Minggu, 20 Mei 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 2ATEMA: TEMPAT UMUM


JARINGAN KD/INDIKATOR

 



































SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS  2A

TEMA: TEMPAT UMUM

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN/PENGALAMAN BELAJAR
ALKS WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN

1
2
3
4
5
6






PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Mendeskripsikan sikap yang baik di tempat umum.


·      Menjelaskan sikap dalam menggunakan fasilitas umum.
·      Menceritakan sopan santun di tempat umum
·      Menjaga ketertiban umum.

·      Menjelaskan sikap dalam menggunakan fasilitas umum.
·      Menceritakan sopan santun di tempat umum
·      Menjaga ketertiban umum.

2 ming gu
§  Standar Isi 2006 SD Mata Pelajaran Agama, PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan Orjaskes.
§  Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik Kelas IIA.
§  Buku Kerja Kelas IIA mata pelajaran Bhs Indonesia, IPA, IPS dan Matematika.
§  Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama, PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan Penjas.
§  Lingkungan sekitar (Rumah, RT/RW, Desa Sekolah).
§  Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006 untuk TK, SD/MI.

§  Penilaian Obyektif .
§  Penilaian Subeyktif.
§  Penilaian Lisan.
§  Penilaian Unjuk Kerja.
§  Penilaian Produk.
§  Penilaian Portofolio.
§  Penilaian Tingkah laku.
§  Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan Esis.
§  Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§  Mencatat aktivitas siswa dalam merespon pertanyaan.
§  Mengamati aktivitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§  Mengamati dan menilai siswa dalam mengungkapkan perasaannya dalam bercerita.
§  Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§  Mencatat aktivitas siswa dalammerespon pertanyaan.
§  Mengamati respon siswa dalam mengikuti aktivitas kelas.
§   Mengamati respon siswa dalam mengikuti aktivitas kelas dengan menggunakan lembar pengamatan .
§  Mengamati dan menilai peragaan siswa.
§  Mengamati respon siswa dalam mengikuti aktivitas kelas.
§  Mengumpulkan dan menilai karangan siswa.
IPS
Menceritakan sikap yang baik di tempat umum.

§  Menyebutkan tata cara berperilaku di tempat umum.
§  Menceritakan pengalamannya di tempat umum.
§  Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.

§  Menyebutkan tata cara berperilaku di tempat umum.
§  Menceritakan pengalamannya di tempat umum.
§  Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.


BAHASA INDONESIA

Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengankata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
Berbicara: Menceritakan kegiatan dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.

·    Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
·    Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·    Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·    Menanyakan atau menanggapi kegiatan teman sekelas.
·    Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·    Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
·    Memilih bacaan yang disenangi.
·    Menikmati kegiatan membaca.
·    Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
·    Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu

·    Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
·    Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·    Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·    Menanyakan atau menanggapi kegiatan teman sekelas.
·    Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·    Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
·    Memilih bacaan yang disenangi.
·    Menikmati kegiatan membaca.
·    Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
·    Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu

MATEMATIKA

Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500.

·    Penjumlahan dan pengurangan tanpa teknik menyimpan.
·    Pengurangan tiga bilangan.
·    Mengetahui ukuran berbagai benda.


·    Penjumlahan dan pengurangan tanpa teknik menyimpan.
·    Pengurangan tiga bilangan.




ORJASKES
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.

·    Melakukan permainan “Lempar Kaleng”.


·    Melakukan permainan “Lempar Kaleng”.




I PA

Mengidentifikasi berbagai bunyi.

·    Membandingkan bunyi panjang dan bunyi pendek.
·    Memberi makna pada hasil pengamatan.
·    Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
·    Bekerjasama dengan teman.
·    Memberi tanggapan secara santun.

·    Membandingkan bunyi panjang dan bunyi pendek.
·    Memberi makna pada hasil pengamatan.
·    Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
·    Bekerjasama dengan teman.
·    Memberi tanggapan secara santun.



§  Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam berdinamika kelompok dan ketika berdiskusi.
§  Mengumpulkan hasil tulisan siswa tentang benda-benda dua dimensi dan tiga dimensi.
§  Mengumpulkan dan menilai hasil pekerjaan siswa.
§  Mengamati respon siswa dalam mengikuti aktivitas kelas.
§  Mengumpulkan dan menilai hasil ibenda-benda.
§  Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam menyanyikan lagu bersama.
§  Mengamati respon siswa dalam mengikuti aktivitas kelas.
§  Mengamati dan menilai keberanian siswa ketika maju kedepan.
§  Mengamati respon siswa dalam mengikuti aktivitas kelas.

SENI-BUDAYA & KETERAMPILAN

Mengekspresikan diri melalui nyanyian dan tarian.


·      Menyanyikan lagu dengan pengucapan yang benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
·      Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
·      Mengetahui berbagai jenis gerakan tarian.



·      Menyanyikan lagu dengan pengucapan yang benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
·      Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
·      Mengetahui berbagai jenis gerakan tarian.







RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 1, 2, 3 dan 4
TEMA                                    : TEMPAT UMUM
KELAS /SEMESTER             : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU                                 : 4  kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR
§  Mengidentifikasi berbagai bunyi (PKn).
§  Menceritakan sikap yang baik di tempat umum (IPS).
§  Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§  Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mjudah dipahami orang lain.
§  Membaca: Menyimpulkan isi tek pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
§  Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (Mat).
§  Mengidentifikasi berbagai bunyi (IPA).
§  Mengekspresikan diri melalui nyanyian dan tarian (Se-Bud & Ketr).

II.   INDIKATOR
·      Menjelaskan sikap dalam menggunakan fasilitas umum (PKn).
·      Menceritakan sopan santun di tempat umum.
·      Menjaga ketertiban umum.
§  Menceritakan pengalamannya di tempat umum (IPS).
§  Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.
·      Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
·      Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·      Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
·      Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·      Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
·      Memilih bacaan yang disenangi.
·      Menikmati kegiatan membaca.
·      Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
·      Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
·      Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
·      Penjumlahan dan pengurangan tanpa teknik menyimpan (MAT).
·      Pengurangan tiga bilangan.
·      Mengetahui ukuran berbagai benda.
·      Membandingkan bunyi panjang dan bunyi pendek (IPA).
·      Memberi makna pada hasil pengamatan.
·      Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
·      Bekerjasama dengan teman.
·      Memberi tanggapan secara santun.
·      Menyanyikan lagu dengan pengucapan yang benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (Se-Bud & Ketr).
·      Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
·      Mengetahui berbagai jenis gerakan tarian.

III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Tukang Pos” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§  Bertanya jawab tentang tugas pekerjaan Pak Pos dan dikaitkan dengan tempat umum.
§  Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Tempat Umum).

2.   Kegiatan Inti
1)        Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 40 topik “Kolam Renang”. Kemudian menugaskan salah satu siswa membaca bergantian dengan suara nyaring dan intonasi yang benar. Guru dapat memberikan penjelasan makna yang ada di dalam teks.
2)        Bertanya jawab tentang isi bacaan dan dilanjutkan dengan pertanyaan yang ada hubungannya dengan kehidupan sehari-hari siswa dan di lingkungan sekitar siswa. Misal :
§   Adakah kolam renang disekitar rumah,
§  kalau memang ada berapa jumlahnya,
§  seberapa besarnya
§  bisa saling bercerita dengan teman sebangkunya.
§  Jika bukan kolam renang buatan,
§  bisa juga kolam renang alam (seperti Kali, Sumber Air dsb) (BI, Mat, PA, PKn, IPA, IPS, Orjas)
3)        Semua siswa ditugaskan untuk mengarang cerita tentang kolam renang atau sumber air yang ada disekitarnya.
4)        Semua siswa ditugaskan melanjutkan bacaan di Teks buku hal 48 dan 49. Dilanjutkan bertanya jawab tentang kemampuan siswa dalam berenang. (apakah anak dapat melakukan gerak meluncur, sambil menahan badan) bisa sambil berdiskusi .
5)        Memanggil beberapa siswa ke depan kelas untuk memperagakan bagaimana cara gerak meluncur jika akan berenang, bagaimana jika meluncur sambil menahan badan dan bertanya jawab tentang perbedaan jika bergerak di dalam air dengan bergerak di darat (BI, Mat, PA, PKn, IPA, IPS, Orjas).
6)        Bagian “Cakrawala” Guru Memberikan penjelasan tentang  ketertiban di kolam renang. Guru bercerita bagaimana menjaga keselamatan di kolam renang, menjaga keber sihan, keamanan, berapa kali di kuras air kolamnya dsb.
7)        Meminta semua siswa membuat karangan bagaimana sikap anak jika berada di tempat umum seperti di kolam renang tersebut (bisa dikerjakan secara kelompok, bisa juga individu) (BI, Mat, PA, PKn, IPA, IPS, Orjas).
8)        Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 70) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§  Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§  Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§  Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§  Gambar-gambar tentang tempat umum (Kolam renang, Perpustakaan.
§  Lingkungan sekitar, masyarakat, dan sekolah.
§  Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§  Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).

V.   PENILAIAN
§  Penilaian Lisan (dalam proses).
§  Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§  Penilaian Produk.
§  Penilaian Portofolio.
§  Penilaian Tertulis Obyektif.
§  Penilaian Tertulis Subyektif.
§  Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§  Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.



Mengetahui,                                                                                 


Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas 2
























RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 5, 6, 7, dan 8
TEMA                                    : TEMPAT UMUM
KELAS /SEMESTER             : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU                                 : 4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR
§  Mengidentifikasi berbagai bunyi (PKn).
§  Menceritakan sikap yang baik di tempat umum (IPS).
§  Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§  Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mjudah dipahami orang lain.
§  Membaca: Menyimpulkan isi tek pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
§  Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (Mat).
§  Mengidentifikasi berbagai bunyi (IPA).
§  Mengekspresikan diri melalui nyanyian dan tarian (Se-Bud & Ketr).

II.   INDIKATOR
·      Menjelaskan sikap dalam menggunakan fasilitas umum (PKn).
·      Menceritakan sopan santun di tempat umum.
·      Menjaga ketertiban umum..
§  Menceritakan pengalamannya di tempat umum (IPS).
§  Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.
·      Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
·      Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·      Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
·      Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·      Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
·      Memilih bacaan yang disenangi.
·      Menikmati kegiatan membaca.
·      Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
·      Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
·      Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
·      Penjumlahan dan pengurangan tanpa teknik menyimpan (MAT).
·      Pengurangan tiga bilangan.
·      Mengetahui ukuran berbagai benda.
·      Membandingkan bunyi panjang dan bunyi pendek (IPA).
·      Memberi makna pada hasil pengamatan.
·      Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
·      Bekerjasama dengan teman.
·      Memberi tanggapan secara santun.
·      Menyanyikan lagu dengan pengucapan yang benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (Se-Bud & Ketr).
·      Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
·      Mengetahui berbagai jenis gerakan tarian.

III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Tukang Pos” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§  Bertanya jawab tentang tugas pekerjaan Pak Pos dan dikaitkan dengan tempat umum.
§  Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Tempat Umum).

2.   Kegiatan Inti
1)        Meminta semua siswa mengamati gambar yang ada di hal 50 dan 51 tentang Perpustakaan Umum. Dilanjutkan dengan menugaskan salah satu siswa secara bergantian untuk membaca teks/bacaannya.
2)        Bertanya jawab tentang perpustakaan. Misalnya:
§  Apakah di sekolah ada perpustakaan?
§  atau di sekitar rumah (perpustakaan keliling)?
§  atau perpustakaan  bacaan?,
§  Bagaimana cara meminjamnya,
§  siapa saja yang boleh meminjam dan
§  buku-buku apa saja yang ada di perpustakaan tersebut
§  dan sebagainya
3)        Untuk mengetahui apakah siswa memahami makna teks dilakukan tanya jawab lisan antara lain:
§  pernahkah kamu pergi ke perpustakaan?
§  apakah di sekitar rumah ana ada perpustakaan?
§  Buku apa yang pernah kamu pinjam?
§  Siapa yang menerima ana ketika pergi ke perpustakaan?
§   Apakah ada peraturan kalau berada di perpustakaan?
§  Bagaimana caranya menjadi anggota perpustakaan?
4)        Pada bagian “Cakrawala” semua siswa diminta mengamati gambar di hal 52 dan Guru bercerita tentang benda-benda dua dimensi dan benda tiga dimensi.  Guru menunjukkan benda-benda disekitar siswa misalnya (kertas mempunyai ukuran panjang dan lebar, ini dua dimensi) sedangkan yang dimaksud dengan benda tiga dimensi memiliki 3 ukuran yaitu panjang, lebar dan tinggi misalnya gelas, kotak dsb) (BI, Mat, IPA, PKn, IPS)
5)        Menugaskan semua siswa untuk menulis benda-benda dua dimensi dan tiga dimensi yang dikenal dan ada disekitar siswa. Hasil catatan dikumpulkan   (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
6)        Memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang benda dua  dimensi dan tiga dimensi yang ada di ruang kelas (halaman 54)  (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
7)        Semua siswa dikelompokkan dengan anggota yang terdiri dari lima anak.
8)        Setiap kelompok ditugaskan untuk membuat klipping dan yang dikliping adalah tentang:
§  benda yang berbentuk segi empat,
§  benda yang berbentuk segitiga,
§  benda yang berbentuk lingkaran yang ada di tempat umum.
§  Masing-masing kelompok diminta bercerita tentang benda tersebut. (warnanya, besarnya, bentuk dsb) (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
9)        Siswa dikelompokkan dengan menggunakan teknik (Group Investigation) dengan langkah:
§  Siswa dikelompokkan denganb latar belakang yang heterogen (ada siswa yang pandai, yang sedang dan yang lemah)
§  Guru memberikan penjelasan tugas kelompok dan apa yang harus dilakukan dalam diskusi
§  Ketua kelompok dipanggil untuk menerima tugas (pengamatan)
§  Dipimpin oleh ketua kelompok membahas materi yang ditugaskan
§  Ketua dan juru bicaranya menyampaikan hasil pengamatannya di kelas
§  Kelompok lain bisa memberikan tanggapan dan pertanyaan
Bahan diskusi adalah materi di halaman 55
10)     Semua siswa ditugaskan untuk mengerjakan tugas berhitung (halaman 56) (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
§  Penjumlahan bilangan sampai 500
§   Penjumlahan tanpa teknik meminjam
§  menjumlahkan tiga bilangan berturut-turut
§  tentukan hasil penjumlahan di halaman 59
11)     Bagian “Ayo Bernyanyi” Semua siswa diajak menyanyikan lagu “Tukang Pos” dengan keras, seuai irama dan dinamikanya sambil menggerakkan tangan berirama atau bertepuk tangan serempak. Sambil menyanyikan lagu guru mengamati cara pengucapan yang baik dan benar (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
12)     Karena kalau suku kata kedua diucapkan keras, maka jadi membentak. (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
13)     Memanggil beberapa siswa maju kedepan kelas untuk memperagakan cara mengucapkan nama teman dengan cara keras dan lembut tersebut.
14)     Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 113) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§  Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§  Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§  Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§  Gambar-gambar tentang tempat umum (Kolam renang, Perpustakaan.
§  Lingkungan sekitar, masyarakat, dan sekolah.
§  Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§  Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).

V.   PENILAIAN
§  Penilaian Lisan (dalam proses).
§  Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§  Penilaian Produk.
§  Penilaian Portofolio.
§  Penilaian Tertulis Obyektif.
§  Penilaian Tertulis Subyektif.
§  Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§  Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.

Mengetahui,                                                                                 


Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas 2
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 9, 10, 11, dan 12
TEMA                                    : TEMPAT UMUM
KELAS /SEMESTER             : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU                                 : 4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR
§  Mengidentifikasi berbagai bunyi (PKn).
§  Menceritakan sikap yang baik di tempat umum (IPS).
§  Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§  Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mjudah dipahami orang lain.
§  Membaca: Menyimpulkan isi tek pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
§  Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (Mat).
§  Mengidentifikasi berbagai bunyi (IPA).
§  Mengekspresikan diri melalui nyanyian dan tarian (Se-Bud & Ketr).

II.   INDIKATOR
·      Menjelaskan sikap dalam menggunakan fasilitas umum (PKn).
·      Menceritakan sopan santun di tempat umum.
·      Menjaga ketertiban umum..
§  Menceritakan pengalamannya di tempat umum (IPS).
§  Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.
·      Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
·      Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·      Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
·      Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·      Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
·      Memilih bacaan yang disenangi.
·      Menikmati kegiatan membaca.
·      Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
·      Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
·      Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
·      Penjumlahan dan pengurangan tanpa teknik menyimpan (MAT).
·      Pengurangan tiga bilangan.
·      Mengetahui ukuran berbagai benda.
·      Membandingkan bunyi panjang dan bunyi pendek (IPA).
·      Memberi makna pada hasil pengamatan.
·      Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
·      Bekerjasama dengan teman.
·      Memberi tanggapan secara santun.
·      Menyanyikan lagu dengan pengucapan yang benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (Se-Bud & Ketr).
·      Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
·      Mengetahui berbagai jenis gerakan tarian.

III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
§  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Tukang Pos” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§  Bertanya jawab tentang tugas pekerjaan Pak Pos dan dikaitkan dengan tempat umum.
§  Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Tempat Umum).

2.   Kegiatan Inti
1)        Sebelum memasuki materi pokok semua siswa diajak berdinamika dengan dara menghitung (Matermatika)
§  Semua siswa dibagi dua kelompok besar dan membuat lingkaran (bisa di dalam kelas)
§  Setelah lingkaran sudah jadi ditunjuk pimpinan atau ketua untuk berdiri di tengah lingkaran.
§  Ketua akan mengatur jalannya permainan berhitung.
§  Ditentukan salah satu anak untuk center sebagai awal hitungan
§  Searah jarum jam
§  Anggota hanya menghitung 1, 2, 3, 4,  ( 5 )
§  Ketika sampai pada hitungan ke lima ( 5 ) tidak diucapkan angkanya tetapi diganti dengan kata ”Merdeka
§  Dilanjutkan dengan hitungan berikutnya 6, 7, 8, 9 ”Merdeka
§  Demikian seterusnya sampai semampunya hitungan ke berapa
§  Aturan tidak boleh ada yang salah. Dan kalau ada yang salah harus diulang lagi sampai benar
§  Dimulai dikomando oleh ketua sekaligus merangkap menjadi juri.
2)        Setelah selesai bermain semua siswa melanjutkan mengerjakan tugas di halaman 59 tentang matematika yaitu:
§  Pengurangan bilangan
§  Pengurangan dengan teknik meminjam
§  Pengurangan tiga bilangan
3)        Bagian “Ayo Bercerita” Semua siswa diminta membuat cerita tentang tempat umum yang pernah dikunjungi (Apa kah ada peristiwa yang menyenangkan, yang mengesankan, yang menyedihkan dsb). Masing-masing siswa bercerita dengan teman sebangkunya secara bergantian dan siswa mencatatnya (BI, Mat, PA, ,PKn & PS,)
4)        Cerita masing-masing siswa didiskusikan dengan teman yang duduk di bangku sebelahnya untuk membahas cara
5)        Bagaimana agar lingkungan sekitar tidak terjadi kerusakan
6)        Semua cerita yang sudah ditulis dikumpulkan kepada guru untuk dinilai dan sebagai salah satu portofolio siswa.
7)        Setelah itu semua siswa diajak menyimak wacana di halaman 67
8)        Serita yang belum lengkap dan siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya untuk melengkapi kalimat tersebut dengan memilih kata-kata yang ada di bagian bawah.
9)        Bagian “Ayo Bermain” semua siswa diminta membaca teks bacaan di hal 68. Setelah itu mereka diajak keluar kelas untuk mempraktekkan permainan  tersebut. Aturan main dibuat dan disepakati bersama. (BI, Mat, PA, ,PKn & PS, KTK, Penjas)
10)     Semua Siswa  melakukan gerak dasar melempar dengan benar kaleng-kaleng yang telah disusun. Melempar mengikuti aba-aba dan irama yang diatur bersama (BI, Mat, PA, ,PKn & PS, KTK, Penjas)
11)     Semua siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal di bagian ”Ayo Belajar” halaman 71 dan 72
12)     Bagian “Budi Pekerti” semua siswa diminta membaca bacaan di hal 70. Kemudian mereka ditugaskan untuk menyalin di bukunya masing-masing. Dan yang lebih penting adalah semua siswa diharapkan menerapkan perilaku sesuai petunjuk dalam berbudi pekerti.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§  Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§  Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
§  Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§  Gambar-gambar tentang tempat umum (Kolam renang, Perpustakaan.
§  Lingkungan sekitar, masyarakat, dan sekolah.
§  Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§  Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V.   PENILAIAN
§  Penilaian Lisan (dalam proses).
§  Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§  Penilaian Produk.
§  Penilaian Portofolio.
§  Penilaian Tertulis Obyektif.
§  Penilaian Tertulis Subyektif.
§  Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
§  Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan ESIS.



Mengetahui,                                                                                 


Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas 2




Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai dengan cara:
§  Menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang sudah dirancang.
§  Semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur pencapaian indicator.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar