RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah SD
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)
Bab 1
Standar
Kompetensi
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
Kompetensi
Dasar
1.1. Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
Indikator
1. Menunjukkan sisi utara, selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan
nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
2. Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
3. Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
4. Menjelaskan fungsi
wilayah darat NKRI.
5. Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
6. Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
2. Siswa
dapat mengetahui luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan
bujurnya.
3. Siswa
dapat memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
4. Siswa
memahami fungsi wilayah darat NKRI.
5. Siswa
memahami fungsi wilayah laut NKRI.
6. Siswa
memahami fungsi wilayah udara NKRI.
B. Materi Ajar
1. Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi
lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
2. Fungsi
wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1 Pendekatan Kontekstual.
2
Pendekatan Cooperative Learning.
3 Diskusi dengan teman sebangku.
4 Tanya jawab.
5 Ceramah.
6 Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk
mengawali pelajaran.
b) Guru
dan siswa bertanya jawab tentang fungsi peta dunia.
2. Kegiatan Inti
a) Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang besar dan dapat
dilihat oleh semua siswa.
b) Guru menjelaskan batas-batas utara, selatan, timur, dan
barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya.
c) Guru menunjuk batas-batas tersebut pada peta secara acak
dan berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan cepat.
d) Guru menyiapkan kelas diskusi.
e) Siswa berdiskusi tentang tujuan
penetapan batas-batas fisik NKRI dengan
panduan guru.
f) Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran.
3. Kegiatan Penutup
a) Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan
itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa
dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c) Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk
mengawali pelajaran.
b) Guru
dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman bepergian ke pegunungan, laut, dan
pengalaman naik pesawat terbang.
2. Kegiatan Inti
a)
Guru dan siswa bertanya jawab secara general tentang fungsi wilayah
darat, laut, dan udara NKRI.
b) Guru membagi jumlah siswa di
kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya.
c) Guru mengundi topik darat, laut,
atau udara untuk semua kelompok.
d) Siswa berdiskusi tentang topik
yang mereka dapatkan.
c) Siswa melaporkan hasil dikusi secara lisan di depan teman-teman.
d) Teman-teman
dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.
3. Kegiatan Penutup
a) Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan
itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa
dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c) Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk menutup
pertemuan.
E. Sumber/Bahan Belajar
1 Peta dunia.
2 Gambar/foto tempat-tempat indah di Indonesia yang
menunjukkan pemandangan darat, laut, dan udara.
3 Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1—3.
F. Penilaian
Teknik : tugas kelompok.
Bentuk
Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku),
penilaian unjuk kerja (keaktifan anak berdiskusi).
Contoh Instrumen :
1 NKRI adalah ....
2 Indonesia merupakan negara berbentuk ....
3 Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya ....
4 Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena ....
5 NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum untuk ....
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata
Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)
Bab 1
Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
Indikator
1 Memahami arti penting keutuhan NKRI.
2 Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
3 Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi
kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan).
Alokasi Waktu: 6 x 35 menit (3 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami arti penting keutuhan NKRI.
2. Siswa dapat menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
3. Siswa dapat menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik,
sosial budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
B. Materi Ajar
1 Arti penting keutuhan NKRI
2 Fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa
3 Makna kesatuan wilayah Indonesia
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperative Learning.
3. Diskusi kelas.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali
pelajaran.
b) Guru
bertanya kepada siswa tentang kegiatan apa saja yang siswa lakukan setelah
pulang dari sekolah.
2. Kegiatan Inti
a)
Guru berceramah kepada siswa tentang kehidupan siswa yang damai dan
tenang dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari (sekolah, bermain, berpergian,
dan lain-lain); hubungannya dengan keragaman dan kekayaan budaya; kedaulatan
Indonesia sebagai negara kesatuan; serta
legalitas negara yang lengkap dengan hukum dan peraturan.
b)
Guru mengatur kelas diskusi dan membagi jumlah siswa dalam beberapa
kelompok.
c)
Siswa mendiskusikan arti penting keutuhan NKRI dengan panduan guru.
d)
Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran di depan teman-teman.
e)
Siswa lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.
3. Kegiatan Penutup
a) Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan
itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa
dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c) Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk
mengawali pelajaran.
b) Guru
dan siswa bertanya jawab tentang rutinitas siswa belajar di rumah.
2. Kegiatan Inti
a)
Guru meminta seorang siswa membaca Pancasila dengan lantang di depan
teman-teman, lalu siswa lain menirukannya.
b)
Siswa memperhatikan gambar lambang kelima sila pada burung garuda, dan
guru menjelaskan makna lambang tersebut.
c)
Guru menunjuk lambang sila pada gambar burung garuda secara acak dan
siswa menebak menyebutkan isi silanya secara bersama-sama.
d)
Guru bercerita tentang sebab-sebab
dirumuskannya Pancasila.
e)
Guru mengatur kelas untuk berdiskusi dan membagi siswa dalam beberapa
kelompok.
f) Siswa mendiskusikan fungsi Pancasila bagi NKRI dengan
panduan guru.
g)
Siswa melaporkan hasil diskusi secara berkelompok.
3. Kegiatan Penutup
a) Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan
itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa
dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c) Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk menutup
pertemuan.
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Awal
a) Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk
mengawali pelajaran.
b) Guru
mengajak siswa bertanya jawab tentang kebiasaan membaca buku.
2. Kegiatan Inti
a)
Guru memperkenalkan kosakata dalam berbagai
segi kehidupan bernegara (misalnya kata “politik”, “sosial”, “budaya”,
“ekonomi”, “pertahanan-keamanan”), lalu menjelaskan makna kata-kata itu secara
general.
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari
segi politik, sosial, budaya, ekonomi,
pertahanan-keamanan secara general.
b) Guru menyiapkan kelas diskusi.
c) Siswa berdiskusi tentang makna
kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial, budaya, ekonomi, dan
pertahanan-keamanan.
d) Siswa melaporkan hasil diskusi.
3. Kegiatan Penutup
a) Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan
itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa
dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c)
Guru mengingatkan siswa untuk memfotokopi gambar pada halaman 14—18 buku
teks, serta membawa pensil warna atau cryon pada pertemuan selanjutnya.
c) Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk
mengakhiri pertemuan.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 5—9.
2. Berbagai buku sejarah perjuangan bangsa.
3. Burung garuda Pancasila, beserta tamengnya.
4. Lagu ”Garuda Pancasila”.
F. Penilaian
Teknik : tugas berkelompok.
Bentuk Instrumen :
penilaian lisan dan tertulis.
Contoh Instrumen :
1. Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
2. Mengapa Indonesia berbentuk negara kesatuan?
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)
Bab 1
Kompetensi Dasar
1.3. Menunjukkan
contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
Indikator
Memahami prinsip-prinsip
sikap memelihara keutuhan NKRI.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memberi contoh dan memilih
perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
B. Materi Ajar
Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperative Learning.
3. Tanya jawab.
4. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Guru mengajak semua siswa berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang
kegiatan pagi hari sejak bangun pagi sampai siswa berangkat ke sekolah.
2. Kegiatan Inti
a) Siswa dan guru bertanya jawab secara general
tentang masalah-masalah keutuhan NKRI.
b) Guru meminta siswa menyiapkan fotokopi
gambar yang ada pada halaman 14—18 buku teks dan cryon atau pensil warna masing-masing.
c) Siswa mulai bekerja mewarnai gambar yang ia
pilih.
d) Siswa menceritakan isi gambar dan alasan
memilih gambar secara lisan dan bergantian di depan teman-teman.
3. Kegiatan Penutup
a) Guru bertanya kepada siswa tentang perasaan
dan pikiran mereka tentang kegiatan yang baru saja dilakukan.
b) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian
indikator dan kompetensi dasar.
c) Siswa
diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang peraturan
perundang-undangan pusat dan daerah.
d) Pelajaran diakhiri dengan berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
a) Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan
ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 14—18.
b) Teman
c) Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas individu,
ulangan harian.
Bentuk Instrumen : penilaian
lisan, penilaian sikap, penilaian unjuk kerja (keberanian anak menceritakan gambar).
Contoh Instrumen :
1. Sikap pemeluk agama yang berlainan sebaiknya adalah .... (gambar a atau b)
2. Apabila
melakukan demonstrasi, sikap yang seharusnya dilakukan para peserta demonstrasi
adalah .... (gambar a atau b)
3. Apabila
terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya diambil aparat penegak hukum adalah
.... (gambar a atau b)
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran Pkn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : (Satu)
Bab 2
Standar Kompetensi
Memahami
peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
Kompetensi Dasar
2.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
Indikator
1 Mengetahui berbagai macam
perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, tingkat pusat dan daerah.
2 Memahami perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan
daerah.
Alokasi Waktu: 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat mengetahui dan nenyebutkan berbagai macam perundang-undangan yang berlaku
di Indonesia, tingkat pusat dan daerah.
2. Siswa
dapat mengetahui dan menyebutkan perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku
di tingkat pusat dan daerah.
B. Materi Ajar
1. Pengertian perundang-undangan.
2. Fungsi peraturan
perundang-undangan.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2.
Pendekatan Cooperative Learning.
3. Diskusi dengan teman sebangku.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk
mengawali pelajaran.
b) Guru
bertanya kepada siswa tentang kegiatan mereka ketika bangun pagi.
2. Kegiatan Inti
a Siswa diajak untuk membaca pengantar bab Peraturan
Perundang-Undangan pada halaman 30 dan 31.
b Siswa merumuskan pengertian/definisi peraturan
perundang-undangan pusat dan daerah secara individual.
d) Siswa melaporkan hasil
pemikirannya secara lisan.
e) Siswa,
disertai dengan panduan guru, membuat generalisasi definisi yang telah dibuat
oleh semua siswa.
3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari dan manfaat belajar merumuskan definisi.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengawali kegiatan.
2. Kegiatan Inti
a) Guru meminta siswa mengulang mengingat
definisi peraturan perundang-undangan pusat dan daerah yang telah dirumuskan
pada pertemuan sebelumnya.
b) Guru menyiapkan kelas diskusi.
c) Siswa berdiskusi tentang fungsi penting
peraturan perundang-undangan pusat dan daerah bagi individu dan masyarakat.
d) Siswa melaporkan hasil diskusi.
3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari dan manfaat belajar merumuskan definisi.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Artikel yang menceritakan berbagai peraturan
perundang-undangan daerah, misalnya artikel tentang hak asasi manusia, keuangan
daerah, atau larangan merokok di tempat umum.
2. Rekaman siaran berita televisi atau radio yang
berhubungan dengan berbagai peraturan
perundang-undangan daerah.
3. Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra.
Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 33—34.
F. Penilaian
Teknik : tugas individu dan tugas kelompok.
Bentuk
Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap
(pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja (keberanian anak berbicara atau
mengungkapkan isi pikiran dan keaktifan diskusi kelompok).
Contoh Instrumen : Mengapa perlu dibuat peraturan perundang
undangan?
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : 1 (satu)
Bab 2
Kompetensi Dasar
2.2. Memberikan contoh peraturan
perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, antikorupsi, lalu
lintas, dan larangan merokok.
Indikator
1. Mengetahui tata urutan perundang-undangan di Indonesia.
2. Memahami kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang
berlaku di Indonesia berdasarkan hierarkinya.
Alokasi Waktu: 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mengetahui dan dapat menyebutkan tata urutan perundang-undangan di
Indonesia, serta memahami dan dapat menjelaskan kandungan dan fungsi
peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
B. Materi Ajar
1. Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia.
2. Contoh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1 Pendekatan Kontekstual.
2
Pendekatan Cooperative Learning.
3 Diskusi kelas dan diskusi kelompok.
4 Tanya jawab.
5 Ceramah.
6 Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan
rutin siswa sehari-hari yang biasanya dilakukan secara berurutan (misalnya
bangun pagi, lalu mandi, sekolah, pulang sekolah, bermain, lalu menyapu
halaman).
2. Kegiatan Inti
a) Guru mengajak siswa menyebutkan tata urutan
perundang-undangan yang berlaku di Indonesia
dengan suara lantang, secara bersama-sama dan berulang-ulang.
b) Guru menyiapkan kartu berisi tulisan nama
perturan perundang-undangan di Indonesia.
c) Guru mengacak urutan kartu itu, lalu siswa
mengurutkannya sesuai urutan yang benar.
d) Kegiatan tersebut dilakukan siswa secara
bergantian.
3. Kegiatan Penutup
a) Guru bertanya kepada siswa tentang
pengalaman belajar hari itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan
kompetensi dasar.
b) Guru dan siswa membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari, serta kesimpulan manfaat mempelajari materi tersebut.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran hari itu.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya kepada siswa tentang
pengalaman siswa memperhatikan peraturan larangan merokok di tempat umum,
larangan menginjak rumput di taman kota, atau larangan berjualan di tempat
tertentu.
2. Kegiatan Inti
a) Guru menyiapkan artikel yang mengandung
informasi tentang berbagai peraturan perundang-undangan daerah untuk bahan
diskusi (misalnya artikel tentang larangan merokok di tempat umum atau larangan
berjualan di tempat tertentu.
b) Guru
menyiapkan kelas diskusi dan membagi kelompok.
c) Siswa
mengundi artikel untuk kelompok mereka masing-masing.
d) Siswa
berdiskusi dengan pengawasan guru.
e)
Siswa melaporkan hasil dikusi.
3. Kegiatan Penutup
a) Guru bertanya kepada siswa tentang
pengalaman belajar hari itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan
kompetensi dasar.
b) Guru dan siswa membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari, serta kesimpulan manfaat mempelajari materi tersebut.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran hari itu.
E. Sumber/Bahan Belajar
1 Kartu berisi tulisan urutan tata perundang-undangan yang
berlaku di Indonesia.
2 Berbagai artikel di koran atau surat kabar tentang
berbagai peraturan perundang-undangan pusat dan daerah.
3 Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm.
35—42.
F. Penilaian
Teknik : tugas individu, tugas kelompok.
Bentuk Instrumen : penilaian
unjuk kerja (keberanian anak mengajukan diri untuk mengurutkan kartu dan
melaporkan hasil diskusi), penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat),
penilaian sikap, keterlibatan dalam diskusi.
Contoh Instrumen
:
1 UUD 1945 berfungsi sebagai ....
2 Apa akibat melanggar peraturan daerah yang berisi
larangan merokok di tempat umum?
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : I (Satu)
Semester : 2 (Dua)
Bab 3
Standar
Kompetensi
3. Memahami kebebasan berorganisasi.
Kompetensi Dasar
3.1. Mendekripsikan
pengertian organisasi
Indikator
1. Menjelaskan pengertian organisasi secara deskriptif.
2. Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
3. Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
4. Merumuskan contoh struktur organisasi.
5. Merumuskan contoh tata tertib organisasi.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi.
2. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
3. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
4. Siswa dapat menyebutkan contoh struktur organisasi.
5. Siswa dapat merumuskan contoh tata tertib organisasi.
B. Materi Ajar
1. Pengertian organisasi
2. Ciri-ciri organisasi.
a. Tujuan organisasi.
b. Anggota organisasi.
c. Struktur organisasi.
d. Tata tertib organisasi.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2.
Pendekatan Cooperative Learning.
3. Diskusi dengan teman sebangku.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya pada siswa tentang organisasi
yang ada di sekolah.
2. Kegiatan Inti
a)
Siswa mencoba membuat definisi kata “organisasi”.
b)
Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu mengundi namajenis-jenis organisasi
yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat untuk dibahas oleh tiap kelompok.
c)
Siswa mendiskusikan dan mencatat tujuan organisasi tersebut secara
tertulis.
e)
Siswa mendiskusikan dan mencatat siapa yang menjadi anggota dalam
organisasi tersebut.
f)
Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara lisan.
3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan dari
materi yang telah dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya pada siswa, peraturan apa saja
yang ada di sekolah, serta siapa yang akan menghukum siswa jika mereka
melanggar peraturan itu.
2. Kegiatan Inti
a)
Guru menyiapkan diagram besar berisi hierarki kepemimpinan di sekolah.
b)
Guru bertanya kepada siswa tentang fungsi tiap jabatan dalam hierarki
tersebut.
c)
Siswa menyiapkan pekerjaan yang telah dibuat dalam pertamuan sebelumnya.
d)
Siswa melanjutkan pekerjaan tersebut, yaitu membuat diagram hierarki
kepemimpinan/struktur organisasi yang telah mereka kerjakan pada pertemuan
sebelumnya.
e)
Siswa mendaftar sejumlah peraturan yang ia ketahui pada organisasi
tersebut.
f)
Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara lisan.
3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan dari
materi yang telah dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.
E. Sumber/Bahan Belajar
1 Gambar diagram struktur organisasi apa saja yang ada di
lingkungan sekolah.
2 Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra.
Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 60—62.
3 Lingkungan sekolah.
4 Masyarakat sekitar dan lingkungan kehidupan siswa di luar
sekolah.
G. Penilaian
Teknik : tugas individu.
Bentuk
Instrumen : penilaian lisan, penilaian unjuk kerja,
observasi.
Contoh Instrumen : Siapa
pemegang jabatan tertinggi di sekolahmu?
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : 2 (Dua)
Bab 3
Kompetensi Dasar
Menyebutkan
contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
Indikator
Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan
masyarakat.
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan berbagai macam organisasi di masyarakat, serta
menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan
tata tertib organisasi-organisasi tersebut.
B. Materi Ajar
Contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat, beserta tujuan, anggota, struktur, tata tertib, dan fungsi organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2.
Pendekatan Cooperative Learning.
3. Diskusi kelas.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya jawab kepada siswa tentang berbagai
organisasi yang ada di lingkungan tempat tinggal siswa atau organisasi apa saja
yang diketahui oleh siswa (misalnya posyandu, karang taruna, lembaga les piano,
atau klub sepak bola).
2. Kegiatan Inti
a) Siswa diajak menyebutkan berbagai organisasi yang ada di
lingkungan sekolah dan masyarakat.
b) Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang fungsi
organisasi-organisasi di sekolah dan masyarakat.
c) Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang manfaat
bergabung dengan sebuah organisasi di sekolah atau masyarakat.
d) Guru memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan 2
organisasi yang pernah, sedang, atau akan diikuti oleh siswa di lingkungan
sekolah dan masyarakat, atau organisasi apa pun yang diketahui siswa.
e) Siswa mengerjakan tugas.
f) Guru memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib yang
berlaku di kedua organisasi itu.
g) Siswa mengerjakan tugas.
h) Guru memeriksa pekerjaan siswa.
i)
3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan
kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah
dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya jawab kepada siswa tentang tugas yang telah
dikerjakan pada pertemuan sebelumnya.
2. Kegiatan Inti
a) Guru memperkenalkan beberapa narasumber,
yaitu pengurus sebuah organisasi yang ada di lingkungan sekolah atau
masyarakat.
b) Narasumber memperkenalkan diri, lalu
menjelaskan gambaran umum organisasi dan pengalaman singkat mengikuti oranisasi
itu.
c) Siswa mengajukan diri untuk bertanya tentang
tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib yang berlaku di organisasi itu, kemudian
narasumber menjawabnya.
d) Siswa mengajukan diri untuk bertanya tentang
manfaat bergabung dengan organisasi itu bagi masyarakat.
e) Guru menugaskan siswa menulis hal-hal yang
telah mereka tangkap dari pertanyaan siswa dan penjelasan narasumber.
f) Siswa mengerjakan tugas.
g) Guru memeriksa pekerjaan siswa.
3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian
indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari.
c) Guru memperingatkan siswa untuk memfotokopi
gambar halaman 69—73 pada buku teks, serta membawa pensil warna atau cryon pada
pertemuan selanjutnya.
d) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra.
Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 63—68.
2. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
3. Teman.
4. Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah
dan masyarakat.
5. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas
individu.
Bentuk Instrumen :
penilaian lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bertanya dan kreativitas
pertanyaan anak).
Contoh Instrumen :
1. Jelaskan perbedaan organisasi dan perkumpulan!
2. Sebutkan organisasi apa saja yang ada di sekolahmu!
3. Sebutkan organisasi masyarakat yang ada di sekitar
rumahmu!
__________,
_____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semeste :
2 (dua)
Bab 3
Kompetensi Dasar
3.3. Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di
sekolah.
Indikator
Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengenal organisasi, memilih organisasi untuk diikuti, dan menjelaskan alasan memilih organisasi
tersebut.
B. Materi Ajar
Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dan buruk dalam memilih dan
memanfaatkan organisasi yang ada di masyarakat.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1 Pendekatan Kontekstual.
2
Pendekatan Cooperative Learning.
3 Diskusi kelas.
4 Tanya jawab.
5 Ceramah.
6 Penugasan.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengawali pelajaran.
2. Kegiatan Inti
a) Siswa
menyiapkan pensil warna atau cryon, serta fotokopi gambar halaman 69—73.
b) Siswa memilih
gambar dan mewarnainya.
c) Siswa
menceritakan gambar dan alasan mememilih gambar.
d) Guru memeriksa
pekerjaan siswa.
3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1 Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra.
Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 69—73.
2 Teman.
3 Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
1.
F. Penilaian
Teknik : tugas
individu.
Bentuk Instrumen :
penilaian lisan (kemampuan menjelaskan isi gambar dan ketepatan alasan memilih
gambar), penilaian unjuk kerja (kerapian pewarnaan gambar).
Contoh Instrumen :
1 Apabila Robert bercita-cita menjadi penegak hukum, di
sekolah sebaiknya Robert bergabung dengan ....
2 Agar dapat mempelajari berbagai keterampilan untuk hidup
di alam terbuka, di sekolah sebaiknya Dina bergabung dengan ....
__________,
_____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semeste : II (Dua)
Bab 4
Standar
Kompetensi
Menghargai keputusan bersama.
Kompetensi Dasar
Mengenal
bentuk-bentuk keputusan bersama.
Indikator
1. Memahami definisi keputusan bersama
2. Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama.
3. Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan definisi keputusan bersama.
2. Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk keputusan bersama.
3. Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.
B. Materi Ajar
1 Pengertian keputusan bersama.
2 Bentuk-bentuk keputusan bersama.
3 Kemauan bermusyawarah untuk mufakat.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperative
Learning.
3. Diskusi dengan teman sebangku.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan
Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya kepada siswa tentang peraturan yang beraku
di rumah dan telah ditetapkan oleh oangtua, misalnya jam pulang sekolah, tugas
menyiram bunga, dan tanggung jawab memberi makan hewan peliharaan.
2. Kegiatan
Inti
a) Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengertian keputusan bersama, bentuk-bentuk keputusan bersama, dan
musyawarah untuk mufakat.
b) Siswa menuliskan pemahamannya tentang definisi keputusan
bersama pada secarik kertas, lalu mengumpulkannya kepada guru.
c) Seorang siswa membacakan semua definisi yang ditulis
teman, lalu semua siswa membahasnya bersama guru.
d) Siswa dan guru membuat generalisasi definisi keputusan
bersama berdasarkan definisi yang telah dibuat oleh tiap siswa.
e) Siswa menyebutkan jenis-jenis keputusan bersama, dan guru
menuliskannya di papan tulis.
f) Siswa maju ke depan kelas satu per satu, lalu menuliskan
satu manfaat tentang musyawarah dan mufakat.
3. Kegiatan Penutup
1 Guru dan siswa bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
2 Guru dan siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah
dipelajari.
3 Guru dan siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm.
82—87.
2. Orang tua.
3. Teman.
F. Penilaian
Teknik : tugas
individu.
Bentuk
Instrumen : penilaian sikap dan penilaian unjuk
kerja.
Contoh Instrumen : Mengapa keputusan bersama dianggap
penting?
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester :
II (Dua)
Bab 4
Kompetensi Dasar
4.2. Memahami keputusan bersama.
Indikator
1. Memahami definisi dan bentuk-bentuk keputusan bersama, serta musyawarah dan
mufakat.
2. Menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjalankan berbagai bentuk keputusan bersama, serta
melaksanakan hasil musyawarah.
2. Siswa dapat menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.
B. Materi Ajar
1. Reaksi terhadap keputusan bersama.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2.
Pendekatan Cooperative Learning.
3. Diskusi dengan teman sebangku.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b Guru bertanya kepada siswa tentang pengalaman menerima
peraturan yang ditetapkan oleh orangtua, misalnya tugas menjaga adik,
pembatasan waktu bermain, atau pengurangan jumlah uang jajan.
2. Kegiatan Inti
a) Guru meminta siswa berkonsentrasi
mendengarkan cerita/contoh kasus yang akan dibacakan oleh guru.
b) Guru membacakan soal nomor 1 halaman 90,
lalu meminta seorang anak untuk maju ke depan teman-teman dan menjawab pertanyaan
a.
c) Guru mengarahkan siswa lain untuk menanggapi
jawaban teman mereka, mengoreksi benar/salah, memberikan masukan/saran tentang
cara bersikap, serta memberikan persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman,
atau memuji keputusan teman dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
d) Guru meminta siswa yang lain untuk maju ke
depan teman-teman dan menjawab pertanyaan b.
e) Guru
mengarahkan siswa lain untuk menanggapi jawaban teman mereka, mengoreksi
benar/salah, memberikan masukan/saran tentang cara bersikap, serta memberikan
persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman, atau memuji keputusan teman
dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
f) Guru meminta siswa yang lain untuk maju ke
depan teman-teman dan menjawab pertanyaan c.
g) Guru mengarahkan siswa lain untuk menanggapi
jawaban teman mereka, mengoreksi benar/salah, memberikan masukan/saran tentang
cara bersikap, serta memberikan persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman,
atau memuji keputusan teman dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
h) Kegiatan ini berlaku seterusnya bagi soal
nomor 2 hingga 9.
3. Kegiatan Penutup
a Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan
kompetensi dasar.
b Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah
dipelajari.
c Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra.
Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 90—96.
2. Orangtua.
3. Teman.
4. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas individu.
Bentuk
Instrumen : penilaian sikap,
penilaian unjuk kerja, penilaian lisan.
Contoh Instrumen :
1. Di
kelasmu sedang ada pemilihan ketua kelas. Ada dua calon ketua kelas, yaitu kamu dan Robert. Kamu ingin menjadi ketua
kelas. Akan tetapi, wali kelasmu langsung memilih Robert sebagai ketua kelas.
a. Apa yang kamu rasakan ketika mendengar keputusan tersebut?
b. Apa pendapatmu tentang sikap wali kelasmu?
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP
sangat bermanfaat,ijin kopy,bos.trima kasih sebelumnya
BalasHapus