SILABUS
Lampiran 1
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
VI
Semester : 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Alquran) : 1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Membaca QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat
1-5
|
Surah Al Qadr dan
Al ‘Alaq ayat 1-5
|
1.
Siswa melafalkan Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq secara klasikal, kelompok
dan individu sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar, serta berlatih
melafalkan Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq
dengan menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar.
|
1.
Membaca Surah Al Qadr
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan Surah Al Qadr dengan
harakat dan makhraj yang benar! (Lihat Buku
Pendidikan Agama Islam SD jl.6 NTR-Esis bab 1)
|
3 x 35 menit
|
1. Teks
lafal Surah Al Qadr di karton atau papan tulis
2.
Buku tajwid
3.
Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS bab 1
4.
Alquran (juz amma)
5.
Kaset atau CD tentang cara baca Alquran
6.
Pengalaman guru
|
2.
Membaca Surah Al ‘Alaq ayat 1-5
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar!
(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 6 NTR-Esis bab 1)
|
|||||
1.2 Mengartikan QS Al Qadr dan Al ‘Alaq
ayat 1-5
|
Surah Al Qadr dan
Al ‘Alaq ayat 1-5
|
1.
Siswa berlatih mengartikan Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq berdasarkan
bimbingan guru, serta melalui forum diskusi mengkaji kandungan dari Surah Al
Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
|
1.
Mengartikan Surah Al Qadr
|
Tes lisan
|
Pemaknaan
|
Artikan Surah Al
Qadr dengan lengkap!
|
6 x 35 menit
|
1. Teks lafal Surah Al Qadr dan Surah Al
‘Alaq berserta artinya pada karton
2. Buku tajwid
3. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 6 NTR ESIS bab 1
4. Alquran (juz amma)
5. Kaset atau CD Alquran
6. Pengalaman guru
|
2.
Mengartikan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5
3. Menerapkan arti/ isi kandungan Surah Al
Qadr dan Al Al ‘Alaq ayat 1-5
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Pemaknaan
Essay
|
Artikan Surah Al
‘Alaq ayat 1-5 dengan lengkap!
Sebutkan isi
pokok dari Surah Al Qadr berdasarkan arti dari keseluruhannya!
|
SILABUS
Lampiran 2
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
VI
Semester : 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Aqidah): 2. Meyakini adanya hari akhir
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Menyebutkan
nama-nama hari akhir
|
Iman kepada hari akhir
|
1. Melalui forum diskusi dan dan tanya
jawab siswa mengemukakan pendapat tentang pengertian hari akhir, dan
menyebutkan nama-nama hari akhir secara klasikal, kelompok dan individu
berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku refensi
|
1. Menjelaskan pengertian hari akhir
|
Tes tulis
|
Essay
|
Mengapa disebut hari akhir?
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan nama-nama hari
akhir di karton atau papan tulis
2. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS bab 2
3. Ayat Alquran atau hadis
yang berkaitan dengan materi bahan ajar
4. Kaset/CD tentang hari
akhir
5. Pengalaman guru
|
2. Menyebutkan nama-nama hari akhir
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan nama-nama hari akhir yang lain!
|
|||||
2.2 Menjelaskan
tanda-tanda hari akhir
|
Iman kepada hari
akhir
|
1. Siswa
mengemukakan pendapat menjelaskan tentang tanda-tanda hari akhir melalui
forum diskusi, dan menyebutkan contoh tanda kejadian hari akhir secara
berkelompok dan individu.
|
1. Menjelaskan
tanda-tanda hari akhir
|
Tes tulis
|
Essay
|
Bagaimanakah
gambaran tanda-tanda hari akhir yang telah dijelaskan dalam Alquran dan hadis
Nabi?
|
3 x 35 menit
|
1. Gambar peraga tentang
kejadian hari akhir
2. Tulisan tanda-tanda hari
akhir di karton
3. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS bab 2
4. Ayat Alquran atau hadis
yang berkaitan dengan materi bahan ajar
5. Kaset/CD tentang hari
akhir
6. Pengalaman guru
|
2. Menyebutkan
contoh kejadian hari akhir
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa yang dimaksud
dengan yaumul jaza’’?
|
SILABUS
Lampiran 3
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
VI
Semester : 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Tarikh) : 3. Menceritakan kisah Abu Lahab , Abu Jahal dan Musailamah Al Kazzab
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Menceritakan
perilaku Musailamah Abu Jahal dan Abu Lahab
|
Kisah Abu Lahab,
Abu Jahal dan Musailamah Al Kazzab
|
1. Siswa berlatih
menceritakan kembali kisah Abu Jahal dan Abu Lahab melalui forum diskusi dan
tanya jawab, mengemukakan pendapat tentang kekejaman Abu Lahab dan istrinya
terhadap Nabi Muhammad SAW, serta menjelaskan kejahatan Abu Jahal terhadap
dakwah Nabi Muhammad SAW berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku
referensi
|
1. Menjelaskan
kekejaman Abu Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang menyebabkan Abu Lahab beserta istrinya
sangat benci kepada Rasulullah SAW?
|
3 x 35 menit
|
1.
Teks
kisah Abu Lahab
2.
Teks
kisah Abu Jahal
3.
Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR-Esis bab 3
4.
Buku
kisah-kisah Islami
5.
Kaset/CD
kisah-kisah Islami
6.
Alquran
(juz Amma)
7.
Pengalaman
guru
|
2. Menjelaskan
kejahatan Abu Jahal terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa tujuan Abu
Jahal berbuat jahat terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW?
|
|||||
3.2 Menceritakan perilaku Musailamah Ak Kazzab
|
Kisah Abu Lahab, Abu Jahal dan Musailamah Al Kazzab
|
1. Siswa menceritakan kisah Musailamah Al Kazzab dengan kebohongannya
|
Menjelaskan kejahatan Musailamah Al Kazzab terhadap Islam
|
Tes Tulis
|
Essay dan Pilihan Ganda
|
Lihat buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR Esis bab 3
|
3 x 35 menit
|
1.
Teks kisah Abu Lahab
2.
Teks kisah Abu Jahal
3.
Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR-Esis bab 3
4.
Buku kisah-kisah Islami
5.
Kaset/CD
kisah-kisah Islami
6.
Alquran
(juz Amma)
7.
Pengalaman
guru
|
SILABUS
Lampiran 4
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
VI
Mata Pelajaran :
Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi
(Akhlak): 4. Menghindari perilaku tercela
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Menghindari
perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
|
Menghindari
perilaku dengki dan sombong
|
1. Siswa
mengemukakan pendapat menjelaskan kedengkian Abu lahab dan Abu Jahal melalui
forum diskusi dan tanya jawab, serta menyebutkan kerugian dari sifat dengki
dalam praktik keseharian.
|
1. Menjelaskan
kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal
|
Tes tulis
|
Essay
|
Bagaimanakah
bentuk kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal terhadap Rasulullah SAW?
|
3 x 35 menit
|
1. Teks kisah Abu Lahab
2. Teks kisah Abu Jahal
3. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 6 NTR-Esis bab 4
4. Buku kisah-kisah Islami
5. Kaset/CD
kisah-kisah Islami
6. Alquran
(juz Amma)
7.
Pengalaman guru
|
2. Menghindari
perilaku dengki dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan bentuk
kerugian yang ditimbulkan dari perilaku dengki?
|
|||||
4.1 Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kazzab
|
Menghindari perilaku bohong atau dusta
|
1. Siswa dapat menghindari perilaku sombong atau dusta dalam kehidupan
sehari-hari
|
1. Menghindari perilaku bohong dan sombong dalam
kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Berilah contoh bentuk kerugian yang ditimbulkan
dari sifat sombong dan bohong?
|
|
1. Teks kisah Abu Lahab
2. Teks kisah Abu Jahal
3. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 6 NTR-Esis bab 4
4.
Buku kisah-kisah Islami
5.
Kaset/CD kisah-kisah Islami
6. Alquran
(juz Amma)
7.
Pengalaman guru
|
SILABUS
Lampiran 5
Sekolah : SD
_______________
Kelas : VI
Semester : 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Fiqih): 5. Mengenal ibadah bulan Ramadan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Melaksanakan
tarawih di bulan Ramadan
|
Ibadah di bulan Ramadan
|
1. Siswa mengemukakan pendapat menjelaskan tentang
pengertian salat tarawih di bulan Ramadan, ketentuan salat tarawih dan keutamaan
dari ibadah salat tarawih melaui forum diskusi dan tanya jawab
|
1.Mempraktikkan atau mengamalkan salat tarawih di
bulan Ramadan
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Berapa rakaat jumlah salat tarawih?
|
3 × 35 menit
|
1. Tulisan tatacara salat tarawih dan witir
2. Gambar peraga salat tarawih dan witir
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6
NTR-Esis bab 5
4. Buku pengajaran salat
5. Kaset/CD tentang tatacara salat tarawih dan
witir
6. Pengalaman guru
|
|
|
|
|
|||||
5.2 Melaksanakan
tadarus Alquran
|
Ibadah di bulan
Ramadan
|
1. Siswa
mengemukakan pendapat menjelaskan
pengertian tadarus Alquran di bulan Ramadan, serta menyebutkan manfaat dari
kegiatan tadarus Alquran secara klasikal, kelompok dan individu
|
1. Melaksanakan
tadarus Alquran di bulan Ramadan
|
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
|
Manfaat apa yang dapat dipetik dari ibadah tadarus
Alquran?
|
3 x 35 menit
|
1.
Ayat
Alquran atau hadis Nabi yang menjelaskan bahan ajar
2.
Buku
Pendidikan agama Islam jilid 6 NTR-Esis
3.
Pengalaman
guru
4.
Lingkungan
sekitar
|
SILABUS
Lampiran 6
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
VI
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Alquran) : 6. Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1 Membaca QS Al
Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
|
Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
|
1. Siswa melafalkan Surah Al Maidah
ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
secara klasikal, kelompok dan individu sesuai dengan harakat dan
makhraj yang benar, serta berlatih melafalkan
Surah Al Maidah ayat 3 dan Al
Hujurat ayat 13 dengan menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar.
|
1.Melafalkan kata
dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat
ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar! (lihat Buku Pendidikan
Agama Islam SD Jil 6 NTR-Esis)
|
3 x 35 menit
|
1. Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan
Surah Al Hujurat ayat 13 di karton atau papan tulis
2.
Buku tajwid
3.
Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS bab 6
4.
Alquran (juz amma)
5.
Kaset atau CD tentang cara baca Alquran
6.
Pengalaman guru
|
2. Membaca sesuai hukum tajwid Surah Al Maidah ayat 3
dan Surah Al Hujurat ayat 13
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat
ayat 13 dengan menerapkan tajwid yang benar!
|
|||||
6.2 Mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah
Al Hujurat ayat 13
|
Surah Al Maidah
ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
|
1. Siswa berlatih
mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 berdasarkan
bimbingan guru, serta melalui forum diskusi mengkaji kandungan dari Surah Al
Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat
ayat 13
|
1. Mengartikan kata dan kalimat Surah Al
Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13
|
Tes lisan
|
Pemaknaan
|
Artikan Surah Al
Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan lengkap!
|
6 x 35 menit
|
1. Teks
lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 beserta artinya di
karton atau papan tulis
2.
Buku tajwid
3.
Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS bab 6
4.
Alquran (juz amma)
5.
Kaset atau CD tentang cara baca Alquran
6.
Pengalaman guru
|
2. Menerapkan arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat
3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
|
Tes tulis
|
Essay
|
Sebutkan isi pokok Surah Al Hujurat ayat 13!
|
SILABUS
Lampiran 7
Sekolah : SD _______________
Kelas : VI
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah)
: 7. Meyakini adanya Qada’ dan Qadar
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Menunjukkan contoh-contoh qada’ dan qadar
|
Iman terhadap
qada’dan qadar
|
1. Siswa
mengemukakan pendapat menjelaskan tentang pengertian qada’ dan qadar melalui
forum diskusi dan Tanya jawab, serta menyebutkan contoh-contoh qada’ dan
qadar secara individu.
|
1. Menjelaskan pengertian
qada’dan qadar
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang kamu ketahui mengenai pengertian qada’ dan
qadar?
|
3 x 35 menit
|
1.
Ayat
Alquran atau hadis Nabi yang berkaitan dengan bahan ajar
2.
Buku Pendidikan agama Islam jilid 6 NTR-Esis bab 7
3.
Pengalaman
guru
4.
Lingkungan
sekitar
|
2. Menyebutkan
contoh-contoh qada’ dan qadar
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Ketentuan Allah
terhadap hamba-Nya yang dapat berubah disebut…
a. Qada’
b. Qadar
c. Iman
|
|||||
3. Menyebutkan
manfaat setia kawan
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa saja manfaat
yang dapat diambil dari perilaku setia kawan?
|
|||||
7.2 Menunjukkan
keyakinan terhadap qada’ dan qadar
|
Iman kepada qada’
dan qadar
|
1. Siswa menyebutkan
cara meyakini adanya qada’ dan qadar, serta menyebutkan contoh sikap dari
beriman kepada qada’ dan qadar berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari
buku referensi
|
1. Menyebutkan
cara meyakini adanya qada’ dan qadar
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Bagaimanakah
menyikapi qada’ dan qadar Allah SWT?
|
3 x 35 menit
|
1. Ayat Alquran atau hadis Nabi yang berkaitan dengan bahan ajar
2.
Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR-Esis bab 7
3.
Pengalaman
guru
4.
Lingkungan
sekitar
|
SILABUS
Lampiran 8
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
2
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Agama Islam
Standar
kompetensi (Tarikh) : 8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1 Menceritakan
perjuangan kaum Muhajirin
|
Kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar
|
1. Siswa menceritakan kembali kisah kaum Muhajirin, menjelaskan
perjuangan kaum Muhajirin, serta menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin bersama
Rasulullah SAW melalui forum diskusi dan tanya jawab berdasarkan penjelasan
guru dan bacaan dari buku referensi
|
1. Menjelaskan kisah perjuangan kaum Muhajirin
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang
mendasari kaum Muahajirin hijrah dari kota
Mekah?
|
3 x 35 menit
|
1.
Teks
kisah kaum Muhajirin
2.
Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6 NTR-Esis bab 8
3.
Buku
kisah-kisah Islami
4.
Kaset/CD
kisah-kisah Islami
5.
Alquran
(juz amma)
6.
Pengalaman
guru
|
2. Menyebutkan
usaha-usaha kaum Muhajirin
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Bagaimana usaha
kaum Muahajirin untuk melindungi Rasulullah SAW dari kejaran kafir Quraisy?
|
|||||
|
|
|
|
|||||
8.2 Menceritakan perjuangan kaum ansar
|
Kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar
|
1. Siswa menceritakan kembali kisah kaum Ansar, menjelaskan perjuangan
kaum Ansar, serta menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar bersama kaum Muhajirin
dan Rasulullah SAW melalui forum diskusi dan tanya jawab berdasarkan
penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi
|
1. Menjelaskan
kisah perjuangan kaum Ansar
|
Tes tulis
|
Essay
|
Bagaiman sambutan
kaum Ansar terhadap Rasulullah SAW dan rombongannya ketika datang ke Madinah?
|
3 x 35 menit
|
1. Teks kisah kaum Ansar
2.
Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6 NTR-Esis bab 8
3.
Buku
kisah-kisah Islami
4.
Kaset/CD
kisah-kisah Islami
5.
Alquran
(juz amma)
6. Pengalaman guru
|
2. Menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa usaha yang
dilakukan kaum Ansar untuk menciptakan ukhuwah
Islamiyah dengan kaum Muhajirin?
|
SILABUS
Lampiran 9
Sekolah :
SD _______________
Kelas :
VI
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi
(Akhlak) : 9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
|
Membiasakan
perilaku terpuji
|
1.Siswa
mengungkapkan pendapat menjelaskan tentang kisah kegigihan perjuangan kaum
Muahjirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik, menunujukkan usaha-usaha
kegigihan kaum Muhajirin dalam meraih
kehidupan sehari-hari yang lebih baik melalui forum diskusi dan Tanya jawab
|
1. Menjelaskan
kisah kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan yang lebih
baik
|
Tes tulis
|
Essay
|
Jelaskan dengan singkat kisah hijrah Nabi bersama
kaum Muhajirin dari kota
Mekah!
|
3 x 35 menit
|
1. Teks
kisah kaum Muhajirin
2.
Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6 NTR-Esis bab 9
3.
Buku
kisah-kisah Islami
4.
Kaset/CD
kisah-kisah Islami
5.
Alquran
(juz amma)
6. Pengalaman guru
|
|
|
|
2. Meneladani
kegigihan usaha-usaha kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan sehari-hari yang
lebih baik
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Kaum Muhajirin mendapat sambutan yang tidak baik ketika tiba di kota ...
a. Hijaz
b. Taif
c.Madinah
|
|
|
SILABUS
Lampiran 10
Sekolah : SD _______________
Kelas : 2
Semester : 2
Mata Pelajaran : Agama
Islam
Standar
kompetensi (Fiqih) : 10. Mengetahui kewajiban zakat
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
10.1 Menyebutkan
macam-macam zakat
|
Hal Zakat
|
1. Siswa
menegemukakan pendapat menjelaskan tentang pengertian zakat melalui forum
diskusi, dan menyebutkan macam-macam zakat secara klasikal, kelompok dan
individu
|
1. Menjelaskan pengertian zakat
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang kamu ketahui tentang definisi zakat?
|
3 x 35 menit
|
1. Ayat Alquran atau
hadis Nabi yang menerangkan bahan ajar
2. Buku pendidikan Agama Islam jilid 3 NTR-Esis bab 10
4. Buku Fiqih
5. Pengalaman guru
|
2. Menyebutkan
maca-macam zakat
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan
macam-macam zakat yang telah kamu pelajari!
|
|||||
10.2 Menyebutkan
ketentuan zakat fitrah
|
Hal zakat
|
1. Siswa mengemukakan pendapat menjelaskan definisi zakat fitrah melalui
forum diskusi dan tanya jawab, menyebutkan ketentuan zakat fitrah, dan
menyebutkan manfaat zakat fitrah.
|
1. Menjelaskan pengertian zakat fitrah
|
Tes tulis
|
Essay
|
Jelaskan definisi zakat fitrah menurut syariat Islam!
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan tentang
ketentuan zakat fitrah di karton
2. Ayat Alquran atau
hadis Nabi yang berkaitan dengan bahan ajar
3. buku Pendidikan Agama
Islam jilid 6 NTR-Esis bab 10
4. Buku Fiqih
5. Pengalaman guru
|
2. Menyebutkan ketentuan zakat
fitrah
3. Melaksanakan zakat fitrah
4. Menyebutkan manfaat zakat fitrah
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Jawaban singkat
Pilihan ganda
Jawaban singkat
|
Berapa ukuran wajib zakat fitrah dikeluarkan?
Kapankah waktu yang disunahkan untuk mengeluarkan zakat fitrah?
Sebutkan dua manfaat dari mengeluarkan zakat fitrah!
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar