JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 2A
TEMA: KEPERLUAN MANUSIA
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN/PENGALAMAN
BELAJAR
|
ALKS
WAKTU
|
SARANA
DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Mengetahui keperluan manusia.
|
· Mengenali keperluan jasmani dan rohani.
· Hidup hemat.
· Bersikap lapang dada.
|
· Bertanya jawab tentang segala
keperluan manusia hidup sehari-hari.
· Mengenali keperluan jasmani dan rohani.
· Hidup hemat.
· Bersikap lapang dada.
|
2
minggu
|
§
Standar Isi 2006 SD Mata Pelajaran
Agama, PKn, IPS, Bhs
§ Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan
Pendekatan Tematik Kelas IIA.
§ Buku Kerja Kelas IIA mata pelajaran Bhs Indonesia, IPA,
IPS dan Matematika.
§ Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama,
PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan
Penjas.
§ Lingkungan sekitar (Rumah, RT/RW, Desa Sekolah)
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006 untuk TK,
SD/MI.
§ Lingkungan sekitar (Rumah RT/RW, Desa Sekolah).
§ Kerangka Dasar
Kuriku lum 2004 untuk TK, SD/MI.
|
§
Penilaian Subeyktif
§
Penilaian Lisan
§
Penilaian Unjuk Kerja
§
Penilaian Produk
§
Penilaian Portofolio
§
Penilaian Tingkah laku
§ Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS
§ Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti
pelajaran.
§
Mencatat aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan.
§ Mengamati aktivitas
siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Mengamati dan menilai
siswa dalam mengungkapkan perasaannya dalam bercerita.
§ Mengamati dan men catat kesiapan siswa dalam mengikuti
pelajaran.
§
Mencatat aktivitas siswa dalam meres
pon pertanyaan.
§ Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam
merespon aktivitas di kelas.
§ Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam
merespon aktivitas di kelas.
§ Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam
merespon aktivitas di kelas.
|
IPS
Memanfaatkan
benda-benda keperluan manusia sebagai sumber cerita.
|
§
Menyebutkan macam-macam keperluan
manusia di dalam keluarga.
§
Mendeskripsikan keperluan manusia.
§
Membuat laporan sebagai hasil
pengamatan.
|
·
Bertanya jawab tentang keperluan manusia.
·
Berdiskusi untuk menyebutkan macam-macam
keperluan manusia di dalam keluarga.
·
Bekerja sama
dalam kelompok untuk membuat laporan hasil pengamatan.
|
|
||
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan:
Menyebutkan kembali dengankata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
Berbicara:
Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang
lain.
Membaca:
Menyimpulkan isi tek pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca
lancer.
Menulis:
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
|
· Menggunakan kalimat tanya
untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat.
· Menjelaskan keperluan manusia.
· Menceritakan isi teks yang
dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
· Menulis laporan dalam
kelompok dengan menggunakan huruf capital dan tanda baca.
· Menulis kalimat sederhana
yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
· Menulis menggunakan huruf
sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
|
· Menggunakan kalimat tanya
untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat.
· Menjelaskan keperluan manusia.
· Menceritakan isi teks yang
dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
· Menulis laporan dalam
kelompok dengan menggunakan huruf capital dan tanda baca.
· Menulis kalimat sederhana
yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
· Menulis menggunakan huruf
sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
|
|
||
|
|
|
|
|
|
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Mengidentifikasi
hewan yang berguna dan berbahaya bagi manusia.
Mengidentifikasi
benda-benda yang berubah wujud.
|
· Memberi makna pada hasil pengamatan.
· Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk
menjawab pertanyaan.
· Menyebutkan benda-benda yang
berubah wujud.
· Mengetahui pentingnya hidup
bersih.
·
Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
|
· Mengamati gambar.
· Bertanya jawab tentang makna
gambar.
· Berdiskusi tentang keperluan
manusia.
· Memberi makna pada hasil pengamatan.
· Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk
menjawab pertanyaan tentang kegunaan benda-benda bagi manusia.
·
Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
|
|
|
§ Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam
merespon aktivitas di kelas.
§ Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita.
§ Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam
merespon aktivitas di kelas.
|
MATEMATIKA
Menggunakan alat ukur untuk mengukur panjang
benda.
|
· Menyusun bilangan-bilangan
dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
·
Mengukur
panjang benda.
·
Mengukur benda dengan satuan baku yang sering digunakan.
|
· Menyusun bilangan-bilangan
dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
·
Mengukur
panjang benda.
·
Mengukur benda dengan satuan baku yang sering di gunakan.
|
|
|
|
ORJASKES
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
|
·
Melakukan permainan “Lari Pindah Air” di dalam kelompok
·
Bekerja sama dengan anggota kelompok untuk memenangakan permainan.
|
·
Melakukan permainan “Lari Pindah Air” di dalam kelompok
·
Bekerja sama dengan anggota kelompok untuk memenangakan permaina.
|
|
|
|
SENI-BUDAYA
& KETERAMPILAN
Mengekspresikan diri dengan menggunakan plastisin.
Mengidentifikasi irama lagu.
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
|
· Membedakan cepat dan lambatnya ketukan.
· Menyanyikan lagu sesuai dengan ketukan.
·
Menyanyikan
lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
·
Membuat bentuk
benda-benda keperluan manusia dengan menggunakan plastisin.
· Membuat
cat warna baru untuk mewarnai hasil karya.
|
· Membedakan cepat dan lambatnya ketukan.
· Menyanyikan lagu sesuai dengan ketukan.
·
Menyanyikan
lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
·
Membuat bentuk
benda-benda keperluan manusia dengan menggunakan plastisin.
· Membuat
cat warna baru untuk mewarnai hasil karya.
|
|
|
RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1, 2, 3 , dan 4
TEMA :
KEPERLUAN MANUSIA
KELAS /SEMESTER :
2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§
Mengetahui
keperluan manusia (PKn).
§ Memanfaatkan benda-benda keperluan manusia sebagai sumber
cerita (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan
bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§ Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat)
yang dibaca dengan membaca lancar.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital
dan tanda titik.
§ Mengidentifikasi hewan yang berguna dan berbahaya bagi
manusia (IPA).
§ Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya
melalui pengamatan.
§
Menggunakan
alat ukur untuk mengukur panjang benda (MAT).
§ Mengekspresikan diri dengan menggunakan plastisin (SE-BUD).
§ Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).
II. INDIKATOR
§ Mengenali keperluan jasmani dan rohani.
§ Hidup hemat.
§ Bersikap lapang dada.
§ Menyebutkan
macam-macam keperluan manusia di dalam keluarga.
§ Mendeskripsikan
keperluan manusia.
§ Membuat
laporan sebagai hasil pengamatan.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk
menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat (BI).
§ Menjelaskan urutan kegiatan
sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§
Menceritakan
isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
§
Menulis
pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi
dan mudah dibaca
§
Menulis
menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
§
Memberi
makna pada hasil pengamatan.
§
Menggunakan
informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
§
Menyebutkan
benda-benda yang berubah wujud.
§
Mengetahui
pentingnya hidup bersih.
§
Menunjukkan
hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
§
Menyusun
bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§ Mengukur panjang benda.
§
Mengukur
benda dengan satuan baku yang sering di gunakan.
§
Membedakan cepat dan
lambatnya ketukan (SE-BUD&KETRM).
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan ketukan.
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§
Melakukan
permainan ”Lari Pindah Air” dalam kelompok (ORJASKES).
§
Bekerja
sama dengan anggota kelompok untuk memenangakan permainan.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Di Ladang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Keperluan Manusia).
2. Kegiatan
Inti
1)
Bertanya jawab tentang makna
syair lagu, misalnya:
§ Mengapa
anak bisa sehat?
§ Dan
bagaimana supaya sehat?
§ Yaitu harus makan setiap hari dan
§ vitamin cukup,
§ minum susu
§ makan buah
§ makan 4 sehat lima sempurna setiap hari.
2)
Bagaimana supaya semua itu dapat
tercukupi? Yaitu setiap hari orang tua harus bekerja memenuhi keperluan hidupnya
(BI, PKn, IPS, Mat, IPA).
3)
Semua siswa diminta mengamati gambar
di hal 96 dan menugaskan siswa membaca teks/bacaannya secara bergantian tentang
topik “Keperluan akan Makanan”.
4)
Siswa diajak bertanya jawab secara
klasikal tentang kebutuhan hidup sehari-hari (misalnya semua orang perlu makan.
5)
Makanan pokok kita adalah
nasi,
§ nasi berasal dari beras,
§ beras ditanam oleh pak tani,
§ yang
menanam dan memanen adalah buruh tani dalam bentuk padi,
§ padi digiling supaya jadi beras,
§ beras dimasak oleh ibu,
§ Ibu
dibantu oleh anak-anak atau oleh bibi.
§ Kita semua perlu minum susu supaya sehat,
§ susu
berasal dari sapi
§ sapi
yang dipelihara oleh peternak sapi (BI, PKn,
IPS, Mat, IPA).
§ dan
sebagainya
6)
Kita semua perlu makan nasi yang ditanam oleh petani. Petani juga perlu
minum susu yang berasal dari sapi yang dipelihara oleh peternak. Jadi kita
saling membutuhkan. Bapak perlu makan, karena itu bapak bekerja. Ibu yang memasak nasi,
bapak dan ibu saling membutuhkan dan saling membantu.
7)
Bagian “Cakrawala” siswa
diberi penjelasan tentang banyaknya keperluan manusia. Dari sekian banyak
keperluan itu dapat dibagi dalam 2 jenis keperluan yaitu kebutuhan jasmani dan
kebutuhan rokhani (BI, PKn, IPS, Mat,
IPA).
8)
Kebutuhan jasmani yang berhubungan dengan tubuh seperti makan, minum,
pakaian, tempat tinggal (sandang, pangan, papan). Sedangkan kebutuhan rohani
berhubungan dengan pikiran, hati, perasaan, ibadah, rekreasi dsb. (BI, PKn, IPS,
Mat, IPA).
9)
Kebutuhan
manusia sangatlah banyak, dulu manusia belum mengenal uang. Untuk memenuhi
kebutuhannya dulu manusia saling bertukar barang misalnya pak tani perlu susu
tetapi dia punya beras, maka susu ditukar dengan beras. Itu namanya barter.
Tetapi sekarang ini kita semua sudah mengenal uang, maka untuk memenuhi
keperluannya manusia akan memenuhinya dengan cara membeli dengan uang (BI,
PKn, IPS, Mat, IPA).
10)
Siswa dikelompokkan dengan menggunakan
teknik mencari pasangan (Pendekatan Cooperative Learning) dengan langkah, guru
menyiapkan kartu: (kartu-kartu ini hanya untuk mengelompokkan siswa sambil
berdinamika)
§ Kartu
1 gambar sapi perah
§ Kartu
2 gambar peternak membawa timba untuk tempat susu
§ Kartu
3 gambar petani memegang tanaman padi untuk ditanam
§ Kartu
4 gambar sawah terhampar luas
§ Kartu
5 tulisan petani
§ Kartu
6 tulisan peternak
§ Kartu
7 tulisan sawah
§ Kartu
8 menanam padi
11)
Setelah semua siswa tergabung dalam
kelompok, siswa ditugaskan untuk mengamati gambar di hal 97 dan membaca bacaan
bagian “Ajang Pendapat”. Semua kelompok
ditugaskan mendiskusikan apa makna dari gambar tersebut (BI, PKn, IPS, Mat, IPA).
12)
Setiap kelompok melaporkan hasil
diskusinya di depan kelas dan dibahas secara klasikal.
13)
Guru memberikan
klarifikasi dengan mengacu pada hasil
diskusi siswa.
14)
Siswa diberi kesempatan untuk
membaca puisi dalam hati setelah itu siswa (yang berani) diminta untuk membaca
puisi di depan kelas (guru memberikan penguatan dan pelurusan pada intonasi
bacaannya).
15)
Siswa diminta mengamati
gambar di hal 99 dan 100 tentang topik “Perlunya Hidup Bersih”. Menugaskan
siswa berkelompok dan membaca teks/bacaan bergantian dengan siswa lain dalam
kelompoknya.
16)
Bertanya jawab tentang makna teks
secara klasikal dilanjutkan dengan memanggil beberapa siswa (satu kelompok maju
kedepan saling berhadapan kemudian masing-masing siswa bercerita isi teks yang
dibacanya.
17)
Siswa lain diberi kesempatan untuk
menyanggah atau bertanya apakah yang diceritakan temannya di depan kelas
tersebut sudah sama dengan isi teks yang sebenarnya. Kalau memang sudah cocok
dilanjutkan dengan laporan setiap kelompok, mengapa manusia perlu hidup bersih (BI,
PKn, IPS, Mat, IPA).
18)
Melaksanakan penilaian lisan
dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dengan singkat
antara lain:
§ Acara yang sedang diadakan Adi?
§ Apa saja hiasan yang dipakai
§ Siapa saja yang membantu membuka kado?
§ Siapa yang meniup lilin?
§ Rumah kotor siapa yang membersihkan rumah?
§ Apa saja yang dilakukan supay arumah menjadi bersih?
§ Apa yang dilakukan ibu?
§ Apakah menggunakan listrik?
§ Dan sebagainya
19)
Guru melanjutkan dengan
kegiatan dikte. Dengan kalimat di halaman 101 yang harus ditulis oleh semua
siswa, dan hasil tulisan dikumpulkan untuk dinilai.
20)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagian ”Berbudi Pekerti” (halaman 113) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui
penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil
belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keperluan
manusia dalam bidang makanan dan hidup bersih.
§ Lingkungan keluarga sekolah dan
masyarakat.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS
dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik
terbutan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5, 6, 7, dan 8
TEMA :
KEPERLUAN MANUSIA
KELAS /SEMESTER :
2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§
Mengetahui
keperluan manusia (PKn).
§ Memanfaatkan benda-benda keperluan manusia sebagai sumber
cerita (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan
bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§ Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat)
yang dibaca dengan membaca lancar.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf
kapital dan tanda titik.
§ Mengidentifikasi hewan yang berguna dan berbahaya bagi
manusia (IPA).
§ Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya
melalui pengamatan.
§
Menggunakan
alat ukur untuk mengukur panjang benda (MAT).
§ Mengekspresikan diri dengan menggunakan plastisin (SE-BUD).
§ Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).
II. INDIKATOR
§ Mengenali keperluan jasmani dan rohani.
§ Hidup hemat.
§ Bersikap lapang dada.
§ Menyebutkan
macam-macam keperluan manusia di dalam keluarga.
§ Mendeskripsikan
keperluan manusia.
§ Membuat
laporan sebagai hasil pengamatan.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk
menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat (BI).
§ Menjelaskan urutan kegiatan
sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§
Menceritakan
isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
§
Menulis
pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi
dan mudah dibaca
§
Menulis
menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
§
Memberi
makna pada hasil pengamatan.
§
Menggunakan
informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
§
Menyebutkan
benda-benda yang berubah wujud.
§
Mengetahui
pentingnya hidup bersih.
§
Menunjukkan
hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
§
Menyusun
bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§ Mengukur panjang benda.
§
Mengukur
benda dengan satuan baku yang sering di gunakan.
§
Membedakan cepat dan
lambatnya ketukan (SE-BUD&KETRM).
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan ketukan.
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§
Melakukan
permainan ”Lari Pindah Air” dalam kelompok (ORJASKES).
§
Bekerja
sama dengan anggota kelompok untuk memenangakan permainan.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Di Ladang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Keperluan Manusia).
2. Kegiatan
Inti
1)
Semua siswa diminta mengamati gambar
di hlaman 101 (dalam “Cakrawala”) dan Guru menjelaskan keperluan manusia dan
proses perputaran segala keperluan manusia).
2)
Siswa diminta mengamati gambar di hal 102
macam-macam hewan datar, dan membaca teks/bacaan petunjuk ajang pendapat (BI,
(BI, PKn, IPS, Mat, IPA).
3)
Siswa dikelompokkan dengan teknik
berpikir berpasangan: dengan langkah:
§ Materi
diinformasikan tentang hewan yang berguna untuk memenuhi salah satu keperluan
manusia.
§ Siswa
diberi kesempatan untuk menulis hewan apa saja yang berguna bagi manusia (yang
menguntungkan dan yang merugikan).
§ Semua
siswa diminta untuk berpasangan dengan teman sebangkunya.
§ Kelompok yang telah berpasangan mendiskusikan materi
hewan yang menguntungkan dan yang merugikan bagi manusia.
§ Materi
dikembangkan oleh masing-masing kelompok (diserahkan kelompok) misalnya hewan
dikatagorikan terdiri dari hewan darat, laut dan udara.
§ Masing-masing kelompok melapotrkan hasil diskusinya.
§ Kelompok yang lain memberikan tanggapan, bisa bertanya
atau melengkapi.
4)
Bertanya jawab tentang kebutuhan
manusia terhadap energi dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa di rumah misalnya:
§ setiap
pagi harus makan dulu sebelum berangkat ke sekolah,
§ supaya badan tetap kuat dan sehat, belajar bisa
konsentrasi,
§ bisa menjadi pandai karena energi terpenuhi,
§ Kalau tidak makan badan menjadi lemas tidak punya daya
kekuatan tetapi,
§ kalau makan terlalu banyak juga tidak baik, badan menjadi
tidak kuat bergerak, karena itu untuk memenuhi energi harus makan secukupnya,
yang penting kebutuhan tubuh terpenuhi (BI, PKn, IPS, Mat, IPA).
5)
Siswa diajak berdinamika dengan cara
tepuk pramuka dan tepuk tangan berirama
dengan tiga macam tepukan, (keras, sedang dan lemah) untuk tepuk tangan ini
supaya terdengar bagus:
§ harus
kompak,
§ serempak,
§ supaya dapat kompak harus ada aba-aba ,
§ dikaitkan dengan kebersamaan kita semua,
§ kalau ingin hidup kita serasi,
§ dan harus kompak,
§ haruslah rukun,
§ saling bekerjasama,
§ saling membantu,
§ karena kita tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain) (BI,
PKn, IPS, Mat, IPA, Seni-Budaya, Orjas).
6)
Guru memberikan penjelasan tentang perlunya energi bagi
manusia untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk belajar, berolah raga, bermain, bekerja dsb yang berasal dari
makanan. Di
rumah juga perlu energi.
7)
Peralatan rumah tangga juga perlu energi. Energi peralatan rumah tangga
dapat berasal dari bahan bakar api, dari listrik, cahaya matahari dsb.
8)
Bertanya jawab tentang
peralatan rumah tangga yang dimiliki oleh siswa di rumah, kalau ibu memasak
memakai apa (kayu, kompor minyak gas, kompor gas, listrik dsb) semua itu adalah
keperluan manusia.
9)
Siswa dibagi dalam
kelompok kecil dan ditugaskan untuk
berdiskusi membahas energi apa saja yang dikenal dan diketahui sehari-hari
dalam kehidupan baik di rumah di sekolah maupun di lingkungan sekitar. Hasil
diskusi dilaporkan kepada guru.
10)
Siswa ditugaskan untuk
membawa plastisin dan diminta untuk
membuat macam-macam bentuk benda
keperluan manusia yang diperlukan sehari-hari (Ekspresikan dirimu).
11)
Guru memberikan penjelasan
bahwa wujud benda dapat berubah (Cakrawala halaman 104) dan selanjutnya
mengajak semua siswa bertanya jawab untuk membahas benda-benda apa saja yang
dapat berubah bentuk. Misalny:
§ Lilin kalai dipanaskan akan meleleh
§ Es batu kalau dipanaskan akan meleleh
§ Coklat kalau kena panas akan mencair
§ Mentega
§ Dan sebagainya (BI, PKn, IPS, Mat, IPA).
12)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 113) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3. .
Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui
penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil
belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang
Keperluan manusia dalam bidang makanan dan hidup bersih.
§ Lingkungan keluarga sekolah
dan masyarakat.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS
dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik
terbutan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelas 2
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9, 10, 11, dan 12
TEMA :
KEPERLUAN MANUSIA
KELAS /SEMESTER :
2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§
Mengetahui
keperluan manusia (PKn).
§ Memanfaatkan benda-benda keperluan manusia sebagai sumber
cerita (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan
bahasa yang mudah dipahami orang lain.
§ Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat)
yang dibaca dengan membaca lancar.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf
kapital dan tanda titik.
§ Mengidentifikasi hewan yang berguna dan berbahaya bagi
manusia (IPA).
§ Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya
melalui pengamatan.
§
Menggunakan
alat ukur untuk mengukur panjang benda (MAT).
§ Mengekspresikan diri dengan menggunakan plastisin (SE-BUD).
§ Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
§ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan
sederhana.
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri (ORJASKES).
II. INDIKATOR
§ Mengenali keperluan jasmani dan rohani.
§ Hidup hemat.
§ Bersikap lapang dada.
§ Menyebutkan
macam-macam keperluan manusia di dalam keluarga.
§ Mendeskripsikan
keperluan manusia.
§ Membuat
laporan sebagai hasil pengamatan.
§ Menggunakan kalimat tanya untuk
menanyakan sesuatu dengan pilihan kata yang tepat (BI).
§ Menjelaskan urutan kegiatan
sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
§
Menceritakan
isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
§
Menulis
pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan).
§
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi
dan mudah dibaca
§
Menulis
menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
§
Memberi
makna pada hasil pengamatan.
§
Menggunakan
informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
§
Menyebutkan
benda-benda yang berubah wujud.
§
Mengetahui
pentingnya hidup bersih.
§
Menunjukkan
hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
§
Menyusun
bilangan-bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya (MAT).
§ Mengukur panjang benda.
§
Mengukur
benda dengan satuan baku yang sering di gunakan.
§
Membedakan cepat dan
lambatnya ketukan (SE-BUD&KETRM).
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan ketukan.
§ Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
§ Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
§ Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
§
Melakukan
permainan ”Lari Pindah Air” dalam kelompok (ORJASKES).
§
Bekerja
sama dengan anggota kelompok untuk memenangakan permainan.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Di Ladang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Keperluan Manusia).
2. Kegiatan
Inti
1)
Siswa diberi penjelasan tentang irama
lagu dalam satu pola irama, ada bunyi panjang, dan ada bunyi pendek. Tinggi
rendahnya bunyi disebut anada atau not (do re mi fa sol la si do) setiap not
mempunyai nilai.
2)
Bagian “Ayo Bernyanyi” Semua siswa
diajak menyanyikan lagu “Di Ladang” dengan irama dan nada sesuai dengan tempo
dan dinamiknya. Setelah selesai menyanyi bersama, dialnjutkan menyanyi per
kelompok, dan kelompok mana yang paling bagus akan mendapat hadiah.
3)
Bagian “Ayo Bercerita” semua siswa
secara individu ditugaskan mengarang cerita kehidupannya sehri-hari yang
terkait dengan keperluan manusia (sebagaimana yang telah dipelajari selama
beberapa pertemuan).
4)
Kemudian memanggil siswa secara
bergantian untuk bercerita di depan kelas atau membaca hasil karangannya (BI,
PKn, IPS, Mat, IPA).
5)
Bagian “Cakrawala” guru menjelaskan
macam-macam cat warna untuk berbagai keperluan manusia, misalnya untuk mengecat
tembok, kayu, kursi, almari, mobil dsb. Cat warna bisa dilakukan campuran cat
sehingga menghasilkan warna baru. Siswa ditugaskan untuk membawa cat warna.
6)
Bagian “Ekspresikan Dirimu” semua
siswa ditugaskan untuk membaca petunjuk pembuatan cat warna dari bahan alami.
Kemudian membuat campuran sebagaimana dalam kolom bagian bawah di hal 108.
Hasil pekerjaan siswa dikumpulkan kepada guru. (BI, PKn, IPS, Mat, IPA, Seni Budaya)
§ Warna kuning dicampur dengan merah menjadi warna ……………
§ Warna merah dicampur dengan biru menjadi warna ……………
§ Warna biru dicampur dengan kuning menjadi warna ……………
§ Warna kuning dicampur dengan kuning menjadi warna ……………
§ Cobalah campuran yang lain
7)
Bagian “Ayo Berhitung” Semua
siswa ditugaskan mengerjakan dengan teman sebangkunya soal bagian A, B dan C di
hal 108 dan109. Semua siswa mengerjakan di bukunya sendiri secara
individu dan hasil pekerjaan siswa
dikumpulkan (BI, PKn & PS, Mat)
§ Menulis
angka ratusan
§ Mengukur
panjang benda
8)
Bagian “Ayo Bermain “, semua siswa diminta
mengamati gambar di hal 93 dan membaca teks/bacaannya. Kemudian mengajak semua
siswa untuk keluar kelas melakukan permainan tersebut dengan cara sebagai
berikut :
9)
Siswa dibagi dalam kelompok dengan
masing-masing beranggotakan 4 anak.
10)
Tetapkan waktu permainan (misalnya 2
menit untuk setiap sesi
11)
Siapkan 1 ember plastik , 1 botol
plastik berukuran 2 liter yang diisi zat pewarna dan 3 gelas plastik untuk
setiap kelompok.. Isi ember di setiap kelompoknya harus sama
12)
Tentukan titik awal permainan untuk
setiap kelompok. Letakkan ember di titik tersebut. Tentukan juga titk akhir
permainan untuk setiap kelompok. Letakkan botol plastik di titik tersebut.
13)
Tentukan 2 pemain (pemain
pertama dan pemain kedua). Dari setiap kelompok yang akan menjaga titik awal. Dua
pemain lainnya (pemain ketiga dan keempat) menjaga di titik akhir.
14)
Pemain pertama membawa satu gelas air.
Pemain pertama harus menyerahkan air pada pemain ketiga. Pemain ketiga
memasukkan air kedalam botol. Pemain pertama lari kembali ke titik awal
15)
Begitu pemain pertama menyerahkan
gelas, pemain kedua menyusul dan memberikan gelasnya pada pemain keempat.
Kemudian ia harus lari sambil membawa gelas yang sudah kosong kembali ke titik
awal. Demikian seterusnya hingga waktu habis. Kelompok yang paling banyak mengisikan
air ke dalam botol menjadi pemenangnya.
16)
Bagian “Budi Pekerti” Semua siswa
diminta mengamati gambar di hal 113 dan membaca petunjuk Budi Pekerti serta
menyalinnya di bukunya sendiri.
17)
Bertanya jawab tentang sikap dan
perilaku budi pekerti, apakah siswa sudah melakukan semua petunjuk budi pekerti
tersebut. Kalau belum sebaiknya mulai sekarang siswa harus
melakukan petunjuk tersebut.
18)
Bagian “Ayo Belajar” semua
siswa secara indoividu ditugaskan untuk mengerjakan soal di hal 114 115, dan
116
19)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 113) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
. 3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang
Keperluan manusia dalam bidang makanan dan hidup bersih.
§ Lingkungan keluarga sekolah
dan masyarakat.
§ Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika,
Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS
dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik
terbutan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Indikator
yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai dengan cara:
§ Menerapkan setiap langkah strategi
yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses
pembelajaran yang sudah dirancang.
§ Semua siswa mengerjakan soal-soal
latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan
Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur pencapaian indikator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar