HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA KELUARGA
KELAS /SEMESTER :
2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§
Melaksanakan
hak dan kewajiban di dalam keluarga (PKn).
§ Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai
sumber cerita (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan
bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§ Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat)
yang dibaca dengan membaca lancar.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf
kapital dan tanda titik.
§
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (MAT).
§
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).
II. INDIKATOR
§
Menyebutkan
hak dan kewajiban orang tua dan anak (PKn).
§
Menyebutkan
hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
§
Menceritakan
akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
§ Menceritakan akibat jika hak
anak terabaikan.
§ Menyebutkan tata
cara berperilaku di rumah (IPS).
§ Menceritakan macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
§ Mendeskripsikan pentingnya hak dan kewajiban dalam sebuah
keluarga.
§ Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
§ Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata
sendiri.
§ Mencatat
isi pesan.
§ Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.
§ Menjelskan
isi puisi.
§ Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang puisi.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada
orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
§ Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa
yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§ Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman
sekelas.
§
Menyusun
bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§
Membedakan
bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan.
§ Membilang loncat.
§
Melakukan
variasi gerak dorong, tarik dan putar
dengan satu atau dua tangan (ORJASKES).
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Mencari Nafkah” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Hak dan Kewajiban).
2. Kegiatan
Inti
1)
Mengulangi kembali materi yang telah
dibahas hari kemarin sebagai awal untuk masuk pada materi inti
2)
Pada bagian “Ajang Pendapat” anak
diminta mengamati gambar dan menghubungkan gambar-gambar mana yang menunjukkan
hak dengan kewajiban yang sesuai dengan memberi tanda cek (V) atau (X) serta
memberi kan
alasannya (PS, BI, Sains, Mat).
3)
Semua siswa diminta membaca topik
“Tukang Kebun” di hal 25 sambil mengamati gambarnya. Kemudian siswa ditugaskan untuk
menceritakan kembali isi teks di depan kelas.
Bertanya jawab tentang kewajiban apa yang dilakukan tukang kebun, apa kewajiban keluarga Adi
terhadap tukang kebun dan apa pula yang dilakukan oleh anak yang iseng dan
mengganggu pekerjaan tukang kebun.
4)
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan dengan teman sebangkunya dan
memberikan pendapatnya tentang
perilaku anak yang iseng tersebut. Hak
siapa yang dilanggar oleh anak iseng itu? (BI,
IPS, IPA, PKn, Mat).
5)
Semua siswa ditugaskan untuk
mendengarkan guru yang akan membaca
”Puisi”. Semua siswa mendengarkan dan setelah guru selesai membaca, dilanjutkan
dengan menugaskan siswa untuk menirukan bersama-sama secara klasikal. Kalau
siswa sudah selesai menirukan langkah berikutnya memanggil siswa (yang berani)
untuk membacakan di depan kelas.
6)
Semua siswa
diminta membaca teks tentang topik “Paman
Anto dan Bibi Dewi” di hal 27. Kemudian
menugaskan siswa untuk berdiskusi
tentang hak dan kewajiban paman dan bibi (Ajang Pendapat halaman 27) dan
melaporkan di depan kelas (BI, IPS,
IPA, PKn, Mat).
7)
Semua siswa
ditugaskan untuk membaca topik
“Peraturan Di Rumah Adi”. Selanjutnya
bertanya jawab tentang peraturan apa saja yang ada di bacaan tersebut (BI, IPS, IPA, PKn, Mat).
8)
Siswa ditugaskan untuk
bertanya kepada ibu atau bapak di rumah (PR untuk dibahas lagi esok hari) tentang
peraturan apa saja yang dijalankan di rumah.
9)
Semua siswa ditugaskan untuk
membaca topik “Lomba Mobil Tamiya” di hal 29. Kemudian bertanya jawab untuk memaknai isi teks, misalnya:
·
kegiatan apa yang dilakukan
Tino?
·
mengapa Tino terlambat
bangun?
·
apa akibatnya kalau terlambat
bangun?
·
mengapa perut Tino sakit?
·
apa akibatnya kalau terlambat
ke sekolah?
·
apakah Tino menyesal?
·
apa janji Tino kepada guru?
10)
Semua siswa secara mandiri
ditugaskan untuk mengamati gambar di halaman 30, 31, 32, 33 dan membaca
teksnya.
11)
Semua siswa ditugaskan untuk
berkelompok dengan teknik ”Kepala Bernomor” dengan langkah:
·
siswa berkelompok dengan cara
menghitung 1, 2, 3, dan 4
·
setiap siswa mendapat nomor
(tulisan di kertas warna)
·
setiap siswa sesuai nomornya
mendapat tugas mendeskripsikan bagian-bagian tubuh dan fungsinya
·
siswa 1 tugasnya
mendeskripsikan ayam
·
siswa 2 tugasnya
mendeskripsikan burung
·
siswa 3 tugasnya
mendeskripsikan sapi
·
siswa 4 tugasnya
mendeskripsikan kupu
12)
Dilanjutkan dengan membahas ”Tanaman
Tomatku” (halaman 32 dan 33) dengan pengelompokan yang sama.
13)
Guru mengajak siswa melakukan
gerakan untuk berdinamika (Cakrawala halaman 33).
14)
Bagian
“Ekspresikan Dirimu” semua siswa ditugaskan untuk melakukan gerakan berpindah tempat denga
ruang dalam tarian sederhana (mengikuti petunjuk di halaman 34) (BI,
IPS, IPA, PKn, Mat).
15)
Terakhir semua
siswa diminta menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 44) dan diharapkan
semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk
berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi
hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang hak dan
kewajiban di rumah dan sekolah.
§ Lingkungan keluarga dan sekolah.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik
terbitan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9, 10, 11, dan 12
TEMA :
HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA KELUARGA
KELAS /SEMESTER :
2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§
Melaksanakan
hak dan kewajiban di dalam keluarga (PKn).
§ Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai
sumber cerita (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan
bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§ Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat)
yang dibaca dengan membaca lancar.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf
kapital dan tanda titik.
§
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (MAT).
§
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).
II. INDIKATOR
§
Menyebutkan
hak dan kewajiban orang tua dan anak (PKn).
§
Menyebutkan
hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
§
Menceritakan
akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
§ Menceritakan akibat jika hak
anak terabaikan.
§ Menyebutkan tata
cara berperilaku di rumah (IPS).
§ Menceritakan macam-macam hak dan kewajiban di sekolah.
§ Mendeskripsikan pentingnya sebuah dokumen keluarga dan
ketika sekolah sebagai haknya.
§ Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
§ Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata
sendiri.
§ Mencatat
isi pesan.
§ Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.
§ Menjelskan
isi puisi.
§ Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang puisi.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada
orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
§ Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa
yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§ Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman
sekelas.
§
Menyusun
bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§
Membedakan
bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan.
§ Membilang loncat.
§
Melakukan
variasi gerak dorong, tarik dan putar
dengan satu atau dua tangan (ORJASKES).
§
Mengekspresikan
gerak dalam irama langkah dan ayunan lengan sesuai ukuran ruang beregu.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Mencari Nafkah” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Hak dan Kewajiban).
2. Kegiatan
Inti
1)
Bertanya jawab tentang benda-benda
yang ada di dalam kelas dikaitkan dengan hak dan kewajiban anak di kelas
setelah siswa dapat memahami, dialihkan pembicaraan dengan hak dan kewajiban di
rumah.
2)
Semua siswa diminta mengidentidikasi
benda-benda yang ada di rumah yang dikelompokkan menjadi kelompok bidang datar,
bidang miring, bidang melengkung, tekstur halus, tekstur kasar, kemudian
dikaitkan dengan kewajiban untuk memelihara kebersihan keamanan barang yang dimiliki
tersebut (BI, IPS, IPA, PKn, Mat,
Seni-Budaya).
3)
Guru menceritakan kewajiban untuk
melestarikan budaya bangsa seperti tarian daerah, nasional, lagu-lagu daerah
yang isinya tentang hak dan kewajiban (BI,
IPS, IPA, PKn, Mat, Seni-Budaya).
4)
Siswa diminta untuk bercerita
tentang dirinya sendiri :
·
hak apa saja yang dimiliki di
rumah
·
hak apa saja yang dimiliki di
sekolah
·
kewajiban apa saja yang
dimiliki di rumah
·
kewajiban apa saja yang
dimiliki di sekolah
5)
Selanjutnya semua siswa
secara mandiri ditugaskan mengerjakan
hitungan ”membandingkan bilangan” Pada bagian “Ayo Berhitung” (halaman 37, 38,
39, 40, 41 dan 42) (BI, IPS, IPA, PKn, Mat, Seni-Budaya).
·
Telur yang diambil paman
dengan yang diambil bibi
·
Sisa uang saku sinta dengan
sisa uang saku adi
·
Mengurutkan bilangan
·
Membilang loncat
6)
Bagian “Ekspresikan Dirimu”
di hal 28, semua siswa diminta untuk membaca teks kemudian ditugaskan untuk
melakukan gerakan-gerakan yang sesuai dengan petunjuk.
7)
Semua siswa
diajak berdinamika (Ayo Bermain) “Pesan Berantai sesuai dengan contoh (BI, IPS, IPA, PKn, Mat, Seni-Budaya).
8)
Siswa ditugaskan untuk mengerjakan
soal-soal tentang hak dan kewajiban 45 dan 46.
9)
Terakhir semua
siswa diminta menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 44) dan diharapkan
semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk
berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang hak dan
kewajiban di rumah dan sekolah.
§ Lingkungan keluarga dan sekolah.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik
terbitan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelas 2
Catatan:
Pencapaian
Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai
dengan cara:
§ menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam
setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang
sudah dirancang.
§ semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di
dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh
isinya memuat soal-soal untuk mengukur ketercapaian indikator.
Cara
bermain:
·
Guru menyiapkan pesan pada selembar
kertas.
·
Pemain pertama disuruh membaca isi
pesan tersebut kemudian kertas dilipat/digulung, dan tidak boleh dibuka sebelum
sampai pada pemain kelima.
·
Setelah membaca, pemain pertama
melalui rintangan balok 1 menyampaikan pesan secara lisan (berbisik) kepada
pemain kedua dan menyerahkan gulungan kertas yang berisi pesan.
·
Kemudian pemain kedua melalui
rintangan balok 2 akan melanjutkan ke pemain ke 3 dst sampai pemain ke 5.
·
Pemain ke 5 sebagai penerima pesan
terakhir mengucapkan isi pesan dari pemain ke 4 (didengar oleh semua kelompok)
kemudian dicocokkan dengan isi pesan yang ada di dalam gulungan kertas tadi.
·
Guru dapat memberikan
penilaian berdasarkan kesesuaian isi pesan berantai dengan kecepatan dan
ketepatannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar