Minggu, 20 Mei 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 2A TEMA: KEPERLUAN MANUSIA


JARINGAN KD/INDIKATOR
 



































SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS  2A

TEMA: KEPERLUAN MANUSIA

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN/PENGALAMAN BELAJAR
ALKS WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN

1
2
3
4
5
6

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Mengetahui keperluan manusia.

·    Mengenali keperluan jasmani dan rohani.
·    Hidup hemat.
·    Bersikap lapang dada.

·    Bertanya jawab tentang segala keperluan manusia hidup sehari-hari.
·    Mengenali keperluan jasmani dan rohani.
·    Hidup hemat.
·    Bersikap lapang dada.

2 minggu
§  Standar Isi 2006 SD Mata Pelajaran Agama, PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan Orjaskes.
§  Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik Kelas IIA.
§  Buku Kerja Kelas IIA mata pelajaran Bhs Indonesia, IPA, IPS dan Matematika.
§  Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama, PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan Penjas.
§  Lingkungan sekitar (Rumah, RT/RW, Desa Sekolah)
§  Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006 untuk TK, SD/MI.
§ Lingkungan sekitar (Rumah RT/RW, Desa Sekolah).
§   Kerangka Dasar Kuriku lum 2004 untuk TK, SD/MI.

§  Penilaian Subeyktif
§  Penilaian Lisan
§  Penilaian Unjuk Kerja
§  Penilaian Produk
§  Penilaian Portofolio
§  Penilaian Tingkah laku
§  Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS
§  Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§  Mencatat aktivitas siswa dalam merespon pertanyaan.
§  Mengamati aktivitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§  Mengamati dan menilai siswa dalam mengungkapkan perasaannya dalam bercerita.
§  Mengamati dan men catat kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§  Mencatat aktivitas siswa dalam meres pon pertanyaan.
§  Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam merespon aktivitas di kelas.
§  Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam merespon aktivitas di kelas.
§  Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam merespon aktivitas di kelas.
IPS
Memanfaatkan benda-benda keperluan manusia sebagai sumber cerita.

§  Menyebutkan macam-macam keperluan manusia di dalam keluarga.
§  Mendeskripsikan keperluan manusia.
§  Membuat laporan sebagai hasil pengamatan.

·    Bertanya jawab tentang keperluan manusia.
·    Berdiskusi untuk menyebutkan macam-macam keperluan manusia di dalam keluarga.
·    Bekerja sama dalam kelompok untuk membuat laporan hasil pengamatan.


BAHASA INDONESIA

Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengankata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
Membaca: Menyimpulkan isi tek pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.

·    Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat.
·    Menjelaskan keperluan manusia.
·    Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
·    Menulis laporan dalam kelompok dengan menggunakan huruf capital dan tanda baca.
·    Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
·    Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.

·    Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat.
·    Menjelaskan keperluan manusia.
·    Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
·    Menulis laporan dalam kelompok dengan menggunakan huruf capital dan tanda baca.
·    Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
·    Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.








ILMU PENGETAHUAN ALAM

Mengidentifikasi hewan yang berguna dan berbahaya bagi manusia.
Mengidentifikasi benda-benda yang berubah wujud.

·    Memberi makna pada hasil pengamatan.
·    Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
·    Menyebutkan benda-benda yang berubah wujud.
·    Mengetahui pentingnya hidup bersih.
·    Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.

·    Mengamati gambar.
·    Bertanya jawab tentang makna gambar.
·    Berdiskusi tentang keperluan manusia.
·    Memberi makna pada hasil pengamatan.
·    Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan tentang kegunaan benda-benda bagi manusia.
·    Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.



§   Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam merespon aktivitas di kelas.
§   Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam  bercerita.
§   Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam merespon aktivitas di kelas.

MATEMATIKA

Menggunakan alat ukur untuk mengukur panjang benda.

·    Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
·      Mengukur panjang benda.
·      Mengukur benda dengan satuan baku yang sering digunakan.



·    Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
·      Mengukur panjang benda.
·      Mengukur benda dengan satuan baku yang sering di gunakan.




ORJASKES
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri

·    Melakukan permainan “Lari Pindah Air” di dalam kelompok
·    Bekerja sama dengan anggota kelompok untuk memenangakan permainan.

·    Melakukan permainan “Lari Pindah Air” di dalam kelompok
·    Bekerja sama dengan anggota kelompok untuk memenangakan permaina.



SENI-BUDAYA & KETERAMPILAN

Mengekspresikan diri dengan menggunakan plastisin.
Mengidentifikasi irama lagu.
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.

·      Membedakan cepat dan lambatnya ketukan.
·      Menyanyikan lagu sesuai dengan ketukan.
·      Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
·      Membuat bentuk benda-benda keperluan manusia dengan menggunakan plastisin.
·      Membuat cat warna baru untuk mewarnai hasil karya.

·      Membedakan cepat dan lambatnya ketukan.
·      Menyanyikan lagu sesuai dengan ketukan.
·      Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
·      Membuat bentuk benda-benda keperluan manusia dengan menggunakan plastisin.
·      Membuat cat warna baru untuk mewarnai hasil karya.





RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 1, 2, 3 , dan 4
TEMA                                              : KEPERLUAN MANUSIA
KELAS /SEMESTER                       : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU                                           : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR
§  Mengetahui keperluan manusia (PKn).
§  Memanfaatkan benda-benda keperluan manusia sebagai sumber cerita (IPS).
§  Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§  Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§  Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
§  Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
§  Mengidentifikasi hewan yang berguna dan berbahaya bagi manusia (IPA).
§  Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.
§  Menggunakan alat ukur untuk mengukur panjang benda (MAT).
§  Mengekspresikan diri dengan menggunakan plastisin (SE-BUD).
§  Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§  Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).


II.   INDIKATOR
§ Mengenali keperluan jasmani dan rohani.
§ Hidup hemat.
§ Bersikap lapang dada.
§ Menyebutkan macam-macam keperluan manusia di dalam keluarga.
§ Mendeskripsikan keperluan manusia.
§ Membuat laporan sebagai hasil pengamatan.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat (BI).
§ Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§ Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
§ Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§ Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca
§ Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan.
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
§ Menyebutkan benda-benda yang berubah wujud.
§ Mengetahui pentingnya hidup bersih.
§ Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
§ Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§ Mengukur panjang benda.
§ Mengukur benda dengan satuan baku yang sering di gunakan.
§ Membedakan cepat dan lambatnya ketukan (SE-BUD&KETRM).
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan ketukan.
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§ Melakukan permainan ”Lari Pindah Air” dalam kelompok (ORJASKES).
§ Bekerja sama dengan anggota kelompok untuk memenangakan permainan.


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Di Ladang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§  Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Keperluan Manusia).




2.   Kegiatan Inti
1)        Bertanya jawab tentang makna syair lagu, misalnya:
§  Mengapa anak bisa sehat?
§  Dan bagaimana supaya sehat?
§  Yaitu harus makan setiap hari dan
§  vitamin cukup,
§  minum susu
§  makan buah
§  makan 4 sehat lima sempurna setiap hari.
2)        Bagaimana supaya semua itu dapat tercukupi? Yaitu setiap hari orang tua harus bekerja memenuhi keperluan hidupnya (BI, PKn, IPS, Mat, IPA).
3)        Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 96 dan menugaskan siswa membaca teks/bacaannya secara bergantian tentang topik “Keperluan akan Makanan”.
4)        Siswa diajak bertanya jawab secara klasikal tentang kebutuhan hidup sehari-hari (misalnya semua orang perlu makan.
5)        Makanan pokok kita adalah nasi,
§  nasi berasal dari beras,
§  beras ditanam oleh pak tani,
§  yang menanam dan memanen adalah buruh tani dalam bentuk padi,
§  padi digiling supaya jadi beras,
§  beras dimasak oleh ibu,
§  Ibu dibantu oleh anak-anak atau oleh bibi.
§  Kita semua perlu minum susu supaya sehat,
§  susu berasal dari sapi
§  sapi yang dipelihara oleh peternak sapi (BI, PKn,  IPS, Mat, IPA).
§  dan sebagainya
6)        Kita semua perlu makan nasi yang ditanam oleh petani. Petani juga perlu minum susu yang berasal dari sapi yang dipelihara oleh peternak. Jadi kita saling membutuhkan. Bapak perlu makan, karena itu bapak bekerja. Ibu yang memasak nasi, bapak dan ibu saling membutuhkan dan saling membantu.
7)        Bagian “Cakrawala” siswa diberi penjelasan tentang banyaknya keperluan manusia. Dari sekian banyak keperluan itu dapat dibagi dalam 2 jenis keperluan yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rokhani (BI, PKn,  IPS, Mat, IPA).
8)        Kebutuhan jasmani yang berhubungan dengan tubuh seperti makan, minum, pakaian, tempat tinggal (sandang, pangan, papan). Sedangkan kebutuhan rohani berhubungan dengan pikiran, hati, perasaan, ibadah, rekreasi dsb. (BI, PKn, IPS, Mat, IPA).
9)        Kebutuhan manusia sangatlah banyak, dulu manusia belum mengenal uang. Untuk memenuhi kebutuhannya dulu manusia saling bertukar barang misalnya pak tani perlu susu tetapi dia punya beras, maka susu ditukar dengan beras. Itu namanya barter. Tetapi sekarang ini kita semua sudah mengenal uang, maka untuk memenuhi keperluannya manusia akan memenuhinya dengan cara membeli dengan uang (BI, PKn, IPS, Mat, IPA).
10)     Siswa dikelompokkan dengan menggunakan teknik mencari pasangan (Pendekatan Cooperative Learning) dengan langkah, guru menyiapkan kartu: (kartu-kartu ini hanya untuk mengelompokkan siswa sambil berdinamika)
§  Kartu 1 gambar sapi perah
§  Kartu 2 gambar peternak membawa timba untuk tempat susu
§  Kartu 3 gambar petani memegang tanaman padi untuk ditanam
§  Kartu 4 gambar sawah terhampar luas
§  Kartu 5 tulisan petani
§  Kartu 6 tulisan peternak
§  Kartu 7 tulisan sawah
§  Kartu 8 menanam padi
11)     Setelah semua siswa tergabung dalam kelompok, siswa ditugaskan untuk mengamati gambar di hal 97 dan membaca bacaan bagian “Ajang Pendapat”. Semua kelompok ditugaskan mendiskusikan apa makna dari gambar tersebut (BI, PKn,  IPS, Mat, IPA).
12)     Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya di depan kelas dan dibahas secara klasikal.
13)     Guru memberikan klarifikasi  dengan mengacu pada hasil diskusi siswa.
14)     Siswa diberi kesempatan untuk membaca puisi dalam hati setelah itu siswa (yang berani) diminta untuk membaca puisi di depan kelas (guru memberikan penguatan dan pelurusan pada intonasi bacaannya).
15)     Siswa diminta mengamati gambar di hal 99 dan 100 tentang topik “Perlunya Hidup Bersih”. Menugaskan siswa berkelompok dan membaca teks/bacaan bergantian dengan siswa lain dalam kelompoknya.
16)     Bertanya jawab tentang makna teks secara klasikal dilanjutkan dengan memanggil beberapa siswa (satu kelompok maju kedepan saling berhadapan kemudian masing-masing siswa bercerita isi teks yang dibacanya.
17)     Siswa lain diberi kesempatan untuk menyanggah atau bertanya apakah yang diceritakan temannya di depan kelas tersebut sudah sama dengan isi teks yang sebenarnya. Kalau memang sudah cocok dilanjutkan dengan laporan setiap kelompok, mengapa manusia perlu hidup bersih (BI, PKn, IPS, Mat, IPA).
18)     Melaksanakan penilaian lisan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dengan singkat antara lain:
§  Acara yang sedang diadakan Adi?
§  Apa saja hiasan yang dipakai
§  Siapa saja yang membantu membuka kado?
§  Siapa yang meniup lilin?
§  Rumah kotor siapa yang membersihkan rumah?
§  Apa saja yang dilakukan supay arumah menjadi bersih?
§  Apa yang dilakukan ibu?
§  Apakah menggunakan listrik?
§  Dan sebagainya
19)     Guru melanjutkan dengan kegiatan dikte. Dengan kalimat di halaman 101 yang harus ditulis oleh semua siswa, dan hasil tulisan dikumpulkan untuk dinilai.
20)     Terakhir semua siswa diminta menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 113) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§  Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§  Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§  Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§  Gambar-gambar tentang Keperluan manusia dalam bidang makanan dan hidup bersih.
§  Lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat.
§  Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§  Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V.   PENILAIAN
§  Penilaian Lisan (dalam proses).
§  Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§  Penilaian Produk.
§  Penilaian Portofolio.
§  Penilaian Tertulis Obyektif.
§  Penilaian Tertulis Subyektif.
§  Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§  Penilaian Buku Kerja Tematik terbutan ESIS.






Mengetahui,                                                                                 


Kepala Sekolah                                                                                             Guru Kelas 2



























RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 5, 6, 7, dan 8
TEMA                                              : KEPERLUAN MANUSIA
KELAS /SEMESTER                       : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU                                           : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR
§  Mengetahui keperluan manusia (PKn).
§  Memanfaatkan benda-benda keperluan manusia sebagai sumber cerita (IPS).
§  Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§  Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§  Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
§  Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
§  Mengidentifikasi hewan yang berguna dan berbahaya bagi manusia (IPA).
§  Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.
§  Menggunakan alat ukur untuk mengukur panjang benda (MAT).
§  Mengekspresikan diri dengan menggunakan plastisin (SE-BUD).
§  Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§  Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).


II.   INDIKATOR
§ Mengenali keperluan jasmani dan rohani.
§ Hidup hemat.
§ Bersikap lapang dada.
§ Menyebutkan macam-macam keperluan manusia di dalam keluarga.
§ Mendeskripsikan keperluan manusia.
§ Membuat laporan sebagai hasil pengamatan.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat (BI).
§ Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§ Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
§ Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§ Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca
§ Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan.
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
§ Menyebutkan benda-benda yang berubah wujud.
§ Mengetahui pentingnya hidup bersih.
§ Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
§ Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§ Mengukur panjang benda.
§ Mengukur benda dengan satuan baku yang sering di gunakan.
§ Membedakan cepat dan lambatnya ketukan (SE-BUD&KETRM).
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan ketukan.
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§ Melakukan permainan ”Lari Pindah Air” dalam kelompok (ORJASKES).
§ Bekerja sama dengan anggota kelompok untuk memenangakan permainan.


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Di Ladang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§  Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Keperluan Manusia).




2.   Kegiatan Inti
1)        Semua siswa diminta mengamati gambar di hlaman 101 (dalam “Cakrawala”) dan Guru menjelaskan keperluan manusia dan proses perputaran segala keperluan manusia).
2)        Siswa diminta mengamati gambar di hal 102 macam-macam hewan datar, dan membaca teks/bacaan petunjuk ajang pendapat (BI, (BI, PKn, IPS, Mat, IPA).
3)        Siswa dikelompokkan dengan teknik berpikir berpasangan: dengan langkah:
§  Materi diinformasikan tentang hewan yang berguna untuk memenuhi salah satu keperluan manusia.
§  Siswa diberi kesempatan untuk menulis hewan apa saja yang berguna bagi manusia (yang menguntungkan dan yang merugikan).
§  Semua siswa diminta untuk berpasangan dengan teman sebangkunya.
§  Kelompok yang telah berpasangan mendiskusikan materi hewan yang menguntungkan dan yang merugikan bagi manusia.
§  Materi dikembangkan oleh masing-masing kelompok (diserahkan kelompok) misalnya hewan dikatagorikan terdiri dari hewan darat, laut dan udara.
§  Masing-masing kelompok melapotrkan hasil diskusinya.
§  Kelompok yang lain memberikan tanggapan, bisa bertanya atau melengkapi.
4)        Bertanya jawab tentang kebutuhan manusia terhadap energi dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa di rumah  misalnya:
§  setiap pagi harus makan dulu sebelum berangkat ke sekolah,
§  supaya badan tetap kuat dan sehat, belajar bisa konsentrasi,
§  bisa menjadi pandai karena energi terpenuhi,
§  Kalau tidak makan badan menjadi lemas tidak punya daya kekuatan tetapi,
§  kalau makan terlalu banyak juga tidak baik, badan menjadi tidak kuat bergerak, karena itu untuk memenuhi energi harus makan secukupnya, yang penting kebutuhan tubuh terpenuhi (BI, PKn,  IPS, Mat, IPA).
5)        Siswa diajak berdinamika dengan cara tepuk pramuka dan tepuk tangan  berirama dengan tiga macam tepukan, (keras, sedang dan lemah) untuk tepuk tangan ini supaya terdengar bagus:
§  harus kompak,
§  serempak,
§  supaya dapat kompak harus ada aba-aba ,
§  dikaitkan dengan kebersamaan kita semua,
§  kalau ingin hidup kita serasi,
§  dan harus kompak,
§  haruslah rukun,
§  saling bekerjasama,
§  saling membantu,
§  karena kita tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain) (BI, PKn,  IPS, Mat, IPA, Seni-Budaya, Orjas).
6)        Guru memberikan  penjelasan tentang perlunya energi bagi manusia untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk belajar, berolah raga, bermain, bekerja dsb yang berasal dari makanan. Di rumah juga perlu energi.
7)        Peralatan rumah tangga juga perlu energi. Energi peralatan rumah tangga dapat berasal dari bahan bakar api, dari listrik, cahaya matahari dsb.
8)        Bertanya jawab tentang peralatan rumah tangga yang dimiliki oleh siswa di rumah, kalau ibu memasak memakai apa (kayu, kompor minyak gas, kompor gas, listrik dsb) semua itu adalah keperluan manusia.
9)        Siswa dibagi dalam kelompok  kecil dan ditugaskan untuk berdiskusi membahas energi apa saja yang dikenal dan diketahui sehari-hari dalam kehidupan baik di rumah di sekolah maupun di lingkungan sekitar. Hasil diskusi dilaporkan kepada guru.
10)     Siswa ditugaskan untuk membawa plastisin dan diminta untuk  membuat macam-macam bentuk  benda keperluan manusia yang diperlukan sehari-hari (Ekspresikan dirimu).
11)     Guru memberikan penjelasan bahwa wujud benda dapat berubah (Cakrawala halaman 104) dan selanjutnya mengajak semua siswa bertanya jawab untuk membahas benda-benda apa saja yang dapat berubah bentuk. Misalny:
§  Lilin kalai dipanaskan akan meleleh
§  Es batu kalau dipanaskan akan meleleh
§  Coklat kalau kena panas akan mencair
§  Mentega
§  Dan sebagainya (BI, PKn,  IPS, Mat, IPA).
12)     Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 113) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    .    Kegiatan Akhir/Penutup
§  Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§  Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§  Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§  Gambar-gambar tentang Keperluan manusia dalam bidang makanan dan hidup bersih.
§  Lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat.
§  Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§  Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V.   PENILAIAN
§  Penilaian Lisan (dalam proses).
§  Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§  Penilaian Produk.
§  Penilaian Portofolio.
§  Penilaian Tertulis Obyektif.
§  Penilaian Tertulis Subyektif.
§  Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§  Penilaian Buku Kerja Tematik terbutan ESIS.





Mengetahui,                                                                                 


Kepala Sekolah                                                                                                             Guru Kelas 2














































RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 9, 10, 11, dan 12
TEMA                                              : KEPERLUAN MANUSIA
KELAS /SEMESTER                       : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU                                           : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR
§  Mengetahui keperluan manusia (PKn).
§  Memanfaatkan benda-benda keperluan manusia sebagai sumber cerita (IPS).
§  Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§  Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§  Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
§  Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
§  Mengidentifikasi hewan yang berguna dan berbahaya bagi manusia (IPA).
§  Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.
§  Menggunakan alat ukur untuk mengukur panjang benda (MAT).
§  Mengekspresikan diri dengan menggunakan plastisin (SE-BUD).
§  Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§  Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).


II.   INDIKATOR
§ Mengenali keperluan jasmani dan rohani.
§ Hidup hemat.
§ Bersikap lapang dada.
§ Menyebutkan macam-macam keperluan manusia di dalam keluarga.
§ Mendeskripsikan keperluan manusia.
§ Membuat laporan sebagai hasil pengamatan.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat (BI).
§ Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§ Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
§ Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§ Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca
§ Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
§ Memberi makna pada hasil pengamatan.
§ Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
§ Menyebutkan benda-benda yang berubah wujud.
§ Mengetahui pentingnya hidup bersih.
§ Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
§ Menyusun bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§ Mengukur panjang benda.
§ Mengukur benda dengan satuan baku yang sering di gunakan.
§ Membedakan cepat dan lambatnya ketukan (SE-BUD&KETRM).
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan ketukan.
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§ Melakukan permainan ”Lari Pindah Air” dalam kelompok (ORJASKES).
§ Bekerja sama dengan anggota kelompok untuk memenangakan permainan.


III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Di Ladang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§  Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Keperluan Manusia).





2.   Kegiatan Inti
1)        Siswa diberi penjelasan tentang irama lagu dalam satu pola irama, ada bunyi panjang, dan ada bunyi pendek. Tinggi rendahnya bunyi disebut anada atau not (do re mi fa sol la si do) setiap not mempunyai nilai.
2)        Bagian “Ayo Bernyanyi” Semua siswa diajak menyanyikan lagu “Di Ladang” dengan irama dan nada sesuai dengan tempo dan dinamiknya. Setelah selesai menyanyi bersama, dialnjutkan menyanyi per kelompok, dan kelompok mana yang paling bagus akan mendapat hadiah.
3)        Bagian “Ayo Bercerita” semua siswa secara individu ditugaskan mengarang cerita kehidupannya sehri-hari yang terkait dengan keperluan manusia (sebagaimana yang telah dipelajari selama beberapa pertemuan).
4)        Kemudian memanggil siswa secara bergantian untuk bercerita di depan kelas atau membaca hasil karangannya (BI, PKn, IPS, Mat, IPA).
5)        Bagian “Cakrawala” guru menjelaskan macam-macam cat warna untuk berbagai keperluan manusia, misalnya untuk mengecat tembok, kayu, kursi, almari, mobil dsb. Cat warna bisa dilakukan campuran cat sehingga menghasilkan warna baru. Siswa ditugaskan untuk membawa cat warna.
6)        Bagian “Ekspresikan Dirimu” semua siswa ditugaskan untuk membaca petunjuk pembuatan cat warna dari bahan alami. Kemudian membuat campuran sebagaimana dalam kolom bagian bawah di hal 108. Hasil pekerjaan siswa dikumpulkan kepada guru. (BI, PKn,  IPS, Mat, IPA, Seni Budaya)
§  Warna kuning dicampur dengan merah menjadi warna ……………
§  Warna merah dicampur dengan biru menjadi warna ……………
§  Warna biru dicampur dengan kuning menjadi warna ……………
§  Warna kuning dicampur dengan kuning  menjadi warna ……………
§  Cobalah campuran yang lain
7)        Bagian “Ayo Berhitung” Semua siswa ditugaskan mengerjakan dengan teman sebangkunya soal bagian A, B dan C di hal 108 dan109. Semua siswa mengerjakan di bukunya sendiri secara individu dan hasil  pekerjaan siswa dikumpulkan (BI, PKn & PS, Mat)
§  Menulis angka ratusan
§  Mengukur panjang benda
8)        Bagian “Ayo Bermain “, semua siswa diminta mengamati gambar di hal 93 dan membaca teks/bacaannya. Kemudian mengajak semua siswa untuk keluar kelas melakukan permainan tersebut dengan cara sebagai berikut :
9)        Siswa dibagi dalam kelompok dengan masing-masing beranggotakan 4 anak.
10)     Tetapkan waktu permainan (misalnya 2 menit untuk setiap sesi
11)     Siapkan 1 ember plastik , 1 botol plastik berukuran 2 liter yang diisi zat pewarna dan 3 gelas plastik untuk setiap kelompok.. Isi ember di setiap kelompoknya harus sama
12)     Tentukan titik awal permainan untuk setiap kelompok. Letakkan ember di titik tersebut. Tentukan juga titk akhir permainan untuk setiap kelompok. Letakkan botol plastik di titik tersebut.
13)     Tentukan 2 pemain (pemain pertama dan pemain kedua). Dari setiap kelompok yang akan menjaga titik awal. Dua pemain lainnya (pemain ketiga dan keempat) menjaga di titik akhir.
14)     Pemain pertama membawa satu gelas air. Pemain pertama harus menyerahkan air pada pemain ketiga. Pemain ketiga memasukkan air kedalam botol. Pemain pertama lari kembali ke titik awal
15)     Begitu pemain pertama menyerahkan gelas, pemain kedua menyusul dan memberikan gelasnya pada pemain keempat. Kemudian ia harus lari sambil membawa gelas yang sudah kosong kembali ke titik awal. Demikian seterusnya hingga waktu habis. Kelompok yang paling banyak mengisikan air ke dalam botol menjadi pemenangnya.
16)     Bagian “Budi Pekerti” Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 113 dan membaca petunjuk Budi Pekerti serta menyalinnya di bukunya sendiri.
17)     Bertanya jawab tentang sikap dan perilaku budi pekerti, apakah siswa sudah melakukan semua petunjuk budi pekerti tersebut. Kalau belum sebaiknya mulai sekarang siswa harus melakukan petunjuk tersebut.
18)     Bagian “Ayo Belajar” semua siswa secara indoividu ditugaskan untuk mengerjakan soal di hal 114 115, dan 116
19)     Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 113) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.


.    3.  Kegiatan Akhir/Penutup
§  Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§  Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§  Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§  Gambar-gambar tentang Keperluan manusia dalam bidang makanan dan hidup bersih.
§  Lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat.
§  Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§  Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V.   PENILAIAN
§  Penilaian Lisan (dalam proses).
§  Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§  Penilaian Produk.
§  Penilaian Portofolio.
§  Penilaian Tertulis Obyektif.
§  Penilaian Tertulis Subyektif.
§  Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§  Penilaian Buku Kerja Tematik terbutan ESIS.




Mengetahui,                                                                                 


Kepala Sekolah                                                                                                             Guru Kelas 2




Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai dengan cara:
§  Menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang sudah dirancang.
§  Semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur pencapaian indikator.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar