JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS
PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS 3
TEMA :
LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
2
|
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
·
Mengenal aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
·
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
|
·
Mengidentifikasi macam-macam aturan yang
berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup.
·
Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku
untuk makhluk hidup.
·
Menceritakan pentingnya memelihara
kelestarian makhluk hidup .
·
Menceritakan pengalaman cara memelihara
lingkungan sekitar.
·
Menerapkan perilaku memelihara lingkungan
sekitar.
|
·
Mengamati gambar macam-macam makhluk hidup.
·
Mengidentifikasi macam-macam aturan yang
berlaku di masyarakat.
·
Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku
untuk makhluk hidup.
·
Mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup.
·
Menceritakan pentingnya memelihara
kelestarian makhluk hidup .
·
Menceritakan pengalaman cara memelihara
lingkungan sekitar.
·
Menerapkan perilaku memelihara lingkungan
sekitar.
|
|
§
Standar isi 2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa
Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn,Seni-Budaya dan Keterampilan
§
Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu
dengan pendekatan tematik kelas III.
§
Buku bahan ajar lain yang relevan
untuk Mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn Matematika, Orjaskes, Seni Budaya dan Keterampilan.
|
§ Penilaian tingkah laku
§ Penilaian tertulis obyektif
§ Penilaian tertulis subyektif
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
§ Penilaian portofolio
§ Penilaian produk
|
MATEMATIKA
· Melakukan
operasi hitung campuran.
· Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan
dengan uang.
· Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan atau jam).
· Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
|
· Melakukan
operasi hitung campuran.
· Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan atau jam).
· Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
· Menentukan hubungan antar satuan panjang (km, m, dm,
cm, dsb.)
· Menggunakan satuan dalam pemecahan masalah sehari-hari.
· Menentukan hubungan antar satuan waktu (detik, menit,
jam).
|
· Mendiskusikan
alat ukur.
· Melakukan
operasi hitung campuran.
·
Memilih alat
ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
·
Menggunakan
alat ukur dalam memecahkan masalah.
|
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
2
|
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
BAHASA INDONESIA
Mendengar:
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan.
Berbicara:
·
Memberikan tanggapan dan saran
sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
pilihan kata yang tepat.
Menulis:
·
Menyusun paragraf berdasarkan bahan
yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan.
· Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
|
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.
·
Memberikan
tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
·
Menjelaskan
urutan cerita berdasarkan bacaan.
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami.
·
Menjawab
pertanyaan berdasarkan cerita.
·
Membaca puisi
dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
·
Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar.
·
Menyusun kalimat
berdasarkan hasil pengamatan.
|
·
Mengamati
gambar makhluk hidup.
·
Berdiskusi
tentang makhluk hidup di lingkungan sekitar.
·
Bertanya jawab
tentang pertumbuhan makhluk hidup.
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang didengarkan.
·
Memberikan
tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
·
Menjelaskan
urutan cerita berdasarkan bacaan.
·
Menceriterakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
difahami.
·
Menjawab
pertanyaan berdasarkan cerita.
·
Membaca puisi berdasarkan wacana.
·
Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar.
·
Menyusun kalimat
berdasarkan hasil pengamatan.
|
|
§
Standar isi 2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa
Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn,Seni-Budaya dan Keterampilan
§
Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu
dengan pendekatan tematik kelas III.
§
Buku bahan ajar lain yang relevan
untuk Mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn Matematika, Orjaskes, Seni Budaya dan Keterampilan.
|
§ Penilaian tingkah laku
§ Penilaian tertulis obyektif
§ Penilaian tertulis subyektif
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
§ Penilaian portofolio
§ Penilaian produk
|
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
·
Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana.
· Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk
hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak
(makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
· Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
·
Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
|
·
Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup.
·
Menyebutkan ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup.
·
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
·
Membedakan ciri-ciri makhluk hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
·
Menjelaskan macam-macam makhluk hidup yang berkaki dua, empat dan yang
tidak berkaki.
·
Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan.
·
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat untuk mahluk hidup .
·
Mengidentifikasi sifat yang merawat mahluk hidup dan tidak merawat makhluk
hidup.
·
Menjelaskan akibat dari lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk
hidup.
|
·
Mengamati
gambar makhluk hidup.
·
Berdiskusi
tentang makhluk hidup di lingkungan sekitar.
·
Bertanya jawab
tentang pertumbuhan makhluk hidup.
·
Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup.
·
Menyebutkan ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup.
· Membedakan makhluk hidup
berdasarkan golongan.
· Membedakan ciri-ciri makhluk
hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
· Menjelaskan macam-macam
makhluk hidup yang berkaki dua, empat dan yang tidak berkaki.
· Mengamati gambar lingkungan
yang sehat dan tidak sehat.
· Menjelaskan akibat dari
lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk hidup.
|
|
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALKS WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
· Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah dan sekolah.
· Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
|
·
Mengidentifikasi
macam-macam makhluk hidup di lingkungan sekitar.
·
Menjelaskan
cara memelihara makhluk hidup berada.
·
Menyebutkan
tempat dimana makhluk hidup berada.
|
·
Mengamati
gambar makhluk hidup.
·
Berdiskusi
tentang makhluk hidup di lingkungan sekitar.
·
Bertanya jawab
tentang pertumbuhan makhluk hidup.
·
Mengidentifikasi
macam-macam makhlukhidup di lingkungan sekitar.
·
Menjelaskan
cara memelihara makhluk hidup berada.
·
Menyebutkan
tempat dimana makhluk hidup berada.
|
|
§
Standar isi 2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa
Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn,Seni-Budaya dan Keterampilan
§
Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu
dengan pendekatan tematik kelas III.
§
Buku bahan ajar lain yang relevan
untuk Mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn Matematika, Orjaskes, Seni Budaya dan Keterampilan.
|
§ Penilaian tingkah laku
§ Penilaian tertulis obyektif
§ Penilaian tertulis subyektif
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
§ Penilaian portofolio
§ Penilaian produk
|
SENI-BUDAYA
DAN KETERAMPILAN
Rupa:
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif
mengenai diri sendiri.
Musik:
Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu
sederhana.
|
·
Menggambar
hewan sesuai dengan imajinatifnya.
·
Menyanyikan
lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak dengan atau tanpa iringan
sederhana.
|
·
Menggambar
hewan sesuai dengan imajinatifnya.
·
Menyanyikan
lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak dengan atau tanpa iringan
sederhana.
|
|
||
ORJASKES
·
Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk
dalam permainan sederhana, serta aturan, dan kerja sama.
·
Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan
secara sederhana serta nilai disiplin.
· Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
|
·
Melakukan
gerak sederhana.
·
Bermain
bersama kelompok.
·
Menjaga
kebersihan pakaian.
|
·
Melakukan
gerak sederhana
·
Bermain
bersama kelompok
·
Menjaga
kebersihan pakaian
|
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1 dan 2
TEMA :
MAKHLUK HIDUP
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§
Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat sekitar. (PKn)
§
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§
Melakukan operasi hitung
campuran. (Matematika)
§
Memecahkan masalah
perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
§
Memilih alat ukur sesuai
dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§
Menggunakan alat ukur dalam
pemecahan masalah.
§
Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa
Indonesia: Mendengar)
§
Memberikan tanggapan dan
saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut
dan pilihan kata yang tepat.(Bahasa
Indonesia: Berbicara)
§
Menyusun paragraf berdasarkan bahan
yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§ Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup. (IPA)
§ Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§ Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk
hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan,
kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
§ Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
§ Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan.
§ Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif
mengenai diri sendiri. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Rupa)
§ Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu
sederhana.(Seni-Budaya dan Keterampilan:
Musik)
§ Mempraktikkan kombinasi
berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana,
serta aturan, dan kerja sama. (Orjaskes)
§ Mempraktikkan berbagai
bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai
disiplin.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
II. INDIKATOR
§
Mengidentifikasi macam-macam aturan yang
berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup. (Pkn)
§
Menjelaskan hubungan aturan yang
berlaku untuk makhluk hidup.
§
Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian
makhluk hidup .
§
Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan
sekitar.
§
Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.
§ Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§ Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan atau jam).
§ Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan.(Bahasa Indonesia)
§ Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
§ Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
§ Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang
tepat.
§ Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§ Menyusun
kalimat berdasarkan hasil
pengamatan.
§ Mengidentifikasi macam-macam
makhluk hidup.(IPA)
§ Menyebutkan ciri-ciri
kebutuhan makhluk hidup.
§ Menggolongkan makhluk hidup
secara sederhana.
§ Membedakan ciri-ciri makhluk
hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
§ Menjelaskan macam-macam makhluk
hidup yang berkaki dua, empat dan yang tidak berkaki.
§ Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup di lingkungan
sekitar.(IPS)
§ Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup.
§ Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.
§ Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak
dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Melakukan gerak sederhana. (Orjaskes)
§ Bermain bersama kelompok.
§ Menjaga kebersihan pakaian.
III. LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Bangun Tidur” sambil menggerakkan anggota
badan sesuai dengan syair lagu (Orjaskes,
Se-Bud)
c.
Setelah selesai, siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja
yang dilakukan siswa seperti syair lagu, dan dikaitkan dengan Makhluk Hidup yang ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Makhluk Hidup)
2. Kegiatan Inti
a.
Semua siswa diajak
mengamati gambar tentang “Makhluk Hidup” (buku halaman 119).
b.
Bertanya jawab tentang
pengertian makhluk hidup dan apa saja yang termasuk makhluk hidup, kemudian
semua siswa diminta untuk mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup.
c.
Beberapa siswa secara
bergantian ditugaskan untuk membaca teks “Makhluk Hidup” di halaman 120. Siswa
yang lain menyimak dan memperhatikan.
d.
Setelah selesai membaca
dilanjutkan dengan bertanya jawab pemahaman teks (penilaian lisan) misalnya:
·
Apa arti makhluk hidup?
·
Apa saja yang termasuk
makhluk hidup?
·
Dimana tempat makhluk
hidup?
·
Dsb.
e.
Semua siswa diajak mengamati
gambar tentang lingkungan alam di halaman 122, dan bertanya jawab apakah di
dalam gambar itu ada makhluk hidup? Kalau ada apa saja?
f.
Menunjuk beberapa siswa untuk
membaca puisi secara bergantian dan memaknai puisi berdasarkan realita.
g.
Sebelum pelajaran berakhir
semua siswa diminta menulis tugas PR untuk dikerjakan di rumah hal-hal berikut:
Catatlah
macam-macam makhluk hidup yang kamu ketahui dan yang ada di sekitar rumahmu
masing-masing
·
makhluk hidup di darat.
·
makhluk hidup di laut/air.
·
makhluk hidup di udara.
h.
Meminta semua
siswa berbudi pekerti dengan melakukan hal-hal berikut:
·
Bersyukurlah
kepada Tuhan bahwa di dunia ini ada makhluk hidup.
·
Rawatlah
tanamanmu dengan baik.
·
Jagalah
kebersihan lingkunganmu.
3. Kegiatan
Akhir/Penutup
a. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil
belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan
materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri
pelajaran.
IV. ALAT DAN
SUMBER BELAJAR
1. Gambar-gambar
tentang macam-macam makhluk hidup.
2. Lingkungan alam.
3. Buku teks siswa
(Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan
Keterampilan, IPS dan Agama).
4. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains,
Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 3 dan 4
TEMA : MAKHLUK HIDUP
KELAS
/SEMESTER : 3
(Tiga)/2 ( dua )
WAKTU : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§
Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat sekitar. (PKn)
§
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§
Melakukan operasi hitung
campuran. (Matematika)
§
Memecahkan masalah perhitungan
termasuk yang berkaitan dengan uang.
§
Memilih alat ukur sesuai
dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§
Menggunakan alat ukur dalam
pemecahan masalah.
§
Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa
Indonesia: Mendengar)
§
Memberikan tanggapan dan
saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut
dan pilihan kata yang tepat.(Bahasa
Indonesia: Berbicara)
§
Menyusun paragraf berdasarkan
bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§ Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup. (IPA)
§ Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§ Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk
hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan,
kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
§ Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
§ Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan.
§ Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif
mengenai diri sendiri. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Rupa)
§ Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu
sederhana.(Seni-Budaya dan Keterampilan:
Musik)
§ Mempraktikkan kombinasi
berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana,
serta aturan, dan kerja sama. (Orjaskes)
§ Mempraktikkan berbagai
bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai
disiplin.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
II. INDIKATOR
§
Mengidentifikasi macam-macam aturan yang
berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup. (Pkn)
§
Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku untuk makhluk
hidup.
§
Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian
makhluk hidup .
§
Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan
sekitar.
§
Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.
§ Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§ Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan atau jam).
§ Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan.(Bahasa Indonesia)
§ Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
§ Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
§ Menyusun
kalimat berdasarkan hasil
pengamatan.
§ Mengidentifikasi macam-macam
makhluk hidup.(IPA)
§ Menjelaskan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan.
§ Membedakan lingkungan sehat dan
tidak sehat untuk mahluk hidup .
§ Mengidentifikasi sifat yang
merawat mahluk hidup dan tidak merawat makhluk hidup.
§ Menjelaskan akibat dari
lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk hidup.
§ Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup di lingkungan
sekitar.(IPS)
§ Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup.
§ Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.
§ Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak
dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Melakukan gerak sederhana. (Orjaskes)
§ Bermain bersama kelompok.
§ Menjaga kebersihan pakaian.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
b.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Larilah Kudaku” sambil menggerakkan
anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes,
Se-Bud)
c.
Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dan
dikaitkan dengan Makhluk Hidup yang
ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Makhluk Hidup).
2. Kegiatan Inti
a.
Mengumpulkan tugas-tugas.
b.
Bertanya jawab tentang
tugas yang telah dikerjakan dirumah tentang makhluk hidup.
c.
Menugaskan semua siswa
untuk membaca teks “Lingkungan Sekitar” (halaman 124).
d.
Menayangkan
gambar atau siswa ditugaskan untuk mengamati gambar di halaman 124 dan berdiskusi
kelas (dipimpin guru) untuk membandingkan keadaan yang ada pada ketiga macam
gambar.
e.
Bertanya jawab
apakah di lingkungan sekitar rumah ada suasana seperti yang nampak dalam gambar.
f.
Siswa diajak
bersama-sama mengidentifikasi lingkungan sekitar (rumah dan atau sekolah).
g.
Semua siswa
dikelompokkan dengan teman sebangkunya dan ditugaskan berdiskusi untuk
mengerjakan tugas.
Menjelaskan akibat yang mungkin bisa terjadi jika:
·
banyak sampah di sungai
·
air sungai yang kotor
·
asap pabrik yang
berlebihan
·
pembuangan limbah pabrik
ke sungai
·
rumah tanpa ventilasi
h.
Setelah selesai berdiskusi
dilaporkan di depan kelas kemudian dilanjutkan dengan membahas “Hutanku Gundul”
di halaman 125.
i.
Guru menerangkan bagaimana
seharusnya bersikap atau berperilaku memelihara hutan, supaya tidak terjadi
banjir.
j.
Tugas PR: menulis
macam-macam makhluk hidup dan makhluk yang tidak hidup.
k.
Meminta semua
siswa berbudi pekerti dengan melakukan hal-hal berikut:
·
Jagalah
lingkungan sekitarmu dengan baik.
·
Bersihkanlah
selokan di rumahmu.
·
Jangan membuang
sampah sembarangan.
3. Kegiatan
Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
b.
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari
selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
tentang macam-macam makhluk hidup.
2.
Lingkungan
alam.
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5 dan 6
TEMA :
MAKHLUK HIDUP
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 ( dua )
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§
Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat sekitar. (PKn)
§
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§
Melakukan operasi hitung
campuran. (Matematika)
§
Memecahkan masalah
perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
§
Memilih alat ukur sesuai
dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§
Menggunakan alat ukur dalam
pemecahan masalah.
§
Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa
Indonesia: Mendengar)
§
Memberikan tanggapan dan
saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut
dan pilihan kata yang tepat.(Bahasa
Indonesia: Berbicara)
§
Menyusun paragraf berdasarkan
bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§ Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup. (IPA)
§ Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§ Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk
hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan,
kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
§ Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
§ Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan.
§ Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif
mengenai diri sendiri. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Rupa)
§ Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu
sederhana.(Seni-Budaya dan Keterampilan:
Musik)
§ Mempraktikkan kombinasi
berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana,
serta aturan, dan kerja sama. (Orjaskes)
§ Mempraktikkan berbagai
bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai
disiplin.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
II. INDIKATOR
§
Mengidentifikasi macam-macam aturan yang
berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup. (Pkn)
§
Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku untuk
makhluk hidup.
§
Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian
makhluk hidup .
§
Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan
sekitar.
§
Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.
§ Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§ Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan atau jam).
§ Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan.(Bahasa Indonesia)
§ Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
§ Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
§ Menyusun
kalimat berdasarkan hasil
pengamatan.
§ Mengidentifikasi macam-macam
makhluk hidup.(IPA)
§ Menyebutkan ciri-ciri
kebutuhan makhluk hidup.
§ Menggolongan makhluk hidup
secara sederhana.
§ Membedakan ciri-ciri makhluk
hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
§ Menjelaskan macam-macam
makhluk hidup yang berkaki dua, empat dan yang tidak berkaki.
§ Menjelaskan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan.
§ Membedakan lingkungan sehat dan
tidak sehat untuk mahluk hidup .
§ Mengidentifikasi sifat yang
merawat mahluk hidup dan tidak merawat makhluk hidup.
§ Menjelaskan akibat dari
lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk hidup.
§ Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup di lingkungan
sekitar.(IPS)
§ Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup berada.
§ Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.
§ Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak
dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Melakukan gerak sederhana. (Orjaskes)
§ Bermain bersama kelompok.
§ Menjaga kebersihan pakaian.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.
Mengajak
siswa menyanyikan lagu “Burung Kakaktua” sambil menggerakkan anggota badan
sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.
Setelah
selesai siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan
siswa seperti syair lagu, dan dikaitkan dengan Makhluk Hidup yang ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS
dan PKn)
d.
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Makhluk Hidup).
2. Kegiatan Inti
a.
Mengumpulkan PR
tentang makhluk hidup dan yang tidak hidup.
b.
Menunjukkan 2
macam gambar (halaman 126) dan semua siswa diminta mengamati sambil
mengidentifikasi apakah dalam gambar tersebut ada makhluk hidup atau tidak.
c.
Menugaskan semua
siswa berkelompok dengan teman sebangkunya dan membahas diantara kedua gambar
itu mana yang menunjukkan sikap merawat makhluk hidup.
d.
Semua kelompok
ditugaskan juga untuk menjawab pertanyaan di halaman 127.
e.
Setelah selesai
berdiskusi, wakil kelompok melaporkan
hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain menanggapi
berdasarkan hasil diskusi kelompoknya sendiri.
f.
Secara klasikal
(dipimpin guru) siswa membahas ciri-ciri makhluk hidup dan membedakan dengan makhluk yang tidak
hidup kemudian menulisnya di bukunya masing-masing.
g.
Tugas mandiri :
semua siswa ditugaskan untuk menulis dan menjelaskan apakah manusia termasuk
makhluk hidup? Mengapa?
h.
Sebelum pulang,
siswa diberi PR untuk dikerjakan di rumah:
i.
menulis macam-macam makhluk hidup:
·
di
darat
·
di
laut/air
·
di
udara.
j.
Meminta semua
siswa berbudi pekerti dengan melakukan hal-hal berikut:
·
Jagalah
lingkungan sekitarmu dengan baik.
·
Bersihkanlah
selokan di rumahmu.
·
Jangan membuang
sampah sembarangan.
·
Peliharalah sikap
menghargai makhluk hidup.
3. Kegiatan
Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi
b.
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari
selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
c.
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
IV.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
tentang macam-macam makhluk hidup
2.
Lingkungan
alam
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7 dan 8
TEMA :
MAKHLUK HIDUP
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§
Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat sekitar. (PKn)
§
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§
Melakukan operasi hitung
campuran. (Matematika)
§
Memecahkan masalah
perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
§
Memilih alat ukur sesuai
dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§
Menggunakan alat ukur dalam
pemecahan masalah.
§
Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa
Indonesia: Mendengar)
§
Memberikan tanggapan dan
saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut
dan pilihan kata yang tepat.(Bahasa
Indonesia: Berbicara)
§
Menyusun paragraf berdasarkan
bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§ Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup. (IPA)
§ Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§ Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk
hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan,
kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
§ Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
§ Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan.
§ Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif
mengenai diri sendiri. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Rupa)
§ Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu
sederhana.(Seni-Budaya dan Keterampilan:
Musik)
§ Mempraktikkan kombinasi
berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana,
serta aturan, dan kerja sama. (Orjaskes)
§ Mempraktikkan berbagai
bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai
disiplin.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
II. INDIKATOR
§
Mengidentifikasi macam-macam aturan yang
berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup. (Pkn)
§
Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku untuk
makhluk hidup.
§
Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian
makhluk hidup .
§
Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan
sekitar.
§
Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.
§ Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§ Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan atau jam).
§ Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan.(Bahasa Indonesia)
§ Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
§ Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
§ Menyusun
kalimat berdasarkan hasil
pengamatan.
§ Mengidentifikasi macam-macam
makhluk hidup.(IPA)
§ Menyebutkan ciri-ciri
kebutuhan makhluk hidup.
§ Menggolongan makhluk hidup
secara sederhana.
§ Membedakan ciri-ciri makhluk
hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
§ Menjelaskan macam-macam
makhluk hidup yang berkaki dua, empat dan yang tidak berkaki.
§ Menjelaskan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan.
§ Membedakan lingkungan sehat dan
tidak sehat untuk mahluk hidup .
§ Mengidentifikasi sifat yang
merawat mahluk hidup dan tidak merawat makhluk hidup.
§ Menjelaskan akibat dari
lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk hidup.
§ Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup di lingkungan
sekitar.(IPS)
§ Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup.
§ Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.
§ Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak
dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Melakukan gerak sederhana. (Orjaskes)
§ Bermain bersama kelompok.
§ Menjaga kebersihan pakaian.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.
Mengajak
siswa menyanyikan lagu “Naik – naik ke Puncak Gunung” sambil menggerakkan
anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orjaskes,
Se-Bud)
c.
Setelah
selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dan dikaitkan dengan Makhluk Hidup yang ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.
Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama (Makhluk
Hidup).
2. Kegiatan Inti
a.
Meminta semua
siswa mengumpulkan PR.
b.
Membahas PR siswa
macam-macam makhluk hidup di darat, di air, dan di udara.
c.
Guru menerangkan
macam-macam makhluk hidup dengan mengacu pada hasil tugas yang sudah dikerjakan
oleh siswa.
d.
Beberapa siswa
ditugaskan untuk membaca teks tentang Pertumbuhanku.
e.
Bertanya jawab
tentang pemahaman teks (apakah siswa mendengarkan ketika ada temannya yang
sedang membaca dan dengan mengacu pada indikator yang ada.
f.
Menugaskan semua
siswa untuk berdiskusi berpasangan dengan teman sebangkunya membahas:
·
Hal-hal apa saja
yang mempengaruhi pertumbuhan manusia?
·
Hal-hal apa saja
yang mempengaruhi pertumbuhan hewan?
·
Hal-hal apa saja
yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan?
·
Jika makhluk
hidup bisa tumbuh dan berkembang, apakah makhluk hidup juga bisa mati?
g.
Setelah selesai
berdiskusi diminta untuk mempresentasikan di depan kelas
h.
Siswa yang lain
diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan
i.
Meminta semua
siswa berbudi pekerti dengan melakukan hal-hal berikut:
·
Jagalah
lingkungan sekitarmu dengan baik.
·
Peliharalah sikap
menghargai makhluk hidup.
·
Rawatlah hewan
peliharaanmu dengan baik.
3. Kegiatan
Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari
selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
tentang macam-macam makhluk hidup
2.
Lingkungan
alam
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa
Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan,
IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9 dan 10
TEMA :
MAKHLUK HIDUP
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§
Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat sekitar. (PKn)
§
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§
Melakukan operasi hitung
campuran. (Matematika)
§
Memecahkan masalah
perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
§
Memilih alat ukur sesuai dengan
fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§
Menggunakan alat ukur dalam
pemecahan masalah.
§
Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa
Indonesia: Mendengar)
§
Memberikan tanggapan dan
saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut
dan pilihan kata yang tepat.(Bahasa
Indonesia: Berbicara)
§
Menyusun paragraf berdasarkan
bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§ Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup. (IPA)
§ Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§ Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk
hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan,
kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
§ Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
§ Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan.
§ Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif
mengenai diri sendiri. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Rupa)
§ Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu
sederhana.(Seni-Budaya dan Keterampilan:
Musik)
§ Mempraktikkan kombinasi
berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana,
serta aturan, dan kerja sama. (Orjaskes)
§ Mempraktikkan berbagai
bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai
disiplin.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
II. INDIKATOR
§
Mengidentifikasi macam-macam aturan yang
berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup. (Pkn)
§
Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku untuk
makhluk hidup.
§
Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian
makhluk hidup .
§
Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan
sekitar.
§
Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.
§ Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§ Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan atau jam).
§ Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
§ Menentukan hubungan antar satuan panjang (km, m, dm, cm,
dsb.)
§ Menggunakan satuan dalam pemecahan masalah sehari-hari.
§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan.(Bahasa Indonesia)
§ Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
§ Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
§ Menyusun
kalimat berdasarkan hasil
pengamatan.
§ Mengidentifikasi macam-macam
makhluk hidup.(IPA)
§ Menyebutkan ciri-ciri
kebutuhan makhluk hidup.
§ Menggolongan makhluk hidup
secara sederhana.
§ Membedakan ciri-ciri makhluk
hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
§ Menjelaskan macam-macam
makhluk hidup yang berkaki dua, empat dan yang tidak berkaki.
§ Menjelaskan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan.
§ Membedakan lingkungan sehat dan
tidak sehat untuk mahluk hidup .
§ Mengidentifikasi sifat yang
merawat mahluk hidup dan tidak merawat makhluk hidup.
§ Menjelaskan akibat dari
lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk hidup.
§ Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup di lingkungan
sekitar.(IPS)
§ Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup.
§ Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.
§ Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak
dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Melakukan gerak sederhana. (Orjaskes)
§ Bermain bersama kelompok.
§ Menjaga kebersihan pakaian.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.
Mengajak
siswa menyanyikan lagu “Bebek Angsa” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan
syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.
Setelah
selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dan dikaitkan dengan Makhluk Hidup yang ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.
Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama (Makhluk
Hidup).
2. Kegiatan Inti
a.
Bertanya jawab tentang
pertumbuhan dan perkembangan manusia sebagai salah satu makhluk hidup.
b.
Bertanya jawab tentang ciri-ciri
makhluk hidup.
c.
Menunjukkan
gambar dan meminta semua siswa mengamati gambar di halaman 133.
d.
Apakah ular termasuk
makhluk hidup? Berapa panjangnya ular itu?
e.
Semua siswa
bersama teman sebangkunya (bisa saling bekerjasama) ditugaskan untuk
mengerjakan soal di halaman 133, 134 dan
135
f.
Setelah selesai
berdiskusi, dilanjutkan dengan kegiatan karyawisata singkat. Semua siswa diajak
keluar kelas (kantin, toko terdekat, warung terdekat dsb) tugasnya adalah berbelanja
atau membeli barang dan mencatat serta mengamati hal-hal berikut:
·
Barang apa yang
dibeli?
·
Berapa harganya?
·
Uang apa yang dipakai
untuk membayar?
·
Berapa kembalian uang
pembayarannya?
g.
Setelah selesai
berkaryawisata, semua siswa kembali ketempat duduk masing-masing dan melaporkan
hasil kerjanya dengan menulis kembali
hasil pengamatan di lapangan dalam tulisan yang rapi (bisa di bukunya
masing-masing siswa)
h.
Kelompok
menceritakan hasil pengamatan di lapangan dan melaporkan secara tertulis
i.
Meminta semua
siswa berbudi pekerti dengan melakukan hal-hal berikut:
·
Telitilah dalam
berbelanja.
·
Perhatikan
timbangan, jumlah yang dibeli dengan yang harus dibayar jangan sampai salah.
·
Jagalah
kebersihan lingkungan rumah.
·
Peliharalah sikap
menghargai makhluk hidup.
3. Kegiatan
Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
b.
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari
selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN
SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
tentang macam-macam makhluk hidup
2.
Lingkungan
alam
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru
Kelas 3
Kepala Sekolah
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 11 dan 12
TEMA :
MAKHLUK HIDUP
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU :
2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§
Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat sekitar. (PKn)
§
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
§
Melakukan operasi hitung
campuran. (Matematika)
§
Memecahkan masalah
perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
§
Memilih alat ukur sesuai
dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§
Menggunakan alat ukur dalam
pemecahan masalah.
§
Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa
Indonesia: Mendengar)
§
Memberikan tanggapan dan
saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut
dan pilihan kata yang tepat.(Bahasa
Indonesia: Berbicara)
§
Menyusun paragraf berdasarkan
bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§ Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup. (IPA)
§ Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§ Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk
hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan,
kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
§ Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
§ Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan.
§ Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
§ Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif
mengenai diri sendiri. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Rupa)
§ Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu
sederhana.(Seni-Budaya dan Keterampilan:
Musik)
§ Mempraktikkan kombinasi
berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana,
serta aturan, dan kerja sama. (Orjaskes)
§ Mempraktikkan berbagai
bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai
disiplin.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
II. INDIKATOR
§
Mengidentifikasi macam-macam aturan yang
berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup. (Pkn)
§
Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku untuk
makhluk hidup.
§
Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian
makhluk hidup .
§
Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan
sekitar.
§
Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.
§ Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§ Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan atau jam).
§ Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
§ Menentukan hubungan antar satuan panjang (km, m, dm, cm,
dsb.)
§ Menggunakan satuan dalam pemecahan masalah sehari-hari.
§ Menentukan hubungan antar satuan waktu (detik, menit,
jam).
§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan.(Bahasa Indonesia)
§ Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
§ Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
§ Menyusun
kalimat berdasarkan hasil pengamatan.
§ Mengidentifikasi macam-macam
makhluk hidup.(IPA)
§ Menyebutkan ciri-ciri
kebutuhan makhluk hidup.
§ Menggolongan makhluk hidup
secara sederhana.
§ Membedakan ciri-ciri makhluk
hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
§ Menjelaskan macam-macam
makhluk hidup yang berkaki dua, empat dan yang tidak berkaki.
§ Menjelaskan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan.
§ Membedakan lingkungan sehat dan
tidak sehat untuk mahluk hidup .
§ Mengidentifikasi sifat yang
merawat mahluk hidup dan tidak merawat makhluk hidup.
§ Menjelaskan akibat dari
lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk hidup.
§ Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup di lingkungan
sekitar.(IPS)
§ Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup berada.
§ Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.
§ Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak
dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Melakukan gerak sederhana. (Orjaskes)
§ Bermain bersama kelompok.
§ Menjaga kebersihan pakaian.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.
Mengajak
siswa menyanyikan lagu “Larilah Kudaku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai
dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.
Setelah
selesai, siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan
siswa seperti syair lagu, dan dikaitkan dengan Makhluk Hidup yang ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.
Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama (Makhluk
Hidup).
2. Kegiatan Inti
a.
Bertanya jawab tentang
kegiatan yang telah dilakukan pada hari kemarin (pengamatan dan membeli
barang-barang).
b.
Mengidentifikasi
macam-macam kebutuhan manusia.
c.
Semua
siswa ditugaskan untuk berkelompok dengan teman sebangkunya dan mengerjakan
soal di halaman 136 dan 137.
d.
Semua
siswa ditugaskan menggambar hewan yang ada di kebun binatang (halaman 139).
e.
Guru bercerita tentang
“Kuda Laut”. Ternyata binatang kuda itu tidak hanya ada di darat. Di lautpun
juga ada binatang yang mirip dengan kuda, namanya kuda laut dst.
f.
Mengajak semua siswa
keluar kelas dan bermain “Tiru Hewan” (halaman 141).
g.
Setelah selesai
bermain-main semua siswa kembali ke kelas dan ditugaskan untuk mengerjakan soal
“Ayo Belajar” di halaman 143, 144 dan 145.
h.
Meminta semua siswa
berbudi pekerti dengan melakukan hal-hal berikut:
·
Jagalah kebersihan
lingkungan sekitarmu dengan baik.
·
Jangan membuang
sampah sembarangan.
·
Peliharalah sikap
menghargai dan merawat makhluk hidup.
3. Kegiatan
Akhir/Penutup
a.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
b.
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari
selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
IV.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Gambar-gambar
tentang macam-macam makhluk hidup
2.
Lingkungan
alam
3.
Buku
teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1.
Penilaian
lisan
2.
Penilaian
tingkah laku (pengamatan)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
portofolio
5.
Penilaian
tertulis obyektif
6.
Penilaian
tertulis subyektif
7.
Penilaian
unjuk kerja
Mengetahui, Guru Kelas 3
Kepala Sekolah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar