Rabu, 23 Mei 2012

Silabus SD PKn Kelas VI Semester I


SILABUS


Nama Sekolah                    :  SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran                   :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                                     :  VI
Semester                             :  1

STANDAR KOMPETENSI:
1.   Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrument

Contoh Instrument
1.1. Mendiskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Perjuangan Meraih Kemerdekaan.

 -   Indonesia dijajah oleh Bangsa Asing

·   Perlawanan rakyat di berbagai wilayah.

-  Membahas perjuangan-perjuangan



-Menyebutkan berbagai organisasi yang ada pada masa perjuangan bangsa Indonesia.
- mendiskripsi-kan nilai-nilai juang para pahlawan

-
Tugas individu
- Penilaian lisan.



- Penilaian tulis
Mencerita-kan mengapa Indonesia dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
2 x 35 (menit)
- Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.) hal 1-4, 4-11, 12-19.
- Teman
- Orang tua
- Koran. Dst.


-Kebangkitan Nasional.

·   Organisasi memperjuang-kan kemerdekaan


- Menyebutkan nama- nama para tokoh organisasi yang memperjuang-kan kemerdekaan.
- Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan Nasional.

- Penilaian sikap.




- Sumpah Pemuda.
·   Isi Sumpah Pemuda.


- Membahas isi Sumpah Pemuda.
- Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda.

- penilaian sikap






Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.2.  Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Proses perumusan Pancasila.

-    Persiapan Kemerdekaan Indonesia.






-    Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.





-    Perumusan Dasar Negara RI.





·          Isi perumusan Dasar Negara

- Membahas Persiapan Kemerdekaan  Indonesia.








-      Menyebutkan tokoh-tokoh pengurus Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdeka-an Indonesia.

-       Mengetahui proses perumusan Dasar Negara RI.


-       Menyebutkannama-nama para tokoh perumus Dasar Negara RI.

-       Menyebutkanisi rumusan tiap-tiap tokoh perumus Dasar Negara RI.



Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.



Menyebutkan isi perumusan Negara RI.
Tugas Individu
Penilaian unjuk kerja.










Penilaian tulisan.
Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
4 x 35 menit
- Buku Paket hal
4 -11.



Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

- Panitia Sembilan




·          Anggota Panitia Sembilan
- Menyebutkan nama-nama anggota Panitia Sembilan.

- Menyebutkan isi Piagam Jakarta.
-Menyebutkan isi Piagam Jakarta.








- Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
- Membahas Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.







- Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945

 Membahas isi Pancasila.
-  Menyebutkan isi Pancasila

-  Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila.






1.3. Meneladani nila-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan seharĂ­-hari
- Meneladani nila-nilai perjuangan
- Membaca dan mengamati gambar.





- Menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang tepat lalu mewarnainya.
- Menerapkan nila-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan seharĂ­-hari.
Tugas individu.
-       Penilain tulisan.





-      Penampi-lan sikap.



Robert melihat temannya berkelahi. Sikap yang seharusnya diambil Robert adalah….
2 x  35 menit.
Buku Paket

- Perjuangan membela kemerdekaan:
·      Persiapan kemerdekaan Indonesia.
·      Perumusan Dasar Negara RI.
·      Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945
·      Teladan para pejuang
- Menjawab ulangan berisi materi yang berkaitan dengan nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
- Tugas latihan.









-Ulangan harian.
-       Pilihan ganda.






-       Essai.


1.  Arti Pancasila adalah ....
a. tiga sila
b. empat sila
c. lima sila
d. enam sila



2 x 35 menit
Buku paket hal 23– 24.
























                 Mengetahui,                                                                                                                        ..., ................................................
              Kepala Sekolah                                                                                                    Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan



                ________________                                                                                                                                           __________________     
                NIP.                                                                                                                                                                        NIP.                       































Nama Sekolah                    : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran                   : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                                     : VI
Semester                             : 1

STANDAR KOMPETENSI:
2. Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia

Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian


Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/Bahan Belajar
2.1. Menjelaskan Proses Pemilu dan Pilkada.
Pemilihan Umum di Indonesia.



-        Arti dan asas Pemilihan Umum.



-        Pelaksana-an Pemilu.


-        Membahas proses Pemilihan Umum di Indonesia.



-        Membahas
Pelaksanaan Pemilu mulai dari Pemilu pertama sampai Pemilu 2004

-        Membahas perubahan tata cara pemilu tahun 2004.


-   Menceritakan  proses Pemilu di Indonesia.



-   Menyebutkan arti dan asas Pemilihan Umum di Indonesia.

-   Menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.

-      Menyebutkan tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004.
Tugas Individu

















Penilaian lisan.













Menjelas-kan mengapa di negara kita diadakan pemilihan umum.


4 x 35 menit

- Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.) hal 25 - 43
- Teman
- Orang tua
- Koran
- Museum

-    Proses Pemilu presiden dan wakil.

·       Komisi Pemilihan Umum.

·       Ketentuan Kampanye.



-         Membahas pemilihan presiden dan wakil presiden.

-         Membahas komisi Pemilihan Umum.



-         Menyebutkan ketentuan kampanye.

-          
-     Menyebutkan persyaratan calon presiden dan wakil presiden.

-    Menyebutkan daftar presiden RI.


-    Menyebutkan tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.















Penilaian tulisan



Mengapa pelaksanaan kampanye harus diatur sedemikian rupa?






Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

- Pemilihan Kepala Daerah

-         Membahas pemilihan Kepala Daerah.

-    Mengetahui larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye.


-        -    Menyebutkan aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah.
-         
-        -    Menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah (PP).











Tugas  berpasa
ngan







Penilaian tulisa










-Buatlah laporan proses pemilihan ketua kelas di sekolahmu.


2.2.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara Sesuai UUD 1945
Lembaga-lembaga Negara.








-        Majelis Permusyawa
ratan Rakyat (MPR).

-        Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

-        Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

-        Presiden.


-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
-    Membahas Lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen dan fungsinya masing-masing.




-    Mengetahui fungsi dan tugas-tugas MPR.



-    Membahas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).


-    Membahas DPD.



-    Menyebut-kan hasil amandemen UUD 1945 tentang kepresiden.

-Menyebut-kan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.





-    Menyebutkan wewenang MPR.



-    Menyebutkan tugas, fungsi, dan hak-hak DPR.


-    Menyebutkan tugas-tugas DPD.

-    Menyebutkan tugas-tugas legislatif Presiden bersama DPR.
-     
Tugas Individu
Penilaian tulisan.
Menjelas-kan mengapa dalam suatu negara diperlukan lembaga-lembaga negara (eksekutif, legislatif, dan yudikatif).
2 x 35 menit
- Buku paket.
- Koran.
- Majalah.
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen


-  Kekuasaan Kehakiman.

·    Mahkamah Agung (MA).

·    Mahkamah Konstitusi (MK).

·    Komisi Yudusial (KY).


-    Membahas Badan Pemeriksa Keuangan.






·   Membahas Mahkamah
Agung.

·    Membahas Mahkamah Konstitusi (MK).


Membahas Komisi Yudisial
-    Menyebutkan  tugas BPK






-    Menyebutkan tugas Mahkamah Agung (MA).

-   Menyebutkan kewenangan MK.

-    Menyebutkan fungsi Komisi Yudisial.






2.3. Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daearah.
Pemerintahan Pusat dan Daerah.

- Sistem Pemerintahan Pusat.










-  Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah.
-Membahas sistem pemerintahan pusat.

-Membahas Indonesia adalah Negara berdasarkan atas hukum.

- Menjelas kan sistem konstitusional.

- Menguraikan kedaulatan.

- Menjelaskan tugas Presiden.


-Membahas  tugas pemerintah.
- Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah pusat.












- Menyebutkan tugas masing-masing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
Tugas Kelompok
Penilaian tulisan
Mencerita-kan pengalaman tentang kampanye pemilu atau pilkada di daerah masing-masing.
2 x 35 menit
- Buku paket
- koran
- Majalah

-  Pemerintah Daerah.
Membahas otonomi daerah.
- Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah daerah.

- Menyebutkan perangkat daerah.






·     








Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen


Sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia:
·    Pemilihan Umum di Indonesia.

·    Proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada.

·    Lembaga-lembaga Negara.

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
-Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan Pemilihan Umum di Indonesia, proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada, lembaga-lembaga negara serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai Pemilihan Umum di Indonesia, proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada, lembaga-lembaga negara serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 
Ulangan harian.
- Pilihan    ganda.








Penilaian lisan atau tertulis (uraian).
1. Kekuasa-an tertinggi negara berada di tangan ...
a. DPR
b. MPR
c. Presiden
d. menteri

2. Apa yang dimaksud dengan pemilihan umum?
2 x 35 menit
  - Buku paket hal 26 – 68.
- Buku referensi lain.
- Orang tua.
  - Koran.




















Mengetahui,                                                                                                                         ...., .............................................
                     Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan


                      _______________                                                                                                                       ______________
                      NIP.                                                                                                                                                  NIP.
















Nama Sekolah                    : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran                   : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                                     : VI
Semester                             : 2

STANDAR KOMPETENSI:
3. Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu (menit)
Sumber/Bahan  Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1. Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.
1. Kerja sama antar negara di Asia Tenggara.



- Sejarah ASEAN.






- Membahas pengertian kerja sama di negara-negara ASEAN.

- Membahas sejarah terbentuknya ASEAN.

-Mengamati peta ASEAN.
- Menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.

- Menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.

- Menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.

Tugas berkelompok.
Penilaian tulisan.
Menggambar peta ASEAN.
4 x 35 menit
- Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.) hal 69-75.
- Teman.
- Orang tua.
- Koran.

- Lambang ASEAN.
- Mengamati gambar lambang ASEAN.
-  Menjelaskan arti lambang ASEAN.
Tugas individu.
Penilaian lisan.
Menjelaskan arti lambang ASEAN dengan kata-kata sendiri


- Tujuan pokok pembentukan  dan prinsip utama ASEAN.

Menyebutkan  tujuan pokok pembentukan ASEAN.






Dasar-dasar kerja sama untuk mencapai tujuan pokok.
Menyebutkan dasar-dasar kerja sama ASEAN.






Struktur Organisasi ASEAN.
Menyebutkan struktur organisasi ASEAN.






Struktur sekretariat ASEAN.
Membahas struktur sekretariat ASEAN.
-Menyebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.

-Menyebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN.





2.    Kerja sama Negara-negara ASEAN dalam berbagai bidang.

- Bidang politik dan keamanan.








- Membahas contoh-contoh kerja sama di bidang politik.








- Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
Tugas individu
Penilaian tulisan.
Menjelaskan mengapa ASEAN membentuk AFTA.

- Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.) hal 75- 82
- Teman
- Orang tua
- Koran

- Bidang ekonomi.
- Membahas bentuk kerja sama dibidang ekonomi.
- Menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.





- Bidang sosial budaya.

- Membahas bentuk kerja sama dibidang sosial budaya.
- Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.

- Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya.





3.2. Memberi-kan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
Peran Indonesia dalam lingkungan Negara-negara di Asia Tenggara.
Membahas peranan Indonesia dalam organisasi ASEAN.
Menyebutkan hasil peran aktif Indoneisa dalam ASEAN.
Tugas individu.
Penilaian tulisan.
Membuat karangan mengenai peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN.
2 x 35 menit.
- Buku paket hal  82-85.
  - Buku referensi lain.
- Koran.


-     Kerja sama negara-negara ASEAN.

-     Peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN.

Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN.
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN.
- Ulangan harian.
-Pilihan ganda









-Penilaian
lisan atau tertulis (uraian singkat).
1. KTT ASEAN pertama diadakan di ...
a. Bali
b. Bangkok
c. Singapura
d. Kuala    Lumpur


Jelaskan tujuan dibentuknya ASEAN.
2 x 35 menit
- Buku paket hal 86-90.
  - Buku referensi lain.
- Koran.

                  
  Mengetahui,                                                                                                       Jakarta, ........................................
                   Kepala Sekolah                                                                                                Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan



                ________________                                                                                                                           ________________
                NIP.                                                                                                                                                        NIP.























Nama Sekolah                    : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran                   : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                                     : VI
Semester                             : 2

STANDAR KOMPETENSI:
4. Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.

Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1. Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.



Politik Luar Negeri Bebas Aktif.

-    Corak politik luar negeri RI yang Bebas dan Aktif.

-    Tujuan politik luar negeri.

-    Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan rumusan politik luar negeri.


- Membahas politik negeri RI yang bebas dan aktif.

- Menjelaskan alasan mengapa Indonesia mengambil sikap netral.


- Menyebutkan tujuan politik luar negeri.

-Menjelaskan alasan sikap negara RI melaksanakan politik luar negeri bebas aktif.





-   Menyebutkan arti kebijakan Bebas-aktif.







-    Menyebutkan tujuan politik luar negeri.


-    Menyebutkan faktor yang menentukan perumusan politik luar negeri.




- Tugas individu.





















-       Penilaian lisan.
























Menjelaskan mengapa negara Indonesia melaksanakan politik luar negeri bebas aktif.
















2 x 35 menit

























- Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.) hal 91-96.
- Teman.
- Orang tua.
- Koran.














Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.2. Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan inter-nasional.
Peranan politik luar negeri RI dalam percaturan Internasional.

-     Konferensi Asia Afrika.










-     Gerakan Non Blok.

-     OKI.


-      APEC.




-      Membahas konferensi Asia Afrika.



-      Menyebutkan negara-negara anggota Konferensi Asia Afrika.


-      Membahas penyelenggaraan KTT Gerakan Non Blok.





-      Membahas OKI.


-      Menjelaskan peranan Indonesia dalam organisasi APEC.

-  Menyebutkan hasil politik bebas aktif RI di forum internasional.


-      Menyebutkan isi Dasasila Bandung.





-      Menjelaskan tujuan  dibentuknya gerakan Non Blok.


-      Menyebutkan syarat untuk menghadiri KTT Non Blok.

-      Menjelaskan tujuan terbentuknya OKI.

-      Menyebutkan tujuan terbentuknya APEC.








Tugas  individu.
-       Penilaian lisan.

-       Penilaian tulisan.


- Menjelaskan mengapa Indonesia bersikap aktif dalam memilihara perdamaian dunia.
4 x 35 menit
- Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.) hal 96-106.
- Teman.
- Orang tua.
- Koran.





-     Mengenal politik luar negeri Indonesia.

·   Politik luar negeri bebas aktif.

·   Peranan politik luar negeri RI dalam percaturan Internasio
Nal.



- Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional.



- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional.



-Ulangan harian.


-       Pilihan ganda.








-       Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).


- Politik luar negeri Indonesia adalah ...
a. bebas
b. terbuka
c. transparan
d. bebas dan aktif

- Jelaskan pengertian politik.


2 x 45 menit.

-   Buku paket hal.107-117
-   Buku referensi lain.
-   Orangtua
-   Koran.
 
Mengetahui,                                                                                                                                         ......., ..................................................
Kepala Sekolah                                                                                                                             Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan


                        ___________________                                                                                                                                                            ________________
                         NIP.                                                                                                                                                                                               NIP.                                                                                                                                       

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar