Minggu, 20 Mei 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS 3 TEMA : LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN



JARINGAN KD/INDIKATOR
 

































  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS  3

TEMA :   LINGKUNGAN DESA DAN KECAMATAN

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALKS WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN
1
2

5
6
7






PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
·   Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
·   Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.







·    Mengidentifikasi macam-macam aturan yang berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup.
·    Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku untuk makhluk hidup.
·    Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian makhluk hidup .
·    Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan sekitar.
·    Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.
·    Mengamati gambar macam-macam makhluk hidup.
·    Mengidentifikasi macam-macam aturan yang berlaku di masyarakat.
·    Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku untuk makhluk hidup.
·    Mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup.
·    Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian makhluk hidup .
·    Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan sekitar.
·    Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.


§  Standar isi  2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn,Seni-Budaya dan Keterampilan
§  Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik kelas III.
§  Buku bahan ajar lain yang relevan untuk Mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA,  PKn Matematika, Orjaskes, Seni Budaya dan Keterampilan.
§  Penilaian tingkah laku
§  Penilaian tertulis obyektif
§  Penilaian tertulis subyektif
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja
§  Penilaian portofolio
§  Penilaian produk

MATEMATIKA

·    Melakukan operasi hitung campuran.
·    Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
·    Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
·    Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.







·    Melakukan operasi hitung campuran.
·    Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
·    Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
·    Menentukan hubungan antar satuan panjang (km, m, dm, cm, dsb.)
·    Menggunakan satuan dalam pemecahan masalah sehari-hari.
·    Menentukan hubungan antar satuan waktu (detik, menit, jam).


·    Mendiskusikan alat ukur.
·    Melakukan operasi hitung campuran.
·    Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
·    Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.












KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALKS WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN
1
2

5
6
7






BAHASA INDONESIA

Mendengar:
·   Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.
Berbicara:
·   Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
Menulis:    
·   Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan.
·   Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.




·          Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.
·          Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
·          Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
·          Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
·          Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
·          Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
·          Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
·          Menyusun  kalimat  berdasarkan hasil pengamatan.


·    Mengamati gambar makhluk hidup.
·    Berdiskusi tentang makhluk hidup di lingkungan sekitar.
·    Bertanya jawab tentang pertumbuhan makhluk hidup.
·    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.
·    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang didengarkan.
·    Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
·    Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
·    Menceriterakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah difahami.
·    Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
·    Membaca puisi berdasarkan wacana.
·    Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
·    Menyusun  kalimat  berdasarkan hasil pengamatan.


§  Standar isi  2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn,Seni-Budaya dan Keterampilan
§  Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik kelas III.
§  Buku bahan ajar lain yang relevan untuk Mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA,  PKn Matematika, Orjaskes, Seni Budaya dan Keterampilan.
§  Penilaian tingkah laku
§  Penilaian tertulis obyektif
§  Penilaian tertulis subyektif
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja
§  Penilaian portofolio
§  Penilaian produk

ILMU PENGETAHUAN ALAM

·   Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
·   Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
·   Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
·   Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
·   Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.



·   Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup.
·   Menyebutkan ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup.
·   Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
·   Membedakan ciri-ciri makhluk hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
·   Menjelaskan macam-macam makhluk hidup yang berkaki dua, empat dan yang tidak berkaki.
·   Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan.
·   Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat untuk mahluk hidup .
·   Mengidentifikasi sifat yang merawat mahluk hidup dan tidak merawat makhluk hidup.
·   Menjelaskan akibat dari lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk hidup.


·    Mengamati gambar makhluk hidup.
·    Berdiskusi tentang makhluk hidup di lingkungan sekitar.
·    Bertanya jawab tentang pertumbuhan makhluk hidup.
·    Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup.
·    Menyebutkan ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup.
·    Membedakan makhluk hidup berdasarkan golongan.
·    Membedakan ciri-ciri makhluk hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
·    Menjelaskan macam-macam makhluk hidup yang berkaki dua, empat dan yang tidak berkaki.
·    Mengamati gambar lingkungan yang sehat dan tidak sehat.
·    Menjelaskan akibat dari lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk hidup.












KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALKS WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN
1
3

5
6
7






ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

·   Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
·   Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.



·    Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup di lingkungan sekitar.
·    Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup berada.
·    Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.


·    Mengamati gambar makhluk hidup.
·    Berdiskusi tentang makhluk hidup di lingkungan sekitar.
·    Bertanya jawab tentang pertumbuhan makhluk hidup.
·    Mengidentifikasi macam-macam makhlukhidup di lingkungan sekitar.
·    Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup berada.
·    Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.


§  Standar isi  2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn,Seni-Budaya dan Keterampilan
§  Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik kelas III.
§  Buku bahan ajar lain yang relevan untuk Mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA,  PKn Matematika, Orjaskes, Seni Budaya dan Keterampilan.
§  Penilaian tingkah laku
§  Penilaian tertulis obyektif
§  Penilaian tertulis subyektif
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja
§  Penilaian portofolio
§  Penilaian produk

SENI-BUDAYA DAN KETERAMPILAN

Rupa:
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri.
Musik:
Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana.


·    Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.
·    Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak dengan atau tanpa iringan sederhana.



·    Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.
·    Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak dengan atau tanpa iringan sederhana.



ORJASKES
·   Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana, serta aturan, dan kerja sama.
·   Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin.
·   Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.




·    Melakukan gerak sederhana.
·    Bermain bersama kelompok.
·    Menjaga kebersihan pakaian.


·    Melakukan gerak sederhana
·    Bermain bersama kelompok
·    Menjaga kebersihan pakaian





RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1 dan 2
TEMA                                              : MAKHLUK HIDUP
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR
§  Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§  Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. (PKn)
§  Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§  Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§  Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
§  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§  Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
§  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengar)
§  Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.(Bahasa Indonesia: Berbicara)   
§  Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§  Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. (IPA)
§  Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§  Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
§  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
§  Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§  Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
§  Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§  Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana, serta aturan, dan kerja sama. (Orjaskes)
§  Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

II. INDIKATOR
§  Mengidentifikasi macam-macam aturan yang berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup. (Pkn)
§  Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku untuk makhluk hidup.
§  Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian makhluk hidup .
§  Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan sekitar.
§  Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.
§  Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§  Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
§  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.(Bahasa Indonesia)
§  Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
§  Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
§  Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
§  Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§  Menyusun  kalimat  berdasarkan hasil pengamatan.
§  Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup.(IPA)
§  Menyebutkan ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup.
§  Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§  Membedakan ciri-ciri makhluk hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
§  Menjelaskan macam-macam makhluk hidup yang berkaki dua, empat dan yang tidak berkaki.
§  Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup di lingkungan sekitar.(IPS)
§  Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup.
§  Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.
§  Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Melakukan gerak sederhana. (Orjaskes)
§  Bermain bersama kelompok.
§  Menjaga kebersihan pakaian.


III.    LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “Bangun Tidur” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orjaskes, Se-Bud)
c.        Setelah selesai, siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan siswa seperti syair lagu, dan dikaitkan dengan Makhluk Hidup yang ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.        Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Makhluk Hidup)

2.   Kegiatan Inti
a.        Semua siswa diajak mengamati gambar tentang “Makhluk Hidup” (buku halaman 119).
b.        Bertanya jawab tentang pengertian makhluk hidup dan apa saja yang termasuk makhluk hidup, kemudian semua siswa diminta untuk mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup.
c.        Beberapa siswa secara bergantian ditugaskan untuk membaca teks “Makhluk Hidup” di halaman 120. Siswa yang lain menyimak dan memperhatikan.
d.        Setelah selesai membaca dilanjutkan dengan bertanya jawab pemahaman teks (penilaian lisan) misalnya:
·   Apa arti makhluk hidup?
·   Apa saja yang termasuk makhluk hidup?
·   Dimana tempat makhluk hidup?
·   Dsb.
e.        Semua siswa diajak mengamati gambar tentang lingkungan alam di halaman 122, dan bertanya jawab apakah di dalam gambar itu ada makhluk hidup? Kalau ada apa saja?
f.         Menunjuk beberapa siswa untuk membaca puisi secara bergantian dan memaknai puisi berdasarkan realita.
g.        Sebelum pelajaran berakhir semua siswa diminta menulis tugas PR untuk dikerjakan di rumah hal-hal berikut:
Catatlah macam-macam makhluk hidup yang kamu ketahui dan yang ada di sekitar rumahmu masing-masing
·         makhluk hidup di darat.
·         makhluk hidup di laut/air.
·         makhluk hidup di udara.
h.        Meminta semua siswa berbudi pekerti dengan melakukan hal-hal berikut:
·         Bersyukurlah kepada Tuhan bahwa di dunia ini ada makhluk hidup.
·         Rawatlah tanamanmu dengan baik.
·         Jagalah kebersihan lingkunganmu.

3.   Kegiatan Akhir/Penutup
a.     Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.     Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.     Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Gambar-gambar tentang macam-macam makhluk hidup.
2.       Lingkungan alam.
3.       Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.       Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
1.       Penilaian lisan
2.       Penilaian tingkah laku (pengamatan)
3.       Penilaian produk
4.       Penilaian portofolio
5.       Penilaian tertulis obyektif
6.       Penilaian tertulis subyektif
7.       Penilaian unjuk kerja

Mengetahui,                                                                                    Guru Kelas 3


Kepala Sekolah








 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 3 dan 4
TEMA                                              : MAKHLUK HIDUP
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)/2 ( dua )
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR
§  Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§  Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. (PKn)
§  Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§  Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§  Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
§  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§  Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
§  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengar)
§  Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.(Bahasa Indonesia: Berbicara)   
§  Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§  Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. (IPA)
§  Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§  Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
§  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
§  Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§  Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
§  Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§  Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana, serta aturan, dan kerja sama. (Orjaskes)
§  Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

II. INDIKATOR
§  Mengidentifikasi macam-macam aturan yang berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup. (Pkn)
§  Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku untuk makhluk hidup.
§  Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian makhluk hidup .
§  Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan sekitar.
§  Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.
§  Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§  Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
§  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.(Bahasa Indonesia)
§  Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
§  Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
§  Menyusun  kalimat  berdasarkan hasil pengamatan.
§  Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup.(IPA)
§  Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan.
§  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat untuk mahluk hidup .
§  Mengidentifikasi sifat yang merawat mahluk hidup dan tidak merawat makhluk hidup.
§  Menjelaskan akibat dari lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk hidup.
§  Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup di lingkungan sekitar.(IPS)
§  Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup.
§  Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.
§  Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Melakukan gerak sederhana. (Orjaskes)
§  Bermain bersama kelompok.
§  Menjaga kebersihan pakaian.



III.    LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “Larilah Kudaku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.        Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dan dikaitkan dengan Makhluk Hidup yang ada di keluarga. (Orjaskes,  BI, IPS dan PKn)
d.        Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Makhluk Hidup).

2.    Kegiatan Inti
a.        Mengumpulkan tugas-tugas.
b.        Bertanya jawab tentang tugas yang telah dikerjakan dirumah tentang makhluk hidup.
c.        Menugaskan semua siswa untuk membaca teks “Lingkungan Sekitar” (halaman 124).
d.        Menayangkan gambar atau siswa ditugaskan untuk mengamati gambar di halaman 124 dan berdiskusi kelas (dipimpin guru) untuk membandingkan keadaan yang ada pada ketiga macam gambar.
e.        Bertanya jawab apakah di lingkungan sekitar rumah ada suasana seperti yang nampak dalam gambar.
f.         Siswa diajak bersama-sama mengidentifikasi lingkungan sekitar (rumah dan atau sekolah).
g.        Semua siswa dikelompokkan dengan teman sebangkunya dan ditugaskan berdiskusi untuk mengerjakan tugas.
Menjelaskan akibat yang mungkin bisa terjadi jika:
·         banyak sampah di sungai
·         air sungai yang kotor
·         asap pabrik yang berlebihan
·         pembuangan limbah pabrik ke sungai
·         rumah tanpa ventilasi
h.        Setelah selesai berdiskusi dilaporkan di depan kelas kemudian dilanjutkan dengan membahas “Hutanku Gundul” di halaman 125.
i.          Guru menerangkan bagaimana seharusnya bersikap atau berperilaku memelihara hutan, supaya tidak terjadi banjir.
j.          Tugas PR: menulis macam-macam makhluk hidup dan makhluk yang tidak hidup.
k.        Meminta semua siswa berbudi pekerti dengan melakukan hal-hal berikut:
·         Jagalah lingkungan sekitarmu dengan baik.
·         Bersihkanlah selokan di rumahmu.
·         Jangan membuang sampah sembarangan.

3.   Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Gambar-gambar tentang macam-macam makhluk hidup.
2.       Lingkungan alam.
3.       Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.       Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
1.       Penilaian lisan
2.       Penilaian tingkah laku (pengamatan)
3.       Penilaian produk
4.       Penilaian portofolio
5.       Penilaian tertulis obyektif
6.       Penilaian tertulis subyektif
7.       Penilaian unjuk kerja


Mengetahui,                                                                                    Guru Kelas 3


Kepala Sekolah








 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 5 dan 6
TEMA                                              : MAKHLUK HIDUP
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)/2 ( dua )
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR
§  Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§  Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. (PKn)
§  Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§  Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§  Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
§  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§  Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
§  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengar)
§  Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.(Bahasa Indonesia: Berbicara)   
§  Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§  Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. (IPA)
§  Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§  Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
§  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
§  Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§  Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
§  Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§  Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana, serta aturan, dan kerja sama. (Orjaskes)
§  Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

II. INDIKATOR
§  Mengidentifikasi macam-macam aturan yang berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup. (Pkn)
§  Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku untuk makhluk hidup.
§  Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian makhluk hidup .
§  Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan sekitar.
§  Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.
§  Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§  Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
§  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.(Bahasa Indonesia)
§  Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
§  Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
§  Menyusun  kalimat  berdasarkan hasil pengamatan.
§  Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup.(IPA)
§  Menyebutkan ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup.
§  Menggolongan makhluk hidup secara sederhana.
§  Membedakan ciri-ciri makhluk hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
§  Menjelaskan macam-macam makhluk hidup yang berkaki dua, empat dan yang tidak berkaki.
§  Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan.
§  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat untuk mahluk hidup .
§  Mengidentifikasi sifat yang merawat mahluk hidup dan tidak merawat makhluk hidup.
§  Menjelaskan akibat dari lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk hidup.
§  Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup di lingkungan sekitar.(IPS)
§  Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup berada.
§  Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.
§  Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Melakukan gerak sederhana. (Orjaskes)
§  Bermain bersama kelompok.
§  Menjaga kebersihan pakaian.

III.    LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “Burung Kakaktua” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.        Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan siswa seperti syair lagu, dan dikaitkan dengan Makhluk Hidup yang ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.        Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Makhluk Hidup).

2.    Kegiatan Inti
a.        Mengumpulkan PR tentang makhluk hidup dan yang tidak hidup.
b.        Menunjukkan 2 macam gambar (halaman 126) dan semua siswa diminta mengamati sambil mengidentifikasi apakah dalam gambar tersebut ada makhluk hidup atau tidak.
c.        Menugaskan semua siswa berkelompok dengan teman sebangkunya dan membahas diantara kedua gambar itu mana yang menunjukkan sikap merawat makhluk hidup.
d.        Semua kelompok ditugaskan juga untuk menjawab pertanyaan di halaman 127.
e.        Setelah selesai berdiskusi, wakil kelompok melaporkan  hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain menanggapi berdasarkan hasil diskusi kelompoknya sendiri.
f.         Secara klasikal (dipimpin guru) siswa membahas ciri-ciri makhluk hidup  dan membedakan dengan makhluk yang tidak hidup kemudian menulisnya di bukunya masing-masing.
g.        Tugas mandiri : semua siswa ditugaskan untuk menulis dan menjelaskan apakah manusia termasuk makhluk hidup? Mengapa?
h.        Sebelum pulang, siswa diberi PR untuk dikerjakan di rumah:
i.          menulis  macam-macam makhluk hidup:
·         di darat
·         di laut/air
·         di udara.
j.          Meminta semua siswa berbudi pekerti dengan melakukan hal-hal berikut:
·         Jagalah lingkungan sekitarmu dengan baik.
·         Bersihkanlah selokan di rumahmu.
·         Jangan membuang sampah sembarangan.
·         Peliharalah sikap menghargai makhluk hidup.

3.   Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
c.        Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Gambar-gambar tentang macam-macam makhluk hidup
2.       Lingkungan alam
3.       Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.       Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
1.       Penilaian lisan
2.       Penilaian tingkah laku (pengamatan)
3.       Penilaian produk
4.       Penilaian portofolio
5.       Penilaian tertulis obyektif
6.       Penilaian tertulis subyektif
7.       Penilaian unjuk kerja


Mengetahui,                                                                                   Guru Kelas 3


Kepala Sekolah





 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 7 dan 8
TEMA                                              : MAKHLUK HIDUP
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR
§  Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§  Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. (PKn)
§  Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§  Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§  Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
§  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§  Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
§  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengar)
§  Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.(Bahasa Indonesia: Berbicara)   
§  Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§  Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. (IPA)
§  Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§  Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
§  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
§  Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§  Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
§  Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§  Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana, serta aturan, dan kerja sama. (Orjaskes)
§  Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

II. INDIKATOR
§  Mengidentifikasi macam-macam aturan yang berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup. (Pkn)
§  Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku untuk makhluk hidup.
§  Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian makhluk hidup .
§  Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan sekitar.
§  Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.
§  Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§  Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
§  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.(Bahasa Indonesia)
§  Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
§  Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
§  Menyusun  kalimat  berdasarkan hasil pengamatan.
§  Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup.(IPA)
§  Menyebutkan ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup.
§  Menggolongan makhluk hidup secara sederhana.
§  Membedakan ciri-ciri makhluk hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
§  Menjelaskan macam-macam makhluk hidup yang berkaki dua, empat dan yang tidak berkaki.
§  Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan.
§  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat untuk mahluk hidup .
§  Mengidentifikasi sifat yang merawat mahluk hidup dan tidak merawat makhluk hidup.
§  Menjelaskan akibat dari lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk hidup.
§  Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup di lingkungan sekitar.(IPS)
§  Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup.
§  Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.
§  Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Melakukan gerak sederhana. (Orjaskes)
§  Bermain bersama kelompok.
§  Menjaga kebersihan pakaian.

III.    LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “Naik – naik ke Puncak Gunung” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orjaskes, Se-Bud)
c.        Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dan dikaitkan dengan Makhluk Hidup yang ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.        Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Makhluk Hidup).

2.    Kegiatan Inti
a.        Meminta semua siswa mengumpulkan PR.
b.        Membahas PR siswa macam-macam makhluk hidup di darat, di air, dan di udara.
c.        Guru menerangkan macam-macam makhluk hidup dengan mengacu pada hasil tugas yang sudah dikerjakan oleh siswa.
d.        Beberapa siswa ditugaskan untuk membaca teks tentang Pertumbuhanku.
e.        Bertanya jawab tentang pemahaman teks (apakah siswa mendengarkan ketika ada temannya yang sedang membaca dan dengan mengacu pada indikator yang ada.
f.         Menugaskan semua siswa untuk berdiskusi berpasangan dengan teman sebangkunya membahas:
·         Hal-hal apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan manusia?
·         Hal-hal apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan  hewan?
·         Hal-hal apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan?
·         Jika makhluk hidup bisa tumbuh dan berkembang, apakah makhluk hidup juga bisa mati?
g.        Setelah selesai berdiskusi diminta untuk mempresentasikan di depan kelas
h.        Siswa yang lain diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan
i.          Meminta semua siswa berbudi pekerti dengan melakukan hal-hal berikut:
·         Jagalah lingkungan sekitarmu dengan baik.
·         Peliharalah sikap menghargai makhluk hidup.
·         Rawatlah hewan peliharaanmu dengan baik.

3.   Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Gambar-gambar tentang macam-macam makhluk hidup
2.        Lingkungan alam
3.        Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.        Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
1.       Penilaian lisan
2.       Penilaian tingkah laku (pengamatan)
3.       Penilaian produk
4.       Penilaian portofolio
5.       Penilaian tertulis obyektif
6.       Penilaian tertulis subyektif
7.       Penilaian unjuk kerja


Mengetahui,                                                                                    Guru Kelas 3


Kepala Sekolah








 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9 dan 10
TEMA                                              : MAKHLUK HIDUP
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR
§  Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§  Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. (PKn)
§  Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§  Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§  Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
§  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§  Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
§  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengar)
§  Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.(Bahasa Indonesia: Berbicara)   
§  Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§  Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. (IPA)
§  Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§  Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
§  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
§  Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§  Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
§  Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§  Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana, serta aturan, dan kerja sama. (Orjaskes)
§  Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

II. INDIKATOR
§  Mengidentifikasi macam-macam aturan yang berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup. (Pkn)
§  Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku untuk makhluk hidup.
§  Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian makhluk hidup .
§  Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan sekitar.
§  Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.
§  Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§  Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
§  Menentukan hubungan antar satuan panjang (km, m, dm, cm, dsb.)
§  Menggunakan satuan dalam pemecahan masalah sehari-hari.
§  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.(Bahasa Indonesia)
§  Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
§  Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
§  Menyusun  kalimat  berdasarkan hasil pengamatan.
§  Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup.(IPA)
§  Menyebutkan ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup.
§  Menggolongan makhluk hidup secara sederhana.
§  Membedakan ciri-ciri makhluk hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
§  Menjelaskan macam-macam makhluk hidup yang berkaki dua, empat dan yang tidak berkaki.
§  Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan.
§  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat untuk mahluk hidup .
§  Mengidentifikasi sifat yang merawat mahluk hidup dan tidak merawat makhluk hidup.
§  Menjelaskan akibat dari lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk hidup.
§  Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup di lingkungan sekitar.(IPS)
§  Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup.
§  Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.
§  Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Melakukan gerak sederhana. (Orjaskes)
§  Bermain bersama kelompok.
§  Menjaga kebersihan pakaian.

III.    LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “Bebek Angsa” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.        Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dan dikaitkan dengan Makhluk Hidup yang ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.        Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Makhluk Hidup).

2.   Kegiatan Inti
a.        Bertanya jawab tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia sebagai salah satu makhluk hidup.
b.        Bertanya jawab tentang ciri-ciri makhluk hidup.
c.        Menunjukkan gambar dan meminta semua siswa mengamati gambar di halaman 133.
d.        Apakah ular termasuk makhluk hidup? Berapa panjangnya ular itu?
e.        Semua siswa bersama teman sebangkunya (bisa saling bekerjasama) ditugaskan untuk mengerjakan soal di  halaman 133, 134 dan 135
f.         Setelah selesai berdiskusi, dilanjutkan dengan kegiatan karyawisata singkat. Semua siswa diajak keluar kelas (kantin, toko terdekat, warung terdekat dsb) tugasnya adalah berbelanja atau membeli barang dan mencatat serta mengamati hal-hal berikut:
·         Barang apa yang dibeli?
·         Berapa harganya?
·         Uang apa yang dipakai untuk membayar?
·         Berapa kembalian uang pembayarannya?
g.        Setelah selesai berkaryawisata, semua siswa kembali ketempat duduk masing-masing dan melaporkan hasil kerjanya dengan menulis kembali hasil pengamatan di lapangan dalam tulisan yang rapi (bisa di bukunya masing-masing siswa)
h.        Kelompok menceritakan hasil pengamatan di lapangan dan melaporkan secara tertulis
i.          Meminta semua siswa berbudi pekerti dengan melakukan hal-hal berikut:
·         Telitilah dalam berbelanja.
·         Perhatikan timbangan, jumlah yang dibeli dengan yang harus dibayar jangan sampai salah.
·         Jagalah kebersihan lingkungan rumah.
·         Peliharalah sikap menghargai makhluk hidup.

3.   Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Gambar-gambar tentang macam-macam makhluk hidup
2.       Lingkungan alam
3.       Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.       Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
1.       Penilaian lisan
2.       Penilaian tingkah laku (pengamatan)
3.       Penilaian produk
4.       Penilaian portofolio
5.       Penilaian tertulis obyektif
6.       Penilaian tertulis subyektif
7.       Penilaian unjuk kerja

Mengetahui,                                                                        Guru Kelas 3


Kepala Sekolah








 RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 11 dan 12
TEMA                                              : MAKHLUK HIDUP
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)/2 (dua)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR
§  Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§  Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. (PKn)
§  Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§  Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§  Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
§  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§  Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
§  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengar)
§  Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.(Bahasa Indonesia: Berbicara)   
§  Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§  Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
§  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. (IPA)
§  Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
§  Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan OR).
§  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
§  Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
§  Menceriterakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
§  Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§  Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana, serta aturan, dan kerja sama. (Orjaskes)
§  Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

II. INDIKATOR
§  Mengidentifikasi macam-macam aturan yang berlaku di masyarakat terkait dengan pemeliharaan makhluk hidup. (Pkn)
§  Menjelaskan hubungan aturan yang berlaku untuk makhluk hidup.
§  Menceritakan pentingnya memelihara kelestarian makhluk hidup .
§  Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan sekitar.
§  Menerapkan perilaku memelihara lingkungan sekitar.
§  Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
§  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam).
§  Menggunakan alat ukur dalam memecahkan masalah.
§  Menentukan hubungan antar satuan panjang (km, m, dm, cm, dsb.)
§  Menggunakan satuan dalam pemecahan masalah sehari-hari.
§  Menentukan hubungan antar satuan waktu (detik, menit, jam).
§  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.(Bahasa Indonesia)
§  Memberikan tanggapan terhadap wacana yang dibaca.
§  Menjelaskan urutan cerita berdasarkan bacaan.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita.
§  Menyusun  kalimat  berdasarkan hasil pengamatan.
§  Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup.(IPA)
§  Menyebutkan ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup.
§  Menggolongan makhluk hidup secara sederhana.
§  Membedakan ciri-ciri makhluk hidup yang hidup di darat, laut dan udara.
§  Menjelaskan macam-macam makhluk hidup yang berkaki dua, empat dan yang tidak berkaki.
§  Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan.
§  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat untuk mahluk hidup .
§  Mengidentifikasi sifat yang merawat mahluk hidup dan tidak merawat makhluk hidup.
§  Menjelaskan akibat dari lingkungan yang tidak sehat terhadap makhluk hidup.
§  Mengidentifikasi macam-macam makhluk hidup di lingkungan sekitar.(IPS)
§  Menjelaskan cara memelihara makhluk hidup berada.
§  Menyebutkan tempat dimana makhluk hidup berada.
§  Menggambar hewan sesuai dengan imajinatifnya.(Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak anak dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Melakukan gerak sederhana. (Orjaskes)
§  Bermain bersama kelompok.
§  Menjaga kebersihan pakaian.

III.    LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “Larilah Kudaku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
c.        Setelah selesai, siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan siswa seperti syair lagu, dan dikaitkan dengan Makhluk Hidup yang ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
d.        Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Makhluk Hidup).

2.   Kegiatan Inti
a.        Bertanya jawab tentang kegiatan yang telah dilakukan pada hari kemarin (pengamatan dan membeli barang-barang).
b.        Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
c.        Semua siswa ditugaskan untuk berkelompok dengan teman sebangkunya dan mengerjakan soal di halaman 136 dan 137.
d.        Semua siswa ditugaskan menggambar hewan yang ada di kebun binatang (halaman 139).
e.        Guru bercerita tentang “Kuda Laut”. Ternyata binatang kuda itu tidak hanya ada di darat. Di lautpun juga ada binatang yang mirip dengan kuda, namanya kuda laut dst.
f.         Mengajak semua siswa keluar kelas dan bermain “Tiru Hewan” (halaman 141).
g.        Setelah selesai bermain-main semua siswa kembali ke kelas dan ditugaskan untuk mengerjakan soal “Ayo Belajar” di halaman 143, 144 dan 145.
h.        Meminta semua siswa berbudi pekerti dengan melakukan hal-hal berikut:
·         Jagalah kebersihan lingkungan sekitarmu dengan baik.
·         Jangan membuang sampah sembarangan.
·         Peliharalah sikap menghargai dan merawat makhluk hidup.

3.   Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Gambar-gambar tentang macam-macam makhluk hidup
2.       Lingkungan alam
3.       Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.       Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
1.       Penilaian lisan
2.       Penilaian tingkah laku (pengamatan)
3.       Penilaian produk
4.       Penilaian portofolio
5.       Penilaian tertulis obyektif
6.       Penilaian tertulis subyektif
7.       Penilaian unjuk kerja



Mengetahui,                                                                        Guru Kelas 3


Kepala Sekolah
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
·    Menyebutkan contoh perilaku menutamakan persatuan
·    Menjelaskan makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa
·    Menyebutkan teks sumpah pemuda
·    Menjelaskan makna teks sumpah pemuda
·    Menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar