SILABUS
Nama
Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Kelas : VI
Semester : 1
STANDAR
KOMPETENSI:
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrument
|
Contoh Instrument
|
||||||||||||||||||
1.1. Mendiskripsikan nilai-nilai juang dalam proses
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
Perjuangan Meraih Kemerdekaan.
- Indonesia dijajah oleh Bangsa Asing
·
Perlawanan rakyat
di berbagai wilayah.
|
- Membahas
perjuangan-perjuangan
-Menyebutkan berbagai organisasi yang ada pada masa perjuangan bangsa
Indonesia.
|
- mendiskripsi-kan nilai-nilai juang para pahlawan
-
|
Tugas individu
|
- Penilaian lisan.
- Penilaian tulis
|
Mencerita-kan mengapa Indonesia dapat dijajah selama
ratusan tahun oleh bangsa asing.
|
2 x 35 (menit)
|
- Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.)
hal 1-4, 4-11, 12-19.
- Teman
- Orang tua
- Koran. Dst.
|
||||||||||||
|
-Kebangkitan Nasional.
· Organisasi memperjuang-kan kemerdekaan
|
- Menyebutkan nama- nama para tokoh organisasi yang memperjuang-kan kemerdekaan.
|
- Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan Nasional.
|
|
- Penilaian sikap.
|
|
|
|
||||||||||||
|
- Sumpah Pemuda.
· Isi Sumpah Pemuda.
|
- Membahas isi Sumpah Pemuda.
|
- Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda.
|
|
- penilaian sikap
|
|
|
|
||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||||||||
1.2. Menceritakan secara singkat
nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
Proses perumusan Pancasila.
- Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
- Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
- Perumusan Dasar Negara RI.
·
Isi perumusan Dasar
Negara
|
- Membahas Persiapan Kemerdekaan
Indonesia.
- Menyebutkan tokoh-tokoh pengurus Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan
Kemerdeka-an Indonesia.
- Mengetahui proses perumusan Dasar Negara RI.
- Menyebutkannama-nama para tokoh perumus Dasar Negara
RI.
- Menyebutkanisi rumusan tiap-tiap tokoh perumus Dasar
Negara RI.
|
Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses
Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Menyebutkan isi perumusan Negara RI.
|
Tugas Individu
|
Penilaian unjuk kerja.
Penilaian tulisan.
|
Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam rumusan
Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
|
4 x 35 menit
|
- Buku Paket hal
4 -11.
|
||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||||||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||||||||
|
- Panitia Sembilan
·
Anggota Panitia Sembilan
|
- Menyebutkan nama-nama anggota Panitia Sembilan.
- Menyebutkan isi Piagam Jakarta.
|
-Menyebutkan isi Piagam Jakarta.
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
|
- Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
|
- Membahas Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
|
- Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18
Agustus 1945
|
Membahas isi
Pancasila.
|
- Menyebutkan isi Pancasila
- Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila.
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
1.3. Meneladani nila-nilai juang para tokoh yang
berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam
kehidupan seharí-hari
|
- Meneladani nila-nilai perjuangan
|
- Membaca dan mengamati gambar.
- Menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang tepat
lalu mewarnainya.
|
- Menerapkan nila-nilai juang para tokoh perumus
Pancasila dalam kehidupan seharí-hari.
|
Tugas individu.
|
- Penilain tulisan.
-
Penampi-lan sikap.
|
Robert melihat temannya berkelahi. Sikap yang
seharusnya diambil Robert adalah….
|
2 x 35 menit.
|
Buku Paket
|
||||||||||||
|
- Perjuangan membela kemerdekaan:
· Persiapan kemerdekaan Indonesia.
· Perumusan Dasar Negara RI.
· Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945
· Teladan para pejuang
|
- Menjawab ulangan berisi materi yang berkaitan dengan
nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi
mengenai nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar
Negara.
|
- Tugas latihan.
-Ulangan harian.
|
- Pilihan ganda.
- Essai.
|
1. Arti Pancasila adalah ....
a. tiga sila
b. empat sila
c. lima sila
d. enam sila
|
2 x 35 menit
|
Buku paket hal 23– 24.
|
||||||||||||
Mengetahui, ...,
................................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
________________ __________________
NIP. NIP.
Nama
Sekolah : SEKOLAH DASAR
(SD)
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : VI
Semester : 1
STANDAR
KOMPETENSI:
2. Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
|
|
|||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||||||||||||
2.1. Menjelaskan Proses Pemilu dan Pilkada.
|
Pemilihan Umum di Indonesia.
-
Arti dan asas
Pemilihan Umum.
-
Pelaksana-an Pemilu.
|
-
Membahas proses
Pemilihan Umum di Indonesia.
-
Membahas
Pelaksanaan Pemilu mulai dari Pemilu pertama sampai Pemilu 2004
-
Membahas perubahan
tata cara pemilu tahun 2004.
|
- Menceritakan proses Pemilu di Indonesia.
- Menyebutkan arti dan asas Pemilihan Umum di
Indonesia.
- Menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di
Indonesia.
- Menyebutkan tiga tahapan
dalam pemilu tahun 2004.
|
Tugas Individu
|
Penilaian lisan.
|
Menjelas-kan mengapa di negara kita diadakan pemilihan
umum.
|
4 x 35 menit
|
- Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.)
hal 25 - 43
- Teman
- Orang tua
- Koran
- Museum
|
|||||||||
|
- Proses Pemilu presiden dan wakil.
·
Komisi Pemilihan Umum.
·
Ketentuan Kampanye.
|
-
Membahas pemilihan
presiden dan wakil presiden.
-
Membahas komisi Pemilihan Umum.
-
Menyebutkan ketentuan
kampanye.
-
|
- Menyebutkan persyaratan calon presiden dan wakil presiden.
- Menyebutkan daftar presiden RI.
- Menyebutkan tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
|
|
Penilaian tulisan
|
Mengapa pelaksanaan kampanye harus diatur sedemikian
rupa?
|
|
|
|||||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||||||||
|
- Pemilihan Kepala Daerah
|
-
Membahas pemilihan
Kepala Daerah.
|
- Mengetahui larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye.
-
- Menyebutkan aturan-aturan pemilihan
Kepala Daerah.
-
-
- Menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah
(PP).
|
Tugas berpasa
ngan
|
Penilaian tulisa
|
-Buatlah laporan proses pemilihan ketua kelas di
sekolahmu.
|
|
|
|||||||||
2.2.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara Sesuai UUD 1945
|
Lembaga-lembaga Negara.
-
Majelis Permusyawa
ratan Rakyat
(MPR).
-
Dewan Perwakilan
Rakyat (DPR).
-
Dewan Perwakilan
Daerah (DPD).
-
Presiden.
-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
|
- Membahas Lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen dan
fungsinya masing-masing.
- Mengetahui fungsi dan tugas-tugas MPR.
- Membahas
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
- Membahas
DPD.
- Menyebut-kan hasil amandemen UUD 1945 tentang kepresiden.
|
-Menyebut-kan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945
hasil amandemen.
-
Menyebutkan wewenang
MPR.
-
Menyebutkan tugas,
fungsi, dan hak-hak DPR.
-
Menyebutkan
tugas-tugas DPD.
-
Menyebutkan
tugas-tugas legislatif Presiden bersama DPR.
-
|
Tugas Individu
|
Penilaian tulisan.
|
Menjelas-kan mengapa dalam suatu negara diperlukan
lembaga-lembaga negara (eksekutif, legislatif, dan yudikatif).
|
2 x 35 menit
|
- Buku paket.
- Koran.
- Majalah.
|
|||||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||||||||
|
- Kekuasaan Kehakiman.
· Mahkamah Agung (MA).
· Mahkamah Konstitusi (MK).
· Komisi Yudusial (KY).
|
- Membahas Badan Pemeriksa Keuangan.
·
Membahas Mahkamah
Agung.
· Membahas Mahkamah Konstitusi (MK).
Membahas Komisi Yudisial
|
-
Menyebutkan tugas BPK
- Menyebutkan tugas Mahkamah Agung (MA).
- Menyebutkan kewenangan MK.
- Menyebutkan fungsi Komisi Yudisial.
|
|
|
|
|
|
|||||||||
2.3. Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan
pusat dan daearah.
|
Pemerintahan Pusat dan Daerah.
- Sistem Pemerintahan Pusat.
- Hubungan
Pemerintah Pusat dan Daerah.
|
-Membahas sistem pemerintahan pusat.
-Membahas Indonesia adalah Negara berdasarkan atas
hukum.
- Menjelas kan sistem konstitusional.
- Menguraikan kedaulatan.
- Menjelaskan tugas Presiden.
-Membahas tugas
pemerintah.
|
- Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah pusat.
- Menyebutkan tugas masing-masing antara pemerintah
pusat dan pemerintah daerah.
|
Tugas Kelompok
|
Penilaian tulisan
|
Mencerita-kan pengalaman tentang kampanye pemilu atau
pilkada di daerah masing-masing.
|
2 x 35 menit
|
- Buku paket
- koran
- Majalah
|
|||||||||
|
- Pemerintah Daerah.
|
Membahas otonomi
daerah.
|
- Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah daerah.
- Menyebutkan perangkat daerah.
|
|
|
|
|
|
|||||||||
·
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||||||||
|
Sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia:
· Pemilihan Umum di Indonesia.
· Proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada.
· Lembaga-lembaga Negara.
Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
|
-Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan
Pemilihan Umum di Indonesia, proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan
Pilkada, lembaga-lembaga negara serta pemerintah pusat dan pemerintah
daerah.
|
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi
mengenai Pemilihan Umum di Indonesia, proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden
dan Pilkada, lembaga-lembaga negara serta pemerintah pusat dan pemerintah
daerah.
|
Ulangan harian.
|
- Pilihan ganda.
Penilaian lisan atau tertulis
(uraian).
|
1. Kekuasa-an tertinggi negara berada di tangan ...
a. DPR
b. MPR
c. Presiden
d. menteri
2. Apa yang dimaksud dengan pemilihan umum?
|
2 x 35 menit
|
- Buku paket hal 26 – 68.
- Buku referensi lain.
- Orang tua.
- Koran.
|
|||||||||
Mengetahui, ....,
.............................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
_______________ ______________
NIP. NIP.
Nama
Sekolah : SEKOLAH DASAR
(SD)
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : VI
Semester : 2
STANDAR
KOMPETENSI:
3. Memahami peran Indonesia dalam lingkungan
negara-negara di Asia Tenggara.
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1. Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara
Asia Tenggara.
|
1. Kerja sama antar negara di Asia Tenggara.
- Sejarah ASEAN.
|
- Membahas pengertian kerja sama di negara-negara ASEAN.
- Membahas sejarah terbentuknya ASEAN.
-Mengamati peta ASEAN.
|
- Menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
- Menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
- Menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
|
Tugas berkelompok.
|
Penilaian tulisan.
|
Menggambar peta ASEAN.
|
4 x 35 menit
|
- Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.)
hal 69-75.
- Teman.
- Orang tua.
- Koran.
|
- Lambang ASEAN.
|
- Mengamati gambar lambang ASEAN.
|
- Menjelaskan arti lambang ASEAN.
|
Tugas individu.
|
Penilaian lisan.
|
Menjelaskan arti lambang ASEAN dengan kata-kata sendiri
|
|
|
|
- Tujuan pokok pembentukan dan prinsip utama ASEAN.
|
Menyebutkan
tujuan pokok pembentukan ASEAN.
|
|
|
|
|
|
|
|
Dasar-dasar kerja sama untuk mencapai tujuan pokok.
|
Menyebutkan dasar-dasar kerja sama ASEAN.
|
|
|
|
|
|
|
|
Struktur Organisasi ASEAN.
|
Menyebutkan struktur organisasi ASEAN.
|
|
|
|
|
|
|
|
Struktur sekretariat ASEAN.
|
Membahas struktur sekretariat ASEAN.
|
-Menyebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai
sekjen ASEAN.
-Menyebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN.
|
|
|
|
|
|
|
2. Kerja sama Negara-negara ASEAN dalam berbagai bidang.
- Bidang politik dan keamanan.
|
- Membahas contoh-contoh kerja sama di bidang politik.
|
- Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah
dicapai ASEAN dalam bidang politik.
|
Tugas individu
|
Penilaian tulisan.
|
Menjelaskan mengapa ASEAN membentuk AFTA.
|
|
- Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.) hal 75-
82
- Teman
- Orang tua
- Koran
|
|
- Bidang ekonomi.
|
- Membahas bentuk kerja sama dibidang ekonomi.
|
- Menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah
tercapai di bidang ekonomi.
|
|
|
|
|
|
|
- Bidang sosial budaya.
|
- Membahas bentuk kerja sama dibidang sosial budaya.
|
- Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat
hubungan sosial satu sama lain.
- Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan
kebudayaan negara anggotanya.
|
|
|
|
|
|
|
3.2.
Memberi-kan contoh peran Indonesia
dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
|
Peran
Indonesia
dalam lingkungan Negara-negara di Asia Tenggara.
|
Membahas
peranan Indonesia
dalam organisasi ASEAN.
|
Menyebutkan hasil peran aktif Indoneisa dalam ASEAN.
|
Tugas individu.
|
Penilaian tulisan.
|
Membuat karangan mengenai peran Indonesia dalam
lingkungan negara-negara ASEAN.
|
2 x 35 menit.
|
- Buku paket hal 82-85.
- Buku referensi lain.
- Koran.
|
|
- Kerja
sama negara-negara ASEAN.
- Peran Indonesia
dalam lingkungan negara-negara ASEAN.
|
Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan kerja sama Negara-negara ASEAN
dan peran Indonesia
dalam lingkungan negara ASEAN.
|
Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kerja sama Negara-negara
ASEAN dan peran Indonesia
dalam lingkungan negara ASEAN.
|
- Ulangan harian.
|
-Pilihan ganda
-Penilaian
lisan atau tertulis (uraian singkat).
|
1. KTT ASEAN pertama diadakan di ...
a. Bali
b. Bangkok
c. Singapura
d. Kuala Lumpur
Jelaskan tujuan dibentuknya ASEAN.
|
2 x 35 menit
|
- Buku paket hal 86-90.
- Buku referensi lain.
- Koran.
|
Mengetahui, Jakarta,
........................................
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
________________ ________________
NIP. NIP.
Nama
Sekolah : SEKOLAH DASAR
(SD)
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : VI
Semester : 2
STANDAR
KOMPETENSI:
4. Memahami
peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(Menit)
|
Sumber/Bahan
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1. Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang
bebas dan aktif.
|
Politik Luar Negeri Bebas Aktif.
- Corak politik luar negeri RI yang Bebas dan Aktif.
- Tujuan politik luar negeri.
- Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan rumusan politik luar
negeri.
|
- Membahas politik negeri RI yang bebas dan aktif.
- Menjelaskan alasan mengapa Indonesia mengambil sikap netral.
- Menyebutkan tujuan politik luar negeri.
-Menjelaskan alasan sikap negara RI melaksanakan
politik luar negeri bebas aktif.
|
- Menyebutkan arti kebijakan Bebas-aktif.
- Menyebutkan tujuan politik luar negeri.
- Menyebutkan faktor yang menentukan perumusan politik luar negeri.
|
- Tugas individu.
|
- Penilaian lisan.
|
Menjelaskan mengapa negara Indonesia melaksanakan
politik luar negeri bebas aktif.
|
2 x 35 menit
|
- Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.)
hal 91-96.
- Teman.
- Orang tua.
- Koran.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(Menit)
|
Sumber/Bahan
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.2. Memberikan contoh peranan politik luar negeri
Indonesia dalam percaturan inter-nasional.
|
Peranan politik luar negeri RI dalam percaturan
Internasional.
- Konferensi Asia Afrika.
- Gerakan Non Blok.
- OKI.
-
APEC.
|
-
Membahas konferensi
Asia Afrika.
-
Menyebutkan
negara-negara anggota Konferensi Asia Afrika.
-
Membahas
penyelenggaraan KTT Gerakan Non Blok.
-
Membahas OKI.
-
Menjelaskan peranan
Indonesia dalam organisasi APEC.
|
- Menyebutkan hasil politik bebas
aktif RI di forum internasional.
- Menyebutkan isi Dasasila Bandung.
- Menjelaskan tujuan dibentuknya
gerakan Non Blok.
- Menyebutkan syarat untuk menghadiri KTT Non Blok.
- Menjelaskan tujuan terbentuknya OKI.
- Menyebutkan tujuan terbentuknya APEC.
|
Tugas individu.
|
- Penilaian lisan.
- Penilaian tulisan.
|
- Menjelaskan mengapa Indonesia bersikap aktif dalam
memilihara perdamaian dunia.
|
4 x 35 menit
|
- Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.)
hal 96-106.
- Teman.
- Orang tua.
- Koran.
|
|
- Mengenal politik luar negeri Indonesia.
·
Politik luar negeri
bebas aktif.
·
Peranan politik luar
negeri RI dalam percaturan Internasio
Nal.
|
- Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan
politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI dalam
percaturan internasional.
|
- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi
mengenai politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI
dalam percaturan internasional.
|
-Ulangan harian.
|
- Pilihan ganda.
- Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).
|
- Politik luar negeri Indonesia adalah ...
a. bebas
b. terbuka
c. transparan
d. bebas dan aktif
- Jelaskan pengertian politik.
|
2 x 45 menit.
|
- Buku paket hal.107-117
- Buku referensi lain.
- Orangtua
- Koran.
|
Mengetahui, .......,
..................................................
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
___________________ ________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar