JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS 2A
TEMA: HIDUP HEMAT
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALKS
WAKTU
|
SARANA
DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Mengenal
pentingnya hidup hemat.
|
·
Menyebutkan pentingnya hidup hemat.
·
Memberikan
contoh perilaku hidup hemat.
·
Menceritakan
pelaksanaan hidup hemat (misalnya menghemat listrik, alat tulis, uang).
·
Menceritakan pengalaman hidup hemat.
|
·
Mendiskusikan cara hidup hemat.
·
Menyebutkan pentingnya hidup hemat.
·
Memberikan
contoh perilaku hidup hemat.
·
Menceritakan
pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat listrik, alat tulis, uang).
·
Meneceritakan pengalaman hidup hemat.
|
2
minggu
|
§
Standar Isi 2006 SD Mata Pelajaran
Agama, PKn, IPS, Bhs
§ Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan
Pendekatan Tematik Kelas IIA.
§ Buku Kerja Kelas IIA mata pelajaran Bhs Indonesia, IPA,
IPS dan Matematika.
§ Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama,
PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan
Penjas.
§ Lingkungan sekitar (Rumah, RT/RW, Desa Sekolah).
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006 untuk TK,
SD/MI.
|
§
Penilaian Obyektif.
§
Penilaian Subeyktif.
§
Penilaian Lisan.
§
Penilaian Unjuk Kerja.
§
Penilaian Produk.
§
Penilaian Portofolio.
§
Penilaian Tingkah laku.
§ Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti
pelajaran.
§
Mencatat aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan.
§ Mengamati aktivitas
siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Mengamati dan menilai siswa dalam mengungkapkan
perasaannya dalam bercerita .
|
IPS
Memelihara koleksi benda berharga miliknya.
|
·
Menceritakan
koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat.
·
Menjelaskan
macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
|
·
Bertanya jawab
tentang koleksi untuk berhemat.
·
Menceritakan
koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat.
·
Menjelaskan
macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
|
|||
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan:
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
Berbicara:
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa
yang santun.
Membaca:
Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca
lancar.
Menulis:
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
|
·
Menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
·
Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain.
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi teks.
·
Mengajukan
pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
·
Menggunakan
kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
·
Menjelaskan
urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami
orang lain.
|
·
Menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
·
Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks
.
·
Mengajukan
pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
·
Menggunakan
kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan
pilihan kata yang tepat.
·
Menjelaskan
urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami
orang lain.
|
|||
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda padat dan benda
cair).
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui
pengamatan.
|
·
Menyebutkan
cara berhemat di lingkungan keluarga.
·
Menceritakan
benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
·
Bekerjasama dengan teman.
·
Memberi tanggapan secara santun.
·
Mengungkapkan gagasan secara lisan.
·
Menunjukkan
hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
|
·
Menyebutkan
cara berhemat di lingkungan keluarga.
· Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
·
Menceritakan
benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
·
Bekerjasama dengan teman.
·
Memberi tanggapan secara santun.
·
Mengungkapkan gagasan secara lisan.
·
Menunjukkan
hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
|
|
|
|
MATEMATIKA
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan nilai tempat.
|
·
Membilang secara urut.
·
Menyebutkan banyak benda.
·
Menulis lambang
bilangan dengan benar.
|
·
Membilang secara urut.
·
Menyebutkan banyak benda.
·
Menulis lambang
bilangan dengan benar.
|
|
|
|
ORJASKES
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.
|
|
·
Melakukan permainan
bersama pasangan
·
Mengalahkan
lawan/pasangan denagn menginjak balon lebih dulu.
|
|
|
|
SENI-BUDAYA
& KETERAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif.
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
|
· Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan
gerakan/tepukan.
· Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
·
Menyanyikan
lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
|
· Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan
gerakan/tepukan.
· Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
·
Menyanyikan
lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
|
|
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1, 2, 3, dan 4
TEMA :
HIDUP HEMAT
KELAS /SEMESTER :
2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Mengenal pentingnya hidup hemat (PKn).
§ Memelihara koleksi benda berharga miliknya (IPS).
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai tempat (Mat).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun.
§ Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat)
yang dibaca dengan membaca lancar.
§ Menulis: Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang
tepat.
§ Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda
padat dan benda cair) (IPA).
§ Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
kegunaannya melalui pengamatan.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud & Ketarampilan).
§ Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan pentingnya hidup hemat (PKn).
§ Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
§ Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat
listrik, alat tulis, uang).
§ Menceritakan
pengalaman hidup hemat.
§ Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang
berharga untuk berhemat (IPS).
§ Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan
sebagai alat berhemat.
§ Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
§ Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata
sendiri.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjawab
pertanyaan tentang isi teks.
§ Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada
orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
§ Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa
yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§ Membilang
secara urut (Mat).
§ Menyebutkan
banyak benda.
§ Menulis lambang bilangan dengan benar.
§ Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga (IPA).
§ Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
§ Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
§ Bekerjasama
dengan teman.
§ Memberi
tanggapan secara santun.
§ Mengungkapkan
gagasan secara lisan.
§ Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau
secara lisan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan
(Se-Bud & Keterampilan).
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Bung Bing Bang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Hidup Hemat).
2. Kegiatan
Inti
1)
Siswa diminta mengamati gambar di hal
1, dan bertanya jawab tentang uang saku setiap hari, dan apa yang dilakukan
jika ada kelebihan uang jajannya.
2)
Bertanya jawab apakah siswa memiliki
tabungan (di rumah, di sekolah atau di Bank) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA)
3)
Meminta siswa untuk mengamati gambar
di hal 2 dan menugaskan siswa membaca teks secara bergantian. Dikaitkan dengan
bekal siswa yang di bawa dari rumah
4)
Bertanya jawab tentang kesan/perasaan
siswa setelah naik kelas 2. Memanggil salah
satu siswa yang berani untuk bercerita tentang hal tersebut.
5)
Bertanya jawab secara
klasikal (apakah setelah naik di kelas dua, uang sakunya juga naik.?),
§
apakah ada anak yang suka membawa bekal (kue, nasi atau yang
lain) dari rumah
§
atau lebih suka membawa uang saja? (bisa
dibahas secara kelompok) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
6)
Guru menjelaskan
tentang pengertian hidup hemat, dan kebiasaan menabung baik di rumah, sekolah
maupun di bank (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
7)
Siswa diminta mengamati
gambar di hal 3 kemudian menugaskan siswa untuk membaca wacananya secara
bergantian.
8)
Guru menerangkan tentang cara
menabung, (di rumah, di celengan, di sekolah, melalui tabungan sekolah, dan di
bank dengan menggunakan buku tabungan) serta kegunaannya, dan siswa diminta
untuk mencatat di bukunya masing-masing) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
9)
Bertanya jawab (siapa yang
sudah memiliki tabungan) dan meminta siswa untuk bercerita kepada temannya.
10)
Guru bercerita tentang
kehidupan lebah madu yang memiliki kebiasaan/perilaku menabung.
11)
Menugaskan siswa untuk
berkelompok (dengan teknik mencari pasangan): disiapkan kartu berisi
gambar-gambar dan tulisan antara lain:
§
1 gambar uang
§
2 gambar celengan
§
3 gambar bank
§
4 gambar mainan
§
tulisan uang
§
tulisan celengan
§
tulisan bank
§
tulisan mainan
12) Semua siswa maju satu persatu
untuk mengambil salah satu gambar atau tulisan sambil berdinamika menyanyi lagu
bang bing bung.
13) Selanjutnya meminta mereka untuk mengamati di hal 4,
kemudian menugaskan mereka untuk mendiskusikan kelebihan dan kekurangan
menabung di rumah/celengan/lemari, atau di Bank. Hasil diskusi dicatat dan
dilaporkan (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
14)
Bertanya jawab tentang
macam-macam mainan yang dimiliki siswa,
§ bagaimana kalau
ada mainan baru?
§ apakah
selalu minta dibelikan?
§ bagaimana jika ada
mainan yang rusak?
§ apakah dibuang atau diperbaiki?
15)
Semua kelompok ditugaskan untuk
mendiskusikan (kelompok teman sebangku).
16)
Bertanya jawab dengan siswa secara
klasikal tentang kegiatan yang dilakukan pada hari minggu (apakah nonton TV,
membantu orangtua? Jalan-jalan dsb) meminta siswa untuk bercerita tentang hal
tersebut di depan kelas. (BI, PKn, IPS, MAT, IPA). Bertanya jawab berapa
lama jika siswa menonton TV, dan apa yang dilakukan apabila dia ingin bermain diluar.
17)
Bertanya jawab tentang pemakaian
listrik di rumah (mematikan lampu apabila tidak digunakan, memakai air
secukupnya dll) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
18)
Meminta siswa untuk bercerita
dengan teman sebangku tentang cara/kebiasaan menghemat energi di rumah.
19)
Guru menjelaskan tentang
macam-macam sumber energi (matahari, air, batubara, minyak bumi, gas bumi,
bahan makanan) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
20)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi “Berbudi Pekerti” (halaman 19) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi
hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang
benda-benda yang harus dihemat (uang, listrik, baju, alat tulis, mainan, dsb).
§ Lingkungan keluarga dan sekolah.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS
dan agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS
dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelas 2
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5, 6, 7, dan 8
TEMA :
HIDUP HEMAT
KELAS /SEMESTER :
2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Mengenal pentingnya hidup hemat (PKn).
§ Memelihara koleksi benda berharga miliknya (IPS).
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai tempat (Mat).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun.
§ Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat)
yang dibaca dengan membaca lancar.
§ Menulis: Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang
tepat.
§ Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda
padat dan benda cair) (IPA).
§ Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
kegunaannya melalui pengamatan.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud & Ketarampilan).
§ Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan pentingnya hidup hemat (PKn).
§ Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
§ Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat
listrik, alat tulis, uang).
§ Menceritakan
pengalaman hidup hemat.
§ Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang
berharga untuk berhemat (IPS).
§ Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan
sebagai alat berhemat.
§ Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
§ Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata
sendiri.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjawab
pertanyaan tentang isi teks.
§ Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada
orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
§ Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa
yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§ Membilang
secara urut (Mat).
§ Menyebutkan
banyak benda.
§ Menulis lambang bilangan dengan benar.
§ Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga (IPA).
§ Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
§ Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
§ Bekerjasama
dengan teman.
§ Memberi
tanggapan secara santun.
§ Mengungkapkan
gagasan secara lisan.
§ Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau
secara lisan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan
(Se-Bud & Keterampilan).
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Bung Bing Bang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Hidup Hemat).
2. Kegiatan
Inti
1)
Mengajak siswa mengamati
gambar (peralatan rumah tangga).
2)
Bertanya jawab tentang alat
rumah tangga.
3)
Menugaskan siswa mencatat peralatan
rumah tangga yang dapat menghasilkan panas, bunyi dan cahaya.
4)
Menugaskan siswa sehari sebelumnya,
untuk membawa kunyit, blender (bisa juga alat tumbuk), dan saringan (BI,
PKn, IPS, MAT, IPA).
5)
Bersama siswa mempraktekan
cara membuat warna alami dengan menggunakan kunyit (Lihat halaman 8 Ekspresikan
dirimu).
6)
Bertanya jawab tentang bahan alami apa
saja yang dapat menghasilkan warna.
7)
Menceritakan pada siswa tentang warna
alami dan pewarna buatan.
8)
Menugaskan siswa menggambar dan
mewarnai dengan menggunakan pewarna alami atau buatan.
9)
Mengajak siswa untuk
bernyanyi bersama dengan melihat teks di hal.9 (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
10)
Menjelaskan pada siswa tentang
sumber bunyi di sekitar kita (BI, PKn, IPS, MAT, IPA, ORJAS).
11)
Mengajak siswa untuk
menghasilkan bunyi yang kuat dan lemah melalui tepukan. (dengan tepuk Pramuka
suara keras, sedang dan lemah).
12)
Mengajak kembali siswa untuk
bernyanyi dengan bertepuk tangan dan menggerakan badan.
13)
Siswa dibagi berkelompok (dengan
teknik berpikir berpasangan) caranya:
§ guru menginformasikan materi yang akan didiskusikan
§ siswa diberi kesempatan memikirkan materi yang dibahas
§ menugaskan semua siswa untuk berpasangan
§ setiap pasangan melaporkan hasil diskusinya
§ guru menjelaskan materi dengan mengacu pada hasil diskusi
siswa
14)
Kemudian diminta mengamati
dan membandingkan tentang tekstur benda-benda tersebut. Semua siswa diminta
mencatat dan melaporkan hasil diskusinya.
15)
Guru menugaskan individu
untuk membuat kliping yang berisi gambar-gambar yang terbuat dari tanah liat
dan logam (BI, PKn, IPS, MAT, IPA, SENI-BUD).
16)
Memberi tugas pada siswa untuk
mengarang tentang kebiasaan hidup hemat yang telah dilakukannya (hemat uang, hemat
energi, hemat mainan, dsb).
17)
Menugaskan beberapa siswa
untuk menceritakan/membacakan hasil karangannya di depan kelas (BI, PKn,
IPS, MAT, IPA).
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang
benda-benda yang harus dihemat (uang, listrik, baju, alat tulis, mainan, dsb).
§ Lingkungan keluarga dan sekolah.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS
dan agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS
dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9, 10, 11, dan 12
TEMA :
HIDUP HEMAT
KELAS /SEMESTER :
2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Mengenal pentingnya hidup hemat (PKn).
§ Memelihara koleksi benda berharga miliknya (IPS).
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai tempat (Mat).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun.
§ Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat)
yang dibaca dengan membaca lancar.
§ Menulis: Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang
tepat.
§ Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda
padat dan benda cair) (IPA).
§ Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
kegunaannya melalui pengamatan.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud & Ketarampilan).
§ Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
II. INDIKATOR
§ Menyebutkan pentingnya hidup hemat (PKn).
§ Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
§ Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat
listrik, alat tulis, uang).
§ Menceritakan
pengalaman hidup hemat.
§ Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang
berharga untuk berhemat (IPS).
§ Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan
sebagai alat berhemat.
§ Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
§ Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata
sendiri.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menjawab
pertanyaan tentang isi teks.
§ Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada
orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
§ Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa
yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§ Membilang
secara urut (Mat).
§ Menyebutkan
banyak benda.
§ Menulis lambang bilangan dengan benar.
§ Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga (IPA).
§ Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
§ Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
§ Bekerjasama
dengan teman.
§ Memberi
tanggapan secara santun.
§ Mengungkapkan
gagasan secara lisan.
§ Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau
secara lisan.
§ Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan
(Se-Bud & Keterampilan).
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Bung Bing Bang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Hidup Hemat).
2. Kegiatan
Inti
1)
Mengajak semua siswa mengamati tulisan
dalam kotak di halaman 11 bertanya jawab
mana yang termasuk benda padat dan mana yang termasuk benda cair. Setelah itu
semua siswa ditugaskan untuk menuliskan di dalam kolom secara mandiri.
2)
Dilanjutkan dengan bercerita, diawali
oleh guru yang menceritakan bahwa tabungan tidak hanya dalam bentuk uang,
tetapi segala benda bisa ditabung (sawah, rumah, baju, kain dan sebagainya)
kemudian meminta siswa (yang berani) untuk maju ke depan kelas dan menceritakan
apakah bentuk tabungan yang dimiliki.
3)
Siswa dikelompokkan dengan
teman sebangkunya.
4)
Siswa diminta untuk mengamati gambar
pada halaman 13. Siswa diminta untuk menyebutkan angka/bilangan yang
tersembunyi di balik gambar. Dan menulisnya di buku:
§ gambar apel =
nomor 105
§ gambar jeruk =
nomor .......
§ gambar pisang =
nomor .......
§ gambar pepaya = nomor .......
§ gambar mangga =
nomor .......
§ gambar jambu =
nomor .......
§ gambar anggur =
nomor .......
§ gambar jambu air =
nomor .......
§ gambar sirsat = nomor .......
5)
Siswa ditugaskan untuk
mengerjakan soal hitungan pada halaman14, mengenal bilangan sampai 500:
§ membaca dan menulis lambang bilangan
§ menulis bilangan dalam bentuk panjang
§ mengenal nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
6)
Siswa diminta mencari
pasangan. Kemudian siswa diajak bermain injak balon (seperti
halaman 18). Kelompok yang berhasil memecahkan balon terlebih dahulu
adalah yang menangm
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang
benda-benda yang harus dihemat (uang, listrik, baju, alat tulis, mainan, dsb).
§ Lingkungan keluarga dan sekolah.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS
dan agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS
dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelas 2
Petunjuk Cara Bermain:
Siapkan
balon warna-warni sejumlah dua kali banyak siswa di kelas. Isilah balon dengan
air, kemudian ditiup. Ikatkan balon pada kaki
masing-masing siswa. Setiap siswa mendapat dua balon (BI, PKn, IPS, Mat,
IPA, Seni-budaya, Orjas).
·
Bagi kelas
dalam beberapa pasang.
·
Setiap pasang berdiri saling
membelakangi.
·
Siswa harus menginjak balon
pasangannya hingga pecah.
·
Siswa yang lebih dulu
memecahkan balon menjadi pemenangnya.
·
Siswa yang balonnya tidak
pecah berpasangan dengan siswa lain yang juga masih memiliki balon.
·
Demikian seterusnya hingga
tinggal seorang siswa yang masih
memiliki balon.
·
Guru meminta siswa yang
menang untuk menceritakan usaha yang dilakukannya hingga bisa menang. Kemudian
guru juga meminta siswa yang kalah untuk bercerita mengapa kalah.
·
Ajaklah siswa bersama-sama
membaca teks Budi Pekerti pada halaman 16.
·
Ajaklah siswa untuk melakukan
kebiasaan hidup hemat baik di rumah, sekolah maupun di tempat umum. (BI,
PKn, IPS, MAT, IPA).
·
Menugaskan siswa untuk
mengerjakan soal pada halaman 16 (Ayo belajar).
·
Melakukan penilaian dan
membahas bersama-sama dengan cara menukarkan jawaban antar siswa (BI,
PKn, IPS, MAT, IPA).
Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP
dapat dicapai dengan cara:
§ menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam
setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang
sudah dirancang.
§ semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di
dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS,
IPA dan Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur pencapaian
indikator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar