SILABUS
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : I / ..........
Standart
Kompetensi : 1. Mempraktikan gerak asar permainan
sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh
instrumen
|
|||||||
1.
|
1.1 Mempraktikan
gerak dasar
dan permainan
bola kecil
sederhana
dengan peratu
ran yang dimo
difikasi serta
nilai kerjasama
sportivitas dan
kejujuran
|
a. Permainan Bola
kecil Kasti
- pengertian kasti
- sarana prasarana
bermain kasti
- peraturan-peraturan
permainan kasti
- Tehnik dasar
permainan kasti
|
1.1.1 Menjelaskan
pengertian permainan kasti
1.1.2 menyebutkan sara-
na prasarana yang harus
dipersiapkan dalam ber-
main kasti.
1.1.3 Menjelaskan
peraturan-peraturan
dalam permainan kasti :
a. regu pemukul
b. regu penjaga
c. pelambung
d. pukulan benar
e. penghitungan nilai
f. waktu permainan
g. pergantian tempat
1.1.4 Menjelaskan
Tehnik dasar permainan kasti
|
A. Kasti
- Alat dan lapangan permainan
kasti
- Peraturan permainan
- Tehnik dasar permainan
- Bermain Kasti denga
peraturan sederhana
|
Tes
Tulis dan
praktik
|
Tes
-Soal -Ketram
pilan
|
Tes tulis
*Menjelaskan pengertian permaianan kasti
*Menyebutkan sarana dan prasarana bermain
kasti
* Menjelas
ka peraturan-peraturan dalam berma
-in kasti
- Melakukan l melempar &menangkap
|
9 X 35
menit
( 3 X pert )
|
Buku KTSP Penjasor-
kes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga, hal 2 - 4
|
SILABUS
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : I / ..........
Standart
Kompetensi : 1. Mempraktikan gerak asar permainan
sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh
instrumen
|
|||||||
2.
|
1.1 Mempraktikan
gerak dasar
dan permainan
bola kecil
sederhana
dengan peratu
ran yang dimo
difikasi serta
nilai kerjasama
sportivitas dan
kejujuran
|
b. Permainan Bola
kecil Tonnis
- pengertian permainan tonnis
- fasilitas dan saranan bermain tonnis
-tehnik dasar bermain tonnis
- cara bermain tonnis
|
1.1.1 Menjelaskan
pengertian
permainan tonnis
1.1.2 Menjelaskan fasilitas
dan sarana
bermain
toonis
1.1.3Melakukan tehnik
dasar
bermain tonnis
1.1.4Melakukan cara
bermain
permainan
tonnis
|
B. Tonnis
- Alat dan Lapangan
Permianan
- Peraturan Permainan
- Tehnik Dasar Permainan
|
Tes
Tulis dan
praktik
|
Tes
Soal &
ketram
Pilan
|
Tes tulis
*Menjelas
kan pengertia permainan tonnis
* Melakukan pukulan
porehand
dengan baik
* Melakukan pukulan
backhand
dengan baik
* melakukan
servis ke
sasaran
|
9 X 35
menit
( 3 X pert )
|
Buku KTSP Penjaso-
rkes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga, hal 5 - 7
|
3.
|
1.2 Mempraktikan
geraka dasar
atletik
sederhana
|
c. Atletik
- lari angkat paha
-lari tumik ke belakang
-lari tungkai disepakan
ke belakang
-lari santai ( joging )
-lari cepat ( sprint )
- Lomba
memindahkan batu
|
1.2.1- Melakukan gerakan
lari mengangkat paha
- Melakukan lari tumit
kebelakang
-
Melakukakan lari
tungkai
disepakan ke
depan
1.2.2 Melakukan lari santai
( Joging )
1.2.3 Melakukan lari cepat
( Sprint )
1.2.4
Lomba memindahan
batu
|
C. Atletik
- Latihan lari
- Lari mengangkat Paha
- Lari tumit ke belakang
-Lari tungkai disepakan ke
belakang
- Lari santai ( Joging )
- Lari cepat ( Sprint )
- Lomba Lari memindahkan
batu
|
Tes
Praktik
|
Tes
-ketram
pilan
-Penga-
matan
|
Tes :
-Melaku-
kan lari me
ngangkat paha
- Melaku
kan lari tumit ke belakang
-Melakukan lari tungkai disepakan ke
depan
- Melakukan jalan san-
tai ( joging )
- Melakukan lari cepat
- Melakukan lomba me-
mindahkan batu
|
9 X 35
menit
( 3 X pert )
|
Buku KTSP Penjasor-
kes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga, hal 8 - 11
|
4
|
1.3 Mempraktikan
gerak Dasar
permainan
bola besar
dengan
peraturan yang
dimodifikasi,
serta nilai
kerjasama,
sportifitas, dan
kejujuran
|
d. Sepak bola
* Jumlah pemain dan lama permainan
*Tehnik dasar menendang bola :
-Tendangan dengan kura-kura kaki
- Tendangan kaki bagian dalam
-Tendangan kaki bagian luar
-Menggiring bola
- Mengirim bola
* Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi
|
1.3.1 Menjelaskan jumlah
pemain dan lama
permainan
1.3.2 Melakukan gerakan
menendang bola
dengan :
-
Tendangan dengan kura-
kura kaki
- Tendangan dengan kaki
bagian dalam
- Tendangan dengan kaki
bagian luar
-Menggiring bola
-Mengirim bola
1.3.3 Melakukan bermain bola dengan peraturan yang
dimodifikasi
|
D. Sepak Bola
- Jumlah Pemain dan Lama
permainan
- Lapangan Sepak Bola
1. Tehnik Dasar
Menendang
bola
- Tendangan dengan kura-kura
kaki
- Tendangan dengan
kaki
bagian dalam
- Tendangan kaki bagian luar
* Tehnik dasar lainnya
- Menggiring bola
- Mengirim bola
2. Bermain bola dengan
peraturan yang
dimodifikasi
|
Tes
Praktik
|
- Tes
Ketram
pilan
- Penga- matan
|
- Lakukan menendang bola dengan kura-kura
kaki
- lakukan
menendang bola dengan kaki bagian dalam
- Lakukan menendang bola dengan kaki
bagian luar
- Lakukan menggiring dang mengirim bola ber
pasangan
|
12 X 35 menit
(4X pert )
|
Buku KTSP Penjasor-
kes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga, hal 11 - 14
|
SILABUS
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : I / .......
Standart
Kompetensi : 2. Mempraktikan latihan untuk meningkatkan
kebugaran dan nilai yang terkandung di dalamnya
No
|
Komptensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
|
2.1 Memprak
tikan aktivitas
permainan
sederhana
Untuk melatih
daya tahan
dan kekuatan
otot, serta nilai
kerja keras
dan disiplin
|
a.
Latihan daya
tahan dan
keku atan
- Lari jelajah
sekolah
- sit up
- Menirukan
gerakan anjing
laut
- Mengangkat
tubuh
- Kepiting berjalan
- Jongkok berdiri
-Permainan
berangkai 4 pos
|
2.1.1 Melakukan lari
jelajah
sekolah
2.1.2 Melakukan
gerakan
sit up
2.1.3 Melakukan
gerakan
anjing laut
2.1.3 Menggantung
atau
mengangkat tubuh
2.1.4 Melakukan
gerakan
kepiting berjalan
2.1.5. Melakukan permai-
nan jongkok berdiri
2.1.6 Melakukan
permainan
berangkai 4 pos
|
A. Latihan Daya
Tahan Dan Kekuatan
1. Lari jelajah
sekolahan
2. sit up
3. Menirukan
gerakan anjing laut
4. Mengangkat tubuh
5. Menirukan
gerakan kepiting
berjalan
6. Jongkok berdiri
7. Permainan
berangkai 4 pos
|
- Tes praktek
- Penga-
matan
|
* Tes ketrampilan
* Tugas
|
- Lakukanlah
lari jelajah
sekolahan
- Lakukanlah sit up
10 x berpasangan
- Tirukanlah
gerakan anjing laut
- Lakukan
mengangkat tubuh semam-
pummu
- Lakukanlah
permainan jongkok berdiri
- Lakukan
permainan berangkai 4 pos
|
9
X 35
menit
(3X
pert)
|
Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit
Erlangga, hal 18 - 21
|
2.
|
2.2 Memprak-
tikan aktivitas
permainan untuk melatih
dan koordinasi
serta nilai
kerja keras
|
b.
Latihan
kelenturan
- Duduk selunjur
- permainan
timbangan
- Senam jongkok,
|
2.2.1 Melakukan
gerakan
duduk terselunjur
berpasangan
2.2.2 Melakukan
permainan
timbangan
2.2.3 Melakukan senam
jongkok
|
B. Latihan
Kelentukan
1. Dudu selunjur
2. Permainan
timbangan
3. Senam jongkok
|
*Tes
praktek dan
Pengamatan
|
* Tes ketrampilan
* Tugas
|
- Lakukan duduk
terselun
jur berpasangan
-Lakukan perma
inan timbangan
- Lakukan senam
jongkok
|
6
X 35
menit
(2Xpert )
|
Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit
Erlangga, hal 22 - 23
|
SILABUS
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : I / .......
Standart
Kompetensi : 3 Mempraktikan berbagai bentuk senam lantai
yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sum
ber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
2.
|
3.1 Mempraktik-
an gerak
kombinasi
senam
lantai tanpa alat
dengan
memeperhatikan
faktor
keselamatan,
dan
nilai disiplin dan
nilai keberanian
3.2.
Mempraktikan
kombinasi
gerak senam
lantai dengan
alat dengan
memperhatikan
faktor keselama
tan, dan nilai-
nilai disiplin serta
keberanian
|
a.
Senam lantai
tanpa alat
* Berdiri satu
kaki
* Meloncat dan
merubah arah
* Kayang
* Meroda
* Gerobak dorong
b.
Senam lantai
dengan alat
- Lompat kangkang
- Lompat kangkang
- Lompat jongkok
- guling ke depan
- guling ke
belakang
|
3.1.1 Melakukan
gerakan
berdiri dengan satu kaki
3.1.2 Melakukan
gerakan
melompat dengan
merubah arah
3.1.3. melakukan
sikap
kayang
3.1.4 melakukan gerakan
meroda
3.1.5 melakukan
gerobak dorong
3.2.1 Melakukan
latihan
lompat kangkang
melewati rintangan
teman
3.2.2 Melakukan
latihan
lompat jongkok
melewati peti lompat
3.2.3 Melakukan gerakan
guling ke depan
3.2.4
Melakukan gerakan
guling belakang
|
A. Senam Lantai
Tanpa Alat
- Latihan
Keseimbangan
- Melopat dengan
merubah arah
- Sikap kayang
- Gerakan
meroda
- Gerobak dorong
B. Senam
Lantai
Dengan Alat
- Lompat kang-
kang melewati
rintangan
- Lompat jongkok
melewati peti
lompat
- Bergiluling ke
depan
- Berguling ke
belakang
|
-
Tes
praktik dan
Pengamatan
|
-Tes
ketrampilan
-
Tugas
-Tes
Ketrampian
-
Tugas
|
-
Lakukan gerakan berdiri satu kaki
-
Lakukan gerak
an melompat dengan mengu-
bah arah
-
Lakukanlah ge-
rakan kayang
-
Lakukanlah gerakan mero
da
- Lakukanlah permainan gerobak dorong
berpasangan
-Lakukan
lompat kangngkang melewati rintangan bergantian dengan temanmu !
-
Lakukan lompat jongkok sesuai dengan nomor urut !
-Lakukan
guling depan dan belakang sesuai nomor
urut !
|
6
X 35
menit
( 2x pert)
9 X 35
menit
(3X pert)
|
Buku KTSP Penjasor-
kes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga, hal 28 - 30
Buku KTSP Penjasor-
kes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga, hal 28 - 30
|
SILABUS
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : I / .......
Standart
Kompetensi : 4 Mempraktikan ketrampilan gerak ritmik
tersetruktur secara beregu tanpa dan menggunakan alat dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
No
|
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
instrumen
|
|||||||
1.
2.
|
4.1 Mempraktikan
gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara beregu
menggunakan musik serta nilai estetika
4.2 Memprak
tikan ketrampilan
gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa menggunakan alat serta nilai
estetika
|
a.
Gerak ritmik I
- Langkah tunggal
- Empat langkah ke
depan da ke belakang
- Empat langkah ke
samping
-Gerakan langkah
kuda I
- Gerakan langkah
kuda II
b.
Gerak ritmik II
secara
beregu
tanpa menggunakan
alat
- Mengayun ke dua
lengan ke samping
|
4.1.1 Melakukan
gerakan
langkah tunggal
4.1.2 Melakukan gerakan
empat langkah ke
depan dan
kebelakang
4.1.3 Melakukan
gerakan
langkah empat ke
samping
4.1.4
Melakukan gerakan
langkah kuda I
4.1.5
Melakukan gerakan
langkah kuda II
4.2.1 Melakukan
latihan
gerakan :
- Latihan 1
- Latihan 2
- Latihan 3
|
A.
Gerak ritmik I
- Gerakan
Langkah
tunggal
- Gerakan Langkah
Empat l ke depan dan
ke belakang
- Gerakan
Langkah
Empat
ke samping
-Gerakan langkah
kuda I
- Gerakan langkah
kuda
II
*Mengayun Ke dua
Lengan Ke Samping
- Latihan
1
- Latihan 2
- Latihan 3
|
-Tes
Praktek
- Penga-
matan
- Tes
Pratek
- Penga-
matan
|
-Tes
Ketrampilan
- Tugas
- Tes
Ktrapilan
- Tugas
|
- Lakukan langkah
tunggal secara bergantian
- Lakukan langkah
kuda I
!
- Lakukan langkah
kuda II
!
- Lakukan
gerakan :
- Latihan 1
- Latihan 2
- Latihan 4
|
12 X 35
menit
((
4X pert)
3X
35
menit
(1X
pert
)
|
Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit
Erlangga, hal 38 - 40
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim Abdi
Guru Penerbit Erlangga,
hal
41 - 43
|
SILABUS
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : I / .......
Standart
Kompetensi : 5 Menerapkan budaya hidup sehat
No
|
Kompentensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
2.
|
5.1 Menjaga
kebersihan rumah dan sekolah
5.2Membiasakan
membuang sampah pada tempatnya
|
a.
Kebersihan
lingkungan
1. Lingkungan dan
kesehatan
2. Kebersihan rumah
3. Kebersihan
sekolah
b.
Penanganan
sampah
1. Pengertian sampah
sampah
2. Permasalahan
sampah
c. Tata cara pemus
nahan sampah :
- penumpukan
- pengkoposan
- pembakaran
-sanitary landfill
|
5.1.1 Menjelaskan
tentang
lingkungan dan
kesehatan
5.1.2. Menyebutkan syarat-
syarat rumah sehat
5.1.3 Menjelaskan apa saja
yang perlu dibersihkan
dalam menjaga
kebersihan sekolah
5.2.1 mengetahui
bahaya
sampah
5.2.2 Mengetahui
tempat
pembuangan sampah
5.2.3 Menjelaskan cara
membuang sampah
|
A. Kebersihan
Lingkungan
1. Lingkungan
dan Kesehatan
2. Kebersihan
rumah
3. Kebersihan
Sekolah
B. Penanganan
Sampah
1. Pengertian
Sampah
2. Permasalahan
Sampah
3. Tata Cara
Pemusnahan
Samapah
a. Penumpukan
b. Pengkomposan
c. Pembakaran
d. Sanitary
Landfill
|
*Tes
Tulis
* Tanya
jawab
*Tugas
-
Tes
Tulis
-
Tes lesan/ tanya jawab
-
Tugas
|
- soal / Pengamatan
- soal / Pengamatan
|
-
Jelaskan pengertian lingkungan dan kesehatan !
-Sebutkan
syarat-syarat rumah sehat
-
Sebutkan kebersihan lingkungan sekolah menjadi tanggungjawab..
-
Sebukan bahaya sampah yang anda ketahui !
-
Jelaskan bagaimana membuang sampah yang baik !
-Sebutkan
tata cara pemusnahan sampah
|
6
X 35
menit
(2X
pert)
3
X 35
menit
(1Xpert
)
|
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4
oleh Tim
Abdi Guru Penerbit
Erlangga,
hal
48 - 50
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4
oleh Tim
Abdi Guru Penerbit
Erlangga,
hal
50 - 52
|
.....................................................
Mengetahui Guru Bidang Studi
Kepala Sekolah Penjasorkes
( ) ( )
Nip. Nip.
SILABUS
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : II / .......
Standart
Kompetensi : 6
mempraktikan gerak dasar ke dalam permaianan bola kecil dan olahraga dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiata
pembelajaran
|
Indikator
|
Peilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
2.
3.
|
6.1 Memepraktikan
gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola kecil
beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai-nilai kerjasama regu,
sportifitas,dan kejujuran
6.2 Mempraktikan
gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola besar
beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjama regu,
sportifitas dan kejujuran
6.3 Mempraktikan
gerak dasar atletik yang dimodifikasi lompat, loncat dan lempar dengan
memperhatikan nilai-nilai pantang menyerah, sportifitas, percaya diri dan
kejujuran
|
a. Kasti
Lanjutan
1. melempar
bola :
- Melempar
bola melam
bung
- melempar
bola menda
tar atau lurus
- melempar
bola rendah
2. Menangkap
bola :
- menangkap
bola datar
- menangkap
bola meleng
kung
- mengangkap
bola menyu
sur tanah
- menangkap
bola datar
. Memukul bola
- pukulan
melambung
- pukulan
mendatar
- pukulan
menysur
b.
Bola voli
mini
1. Bentuk dan
ukuran lapangan bola voli mini
2. Tehnik dasar
permainan bola voli mini
- passing bawah
-passing atas
- servis bawah
3. Bermain bola
voli mini
c.
Lompat
jauh latih
an pendukung :
- melompat tanpa
awalan
- meraih bola yang
digantung
- melompat dengan
awalan
- lompat jauh gaya
jongkok
- lapangan lompat
jauh
|
6.1.1 melakukan
macam-
macam cara
melempar bola kecil :
- Melambung
- mendatar
- Rendah
- menggelundung/
menggelinding
6.1.2 Melakukan
macam-
macam cara menngkap
bola kecil :
- melambung
- mendatar
- rendah
-
menggelinding/
menyusur
6.1.3
Melakukan
bermacam-macam
pukulan
- Pukulan mendatar
- Pukulan melambung
- Pukulan rendah
6.1.4 Melakukan
bermain
kasti
6.2.1 Membuat
gambar lapangan bola voli mini sesuai dengan ukurannya
6.2.2 Melakukan
tehnik
dasar bola voli :
- passing bawah
- passing atas
6.2.3 Melakukan
servis
bawah
6.2.4 Melakukan
bermain
bola voli mini
6.3.1 Melakukan
lompat
tanpa awalan
6.3.2 Melakukan
melompat
meraih bola yang
digantung
6.2.3 Melakukan
lompat
jauh gaya jongkok
6.2.4 Melakukan
lompat
jauh gaya jongkok
6.2.5 Menggambar
lapangan lompat jauh
|
A. Kast ( lanjutan
)
1. Melempar Bola
- Melempar bola
melambung
- Melempar bola
mendatar atau
lurus
- Melempar bola
rendah
2. Menangkap Bola
- Menangkap bola
datar
- Menangkap bola
melengkung
- Menangkap bola
rata tanah
- Menagkap bola
lurus rata dada
3. Memukul Bola
- Mengembangkan
kerjasama
B. Bola Voli Mini
1. Bentuk dan
Ukuran Lapangan
Bola Voli Mini
2. Tehnik Dasar
Permainan Bola
Voli Mini
- Passing bawah
- Passing atas
- Servis bawah
3. Bermain Bola
Voli
Mini
C. Lompat Jauh
*Latihan Pendukung
- Melompat tanpa
awalan
- Meraih bola yang
digantung
-Melompat dengan
awalan
-Lompat jauh gaya
jongkok
|
- Tes praktek
Ketrampilan
-Tes praktek
ketrampilan
- Tes praktek
ketrampilan
|
Tugas
Pengama-
tan
-Tugas
-
Pengama-
tan
-
Tugas
-
Pengama
tan
|
-Lakukan cara melempar melambung !
-
Lakukan cara melempar bola mendatar
-
Lakukan cara melempar bola rendah !
-
Lakukan cara menangkap bola melambung
-
Lakukan cara melakukan menangkap bola
mendatar
-
Lakukan cara menangkap bola rendah !
-
Lakukan cara memukul pukulan bola
mendatar !
-
Lakukan cara memukul pukulan bola melambung
-
Lakukan cara melakukan pukulan bola rendah
-
Lakukan mengambar bola voli mini
sesuai ukurangnnya
-Lakukanlah
passing bawah berpasangan dengan temanmu !
-
Lakukan passing atas berpasangang dengan temanmu !
-
Lakukan bermain voli sesuai dengan regu yang kamu pilih !
-
Lakukan lompat tanpa awalan sesuai nomor urut !
-
Lakukan lompat dengan meraih benda
yang digantung
secara urut absen !
-Lakukan
lompat jauh gaya jongkok bergantian !
|
6 X 35
menit
(2Xpert)
9 X 35
menit
(3Xpert)
9 X 35
menit
(3xPert)
|
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim Abdi Guru Penerbit
Erlangga,
hal 56 - 59
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim Abdi Guru Penerbit
Erlangga,
hal 59 - 61
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim Abdi Guru Penerbit
Erlangga,
hal 62 - 64
|
SILABUS
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama Sekolah :
................................................................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : II / .......
Standart
Kompetensi : 7 Mempraktekan latihan kebugaran yang lebih
komplek untuk meningkatkan ketrampilan dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
2.
|
7.1 Mempraktikan
aktifitas dan permainan untuk melatih daya tahan dan kekuatan dengan
kecepatan dan kualitas gerak meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin,
kerjasama, dan kejujuran
7.2 Mempraktikan
aktivitas dan permainan untuk melatih kelentukan dan koordinasi dengan
kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras,
disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
a.
Latihan daya
tahan dan keku-
atan
1. Lompat tali
- lompat tali beregu
- lompat tali
perorangan
2. push up
3. permainan hitam
dan hijau
4. lompat bangku
b.
Latihan kelentuk
an
- kelentukan otot
leher
-kelentukan otot
punggung
- kelentukan otot
perut
|
7.1.1 Melakukan
lompat tali beregu dan perorangan
7.1.2 Melakukan pus
up
7.1.3 Melakukan
permainan hitam hijau
7.1.4 Melakukan
permainan lompat bangku
7.2.1 Melakukan
gerakan kelentukan otot leher
7.2.2 Melakukan gerak
an kelentukan otot punggung
7.2.3 Melakukan
kelentukan otot perut
|
a. Lompat talai
beregu dan perorangan
b. Gerakan pus up
c. Permainan hitam
hijau
d. Permainan lompat
bangku
a. gerakan
kelentukan otot
leher
b. Gerakan
kelentukan otot punggung
d. Kelentukan otot
perut
|
* Tes
Praktek
* Tes
Praktek
|
* Tes
Ketrampilan
* Tugas
* Pengama-
tan
* Tes
Ketrampilan
*Tugas
* Pengama-
tan
|
- Lakukan lompat
tali secara perpa
sangan dan
perorangan
sesuai kemampuan
anda !
-Lakukan pus up
masing- masing orang melakukan 10 kali !
-Lakukan permainan
hitam hijau secara kelompok !
-Lakuknan permainan
lompat bang
ku secara ber
giliran !
Lakukan gerakam : spli, merenggut, kayang, lompat curam
|
9 X 35
menit
(3Xpert )
3
X 35
menit
(1Xpert
)
|
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim Abdi Guru Penerbit
Erlangga,
hal 68 - 70
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim Abdi Guru Penerbit
Erlangga,
hal 70
|
SILABUS
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHAAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : II / .......
Standart
Kompetensi : 8
Mempraktikan senam lantai dengan ompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan
nlai-nilai yang terkandung di dalamnya
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pelajaran
|
Kegiatan
Pengajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
2.
|
8.1 Mempraktikan
senam lantai tanpa menggunakan alat dengan koordinator yang baik, serta nilai
kerjasama dan estetika
8.2 Mempraktekan
senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan koordinasi yang baik serta
nilai disiplin dan kerjasama
|
a.
Senam lantai
t anpa alat
1. Peregangan :
- otot lengan
- otot leher
- otot pinggang
-otot kaki
- otot perut dan
punggung
2. Membukuk sambil
berjalan
3. Sikap lilin
4. Lari menggen
dong teman
b.
Senam lantai
dengan alat
1. Gerakan
berguling :
- berguling ke
depan
- berguling ke belakang
2. pull up
3. lompat tali
4. lompat kangkang
melewati peti lompat
5. menerobos
melewati rinangan
6. merayap melewati
rintangan
7. push up bola
lewat
|
8.1.1 Melakukan peregang
an :
-otot lengan
- otot pinggang
-otot kaki
- oto perut dan
punggung
81.2 Melakukan gerakan
membungkuk sambil berjalan
8.1.3
Melakukan sikap lilin
8.1.4 Melakukan
gerakan lari menggendong teman
8.2.1
- Melakukan guling depan
- Melakukan
guling
belakang
8.2.2 Melakukan
gerakan pull up
8.2.3
Melakukan permai-
nan lompat tali
berpasangan
8.2.4 Melakukan
lompat
kangkang dengan peti
8.2.5 Melakukan
permainan menerobos
melewati rintangan
8.2 .6
Melakukan permainan merayap melewati
rintangan
8.2.t Melakukan perma
inan pus up bola lewat
|
a. Latihan
peregangan otot :
lengan, leher,ping
gang, kaki, perut
dan punggung
b. membungkuk
sambil jalan
c. sikap ilin
d. menggendong
teman
a. berguling :
ke depan, belakang
a. pull up
b.. Lompat
tali berpasangan
c. Lompat
kangkang
dengan peti
d. menerobos
melewati
rintangan
e. merayap melewati
rintangan
f. pus up bola
lewat
|
* Tes
Praktek
|
* Tes
Ketrampilan
* Tugas
*Pengamatan
|
- Lakukan gerakan
peregangan pada :
a. otot lengan
b. otot kaki
c. otot perut dan
punggung
- Lakukan gerakan
membungkuk sambil jalan !
-- Lakukan gerakan
sikap lilin dengan sempurna
!
-Lakukan gerakan
pullup sesuai kemam
puan anda !
- Lakukan lompat
tali berpasangan !
-Lakukan lompat
kangkang melewai peti lompat
- Lakukan permainan
menerobos melewati
rintangan
- Lakukan permainan
pus up bola lewat
|
6
X 35
menit
(2Xpert)
12
X 35
menit
(4Xpert)
|
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim Abdi Guru Penerbit
Erlangga,
hal 76 - 78
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim Abdi Guru Penerbit
Erlangga,
hal 79 - 83
|
SILABUS
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : II / .......
Standart
Kompetensi : 9 Mempraktikan gerak ritmik tersetruktur
secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik, serta nilai-nilai yang
terkandung
di dalamnya
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
2.
|
9.1
Mempraktikan
ketrampilan
gerak ritmik
tersetruktur
9.2
Memperbaiki kesalahan gerak dalam
gerak ritmik terstruktur Secara beregu menggu
nakan
musik, serta nilai kerja sama, disiplin dan esteti
kasena
|
a. Senam
Irama I :
- Latihan1
Mengayun
kedua lengan ke samping
Latihan 2
Mengayun
dan memutar leng
an
b. Senam
Irama II
-
Latihan/cara melakukan gerakannya
|
9.1.1
Melakukan gerakan :
-
Mengayun kedua lengan
ke samping
-
Mengayun dan memutar
lengan
9.2.1
Latihan / cara melakukan gerakannya
|
a.
Senam irama I
b.
Senam irama II
|
Tes
Praktek
|
Tes
:
- Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan
|
-
Lakukan
Senam Irama I
-Lakukan
Senam Irama II
|
3 X
35
menit
(2Xpert)
|
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim
Abdi Guru
Penerbit
Erlangga,
hal 88 - 89
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim
Abdi Guru Penerbit
Erlangga,
hal 89 -
90
|
SILABUS
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : II / .......
Standart
Kompetensi : 10. Mempraktikan gerak dasar reang gaya bebas
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
2
3.
|
10.1 Mempraktikan
gerak dasar meluncur, menggerakan tungkai menggerakan lengan serta nilai kebersihan
10.2 Mempraktik
an cara bernapas
renang gaya bebas
10.3Mengkombinasikan
renang gerakan lengan dan tungkai renang gaya bebs
10.4 Mempraktikan
dasar-dasar keselamatan di air
|
Renang gaya bebas
1. gerak dasar
meluncur :
- latihan meluncur
- latihan meluncur
ditarik teman
2. Latihan gerakan
kaki
3.
Latihan gerakan
lengan
4.
Cara bernapas
b. Latihan
koordinasi
c.
Keselamatan di air
- Etika di kolam
renang
- Menjaga
kebersihan
|
10.1.1 Melakukan
latihan
gerakan meluncur
10.1.2 Melakukan latihan
gerakan tungkai
renang gaya bebas
10.1.3.Melakukan latihan
gerakan lengan
renang gaya bebas
10.2.1 Melakukan
gerakan cara bernapas renang gaya bebas
10.3.1 Melakukan
gerakan kombinas gerakan
kaki, lengan napas renang gaya bebas
10.4.1 Menyebutkan
etika di kolam renang
10.4.2 Menyebutkan
tidakan cara menjaga kebersihan di
kolam renang
|
a. Meluncur
b. Gerakan kaki
gaya bebas
c. Gerakan
lengan
gaya bebas
d. Gerakan
bernapas renang
gaya bebas
Kombinasi
gerakan kaki, lengan dan
bernapas renang
gaya bebas
a.
etika di kolam renang
b.
cara menjaga kebersihan kolam renang
|
Tes
-Praktek
- Tes
tulis
|
Tes
-Ketrampilan
-
Tugas
-Pengamatan
-
Soal
|
- Lakukan gerakan
meluncur secara berkelompok !
- Lakukan ge-
rakan melun-
cur ditarik teman
bergan
tian !
- Lakukan gerakan tung
kai renang gaya bebas
- Lakukan ge-
rakan lengan
renang gaya bebas !
-Lakukan ge-
rakan koor-
dinasi antara kaki, lengan dan napas re-
nang gaya bebas !
- Sebutkan u-
rut-urutan bela
jar renang ga-
ya bebas
- Kombinasi
gerakan kaki, tungkai,lengan dan bernapas
reang gaya bebas
-Sebutkan be
berapa etika dalam
kolam renang
- Jelaskan
bagaimanan cara menjaga keersihan kolam renang
|
9
X 35
menit
(3Xpert)
|
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4
oleh Tim
Abdi Guru Penerbit
Erlangga,
hal 94 -96
-Buku
KTSP
Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim
Abdi Guru
Penerbit
Erlangga,
hal
96 - 97
-Buku
KTSP
Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim
Abdi Guru
Penerbit
Erlangga,
hal
96 - 97
|
SILABUS
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : II / .......
Standart
Kompetensi : 11
Mempraktikan kegiatan berkemah dilingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
2.
|
11.1Mempraktekan
berbagai ketrampilan yang sesuai untuk kegiatan perkemahan, serta nilai
kerjasama , tanggunjawab disiplin, dan mengikuti aturan
11.2 Mempraktikan
aktivitas jasmani yang berisi tantangan dalam perkemahan
|
a. Perkemahan
b.
Kegiatan dalam perkemahan :
- api unggun
- mencari jejak
-lomba enggran
-lomba tarik
tambang
|
11.1.1 Melakukan
persiapan-persiapan yang diperlukan
dalam berkemah
11.2.1 Melakukan kegiatan api unggung
11.2.2 Melakukan kegaiat
an mencari jejak
11.2.3 Melakukan
lomba
enggran.
11.2.4 Melakukan
lomba
tarik tambang
|
a. Menyusun
jadwal kegiatan
b. Mendirikan
tenda
c. Membuat
denah
a. Kegiatan
api
unggun
b. Kegiatan mencari jejak
c. lomba enggran
d. lomba tarik
tambang
|
Tes
-Praktek
- Tulis
Tes
Praktek
|
Tes
-Ketrampilan
-Tugas
-Pengamatan
Tes
-Ketrampilan
-
Tugas
-
Pengama –
tan
|
- Lakukan persiapan-persiapan dalam mengikuti kegiatan perkemahan
- Buatalah denah
kegia
tan dalam
perkemahan
- Lakukan kegiatan
–kegiatan da
lam api unggun !
- Lakukan kegiatan
mencari jejak sesuai regunya !
- Lakukan kegiatan
lomba enggran sebagai perwakilan
regumu
-Lakukan kegiatan
lomba tarik tambang secara beregu !
|
3
X 35
menit
(1Xpert)
3
X 35 menit
(
1 X pert )
|
-Buku
KTSP
Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim
Abdi Guru
Penerbit
Erlangga,
hal 102
-Buku
KTSP
Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim
Abdi Guru
Penerbit
Erlangga,
hal
103 - 104
|
SILABUS
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas :
IV
Semester/
tahun : II / .......
Standart
Kompetensi : 12 Menerapakan budaya hidup sehat
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
2.
|
12.1 Menjaga bebe
rapa upaya dalam
menjaga kebersihan lingkungan
12.2 Menjaga keber-
sihan lingkungan
terhadap sumber penularan penyakit
|
a.
Kebersihan lingkungan
- kebersihan rumah
- kebersihan
sekolah
b.
Menghindari
penyakit me
nular
- penyakit malaria
-penyakit demam
berdarah
- flu burung
- penyakit diare
( mencret )
- kencing tikus
( leptospirosis )
|
12.1.1 Cara menjaga kebersihan rumah
12.1.2 Cara menjaga
kebersihan sekolah
12.2.1 Menjelaskan
cara menjaga kebersihan lingkungan sebagai sumber bibit penyakit
|
a. menjaga
kebersihan rumah
b.Kebersihan
sekolah
a. Penyakit Malaria
b.Penyakit demam
berdarah
c. Penyakit flu
burung
d. Penyakit diare
e. Penyakit kencing
tikus
|
Tes :
-Tulis
- Lesan
|
-Soal
-Pengamatan
|
- Sebutkan
bagaimana cara menja
ga kebersih
an rumah agar tetap
sehat !
-Jelaskan kebersihan
sekolah menjadi tanggung
jawab ...
- Penyakit malaria
disebabkan oleh nyamuk ...
- Sebutkan apa saja
gejala penyakit malaria
-Jelaskan bagaimana
penularan penyakit malaria !
- Sebukan
gejala-gejala demam berdarah !
- Sebutkan
bagaimana cara penularan penyakit
demam berdarah !
-Sebutkan gejala
penyakit diare !
- Jelaskan Bagaimana cara pence
gahan pe-
nyakit diare
|
3 X 35
menit
(Xpert)
9 X 35
menit
(3Xpert)
|
-Buku
KTSP
Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim
Abdi Guru
Penerbit
Erlangga,
hal
108
-Buku
KTSP
Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim
Abdi Guru
Penerbit
Erlangga,
hal
109 - 113
|
.....................................................
Mengetahui Guru Bidang Studi
Kepala Sekolah Penjasorkes
( ) ( )
Nip. Nip.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar