JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 2A
TEMA: TEMPAT UMUM
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN/PENGALAMAN
BELAJAR
|
ALKS
WAKTU
|
SARANA
DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Mendeskripsikan sikap yang
baik di tempat umum.
|
·
Menjelaskan sikap dalam menggunakan fasilitas umum.
·
Menceritakan sopan santun di tempat umum
·
Menjaga
ketertiban umum.
|
·
Menjelaskan sikap dalam menggunakan fasilitas umum.
·
Menceritakan sopan santun di tempat umum
·
Menjaga
ketertiban umum.
|
2
ming gu
|
§
Standar Isi 2006 SD Mata Pelajaran
Agama, PKn, IPS, Bhs
§ Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan Pendekatan
Tematik Kelas IIA.
§ Buku Kerja Kelas IIA mata pelajaran Bhs Indonesia, IPA,
IPS dan Matematika.
§ Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama,
PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan
Penjas.
§ Lingkungan sekitar (Rumah, RT/RW, Desa Sekolah).
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006 untuk TK,
SD/MI.
|
§
Penilaian Obyektif .
§
Penilaian Subeyktif.
§
Penilaian Lisan.
§
Penilaian Unjuk Kerja.
§
Penilaian Produk.
§
Penilaian Portofolio.
§
Penilaian Tingkah laku.
§ Penilaian Buku Kerja Tematik terbitan Esis.
§ Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti
pelajaran.
§
Mencatat aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan.
§ Mengamati aktivitas
siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Mengamati dan menilai
siswa dalam mengungkapkan perasaannya dalam bercerita.
§ Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti
pelajaran.
§ Mencatat aktivitas siswa dalammerespon pertanyaan.
§ Mengamati respon siswa
dalam mengikuti aktivitas kelas.
§ Mengamati respon
siswa dalam mengikuti aktivitas kelas dengan menggunakan lembar pengamatan .
§ Mengamati dan menilai peragaan siswa.
§ Mengamati respon siswa dalam mengikuti aktivitas kelas.
§ Mengumpulkan dan menilai karangan siswa.
|
IPS
Menceritakan
sikap yang baik di tempat umum.
|
§ Menyebutkan tata cara berperilaku di tempat umum.
§ Menceritakan pengalamannya di tempat umum.
§ Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.
|
§ Menyebutkan tata cara berperilaku di tempat umum.
§ Menceritakan pengalamannya di tempat umum.
§ Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.
|
|
||
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan:
Menyebutkan kembali dengankata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
Berbicara:
Menceritakan kegiatan dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
Membaca:
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca
lancer.
Menulis:
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
|
· Menjawab pertanyaan sesuai
isi cerita yang didengarkan.
· Menceritakan kembali cerita
dengan menggunakan kata-kata sendiri.
· Menyampaikan pesan secara
lisan kepada orang lain.
· Menanyakan atau menanggapi
kegiatan teman sekelas.
· Membaca teks cerita dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
· Menjawab atau mengajukan
pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
· Memilih bacaan yang disenangi.
· Menikmati kegiatan membaca.
·
Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
·
Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan
tertentu
|
· Menjawab pertanyaan sesuai
isi cerita yang didengarkan.
· Menceritakan kembali cerita
dengan menggunakan kata-kata sendiri.
· Menyampaikan pesan secara
lisan kepada orang lain.
· Menanyakan atau menanggapi
kegiatan teman sekelas.
· Membaca teks cerita dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
· Menjawab atau mengajukan
pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
· Memilih bacaan yang disenangi.
· Menikmati kegiatan membaca.
·
Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
·
Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan
tertentu
|
|
||
MATEMATIKA
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 500.
|
· Penjumlahan dan pengurangan
tanpa teknik menyimpan.
· Pengurangan tiga bilangan.
· Mengetahui ukuran berbagai benda.
|
· Penjumlahan dan pengurangan
tanpa teknik menyimpan.
· Pengurangan tiga bilangan.
|
|
|
|
ORJASKES
Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang
menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab,
menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.
|
·
Melakukan permainan
“Lempar Kaleng”.
|
·
Melakukan permainan
“Lempar Kaleng”.
|
|
|
|
I PA
Mengidentifikasi berbagai bunyi.
|
· Membandingkan bunyi panjang
dan bunyi pendek.
· Memberi makna pada hasil pengamatan.
· Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk
menjawab pertanyaan.
· Bekerjasama dengan teman.
·
Memberi
tanggapan secara santun.
|
· Membandingkan bunyi panjang
dan bunyi pendek.
· Memberi makna pada hasil pengamatan.
· Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk
menjawab pertanyaan.
· Bekerjasama dengan teman.
·
Memberi
tanggapan secara santun.
|
|
|
§ Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam
berdinamika kelompok dan ketika berdiskusi.
§
Mengumpulkan hasil tulisan siswa
tentang benda-benda dua dimensi dan tiga dimensi.
§
Mengumpulkan dan menilai hasil
pekerjaan siswa.
§ Mengamati respon siswa dalam mengikuti aktivitas kelas.
§
Mengumpulkan dan menilai hasil
ibenda-benda.
§ Mengamati dan menilai sikap perilaku siswa dalam
menyanyikan lagu bersama.
§ Mengamati respon siswa dalam mengikuti aktivitas kelas.
§ Mengamati dan menilai keberanian siswa ketika maju kedepan.
§ Mengamati respon siswa dalam mengikuti aktivitas kelas.
|
SENI-BUDAYA & KETERAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui nyanyian dan tarian.
|
· Menyanyikan lagu dengan pengucapan yang
benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
· Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Mengetahui berbagai jenis gerakan tarian.
|
· Menyanyikan lagu dengan pengucapan yang
benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
· Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Mengetahui berbagai jenis gerakan tarian.
|
|
|
RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1, 2, 3 dan 4
TEMA : TEMPAT UMUM
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU : 4
kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§
Mengidentifikasi
berbagai bunyi (PKn).
§ Menceritakan sikap yang baik di tempat umum (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan
bahasa yang mjudah dipahami orang lain.
§ Membaca:
Menyimpulkan isi tek pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
§ Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital
dan tanda titik.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 500 (Mat).
§
Mengidentifikasi
berbagai bunyi (IPA).
§
Mengekspresikan diri melalui nyanyian
dan tarian (Se-Bud & Ketr).
II. INDIKATOR
·
Menjelaskan sikap dalam
menggunakan fasilitas umum (PKn).
·
Menceritakan
sopan santun di tempat umum.
·
Menjaga
ketertiban umum.
§ Menceritakan pengalamannya di tempat umum (IPS).
§ Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.
·
Menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
·
Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menuliskan
pesan ke dalam beberapa kalimat.
·
Membaca
teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Menjawab
atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
·
Memilih
bacaan yang disenangi.
·
Menikmati
kegiatan membaca.
· Memberikan pendapat atau
komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
·
Menulis
kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi
dan mudah dibaca.
·
Menulis
menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
·
Penjumlahan
dan pengurangan tanpa teknik menyimpan (MAT).
·
Pengurangan
tiga bilangan.
·
Mengetahui
ukuran berbagai benda.
·
Membandingkan
bunyi panjang dan bunyi pendek (IPA).
·
Memberi
makna pada hasil pengamatan.
·
Menggunakan
informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
·
Bekerjasama
dengan teman.
·
Memberi
tanggapan secara santun.
·
Menyanyikan lagu dengan
pengucapan yang benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan
(Se-Bud
& Ketr).
·
Menyanyikan lagu sesuai
dengan tanda dinamik.
·
Mengetahui berbagai jenis
gerakan tarian.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Tukang Pos” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Bertanya jawab tentang tugas
pekerjaan Pak Pos dan dikaitkan dengan tempat umum.
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Tempat Umum).
2. Kegiatan
Inti
1)
Semua siswa diminta mengamati gambar
di hal 40 topik “Kolam Renang”. Kemudian menugaskan salah satu siswa membaca
bergantian dengan suara nyaring dan intonasi yang benar. Guru dapat memberikan
penjelasan makna yang ada di dalam teks.
2)
Bertanya jawab tentang isi bacaan dan
dilanjutkan dengan pertanyaan yang ada hubungannya dengan kehidupan sehari-hari
siswa dan di lingkungan sekitar siswa. Misal :
§ Adakah kolam renang disekitar rumah,
§ kalau memang ada berapa jumlahnya,
§ seberapa besarnya
§ bisa saling bercerita dengan teman sebangkunya.
§ Jika bukan kolam renang buatan,
§ bisa juga kolam renang alam (seperti Kali, Sumber Air
dsb) (BI, Mat, PA, PKn, IPA, IPS, Orjas)
3)
Semua siswa ditugaskan untuk mengarang cerita tentang kolam renang atau
sumber air yang ada disekitarnya.
4)
Semua siswa ditugaskan melanjutkan
bacaan di Teks buku hal 48 dan 49. Dilanjutkan bertanya jawab tentang kemampuan
siswa dalam berenang. (apakah anak dapat melakukan
gerak meluncur, sambil menahan badan) bisa sambil berdiskusi .
5)
Memanggil beberapa siswa ke
depan kelas untuk memperagakan bagaimana cara gerak meluncur jika akan berenang,
bagaimana jika meluncur sambil menahan badan dan bertanya jawab tentang
perbedaan jika bergerak di dalam air dengan bergerak di darat (BI, Mat, PA,
PKn, IPA, IPS, Orjas).
6)
Bagian “Cakrawala” Guru
Memberikan penjelasan tentang ketertiban
di kolam renang. Guru bercerita bagaimana menjaga keselamatan di kolam renang,
menjaga keber sihan, keamanan, berapa kali di kuras air kolamnya dsb.
7)
Meminta semua siswa membuat
karangan bagaimana sikap anak jika berada di tempat umum seperti di kolam
renang tersebut (bisa dikerjakan secara kelompok, bisa juga individu) (BI,
Mat, PA, PKn, IPA, IPS, Orjas).
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang tempat
umum (Kolam renang, Perpustakaan.
§ Lingkungan sekitar,
masyarakat, dan sekolah.
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS
dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik
terbitan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5, 6, 7, dan 8
TEMA :
TEMPAT UMUM
KELAS /SEMESTER :
2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU : 4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§
Mengidentifikasi
berbagai bunyi (PKn).
§ Menceritakan sikap yang baik di tempat umum (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan
bahasa yang mjudah dipahami orang lain.
§ Membaca:
Menyimpulkan isi tek pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
§ Menulis:
Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
§
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (Mat).
§
Mengidentifikasi
berbagai bunyi (IPA).
§
Mengekspresikan diri melalui
nyanyian dan tarian (Se-Bud & Ketr).
II. INDIKATOR
·
Menjelaskan sikap dalam
menggunakan fasilitas umum (PKn).
·
Menceritakan
sopan santun di tempat umum.
·
Menjaga
ketertiban umum..
§ Menceritakan pengalamannya di tempat umum (IPS).
§ Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.
·
Menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
·
Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menuliskan
pesan ke dalam beberapa kalimat.
·
Membaca
teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Menjawab
atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
·
Memilih
bacaan yang disenangi.
·
Menikmati
kegiatan membaca.
· Memberikan pendapat atau
komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
·
Menulis
kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi
dan mudah dibaca.
·
Menulis
menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
·
Penjumlahan
dan pengurangan tanpa teknik menyimpan (MAT).
·
Pengurangan
tiga bilangan.
·
Mengetahui ukuran
berbagai benda.
·
Membandingkan
bunyi panjang dan bunyi pendek (IPA).
·
Memberi
makna pada hasil pengamatan.
·
Menggunakan
informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
·
Bekerjasama
dengan teman.
·
Memberi
tanggapan secara santun.
·
Menyanyikan lagu dengan
pengucapan yang benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan
(Se-Bud
& Ketr).
·
Menyanyikan lagu sesuai
dengan tanda dinamik.
·
Mengetahui berbagai jenis
gerakan tarian.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Tukang Pos” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Bertanya jawab tentang tugas
pekerjaan Pak Pos dan dikaitkan dengan tempat umum.
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Tempat Umum).
2. Kegiatan
Inti
1)
Meminta semua siswa mengamati gambar
yang ada di hal 50 dan 51 tentang Perpustakaan Umum. Dilanjutkan dengan menugaskan
salah satu siswa secara bergantian untuk membaca teks/bacaannya.
2)
Bertanya jawab tentang
perpustakaan. Misalnya:
§ Apakah di sekolah ada perpustakaan?
§ atau di sekitar rumah (perpustakaan keliling)?
§ atau perpustakaan
bacaan?,
§ Bagaimana cara meminjamnya,
§ siapa saja yang boleh meminjam dan
§ buku-buku apa saja yang ada di perpustakaan tersebut
§ dan sebagainya
3)
Untuk mengetahui apakah siswa
memahami makna teks dilakukan tanya jawab lisan antara lain:
§ pernahkah kamu pergi ke perpustakaan?
§ apakah di sekitar rumah ana ada perpustakaan?
§ Buku apa yang pernah kamu pinjam?
§ Siapa yang menerima ana ketika pergi ke perpustakaan?
§ Apakah ada
peraturan kalau berada di perpustakaan?
§ Bagaimana caranya menjadi anggota perpustakaan?
4)
Pada bagian “Cakrawala” semua
siswa diminta mengamati gambar di hal 52 dan Guru bercerita tentang benda-benda
dua dimensi dan benda tiga dimensi. Guru
menunjukkan benda-benda disekitar siswa misalnya (kertas mempunyai ukuran
panjang dan lebar, ini dua dimensi) sedangkan yang dimaksud dengan benda tiga
dimensi memiliki 3 ukuran yaitu panjang, lebar dan tinggi misalnya gelas, kotak
dsb) (BI, Mat, IPA, PKn, IPS)
5)
Menugaskan semua siswa untuk
menulis benda-benda dua dimensi dan tiga dimensi yang dikenal dan ada disekitar
siswa. Hasil catatan dikumpulkan (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
6)
Memberikan kesempatan kepada
siswa untuk saling bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang benda
dua dimensi dan tiga dimensi yang ada di
ruang kelas (halaman 54) (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
7)
Semua siswa dikelompokkan dengan
anggota yang terdiri dari lima
anak.
8)
Setiap kelompok ditugaskan
untuk membuat klipping dan yang dikliping adalah tentang:
§ benda yang berbentuk segi empat,
§ benda yang berbentuk segitiga,
§ benda yang berbentuk lingkaran yang ada di tempat umum.
§ Masing-masing kelompok diminta bercerita tentang benda
tersebut. (warnanya, besarnya, bentuk dsb) (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
9)
Siswa dikelompokkan dengan
menggunakan teknik (Group Investigation) dengan langkah:
§ Siswa dikelompokkan denganb latar belakang yang heterogen
(ada siswa yang pandai, yang sedang dan yang lemah)
§ Guru memberikan penjelasan tugas kelompok dan apa yang
harus dilakukan dalam diskusi
§ Ketua kelompok dipanggil untuk menerima tugas (pengamatan)
§ Dipimpin oleh ketua kelompok membahas materi yang
ditugaskan
§ Ketua dan juru bicaranya menyampaikan hasil pengamatannya
di kelas
§ Kelompok lain bisa memberikan tanggapan dan pertanyaan
Bahan
diskusi adalah materi di halaman 55
10)
Semua siswa ditugaskan untuk mengerjakan
tugas berhitung (halaman 56) (BI, Mat, IPA,
PKn, IPS, SENI BUD)
§ Penjumlahan bilangan sampai 500
§ Penjumlahan tanpa
teknik meminjam
§ menjumlahkan tiga bilangan berturut-turut
§ tentukan hasil penjumlahan di halaman 59
11)
Bagian “Ayo Bernyanyi” Semua
siswa diajak menyanyikan lagu “Tukang Pos” dengan keras, seuai irama dan
dinamikanya sambil menggerakkan tangan berirama atau bertepuk tangan serempak.
Sambil menyanyikan lagu guru mengamati cara pengucapan yang baik dan benar (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
12)
Karena kalau suku kata kedua diucapkan keras, maka jadi membentak. (BI, Mat, IPA, PKn, IPS, SENI BUD)
13)
Memanggil beberapa siswa maju kedepan kelas untuk memperagakan cara
mengucapkan nama teman dengan cara keras dan lembut tersebut.
14)
Terakhir semua siswa diminta
menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 113) dan diharapkan semua siswa
menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti
tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk mengetahui
penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil
belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang tempat
umum (Kolam renang, Perpustakaan.
§ Lingkungan sekitar,
masyarakat, dan sekolah.
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS
dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik
terbitan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelas 2
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9, 10, 11, dan 12
TEMA :
TEMPAT UMUM
KELAS /SEMESTER :
2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU :
4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.
KOMPETENSI DASAR
§
Mengidentifikasi
berbagai bunyi (PKn).
§ Menceritakan sikap yang baik di tempat umum (IPS).
§ Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
§ Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan
bahasa yang mjudah dipahami orang lain.
§ Membaca:
Menyimpulkan isi tek pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
§ Menulis:
Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
§
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (Mat).
§
Mengidentifikasi
berbagai bunyi (IPA).
§
Mengekspresikan diri melalui
nyanyian dan tarian (Se-Bud & Ketr).
II. INDIKATOR
·
Menjelaskan sikap dalam
menggunakan fasilitas umum (PKn).
·
Menceritakan
sopan santun di tempat umum.
·
Menjaga
ketertiban umum..
§ Menceritakan pengalamannya di tempat umum (IPS).
§ Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.
·
Menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
·
Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menuliskan
pesan ke dalam beberapa kalimat.
·
Membaca
teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Menjawab
atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
·
Memilih
bacaan yang disenangi.
·
Menikmati
kegiatan membaca.
· Memberikan pendapat atau
komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
·
Menulis
kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi
dan mudah dibaca.
·
Menulis
menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
·
Penjumlahan
dan pengurangan tanpa teknik menyimpan (MAT).
·
Pengurangan
tiga bilangan.
·
Mengetahui
ukuran berbagai benda.
·
Membandingkan
bunyi panjang dan bunyi pendek (IPA).
·
Memberi
makna pada hasil pengamatan.
·
Menggunakan
informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
·
Bekerjasama
dengan teman.
·
Memberi
tanggapan secara santun.
·
Menyanyikan lagu dengan
pengucapan yang benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan
(Se-Bud
& Ketr).
·
Menyanyikan lagu sesuai
dengan tanda dinamik.
·
Mengetahui berbagai jenis
gerakan tarian.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa menyanyikan
lagu “Tukang Pos” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
§ Bertanya jawab tentang tugas
pekerjaan Pak Pos dan dikaitkan dengan tempat umum.
§ Menginformasikan tema
yang akan dipelajari bersama (Tempat Umum).
2. Kegiatan
Inti
1)
Sebelum memasuki materi pokok semua
siswa diajak berdinamika dengan dara menghitung (Matermatika)
§ Semua
siswa dibagi dua kelompok besar dan membuat lingkaran (bisa di dalam kelas)
§ Setelah
lingkaran sudah jadi ditunjuk pimpinan atau ketua untuk berdiri di tengah
lingkaran.
§ Ketua akan mengatur jalannya permainan berhitung.
§ Ditentukan salah satu anak untuk center sebagai awal
hitungan
§ Searah jarum jam
§ Anggota hanya menghitung 1, 2, 3, 4, ( 5 )
§ Ketika sampai pada hitungan ke lima ( 5 ) tidak diucapkan angkanya tetapi
diganti dengan kata ”Merdeka”
§ Dilanjutkan dengan hitungan berikutnya 6, 7, 8, 9 ”Merdeka”
§ Demikian seterusnya sampai semampunya hitungan ke berapa
§ Aturan tidak boleh ada yang salah. Dan kalau ada yang
salah harus diulang lagi sampai benar
§ Dimulai dikomando oleh ketua sekaligus merangkap menjadi
juri.
2)
Setelah selesai bermain semua
siswa melanjutkan mengerjakan tugas di halaman 59 tentang matematika yaitu:
§ Pengurangan bilangan
§ Pengurangan dengan teknik meminjam
§ Pengurangan tiga bilangan
3)
Bagian “Ayo Bercerita” Semua
siswa diminta membuat cerita tentang tempat umum yang pernah dikunjungi (Apa
kah ada peristiwa yang menyenangkan, yang mengesankan, yang menyedihkan dsb). Masing-masing siswa bercerita dengan teman sebangkunya
secara bergantian dan siswa mencatatnya (BI, Mat, PA, ,PKn & PS,)
4)
Cerita masing-masing siswa
didiskusikan dengan teman yang duduk di bangku sebelahnya untuk membahas cara
5)
Bagaimana
agar lingkungan sekitar tidak terjadi kerusakan
6)
Semua
cerita yang sudah ditulis dikumpulkan kepada guru untuk dinilai dan sebagai
salah satu portofolio siswa.
7)
Setelah
itu semua siswa diajak menyimak wacana di halaman 67
8)
Serita
yang belum lengkap dan siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya untuk
melengkapi kalimat tersebut dengan memilih kata-kata yang ada di bagian bawah.
9)
Bagian “Ayo Bermain” semua siswa
diminta membaca teks bacaan di hal 68. Setelah itu
mereka diajak keluar kelas untuk mempraktekkan permainan tersebut. Aturan main dibuat dan disepakati
bersama. (BI, Mat, PA, ,PKn & PS, KTK, Penjas)
10)
Semua Siswa melakukan gerak
dasar melempar dengan benar kaleng-kaleng yang telah disusun. Melempar
mengikuti aba-aba dan irama yang diatur bersama (BI, Mat, PA, ,PKn & PS, KTK, Penjas)
11)
Semua siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal di bagian ”Ayo Belajar”
halaman 71 dan 72
12)
Bagian “Budi Pekerti” semua siswa diminta membaca bacaan di hal 70. Kemudian mereka ditugaskan
untuk menyalin di bukunya masing-masing. Dan yang lebih penting adalah semua
siswa diharapkan menerapkan perilaku sesuai petunjuk dalam berbudi pekerti.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan
hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
§ Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
§ Mengajak semua siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang tempat
umum (Kolam renang, Perpustakaan.
§ Lingkungan sekitar,
masyarakat, dan sekolah.
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS
dan Agama).
V.
PENILAIAN
§ Penilaian Lisan (dalam proses).
§ Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
§ Penilaian Produk.
§ Penilaian Portofolio.
§ Penilaian Tertulis Obyektif.
§ Penilaian Tertulis Subyektif.
§ Penilaian Unjuk Kerja (dalam
proses).
§ Penilaian Buku Kerja Tematik
terbitan ESIS.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan
Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai dengan cara:
§ Menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam
setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang
sudah dirancang.
§ Semua siswa mengerjakan soal-soal latihan
yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang
seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur pencapaian indicator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar